kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 19:1-41 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Paulus di Efesus
19:1 Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid. 19:2 Katanya kepada mereka: "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?" Akan tetapi mereka menjawab dia: "Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus." 19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes." 19:4 Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus." 19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. 19:6 Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. 19:7 Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang. 19:8 Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah. 19:9 Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus. 19:10 Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani. 19:11 Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa, 19:12 bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.
Anak-anak Skewa
19:13 Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut nama Tuhan Yesus atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: "Aku menyumpahi kamu demi nama Yesus yang diberitakan oleh Paulus." 19:14 Mereka yang melakukan hal itu ialah tujuh orang anak dari seorang imam kepala Yahudi yang bernama Skewa. 19:15 Tetapi roh jahat itu menjawab: "Yesus aku kenal, dan Paulus aku ketahui, tetapi kamu, siapakah kamu?" 19:16 Dan orang yang dirasuk roh jahat itu menerpa mereka dan menggagahi mereka semua dan mengalahkannya, sehingga mereka lari dari rumah orang itu dengan telanjang dan luka-luka. 19:17 Hal itu diketahui oleh seluruh penduduk Efesus, baik orang Yahudi maupun orang Yunani, maka ketakutanlah mereka semua dan makin masyhurlah nama Tuhan Yesus. 19:18 Banyak di antara mereka yang telah menjadi percaya, datang dan mengaku di muka umum, bahwa mereka pernah turut melakukan perbuatan-perbuatan seperti itu. 19:19 Banyak juga di antara mereka, yang pernah melakukan sihir, mengumpulkan kitab-kitabnya lalu membakarnya di depan mata semua orang. Nilai kitab-kitab itu ditaksir lima puluh ribu uang perak. 19:20 Dengan jalan ini makin tersiarlah firman Tuhan dan makin berkuasa.
Demetrius menimbulkan huru-hara di Efesus
19:21 Kemudian dari pada semuanya itu Paulus bermaksud pergi ke Yerusalem melalui Makedonia dan Akhaya. Katanya: "Sesudah berkunjung ke situ aku harus melihat Roma juga." 19:22 Lalu ia menyuruh dua orang pembantunya, yaitu Timotius dan Erastus, mendahuluinya ke Makedonia, tetapi ia sendiri tinggal beberapa lama lagi di Asia. 19:23 Kira-kira pada waktu itu timbul huru-hara besar mengenai Jalan Tuhan. 19:24 Sebab ada seorang bernama Demetrius, seorang tukang perak, yang membuat kuil-kuilan dewi Artemis dari perak. Usahanya itu mendatangkan penghasilan yang tidak sedikit bagi tukang-tukangnya. 19:25 Ia mengumpulkan mereka bersama-sama dengan pekerja-pekerja lain dalam perusahaan itu dan berkata: "Saudara-saudara, kamu tahu, bahwa kemakmuran kita adalah hasil perusahaan ini! 19:26 Sekarang kamu sendiri melihat dan mendengar, bagaimana Paulus, bukan saja di Efesus, tetapi juga hampir di seluruh Asia telah membujuk dan menyesatkan banyak orang dengan mengatakan, bahwa apa yang dibuat oleh tangan manusia bukanlah dewa. 19:27 Dengan jalan demikian bukan saja perusahaan kita berada dalam bahaya untuk dihina orang, tetapi juga kuil Artemis, dewi besar itu, berada dalam bahaya akan kehilangan artinya. Dan Artemis sendiri, Artemis yang disembah oleh seluruh Asia dan seluruh dunia yang beradab, akan kehilangan kebesarannya." 19:28 Mendengar itu meluaplah amarah mereka, lalu mereka berteriak-teriak, katanya: "Besarlah Artemis dewi orang Efesus!" 19:29 Seluruh kota menjadi kacau dan mereka ramai-ramai membanjiri gedung kesenian serta menyeret Gayus dan Aristarkhus, keduanya orang Makedonia dan teman seperjalanan Paulus. 19:30 Paulus mau pergi ke tengah-tengah rakyat itu, tetapi murid-muridnya tidak mengizinkannya. 19:31 Bahkan beberapa pembesar yang berasal dari Asia yang bersahabat dengan Paulus, mengirim peringatan kepadanya, supaya ia jangan masuk ke gedung kesenian itu. 19:32 Sementara itu orang yang berkumpul di dalam gedung itu berteriak-teriak; yang seorang mengatakan ini dan yang lain mengatakan itu, sebab kumpulan itu kacau-balau dan kebanyakan dari mereka tidak tahu untuk apa mereka berkumpul. 19:33 Lalu seorang bernama Aleksander didorong ke depan oleh orang-orang Yahudi. Ia mendapat keterangan dari orang banyak tentang apa yang terjadi. Segera ia memberi isyarat dengan tangannya dan mau memberi penjelasan sebagai pembelaan di depan rakyat itu. 19:34 Tetapi ketika mereka tahu, bahwa ia adalah orang Yahudi, berteriaklah mereka bersama-sama kira-kira dua jam lamanya: "Besarlah Artemis dewi orang Efesus!" 19:35 Akan tetapi panitera kota menenangkan orang banyak itu dan berkata: "Hai orang Efesus! Siapakah di dunia ini yang tidak tahu, bahwa kota Efesuslah yang memelihara baik kuil dewi Artemis, yang mahabesar, maupun patungnya yang turun dari langit? 19:36 Hal itu tidak dapat dibantah, karena itu hendaklah kamu tenang dan janganlah terburu-buru bertindak. 19:37 Sebab kamu telah membawa orang-orang ini ke sini, walaupun mereka tidak merampok kuil dewi kita dan tidak menghujat namanya. 19:38 Jadi jika Demetrius dan tukang-tukangnya ada pengaduannya terhadap seseorang, bukankah ada sidang-sidang pengadilan dan ada gubernur, jadi hendaklah kedua belah pihak mengajukan dakwaannya ke situ. 19:39 Dan jika ada sesuatu yang lain yang kamu kehendaki, baiklah kehendakmu itu diselesaikan dalam sidang rakyat yang sah. 19:40 Sebab kita berada dalam bahaya akan dituduh, bahwa kita menimbulkan huru-hara pada hari ini, karena tidak ada alasan yang dapat kita kemukakan untuk membenarkan kumpulan yang kacau-balau ini." 19:41 (#19-#40b) Dan dengan kata-kata itu ia membubarkan kumpulan rakyat itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Akhaya a Roman province located in Greece along the south coast of the Gulf of Corinth
 · Aleksander the son of Simon the Cyrenian who was compelled to carry the cross of Jesus,a leading man of Jerusalem when Peter and John were tried there,a man who was converted but who afterwards apostatised
 · Apolos a Jewish man from Alexandria who was taught by Aquila and Priscilla
 · Aristarkhus a man who accompanied Paul on his third missionary journey
 · Artemis a pagan goddess
 · Asia A Roman province on the west side of Asia Minor.
 · Demetrius a man who was a silversmith in Ephesus and who opposed Paul,a man who was well spoken of by John
 · dewi Artemis a pagan goddess
 · Efesus a town in western Asia Minor at the mouth of the Cayster River
 · Erastus a man who was a friend of Paul
 · Gayus a man or men who were involved with the apostles Paul and John
 · Korintus a town located on the narrow isthmus connecting the Greek mainland with the Peloponnesus Peninsula to the south
 · Makedonia a Roman province north of Greece which included 10 Roman colonies (IBD),citizens of the province of Macedonia
 · orang Efesus the inhabitants of Ephesus
 · Paulus a man from Tarsus who persecuted the church but became a missionary and writer of 13 Epistles
 · Roma the capital city of Italy
 · Skewa a Jewish chief priest.
 · Timotius a young man of Lystra who travelled with Paul and to whom two epistles were addressed
 · Tiranus a man in Ephesus in whose school Paul spoke
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Paulus | Bait Allah /Bait Suci | Timoteus | Demetrius | Roh Kudus | Yohanes Pembaptis | Artemis | Baptis, Baptisan Roh Kudus | Sembah, Penyembahan Berhala | Baptis, Baptisan | Apolos | Mukjizat Melalui Perantaraan | Angkuh, Meninggikan Diri | Perak | Perbuatan Ajaib | Aleksander | Teater | Magi /Sihir | Kitab | Mulia, Memuliakan Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 19:1 - EFESUS ... BEBERAPA ORANG MURID. Nas : Kis 19:1 Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya. 1) Beberapa orang mengir...

Nas : Kis 19:1

Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya.

  1. 1) Beberapa orang mengira bahwa mereka adalah orang Kristen.
    1. (a) Lukas menyebut mereka "murid", kata yang biasa dipakainya untuk orang Kristen. Seandainya yang dimaksudkan Lukas bahwa mereka hanya murid Yohanes Pembaptis, bukan Kristus, maka hal itu pasti akan dinyatakannya.
    2. (b) Paulus menyebut mereka sebagai sudah percaya (ayat Kis 19:2). Kata kerja "percaya" dipakai kira-kira dua puluh kali di dalam kitab Kisah Para Rasul tanpa menyebut pelengkap penderita. Dalam setiap kasus yang lain, konteks menunjukkan bahwa yang dimaksudkan adalah percaya pada Kristus untuk keselamatan

      (lihat cat. --> Kis 19:2 selanjutnya).

      [atau ref. Kis 19:2]

  2. 2) Orang yang lain lagi beranggapan bahwa murid-murid di Efesus ini adalah murid Yohanes Pembaptis yang masih menantikan kedatangan Mesias. Setelah mendengar tentang Yesus dari Paulus, mereka percaya kepada-Nya sebagai Kristus yang dijanjikan dan mereka dilahirkan kembali oleh Roh Kudus (ayat Kis 19:4-5).
  3. 3) Bagaimanapun kasusnya, jelas bahwa kepenuhan mereka dalam Roh Kudus terjadi setelah mereka beriman, dibaptis dan ditumpangi tangan (ayat Kis 19:5-6).

Full Life: Kis 19:2 - SUDAHKAH KAMU MENERIMA ROH KUDUS? Nas : Kis 19:2 Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus: 1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap...

Nas : Kis 19:2

Perhatikan fakta-fakta berikut tentang pertanyaan Paulus:

  1. 1) Pertanyaan Paulus ini menunjukkan dengan tegas bahwa ia menganggap para murid di Efesus itu orang Kristen yang sungguh lahir baru yang belum dipenuhi oleh Roh Kudus.
  2. 2) Pertanyaan Paulus di sini menunjuk kepada baptisan dalam Roh Kudus untuk kuasa dan pelayanan, sama seperti yang terjadi pada hari Pentakosta (bd. Kis 1:8; 2:4). Ini tidak bisa menunjuk kepada kehadiran Roh yang mendiami orang percaya, karena Paulus pasti mengetahui bahwa semua orang percaya mempunyai Roh Kudus yang tinggal dalam mereka dari saat mereka beriman, bertobat, dan dilahirkan baru (Rom 8:9).
  3. 3) Terjemahan harfiah dari pertanyaan Paulus ini adalah, "Setelah percaya, sudahkah kamu menerima Roh Kudus?" "Setelah percaya" (Yun. _pisteusantes_, dari pisteuo) adalah partisip aorist, yang biasa menunjuk kegiatan yang terjadi sebelum kegiatan dalam kata kerja utama (dalam hal ini, "menerima"). Dengan demikian, kita dapat menerjemahkannya, "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus setelah kamu percaya?" Terjemahan ini sangat cocok dengan konteks karena hal itulah yang terjadi pada para murid di Efesus ini.
    1. (a) Mereka sudah percaya pada Kristus sebelum Paulus berjumpa dengan mereka (ayat Kis 19:1-2).
    2. (b) Mereka kemudian mendengar Paulus dan percaya semua yang dikatakannya kepada mereka tentang Kristus dan Roh Kudus (ayat Kis 19:4).
    3. (c) Paulus menganggap kepercayaan mereka dalam Kristus itu sungguh dan memadai, karena dia membaptis mereka dalam nama Tuhan Yesus (ayat Kis 19:5).
    4. (d) Pada saat itulah, setelah percaya dan menerima baptisan air, Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan "turunlah Roh Kudus atas mereka" (ayat Kis 19:6). Jadi, di antara saat mereka percaya pada Kristus dengan kedatangan Roh Kudus atas mereka terdapat suatu selang waktu. Pertanyaan Paulus menunjukkan dengan jelas bahwa dia menganggap adalah mungkin orang "percaya" pada Kristus tanpa mengalami baptisan dalam Roh Kudus. Bagian ini sangat menentukan sebagai bukti bahwa orang bisa menjadi orang Kristen tanpa mengalami kepenuhan Roh

      (lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

Full Life: Kis 19:2 - BAHKAN KAMI BELUM PERNAH MENDENGAR. Nas : Kis 19:2 Tanggapan para murid di Efesus tidak berarti bahwa mereka belum pernah mendengar tentang Roh Kudus. Pastilah mereka sudah mengetahui...

Nas : Kis 19:2

Tanggapan para murid di Efesus tidak berarti bahwa mereka belum pernah mendengar tentang Roh Kudus. Pastilah mereka sudah mengetahui ajaran PL mengenai Roh, dan pastilah mereka pernah mendengar pesan Yohanes Pembaptis tentang baptisan Roh Kudus yang akan dibawa oleh Kristus (Luk 3:16). Mereka belum mendengar bahwa Roh Kudus dicurahkan atas orang-orang percaya (Kis 1:5,8).

Full Life: Kis 19:5 - MEREKA MEMBERI DIRI MEREKA DIBAPTIS. Nas : Kis 19:5 Kenyataan bahwa kedua belas murid di Efesus ini (ayat Kis 19:7) membiarkan diri mereka dibaptis "dalam nama Tuhan Yesus" memperlihat...

Nas : Kis 19:5

Kenyataan bahwa kedua belas murid di Efesus ini (ayat Kis 19:7) membiarkan diri mereka dibaptis "dalam nama Tuhan Yesus" memperlihatkan bahwa mereka mempunyai iman yang menyelamatkan dan telah dilahirkan kembali oleh Roh Kudus. Hal ini mendahului kepenuhan mereka dengan Roh Kudus (ayat Kis 19:6).

Full Life: Kis 19:6 - TURUNLAH ROH KUDUS KE ATAS MEREKA. Nas : Kis 19:6 Peristiwa ini terjadi sekitar 25 tahun setelah peristiwa Pentakosta (Kis 2:4), namun, pola penerimaan Roh Kudus dari 12 orang ini sa...

Nas : Kis 19:6

Peristiwa ini terjadi sekitar 25 tahun setelah peristiwa Pentakosta (Kis 2:4), namun, pola penerimaan Roh Kudus dari 12 orang ini sangat konsisten dengan pola biasa yang sudah disajikan Lukas

(lihat cat. --> Kis 8:5-24).

[atau ref. Kis 8:5-24]

  1. 1) Mereka percaya kepada Kristus dan dilahirkan kembali oleh Roh Kudus

    (lihat cat. --> Kis 19:5 sebelumnya).

    [atau ref. Kis 19:5]

  2. 2) Setelah mereka dibaptis dalam air (ayat Kis 19:5), Paulus menumpangkan tangannya atas mereka dan mereka dibaptis dalam Roh Kudus.
  3. 3) Pada saat Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka mulai berkata-kata dengan bahasa roh dan bernubuat. Lukas tidak pernah menyampaikan pencurahan Roh Kudus sebagai sesuatu yang dapat diketahui dengan iman saja. Sebaliknya, Lukas menunjukkan bahwa pengalaman ini dapat diketahui dan dikenali serta dapat dibuktikan secara obyektif; berkata-kata dengan bahasa roh adalah bukti luar yang kelihatan bahwa Roh Kudus telah turun atas para pengikut Yesus ini

    (lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).

Full Life: Kis 19:12 - SAPUTANGAN ATAU KAIN. Nas : Kis 19:12 Pelayanan Paulus di Efesus ditandai dengan berbagai mukjizat penyembuhan dan pelepasan dari setan yang luar biasa, yang terjadi lan...

Nas : Kis 19:12

Pelayanan Paulus di Efesus ditandai dengan berbagai mukjizat penyembuhan dan pelepasan dari setan yang luar biasa, yang terjadi langsung atau melalui saputangan atau kain yang pernah menyentuh tubuhnya (yaitu, saputangan keringat atau celemek yang dipakainya ketika membuat tenda). Penyakit sembuh dan roh-roh jahat lari ketika yang sakit menyentuh kain tersebut (bd. Kis 5:15; Mr 5:27). Para penginjil sekarang ini yang berusaha untuk memperoleh sumbangan keuangan dengan meniru cara yang dipakai Paulus tidak melakukannya dengan motivasi dan roh Paulus, karena dia tidak melakukan ini untuk memperoleh uang. Paulus hanya melipatgandakan kuasa yang ada di atasnya melalui sarana-sarana yang nyata, dengan menyembuhkan dan membebaskan orang dalam jumlah lebih banyak daripada yang dapat disentuhnya sendiri dengan tangannya.

Full Life: Kis 19:19 - PERNAH MELAKUKAN SIHIR. Nas : Kis 19:19 Pembakaran kitab-kitab sihir di hadapan umum menunjukkan bahwa orang yang baru percaya itu segera diajar untuk meninggalkan perbuat...

Nas : Kis 19:19

Pembakaran kitab-kitab sihir di hadapan umum menunjukkan bahwa orang yang baru percaya itu segera diajar untuk meninggalkan perbuatan-perbuatan ilmu gaib. Ilmu gaib, guna-guna, ilmu sihir, spiritisme, dan perbuatan gaib yang sama merupakan tindakan-tindakan setan yang bertentangan sama sekali dengan iman Kristen. Tidak mungkin seorang menjadi orang Kristen sungguh dan pada saat bersamaan terlibat dengan roh-roh atau, berusaha menghubungi orang yang sudah mati. Allah mengutuk semua kegiatan seperti itu sebagai kekejian

(lihat cat. --> Ul 18:9-11;

lihat cat. --> Ul 18:10;

lihat cat. --> Ul 18:11).

[atau ref. Ul 18:9-13]

Bermain-main dengan ilmu sihir dan spiritisme akan membuat seorang terbuka kepada pengaruh setan yang kuat dan kerasukan setan.

BIS: Kis 19:9 - -- Dalam beberapa naskah kuno ada kata-kata: dari jam 11.00 siang sampai jam 16.00 sore.

Dalam beberapa naskah kuno ada kata-kata: dari jam 11.00 siang sampai jam 16.00 sore.

BIS: Kis 19:19 - uang perak uang perak: sekeping uang perak adalah upah harian bagi seorang pekerja biasa (lih. Mat 20:2).

uang perak: sekeping uang perak adalah upah harian bagi seorang pekerja biasa (lih. Mat 20:2).

BIS: Kis 19:20 - Demikianlah ... Tuhan Demikianlah ... Tuhan: atau Maka dengan kuasa Tuhan, berita itu.

Demikianlah ... Tuhan: atau Maka dengan kuasa Tuhan, berita itu.

BIS: Kis 19:21 - Paulus memutuskan Paulus memutuskan: atau Paulus, dengan pimpinan Roh, memutuskan.

Paulus memutuskan: atau Paulus, dengan pimpinan Roh, memutuskan.

Jerusalem: Kis 19:1 - Ketika Apolos masih di Korintus Ini hanya penggabungan redaksionil antara kedua catatan yang disisipkan ke dalam kisah perjalanan. Teks barat berbunyi sebagai berikut: untuk melaksan...

Ini hanya penggabungan redaksionil antara kedua catatan yang disisipkan ke dalam kisah perjalanan. Teks barat berbunyi sebagai berikut: untuk melaksanakan rencananya Paulus mau berangkat ke Yerusalem, tetapi Roh berkata kepadanya bahwa harus kembali ke Asia. Maka sesudah menjelajah daerah-daerah pedalaman Paulus tiba di Efesus

Jerusalem: Kis 19:1 - Efesus Di zaman itu kota Efesus di samping Aleksandria dianggap kota yang paling bagus dalam kerajaan Roma, pusat keagamaan, politik dan perdagangan; pendudu...

Di zaman itu kota Efesus di samping Aleksandria dianggap kota yang paling bagus dalam kerajaan Roma, pusat keagamaan, politik dan perdagangan; penduduknya terdiri atas macam-macam bangsa.

Jerusalem: Kis 19:2 - Roh Kudus Mereka tentu tahu akan adanya Roh Kudus, bila tahu sedikit saja mengenai Perjanjian Lama, tetapi mereka tidak tahu akan pencurahan Roh Kudus yang mewu...

Mereka tentu tahu akan adanya Roh Kudus, bila tahu sedikit saja mengenai Perjanjian Lama, tetapi mereka tidak tahu akan pencurahan Roh Kudus yang mewujudkan janji-janji mengenai zaman Mesias, bdk Kis 2:17-18,33.

Jerusalem: Kis 19:8-10 - -- Kisah yang terputus oleh catatan-catatan mengenai Apolos dan murid-murid Yohanes di sini melanjutkan: Kis 19:8 meneruskan Kis 18:23 dan Kis 19:1.

Kisah yang terputus oleh catatan-catatan mengenai Apolos dan murid-murid Yohanes di sini melanjutkan: Kis 19:8 meneruskan Kis 18:23 dan Kis 19:1.

Jerusalem: Kis 19:9 - di ruang kuliah Tiranus Teks Barat menambah bahwa Paulus mengajar dari pukul 11 sampai pukul 16.

Teks Barat menambah bahwa Paulus mengajar dari pukul 11 sampai pukul 16.

Jerusalem: Kis 19:10 - dua tahun lamanya Dalam Kis 20:31 dikatakan: tiga tahun lamanya. Selama waktu ini Paulus menulis surat pertama kepada jemaat di Korintus, surat kepada jemaat-jemaat di ...

Dalam Kis 20:31 dikatakan: tiga tahun lamanya. Selama waktu ini Paulus menulis surat pertama kepada jemaat di Korintus, surat kepada jemaat-jemaat di Galatia, dan mungkin surat kepada umat di Filipi

Jerusalem: Kis 19:10 - Asia Bukan seluruh "Asia proconsularis" (bagian Barat Asia Kecil), tetapi daerah yang pusatnya kota Efesus dan di mana terletak ketujuh kota yang disebutka...

Bukan seluruh "Asia proconsularis" (bagian Barat Asia Kecil), tetapi daerah yang pusatnya kota Efesus dan di mana terletak ketujuh kota yang disebutkan dalam Wah 1:11. Kepada Epafras, orang Kolose, Paulus mempercayakan pewartaan Injil di kota Kolose, Epafras memperluas pewartaannya sampai Laodikia dan Hierapolis, Kol 1:7; 4:12-13. Paulus juga dibantu oleh Timotius dan Erastus, Kis 19:22, Gayus dan Aristarkhus, Kis 19:29; Titus (yang namanya tak pernah disebut-sebut dalam Kisah para rasul) dan lain-lain orang. Karya seluruh kelompok itu oleh Lukas dihubungkan dengan Paulus, bdk Kol 4:10+.

Jerusalem: Kis 19:13 - tukang jampi Yahudi Mengenai tukang-tukang jampi Yahudi, bdk Mat 12:27. Yesus sendiri dan sesudahnya para rasul, bdk Kis 5:16; 16:18 seringkali membebaskan orang yang ker...

Mengenai tukang-tukang jampi Yahudi, bdk Mat 12:27. Yesus sendiri dan sesudahnya para rasul, bdk Kis 5:16; 16:18 seringkali membebaskan orang yang kerasukan setan, bdk Mat 8:29+

Jerusalem: Kis 19:16 - mereka semua Terjemahan lain: yang satu dan yang lain, atau: kedua-duanya (dua dari mereka?).

Terjemahan lain: yang satu dan yang lain, atau: kedua-duanya (dua dari mereka?).

Jerusalem: Kis 19:18 - perbuatan-perbuatan seperti itu Ialah: sihir, tenung, tahayul dan sebagainya. Kota Efesus terkena karena hal semacam itu.

Ialah: sihir, tenung, tahayul dan sebagainya. Kota Efesus terkena karena hal semacam itu.

Jerusalem: Kis 19:20 - -- Dalam naskah Aleksandria ayat ini berbunyi: Dengan jalan itu maka oleh kekuasaan Tuhan makin tersiarlah firman dan makin berkuasa.

Dalam naskah Aleksandria ayat ini berbunyi: Dengan jalan itu maka oleh kekuasaan Tuhan makin tersiarlah firman dan makin berkuasa.

Jerusalem: Kis 19:23 - -- Bagian ini diambil dari sumber khusus; gaya bahasanya berbeda dengan gaya Lukas yang lazim. Oleh Lukas sendiri disisipkan ke dalam kisahnya mengenai p...

Bagian ini diambil dari sumber khusus; gaya bahasanya berbeda dengan gaya Lukas yang lazim. Oleh Lukas sendiri disisipkan ke dalam kisahnya mengenai pewartaan Injil di Efesus.

Jerusalem: Kis 19:28 - mereka berteriak-teriak Teks barat menambah: Mereka berlari ke jalan dan berteriak-teriak.

Teks barat menambah: Mereka berlari ke jalan dan berteriak-teriak.

Jerusalem: Kis 19:29 - Aristarkhus Aristarkhus berasal dari Tesalonika. Kis 20:4 dan menjadi teman Paulus selama di penjara, Kis 27:2; Kol 4:10; File 24

Aristarkhus berasal dari Tesalonika. Kis 20:4 dan menjadi teman Paulus selama di penjara, Kis 27:2; Kol 4:10; File 24

Jerusalem: Kis 19:29 - Gayus Kiranya Gayus yang disebut dalam Kis 20:4

Kiranya Gayus yang disebut dalam Kis 20:4

Jerusalem: Kis 19:33 - -- Terjemahan lain: Beberapa orang dari orang banyak itu meyakinkan Aleksander yang didorong ke depan oleh orang-orang Yahudi.

Terjemahan lain: Beberapa orang dari orang banyak itu meyakinkan Aleksander yang didorong ke depan oleh orang-orang Yahudi.

Ende: Kis 19:1 - Daerah-daerah tinggi Kota-kota dipedalaman Asia-Ketjil jang berbukit-bukit. Efesus": Ini ibukota propinsi "Asia", letaknja ditepi laut bandar jang ramai dan kota perniagaa...

Kota-kota dipedalaman Asia-Ketjil jang berbukit-bukit.

Efesus": Ini ibukota propinsi "Asia", letaknja ditepi laut bandar jang ramai dan kota perniagaan jang makmur. Penduduknja kira-kira 300000 orang.

Ende: Kis 19:2 - Tentang adanja Roh Kudus Itu disini barangkali berarti: tentang penerimaan Roh Kudus setjara njata dengan mendapat kurnia-kurnia jang istimewa.

Itu disini barangkali berarti: tentang penerimaan Roh Kudus setjara njata dengan mendapat kurnia-kurnia jang istimewa.

Ende: Kis 19:19 - Matauang perak Diduga bahwa matauang itu seharga dengan denar jang pada orang Jahudi merupakan upah para pekerdja untuk sehari kerdja.

Diduga bahwa matauang itu seharga dengan denar jang pada orang Jahudi merupakan upah para pekerdja untuk sehari kerdja.

Ende: Kis 19:24 - Artemis Orang Romawi menamakannja Diana. Ia adalah dewi-ibu, lambang dan pelindung kesuburan, jang banjak sekali dipudja. Kuilnja di Efesus adalah jang paling...

Orang Romawi menamakannja Diana. Ia adalah dewi-ibu, lambang dan pelindung kesuburan, jang banjak sekali dipudja. Kuilnja di Efesus adalah jang paling besar dan indah dan patung dewi didalamnja menurut kepertjajaan orang turun dari langit.

Para pandai perak mengerdjakan kuil ketjil dengan patung dewi jang ketjil, tiruan dari jang besar, jang banjak sekali dibeli orang guna mendjadi pudjaan dalam rumah mereka.

Ende: Kis 19:29 - Lapangan tontonan (theatron): Ruangan luas tak beratap, tempat pertundjukan sandiwara dan permainan-permainan olah-raga, lagi digunakan untuk rapat-rapat umum.

(theatron): Ruangan luas tak beratap, tempat pertundjukan sandiwara dan permainan-permainan olah-raga, lagi digunakan untuk rapat-rapat umum.

Ende: Kis 19:29 - Kajus dan Aristarchus Kita bertemu dengan mereka lagi dalam Kis 20:4; 27:2; Kol 4:10 dan File 24.

Kita bertemu dengan mereka lagi dalam Kis 20:4; 27:2; Kol 4:10 dan File 24.

Ende: Kis 19:35 - Panitera kota Dia sangat berkewibawaan sebagai ketua dewan rakjat jang bertugas pula meletakkan keputusan-keputusan dewan itu.

Dia sangat berkewibawaan sebagai ketua dewan rakjat jang bertugas pula meletakkan keputusan-keputusan dewan itu.

Ref. Silang FULL: Kis 19:1 - Ketika Apolos // di Korintus // di Efesus · Ketika Apolos: Kis 18:24; Kis 18:24 · di Korintus: Kis 18:1; Kis 18:1 · di Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19

· Ketika Apolos: Kis 18:24; [Lihat FULL. Kis 18:24]

· di Korintus: Kis 18:1; [Lihat FULL. Kis 18:1]

· di Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

Ref. Silang FULL: Kis 19:2 - Roh Kudus · Roh Kudus: Yoh 20:22; Yoh 20:22

· Roh Kudus: Yoh 20:22; [Lihat FULL. Yoh 20:22]

Ref. Silang FULL: Kis 19:4 - Baptisan Yohanes // yaitu Yesus · Baptisan Yohanes: Mr 1:4; Mr 1:4 · yaitu Yesus: Yoh 1:7

· Baptisan Yohanes: Mr 1:4; [Lihat FULL. Mr 1:4]

· yaitu Yesus: Yoh 1:7

Ref. Silang FULL: Kis 19:5 - Tuhan Yesus · Tuhan Yesus: Kis 2:38; Kis 2:38

· Tuhan Yesus: Kis 2:38; [Lihat FULL. Kis 2:38]

Ref. Silang FULL: Kis 19:6 - atas mereka // atas mereka // bahasa roh · atas mereka: Kis 6:6; Kis 6:6 · atas mereka: Kis 10:44; Kis 10:44 · bahasa roh: Mr 16:17; Mr 16:17

· atas mereka: Kis 6:6; [Lihat FULL. Kis 6:6]

· atas mereka: Kis 10:44; [Lihat FULL. Kis 10:44]

· bahasa roh: Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

Ref. Silang FULL: Kis 19:8 - rumah ibadat // Kerajaan Allah · rumah ibadat: Kis 9:20; Kis 9:20 · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2; Kis 28:23

· rumah ibadat: Kis 9:20; [Lihat FULL. Kis 9:20]

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]; Kis 28:23

Ref. Silang FULL: Kis 19:9 - beberapa orang // Jalan Tuhan // memisahkan murid-muridnya · beberapa orang: Kis 14:4 · Jalan Tuhan: Kis 19:23; Kis 9:2; Kis 9:2 · memisahkan murid-muridnya: Kis 19:30; Kis 11:26; Kis 11:2...

· beberapa orang: Kis 14:4

· Jalan Tuhan: Kis 19:23; Kis 9:2; [Lihat FULL. Kis 9:2]

· memisahkan murid-muridnya: Kis 19:30; Kis 11:26; [Lihat FULL. Kis 11:26]

Ref. Silang FULL: Kis 19:10 - tahun lamanya // penduduk Asia // firman Tuhan · tahun lamanya: Kis 20:31 · penduduk Asia: Kis 19:22,26,27; Kis 2:9; Kis 2:9 · firman Tuhan: Kis 13:48; Kis 13:48

· tahun lamanya: Kis 20:31

· penduduk Asia: Kis 19:22,26,27; Kis 2:9; [Lihat FULL. Kis 2:9]

· firman Tuhan: Kis 13:48; [Lihat FULL. Kis 13:48]

Ref. Silang FULL: Kis 19:11 - mengadakan mujizat-mujizat · mengadakan mujizat-mujizat: Kis 8:13

· mengadakan mujizat-mujizat: Kis 8:13

Ref. Silang FULL: Kis 19:12 - lenyaplah penyakit · lenyaplah penyakit: Kis 5:15

· lenyaplah penyakit: Kis 5:15

Ref. Silang FULL: Kis 19:13 - roh jahat // nama Yesus · roh jahat: Mat 12:27 · nama Yesus: Mr 9:38

· roh jahat: Mat 12:27

· nama Yesus: Mr 9:38

Ref. Silang FULL: Kis 19:17 - penduduk Efesus // maka ketakutanlah · penduduk Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19 · maka ketakutanlah: Kis 5:5,11

· penduduk Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

· maka ketakutanlah: Kis 5:5,11

Ref. Silang FULL: Kis 19:20 - firman Tuhan // makin berkuasa · firman Tuhan: Kis 13:48; Kis 13:48 · makin berkuasa: Kis 6:7; 12:24

· firman Tuhan: Kis 13:48; [Lihat FULL. Kis 13:48]

· makin berkuasa: Kis 6:7; 12:24

Ref. Silang FULL: Kis 19:21 - ke Yerusalem // melalui Makedonia // dan Akhaya // Roma juga · ke Yerusalem: Kis 20:16,22; 21:4,12,15; Rom 15:25 · melalui Makedonia: Kis 16:9; Kis 16:9 · dan Akhaya: Kis 18:12; Kis 18:12 &m...

· ke Yerusalem: Kis 20:16,22; 21:4,12,15; Rom 15:25

· melalui Makedonia: Kis 16:9; [Lihat FULL. Kis 16:9]

· dan Akhaya: Kis 18:12; [Lihat FULL. Kis 18:12]

· Roma juga: Rom 15:24,28

Ref. Silang FULL: Kis 19:22 - orang pembantunya // yaitu Timotius // dan Erastus // di Asia · orang pembantunya: Kis 13:5 · yaitu Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1 · dan Erastus: Rom 16:23; 2Tim 4:20 · di Asia: Kis 19:1...

· orang pembantunya: Kis 13:5

· yaitu Timotius: Kis 16:1; [Lihat FULL. Kis 16:1]

· dan Erastus: Rom 16:23; 2Tim 4:20

· di Asia: Kis 19:10,26,27; Kis 2:9; [Lihat FULL. Kis 2:9]

Ref. Silang FULL: Kis 19:23 - Jalan Tuhan · Jalan Tuhan: Kis 9:2; Kis 9:2

· Jalan Tuhan: Kis 9:2; [Lihat FULL. Kis 9:2]

Ref. Silang FULL: Kis 19:25 - perusahaan ini · perusahaan ini: Kis 16:16,19,20

· perusahaan ini: Kis 16:16,19,20

Ref. Silang FULL: Kis 19:26 - di Efesus // seluruh Asia // bukanlah dewa · di Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19 · seluruh Asia: Kis 2:9; Kis 2:9 · bukanlah dewa: Ul 4:28; Mazm 115:4; Yes 44:10-20; Yer 10:3-5...

· di Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

· seluruh Asia: Kis 2:9; [Lihat FULL. Kis 2:9]

· bukanlah dewa: Ul 4:28; Mazm 115:4; Yes 44:10-20; Yer 10:3-5; Kis 17:29; 1Kor 8:4; Wahy 9:20

Ref. Silang FULL: Kis 19:28 - orang Efesus · orang Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19

· orang Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

Ref. Silang FULL: Kis 19:29 - menyeret Gayus // dan Aristarkhus // orang Makedonia · menyeret Gayus: Kis 20:4; Rom 16:23; 1Kor 1:14 · dan Aristarkhus: Kis 20:4; 27:2; Kol 4:10; Filem 1:24 · orang Makedonia: Kis 1...

· menyeret Gayus: Kis 20:4; Rom 16:23; 1Kor 1:14

· dan Aristarkhus: Kis 20:4; 27:2; Kol 4:10; Filem 1:24

· orang Makedonia: Kis 16:9; [Lihat FULL. Kis 16:9]

Ref. Silang FULL: Kis 19:30 - tetapi murid-muridnya · tetapi murid-muridnya: Kis 11:26; Kis 11:26

· tetapi murid-muridnya: Kis 11:26; [Lihat FULL. Kis 11:26]

Ref. Silang FULL: Kis 19:32 - mengatakan itu · mengatakan itu: Kis 21:34

· mengatakan itu: Kis 21:34

Ref. Silang FULL: Kis 19:33 - memberi isyarat · memberi isyarat: Kis 12:17; Kis 12:17

· memberi isyarat: Kis 12:17; [Lihat FULL. Kis 12:17]

Ref. Silang FULL: Kis 19:34 - orang Efesus · orang Efesus: Kis 19:28

· orang Efesus: Kis 19:28

Ref. Silang FULL: Kis 19:35 - orang Efesus · orang Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19

· orang Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

Ref. Silang FULL: Kis 19:37 - merampok kuil · merampok kuil: Rom 2:22

· merampok kuil: Rom 2:22

Ref. Silang FULL: Kis 19:38 - dan tukang-tukangnya // ada gubernur · dan tukang-tukangnya: Kis 19:24 · ada gubernur: Kis 13:7,8,12; 18:12

· dan tukang-tukangnya: Kis 19:24

· ada gubernur: Kis 13:7,8,12; 18:12

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 19:1-7 - Paulus di Efesus Dalam pasal sebelumnya kita meninggalkan Paulus yang sedang berkeliling mengunjungi jemaat-jemaat (18:23). Tetapi kita tidak lupa, tidak pula dia,...

Matthew Henry: Kis 19:8-12 - Paulus di Efesus Paulus di Efesus ( Kis 19:8-12) Di Efesus, Paulus sangat sibuk melakukan perbuatan baik. I. Ia memulai, seperti biasa, dari rumah ibadat o...

Matthew Henry: Kis 19:13-20 - Cela bagi Tukang-tukang Jampi Cela bagi Tukang-tukang Jampi ( Kis 19:13-20) Para pewarta Injil diutus untuk meneruskan peperangan melawan Iblis, dan dalam peperangan itu Kristu...

Matthew Henry: Kis 19:21-41 - Huru-hara di Efesus Huru-hara di Efesus ( Kis 19:21-41) I. Paulus di sini dihadapkan pada suatu masalah di Efesus, persis ketika ia hendak pergi dari sana, dan men...

SH: Kis 19:1-12 - Pertumbuhan berawal dari adanya kehidupan (Kamis, 22 Juni 2000) Pertumbuhan berawal dari adanya kehidupan Mengapa hanya dari sebuah biji dapat bertumbuh menjadi sebuah pohon yang besar? Mengapa sebuah sel has...

SH: Kis 19:1-10 - Injil buat semua (Selasa, 28 Agustus 2007) Injil buat semua Rupanya Apolos tidak sendirian. Di Efesus, Paulus juga menemui orang-orang yang hanya mengetahui baptisan Yohanes (1-2). Mereka...

SH: Kis 19:1-12 - Pemberita dan pelaku Injil (Minggu, 13 Juni 2010) Pemberita dan pelaku Injil Sudah berapa lama Anda menyatakan diri sebagai orang Kristen? Apakah Anda memiliki sebuah hubungan pribadi yang indah deng...

SH: Kis 19:1-12 - Kepastian keselamatan (Senin, 28 Juli 2014) Kepastian keselamatan Apa yang dialami Priskila dan Akwila di kota Efesus di perikop kemarin, terjadi juga pada Paulus ketika ia kembali ke sana. Mer...

SH: Kis 19:1-12 - Kemuliaan Allah dalam Kehidupan (Kamis, 27 September 2018) Kemuliaan Allah dalam Kehidupan Tidak salah jika Paulus disebut sebagai salah satu pewarta Injil yang besar. Pelayanan dan tulisannya memengaruhi per...

SH: Kis 19:11-20 - Sihir vs kuasa Tuhan (Rabu, 29 Agustus 2007) Sihir vs kuasa Tuhan Selain melalui Injil, Allah juga menyatakan kuasa-Nya melalui mukjizat yang dilakukan oleh Paulus (11-12). Mukjizat ini ...

SH: Kis 19:13-20 - Sudahilah! (Senin, 14 Juni 2010) Sudahilah! Keterlibatan dengan menggunakan kuasa berbagai roh akan menjauhkan orang dari Allah. Pikirannya pun akan dirusak oleh pengaruh roh itu. P...

SH: Kis 19:13-41 - "Memuliakan nama Yesus" (Selasa, 29 Juli 2014) "Memuliakan nama Yesus" Bagi banyak budaya di dunia, nama seseorang mengandung arti yang dalam. Di Alkitab, pemberian nama menyatakan otoritas si pem...

SH: Kis 19:13-20 - Nama Yesus Memberikan Kekuatan (Jumat, 28 September 2018) Nama Yesus Memberikan Kekuatan Dalam setiap kebudayaan terdapat kepercayaan kepada kekuatan magis. Suatu tindakan yang menggunakan "kekuatan" roh dan...

SH: Kis 19:21-41 - Pertobatan sejati (Jumat, 23 Juni 2000) Pertobatan sejati Di dalam dunia magis purba, mengenal nama adalah sangat vital, karena dengan mengenal nama sebuah pribadi yang sangat berkuasa...

SH: Kis 19:21-41 - Dampak negatif suatu keberhasilan (Sabtu, 24 Juni 2000) Dampak negatif suatu keberhasilan Ketika sebuah yayasan Kristen dibakar oleh massa dari sebuah kelompok tertentu tahun kemarin, seorang pejabat ...

SH: Kis 19:21-29 - Saat Injil menjadi ancaman (Kamis, 30 Agustus 2007) Saat Injil menjadi ancaman Menyalanya terang Injil di seluruh Asia membuat kegelapan kuasa jahat tersingkap. Kebenaran kuasa firman Tuhan yang d...

SH: Kis 19:21-41 - Injil menyoroti hidup (Selasa, 15 Juni 2010) Injil menyoroti hidup Mengapa banyak orang menolak Injil? Karena Injil mengkonfrontir pemahaman yang salah atau gaya hidup yang keliru, tetapi telah ...

SH: Kis 19:21-41 - Ilmu Komunikasi Massa (Sabtu, 29 September 2018) Ilmu Komunikasi Massa Komunikasi massa adalah cara penyampaian suatu maksud kepada sekelompok orang. Tujuannya adalah agar orang banyak dapat dikenda...

SH: Kis 19:30-41 - Intervensi Allah (Jumat, 31 Agustus 2007) Intervensi Allah Kerusuhan yang tadinya disulut Demetrius hanya di kalangan tukang perak, ternyata meluas ke seluruh kota dan terpusat di gedung...

Utley: Kis 19:1-7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 19:1-71 Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapa...

Utley: Kis 19:8-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 19:8-108 Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berus...

Utley: Kis 19:11-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 19:11-2011 Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa, 12 bahkan orang membawa saputangan atau kain yang ...

Utley: Kis 19:21-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 19:21-2221 Kemudian dari pada semuanya itu Paulus bermaksud pergi ke Yerusalem melalui Makedonia dan Akhaya. Katanya: "Sesu...

Utley: Kis 19:23-27 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 19:23-2723 Kira-kira pada waktu itu timbul huru-hara besar mengenai Jalan Tuhan. 24 Sebab ada seorang bernama Demetrius, se...

Utley: Kis 19:28-41 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 19:28-4128 Mendengar itu meluaplah amarah mereka, lalu mereka berteriak-teriak, katanya: "Besarlah Artemis dewi orang Efesu...

Topik Teologia: Kis 19:1 - -- Gereja Sakramen / Ketetapan Gereja Ketetapan Baptisan Contoh-contoh Baptisan Murid-murid Yohanes Dibaptis Kis 19:1-5

Topik Teologia: Kis 19:2 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Dinyataka...

Topik Teologia: Kis 19:4 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Dinyataka...

Topik Teologia: Kis 19:5 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Dibaptis di dalam Nama...

Topik Teologia: Kis 19:6 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja

Topik Teologia: Kis 19:8 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Kis 19:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Kis 19:10 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Kis 19:11 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehidupan Kerajaan di Dalam Gereja Kis 8:12 Kis 14:21-23 Kis 19:8-11 Kis 20:25-31 Kis 28:23,3...

Topik Teologia: Kis 19:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Contoh Mujizat-mujizat ...

Topik Teologia: Kis 19:13 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuliakan Allah ...

Topik Teologia: Kis 19:14 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuliakan Allah ...

Topik Teologia: Kis 19:15 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuliakan Allah ...

Topik Teologia: Kis 19:16 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuliakan Allah ...

Topik Teologia: Kis 19:17 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Kerasukan Iblis Akibat dari Kerasukan Iblis Pengakuan Oleh Orang Lain ...

Topik Teologia: Kis 19:18 - -- Keselamatan Pertobatan Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah dengan Menyatakan Kuasa dalam Kristus ...

Topik Teologia: Kis 19:19 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuliakan Allah Sarana dari Memuliakan Allah Memuliakan...

Topik Teologia: Kis 19:23 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Nama-nama Untuk Orang Kristen Orang Kristen Disebut Rekan Pengikut Jalan (Tu...

Topik Teologia: Kis 19:24 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah dalam Gereja yang Muncul dari Orang Tidak Percaya Penghinaan Verbal Terhadap O...

Topik Teologia: Kis 19:26 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Penyembahan Berhala Penyembahan Berhala adalah Kesia-siaa...

TFTWMS: Kis 9:3--26:15 - Konfrontasi Yang Tak Terduga KONFRONTASI YANG TAK TERDUGA (Kis 9:3-5; 22:6-8; 26:13-15) Saat itu menjelang tengah hari pada hari terakhir perjalanan tersebut. Tembok kota Damsyik...

TFTWMS: Kis 9:6--26:18 - Tantangan Yang Luar Biasa TANTANGAN YANG LUAR BIASA (Kis 9:6-9; 22:9-11; 26:16-18) Jawaban Tuhan sama mengejutkannya seperti penampakan diri-Nya. Yesus memberitahu Saulus untu...

TFTWMS: Kis 9:18--26:19 - Mualaf Yang Tidak Ragu-ragu MUALAF YANG TIDAK RAGU-RAGU (Kis 9:18, 19; 26:19) Bagi Saulus keputusan itu memang berat. Memang selalu berat bagi siapa saja untuk mengakui bahwa se...

TFTWMS: Kis 9:20--26:20 - Belajar Bicara BELAJAR BICARA (Kis 9:20-22, 27-29; 26:20) Anak bayi harus belajar bicara. Beberapa dapat belajar dengan cepat; beberapa lagi perlu waktu agak lama. ...

TFTWMS: Kis 9:29--22:21 - Rintangan Kedegilan RINTANGAN KEDEGILAN (Kis 9:29, 30; 22:17-21) Ketika Saulus memberitakan injil di Yerusalem, salah satu tempat pertama yang ia kunjungi adalah sinagog...

TFTWMS: Kis 19:1-7 - Membereskan Beberapa Murid MEMBERESKAN BEBERAPA MURID (Kis 19:1-7) Setelah masuk ke sebuah kota baru, Paulus biasanya masuk dahulu ke dalam sinagoga (jika kota itu memilikinya)...

TFTWMS: Kis 9:1--26:12 - Keyakinan Yang Kokoh KEYAKINAN YANG KOKOH (Kis 9:1, 2; 22:4, 5; 26:9-12) Untuk menghargai perubahan yang terjadi atas diri Saulus, kita perlu mengetahui sesuatu tentang h...

TFTWMS: Kis 9:10--22:16 - Orang Kristen Yang Tidak Bersemangat ORANG KRISTEN YANG TIDAK BERSEMANGAT (Kis 9:10-17; 22:10, 12-16) Tuhan membiarkan Saulus dalam kegelapan—secara harfiah, secara rohani, dan secara ...

TFTWMS: Kis 18:22--19:1 - Menguatkan Saudara-saudara MENGUATKAN SAUDARA-SAUDARA (Kis 18:22, 23; 19:1) Lukas mencatat akhir perjalanan misionari kedua Paulus dan awal dari perjalanannya yang ketiga denga...

TFTWMS: Kis 19:6 - Berbahasa Roh 10 BERBAHASA ROH (Kis 19:6) Dalam Kisah 19:6 kita menemukan untuk yang terakhir kalinya penyebutan bahasa roh mujizatiah dalam Kitab Kisah. Ini bis...

TFTWMS: Kis 19:8-10 - Tantangan Lama TANTANGAN LAMA (Kis 19:8-10) Sebelum mempelajari tantangan kekuatan gaib, kita perlu mengingat bagaimana Paulus menghadapi tantangan lama, tantangan ...

TFTWMS: Kis 19:10-22 - Banyak Kesempatan—dan Banyak Penentang BANYAK KESEMPATAN—DAN BANYAK PENENTANG (Kis 19:10, 20-22) Dalam Kisah 19 kita hanya menyoroti pekerjaan Paulus di Efesus. Dari pelbagai acuan lainn...

TFTWMS: Kis 19:11-20 - Tantangan Baru TANTANGAN BARU (Kis 19:11-20) Kini kita tiba pada tantangan khusus Paulus di Efesus, tantangan kekuatan gaib. Paulus sebelumnya pernah menghadapi seo...

TFTWMS: Kis 19:23-41 - Penginjilan Yang Sukses—dan Kegetiran PENGINJILAN YANG SUKSES—DAN KEGETIRAN (Kis 19:23-41) Ini membawa kita kepada insiden utama selama pelayanan Paulus di Efesus, insiden terakhir yang...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) TEPATILAH PERKATAAN ANDA KEPADA MEREKA (Kis 18:21; 19:1) Setelah pekerjaan mereka di Galatia dan Frigia selesai, Paulus dan rombongannya berangkat ke...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NASIHAT ORANG DEWASA UNTUK PARA BAYI DALAM KRISTUS (Kis 9:23-30; 22:17-21) Sewaktu Yesus berbicara kepada Nikodemus, Ia membandingkan proses perubaha...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:23-30; 22:17-21) Marilah kita sudahi pelajaran ini dengan menguji diri kita sendiri. Biarlah setiap orang bertanya, "Kemajuan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kedua nas ini memakai istilah "bayi" dalam nada menghina sebab mereka yang ditegur itu tidak bertumbuh sebagai orang Kri...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) DI JALAN MENUJU PEMURIDAN (Kis 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Dalam pelajaran ini dan berikutnya kita akan mempelajari "kisah perubahan hidup paling t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Kita harus menunggu sampai pelajaran berikutnya untuk melihat terlaksananya kunjungan itu dan untuk mendenga...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Acts of the Apostles, The Daily Study Bible Series, rev. ed. (Philadelphia: Westminster Press, 1976), 70. ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PEMBUNUH MASAL DIBAPTIS! (Kis 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Beberapa tahun yang lalu, vonis yang dijatuhkan ke atas Jeffrey Dahmer, seorang pembunuh ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Jika tempat mengizinkan, kita dapat juga berbicara tentang "komitmen yang hidup terus" saat S...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pelbagai kejadian serupa yang lebih familiar bagi para pendengar boleh digunakan ketimbang kisah Dahmer ini. 2 Melissa Prichard...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PELBAGAI RINTANGAN BAGI ORANG KRISTEN BARU (Kis 9:19-31; 22:17-21) Rasul Paulus sering membandingkan kehidupan Kristiani dengan suatu perlombaan (1Ko...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:19-31; 22:17-21) Saulus tidak menemukan kehidupan Kristiani sebagai kehidupan yang mudah, tetapi ia juga tidak menemukan kehidupan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang 8:22, 24. 2 Lihat 1Korintus 3:1, 2; Ibrani 5:12-14. Nas-nas itu juga menyiratkan bahwa orang Kristen yang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KAPANKAH BAPTISAN ITU BUKAN BAPTISAN? (Kis 18:22, 23; 19:1-7) Belajar dengan seorang teman (kita namakan dia Budi) berjalan dengan baik sampai kami t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 18:22, 23; 19:1-7) Dari kisah dua belas orang yang perlu untuk diselamkan kembali muncul dua penerapan nyata: (1) Kita harus berterus...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) CARA MENEGUHKAN HATI SAUDARAMU (Kis 18:22, 23; 19:1) Paulus mengasihi saudara-saudaranya dalam Kristus. Di awal perjalanan misionarinya yang ketiga, ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Untuk penanganan ayat-ayat ini, lihatlah artikel tambahan "Bagaimana Menguatkan Hati Saudara-Saudaramu" dalam pelajaran ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 19:6) Saya tidak akan menyangkal bahwa di zaman kini beberapa orang bisa berkata-kata dalam "ucapan-ucapan kegembiraan," ya...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) TANTANGAN KEKUATAN GAIB (Kis 19:8-20) Kata "occult [kekuatan gaib]" berasal dari kata Latin occultus , yang artinya "tersembunyi,"...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 19:8-20) Orang-orang Efesus memang salah dalam pelbagai praktik kekuatan gaib mereka, namun mereka benar dalam mempercayai adanya ala...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 American Heritage Electronic Dictionary, 3d ed. (1992), s.v. "occult." 2 Gary Wilburn, "Preface," The Fortu...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KETIKA AGAMA KRISTEN MENGANCAM KOCEK UANG (Kis 19:10, 20-41; 20:1) Seorang penginjil sedang berusaha memotivasi jemaat. Ia berkata, "Saudara-sau...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 19:10, 20-41; 20:1) Kerusuhan dalam gedung kesenian itu meyakinkan Paulus bahwa inilah waktunya untuk melakukan apa yang sudah lama i...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Perbandingan ini harus memakai wilayah yang diketahui oleh para pendengar. Ingatlah bahwa Propinsi Roma di Asia mencakup sebagian ...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 2.30 detik
dipersembahkan oleh YLSA