kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 17:1-34 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Keributan di Tesalonika
17:1 Paulus dan Silas mengambil jalan melalui Amfipolis dan Apolonia dan tiba di Tesalonika. Di situ ada sebuah rumah ibadat orang Yahudi. 17:2 Seperti biasa Paulus masuk ke rumah ibadat itu. Tiga hari Sabat berturut-turut ia membicarakan dengan mereka bagian-bagian dari Kitab Suci. 17:3 Ia menerangkannya kepada mereka dan menunjukkan, bahwa Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, lalu ia berkata: "Inilah Mesias, yaitu Yesus, yang kuberitakan kepadamu." 17:4 Beberapa orang dari mereka menjadi yakin dan menggabungkan diri dengan Paulus dan Silas dan juga sejumlah besar orang Yunani yang takut kepada Allah, dan tidak sedikit perempuan-perempuan terkemuka. 17:5 Tetapi orang-orang Yahudi menjadi iri hati dan dengan dibantu oleh beberapa penjahat dari antara petualang-petualang di pasar, mereka mengadakan keributan dan mengacau kota itu. Mereka menyerbu rumah Yason dengan maksud untuk menghadapkan Paulus dan Silas kepada sidang rakyat. 17:6 Tetapi ketika mereka tidak menemukan keduanya, mereka menyeret Yason dan beberapa saudara ke hadapan pembesar-pembesar kota, sambil berteriak, katanya: "Orang-orang yang mengacaukan seluruh dunia telah datang juga ke mari, 17:7 dan Yason menerima mereka menumpang di rumahnya. Mereka semua bertindak melawan ketetapan-ketetapan Kaisar dengan mengatakan, bahwa ada seorang raja lain, yaitu Yesus." 17:8 Ketika orang banyak dan pembesar-pembesar kota mendengar semuanya itu, mereka menjadi gelisah. 17:9 Tetapi setelah mereka mendapat jaminan dari Yason dan dari saudara-saudara lain, merekapun dilepaskan.
Paulus dan Silas di Berea
17:10 Tetapi pada malam itu juga segera saudara-saudara di situ menyuruh Paulus dan Silas berangkat ke Berea. Setibanya di situ pergilah mereka ke rumah ibadat orang Yahudi. 17:11 Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian. 17:12 Banyak di antara mereka yang menjadi percaya; juga tidak sedikit di antara perempuan-perempuan terkemuka dan laki-laki Yunani. 17:13 Tetapi ketika orang-orang Yahudi dari Tesalonika tahu, bahwa juga di Berea telah diberitakan firman Allah oleh Paulus, datang jugalah mereka ke sana menghasut dan menggelisahkan hati orang banyak. 17:14 Tetapi saudara-saudara menyuruh Paulus segera berangkat menuju ke pantai laut, tetapi Silas dan Timotius masih tinggal di Berea. 17:15 Orang-orang yang mengiringi Paulus menemaninya sampai di Atena, lalu kembali dengan pesan kepada Silas dan Timotius, supaya mereka selekas mungkin datang kepadanya.
Paulus di Atena
17:16 Sementara Paulus menantikan mereka di Atena, sangat sedih hatinya karena ia melihat, bahwa kota itu penuh dengan patung-patung berhala. 17:17 Karena itu di rumah ibadat ia bertukar pikiran dengan orang-orang Yahudi dan orang-orang yang takut akan Allah, dan di pasar setiap hari dengan orang-orang yang dijumpainya di situ. 17:18 Dan juga beberapa ahli pikir dari golongan Epikuros dan Stoa bersoal jawab dengan dia dan ada yang berkata: "Apakah yang hendak dikatakan si peleter ini?" Tetapi yang lain berkata: "Rupa-rupanya ia adalah pemberita ajaran dewa-dewa asing." Sebab ia memberitakan Injil tentang Yesus dan tentang kebangkitan-Nya. 17:19 Lalu mereka membawanya menghadap sidang Areopagus dan mengatakan: "Bolehkah kami tahu ajaran baru mana yang kauajarkan ini? 17:20 Sebab engkau memperdengarkan kepada kami perkara-perkara yang aneh. Karena itu kami ingin tahu, apakah artinya semua itu." 17:21 Adapun orang-orang Atena dan orang-orang asing yang tinggal di situ tidak mempunyai waktu untuk sesuatu selain untuk mengatakan atau mendengar segala sesuatu yang baru. 17:22 Paulus pergi berdiri di atas Areopagus dan berkata: "Hai orang-orang Atena, aku lihat, bahwa dalam segala hal kamu sangat beribadah kepada dewa-dewa. 17:23 Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu. 17:24 Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia, 17:25 dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang. 17:26 Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka, 17:27 supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing. 17:28 Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga. 17:29 Karena kita berasal dari keturunan Allah, kita tidak boleh berpikir, bahwa keadaan ilahi sama seperti emas atau perak atau batu, ciptaan kesenian dan keahlian manusia. 17:30 Dengan tidak memandang lagi zaman kebodohan, maka sekarang Allah memberitakan kepada manusia, bahwa di mana-mana semua mereka harus bertobat. 17:31 Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati." 17:32 Ketika mereka mendengar tentang kebangkitan orang mati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: "Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu." 17:33 Lalu Paulus pergi meninggalkan mereka. 17:34 Tetapi beberapa orang laki-laki menggabungkan diri dengan dia dan menjadi percaya, di antaranya juga Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan mereka.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amfipolis a city located between Thessalonica and Philippi on the Strymon river
 · Apolonia a city in Macedonia 48 km. from Amphipolis and 60 from Thessalonica (YC)
 · Areopagus a hill of Athens west of the Acropolis where the city council used to meet before Paul's time
 · Atena a town which was the capital of Attica in Greece
 · Damaris a woman in Athens, converted by Paul
 · Dionisius an important man of Athens who was converted to Christianity.
 · Kaisar a title held by Roman emperors
 · Paulus a man from Tarsus who persecuted the church but became a missionary and writer of 13 Epistles
 · Silas a man who went with Peter and Paul on separate missionary journeys
 · Stoa a sect of people
 · Tesalonika a town of Macedonia on the Thermaic Gulf (Gulf of Salonika)
 · Timotius a young man of Lystra who travelled with Paul and to whom two epistles were addressed
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yason a Christian man in Thessalonica to whom Paul sent greetings
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Paulus | Silas | Bait Allah /Bait Suci | Timoteus | Areopagus | Atena | Tesalonika, Surat | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Cipta, Ciptaan | Kenal, Tidak Mengenal Allah | Berea | Rumah Ibadat Orang Yahudi | Orang Yahudi | Bangkit, Kebangkitan Orang Mati | Hakim Penghakiman | Sembah, Penyembahan Berhala | Timotius | Epikuros | Manusia | Mati, Kematian Kristus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 17:11 - SETIAP HARI MEREKA MENYELIDIKI KITAB SUCI. Nas : Kis 17:11 Tindakan jemaat di Berea merupakan teladan bagi semua yang mendengarkan pengkhotbah dan guru menguraikan Alkitab. Tidak ada satu pe...

Nas : Kis 17:11

Tindakan jemaat di Berea merupakan teladan bagi semua yang mendengarkan pengkhotbah dan guru menguraikan Alkitab. Tidak ada satu penafsiran atau ajaran pun yang harus diterima secara pasif. Sebaliknya, harus diperiksa secara cermat dengan menyelidiki Alkitab sendiri. Kata yang diterjemahkan "menyelidiki" (Yun. _anakrino_) berarti "mengayak, menyelidiki dengan sangat teliti dan cermat". Khotbah yang alkitabiah harus menjadikan setiap pendengarnya orang yang gemar belajar Firman Allah. Kebenaran setiap doktrin harus diselidiki menurut Firman Allah

(lihat cat. --> Ef 2:20).

[atau ref. Ef 2:20]

Full Life: Kis 17:16 - PAULUS ... SANGAT SEDIH HATINYA. Nas : Kis 17:16 Ketika melihat penyembahan berhala dan pencemaran kesusilaan, Paulus menjadi sangat sedih (lihat cat. --> Ibr 1:9); ...

Nas : Kis 17:16

Ketika melihat penyembahan berhala dan pencemaran kesusilaan, Paulus menjadi sangat sedih

(lihat cat. --> Ibr 1:9);

[atau ref. Ibr 1:9]

rohnya menangisi mereka yang terhilang dan membutuhkan keselamatan. Sikap Paulus ini sama dengan sikap Yesus sendiri terhadap dosa dan pekerjaannya yang merusak

(lihat cat. --> Yoh 11:33).

[atau ref. Yoh 11:33]

Sikap marah yang kudus terhadap dosa dan kedursilaan seharusnya menjadi ciri dari semua orang yang memiliki Roh Kristus. Demi Kristus dan keselamatan orang yang terhilang, roh kita harus memberontak terhadap dosa yang dicela dalam Alkitab, yang menyakiti Allah dan merusak manusia (bd. 1Kor 6:17).

Full Life: Kis 17:30 - SEMUA MEREKA HARUS BERTOBAT. Nas : Kis 17:30 Di masa lampau, sebelum pengenalan sempurna akan Allah datang melalui Yesus Kristus, Allah banyak mengabaikan dosa dan kebodohan ma...

Nas : Kis 17:30

Di masa lampau, sebelum pengenalan sempurna akan Allah datang melalui Yesus Kristus, Allah banyak mengabaikan dosa dan kebodohan manusia tentang diri-Nya (bd. Rom 3:25). Kini karena telah datang penyataan yang penuh dan sempurna dengan penampakan Kristus, semua orang disuruh bertobat dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Kini tidak ada perkecualian, karena Allah tidak akan mengabaikan dosa siapapun. Semua orang harus berbalik dari dosa atau dihukum. Pertobatan, dengan kata lain, sangat penting bagi keselamatan

(lihat cat. --> Mat 3:2).

[atau ref. Mat 3:2]

Full Life: Kis 17:31 - DENGAN ADIL AKAN MENGHAKIMI DUNIA. Nas : Kis 17:31 Untuk mengetahui petunjuk lainnya tentang ajaran Paulus mengenai hari penghakiman lih. Rom 2:5,16; 1Kor 1:8; Fili 1:6,10; 1Tes 5:2,...

Nas : Kis 17:31

Untuk mengetahui petunjuk lainnya tentang ajaran Paulus mengenai hari penghakiman lih. Rom 2:5,16; 1Kor 1:8; Fili 1:6,10; 1Tes 5:2,4; 2Tes 1:7-10; 2:2.

BIS: Kis 17:18 - Yesus dan tentang hidup kembali sesudah mati Yesus dan tentang hidup kembali sesudah mati: atau Yesus dan tentang kebangkitan: Dalam Yunani, kata benda "kebangkitan" dapat diartikan sebagai nama ...

Yesus dan tentang hidup kembali sesudah mati: atau Yesus dan tentang kebangkitan: Dalam Yunani, kata benda "kebangkitan" dapat diartikan sebagai nama seorang dewi.

Jerusalem: Kis 17:4 - Beberapa orang dari mereka Termasuk kiranya Aristarkhus, seorang teman Paulus yang setia, bdk Kis 20:4; Kol 4:10

Termasuk kiranya Aristarkhus, seorang teman Paulus yang setia, bdk Kis 20:4; Kol 4:10

Jerusalem: Kis 17:4 - Orang Yunani yang takut kepada Allah Var: orang yang takut akan Allah dan orang Yunani. Menurut teks ini maka ada dua macam orang, yakni orang yang takut akan Allah, bdk Kis 10:2+, dan or...

Var: orang yang takut akan Allah dan orang Yunani. Menurut teks ini maka ada dua macam orang, yakni orang yang takut akan Allah, bdk Kis 10:2+, dan orang Yunani yang belum menjadi sasaran propaganda Yahudi. Adapun jemaat di Tesalonika terutama terdiri atas orang Kristen bekas kafir, bdk 1Te 1:9-10, dll.

Jerusalem: Kis 17:5 - Yason Barangkali Yason yang disebutkan dalam Rom 16:21.

Barangkali Yason yang disebutkan dalam Rom 16:21.

Jerusalem: Kis 17:7 - raja Pada kenyataannya orang-orang Kristen mencegah diri dari menyebut Yesus sebagai "raja" (basileus), sebuah gelar Kaisar. Orang-orang Kristen lebih suka...

Pada kenyataannya orang-orang Kristen mencegah diri dari menyebut Yesus sebagai "raja" (basileus), sebuah gelar Kaisar. Orang-orang Kristen lebih suka akan gelar "Kristus" (Mesias) dan "Tuhan".

Jerusalem: Kis 17:10 - berangkat Keberangkatan Paulus dan Silas itu tidak menghentikan pengejaran di Tesalonika, bdk 1Te 2:14.

Keberangkatan Paulus dan Silas itu tidak menghentikan pengejaran di Tesalonika, bdk 1Te 2:14.

Jerusalem: Kis 17:15 - lalu kembali Lukas menyingkat dan menyederhanakan. Sebenarnya Timotius menyertai Paulus, sebab dari Atena Paulus mengutusnya kembali ke Tesalonika, 1Te 3:1 dst. Da...

Lukas menyingkat dan menyederhanakan. Sebenarnya Timotius menyertai Paulus, sebab dari Atena Paulus mengutusnya kembali ke Tesalonika, 1Te 3:1 dst. Dari situ Timotius bersama Silas kembali dan bertemu dengan Paulus di Kis 18:5.

Jerusalem: Kis 17:16 - Atena Kota yang menjadi pusat rohani kebudayaan Yunani ini oleh Lukas dianggap sebagai sebuah lambang. Ini nampak dalam wejangan yang diucapkan Paulus. Weja...

Kota yang menjadi pusat rohani kebudayaan Yunani ini oleh Lukas dianggap sebagai sebuah lambang. Ini nampak dalam wejangan yang diucapkan Paulus. Wejangan ini satu-satunya contoh pewartaan Paulus kepada orang-orang kafir, yang tercantum dalam Kisah para rasul. Dan hanya dalam wejangan ini sajalah Paulus menggunakan "hikmat" (filsafat) keduniaan untuk menentang kekafiran.

Jerusalem: Kis 17:17 - di pasar Hanya di sini Kisah para rasul dengan jelas berkata tentang pewartaan semacam itu (lih. Kis 14:7 dst).

Hanya di sini Kisah para rasul dengan jelas berkata tentang pewartaan semacam itu (lih. Kis 14:7 dst).

Jerusalem: Kis 17:18 - golongan Epikuros dan Stoa Ini merupakan kedua mazhab filsafat utama di zaman itu

Ini merupakan kedua mazhab filsafat utama di zaman itu

Jerusalem: Kis 17:18 - si peleter ini Perkataan dari bahasa pasar Atena ini secara harafiah berarti "pengumpul biji-bijian". Juga nama burung gagak jenis tertentu. Dalam bahasa harian dipa...

Perkataan dari bahasa pasar Atena ini secara harafiah berarti "pengumpul biji-bijian". Juga nama burung gagak jenis tertentu. Dalam bahasa harian dipakai juga untuk mencaci maki orang petualang yang memungut makanannya di mana saja atau orang yang suka mengulang bagaikan piringan hitam apa yang dikatakan orang lain

Jerusalem: Kis 17:18 - dewa-dewa asing Dengan kata yang sama dirumuskan tuduhan yang dilontarkan kepada Sokrates

Dengan kata yang sama dirumuskan tuduhan yang dilontarkan kepada Sokrates

Jerusalem: Kis 17:18 - kebangkitanNya Bdk Kis 17:32. Kata "kebangkitan" (Yunaninya: anastasis) diartikan sebagai nama dewi "isteri" Yesus.

Bdk Kis 17:32. Kata "kebangkitan" (Yunaninya: anastasis) diartikan sebagai nama dewi "isteri" Yesus.

Jerusalem: Kis 17:19 - Areopagus Nama itu merupakan nama sebuah bukit yang terletak di bagian selatan pasar Atena. Juga nama dewan pemerintahan Atena yang dahulu bersidang di bukit it...

Nama itu merupakan nama sebuah bukit yang terletak di bagian selatan pasar Atena. Juga nama dewan pemerintahan Atena yang dahulu bersidang di bukit itu. Teks Yunani dapat dimengerti dengan dua cara: para filsuf mengantar Paulus ke (bukit) Areopagus supaya lebih tenang untuk mendengarkan Paulus; atau (kiranya lebih tepat): mereka membawa Paulus ke hadapan (dewan) Areopagus.

Jerusalem: Kis 17:22-31 - -- Wejangan Paulus ini tersusun sbb: Sesudah kata pendahuluan yang mengenai pengalaman Paulus di Atena, Kis 17:22-23, Paulus memberitakan Allah sejati, y...

Wejangan Paulus ini tersusun sbb: Sesudah kata pendahuluan yang mengenai pengalaman Paulus di Atena, Kis 17:22-23, Paulus memberitakan Allah sejati, yang diperlawankan dengan pikiran orang bukan Yahudi tentang ilah: 1) Allah menciptakan alam semesta oleh karena itu orang tidak boleh menyangka Allah berkediaman dalam kuil atau membutuhkan kebaktian yang ditujukan kepadaNya, Kis 17:24-25; 2) Allah menjadikan manusia dan melimpahinya dengan berbagai anugerah. Karenanya tidak masuk akal Allah disamakan dengan barang mati (arca), Kis 17:26-29. Kata penutup wejangan itu mengajak orang bertobat dengan ingat akan penghakiman kelak, Kis 17:30-31. Kedua bagian wejangan itu menentang penyembahan berhala. Paulus meminjam pikiran dan rangka wejangannya dari propaganda monoteisme yang dilakukan orang Yahudi di dunia Yunani. Bdk Kis 14:15-17; Wis 13-14; Rom 1:19-25; Efe 4:17-19.

Jerusalem: Kis 17:23 - Allah yang tidak dikenal Kaum kafir membaktikan mezbah-mezbah kepada "ilah yang tidak dikenal" karena takut kalau-kalau ada salah seorang ilah yang tidak dikenal menjadi murka...

Kaum kafir membaktikan mezbah-mezbah kepada "ilah yang tidak dikenal" karena takut kalau-kalau ada salah seorang ilah yang tidak dikenal menjadi murka. Paulus mengartikan pembaktian semacam itu secara lain, yaitu sebagai kejahilan yang menurut Kitab Suci ada pada orang yang tidak mengenal Allah, 1Te 4:5; 2Te 1:8; Gal 4:8; 1Ko 15:34; Efe 4:17-19; 1Pe 1:14; Yer 10:25; Ayu 18:21; Wis 13:1; 14:22. Dengan jalan itu Paulus menolak tuduhan bahwa mewartakan ilah baru.

Jerusalem: Kis 17:25 - dilayani oleh tangan manusia Ini sebuah pikiran yang lazim di antara orang-orang Yunani dan Yahudi; inipun sesuai dengan pikiran lama sebagaimana tercantum dalam Kitab Suci, bdk A...

Ini sebuah pikiran yang lazim di antara orang-orang Yunani dan Yahudi; inipun sesuai dengan pikiran lama sebagaimana tercantum dalam Kitab Suci, bdk Amo 5:21 dst; 1Ta 29:10 dst; Maz 50:9-13; 2Ma 14:35 dll.

Jerusalem: Kis 17:26 - satu orang saja Harafiah: satu saja. Var: satu darah, atau satu bangsa, satu rumpun bangsa

Harafiah: satu saja. Var: satu darah, atau satu bangsa, satu rumpun bangsa

Jerusalem: Kis 17:26 - musim-musim Harafiah: waktu-waktu yang ditentukan terlebih dahulu. Yang dimaksudkan agaknya musim-musim yang secara teratur gilir berganti dan menjamin penghidupa...

Harafiah: waktu-waktu yang ditentukan terlebih dahulu. Yang dimaksudkan agaknya musim-musim yang secara teratur gilir berganti dan menjamin penghidupan manusia, Kis 14:17; bdk Kel 1:14; Wis 8:8

Jerusalem: Kis 17:26 - batas-batas yang kiranya dimaksudkan ialah: batas-batas yang memisahkan daratan yang dapat didiami dan lautan, Kej 1:9-10; Maz 104:9; Ayu 38:8-11; Ams 8:28-29; bd...

yang kiranya dimaksudkan ialah: batas-batas yang memisahkan daratan yang dapat didiami dan lautan, Kej 1:9-10; Maz 104:9; Ayu 38:8-11; Ams 8:28-29; bdk Yer 5:22-24; Maz 74:17. Menurut tafsir lain "waktu-waktu yang ditentukan terlebih dahulu" dan "batas-batas" itu ialah masa dan daerah yang ditentukan Allah bagi masing-masing bangsa, Kej 10; Ula 32:8 dst. Tetapi bagaimanapun juga, apa yang dimaksudkan ialah tata susunan jagat raya dapat mengantar manusia kepada pengetahuan tentang Allah.

Jerusalem: Kis 17:27 - (mencari) Dia Var: Allah; atau: Tuhan.

Var: Allah; atau: Tuhan.

Jerusalem: Kis 17:28 - -- Propaganda monoteisme oleh orang Yahudi sudah biasa mengemukakan bahwa manusia dijadikan "menurut gambar dan rupa Allah", Kej 1:26-27; Wis 2:23; Sir 1...

Propaganda monoteisme oleh orang Yahudi sudah biasa mengemukakan bahwa manusia dijadikan "menurut gambar dan rupa Allah", Kej 1:26-27; Wis 2:23; Sir 17:1-8, dengan maksud memperlihatkan betapa bodohnya penyembahan berhala

Jerusalem: Kis 17:28 - pujangga-pujangga Var: orang-orang berhikmat, atau: beberapa orang di antara kamu

Var: orang-orang berhikmat, atau: beberapa orang di antara kamu

Jerusalem: Kis 17:28 - Sebab kita ini Kutipan dari karya yang berjudul Phenomenes, karangan Aratus, pujangga atau penyair yang berasal dari pulau Sisilia (abad III seb. Mas.). Seorang fils...

Kutipan dari karya yang berjudul Phenomenes, karangan Aratus, pujangga atau penyair yang berasal dari pulau Sisilia (abad III seb. Mas.). Seorang filsuf dari mazhab Stoa, Kleantes (abad III seb. Mas.) mengutarakan pikirannya dengan rumusan yang hampir sama.

Jerusalem: Kis 17:29 - keadaan ilahi sama seperti... Di sini Paulus mengambil alih penentangan penyembahan berhala yang sudah lazim sejak dahulu, bdk Yes 40:20, dll.

Di sini Paulus mengambil alih penentangan penyembahan berhala yang sudah lazim sejak dahulu, bdk Yes 40:20, dll.

Jerusalem: Kis 17:31 - telah menetapkan suatu hari Bdk Maz 9:9; 96:13; 98:9. Dengan mengingatkan kepada penghakiman terakhir para rasul mengajak pendengarnya untuk berobat, bdk khususnya Kis 10:42-43; ...

Bdk Maz 9:9; 96:13; 98:9. Dengan mengingatkan kepada penghakiman terakhir para rasul mengajak pendengarnya untuk berobat, bdk khususnya Kis 10:42-43; 1Te 1:10

Jerusalem: Kis 17:31 - dengan membangkitkan Dia Pembangkitan Kristus melandasi dan menjamin kepercayaan akan tugasNya sebagai Hakim dan Penyelamat di akhir zaman, bdk Rom 14:9; 2Ti 4:1; 1Pe 4:5.

Pembangkitan Kristus melandasi dan menjamin kepercayaan akan tugasNya sebagai Hakim dan Penyelamat di akhir zaman, bdk Rom 14:9; 2Ti 4:1; 1Pe 4:5.

Jerusalem: Kis 17:32 - -- Di dunia yang berkebudayaan Yunani, juga pada orang-orang Kristen, ajaran tentang kebangkitan sukar mengalahkan macam-macam purbasangka; bdk 1Ko 15:12...

Di dunia yang berkebudayaan Yunani, juga pada orang-orang Kristen, ajaran tentang kebangkitan sukar mengalahkan macam-macam purbasangka; bdk 1Ko 15:12 dst. Anggota-anggota Mahkamah Agama di Yerusalem mengutuk dan mengejar pewartaan Kristen itu; anggota-anggota Areopagus di Atena puas dengan mengejek ajaran itu. Kegagalan Paulus di Atena hampir saja total. Selanjutnya pewartaan Paulus tidak lagi akan menggunakan dalil-dalil dari hikmat Yunani, 1Ko 2:1-5.

Jerusalem: Kis 17:34 - Dionisius Sidang pembaca Lukas kiranya mengenal tokoh itu. Kemudian daya khayal umat menghias tokoh itu dengan berbagai cerita, terutama setelah dalam abad V se...

Sidang pembaca Lukas kiranya mengenal tokoh itu. Kemudian daya khayal umat menghias tokoh itu dengan berbagai cerita, terutama setelah dalam abad V seorang penulis (Pseudo-Dionisius) menggunakan nama tokoh itu untuk menyebar luaskan karyanya sendiri mengenai mistik. Dionisius, anggota majelis Areopagus itu juga disamakan dengan uskup pertama kota Paris (abad III).

Ende: Kis 17:17 - Atena Kota tertua ini masih tetap pusat utama kebudajaan Junani.

Kota tertua ini masih tetap pusat utama kebudajaan Junani.

Ende: Kis 17:19 - Areopagos Ini sebenarnja nama suatu bukit didalam kota, tetapi chususnja nama gedung tempat madjelis agung dari kota bersidang jang berdiri diatasnja, dan madje...

Ini sebenarnja nama suatu bukit didalam kota, tetapi chususnja nama gedung tempat madjelis agung dari kota bersidang jang berdiri diatasnja, dan madjelis itu sendiri dinamakan demikian pula. Boleh djadi Paulus dibawa kesitu sebab suasana disitu lebih tenteram untuk berbitjara, tetapi mungkin djuga untuk dihadapkan kepada madjelis pengadilan.

Ende: Kis 17:22 - Mengangkat bitjara Paulus berusaha menjesuaikan pidatonja dengan dunia pikiran, selera dan ketjerdasan filsuf-filsuf Junani jang tentu merupakan bagian besar dari penden...

Paulus berusaha menjesuaikan pidatonja dengan dunia pikiran, selera dan ketjerdasan filsuf-filsuf Junani jang tentu merupakan bagian besar dari pendengar-pendengarnja. Meski pidato ini rapi teratur dan gajanja bagus, namun tidak berhasil. Paulus sangat ketjewa.

Ende: Kis 17:28 - Pudjangga kamu Kutipan ini terdapat dalam karja Epimanides dari Ngasos, jang hidup dalam abad keenam seb. Kr. Pudjangga ini djuga dimaksudkan Paulus dalam Tit 1:12. ...

Kutipan ini terdapat dalam karja Epimanides dari Ngasos, jang hidup dalam abad keenam seb. Kr. Pudjangga ini djuga dimaksudkan Paulus dalam Tit 1:12.

Utjapan "kita adalah sebangsa dengan Dia" berasal dari seorang pudjangga bernama Aratus jang hidup dalam abad ketiga seb.Kr.

Ende: Kis 17:30 - Zaman kedjahilan zaman orang belum mengenal Allah jang Mahaesa dan tidak berbakti kepadaNja.

zaman orang belum mengenal Allah jang Mahaesa dan tidak berbakti kepadaNja.

Ref. Silang FULL: Kis 17:1 - di Tesalonika · di Tesalonika: Kis 17:11,13; Fili 4:16; 1Tes 1:1; 2Tes 1:1; 2Tim 4:10

Ref. Silang FULL: Kis 17:2 - ibadat itu // hari Sabat // Kitab Suci · ibadat itu: Kis 9:20; Kis 9:20 · hari Sabat: Kis 13:14; Kis 13:14 · Kitab Suci: Kis 8:35; 18:28

· ibadat itu: Kis 9:20; [Lihat FULL. Kis 9:20]

· hari Sabat: Kis 13:14; [Lihat FULL. Kis 13:14]

· Kitab Suci: Kis 8:35; 18:28

Ref. Silang FULL: Kis 17:3 - harus menderita // orang mati // Inilah Mesias · harus menderita: Luk 24:26; Kis 3:18 · orang mati: Luk 24:46; Kis 2:24; Kis 2:24 · Inilah Mesias: Kis 9:22; Kis 9:22

· harus menderita: Luk 24:26; Kis 3:18

· orang mati: Luk 24:46; Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

· Inilah Mesias: Kis 9:22; [Lihat FULL. Kis 9:22]

Ref. Silang FULL: Kis 17:4 - dan Silas · dan Silas: Kis 15:22; Kis 15:22

· dan Silas: Kis 15:22; [Lihat FULL. Kis 15:22]

Ref. Silang FULL: Kis 17:5 - kota itu // rumah Yason · kota itu: Kis 17:13; 1Tes 2:16; 1Tes 2:16 · rumah Yason: Rom 16:21

· kota itu: Kis 17:13; 1Tes 2:16; [Lihat FULL. 1Tes 2:16]

· rumah Yason: Rom 16:21

Ref. Silang FULL: Kis 17:6 - mereka menyeret // beberapa saudara // seluruh dunia // ke mari · mereka menyeret: Kis 16:19; Kis 16:19 · beberapa saudara: Kis 1:16; Kis 1:16 · seluruh dunia: Mat 24:14; Mat 24:14 · ke ...

· mereka menyeret: Kis 16:19; [Lihat FULL. Kis 16:19]

· beberapa saudara: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

· seluruh dunia: Mat 24:14; [Lihat FULL. Mat 24:14]

· ke mari: Kis 16:20

Ref. Silang FULL: Kis 17:7 - yaitu Yesus · yaitu Yesus: Luk 23:2; Yoh 19:12

· yaitu Yesus: Luk 23:2; Yoh 19:12

Ref. Silang FULL: Kis 17:9 - dari Yason · dari Yason: Kis 17:5

· dari Yason: Kis 17:5

Ref. Silang FULL: Kis 17:10 - dan Silas // ke Berea // rumah ibadat · dan Silas: Kis 15:22; Kis 15:22 · ke Berea: Kis 17:13; Kis 20:4 · rumah ibadat: Kis 9:20; Kis 9:20

· dan Silas: Kis 15:22; [Lihat FULL. Kis 15:22]

· ke Berea: Kis 17:13; Kis 20:4

· rumah ibadat: Kis 9:20; [Lihat FULL. Kis 9:20]

Ref. Silang FULL: Kis 17:11 - di Tesalonika // Kitab Suci // benar demikian · di Tesalonika: Kis 17:1; Kis 17:1 · Kitab Suci: Luk 16:29; Yoh 5:39 · benar demikian: Ul 29:29

· di Tesalonika: Kis 17:1; [Lihat FULL. Kis 17:1]

· Kitab Suci: Luk 16:29; Yoh 5:39

· benar demikian: Ul 29:29

Ref. Silang FULL: Kis 17:12 - laki-laki Yunani · laki-laki Yunani: Kis 2:41; Kis 2:41

· laki-laki Yunani: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

Ref. Silang FULL: Kis 17:13 - di Berea · di Berea: Ibr 4:12; Ibr 4:12

· di Berea: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

Ref. Silang FULL: Kis 17:14 - Tetapi saudara-saudara // tetapi Silas // dan Timotius · Tetapi saudara-saudara: Kis 9:30; Kis 9:30 · tetapi Silas: Kis 15:22; Kis 15:22 · dan Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1

· Tetapi saudara-saudara: Kis 9:30; [Lihat FULL. Kis 9:30]

· tetapi Silas: Kis 15:22; [Lihat FULL. Kis 15:22]

· dan Timotius: Kis 16:1; [Lihat FULL. Kis 16:1]

Ref. Silang FULL: Kis 17:15 - di Atena // selekas mungkin · di Atena: Kis 17:16,21,22; Kis 18:1; 1Tes 3:1 · selekas mungkin: Kis 18:5

· di Atena: Kis 17:16,21,22; Kis 18:1; 1Tes 3:1

· selekas mungkin: Kis 18:5

Ref. Silang FULL: Kis 17:17 - rumah ibadat · rumah ibadat: Kis 9:20; Kis 9:20

· rumah ibadat: Kis 9:20; [Lihat FULL. Kis 9:20]

Ref. Silang FULL: Kis 17:18 - memberitakan Injil // tentang kebangkitan-Nya · memberitakan Injil: Kis 13:32; Kis 13:32 · tentang kebangkitan-Nya: Kis 17:31,32; Kis 4:2

· memberitakan Injil: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]

· tentang kebangkitan-Nya: Kis 17:31,32; Kis 4:2

Ref. Silang FULL: Kis 17:19 - sidang Areopagus // ajaran baru · sidang Areopagus: Kis 17:22 · ajaran baru: Mr 1:27

· sidang Areopagus: Kis 17:22

· ajaran baru: Mr 1:27

Ref. Silang FULL: Kis 17:21 - orang-orang Atena · orang-orang Atena: Kis 17:15; Kis 17:15

· orang-orang Atena: Kis 17:15; [Lihat FULL. Kis 17:15]

Ref. Silang FULL: Kis 17:22 - atas Areopagus // sangat beribadah · atas Areopagus: Kis 17:19 · sangat beribadah: Kis 17:16

· atas Areopagus: Kis 17:19

· sangat beribadah: Kis 17:16

Ref. Silang FULL: Kis 17:23 - tanpa mengenalnya · tanpa mengenalnya: Yoh 4:22

· tanpa mengenalnya: Yoh 4:22

Ref. Silang FULL: Kis 17:24 - segala isinya // dan bumi // buatan tangan · segala isinya: Yes 42:5; Kis 14:15 · dan bumi: Ul 10:14; Yes 66:1,2; Mat 11:25 · buatan tangan: 1Raj 8:27; Kis 7:48

· segala isinya: Yes 42:5; Kis 14:15

· dan bumi: Ul 10:14; Yes 66:1,2; Mat 11:25

· buatan tangan: 1Raj 8:27; Kis 7:48

Ref. Silang FULL: Kis 17:25 - segala sesuatu · segala sesuatu: Mazm 50:10-12; Yes 42:5

· segala sesuatu: Mazm 50:10-12; Yes 42:5

Ref. Silang FULL: Kis 17:26 - batas-batas kediaman · batas-batas kediaman: Ul 32:8; Ayub 12:23

· batas-batas kediaman: Ul 32:8; Ayub 12:23

Ref. Silang FULL: Kis 17:27 - kita masing-masing · kita masing-masing: Ul 4:7; Yes 55:6; Yer 23:23,24

· kita masing-masing: Ul 4:7; Yes 55:6; Yer 23:23,24

Ref. Silang FULL: Kis 17:28 - kita ada · kita ada: Ul 30:20; Ayub 12:10; Dan 5:23

· kita ada: Ul 30:20; Ayub 12:10; Dan 5:23

Ref. Silang FULL: Kis 17:29 - dan keahlian · dan keahlian: Yes 40:18-20; Rom 1:23

· dan keahlian: Yes 40:18-20; Rom 1:23

Ref. Silang FULL: Kis 17:30 - memandang lagi // zaman kebodohan // harus bertobat · memandang lagi: Kis 14:16; Rom 3:25 · zaman kebodohan: Kis 17:23; 1Pet 1:14 · harus bertobat: Luk 24:47; Tit 2:11,12

· memandang lagi: Kis 14:16; Rom 3:25

· zaman kebodohan: Kis 17:23; 1Pet 1:14

· harus bertobat: Luk 24:47; Tit 2:11,12

Ref. Silang FULL: Kis 17:31 - dengan adil // akan menghakimi // telah ditentukan-Nya // orang mati · dengan adil: Mazm 9:9; 96:13; 98:9 · akan menghakimi: Mat 10:15; Mat 10:15 · telah ditentukan-Nya: Kis 10:42; Kis 10:42 ·...

· dengan adil: Mazm 9:9; 96:13; 98:9

· akan menghakimi: Mat 10:15; [Lihat FULL. Mat 10:15]

· telah ditentukan-Nya: Kis 10:42; [Lihat FULL. Kis 10:42]

· orang mati: Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

Ref. Silang FULL: Kis 17:32 - orang mati · orang mati: Kis 17:18,31

· orang mati: Kis 17:18,31

Ref. Silang FULL: Kis 17:34 - majelis Areopagus · majelis Areopagus: Kis 17:19,22

· majelis Areopagus: Kis 17:19,22

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 17:1-9 - Paulus dan Silas di Tesalonika Di sini kita mendapati lanjutan kisah perjalanan Paulus, dan semua pelayanan serta penderitaannya bagi Kristus. Ia bukan seperti lilin di atas mej...

Matthew Henry: Kis 17:10-15 - Paulus dan Silas di Berea Paulus dan Silas di Berea ( Kis 17:10-15) Dalam perikop di atas kita mendapati, I. Paulus dan Silas berpindah ke Berea, dan memberitak...

Matthew Henry: Kis 17:16-21 - Paulus di Atena Paulus di Atena ( Kis 17:16-21) Seorang cendekiawan yang mengenal baik, dan senang dengan, pengetahuan dari zaman-zaman kuno, akan merasa bahagia ...

Matthew Henry: Kis 17:22-31 - Paulus di Atena Paulus di Atena ( Kis 17:22-31) Di sini kita mendapati khotbah Rasul Paulus di Atena. Sudah kita lihat berbagai macam khotbah yang disampaikan pa...

Matthew Henry: Kis 17:32-34 - Paulus di Atena Paulus di Atena ( Kis 17:32-34) Di sini kita mendapati gambaran singkat tentang hasil dari pemberitaan Paulus di Atena. I. Yang lebih baik...

SH: Kis 17:1-9 - Hukum, politik, dan kuasa Allah (Sabtu, 17 Juni 2000) Hukum, politik, dan kuasa Allah Di Indonesia, banyak Kristen yang buta permasalahan hukum dan politik. Konsekuensinya: (1)Kristen seringkali dil...

SH: Kis 17:1-9 - Risiko memberitakan kebenaran (Minggu, 29 Mei 2005) Risiko memberitakan kebenaran Kebenaran selalu memperhadapkan orang pada dua pilihan. Menerima dan mengalami transformasi hidup atau menolak dan...

SH: Kis 17:1-9 - Injil membawa derita? (Minggu, 6 Juni 2010) Injil membawa derita? Survei yang dilakukan oleh George Gallup di Amerika menyatakan bahwa kurang dari sepuluh persen orang Kristen injili yang dapat...

SH: Kis 17:1-9 - Selalu ada tantangan (Selasa, 22 Juli 2014) Selalu ada tantangan Kota kedua yang dikunjungi Paulus di daratan Eropa ialah Tesalonika. Sebagaimana di kota Filipi (Kis. 16:13), di sini Paulus mas...

SH: Kis 17:1-34 - Baca Gali Alkitab 3 (Rabu, 23 Juli 2014) Baca Gali Alkitab 3 Apa saja yang Anda baca? 1. Apa yang terjadi di Tesalonika, setelah Paulus mengabarkan Injil di rumah ibadat orang Yahudi (1-4, ...

SH: Kis 17:1-9 - Salah Paham dan Gagal Paham (Jumat, 21 September 2018) Salah Paham dan Gagal Paham Pastilah kita pernah mengalami apa yang disebut dengan salah paham. Berawal dari kesalahpahaman dalam berkomunikasi membu...

SH: Kis 17:10-15 - Agama yang sejati dan benar (Minggu, 18 Juni 2000) Agama yang sejati dan benar Johan Albrecht Bengel pernah mengatakan bahwa 'karakteristik agama yang sejati dan benar adalah agama yang terbuka u...

SH: Kis 17:10-15 - Sikap hati terhadap Injil (Senin, 30 Mei 2005) Sikap hati terhadap Injil Mengapa ada orang merespons Injil lalu bertobat, sebaliknya ada pula orang yang menutup diri terhadap Injil? Jawabnya ...

SH: Kis 17:10-15 - Selidiki dulu (Senin, 7 Juni 2010) Selidiki dulu Unik sekali orang Berea ini. Mereka percaya pada firman Tuhan sebagai penyataan Allah yang berotoritas. Namun di sisi lain mereka tidak...

SH: Kis 17:10-15 - Sukacita dalam pelayanan (Rabu, 23 Juli 2014) Sukacita dalam pelayanan Hal apa yang menjadi kesukaan tersendiri ketika kita memberitakan Injil, walaupunsusah dan penuh tantangan, bahkan penderita...

SH: Kis 17:10-15 - Jadilah Saksi Kristus (Sabtu, 22 September 2018) Jadilah Saksi Kristus Di Tesalonika Paulus memberitakan Yesus sebagai Mesias yang dinantikan penggenapannya melalui nubuatan para nabi. Hal ini berha...

SH: Kis 17:16-34 - Hati-hati dengan dialog antar agama (Senin, 19 Juni 2000) Hati-hati dengan dialog antar agama Dialog antar umat beragama semakin marak di Indonesia, karena karakter masyarakat Indonesia yang sedemikian ...

SH: Kis 17:16-34 - Berbagi Injil dengan orang terdidik (Selasa, 31 Mei 2005) Berbagi Injil dengan orang terdidik Di mana-mana berita Injil tetap sama. Allah mengasihi dunia yang berdosa dan memberikan Kristus untuk kesela...

SH: Kis 17:16-34 - Mengidentifikasi diri (Selasa, 8 Juni 2010) Mengidentifikasi diri Kaum intelek adalah orang yang memiliki kecerdasan tinggi. Walau terbuka terhadap hal-hal baru, mereka tidak menerimanya begitu...

SH: Kis 17:16-34 - Setia memberitakan Injil (Kamis, 24 Juli 2014) Setia memberitakan Injil Dalam bagian firman Tuhan ini kita akan menelusuri jejak Paulus yang kali ini tidak disertai rekannya, Silas dan Timotius, y...

SH: Kis 17:16-34 - Radikal Mengikut Kristus (Minggu, 23 September 2018) Radikal Mengikut Kristus Rasul Paulus adalah salah satu contoh murid Kristus yang menjaga dan memberitakan iman dalam kehidupannya. Ia menjadikan ima...

Utley: Kis 17:1-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 17:1-91 Paulus dan Silas mengambil jalan melalui Amfipolis dan Apolonia dan tiba di Tesalonika. Di situ ada sebuah rumah ib...

Utley: Kis 17:10-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 17:10-1510 Tetapi pada malam itu juga segera saudara-saudara di situ menyuruh Paulus dan Silas berangkat ke Berea. Setibany...

Utley: Kis 17:16-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 17:16-2116 Sementara Paulus menantikan mereka di Atena, sangat sedih hatinya karena ia melihat, bahwa kota itu penuh dengan...

Utley: Kis 17:22-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 17:22-3122 Paulus pergi berdiri di atas Areopagus dan berkata: "Hai orang-orang Atena, aku lihat, bahwa dalam segala hal ka...

Utley: Kis 17:32-34 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 17:32-3432 Ketika mereka mendengar tentang kebangkitan orang mati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: "Lain kal...

Topik Teologia: Kis 17:2 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Pengutipan Nubuat-nubuat Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru Pengutipan Para Rasul d...

Topik Teologia: Kis 17:3 - -- Yesus Kristus Pengutipan Para Rasul dari Nubuat-nubuat Perjanjian Lama Kis 3:18 Kis 10:43 Kis 17:2-3 Kis 18:28 Kis 24:14 Kis 26...

Topik Teologia: Kis 17:4 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Bagian dari Komunit...

Topik Teologia: Kis 17:5 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Keinginan Iri Hati dan Cemburu Bil 11:28-30 Bil 12:2 Ayu 5:2 Maz 37:1 Maz 73...

Topik Teologia: Kis 17:6 - -- Gereja Rumah Yason Kis 17:5-7 Oposisi Terhadap Injil Kis 13:8 Kis 14:2 Kis 17:5-9 Kis 17:13 1Te 2:14-16 2Ti 4:14

Topik Teologia: Kis 17:8 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah dalam Gereja yang Muncul dari Orang Tidak Percaya Oposisi Terhadap Injil Kis 1...

Topik Teologia: Kis 17:11 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam A...

Topik Teologia: Kis 17:12 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Bagian dari Komunit...

Topik Teologia: Kis 17:13 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Tujuan Alkitab Kitab Suci adalah untuk Pemberitaan Injil ...

Topik Teologia: Kis 17:18 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Penghinaan 2Ta 36:16 Ayu 34:7 Maz 1:1 Maz 22:7 Maz 39:9 Maz 73:8 M...

Topik Teologia: Kis 17:22 - -- Wahyu Allah Wahyu Umum Tuntutan Moral Allah Dinyatakan Kebutuhan untuk Penyembahan Dinyatakan Kis 17:22-23

Topik Teologia: Kis 17:23 - -- Wahyu Allah Wahyu Umum Tuntutan Moral Allah Dinyatakan Kebutuhan untuk Penyembahan Dinyatakan Kis 17:22-23 Umat M...

Topik Teologia: Kis 17:24 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah itu Transenden Ula 4:39 Ula 10:14 1Ra 8:27 2Ta 2:6 Maz 11:4 Maz 95:3 Maz 99:2-3 Maz 1...

Topik Teologia: Kis 17:25 - -- Allah yang Berpribadi Allah Dapat Dihampiri Kel 24:9-11 Ula 4:7 Maz 17:15 Maz 24:3-4 Maz 27:4 Maz 34:9 Maz 43:3 Maz 65:5 Maz 14...

Topik Teologia: Kis 17:26 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Aktif di antara Bangsa-bangsa Lain dan di Seluruh Dunia Ula 32:8 2Ra 19:15 Ayu 12...

Topik Teologia: Kis 17:27 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah itu Imanen Kej 2:7 Kel 29:45-46 Ula 4:7 Ula 4:39 Ayu 33:4 Ayu 34:14-15 Maz 33:13-15 M...

Topik Teologia: Kis 17:28 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Bapa Atas Ciptaan Bil 16:22 Kis 17:28-29 1Ko 8:6 Efe 3:14-15 Efe 4:6 Ibr 12:9 Allah i...

Topik Teologia: Kis 17:29 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Aktif dalam Kehidupan Manusia Kej 1:26-28 Kej 2:7 Kej 9:5-7 1Sa 2:6-8 Ayu 14:5 Ma...

Topik Teologia: Kis 17:30 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Manusia Kej 1:26-28 Kej...

Topik Teologia: Kis 17:31 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Adil Kel 34:6-7 Ula 32:4 2Ta 12:6 Neh 9:33 Ayu 34:17-30 Maz 33:5,13...

Topik Teologia: Kis 17:32 - -- Dosa Para Pendosa Tidak Sopan 2Ra 19:16 2Ta 36:16 Neh 4:1-5 Maz 1:1 Maz 10:3 Maz 22:7-8 Maz 69:8-13 Maz 123:3-4 Ams 22:10 Yes 3...

Topik Teologia: Kis 17:34 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Bagian dari Komunit...

TFTWMS: Kis 9:3--26:15 - Konfrontasi Yang Tak Terduga KONFRONTASI YANG TAK TERDUGA (Kis 9:3-5; 22:6-8; 26:13-15) Saat itu menjelang tengah hari pada hari terakhir perjalanan tersebut. Tembok kota Damsyik...

TFTWMS: Kis 9:6--26:18 - Tantangan Yang Luar Biasa TANTANGAN YANG LUAR BIASA (Kis 9:6-9; 22:9-11; 26:16-18) Jawaban Tuhan sama mengejutkannya seperti penampakan diri-Nya. Yesus memberitahu Saulus untu...

TFTWMS: Kis 9:18--26:19 - Mualaf Yang Tidak Ragu-ragu MUALAF YANG TIDAK RAGU-RAGU (Kis 9:18, 19; 26:19) Bagi Saulus keputusan itu memang berat. Memang selalu berat bagi siapa saja untuk mengakui bahwa se...

TFTWMS: Kis 9:20--26:20 - Belajar Bicara BELAJAR BICARA (Kis 9:20-22, 27-29; 26:20) Anak bayi harus belajar bicara. Beberapa dapat belajar dengan cepat; beberapa lagi perlu waktu agak lama. ...

TFTWMS: Kis 9:29--22:21 - Rintangan Kedegilan RINTANGAN KEDEGILAN (Kis 9:29, 30; 22:17-21) Ketika Saulus memberitakan injil di Yerusalem, salah satu tempat pertama yang ia kunjungi adalah sinagog...

TFTWMS: Kis 17:1-10 - Mencari Orang-orang Berhati Jujur Di Tesalonika MENCARI ORANG-ORANG BERHATI JUJUR DI TESALONIKA (Kis 17:1-10) Ketika Paulus dan Silas berangkat, mereka berjalan ke barat ke Jalan Egnatius, berbaur ...

TFTWMS: Kis 9:1--26:12 - Keyakinan Yang Kokoh KEYAKINAN YANG KOKOH (Kis 9:1, 2; 22:4, 5; 26:9-12) Untuk menghargai perubahan yang terjadi atas diri Saulus, kita perlu mengetahui sesuatu tentang h...

TFTWMS: Kis 9:10--22:16 - Orang Kristen Yang Tidak Bersemangat ORANG KRISTEN YANG TIDAK BERSEMANGAT (Kis 9:10-17; 22:10, 12-16) Tuhan membiarkan Saulus dalam kegelapan—secara harfiah, secara rohani, dan secara ...

TFTWMS: Kis 17:6 - Mengacaukan Dunia 3 MENGACAUKAN DUNIA (Kis 17:6) Ketika orang-orang Yahudi itu menyeret orang-orang Kristen ke hadapan para penguasa Tesalonika, mereka membuat tuduha...

TFTWMS: Kis 17:10-15 - Mencari Orang-orang Berhati Jujur Di Berea MENCARI ORANG-ORANG BERHATI JUJUR DI BEREA (Kis 17:10-15) Berea terletak sekitar 65 atau 80 kilometer barat barat daya Tesalonika,30di kaki gunung Ol...

TFTWMS: Kis 17:14-15 - Mencari Orang-orang Berhati Jujur Di Atena MENCARI ORANG-ORANG BERHATI JUJUR DI ATENA (Kis 17:14, 15) Jika Paulus dan saudara-saudara dari Berea itu ke Atena dengan berjalan kaki, perjalanan i...

TFTWMS: Kis 17:16 - Jika Hati Anda Dapat Digugah Oleh Kesalahan Dan Kebodohan JIKA HATI ANDA DAPAT DIGUGAH OLEH KESALAHAN DAN KEBODOHAN (Kis 17:16) Keagungan Atena banyak yang sudah tinggal kenangan, namun di era Paulus kota it...

TFTWMS: Kis 17:17-21 - Jika Anda Berbuat Semampu Anda Untuk Mengoreksi Kesalahan Itu JIKA ANDA BERBUAT SEMAMPU ANDA UNTUK MENGOREKSI KESALAHAN ITU (Kis 17:17-19, 21) Bagaimanakah respon kita jika kita ini adalah Paulus? Akankah perasa...

TFTWMS: Kis 17:19-34 - Jika Anda Tetap Mengajar Terlepas Apapun Hasilnya JIKA ANDA TETAP MENGAJAR TERLEPAS APAPUN HASILNYA (Kis 17:19, 20, 22, 32-34) Ketika orang-orang Atena itu tiba di tujuan mereka (dimanapun tempatnya)...

TFTWMS: Kis 17:22-31 - Jika Anda Selalu Melakukan Yang Terbaik JIKA ANDA SELALU MELAKUKAN YANG TERBAIK (Kis 17:22-31) Di zaman kini dunia menganggap kuil-kuil dan patung-patung di Atena sebagai pencapaian terting...

TFTWMS: Kis 17:22-31 - Isi Khotbah ISI KHOTBAH (Kis 17:22-31) Di Areopagus (bukit Mars) terdapat dua batu putih. Pada waktu berlangsungnya pengadilan, penuntut berdiri di salah satu ba...

TFTWMS: Kis 17:32-34 - Respon Pendengar RESPON PENDENGAR (Kis 17:32-34) Dalam pelajaran sebelumnya, kita telah mengatakan bahwa Paulus datang ke Atena untuk mencari orang-orang berhati juju...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NASIHAT ORANG DEWASA UNTUK PARA BAYI DALAM KRISTUS (Kis 9:23-30; 22:17-21) Sewaktu Yesus berbicara kepada Nikodemus, Ia membandingkan proses perubaha...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:23-30; 22:17-21) Marilah kita sudahi pelajaran ini dengan menguji diri kita sendiri. Biarlah setiap orang bertanya, "Kemajuan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kedua nas ini memakai istilah "bayi" dalam nada menghina sebab mereka yang ditegur itu tidak bertumbuh sebagai orang Kri...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) DI JALAN MENUJU PEMURIDAN (Kis 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Dalam pelajaran ini dan berikutnya kita akan mempelajari "kisah perubahan hidup paling t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Kita harus menunggu sampai pelajaran berikutnya untuk melihat terlaksananya kunjungan itu dan untuk mendenga...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Acts of the Apostles, The Daily Study Bible Series, rev. ed. (Philadelphia: Westminster Press, 1976), 70. ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PEMBUNUH MASAL DIBAPTIS! (Kis 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Beberapa tahun yang lalu, vonis yang dijatuhkan ke atas Jeffrey Dahmer, seorang pembunuh ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Jika tempat mengizinkan, kita dapat juga berbicara tentang "komitmen yang hidup terus" saat S...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pelbagai kejadian serupa yang lebih familiar bagi para pendengar boleh digunakan ketimbang kisah Dahmer ini. 2 Melissa Prichard...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PELBAGAI RINTANGAN BAGI ORANG KRISTEN BARU (Kis 9:19-31; 22:17-21) Rasul Paulus sering membandingkan kehidupan Kristiani dengan suatu perlombaan (1Ko...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:19-31; 22:17-21) Saulus tidak menemukan kehidupan Kristiani sebagai kehidupan yang mudah, tetapi ia juga tidak menemukan kehidupan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang 8:22, 24. 2 Lihat 1Korintus 3:1, 2; Ibrani 5:12-14. Nas-nas itu juga menyiratkan bahwa orang Kristen yang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) MENCARI ORANG-ORANG BERHATI JUJUR (Kis 16:40-17:15) Sewaktu Yesus menjelaskan makna Perumpamaan Penabur, Ia berkata bahwa tanah yang baik melambangk...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 16:40-17:15) Seperti biasa, teks kita dipenuhi oleh pelbagai pelajaran yang perlu kita pelajari: (1) Kita harus terus memberitakan Fi...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang Kisah 20:28 pada edisi akan datang. 2 Beberapa orang punya anggapan ini karena kata "mereka" ya...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 17:6) Saya mendengar keberatan terakhir: "Mereka bisa lebih sukses daripada kita sebab keadaan waktu itu lebih mudah!" Apa?...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang 17:6 dalam pelajaran "Mencari Orang-Orang Berhati Jujur." 2 Ini merupakan ringkasan versi saya ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) BAGAIMANAKAH ANDA MENGARTIKAN S-U-K-S-E-S (DALAM PEKERJAAN TUHAN)? (Kis 17:16-34) Di Atena, pusat budaya dan filsafat dunia Yunani-Romawi, Paulus sen...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 17:16-34) Pada pembukaan pelajaran kita, kita telah mencatat bahwa untuk mengukur kesuksesan pekerjaan Tuhan di tempat dimana hal itu...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Dalam paragraph sebelumnya, saya mengacu kepada "gereja itu." Untuk menerapkannya kepada gereja secara keseluruhan, judu...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) SALAH SATU KHOTBAH TERHEBAT YANG PERNAH DIBERITAKAN (Kis 17:22-34) Di antara pelbagai pertanyaan paling penting yang mungkin akan ditanyakan adalah ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 17:22-34) Bersukacitalah; Allah Yang Tidak Dikenal sudah dinyatakan! "Di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada" (ay...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Warren W. Wiersbe, The Bible Exposition Commentary, vol. 1 (Wheaton, Ill.: Victor Books, 1989), 473. 2 Lihat komentar tentang 1...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 2.13 detik
dipersembahkan oleh YLSA