17 Januari 2003

Menemukan Harta Karun

Topik : Pemahaman

Nats : Karena TUHAN-lah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian (Amsal 2:6)
Bacaan : Amsal 2:1-9

Untuk mendapat manfaat dari pelajaran Alkitab, kita harus berusaha lebih dari sekadar membuka sebuah pasal dan membaca pesan apa yang ada di sana. Berikut ini ada enam panduan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

1. Sisihkan waktu secara teratur untuk mempelajari Alkitab. Kalau Anda tidak menjadwalkannya, Anda akan mengabaikannya.

2. Sebelum mulai membaca Alkitab, mintalah pertolongan dan hikmat Allah.

3. Renungkan dengan hati-hati apa yang Anda baca. "Harta karun" yang ada dalam Alkitab jarang bertebaran seperti kerikil di permukaan. Untuk menambang emas, Anda harus menggali.

4. Sebelum menentukan apa makna bacaan itu bagi Anda, coba pahami apa yang ingin dikatakan sang penulis kepada para pembaca aslinya.

5. Tuliskan paling tidak satu kebenaran atau prinsip yang dapat Anda terapkan.

6. Jangan berkecil hati. Beberapa bagian Alkitab mungkin sulit dipahami, tetapi pasti ada cukup banyak bagian lain yang dapat Anda mengerti. Dan jika Anda menerapkan apa yang telah Anda pelajari, maka hidup Anda akan banyak berubah.

Sekarang bacalah bacaan hari ini, yakni Amsal 2, sekali lagi. Ingatlah prinsip-prinsip ini. Kemudian gunakan metode tersebut saat Anda mempelajari firman Tuhan. Dengan melakukannya, Anda akan mulai menemukan "harta karun" dari Alkitab --Haddon Robinson



TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA