kecilkan semua  

Teks -- Markus 4:1-41 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Perumpamaan tentang seorang penabur
4:1 Pada suatu kali Yesus mulai pula mengajar di tepi danau. Maka datanglah orang banyak yang sangat besar jumlahnya mengerumuni Dia, sehingga Ia naik ke sebuah perahu yang sedang berlabuh lalu duduk di situ, sedangkan semua orang banyak itu di darat, di tepi danau itu. 4:2 Dan Ia mengajarkan banyak hal dalam perumpamaan kepada mereka. Dalam ajaran-Nya itu Ia berkata kepada mereka: 4:3 "Dengarlah! Adalah seorang penabur keluar untuk menabur. 4:4 Pada waktu ia menabur sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung dan memakannya sampai habis. 4:5 Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itupun segera tumbuh, karena tanahnya tipis. 4:6 Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar. 4:7 Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati, sehingga ia tidak berbuah. 4:8 Dan sebagian jatuh di tanah yang baik, ia tumbuh dengan suburnya dan berbuah, hasilnya ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang seratus kali lipat." 4:9 Dan kata-Nya: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" 4:10 Ketika Ia sendirian, pengikut-pengikut-Nya dan kedua belas murid itu menanyakan Dia tentang perumpamaan itu. 4:11 Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan, 4:12 supaya: Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun." 4:13 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Tidakkah kamu mengerti perumpamaan ini? Kalau demikian bagaimana kamu dapat memahami semua perumpamaan yang lain? 4:14 Penabur itu menaburkan firman. 4:15 Orang-orang yang di pinggir jalan, tempat firman itu ditaburkan, ialah mereka yang mendengar firman, lalu datanglah Iblis dan mengambil firman yang baru ditaburkan di dalam mereka. 4:16 Demikian juga yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu, ialah orang-orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira, 4:17 tetapi mereka tidak berakar dan tahan sebentar saja. Apabila kemudian datang penindasan atau penganiayaan karena firman itu, mereka segera murtad. 4:18 Dan yang lain ialah yang ditaburkan di tengah semak duri, itulah yang mendengar firman itu, 4:19 lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah. 4:20 Dan akhirnya yang ditaburkan di tanah yang baik, ialah orang yang mendengar dan menyambut firman itu lalu berbuah, ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang seratus kali lipat."
Perumpamaan tentang pelita dan tentang ukuran
4:21 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. 4:22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap. 4:23 Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" 4:24 Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu. 4:25 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya."
Perumpamaan tentang benih yang tumbuh
4:26 Lalu kata Yesus: "Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah, 4:27 lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu. 4:28 Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu. 4:29 Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba."
Perumpamaan tentang biji sesawi
4:30 Kata-Nya lagi: "Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya kita menggambarkannya? 4:31 Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi. 4:32 Tetapi apabila ia ditaburkan, ia tumbuh dan menjadi lebih besar dari pada segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang yang besar, sehingga burung-burung di udara dapat bersarang dalam naungannya." 4:33 Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka, 4:34 dan tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri.
Angin ribut diredakan
4:35 Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang." 4:36 Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak dan membawa Yesus beserta dengan mereka dalam perahu di mana Yesus telah duduk dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia. 4:37 Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. 4:38 Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?" 4:39 Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. 4:40 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?" 4:41 Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God


Topik/Tema Kamus: Yesus Kristus | Yesus | Matius, Injil | Markus, Injil | Perumpamaan | Perbuatan Ajaib Yesus | Umpama, Perumpamaan | Lambang Roh Kudus | Kapal | Tekun, Ketekunan | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Tuai, Menuai | Sabit, Menyabit | Tegur, Teguran | Aniaya, Penganiayaan | Iblis (Penggoda) | Ampun | Taat | Sesawi | Hati, Perhatian | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 4:2 - PERUMPAMAAN. Nas : Mr 4:2 Yesus sering kali mengajar dengan memakai perumpamaan. Sebuah perumpamaan ialah suatu kisah sederhana dari kehidupan sehari-hari yang ...

Nas : Mr 4:2

Yesus sering kali mengajar dengan memakai perumpamaan. Sebuah perumpamaan ialah suatu kisah sederhana dari kehidupan sehari-hari yang menyatakan kebenaran tentang Kerajaan Allah bagi orang yang hatinya sudah siap untuk mendengar dan menyembunyikan kebenaran itu bagi mereka yang hatinya tidak siap (bd. Yes 6:9-10;

lihat cat. --> Mat 13:3).

[atau ref. Mat 13:3]

Full Life: Mrk 4:3 - SEORANG PENABUR KELUAR UNTUK MENABUR. Nas : Mr 4:3 Yesus memakai perumpamaan ini untuk menceritakan bagaimana Injil akan diterima di dunia ini. Tiga kebenaran dapat kita pelajari: ...

Nas : Mr 4:3

Yesus memakai perumpamaan ini untuk menceritakan bagaimana Injil akan diterima di dunia ini. Tiga kebenaran dapat kita pelajari:

  1. 1) Pertobatan dan hal menghasilkan buah tergantung dari tanggapan kita terhadap Firman Allah (ayat Mr 4:14; bd. Yoh 15:1-10).
  2. 2) Tanggapan dunia terhadap pemberitaan Injil akan berbeda-beda. Ada yang mendengar, tetapi tidak akan mengerti (ayat Mr 4:15); yang lain akan percaya hingga diselamatkan, tetapi kemudian akan mundur lagi (ayat Mr 4:16-19); dan yang lain lagi akan percaya sehingga diselamatkan, bertekun dan menghasilkan buah dengan tingkat yang berbeda-beda (ayat Mr 4:20).
  3. 3) Musuh Firman Allah adalah Iblis, kekuatiran, kekayaan, dan segala kesenangan dunia (ayat Mr 4:15,19).

Full Life: Mrk 4:15-17 - MENGAMBIL FIRMAN. Nas : Mr 4:15-17 Di sini Kristus berbicara tentang pertobatan yang tidak sempurna -- yaitu pertobatan di mana seseorang mencari pengampunan dosa na...

Nas : Mr 4:15-17

Di sini Kristus berbicara tentang pertobatan yang tidak sempurna -- yaitu pertobatan di mana seseorang mencari pengampunan dosa namun tidak sampai dilahirkan kembali oleh Roh Kudus

(lihat art. PEMBAHARUAN).

Mereka tidak menerima keselamatan dan kelahiran baru sehingga tidak pernah masuk ke dalam persekutuan orang percaya; atau jikalau mereka menjadi anggota gereja, mereka gagal menunjukkan komitmen yang sungguh-sungguh kepada Kristus dan tidak benar-benar memisahkan diri dari dunia.

Pertobatan yang setengah-setengah ini merupakan akibat dari hal-hal berikut:

  1. 1) Gereja terlalu mudah menerima orang yang mencari kebenaran tanpa memberikan pemahaman yang lengkap dan benar mengenai Injil dan tuntutannya.
  2. 2) Gereja gagal menangani perhambaan kuasa kegelapan dari orang itu (Mr 16:15-17; Mat 10:1,8; 12:22-29).
  3. 3) Mereka yang mencari itu hanya mempercayai Yesus dengan pikiran dan bukan dengan hati mereka (yaitu, dengan hati sanubari mereka, seluruh kepribadian mereka; bd. Kis 2:37; 2Kor 4:6).
  4. 4) Mereka tidak sampai bertobat dengan sungguh-sungguh dalam arti berbalik meninggalkan dosa (bd. Mat 3:2; Kis 8:18-23).
  5. 5) Mereka mau menerima Kristus sebagai Juruselamat namun bukan sebagai Tuhan (Mat 13:20-21).
  6. 6) Iman mereka dilandaskan pada keyakinan yang menjadi hasil kepandaian berbicara manusia dan bukan karena penyataan Roh Kudus dan kuasa Allah (1Kor 2:4-5).

Full Life: Mrk 4:25 - APAPUN JUGA YANG ADA PADANYA AKAN DIAMBIL. Nas : Mr 4:25 Di dalam ayat ini Yesus menyatakan sebuah prinsip yang berlaku dalam Kerajaan-Nya: orang percaya harus terus-menerus mencari kebenara...

Nas : Mr 4:25

Di dalam ayat ini Yesus menyatakan sebuah prinsip yang berlaku dalam Kerajaan-Nya: orang percaya harus terus-menerus mencari kebenaran dan kasih karunia karena jikalau tidak demikian maka apa yang ada pada mereka itu akan hilang. Pertumbuhan dalam kasih karunia atau kemunduran rohani mungkin tidak begitu nyata dalam kehidupan banyak orang. Sekalipun demikian, menjadi suatu kenyataan bahwa seorang Kristen itu bertumbuh atau merosot (2Pet 3:17-18). Bahaya kemurtadan terakhir meningkat sebanding dengan kemunduran kerohanian seseorang (Ibr 3:12-15; 4:11; 6:11-12; 10:23-39; Ibr 12:15;

lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).

Full Life: Mrk 4:31 - BIJI SESAWI. Nas : Mr 4:31 Lihat cat. --> Luk 13:19. [atau ref. Luk 13:19]

Nas : Mr 4:31

Lihat cat. --> Luk 13:19.

[atau ref. Luk 13:19]

BIS: Mrk 4:31 - sawi sawi: Sawi yang dimaksudkan di sini ialah sejenis tanaman yang dapat tumbuh setinggi kira-kira tiga meter.

sawi: Sawi yang dimaksudkan di sini ialah sejenis tanaman yang dapat tumbuh setinggi kira-kira tiga meter.

Jerusalem: Mrk 4:8 - -- Var: Dan sebagiannya jatuh di tanah yang baik, yang menghasilkan buah yang tumbuh dengan suburnya (atau: dan berkembang) dan berbuah, hasilnya....

Var: Dan sebagiannya jatuh di tanah yang baik, yang menghasilkan buah yang tumbuh dengan suburnya (atau: dan berkembang) dan berbuah, hasilnya....

Jerusalem: Mrk 4:12 - supaya Kata penyambung ini (Matius menghindarkannya) mengungkapkan "maksud tujuan Kitab Suci": supaya genaplah Kitab Suci yang berkata...

Kata penyambung ini (Matius menghindarkannya) mengungkapkan "maksud tujuan Kitab Suci": supaya genaplah Kitab Suci yang berkata...

Jerusalem: Mrk 4:13 - bagaimana kamu dapat memahami Markus suka menekankan bahwa para rasul tidak memahami perkataan atau perbuatan Yesus, Mar 6:52; Mar 7:18; Mar 8:17-18,21,33; Mar 10:38. Kecuali dalam...

Markus suka menekankan bahwa para rasul tidak memahami perkataan atau perbuatan Yesus, Mar 6:52; Mar 7:18; Mar 8:17-18,21,33; Mar 10:38. Kecuali dalam beberapa bagian yang sejalan (Mat 15:16; Mat 16:9,23; Mat 20:22; Luk 9:45) tambah Luk 18:34; Luk 24:25,45, Matius dan Lukas biasanya meninggalkan atau bahkan memperbaiki keterangan Markus semacam itu, Mat 14:33 dibandingkan dengan Mar 6:51-52, dan lihat Mat 13:51. Bdk Yoh 14:26+.

Jerusalem: Mrk 4:21-25 - -- Markus yang diikuti Lukas mengumpulkan di sini empat perumpamaan kecil yang berupa "masyal" (Ibrani). Perumpamaan-perumpamaan itu mengijinkan berbagai...

Markus yang diikuti Lukas mengumpulkan di sini empat perumpamaan kecil yang berupa "masyal" (Ibrani). Perumpamaan-perumpamaan itu mengijinkan berbagai tafsiran sesuai dengan konteks di mana dipakai: lihat bagaimana perumpamaan-perumpamaan itu diartikan oleh Lukas dan Matius. Dalam konteks Markus semua dapat diterapkan pada pengajaran Yesus yang perlu disiarkan sedang orang yang diberi pengajaran itu bertanggungjawab atasnya.

Jerusalem: Mrk 4:28 - -- Kerajaan Allah mengandung di dalam dirinya sebuah prinsip perkembangan dan daya rahasia yang membawa kerajaan Allah kepada penyelesaiannya yang utuh d...

Kerajaan Allah mengandung di dalam dirinya sebuah prinsip perkembangan dan daya rahasia yang membawa kerajaan Allah kepada penyelesaiannya yang utuh dan lengkap.

Jerusalem: Mrk 4:40 - Mengapa kamu tidak percaya Var: belumkah kamu percaya.

Var: belumkah kamu percaya.

Ende: Mrk 4:12 - -- Kutipan ini diambil dari Yes 6:9-11. Ungkapan "agar supaja" ini dapat ditafsirkan sebagai pendekan dari kalimat: supaja terlaksana apa jang disebut da...

Kutipan ini diambil dari Yes 6:9-11.

Ungkapan "agar supaja" ini dapat ditafsirkan sebagai pendekan dari kalimat: supaja terlaksana apa jang disebut dalam Kitab Kudus, jakni.... Memang Jesus bukan menghendaki supaja orang tidak mengerti, melainkan hanja hendak menjatakan bahwa pokok nasib mereka ketegaran hatinja sendiri. Mereka tidak mau membuka hatinja untuk menerima kebenaran.

Ende: Mrk 4:21 - -- Meskipun orang tidak atau belum berminat akan kebenaran Keradjaan Allah, namun mereka harus tetap diadjar dan diberi keterangan, supaja mereka tak mem...

Meskipun orang tidak atau belum berminat akan kebenaran Keradjaan Allah, namun mereka harus tetap diadjar dan diberi keterangan, supaja mereka tak mempunjai alasan untuk berdalih-dalih kelak, dan barangkali achirnja mengerti djuga.

Ende: Mrk 4:24 - -- Allah memberi pengertian sekedar dengan minat orang.

Allah memberi pengertian sekedar dengan minat orang.

Ende: Mrk 4:25 - -- Orang jang mendengarkan dengan hati lapang terbuka, akan diberi pengertian banjak, dan jang tidak berminat akan kehilangan segala rahmat.

Orang jang mendengarkan dengan hati lapang terbuka, akan diberi pengertian banjak, dan jang tidak berminat akan kehilangan segala rahmat.

Ende: Mrk 4:26-29 - -- Perumpamaan ini hanja terdapat dalam karangan Mk. sadja. Maksudnja: Sabda Allah atau Keradjaan Allah, mempunjai dalam dirinja suatu kekuatan adjaib un...

Perumpamaan ini hanja terdapat dalam karangan Mk. sadja. Maksudnja: Sabda Allah atau Keradjaan Allah, mempunjai dalam dirinja suatu kekuatan adjaib untuk bertumbuh, berkembang dan berbuah, jang semata-mata datang dari Allah.

Manusia sendiri harus berusaha djuga, tetapi sedikit sadja menurut kemampuannja dan bila manusia memenuhi kewadjibannja, segala lain jang perlu dikerdjakan oleh Allah.

Ende: Mrk 4:36 - Begitu sadja tanpa menjediakan atau mengaturkan apa-apa dahulu.

tanpa menjediakan atau mengaturkan apa-apa dahulu.

Ref. Silang FULL: Mrk 4:1 - tepi danau · tepi danau: Mr 2:13; 3:7

· tepi danau: Mr 2:13; 3:7

Ref. Silang FULL: Mrk 4:2 - dalam perumpamaan · dalam perumpamaan: Mr 4:11; Mr 3:23

· dalam perumpamaan: Mr 4:11; Mr 3:23

Ref. Silang FULL: Mrk 4:3 - untuk menabur · untuk menabur: Mr 4:26

· untuk menabur: Mr 4:26

Ref. Silang FULL: Mrk 4:8 - kali lipat · kali lipat: Yoh 15:5; Kol 1:6

· kali lipat: Yoh 15:5; Kol 1:6

Ref. Silang FULL: Mrk 4:9 - ia mendengar · ia mendengar: Mr 4:23; Mat 11:15; Mat 11:15

· ia mendengar: Mr 4:23; Mat 11:15; [Lihat FULL. Mat 11:15]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:11 - Kerajaan Allah // orang-orang luar · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2 · orang-orang luar: 1Kor 5:12,13; Kol 4:5; 1Tes 4:12; 1Tim 3:7

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

· orang-orang luar: 1Kor 5:12,13; Kol 4:5; 1Tes 4:12; 1Tim 3:7

Ref. Silang FULL: Mrk 4:12 - mendapat ampun · mendapat ampun: Yes 6:9,10; Mat 13:13-15; + Mat 13:13 s/d 15

· mendapat ampun: Yes 6:9,10; Mat 13:13-15; + [Lihat FULL. Mat 13:13] s/d 15

Ref. Silang FULL: Mrk 4:14 - menaburkan firman · menaburkan firman: Mr 16:20; Luk 1:2; Kis 4:31; 8:4; 16:6; 17:11; Fili 1:14

Ref. Silang FULL: Mrk 4:15 - datanglah Iblis · datanglah Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10

· datanglah Iblis: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:19 - daya kekayaan · daya kekayaan: Mat 19:23; 1Tim 6:9,10,17; 1Yoh 2:15-17

· daya kekayaan: Mat 19:23; 1Tim 6:9,10,17; 1Yoh 2:15-17

Ref. Silang FULL: Mrk 4:21 - kaki dian · kaki dian: Mat 5:15; Mat 5:15

· kaki dian: Mat 5:15; [Lihat FULL. Mat 5:15]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:22 - akan tersingkap · akan tersingkap: Yer 16:17; Mat 10:26; Luk 8:17; 12:2

· akan tersingkap: Yer 16:17; Mat 10:26; Luk 8:17; 12:2

Ref. Silang FULL: Mrk 4:23 - ia mendengar · ia mendengar: Mr 4:9; Mat 11:15; Mat 11:15

· ia mendengar: Mr 4:9; Mat 11:15; [Lihat FULL. Mat 11:15]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:24 - ditambah lagi · ditambah lagi: Mat 7:2; Mat 7:2

· ditambah lagi: Mat 7:2; [Lihat FULL. Mat 7:2]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:25 - dari padanya · dari padanya: Mat 25:29; Mat 25:29

· dari padanya: Mat 25:29; [Lihat FULL. Mat 25:29]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:26 - Beginilah · Beginilah: Mat 13:24; Mat 13:24

· Beginilah: Mat 13:24; [Lihat FULL. Mat 13:24]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:29 - sudah tiba · sudah tiba: Wahy 14:15

· sudah tiba: Wahy 14:15

Ref. Silang FULL: Mrk 4:30 - kita membandingkan · kita membandingkan: Mat 13:24; Mat 13:24

· kita membandingkan: Mat 13:24; [Lihat FULL. Mat 13:24]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:33 - dengan pengertian · dengan pengertian: Yoh 16:12

· dengan pengertian: Yoh 16:12

Ref. Silang FULL: Mrk 4:34 - tanpa perumpamaan · tanpa perumpamaan: Yoh 16:25; Yoh 16:25

· tanpa perumpamaan: Yoh 16:25; [Lihat FULL. Yoh 16:25]

Ref. Silang FULL: Mrk 4:36 - dalam perahu · dalam perahu: Mr 4:1; Mr 3:9; 5:2,21; 6:32,45

· dalam perahu: Mr 4:1; Mr 3:9; 5:2,21; 6:32,45

Ref. Silang FULL: Mrk 4:40 - tidak percaya · tidak percaya: Mat 14:31; Mr 16:14

· tidak percaya: Mat 14:31; Mr 16:14

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mrk 4:1-34 - -- F. Perumpamaan-perumpamaan di tepi danau (4:1-34). Di sini ditampilkan metode mengajar yang berbeda. Sekalipun sebelumnya Kristus telah mempergunakan...

F. Perumpamaan-perumpamaan di tepi danau (4:1-34).

Di sini ditampilkan metode mengajar yang berbeda. Sekalipun sebelumnya Kristus telah mempergunakan metode ini secara terbatas, baru di sinilah dalam pelayanan-Nya Dia mempergunakan metode ini sebagai sarana pengajaran yang utama. Pada saat orang yang berkumpul bertambah banyak. perlawanan meningkat. dan para pengikut yang tidak sungguh-sungguh menjadi berlipat ganda. Yesus mempergunakan perumpamaan di satu sisi sebagai sarana untuk mengajar murid-murid-Nya sendiri, dan di sisi lain untuk menutup inti ajaran-Nya dari para pendengar yang tidak sungguh-sungguh dan yang bersikap menentang. Dalam kesempatan ini Dia mempergunakan perumpamaan untuk mengilustrasikan ciri-ciri tertentu dari Kerajaan Allah.

Wycliffe: Mrk 4:1 - di tepi danau, 1. Lingkungan tempat disajikan perumpamaan yang pertama adalah di tepi danau, yang mungkin mengacu kepada Danau Galilea. Kembali desakan orang banyak ...

1. Lingkungan tempat disajikan perumpamaan yang pertama adalah di tepi danau, yang mungkin mengacu kepada Danau Galilea. Kembali desakan orang banyak memaksa Tuhan untuk berbicara kepada mereka dari sebuah perahu yang terapung tidak jauh dari pantai.

Wycliffe: Mrk 4:4 - di pinggir jalan // dan memakannya sampai habis 4. Tanah yang di pinggir jalan telah menjadi padat karena diinjak banyak kaki, sehingga benih yang jatuh di permukaannya kelihatan jelas, dan burung-b...

4. Tanah yang di pinggir jalan telah menjadi padat karena diinjak banyak kaki, sehingga benih yang jatuh di permukaannya kelihatan jelas, dan burung-burung datang dan memakannya sampai habis.

Wycliffe: Mrk 4:5-6 - tanah yang berbatu-batu, // layu // kering 5, 6. Bidang tanah kedua yang dijatuhi benih ialah tanah yang berbatu-batu, yang tidak boleh dipahami sebagai tanah yang mengandung banyak batu, tetap...

5, 6. Bidang tanah kedua yang dijatuhi benih ialah tanah yang berbatu-batu, yang tidak boleh dipahami sebagai tanah yang mengandung banyak batu, tetapi sebagai batu besar yang dilapisi tanah tipis. Panas matahari pada mulanya membuat lapisan tanah ini subur dan benih cepat tumbuh, kemudian menjadi semacam tungku api yang membuat tanaman yang lemah itu menjadi layu dan kering.

Wycliffe: Mrk 4:8 - tanah yang baik // Tumbuh dengan suburnya dan berbuah // sebagian, 8. Sisa benih ditaburkan di atas tanah yang baik. Yang pantas adalah beranggapan bahwa sebagian besar dari benih itu ditaburkan di atas jenis tanah in...

8. Sisa benih ditaburkan di atas tanah yang baik. Yang pantas adalah beranggapan bahwa sebagian besar dari benih itu ditaburkan di atas jenis tanah ini, dan bukan sekadar 25%, sebagaimana kadang-kadang dikemukakan. Tumbuh dengan suburnya dan berbuah. Yang bertumbuh itu bukan buahnya seperti yang mungkin dikesankan dalam Alkitab Bahasa Inggris, Authorized Version. Kedua kata kerja itu mengacu kepada kala sebagian, dan karena itu yang tumbuh adalah benihnya.

Wycliffe: Mrk 4:11 - Rahasia // Rahasia Kerajaan Allah // perumpamaan // orang-orang luar 11. Rahasia. Di dalam agama-agama misteri kafir, upacara untuk memasukinya diajarkan dalam ajaran esoteris agama tersebut yang tidak disampaikan kepad...

11. Rahasia. Di dalam agama-agama misteri kafir, upacara untuk memasukinya diajarkan dalam ajaran esoteris agama tersebut yang tidak disampaikan kepada orang luar. Tentang kerajaan Allah lihat tafsiran atas 1:15. Rahasia Kerajaan Allah berkembang maksimum dalam pemberitaan Injil yang lengkap (bdg. Rm. 16:25, 26). Tujuan dari penggunaan perumpamaan ialah untuk mengajarkan cara-cara masuk Kerajaan Allah tanpa mengungkapkan ajaran-ajaran itu kepada orang-orang luar. Hal ini selaras dengan prinsip Alkitab bahwa pemahaman rohani hanya dapat dimiliki oleh orang yang sudah rohani melalui hubungan yang tepat dengan Kristus dan dengan amanat-Nya (I Kor. 2:6 dst.).

Wycliffe: Mrk 4:12 - (supaya), 12. Bahwa memang demikian tujuan Kristus dalam menggunakan perumpamaan diperkuat lagi dengan sebuah kutipan dari Perjanjian Lama. Kutipan itu didahulu...

12. Bahwa memang demikian tujuan Kristus dalam menggunakan perumpamaan diperkuat lagi dengan sebuah kutipan dari Perjanjian Lama. Kutipan itu didahului dengan kata sambung Yunani hina (supaya), yang di di sini tidak mungkin berarti akibat, tetapi pasti menunjuk kepada maksud atau tujuan (Alf, I. 333). Ayat ini merupakan terjemahan bebas dari Yesaya 6:9, 10, yang memberikan intinya tanpa mempergunakan kata-kata yang sama dari nas nubuat tersebut.

Wycliffe: Mrk 4:14 - Penabur // firman 14. Penabur (ay. 3) tidak diidentifikasi, tetapi jelas ia melambangkan Kristus sendiri dan semua orang yang memberitakan Injil. Benih melambangkan fir...

14. Penabur (ay. 3) tidak diidentifikasi, tetapi jelas ia melambangkan Kristus sendiri dan semua orang yang memberitakan Injil. Benih melambangkan firman yang, sebagaimana dijelaskan Lukas, adalah firman Allah. atau amanat yang berasal dari Allah.

Wycliffe: Mrk 4:15 - Iblis 15. Burung-burung dalam ayat 4:4 melambangkan Iblis yang datang kepada orang yang mendengar pemberitaan dan mencegah bertumbuhnya benih itu. Orang-ora...

15. Burung-burung dalam ayat 4:4 melambangkan Iblis yang datang kepada orang yang mendengar pemberitaan dan mencegah bertumbuhnya benih itu. Orang-orang ini hanya mendengar saja, dan tidak lebih daripada itu.

Wycliffe: Mrk 4:16 - menerimanya 16. Bandingkan ayat 5, 6. Beberapa pendengar firman itu menerimanya dengan serta merta. Terlihat ada kesungguhan dan sukacita sejati.

16. Bandingkan ayat 5, 6. Beberapa pendengar firman itu menerimanya dengan serta merta. Terlihat ada kesungguhan dan sukacita sejati.

Wycliffe: Mrk 4:17 - tidak berakar // tahan sebentar saja, // penindasan atau penganiayaan 17. Pernyataan bahwa mereka tidak berakar menunjukkan kedangkalan penerimaan mereka akan firman. Mereka hanya tahan sebentar saja, atau untuk sementar...

17. Pernyataan bahwa mereka tidak berakar menunjukkan kedangkalan penerimaan mereka akan firman. Mereka hanya tahan sebentar saja, atau untuk sementara saja, yang merupakan terjemahan yang lebih baik dari proskairoi. Panas matahari (ay. 6) melukiskan datangnya penindasan atau penganiayaan yang segera menjadi batu sandungan atau jerat bagi mereka, dan mereka mundur karena pengalaman mereka dengan firman itu tidak sungguh-sungguh.

Wycliffe: Mrk 4:19 - Kekhawatiran dunia // (dunia // Tipu daya kekayaan // hal yang lain, // tidak berbuah 19. Bandingkan 4:7. Kekhawatiran dunia ialah berbagai kekhawatiran dan ketakutan sehubungan dengan berbagai kepentingan dari zaman yang jahat sekarang...

19. Bandingkan 4:7. Kekhawatiran dunia ialah berbagai kekhawatiran dan ketakutan sehubungan dengan berbagai kepentingan dari zaman yang jahat sekarang ini (dunia merupakan suatu terjemahan yang tidak tepat dari aiōn yang mengacu kepada suatu jangka waktu). Tipu daya kekayaan mengacu kepada sifat memperdaya dari kekayaan, selalu berjanji untuk memenuhi kebutuhan, tetapi tidak pernah sanggup menepati janjinya itu. Hambatan yang ketiga ialah keinginan atau pendambaan akan hal yang lain, suatu golongan umum yang mencakup segala sesuatu yang dapat menghimpit firman dan menjadikannya tidak berbuah.

Wycliffe: Mrk 4:20 - mendengar dan menyambut firman // menyambut 20. Bandingkan 4:8. Tanah yang baik berarti orang yang mendengar dan menyambut firman. Tafsiran tentang arti dari menyambut diberikan oleh Matius 13:2...

20. Bandingkan 4:8. Tanah yang baik berarti orang yang mendengar dan menyambut firman. Tafsiran tentang arti dari menyambut diberikan oleh Matius 13:23 dan Lukas 8:15. Mereka adalah orang yang mendengar, yang memahami, yang sungguh-sungguh, dan yang menghayati amanat Injil secara terus-menerus.

Wycliffe: Mrk 4:21 - Pelita // Gantang // Kaki dian 21. Perkataan-perkataan dalam 4:21-25 merupakan pernyataan umum yang mungkin telah dipakai Kristus pada berbagai kesempatan (untuk ay. 21, bdg. Mat. 1...

21. Perkataan-perkataan dalam 4:21-25 merupakan pernyataan umum yang mungkin telah dipakai Kristus pada berbagai kesempatan (untuk ay. 21, bdg. Mat. 1:15; untuk ay. 23, bdg. Mat. 11:15, 13:9, 43: Luk. 14:35; untuk ay. 24b, bdg. Mat. 7:2, untuk ay. 25, bdg. Mat. 25:29). Tujuan Kristus dalam kesempatan ini ialah menekankan tanggung jawab yang diwajibkan kepada para pendengar perumpamaan. Barangsiapa yang telah dicerahkan pada gilirannya harus mencerahkan orang lain (Mrk. 4:21-23). Pelita. Terjemahan yang lebih tepat daripada lilin dalam Authorized Version. Gantang. Tidak sama dengan gantang pada saat ini; dapat disamakan dengan takaran pengukuran kita saat ini. Kaki dian sesungguhnya adalah sebuah penyangga lampu untuk lampu minyak yang tempat minyaknya terbuka sebagaimana dipakai ketika itu.

Wycliffe: Mrk 4:25 - Siapa yang mempunyai 25. Siapa yang mempunyai. Prinsip yang dikemukakan di dalam pernyataan ini berlaku khusus untuk soal kebenaran dan pelaksanaannya. Barangsiapa memegan...

25. Siapa yang mempunyai. Prinsip yang dikemukakan di dalam pernyataan ini berlaku khusus untuk soal kebenaran dan pelaksanaannya. Barangsiapa memegang erat kebenaran dan mempergunakannya akan menerima pencerahan lebih banyak, tetapi barangsiapa menolak untuk melaksanakan kebenaran akan kehilangan bahkan pemahaman mengenai kebenaran yang pernah dimilikinya.

Wycliffe: Mrk 4:26 - Kerajaan // benih 26. Perumpamaan kedua tentang Kerajaan Allah yang dicatat oleh Markus ialah tentang tanah yang mendatangkan hasil secara spontan (ay. 26-29). Sesunggu...

26. Perumpamaan kedua tentang Kerajaan Allah yang dicatat oleh Markus ialah tentang tanah yang mendatangkan hasil secara spontan (ay. 26-29). Sesungguhnya, perumpamaan ini dimulai pada saat Perumpamaan tentang Tanah itu berakhir, dengan selanjutnya menggambarkan pertumbuhan benih yang menghasilkan buah. Aspek Kerajaan yang dimaksudkan di sini ialah aspek rohani yang ada sekarang, yaitu kenyataan batiniah maupun manifestasi lahiriahnya. Kerajaan ini diperluas melalui penaburan benih firman (bdg. ay. 14).

Wycliffe: Mrk 4:28 - dengan sendirinya mengeluarkan buah 28. Alasan mengapa bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah (automate, "secara otomatis") ialah karena benih itu mengandung kehidupan yang apabila dil...

28. Alasan mengapa bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah (automate, "secara otomatis") ialah karena benih itu mengandung kehidupan yang apabila diletakkan di dalam lingkungan yang benar, akan bertumbuh. Ciri khas dari kerajaan kasih karunia rohani yang sekarang yang sebagaimana dikemukakan oleh perumpamaan ini ialah bahwa pemberitaan Injil. oleh karena sifat dasarnya, ketika ditaburkan di dalam hati manusia secara spontan menghasilkan pertumbuhan dan berbuah banyak.

Wycliffe: Mrk 4:30 - membandingkan 30. Perumpamaan ketiga tentang Kerajaan yang dicatat Markus ialah mengenai biji sesawi (ay. 30-32). Alkitab terjemahan baru dari LAI menunjukkan sifat...

30. Perumpamaan ketiga tentang Kerajaan yang dicatat Markus ialah mengenai biji sesawi (ay. 30-32). Alkitab terjemahan baru dari LAI menunjukkan sifat sesungguhnya dari sebuah perumpamaan dengan menerjemahkan parabolē sebagai membandingkan.

Wycliffe: Mrk 4:31 - biji sesawi // dengan 31. Di dalam perumpamaan ini Kerajaan diumpamakan dengan biji sesawi. Banyak yang telah ditulis mengenai identifikasi tanaman ini; tetapi rupanya yang...

31. Di dalam perumpamaan ini Kerajaan diumpamakan dengan biji sesawi. Banyak yang telah ditulis mengenai identifikasi tanaman ini; tetapi rupanya yang terbaik adalah menganggapnya sebagai sesawi hitam, yang memiliki biji dengan ukuran sebesar kepala sebuah peniti (Harold N. dan Alma L. Moldenke, Plants of the Bible, hlm. 59-62). Biji ini tergolong paling kecil di antara berbagai biji yang dikenal oleh orang Galilea).

Wycliffe: Mrk 4:32 - -- 32. Gejala yang luar biasa dari tanaman sesawi ini ialah bahwa, sekalipun tergolong tanaman perdu, tetapi dapat tumbuh hingga mencapai sepuluh hingga ...

32. Gejala yang luar biasa dari tanaman sesawi ini ialah bahwa, sekalipun tergolong tanaman perdu, tetapi dapat tumbuh hingga mencapai sepuluh hingga dua belas kaki tingginya, dengan batang yang sebesar lengan manusia serta menjadi tempat bertengger bagi jenis-jenis burung yang lebih kecil. Perumpamaan ini yang mengembangkan lebih lanjut ciri-ciri khas dari Kerajaan Allah yang rohani saat ini. Pokok utamanya di sini ialah bahwa benih pemberitaan Injil akan menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa. Dari awal yang kecil, Kerajaan Allah yang bara mendekat melalui oknum Kristus (1:14, 15) akan bertumbuh dengan hebat karena vitalitas adikodrati yang ada di dalam dirinya sendiri. Ini tidak berarti bahwa pemberitaan Injil akan menghasilkan pertobatan dunia, juga tidak berarti bahwa manusia melalui usaha-usahanya bisa mendatangkan Kerajaan Allah di atas bumi sebagai suatu perkembangan Utopian, dan tidak berarti bahwa Kerajaan Allah itu sama dengan Gereja. Sekalipun, demikian, perumpamaan ini memang melukiskan kerajaan kasih karunia sebagai mencakup banyak orang tertebus yang sepanjang tahun-tahun ini bertambah banyak hingga jumlah yang menakjubkan.

Wycliffe: Mrk 4:35--5:20 - -- G. Perjalanan ke Gerasa (4:35-5:20). Mungkin untuk memperoleh keleluasaan pribadi dan istirahat, Yesus bermaksud mengadakan perjalanan ke seberang Da...

G. Perjalanan ke Gerasa (4:35-5:20).

Mungkin untuk memperoleh keleluasaan pribadi dan istirahat, Yesus bermaksud mengadakan perjalanan ke seberang Danau Galiea. Dengan kegamblangan yang begitu menjadi ciri khasnya, Markus menyajikan kisah yang jelas tentang peredaan badai (4:35-41), dan pembebasan orang kerasukan setan yang dijumpai Kristus di seberang danau itu (5:1-20).

Wycliffe: Mrk 4:37 - Taufan yang sangat dahsyat // Ombak 37. Taufan yang sangat dahsyat merupakan hal yang biasa terjadi di Danau Galilea yang seakan-akan terletak di dalam sebuah kantong dengan bukit-bukit ...

37. Taufan yang sangat dahsyat merupakan hal yang biasa terjadi di Danau Galilea yang seakan-akan terletak di dalam sebuah kantong dengan bukit-bukit di sekelilingnya. Udara yang semakin panas pada siang hari membuat udara bukit yang lebih sejuk mengalir menuruni jurang ke danau dengan gerakan taufan yang memutar sehingga menjadikan air danau bergolak liar. Kisah Markus merupakan suatu gambaran yang amat jelas, membawa pembacanya ke tempat peristiwa ini terjadi. Ombak menyembur masuk (bentuk waktu imperfect Yunani) ke dalam perahu sehingga perahu itu mulai penuh (bentuk waktu sekarang) dengan air.

Wycliffe: Mrk 4:39 - menghardik // angin itu reda // Diam! Tenanglah! 39. Sebaliknya, Markus mengisahkan perintah Kristus terhadap taufan tersebut. Bentuk waktu aoris Yunani pada naskah asli dipergunakan untuk menunjukka...

39. Sebaliknya, Markus mengisahkan perintah Kristus terhadap taufan tersebut. Bentuk waktu aoris Yunani pada naskah asli dipergunakan untuk menunjukkan bahwa Dia langsung menghardik angin itu dan segera angin itu reda. Tuhan tidak perlu mengulang perintah-Nya karena perintah-Nya langsung ditaati. Diam! Tenanglah! R. Lenski secara menarik menerjemahkan bentuk waktu perfect dari perintah kedua Kristus itu, "Pakailah pembungkam itu dan jangan dilepas" (R. C. H. Lenski, The Interpretation of Mark's Gospel, hlm. 201).

Wycliffe: Mrk 4:40 - Begitu takut 40. Begitu takut. Kristus menegur mereka karena rasa takut mereka yang seperti pengecut, dan memanfaatkan kesempatan itu untuk membangkitkan iman. Yes...

40. Begitu takut. Kristus menegur mereka karena rasa takut mereka yang seperti pengecut, dan memanfaatkan kesempatan itu untuk membangkitkan iman. Yesus menunjukkan bahwa seandainya mereka yakin akan Allah, maka sekalipun diri-Nya tertidur, mereka tidak ada alasan untuk takut.

Wycliffe: Mrk 4:41 - Menjadi sangat takut // Siapa gerangan orang ini 41. Menjadi sangat takut. Secara harfiah, mereka takut dengan kekuatan yang besar. Istilah Yunani yang dipergunakan di sini tidak sama dengan yang dip...

41. Menjadi sangat takut. Secara harfiah, mereka takut dengan kekuatan yang besar. Istilah Yunani yang dipergunakan di sini tidak sama dengan yang dipakai dalam ayat 40. Istilah ini dapat berarti "ketakutan atau kegentaran yang disertai rasa hormat atau kagum." Sekalipun sudah pernah menyaksikan banyak perbuatan ajaib, mukjizat yang satu ini demikian menakjubkan para murid sehingga mereka masih bertanya-tanya siapakah Guru mereka ini sebenarnya. Siapa gerangan orang ini. Naskah Yunaninya berbunyi, Jadi, siapakah Dia ini?

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 4:1-20 - Perumpamaan tentang Seorang Penabur Di dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Perumpamaan mengenai benih dan empat jenis tanah (ay. 1-9), serta uraian mengenainya (ay. 10-20), b...

Matthew Henry: Mrk 4:21-34 - Kemajuan Injil Secara Berangsur-angsur Kemajuan Injil Secara Berangsur-angsur (4:21-34) Pelajaran yang dirancang Juruselamat kita untuk mengajar kita melalui perumpamaan dan kiasan adala...

Matthew Henry: Mrk 4:35-41 - Kristus dan Murid-murid-Nya di Tengah Angin Ribut Kristus dan Murid-murid-Nya di Tengah Angin Ribut (4:35-41) Mujizat yang dilakukan Kristus untuk menolong murid-murid-Nya dengan meredakan angin ri...

SH: Mrk 4:1-20 - Mendengar dengan peka (Minggu, 8 Februari 2009) Mendengar dengan peka Mendengar adalah tindakan penting dalam sebuah proses belajar mengajar. Mendengar berarti menyimak agar dapat memahami deng...

SH: Mrk 4:1-20 - Tidak cukup menjadi penerima. (Minggu, 2 Maret 2003) Tidak cukup menjadi penerima. Belakangan ini marak program-program S-1/S-2/S-3 instan. Ini -- selain praktik-praktik instan seperti plagiat d...

SH: Mrk 4:21-25 - Mendengar adalah belajar (Senin, 9 Februari 2009) Mendengar adalah belajar Berdasarkan sifatnya, terang membuat dirinya nyata hingga dapat dilihat oleh banyak orang. Begitu jugalah kebenaran, yan...

SH: Mrk 4:21-34 - Kehadiran-Nya dilihat dan dirasakan. (Senin, 3 Maret 2003) Kehadiran-Nya dilihat dan dirasakan. Dalam pengajaran Yesus, kerajaan Allah selain harus terlihat dan kehadirannya dirasakan sekitarnya, jug...

SH: Mrk 4:26-34 - Frustasi? Jangan! (Selasa, 10 Februari 2009) Frustasi? Jangan! Pernahkah Anda merasa frustasi karena pelayanan Anda tidak segera menunjukkan hasil seperti yang Anda harapkan? Pernahkah Anda ...

SH: Mrk 4:35-41 - Tuhan atas alam (Rabu, 11 Februari 2009) Tuhan atas alam Bagaimana Anda menilai iman Anda terhadap Tuhan kita? Pernahkah Anda merasa sulit untuk beriman pada Tuhan? Dalam hal apa? Para...

SH: Mrk 4:35-41 - Anda mengenal Kristus? Bagi beberapa orang murid yang berprofesi sebagai nelayan, menghadapi topan adalah hal biasa. (Selasa, 4 Maret 2003) Anda mengenal Kristus? Bagi beberapa orang murid yang berprofesi sebagai nelayan, menghadapi topan adalah hal biasa. Tetapi kali ini mereka ...

Utley: Mrk 4:1-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 4:1-91 Pada suatu kali Yesus mulai pula mengajar di tepi danau. Maka datanglah orang banyak yang sangat besar jumlahnya meng...

Utley: Mrk 4:10-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 4:10-1210 Ketika Ia sendirian, pengikut-pengikut-Nya dan kedua belas murid itu menanyakan Dia tentang perumpamaan itu. 11 Ja...

Utley: Mrk 4:13-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 4:13-2013 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Tidakkah kamu mengerti perumpamaan ini? Kalau demikian bagaimana kamu dapat memaha...

Utley: Mrk 4:21-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 4:21-2521 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah te...

Utley: Mrk 4:26-29 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 4:26-2926 Lalu kata Yesus: "Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah, 27 lalu pada ma...

Utley: Mrk 4:30-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 4:30-3230 Kata-Nya lagi: "Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya...

Utley: Mrk 4:33-34 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 4:33-3433 Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka, 34...

Utley: Mrk 4:35-41 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 4:35-4135 Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang." 36 Merek...

Topik Teologia: Mrk 4:18 - -- Pengudusan Pengudusan: Sasaran dan Hambatan Hambatan Pengudusan Nafsu Menghalangi Pengudusan Ams 6:23-26 Mat 5:28 Mar 4:18-19 1Ko ...

Topik Teologia: Mrk 4:24 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Kreatif dalam Dialog Dia Memakai Puis...

Topik Teologia: Mrk 4:35 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Menyenangkan Dia Mem...

Topik Teologia: Mrk 4:37 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Menyenangkan Dia Mem...

Topik Teologia: Mrk 4:38 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah

Topik Teologia: Mrk 4:41 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Menyenangkan Dia Mem...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

Wycliffe: Markus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MARKUS Penulis. Sekalipun penulis Injil ini tidak disebutkan, tersedia bukti yang cukup untuk secara positif menentukan siapa penulis itu...

Wycliffe: Markus (Garis Besar) GARIS BESAR MARKUS I. Judul 1:1 II. Persiapan Pelayanan Kristus 1:2-13 A. Pendahulu-Nya 1:2-8 B. Baptisan-Nya 1:9-11 ...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.74 detik
dipersembahkan oleh YLSA