TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yesaya 46:1--48:22

Konteks
Para dewa Babel tidak berdaya
46:1 Dewa Bel l  sudah ditundukkan, dewa Nebo 1  sudah direbahkan, patung-patungnya m  sudah diangkut di atas binatang, di atas hewan; yang pernah kamu arak, n  sekarang telah dimuatkan sebagai beban pada binatang yang lelah, 46:2 yang tidak dapat menyelamatkan bebannya itu. Dewa-dewa itu bersama-sama direbahkan dan ditundukkan dan mereka sendiri harus pergi sebagai tawanan. o  46:3 "Dengarkanlah p  Aku, hai kaum keturunan Yakub, hai semua orang yang masih tinggal q  dari keturunan Israel, hai orang-orang yang Kudukung sejak dari kandungan, r  hai orang-orang yang Kujunjung s  sejak dari rahim. t  46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia u  dan sampai masa putih rambutmu v  Aku menggendong kamu 2 . Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul w  kamu dan menyelamatkan kamu. 46:5 Kepada siapakah kamu hendak menyamakan Aku, hendak membandingkan dan mengumpamakan Aku, sehingga kami sama? x  46:6 Orang mengeluarkan emas dari dalam kantongnya dan menimbang perak dengan dacing, mereka mengupah tukang emas y  untuk membuat allah dari bahan itu, lalu mereka menyembahnya, juga sujud kepadanya! z  46:7 Mereka mengangkatnya ke atas bahu dan memikulnya, a  lalu menaruhnya di tempatnya; di situ ia berdiri dan tidak dapat beralih b  dari tempatnya. Sekalipun orang berseru kepadanya, ia tidak menjawab c  dan ia tidak menyelamatkan d  mereka dari kesesakannya. 46:8 Ingatlah e  hal itu dan jadilah malu, pertimbangkanlah dalam hati, hai orang-orang pemberontak! f  46:9 Ingatlah hal-hal g  yang dahulu dari sejak purbakala, h  bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku, i  46:10 yang memberitahukan dari mulanya j  hal yang kemudian dan dari zaman k  purbakala apa yang belum terlaksana, l  yang berkata: Keputusan-Ku akan sampai, m  dan segala kehendak-Ku akan Kulaksanakan, 46:11 yang memanggil n  burung buas o  dari timur, dan orang yang melaksanakan putusan-Ku dari negeri yang jauh. Aku telah mengatakannya, maka Aku hendak melangsungkannya, Aku telah merencanakannya, p  maka Aku hendak melaksanakannya. q  46:12 Dengarkanlah r  Aku hai orang-orang yang congkak, s  orang-orang yang jauh dari kebenaran: t  46:13 Keselamatan u  yang dari pada-Ku tidak jauh lagi, sebab Aku telah mendekatkannya dan kelepasan v  yang Kuberikan tidak bertangguh lagi; Aku akan memberikan kelepasan di Sion w  dan keagungan-Ku x  kepada Israel."
Keruntuhan Babel
47:1 Turunlah dan duduklah di atas debu, y  hai anak dara, z  puteri Babel 3 ! Duduklah di tanah dengan tidak bertakhta, hai puteri Kasdim! a  Sebab engkau tidak akan disebutkan lagi manis dan genit. b  47:2 Ambillah batu kilangan c  dan gilinglah d  tepung, bukalah kerudungmu; e  angkatlah sarungmu, f  singkapkanlah paha, seberangilah sungai-sungai! 47:3 Biarlah auratmu g  tersingkap dan aibmu h  kelihatan! Aku akan mengadakan pembalasan i  dan tidak menyayangkan seorangpun, j  47:4 kata Penebus k  kami, TUHAN semesta alam l  nama-Nya, m  Yang Mahakudus, n  Allah Israel. 47:5 Duduklah dengan berdiam o  diri dan masuklah ke dalam gelap, p  hai puteri Kasdim! q  Sebab engkau tidak akan disebutkan lagi ratu r  atas kerajaan-kerajaan. s  47:6 Aku tadinya murka t  terhadap umat-Ku, menajiskan milik pusaka-Ku, u  dan menyerahkannya ke dalam tanganmu; v  dan engkau tidak menaruh belas kasihan w  kepada mereka, bahkan sangat memberatkan kukmu kepada orang yang tua. 47:7 Katamu tadinya: "Untuk selama-lamanya x  aku tetap menjadi ratu! y " sedang engkau tidak menyadari dan tidak memikirkan z  kesudahan a  semuanya itu. 47:8 Oleh sebab itu, dengarlah ini, hai orang yang hidup bermanja-manja, yang duduk-duduk dengan tenang, b  yang berkata dalam hatimu: "Tiada yang lain di sampingku! c  Aku tidak akan jadi janda d  dan tidak akan menjadi punah!" 47:9 Kedua hal itu akan menimpa engkau dalam sekejap mata, e  pada satu hari juga. Kepunahan f  dan kejandaan g  dengan sepenuhnya akan menimpa engkau, sekalipun banyak sihirmu h  dan sangat kuat manteramu. i  47:10 Engkau tadinya merasa aman j  dalam kejahatanmu, katamu: "Tiada yang melihat aku! k " Kebijaksanaanmu l  dan pengetahuanmu itulah yang menyesatkan m  engkau, sehingga engkau berkata dalam hatimu: "Tiada yang lain di sampingku!" 47:11 Tetapi malapetaka n  akan menimpa engkau, engkau tidak tahu mempergunakan jampimu terhadapnya; bencana akan jatuh atasmu, engkau tidak sanggup menampiknya dengan mempersembahkan korban; kebinasaan akan menimpa engkau dengan sekonyong-konyong, o  yang tidak terduga olehmu. 47:12 Bertahan sajalah dengan segala manteramu p  dan sihirmu yang banyak itu, yang telah kaurepotkan dari sejak kecilmu; mungkin engkau sanggup mendatangkan bantuan, mungkin engkau dapat menimbulkan ketakutan. 47:13 Engkau telah payah q  karena banyaknya nasihat! Biarlah tampil dan menyelamatkan r  engkau orang-orang yang meneliti segala penjuru langit, s  yang menilik bintang-bintang dan yang pada setiap bulan baru memberitahukan apa yang akan terjadi atasmu! 47:14 Sesungguhnya, mereka sebagai jerami t  yang dibakar api; u  mereka tidak dapat melepaskan nyawanya dari kuasa nyala api; v  api itu bukan bara api untuk memanaskan diri, bukan api untuk berdiang! 47:15 Demikianlah faedahnya bagimu dari tukang-tukang jampi itu, yang telah kaurepotkan w  dari sejak kecilmu; masing-masing mereka terhuyung-huyung ke segala jurusan, tidak ada yang dapat menyelamatkan x  engkau.
TUHAN menciptakan masa depan yang baru
48:1 Dengarlah firman ini, hai kaum keturunan Yakub, yang menyebutkan dirinya dengan nama Israel y  dan yang adalah keturunan Yehuda, z  yang bersumpah a  demi nama TUHAN b  dan mengakui c  Allah Israel--tetapi bukan dengan sungguh-sungguh d  dan dengan tulus hati 4 -- 48:2 bahkan mereka menyebutkan dirinya menurut kota kudus e  dan mereka bertopang f  kepada Allah Israel, TUHAN semesta alam nama-Nya; g  48:3 firman TUHAN: "Hal-hal h  yang terjadi di masa yang lampau telah Kuberitahukan dari sejak dahulu, Aku telah mengucapkannya i  dan telah mengabarkannya. Kemudian dengan sekonyong-konyong j  Aku melaksanakannya juga dan semuanya itu sudah menjadi kenyataan. 48:4 Oleh karena Aku tahu, bahwa engkau tegar tengkuk, k  keras kepala dan berkepala batu, l  m  48:5 maka Aku memberitahukannya kepadamu dari sejak dahulu 5 ; sebelum hal itu menjadi kenyataan, Aku mengabarkannya n  kepadamu, supaya jangan engkau berkata: Berhalaku yang melakukannya, o  patung pahatanku dan patung tuanganku yang memerintahkannya. 48:6 Engkau telah mendengar semuanya itu dan sekarang engkau harus melihatnya; tidakkah kamu sendiri mau mengakuinya? Aku mengabarkan kepadamu hal-hal yang baru 6  p  dari sejak sekarang, dan hal-hal yang tersimpan yang belum kauketahui. 48:7 Baru sekarang hal-hal itu diciptakan q  dan bukan dari sejak dahulu, r  dan sebelumnya engkau tidak mendengarnya, supaya jangan engkau berkata: Memang aku telah mengetahuinya! s  48:8 Engkau tidak mendengarnya ataupun mengetahuinya, t  juga telingamu u  tidak terbuka dari sejak dahulu; tetapi Aku telah mengetahui, bahwa engkau berbuat khianat v  sekeji-kejinya, dan bahwa orang menyebutkan engkau: pemberontak w  sejak dari kandungan. 48:9 Oleh karena nama-Ku x  Aku menahan amarah-Ku y  dan oleh karena kemasyhuran-Ku Aku mengasihani engkau, sehingga Aku tidak melenyapkan z  engkau. 48:10 Sesungguhnya, Aku telah memurnikan a  engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji b  engkau dalam dapur c  kesengsaraan. 48:11 Aku akan melakukannya oleh karena Aku, d  ya oleh karena Aku sendiri, sebab masakan nama-Ku akan dinajiskan? e  Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain! f "
TUHAN menebus Israel
48:12 "Dengarkanlah g  Aku, hai Yakub 7 , dan engkau Israel yang Kupanggil! h  Akulah i  yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian! j  48:13 Tangan-Ku juga meletakkan dasar bumi, k  dan tangan kanan-Ku membentangkan langit. l  Ketika Aku menyebut namanya, semuanya bermunculan. m  48:14 Berhimpunlah n  kamu sekalian dan dengarlah! Siapakah di antara mereka memberitahukan o  semuanya ini? Dia yang dikasihi p  TUHAN akan melaksanakan kehendak q  TUHAN terhadap Babel r  dan menunjukkan kekuatan tangan TUHAN kepada orang Kasdim. 48:15 Aku, Akulah yang mengatakannya dan yang memanggil s  dia juga, Akulah yang mendatangkan dia, dan segala usahanya akan berhasil. t  48:16 Mendekatlah u  kepada-Ku, dengarlah v  ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi w  dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ." Dan sekarang, Tuhan ALLAH x  mengutus y  aku dengan Roh-Nya 8 . z  48:17 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, a  Yang Mahakudus, b  Allah Israel: "Akulah TUHAN, Allahmu, yang mengajar c  engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun d  engkau di jalan e  yang harus kautempuh. 48:18 Sekiranya engkau memperhatikan f  perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu g  akan seperti sungai h  yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu i  akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti, 48:19 maka keturunanmu j  akan seperti pasir k  dan anak cucumu seperti kersik l  banyaknya; nama mereka tidak akan dilenyapkan m  atau ditiadakan dari hadapan-Ku." 48:20 Keluarlah dari Babel 9 , larilah n  dari Kasdim! Beritahukanlah dengan suara sorak-sorai o  dan kabarkanlah hal ini! Siarkanlah itu sampai ke ujung bumi! p  Katakanlah: "TUHAN telah menebus q  Yakub, hamba-Nya!" 48:21 Mereka tidak menderita haus, r  ketika Ia memimpin mereka melalui tempat-tempat yang tandus; Ia mengeluarkan air s  dari gunung batu bagi mereka; Ia membelah gunung batu, maka memancarlah t  air. 48:22 "Tidak ada damai sejahtera u  bagi orang-orang fasik! v " firman TUHAN.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[46:1]  1 Full Life : BEL ... NEBO.

Nas : Yes 46:1

Bel, juga disebut Marduk (bd. Yer 50:2) menjadi dewa tertinggi Babel; Nebo adalah dewa pengetahuan, tulis-menulis, dan astronomi. Dewa-dewa ini tidak dapat melindungi Babel dari kebinasaan.

[46:4]  2 Full Life : AKU MENGGENDONG KAMU.

Nas : Yes 46:4

Bertentangan dengan dewa-dewa ciptaan manusia (Yes 44:12-17) yang harus diangkut oleh penciptanya (ayat Yes 46:1), Tuhan, Pencipta kita, sanggup menggendong kita. Ia telah memperhatikan kita sejak awal kehidupan kita, terus bertindak demi kepentingan kita dan akan memelihara kita sampai ke akhir sekalipun.

[47:1]  3 Full Life : ANAK DARA, PUTERI BABEL!

Nas : Yes 47:1-15

Pasal ini menubuatkan kehancuran dan kejatuhan Babel. Babel mewakili kebudayaan kafir, yang mementingkan diri, dan angkuh (ayat Yes 47:8,10); penduduknya hidup dalam kenikmatan berhawa nafsu dan mengandalkan hikmat dan pengetahuan mereka sendiri dan ilmu sihir (ayat Yes 47:10,12-13). Orang semacam itu ditetapkan untuk hukuman yang hebat dan terjadi tiba-tiba (ayat Yes 47:9,11). Pada hari-hari terakhir masa kesengsaraan, Babel yang mewakili semua kebudayaan kafir dan humanistik dari dunia yang tidak ikut Tuhan, akan ditunggangbalikkan oleh Allah dalam murka-Nya

(lihat cat. --> Wahy 17:1;

lihat cat. --> Wahy 18:2).

[atau ref. Wahy 17:1; 18:2]

[48:1]  4 Full Life : BUKAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH DAN DENGAN TULUS HATI.

Nas : Yes 48:1-22

Pasal ini menyatakan bahwa Yehuda adalah umat yang mengaku ikut Allah dan berseru kepada nama-Nya, tetapi sesungguhnya menolak kebenaran-kebenaran firman-Nya dan tidak bersedia hidup dengan benar di hadapan-Nya. Mereka memiliki suatu bentuk agama, namun mereka tidak mau memberi tempat yang layak kepada Allah dalam kehidupan mereka

(lihat cat. --> Mat 23:13

[atau ref. Mat 23:13]

tentang kemunafikan;

lihat cat. --> 2Tim 3:5).

[atau ref. 2Tim 3:5]

[48:5]  5 Full Life : SEJAK DAHULU.

Nas : Yes 48:5

Melalui para nabi, Allah sudah menubuatkan penawanan dan pembebasan Israel, sehingga membuktikan bahwa Dialah satu-satunya Allah yang sejati. Tidak seorang penyembah berhala atau roh jahat manapun dapat dengan tepat meramalkan masa depan atau mengatakan terjadinya peristiwa tertentu sebagaimana dilakukan Allah Israel.

[48:6]  6 Full Life : HAL-HAL YANG BARU.

Nas : Yes 48:6

"Hal-hal yang baru" termasuk kedatangan Mesias dan langit baru dan bumi baru (pasal Yes 53:1-12; 65:18).

[48:12]  7 Full Life : DENGARKANLAH AKU, HAI YAKUB.

Nas : Yes 48:12-15

Nubuat ini lagi menunjuk kepada Koresy sebagai alat pilihan Allah untuk menggulingkan Babel

(lihat cat. --> Yes 41:2;

lihat cat. --> Yes 45:1).

[atau ref. Yes 41:2; 45:1]

[48:16]  8 Full Life : MENGUTUS AKU DENGAN ROH-NYA.

Nas : Yes 48:16

Ayat ini mengacu kepada Mesias yang akan datang, yang diberi kuasa oleh Roh Kudus (bd. Yes 61:1).

[48:20]  9 Full Life : KELUARLAH DARI BABEL.

Nas : Yes 48:20

Pernyataan ini akan menjadi penting sekali bagi orang Yahudi pada akhir masa pembuangan 70 tahun di Babel (539 SM), sewaktu mereka bersiap-siap untuk meninggalkan negeri itu dan kembali ke Yehuda sesuai dengan keputusan Koresy (bd. Wahy 18:4).



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA