TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Ayub 20:27

Konteks
20:27 Langit menyingkapkan kesalahannya, dan bumi bangkit melawan dia. u 

Ayub 16:10

Konteks
16:10 Mereka mengangakan mulutnya d  melawan aku, e  menampar pipiku f  dengan cercaan, dan bersama-sama mengerumuni aku. g 

Ayub 27:7

Konteks
27:7 Biarlah musuhku mengalami seperti orang fasik, c  dan orang yang melawan d  aku seperti orang yang curang.

Ayub 22:20

Konteks
22:20 Sungguh, lawan kami telah dilenyapkan, u  dan peninggalan mereka telah habis dimakan api. v 

Ayub 15:25

Konteks
15:25 Karena ia telah mengedangkan tangannya n  melawan Allah dan berani menantang Yang Mahakuasa; o 

Ayub 19:19

Konteks
19:19 Semua teman x  karibku merasa muak terhadap aku; y  dan mereka yang kukasihi, berbalik melawan aku. z 

Ayub 36:33

Konteks
36:33 Pekik perang-Nya memberitakan kedatangan-Nya, e  f  kalau dengan murka Ia berjuang melawan kecurangan."

Ayub 19:11

Konteks
19:11 Murka-Nya k  menyala terhadap aku, dan menganggap aku sebagai lawan-Nya 1 . l 

Ayub 15:26

Konteks
15:26 dengan bertegang leher ia berlari-lari menghadapi Dia, dengan perisainya p  yang berlapis tebal.

Ayub 10:17

Konteks
10:17 Engkau akan mengajukan saksi-saksi baru terhadap aku, u  --Engkau memperbesar kegeraman-Mu terhadap aku v --dan pasukan-pasukan baru, bahkan bala tentara melawan w  aku.

Ayub 9:14

Konteks
9:14 lebih-lebih aku, bagaimana aku dapat membantah Dia, memilih kata-kataku di hadapan Dia? v 

Ayub 10:2

Konteks
10:2 Aku akan berkata kepada Allah: r  Jangan mempersalahkan aku; beritahukanlah aku, mengapa Engkau beperkara s  dengan aku 2 . t 

Ayub 33:10

Konteks
33:10 Tetapi Ia mendapat alasan terhadap aku, Ia menganggap aku sebagai musuh-Nya. m 

Ayub 34:37

Konteks
34:37 Karena ia menambahkan dosanya dengan pelanggaran 3 , ia mengepalkan tangan h  di antara kami dan banyak bicara i  terhadap Allah. j "

Ayub 16:9

Konteks
16:9 Murka-Nya z  menerkam a  dan memusuhi aku 4 , Ia menggertakkan giginya terhadap aku; b  lawanku memandang aku dengan mata yang berapi-api. c 

Ayub 35:6

Konteks
35:6 Jikalau engkau berbuat dosa, apa yang akan kaulakukan terhadap Dia 5 ? p  Kalau pelanggaranmu banyak, apa yang kaubuat terhadap Dia?

Ayub 2:3

Konteks
2:3 Firman TUHAN kepada Iblis: "Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. c  Ia tetap tekun dalam kesalehannya, d  meskipun engkau telah membujuk Aku melawan dia untuk mencelakakannya tanpa alasan 6 . e "

Ayub 31:38

Konteks
31:38 Jikalau ladangku berteriak karena aku g  dan alur bajaknya menangis h  bersama-sama,

Ayub 20:23

Konteks
20:23 Untuk mengisi perutnya, j  Allah melepaskan ke atasnya murka-Nya k  yang menyala-nyala, dan menghujankan itu kepadanya l  sebagai makanannya.

Ayub 16:8

Konteks
16:8 sudah menangkap aku; inilah yang menjadi saksi; kekurusanku x  telah bangkit menuduh aku. y 

Ayub 19:5

Konteks
19:5 Jika kamu sungguh hendak membesarkan diri terhadap aku, v  dan membuat celaku sebagai bukti terhadap diriku,

Ayub 32:14

Konteks
32:14 Perkataannya tidak tertuju kepadaku, j  dan aku tidak akan menjawabnya dengan perkataanmu.

Ayub 19:29

Konteks
19:29 takutlah kepada pedang, karena kegeraman mendatangkan hukuman pedang, p  agar kamu tahu, bahwa ada pengadilan. q "

Ayub 9:4

Konteks
9:4 Allah itu bijak a  dan kuat, b  siapakah dapat berkeras melawan c  Dia, dan tetap selamat? d 

Ayub 6:4

Konteks
6:4 Karena anak panah s  dari Yang Mahakuasa t  tertancap pada tubuhku 7 , u  dan racunnya v  diisap w  oleh jiwaku; kedahsyatan x  Allah seperti pasukan melawan aku. y 

Ayub 15:13

Konteks
15:13 sehingga engkau memalingkan hatimu n  menentang Allah, dan mulutmu o  mengeluarkan perkataan p  serupa itu?

Ayub 17:8

Konteks
17:8 Orang-orang yang jujur tercengang karena hal itu, dan orang yang tidak bersalah naik pitam w  terhadap orang fasik.

Ayub 9:1

Konteks
Jawab Ayub: Tidak seorangpun dapat bertahan di hadapan Allah
9:1 Tetapi Ayub menjawab:

Ayub 31:21

Konteks
31:21 jikalau aku mengangkat tanganku melawan anak yatim, b  karena di pintu gerbang c  aku melihat ada yang membantu aku,

Ayub 23:13

Konteks
23:13 Tetapi Ia tidak pernah berubah--siapa dapat menghalangi Dia? s  Apa yang dikehendaki-Nya, t  dilaksanakan-Nya juga.

Ayub 6:27

Konteks
6:27 Bahkan atas anak yatim g  kamu membuang undi, h  dan sahabatmu kamu perlakukan sebagai barang dagangan.

Ayub 30:18

Konteks
30:18 Oleh kekerasan j  yang tak terlawan koyaklah pakaianku dan menggelambir sekelilingku seperti kemeja.

Ayub 38:23

Konteks
38:23 yang Kusimpan untuk masa kesesakan, o  untuk waktu pertempuran dan peperangan? p 

Ayub 16:4

Konteks
16:4 Akupun dapat berbicara seperti kamu, sekiranya kamu pada tempatku; aku akan menggubah kata-kata indah terhadap kamu, dan menggeleng-gelengkan kepala r  atas kamu.

Ayub 31:35

Konteks
31:35 Ah, sekiranya ada yang mendengarkan aku! a  --Inilah tanda tanganku! Hendaklah Yang Mahakuasa menjawab aku! --Sekiranya ada surat tuduhan b  yang ditulis lawanku!

Ayub 15:6

Konteks
15:6 Mulutmu sendirilah yang mempersalahkan engkau, bukan aku; bibirmu sendiri menjadi saksi menentang engkau. b 

Ayub 19:12

Konteks
19:12 Pasukan-Nya maju serentak, m  mereka merintangi n  jalan melawan aku, lalu mengepung kemahku. o 

Ayub 20:5

Konteks
20:5 bahwa sorak-sorai orang fasik v  hanya sebentar saja, dan sukacita orang durhaka w  hanya sekejap mata? x 

Ayub 27:8

Konteks
27:8 Karena apakah harapan orang durhaka, e  kalau Allah menghabisinya, kalau Ia menuntut nyawanya? f 

Ayub 30:12

Konteks
30:12 Di sebelah kananku w  muncul gerombolan, dikaitnya x  kakiku, y  dan dirintisnya jalan kebinasaan terhadap aku; z 

Ayub 30:21

Konteks
30:21 Engkau menjadi kejam o  terhadap aku, Engkau memusuhi aku p  dengan kekuatan tangan-Mu. q 

Ayub 15:34

Konteks
15:34 Karena kawanan orang-orang fasik i  tidak berhasil, dan api memakan habis j  kemah-kemah orang yang makan suap. k 

Ayub 22:21

Konteks
22:21 Berlakulah ramah terhadap Dia, w  supaya engkau tenteram; x  dengan demikian engkau y  memperoleh keuntungan 8 .

Ayub 24:13

Konteks
24:13 Ada lagi golongan yang memusuhi terang, e  yang tidak mengenal jalannya dan tidak tetap tinggal pada lintasannya. f 

Ayub 36:13

Konteks
36:13 Orang-orang yang fasik hatinya m  menyimpan kemarahan; n  mereka tidak berteriak minta tolong, o  kalau mereka dibelenggu-Nya;

Ayub 40:2

Konteks
40:2 (39-35) "Apakah si pengecam hendak berbantah f  dengan Yang Mahakuasa 9 ? g  Hendaklah yang mencela Allah menjawab! h "

Ayub 41:8

Konteks
41:8 (40-27) Letakkan tanganmu ke atasnya! Ingatlah pertarungannya! --Engkau takkan melakukannya lagi! c 

Ayub 2:10

Konteks
2:10 Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk 10 ? o " Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya. p 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[19:11]  1 Full Life : MENGANGGAP AKU SEBAGAI LAWAN-NYA.

Nas : Ayub 19:11

Ayub kini hidup dengan salah paham yang serius bahwa Allah langsung menyebabkan penderitaannya (bd. ayat Ayub 19:8-13).

  1. 1) Ia percaya bahwa Allah telah menjadi musuh yang senang menyiksa dan mendukakan jiwanya. Ayub tidak sadar bahwa Iblislah yang menjadi sumber musibah yang tanpa akhir itu. Sekalipun Allah yang mengizinkan Iblis menyiksa Ayub, tetap Iblislah yang melakukannya.
  2. 2) Orang percaya harus berhati-hati agar tidak menyalahkan Allah atas apa yang hanya diizinkan oleh-Nya. Di dalam dunia ini terjadi banyak hal jahat; Allah tidak senang menyaksikannya. Musibah-musibah terjadi di antara anak-anak-Nya, yang diizinkan-Nya dengan sedih dan penuh iba

    (lihat cat. --> 1Tim 2:4;

    [atau ref. 1Tim 2:4]

    lihat art. KEHENDAK ALLAH).

[10:2]  2 Full Life : MENGAPA ENGKAU BEPERKARA DENGAN AKU.

Nas : Ayub 10:2

Tidak pernah Ayub berdoa memohon kesembuhan untuk tubuhnya. Yang paling menarik perhatiannya ialah "mengapa" ia menderita dan mengapa Allah tampaknya telah meninggalkan hamba-Nya; mengetahui jawaban atas masalah ini lebih penting bagi Ayub daripada kesengsaraan yang sedang dialaminya. Diterima oleh Allah sebagai milik-Nya, bahkan di tengah kesengsaraan, adalah hal yang paling penting di dalam hidupnya.

[34:37]  3 Full Life : IA MENAMBAHKAN DOSANYA DENGAN PELANGGARAN.

Nas : Ayub 34:37

Elihu berpendapat bahwa pertanyaan dan keluhan Ayub terhadap Allah (Ayub 19:6; 27:2) menunjukkan pemberontakan langsung terhadap Allah. Walaupun mungkin benar bahwa Ayub bersalah besar dengan mengeluh kepada Allah, hatinya tetap berpaut kepada Allah sebagai Tuhannya (Ayub 19:25-27; Ayub 23:8-12; 27:1-6). Dalam semangatnya untuk membenarkan Allah, Elihu gagal untuk memahami sepenuhnya kebutuhan Ayub untuk mengungkapkan seluruh perasaannya yang paling dalam kepada Allah (bd. Mazm 42:10; 43:2).

[16:9]  4 Full Life : MURKA-NYA MENERKAM DAN MEMUSUHI AKU.

Nas : Ayub 16:9

Penderitaan hebat yang dialami Ayub membuatnya merasa bahwa Allah seorang penguasa kejam dan bukan Tuhan yang pemurah. Keyakinannya bahwa kehidupannya benar dan bersih (ayat Ayub 16:17) membuatnya meragukan keadilan Allah (bd. Ayub 19:6). Namun, Ayub juga berpegang teguh pada kepercayaannya bahwa Allah itu memang adil; karena itu, seandainya dia dapat berhubungan langsung dengan Allah (Ayub 13:13-27; 23:1-7) atau menjumpai seorang untuk membela perkaranya

(lihat cat. --> Ayub 9:33),

[atau ref. Ayub 9:33]

maka Allah selaku saksinya akan membenarkan ketidaksalahannya (ayat Ayub 16:19-21;

lihat cat. --> Ayub 16:19 selanjutnya).

[atau ref. Ayub 16:19]

[35:6]  5 Full Life : JIKALAU ENGKAU BERBUAT DOSA, APA YANG AKAN KAULAKUKAN TERHADAP DIA?

Nas : Ayub 35:6

Elihu percaya bahwa Allah demikian jauh dari kita (ayat Ayub 35:5) sehingga dosa atau kebenaran kita tidak mempengaruhi Dia.

  1. 1) Pemahaman Elihu itu salah. Alkitab menyatakan bahwa Allah bukan tanpa perasaan; hati-Nya bisa terluka apabila manusia menolak kasih-Nya. Ketika mereka berbalik melawan Dia dan berbuat dosa, Ia sangat berduka (Kej 6:6; Mazm 78:40; Luk 19:41-44; Ef 4:30).
  2. 2) Pada pihak lain, ketika umat Allah mengikut Dia dengan kasih, ketaatan, dan kesetiaan yang sungguh-sungguh, Dia sangat senang (2Kor 9:7). Allah memperhatikan umat-Nya dengan perasaan yang mendalam, mengumpulkan mereka dalam rangkulan-Nya bagaikan seorang gembala (Yes 40:11) dan mengasihi mereka dengan kelembutan yang melebihi seorang ibu (Yes 49:15). Perhatikan ungkapan menakjubkan tentang kasih Allah yang tak kunjung putus sebagaimana dicatat Yesaya: "Bukan seorang duta atau utusan, melainkan Ia sendirilah yang menyelamatkan mereka; Dialah yang menebus mereka dalam kasih-Nya dan belas kasihan-Nya. Ia mengangkat dan menggendong mereka selama zaman dahulu kala" (Yes 63:9; bd. Yes 53:1-12; Ibr 4:14-15).

[2:3]  6 Full Life : MENCELAKAKANNYA TANPA ALASAN.

Nas : Ayub 2:3

Ayub, penderita yang tak bersalah, melambangkan Yesus Kristus dan semua orang percaya yang benar di bawah perjanjian baru.

  1. 1) Sebagai teladan orang benar yang menderita pada zaman PL, Ayub menjadi lambang Kristus -- Orang Benar yang sempurna -- yang menderita sekalipun Ia tidak bersalah

    (lihat art. KRISTUS DALAM PERJANJIAN LAMA).

    Kristus yang tidak berdosa menderita dalam tubuh-Nya semua dampak kejahatan dan "dipukul dan ditindas Allah" (Yes 53:4; bd. 1Pet 2:24; 4:1).
  2. 2) Lagi pula, Ayub menjadi teladan ketabahan yang sabar di tengah-tengah kesukaran, suatu hal yang dituntut dari anak Tuhan di dalam Kristus (Yak 5:11; bd. juga pasal Ibr 11:1-40 yang menyebut banyak pahlawan iman yang menderita dan mati tanpa menerima kelepasan). Sebagaimana Ayub menderita tanpa salah karena kesetiaannya kepada Allah dan kebenaran-Nya, demikian juga semua orang percaya yang setia sedikit banyak akan menderita. PB menyatakan bahwa "setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya" (2Tim 3:12) -- suatu penderitaan yang dianggap sebagai memasuki "persekutuan dalam penderitaan Kristus" (Fili 3:10; bd. Kol 1:24). Dengan demikian para penderita yang tidak bersalah menjadi sahabat Allah (bd. 1Pet 4:1; 5:10;

    lihat cat. --> 1Pet 2:21;

    lihat cat. --> 1Pet 4:13;

    [atau ref. 1Pet 2:21; 4:13]

    lihat art. PENDERITAAN ORANG BENAR).

[6:4]  7 Full Life : ANAK PANAH DARI YANG MAHAKUASA TERTANCAP PADA TUBUHKU.

Nas : Ayub 6:4

Ayub sadar bahwa pada hakikatnya penderitaannya itu datang dari Allah, atau setidak-tidaknya dengan izin dan pengetahuan Allah. Kesedihannya yang paling hebat ialah: Allah tampaknya menentang dirinya dan ia tidak mengetahui penyebabnya. Ketika saudara mengalami kesukaran sementara dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menyenangkan Allah, jangan menyerah kepada pemikiran bahwa Allah tidak mempedulikan saudara lagi. Mungkin saudara tidak mengetahui mengapa Allah membiarkan hal semacam itu terjadi, tetapi saudara dapat mengetahui (sebagaimana halnya Ayub) bahwa akhirnya Allah sendiri akan memberi kekuatan, ketabahan, dan keteguhan, serta menuntun saudara hingga mencapai kemenangan (bd. Rom 8:35-39; Yak 5:11; 1Pet 5:10).

[22:21]  8 Full Life : ENGKAU MEMPEROLEH KEUNTUNGAN.

Nas : Ayub 22:21-30

Elifas menghimbau Ayub dengan doktrin pertobatan yang tradisional namun terlalu sederhana: jikalau Ayub bersedia kembali kepada Allah, menerima instruksi dari firman-Nya, merendahkan diri dan menghapus dosa dari hidupnya, dan meninggalkan ketergantungannya pada hal-hal dunia serta bersukacita di dalam Yang Mahakuasa, maka dengan sendirinya Allah akan membebaskannya dari semua kesulitan, doa-doanya akan didengar, dan keberhasilan akan mengikuti semua usahanya. Akan tetapi, Elifas bersalah dalam tiga hal.

  1. 1) Pertobatan dan keselamatan tidak selalu menghasilkan kemakmuran jasmaniah dan materiel. Kadang-kadang orang beriman, justru karena kesetiaannya "menderita kekurangan, kesesakan, dan siksaan" (Ibr 11:37); sekalipun mereka mempercayai janji-janji Allah, namun saat ini mereka "tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu" (Ibr 11:39).
  2. 2) Ketika menasihati Ayub untuk bertobat supaya memperoleh kembali kesehatan dan kemakmurannya, Elifas dengan tidak sengaja berpihak kepada Iblis dan tuduhan-tuduhannya menentang Ayub dan Allah. Iblis sebelumnya sudah menuduh Ayub melayani Allah hanya karena apa yang dapat diperoleh daripada-Nya (Ayub 1:9-11). Perhatikan bahwa jikalau Ayub bertobat karena dosa yang terduga supaya memperoleh berkat Allah, maka dia memang layak dituduh melayani Allah hanya demi keuntungan pribadi.
  3. 3) Walaupun perkataan Elifas dengan fasik mengungkapkan pentingnya pertobatan, perkataan itu diucapkan dengan motivasi yang salah. Sama sekali tidak ada simpati di dalam hatinya terhadap penderitaan Ayub. Kegagalan Elifas menunjukkan bahwa amanat pertobatan yang dialamatkan kepada yang lemah dan menderita harus disertai kata-kata penghiburan dan belas kasihan.

[40:2]  9 Full Life : APAKAH SI PENGECAM HENDAK BERBANTAH DENGAN YANG MAHAKUASA?

Nas : Ayub 39:35

Sekali lagi Allah menantang Ayub untuk membuktikan anggapannya bahwa cara Allah mengatur dunia ini tidak benar.

  1. 1) Jikalau Ayub tidak dapat memahami bekerjanya ciptaan Allah atau tidak mengerti mengapa hal-hal terjadi demikian, bagaimana ia dapat mempersoalkan Allah tentang pengaturan hubungan antar manusia, atau bahkan tentang penderitaan yang diizinkan Allah terjadi atasnya?
  2. 2) Yang ditunjukkan Allah kepada hamba-Nya yang menderita ialah bahwa Dia telah menciptakan dunia dalam hikmat dan Ia memerintahnya dengan hikmat dan keadilan. Musibah yang menimpa Ayub tidak berarti bahwa Allah tidak lagi mengasihi hamba-Nya yang setia itu.
  3. 3) Penderitaan orang benar tidaklah menyangsikan kebaikan Allah. Penderitaan mereka terjadi dalam kehendak Allah yang mengizinkan, diizinkan demi maksud-Nya yang bijaksana, namun sering tidak diketahui

    (lihat art. KEHENDAK ALLAH).

    Keadaan yang tak menguntungkan seharusnya tidak menghancurkan iman kita pada kasih Allah bagi kita; Ia mengizinkan itu demi kebaikan kita

    (lihat cat. --> Rom 8:28).

    [atau ref. Rom 8:28]

[2:10]  10 Full Life : TIDAK MAU MENERIMA YANG BURUK?

Nas : Ayub 2:10

Orang percaya sejati harus mempersiapkan diri untuk diuji oleh Allah melalui kesengsaraan dan juga menerima yang baik dari tangan-Nya. Mempercayai Allah tidaklah berarti bahwa Dia senantiasa akan membebaskan kita dari kesulitan, demikian pula kesetiaan kepada Allah tidak menjamin kemakmuran dan keberhasilan

(lihat cat. --> Ayub 2:3;

lihat cat. --> 3Yoh 1:2).

[atau ref. Ayub 2:3; 3Yoh 1:2]

Ketika kesukaran datang, orang percaya yang tidak merasa ada dosa atau pemberontakan melawan Allah dalam hatinya, harus menyerahkan jiwanya kepada Allah. Beriman kepada Allah sebagai Tuhan yang pengasih di tengah-tengah pencobaan dan penindasan mengungkapkan kemenangan sempurna dari iman (1Pet 1:3-9).



TIP #09: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab dan catatan hanya seukuran layar atau memanjang. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA