kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 31:1-55 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yakub lari meninggalkan Laban
31:1 Kedengaranlah kepada Yakub anak-anak Laban berkata demikian: "Yakub telah mengambil segala harta milik ayah kita dan dari harta itulah ia membangun segala kekayaannya." 31:2 Lagi kelihatan kepada Yakub dari muka Laban, bahwa Laban tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadanya. 31:3 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yakub: "Pulanglah ke negeri nenek moyangmu dan kepada kaummu, dan Aku akan menyertai engkau." 31:4 Sesudah itu Yakub menyuruh memanggil Rahel dan Lea untuk datang ke padang, ke tempat kambing dombanya, 31:5 lalu ia berkata kepada mereka: "Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku. 31:6 Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu. 31:7 Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku. 31:8 Apabila ia berkata: yang berbintik-bintiklah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang berbintik-bintik; dan apabila ia berkata: yang bercoreng-corenglah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang bercoreng-coreng. 31:9 Demikianlah Allah mengambil ternak ayahmu dan memberikannya kepadaku. 31:10 Pada suatu kali pada masa kambing domba itu suka berkelamin, maka aku bermimpi dan melihat, bahwa jantan-jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang. 31:11 Dan Malaikat Allah berfirman kepadaku dalam mimpi itu: Yakub! Jawabku: Ya Tuhan! 31:12 Lalu Ia berfirman: Angkatlah mukamu dan lihatlah, bahwa segala jantan yang menjantani kambing domba itu bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang, sebab telah Kulihat semua yang dilakukan oleh Laban itu kepadamu. 31:13 Akulah Allah yang di Betel itu, di mana engkau mengurapi tugu, dan di mana engkau bernazar kepada-Ku; maka sekarang, bersiaplah engkau, pergilah dari negeri ini dan pulanglah ke negeri sanak saudaramu." 31:14 Lalu Rahel dan Lea menjawab Yakub, katanya: "Bukankah tidak ada lagi bagian atau warisan kami dalam rumah ayah kami? 31:15 Bukankah kami ini dianggapnya sebagai orang asing, karena ia telah menjual kami? Juga bagian kami telah dihabiskannya sama sekali. 31:16 Tetapi segala kekayaan, yang telah diambil Allah dari ayah kami, adalah milik kami dan anak-anak kami; maka sekarang, perbuatlah segala yang difirmankan Allah kepadamu." 31:17 Lalu bersiaplah Yakub, dinaikkannya anak-anaknya dan isteri-isterinya ke atas unta, 31:18 digiringnya seluruh ternaknya dan segala apa yang telah diperolehnya, yakni ternak kepunyaannya, yang telah diperolehnya di Padan-Aram, dengan maksud pergi kepada Ishak, ayahnya, ke tanah Kanaan. 31:19 Adapun Laban telah pergi menggunting bulu domba-dombanya. Ketika itulah Rahel mencuri terafim ayahnya. 31:20 Dan Yakub mengakali Laban, orang Aram itu, dengan tidak memberitahukan kepadanya, bahwa ia mau lari. 31:21 Demikianlah ia lari dengan segala harta miliknya. Ia berangkat, menyeberangi sungai Efrat dan berjalan menuju pegunungan Gilead.
Laban mengejar Yakub
31:22 Ketika pada hari ketiga dikabarkan kepada Laban, bahwa Yakub telah lari, 31:23 dibawanyalah sanak saudaranya bersama-sama, dikejarnya Yakub tujuh hari perjalanan jauhnya, lalu ia dapat menyusulnya di pegunungan Gilead. 31:24 Pada waktu malam datanglah Allah dalam suatu mimpi kepada Laban, orang Aram itu, serta berfirman kepadanya: "Jagalah baik-baik, supaya engkau jangan mengatai Yakub dengan sepatah katapun." 31:25 Ketika Laban sampai kepada Yakub, -- Yakub telah memasang kemahnya di pegunungan, juga Laban dengan sanak saudaranya telah memasang kemahnya di pegunungan Gilead -- 31:26 berkatalah Laban kepada Yakub: "Apakah yang kauperbuat ini, maka engkau mengakali aku dan mengangkut anak-anakku perempuan sebagai orang tawanan? 31:27 Mengapa engkau lari diam-diam dan mengakali aku? Mengapa engkau tidak memberitahu kepadaku, supaya aku menghantarkan engkau dengan sukacita dan nyanyian dengan rebana dan kecapi? 31:28 Lagipula engkau tidak memberikan aku kesempatan untuk mencium cucu-cucuku laki-laki dan anak-anakku perempuan. Memang bodoh perbuatanmu itu. 31:29 Aku ini berkuasa untuk berbuat jahat kepadamu, tetapi Allah ayahmu telah berfirman kepadaku tadi malam: Jagalah baik-baik, jangan engkau mengatai Yakub dengan sepatah katapun. 31:30 Maka sekarang, kalau memang engkau harus pergi, semata-mata karena sangat rindu ke rumah ayahmu, mengapa engkau mencuri dewa-dewaku?" 31:31 Lalu Yakub menjawab Laban: "Aku takut, karena pikirku, jangan-jangan engkau merampas anak-anakmu itu dari padaku. 31:32 Tetapi pada siapa engkau menemui dewa-dewamu itu, janganlah ia hidup lagi. Periksalah di depan saudara-saudara kita segala barang yang ada padaku dan ambillah barangmu." Sebab Yakub tidak tahu, bahwa Rahel yang mencuri terafim itu. 31:33 Lalu masuklah Laban ke dalam kemah Yakub dan ke dalam kemah Lea dan ke dalam kemah kedua budak perempuan itu, tetapi terafim itu tidak ditemuinya. Setelah keluar dari kemah Lea, ia masuk ke dalam kemah Rahel. 31:34 Tetapi Rahel telah mengambil terafim itu dan memasukkannya ke dalam pelana untanya, dan duduk di atasnya. Laban menggeledah seluruh kemah itu, tetapi terafim itu tidak ditemuinya. 31:35 Lalu kata Rahel kepada ayahnya: "Janganlah bapa marah, karena aku tidak dapat bangun berdiri di depanmu, sebab aku sedang haid." Dan Laban mencari dengan teliti, tetapi ia tidak menemui terafim itu. 31:36 Lalu hati Yakub panas dan ia bertengkar dengan Laban. Ia berkata kepada Laban: "Apakah kesalahanku, apakah dosaku, maka engkau memburu aku sehebat itu? 31:37 Engkau telah menggeledah segala barangku, sekarang apakah yang kautemui dari segala barang rumahmu? Letakkanlah di sini di depan saudara-saudaraku dan saudara-saudaramu, supaya mereka mengadili antara kita berdua. 31:38 Selama dua puluh tahun ini aku bersama-sama dengan engkau; domba dan kambing betinamu tidak pernah keguguran dan jantan dari kambing dombamu tidak pernah kumakan. 31:39 Yang diterkam oleh binatang buas tidak pernah kubawa kepadamu, aku sendiri yang menggantinya; yang dicuri orang, baik waktu siang, baik waktu malam, selalu engkau tuntut dari padaku. 31:40 Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan mataku jauh dari pada tertidur. 31:41 Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku. 31:42 Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam."
Perjanjian antara Yakub dan Laban
31:43 Lalu Laban menjawab Yakub: "Perempuan-perempuan ini anakku dan anak-anak lelaki ini cucuku dan ternak ini ternakku, bahkan segala yang kaulihat di sini adalah milikku; jadi apakah yang dapat kuperbuat sekarang kepada anak-anakku ini atau kepada anak-anak yang dilahirkan mereka? 31:44 Maka sekarang, marilah kita mengikat perjanjian, aku dan engkau, supaya itu menjadi kesaksian antara aku dan engkau." 31:45 Kemudian Yakub mengambil sebuah batu dan didirikannya menjadi tugu. 31:46 Selanjutnya berkatalah Yakub kepada sanak saudaranya: "Kumpulkanlah batu." Maka mereka mengambil batu dan membuat timbunan, lalu makanlah mereka di sana di dekat timbunan itu. 31:47 Laban menamai timbunan batu itu Yegar-Sahaduta, tetapi Yakub menamainya Galed. 31:48 Lalu kata Laban: "Timbunan batu inilah pada hari ini menjadi kesaksian antara aku dan engkau." Itulah sebabnya timbunan itu dinamainya Galed, 31:49 dan juga Mizpa, sebab katanya: "TUHAN kiranya berjaga-jaga antara aku dan engkau, apabila kita berjauhan. 31:50 Jika engkau mengaibkan anak-anakku, dan jika engkau mengambil isteri lain di samping anak-anakku itu, ingatlah, walaupun tidak ada orang dekat kita, Allah juga yang menjadi saksi antara aku dan engkau." 31:51 Selanjutnya kata Laban kepada Yakub: "Inilah timbunan batu, dan inilah tugu yang kudirikan antara aku dan engkau -- 31:52 timbunan batu dan tugu inilah menjadi kesaksian, bahwa aku tidak akan melewati timbunan batu ini mendapatkan engkau, dan bahwa engkaupun tidak akan melewati timbunan batu dan tugu ini mendapatkan aku, dengan berniat jahat. 31:53 Allah Abraham dan Allah Nahor, Allah ayah mereka, kiranya menjadi hakim antara kita." Lalu Yakub bersumpah demi Yang Disegani oleh Ishak, ayahnya. 31:54 Dan Yakub mempersembahkan korban sembelihan di gunung itu. Ia mengundang makan sanak saudaranya, lalu mereka makan serta bermalam di gunung itu. 31:55 Keesokan harinya pagi-pagi Laban mencium cucu-cucunya dan anak-anaknya serta memberkati mereka, kemudian pulanglah Laban kembali ke tempat tinggalnya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · Efrat a large river which joins the Tigris river before flowing into the Persian Gulf,a river flowing from eastern Turkey to the Persian Gulf
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Galed a monument of stones
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Laban son of Bethuel; brother of Rebecca; father of Leah and Rachel; uncle and father-in-law of Jacob,a town in Moab
 · Lea daughter of Laban; wife of Jacob; mother of Reuben, Simeon, Levi, Judah, Issachar, Zebulun and Dinah
 · Nahor a son of Serug; the father of Terah; an ancestor of Jesus.,son of Serug of Shem; father of Terah,son of Terah; brother of Abraham,town in Mesopotamia
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan-perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · Rahel a daughter of Laban; wife of Jacob; mother of Joseph and Benjamin,Jacob's favorite wife
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · seorang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Yakub | Laban | Gilead | Rahel | Janji, Perjanjian Persetujuan | Tidak Berterima Kasih | Hamba | Tiang | Gembala | Suami | Terafim | Gunung, Pegunungan | Hari | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Sembah, Penyembahan Berhala | Mimpi | Malam | Sumpah | Musik | Nazar | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 31:19 - RAHEL MENCURI TERAFIM AYAHNYA. Nas : Kej 31:19 Rahel mencuri patung dewa-dewa keluarganya lalu berdusta supaya dapat terus memilikinya (ayat Kej 31:34-35). Berbagai penemuan arke...

Nas : Kej 31:19

Rahel mencuri patung dewa-dewa keluarganya lalu berdusta supaya dapat terus memilikinya (ayat Kej 31:34-35). Berbagai penemuan arkeologis di wilayah itu menunjukkan bahwa memiliki patung-patung tersebut dianggap memastikan perolehan dua bagian warisan ketika sang ayah meninggal. Rahel dan Lea merasa ditipu karena tidak menerima warisan mereka (ayat Kej 31:15). Jadi, Rahel mengambil patung-patung itu bukan untuk dipuja, tetapi untuk memperoleh keuntungan keuangan. Akan tetapi, itu tidak ada gunanya karena Yakub kemudian memerintahkan untuk membuang semua patung dan lambang dewa-dewa asing, yang dikuburkan oleh Yakub sebelum berangkat menuju Betel (Kej 35:2-4;

lihat cat. --> Kej 35:2).

[atau ref. Kej 35:2]

BIS: Kej 31:19 - patung pelindung keluarga patung pelindung keluarga: dalam bahasa Ibrani Terafim, yaitu patung berhala biasanya berbentuk manusia dan disembah sebagai pelindung keluarga.

patung pelindung keluarga: dalam bahasa Ibrani Terafim, yaitu patung berhala biasanya berbentuk manusia dan disembah sebagai pelindung keluarga.

BIS: Kej 31:47 - Galed Galed: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "timbunan batu sebagai peringatan".

Galed: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "timbunan batu sebagai peringatan".

BIS: Kej 31:49 - Mizpa Mizpa: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "tempat kita diawasi".

Mizpa: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "tempat kita diawasi".

BIS: Kej 31:53 - Abraham ... Nahor Abraham ... Nahor: Abraham adalah kakek Yakub, dan Nahor adalah ayah Laban.

Abraham ... Nahor: Abraham adalah kakek Yakub, dan Nahor adalah ayah Laban.

Jerusalem: Kej 31:1-21 - -- Kisah ini berasal dari tradisi Elohista dengan beberapa sisipan dari tradisi Yahwista,Kej 31:1,3,21. Ceritera ini bermaksud memperlihatkan bahwa Yakub...

Kisah ini berasal dari tradisi Elohista dengan beberapa sisipan dari tradisi Yahwista,Kej 31:1,3,21. Ceritera ini bermaksud memperlihatkan bahwa Yakub berhak bertindak demikian dan juga bahwa ia dilindungi oleh Allah. Unsur keagamaan itu tidak ada dalam ceritera yang tercantum dalam bab 30.

Jerusalem: Kej 31:13 - yang di Betel itu Dalam terjemahan Yunani terbaca: yang tampak olehmu di Betel itu.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: yang tampak olehmu di Betel itu.

Jerusalem: Kej 31:15 - bagian kami dihapuskannya Di Mesopotamia hukum adat menetapkan bahwa bakal suami membayar mas kawin kepada mertua, tetapi sebagiannya dikembalikan kepada isteri. Laban hanya me...

Di Mesopotamia hukum adat menetapkan bahwa bakal suami membayar mas kawin kepada mertua, tetapi sebagiannya dikembalikan kepada isteri. Laban hanya memakai dan menghabiskan jasa Yakub saja, sehingga tidak dapat mengembalikan sebagiannya kepada Rahel dan Lea.

Jerusalem: Kej 31:18 - dan segala apa .... Padan-Aram Ini sebuah sisipan yang berasal dari tradisi Para Imam.

Ini sebuah sisipan yang berasal dari tradisi Para Imam.

Jerusalem: Kej 31:19 - terafim Ialah berhala-berhala kecil yang ditempatkan di rumah sebagai pelindung. Sementara ahli berpendapat bahwa memiliki terafim itu memberi orang hak atas ...

Ialah berhala-berhala kecil yang ditempatkan di rumah sebagai pelindung. Sementara ahli berpendapat bahwa memiliki terafim itu memberi orang hak atas warisan. Tetapi pendapat itu tidak terbukti.

Jerusalem: Kej 31:22-42 - -- Ceritera inipun berasal dari tradisi Elohista. Barangkali ada juga beberapa unsur dari tradisi Yahwista, Kej 31:27,31,38-40?

Ceritera inipun berasal dari tradisi Elohista. Barangkali ada juga beberapa unsur dari tradisi Yahwista, Kej 31:27,31,38-40?

Jerusalem: Kej 31:25 - Laban dengan sanak saudaranya telah memasang kemahnya Dalam naskah Ibrani terbaca: Laban memasang (mengatur) sanak saudaranya.

Dalam naskah Ibrani terbaca: Laban memasang (mengatur) sanak saudaranya.

Jerusalem: Kej 31:39 - kubawa kepadamu Menurut Kel 22:12 pengawasan kawanan tidak dapat dituntut, kalau membawa sisa binatang yang diterkam binatang buas.

Menurut Kel 22:12 pengawasan kawanan tidak dapat dituntut, kalau membawa sisa binatang yang diterkam binatang buas.

Jerusalem: Kej 31:42 - Yang Disegani oleh Ishak Gelar ilahi ini hanya terdapat di sini dan dalam Kej 31:53. Arti kata Ibrani kurang jelas. Ada yang menterjemahkan: Sanak Ishak.

Gelar ilahi ini hanya terdapat di sini dan dalam Kej 31:53. Arti kata Ibrani kurang jelas. Ada yang menterjemahkan: Sanak Ishak.

Jerusalem: Kej 31:43-55 - -- Rupanya dalam ceritera ini tercampur tradisi Yahwista dan tradisi Elohista. Ada beberapa unsur: 1) Sebuah perjanjian politik yang menentukan batas ant...

Rupanya dalam ceritera ini tercampur tradisi Yahwista dan tradisi Elohista. Ada beberapa unsur: 1) Sebuah perjanjian politik yang menentukan batas antara wilayah Laban dan wilayah Yakub, Kej 31:52; artinya: antara wilayah bangsa Aram dan wilayah bangsa Israel; diberi juga penjelasan nama Galed, artinya: timbunan batu; 2) sebuah perjanjian perorangan mengenai anak-anak perempuan Laban yang diperisterikan kepada Yakub, Kej 31:50; diberi penjelasan atas nama Mizpa, artinya: penjaga, Kej 31:49, tempat didirikan sebuah tugu (masebah). Tetapi mungkin juga bahwa tidak ada dua tradisi, melainkan dua penjelasan atas nama kembar yang oleh tradisi dihubungkan dengan nama kembar yang oleh tradisi dihubungkan dengan nama majemuk: Mizpa-Galed, artinya: Penjaga Galed sebuah nama tempat yang disebut dalam Hak 11:29. Tempat itu terletak di daerah di seberang sungai Yordan di sebelah selatan anak sungai Yabok. Ke dalam teks masih menyusup beberapa sisipan juga.

Jerusalem: Kej 31:47 - Yegar-Sahaduta Nama itu tertulis dalam bahasa Aram dan merupakan terjemahan dari nama Galed (timbunan batu).

Nama itu tertulis dalam bahasa Aram dan merupakan terjemahan dari nama Galed (timbunan batu).

Jerusalem: Kej 31:53 - Allah ayah mereka Kata-kata ini tidak terdapat dalam beberapa naskah Ibrani dan tidak pula dalam terjemahan Yunani. Allah (dewasa) kedua belah pihak yang mengikat perja...

Kata-kata ini tidak terdapat dalam beberapa naskah Ibrani dan tidak pula dalam terjemahan Yunani. Allah (dewasa) kedua belah pihak yang mengikat perjanjian diserukan sebagai saksi. Ini sesuai dengan kebiasaan dahulu dalam mengadakan sebuah perjanjian.

Ende: Kej 31:2 - -- Laban tidak menduga sebelumnja, bahwa perdjandjiannja dengan Jakub (lihat Kej 30:32) akan membawa untung sebanjak itu kepada Jakub.

Laban tidak menduga sebelumnja, bahwa perdjandjiannja dengan Jakub (lihat Kej 30:32) akan membawa untung sebanjak itu kepada Jakub.

Ende: Kej 31:8 - -- Baru kemudian Laban mengemukakan keberatan-keberatannja, dan menambahkan sjarat-sjarat baru, jang sebelumnja tidak tertjantum dalam perdjandjian.

Baru kemudian Laban mengemukakan keberatan-keberatannja, dan menambahkan sjarat-sjarat baru, jang sebelumnja tidak tertjantum dalam perdjandjian.

Ende: Kej 31:11 - -- Dari ajat 13(Kej 31:11) ternjata, bahwa Malaikat Allah djuga disini menundjukkan penampakan Tuhan sendiri. Seperti lazimnja dalam tradisi Elohistis, p...

Dari ajat 13(Kej 31:11) ternjata, bahwa Malaikat Allah djuga disini menundjukkan penampakan Tuhan sendiri. Seperti lazimnja dalam tradisi Elohistis, penampakan ini terdjadi dalam mimpi.

Ende: Kej 31:13 - -- Lihat Kej 28:18-22.

Lihat Kej 28:18-22.

Ende: Kej 31:15 - -- Hanja Labanlah jang mendapat untung dari pekerdjaan Jakub, jang dipandang sebagai ganti Rachel dan Lea (lihat Kej 29:18). Rupa-rupanja menurut adat-ke...

Hanja Labanlah jang mendapat untung dari pekerdjaan Jakub, jang dipandang sebagai ganti Rachel dan Lea (lihat Kej 29:18). Rupa-rupanja menurut adat-kebiasaan mempelai perempuan harus menerima sebagian dari ganti ini. Karena Laban menuntutnja seluruhnja bagi diri sendiri, ia menganggapnja sebagai uang-tebusan belaka, seolah-olah ia telah mendjual anak-anaknja perempuan kepada Jakub, seperti orang mendjual budak-budaknja.

Ende: Kej 31:19 - -- Jakub menunda keberangkatannja hingga Laban tidak ada dirumah karena sedang mentjukur domba-dombanja. Ini terdjadi pada musim semi.

Jakub menunda keberangkatannja hingga Laban tidak ada dirumah karena sedang mentjukur domba-dombanja. Ini terdjadi pada musim semi.

Ende: Kej 31:19 - Terafim adalah dewa-dewa rumah, pelindung kemah dan keluarga. Mungkin pula orang menjangka, bahwa mereka membawa kemakmuran dan kesuburan. Disini terafim itu ...

adalah dewa-dewa rumah, pelindung kemah dan keluarga.

Mungkin pula orang menjangka, bahwa mereka membawa kemakmuran dan kesuburan. Disini terafim itu berupa artja-artja ketjil. Tetapi kadang-kadang terdapat pula artja-artja jang besar (lihat 1Sa 19:13 dsl.).

Artja-artja ini ditinggalkan kepada ahli-waris utama, djadi djuga merupakan dasar hak untuk menerima warisan. Maka dari itu Laban sangat bersusah-pajah untuk mengetemukannja kembali (lihat ajat 30)(Kej 31:30).

Kemudian kata "terafim" di Israel memperoleh arti lain: alat-alat untuk meramalkan hari-kemudian, digunakan beserta dengan "efod" (lihat Hak 17:5; 18:14; Yeh 21:26 dsl.; Zak 10:2). Arti dasar kata ini tidak diketahui. Menurut beberapa ahli tafsir mengandung penghinaan (dihubungkan dengan "toref" = mendjadi busuk). Sering djuga dihubungkan dengan kata-kerdja Junani "therapeuein", artinja: "menjembuhkan".

Ende: Kej 31:20 - Memperdajakan Terdjemahan setepat-tepatnja: "Jakub mentjuri hati Laban", artinja ia membelokkan perhatian Laban kearah hal lain. Pengarang disini menggunakan kata j...

Terdjemahan setepat-tepatnja: "Jakub mentjuri hati Laban", artinja ia membelokkan perhatian Laban kearah hal lain.

Pengarang disini menggunakan kata jang sama: baik Rachel (ajat 19)(Kej 31:19) maupun Jakub mentjuri sesuatu (hibr. "ganaf") dari Laban.

Ende: Kej 31:21 - Sungai berarti Eufrat. Gilead jalah pegunungan disebelah timur sungai Jarden.

berarti Eufrat. Gilead jalah pegunungan disebelah timur sungai Jarden.

Ende: Kej 31:24 - -- Terdjemahan setepat-tepatnja: "djagalah djangan sampai engkau mengatakan apa-apa jang baik atau djahat kepada Jakub", artinja: djanganlah engkau menga...

Terdjemahan setepat-tepatnja: "djagalah djangan sampai engkau mengatakan apa-apa jang baik atau djahat kepada Jakub", artinja: djanganlah engkau mengatakan apa-apa kepadanja atau mengantjamnja. Disini ditekankan bahwa Tuhan melindungi Jakub.

Ende: Kej 31:27 - -- Laban pura-pura seperti seorang bapa baik, jang diperlakukan tidak adil. Akan tetapi Jakub tidak tertipu. (lihat ajat 31)(Kej 31:31).

Laban pura-pura seperti seorang bapa baik, jang diperlakukan tidak adil. Akan tetapi Jakub tidak tertipu. (lihat ajat 31)(Kej 31:31).

Ende: Kej 31:35 - -- Kalau ajah hadir, anak-anak harus berdiri.

Kalau ajah hadir, anak-anak harus berdiri.

Ende: Kej 31:36 - -- Jakub menjangka, bahwa tuduhan Laban hanja dibuat-buat sadja.

Jakub menjangka, bahwa tuduhan Laban hanja dibuat-buat sadja.

Ende: Kej 31:39 - -- Menurut anggapan bangsa Israel, Jakub tidak berwadjib mendjalankan hal ini (lihat peraturan-peratuaran jang ditetapkan kemudian: Kel 22:9-12.

Menurut anggapan bangsa Israel, Jakub tidak berwadjib mendjalankan hal ini (lihat peraturan-peratuaran jang ditetapkan kemudian: Kel 22:9-12.

Ende: Kej 31:42 - Ketakutan Ishak sebutan kuno, jang menjatakan keagungan Tuhan jang tidak terhingga.

sebutan kuno, jang menjatakan keagungan Tuhan jang tidak terhingga.

Ende: Kej 31:45 - -- Bandingkan dengan Kej 28:18.

Bandingkan dengan Kej 28:18.

Ende: Kej 31:47 - -- Jegar Sahaduta adalah terdjemahan Arami dari kata Gal'ed Artinja: "tumpukan sumpah", jakni timbunan batu jang mengingatkan akan sumpah.

Jegar Sahaduta adalah terdjemahan Arami dari kata Gal'ed Artinja: "tumpukan sumpah", jakni timbunan batu jang mengingatkan akan sumpah.

Ende: Kej 31:49 - -- Dulu ada tempat bernama Mispa Gilead. Nama ini disini diterangkan dan dihubungkan dengan perdjandjian antara Jakub dan Laban. Mispa = tempat penginapa...

Dulu ada tempat bernama Mispa Gilead. Nama ini disini diterangkan dan dihubungkan dengan perdjandjian antara Jakub dan Laban. Mispa = tempat penginapan.

Ende: Kej 31:50 - -- Perdjandjian mengenai hubungan baik antara kedua keluarga. Jakub menjatakan kesanggupannja akan menghormati anak-anak perempuan Laban.

Perdjandjian mengenai hubungan baik antara kedua keluarga. Jakub menjatakan kesanggupannja akan menghormati anak-anak perempuan Laban.

Ende: Kej 31:52 - -- Djadi sumpah itu djuga merupakan perdjandjian antara dua bangsa, bangsa Aram dan Israel, akan saling menghormati wilajah masing-masing.

Djadi sumpah itu djuga merupakan perdjandjian antara dua bangsa, bangsa Aram dan Israel, akan saling menghormati wilajah masing-masing.

Ende: Kej 31:55 - -- Dalam terdjemahan Junani dan latin ajat ini termasuk fasal 31(Kej 31).

Dalam terdjemahan Junani dan latin ajat ini termasuk fasal 31(Kej 31).

Endetn: Kej 31:25 - Laban memasang kemahnja korreksi. Hibrani: "Laban memasang dengan saudara-saudaranja".

korreksi. Hibrani: "Laban memasang dengan saudara-saudaranja".

Endetn: Kej 31:29 - berbuat djahat kepadamu;.... Allah bapakmu diperbaiki menurut Sam., Junani. Tertulis: "kepada kamu sekalian;.... Allah bapak kamu sekalian...."

diperbaiki menurut Sam., Junani. Tertulis: "kepada kamu sekalian;.... Allah bapak kamu sekalian...."

Endetn: Kej 31:32 - dari milikmu menurut Junani, Arab. Tiada dalam teks Hibrani.

menurut Junani, Arab. Tiada dalam teks Hibrani.

Endetn: Kej 31:53 - jaitu Allah bapa mereka mungkin tambahan. Tiada dalam Junani.

mungkin tambahan. Tiada dalam Junani.

Ref. Silang FULL: Kej 31:1 - Yakub anak-anak // milik ayah · Yakub anak-anak: Kej 30:35 · milik ayah: Kej 30:42; Kej 30:42

· Yakub anak-anak: Kej 30:35

· milik ayah: Kej 30:42; [Lihat FULL. Kej 30:42]

Ref. Silang FULL: Kej 31:2 - yang sudah-sudah · yang sudah-sudah: Kej 31:5

· yang sudah-sudah: Kej 31:5

Ref. Silang FULL: Kej 31:3 - Pulanglah // menyertai engkau · Pulanglah: Kej 31:13; Kej 32:9; Ul 30:3; Yes 10:21; 35:10; Yer 30:3; 42:12 · menyertai engkau: Kej 21:22; Kej 21:22; Kej 26:3; Kej 2...

· Pulanglah: Kej 31:13; Kej 32:9; Ul 30:3; Yes 10:21; 35:10; Yer 30:3; 42:12

· menyertai engkau: Kej 21:22; [Lihat FULL. Kej 21:22]; Kej 26:3; [Lihat FULL. Kej 26:3]

Ref. Silang FULL: Kej 31:5 - muka ayahmu // yang sudah-sudah // menyertai aku · muka ayahmu: Kej 31:29,42,53; Kej 43:23; Dan 2:23 · yang sudah-sudah: Kej 31:2 · menyertai aku: Kej 21:22; Kej 21:22; Kej 26:3...

· muka ayahmu: Kej 31:29,42,53; Kej 43:23; Dan 2:23

· yang sudah-sudah: Kej 31:2

· menyertai aku: Kej 21:22; [Lihat FULL. Kej 21:22]; Kej 26:3; [Lihat FULL. Kej 26:3]

Ref. Silang FULL: Kej 31:6 - bekerja sekuat-kuatku · bekerja sekuat-kuatku: Kej 30:29

· bekerja sekuat-kuatku: Kej 30:29

Ref. Silang FULL: Kej 31:7 - berlaku curang // sepuluh kali // mengubah upahku // berbuat jahat · berlaku curang: Im 6:2; Am 8:5 · sepuluh kali: Kej 31:41; Bil 14:22; Ayub 19:3 · mengubah upahku: Kej 29:15; Kej 29:15 ·...

· berlaku curang: Im 6:2; Am 8:5

· sepuluh kali: Kej 31:41; Bil 14:22; Ayub 19:3

· mengubah upahku: Kej 29:15; [Lihat FULL. Kej 29:15]

· berbuat jahat: Kej 31:52; Kej 24:50; [Lihat FULL. Kej 24:50]

Ref. Silang FULL: Kej 31:8 - menjadi upahmu · menjadi upahmu: Kej 30:32; Kej 30:32

· menjadi upahmu: Kej 30:32; [Lihat FULL. Kej 30:32]

Ref. Silang FULL: Kej 31:9 - mengambil ternak // memberikannya kepadaku · mengambil ternak: Ayub 39:5; Yeh 31:6 · memberikannya kepadaku: Kej 30:42; Kej 30:42

· mengambil ternak: Ayub 39:5; Yeh 31:6

· memberikannya kepadaku: Kej 30:42; [Lihat FULL. Kej 30:42]

Ref. Silang FULL: Kej 31:10 - aku bermimpi · aku bermimpi: Kej 20:3; Kej 20:3

· aku bermimpi: Kej 20:3; [Lihat FULL. Kej 20:3]

Ref. Silang FULL: Kej 31:11 - Malaikat Allah // dalam mimpi // Ya Tuhan · Malaikat Allah: Kej 16:7; Kej 16:7 · dalam mimpi: Kej 20:3; Kej 20:3 · Ya Tuhan: Kej 22:1; Kej 22:1; Kel 3:4; Kel 3:4

· Malaikat Allah: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]

· dalam mimpi: Kej 20:3; [Lihat FULL. Kej 20:3]

· Ya Tuhan: Kej 22:1; [Lihat FULL. Kej 22:1]; Kel 3:4; [Lihat FULL. Kel 3:4]

Ref. Silang FULL: Kej 31:12 - bercoreng-coreng, berbintik-bintik // itu kepadamu · bercoreng-coreng, berbintik-bintik: Kej 30:32; Kej 30:32 · itu kepadamu: Kel 3:7

· bercoreng-coreng, berbintik-bintik: Kej 30:32; [Lihat FULL. Kej 30:32]

· itu kepadamu: Kel 3:7

Ref. Silang FULL: Kej 31:13 - di Betel // mengurapi tugu // engkau bernazar // ke negeri · di Betel: Kej 28:10-22 · mengurapi tugu: Kej 28:18; Kej 28:18 · engkau bernazar: Kej 28:20; Kej 28:20 · ke negeri: Kej 3...

· di Betel: Kej 28:10-22

· mengurapi tugu: Kej 28:18; [Lihat FULL. Kej 28:18]

· engkau bernazar: Kej 28:20; [Lihat FULL. Kej 28:20]

· ke negeri: Kej 31:3; [Lihat FULL. Kej 31:3]

Ref. Silang FULL: Kej 31:14 - lagi bagian · lagi bagian: 2Sam 20:1; 1Raj 12:16

· lagi bagian: 2Sam 20:1; 1Raj 12:16

Ref. Silang FULL: Kej 31:15 - orang asing // telah dihabiskannya · orang asing: Ul 15:3; 23:20; Rut 2:10; 2Sam 15:19; 1Raj 8:41; Ob 1:11 · telah dihabiskannya: Kej 29:20; Kej 29:20

· orang asing: Ul 15:3; 23:20; Rut 2:10; 2Sam 15:19; 1Raj 8:41; Ob 1:11

· telah dihabiskannya: Kej 29:20; [Lihat FULL. Kej 29:20]

Ref. Silang FULL: Kej 31:16 - anak-anak kami · anak-anak kami: Kej 30:42; Kej 30:42

· anak-anak kami: Kej 30:42; [Lihat FULL. Kej 30:42]

Ref. Silang FULL: Kej 31:17 - dan isteri-isterinya // atas unta · dan isteri-isterinya: Kej 27:41; Kej 27:41 · atas unta: Kej 24:63-64; Kej 24:63; Kej 24:64

· dan isteri-isterinya: Kej 27:41; [Lihat FULL. Kej 27:41]

· atas unta: Kej 24:63-64; [Lihat FULL. Kej 24:63]; [Lihat FULL. Kej 24:64]

Ref. Silang FULL: Kej 31:18 - telah diperolehnya // di Padan-Aram // kepada Ishak // tanah Kanaan · telah diperolehnya: Kej 12:5; Kej 12:5 · di Padan-Aram: Kej 25:20; Kej 25:20 · kepada Ishak: Kej 35:27 · tanah Kanaan: K...

· telah diperolehnya: Kej 12:5; [Lihat FULL. Kej 12:5]

· di Padan-Aram: Kej 25:20; [Lihat FULL. Kej 25:20]

· kepada Ishak: Kej 35:27

· tanah Kanaan: Kej 10:19; [Lihat FULL. Kej 10:19]

Ref. Silang FULL: Kej 31:19 - bulu domba-dombanya // mencuri terafim · bulu domba-dombanya: Kej 38:12,13; 1Sam 25:2,4,7; 2Sam 13:23 · mencuri terafim: Kej 31:30,32,34-35; Kej 35:2; Yos 24:14; Hak 17:5; 18:...

Ref. Silang FULL: Kej 31:20 - Yakub mengakali // orang Aram // mau lari · Yakub mengakali: Kej 27:36; Kej 27:36 · orang Aram: Kej 25:20; Kej 25:20 · mau lari: Kej 31:27

· Yakub mengakali: Kej 27:36; [Lihat FULL. Kej 27:36]

· orang Aram: Kej 25:20; [Lihat FULL. Kej 25:20]

· mau lari: Kej 31:27

Ref. Silang FULL: Kej 31:21 - ia lari // sungai Efrat // pegunungan Gilead · ia lari: Kej 31:22; Kel 2:15; 14:5; 1Raj 18:46; 19:3; Yer 26:21 · sungai Efrat: Kej 2:14; Kej 2:14 · pegunungan Gilead: Kej 31:...

· ia lari: Kej 31:22; Kel 2:15; 14:5; 1Raj 18:46; 19:3; Yer 26:21

· sungai Efrat: Kej 2:14; [Lihat FULL. Kej 2:14]

· pegunungan Gilead: Kej 31:23,25; Kej 37:25; Bil 26:30; 32:1; Ul 3:10; Yos 12:2; Yer 22:6

Ref. Silang FULL: Kej 31:22 - hari ketiga // telah lari · hari ketiga: Kej 30:36; Kej 30:36 · telah lari: Kej 31:21; Kej 31:21

· hari ketiga: Kej 30:36; [Lihat FULL. Kej 30:36]

· telah lari: Kej 31:21; [Lihat FULL. Kej 31:21]

Ref. Silang FULL: Kej 31:23 - sanak saudaranya // bersama-sama // pegunungan Gilead · sanak saudaranya: Kej 31:37 · bersama-sama: Kel 14:9 · pegunungan Gilead: Kej 31:21; Kej 31:21

· sanak saudaranya: Kej 31:37

· bersama-sama: Kel 14:9

· pegunungan Gilead: Kej 31:21; [Lihat FULL. Kej 31:21]

Ref. Silang FULL: Kej 31:24 - orang Aram // berfirman kepadanya // sepatah katapun · orang Aram: Kej 25:20; Kej 25:20 · berfirman kepadanya: Kej 20:3; Kej 20:3 · sepatah katapun: Kej 24:50; Kej 24:50

· orang Aram: Kej 25:20; [Lihat FULL. Kej 25:20]

· berfirman kepadanya: Kej 20:3; [Lihat FULL. Kej 20:3]

· sepatah katapun: Kej 24:50; [Lihat FULL. Kej 24:50]

Ref. Silang FULL: Kej 31:25 - di pegunungan · di pegunungan: Kej 31:21; Kej 31:21

· di pegunungan: Kej 31:21; [Lihat FULL. Kej 31:21]

Ref. Silang FULL: Kej 31:26 - yang kauperbuat // mengakali aku // orang tawanan · yang kauperbuat: Kej 12:18; Kej 12:18 · mengakali aku: Kej 27:36; Kej 27:36 · orang tawanan: Kej 34:29; 1Sam 30:2-3

· yang kauperbuat: Kej 12:18; [Lihat FULL. Kej 12:18]

· mengakali aku: Kej 27:36; [Lihat FULL. Kej 27:36]

· orang tawanan: Kej 34:29; 1Sam 30:2-3

Ref. Silang FULL: Kej 31:27 - memberitahu kepadaku // dengan rebana // dan kecapi · memberitahu kepadaku: Kej 31:20 · dengan rebana: Kel 15:20; Hak 11:34; 1Sam 10:5; 2Sam 6:5; Mazm 68:26; Yes 24:8; Yer 31:4 · da...

· memberitahu kepadaku: Kej 31:20

· dengan rebana: Kel 15:20; Hak 11:34; 1Sam 10:5; 2Sam 6:5; Mazm 68:26; Yes 24:8; Yer 31:4

· dan kecapi: Kej 4:21; [Lihat FULL. Kej 4:21]

Ref. Silang FULL: Kej 31:28 - anak-anakku perempuan · anak-anakku perempuan: Kej 31:55; Kej 27:27; Kej 27:27; Rut 1:14; Kis 20:37

· anak-anakku perempuan: Kej 31:55; Kej 27:27; [Lihat FULL. Kej 27:27]; Rut 1:14; Kis 20:37

Ref. Silang FULL: Kej 31:29 - berbuat jahat // Allah ayahmu // sepatah katapun · berbuat jahat: Kej 31:7; Kej 31:7; Kej 26:29; Kej 26:29 · Allah ayahmu: Kej 31:5; Kej 31:5 · sepatah katapun: Kej 24:50; Kej 24...

· berbuat jahat: Kej 31:7; [Lihat FULL. Kej 31:7]; Kej 26:29; [Lihat FULL. Kej 26:29]

· Allah ayahmu: Kej 31:5; [Lihat FULL. Kej 31:5]

· sepatah katapun: Kej 24:50; [Lihat FULL. Kej 24:50]

Ref. Silang FULL: Kej 31:30 - rumah ayahmu // engkau mencuri // dewa-dewaku · rumah ayahmu: Kej 28:15; Kej 28:15; Ayub 29:2 · engkau mencuri: Kej 44:8 · dewa-dewaku: Kej 31:19; Kej 31:19

· rumah ayahmu: Kej 28:15; [Lihat FULL. Kej 28:15]; Ayub 29:2

· engkau mencuri: Kej 44:8

· dewa-dewaku: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]

Ref. Silang FULL: Kej 31:31 - engkau merampas · engkau merampas: Kej 20:11; Kej 20:11

· engkau merampas: Kej 20:11; [Lihat FULL. Kej 20:11]

Ref. Silang FULL: Kej 31:32 - hidup lagi // mencuri terafim · hidup lagi: Kej 44:9 · mencuri terafim: Kej 31:19; Kej 31:19

· hidup lagi: Kej 44:9

· mencuri terafim: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]

Ref. Silang FULL: Kej 31:33 - kemah Lea // budak perempuan // tidak ditemuinya · kemah Lea: Kej 24:67 · budak perempuan: Kej 16:1; Kej 16:1 · tidak ditemuinya: Kej 31:37

· kemah Lea: Kej 24:67

· budak perempuan: Kej 16:1; [Lihat FULL. Kej 16:1]

· tidak ditemuinya: Kej 31:37

Ref. Silang FULL: Kej 31:34 - mengambil terafim // dalam pelana // Laban menggeledah · mengambil terafim: Kej 31:19; Kej 31:19 · dalam pelana: Kej 24:63-64; Kej 24:63; Kej 24:64 · Laban menggeledah: Kej 31:37; Kej ...

· mengambil terafim: Kej 31:19; [Lihat FULL. Kej 31:19]

· dalam pelana: Kej 24:63-64; [Lihat FULL. Kej 24:63]; [Lihat FULL. Kej 24:64]

· Laban menggeledah: Kej 31:37; Kej 44:12

Ref. Silang FULL: Kej 31:35 - di depanmu // sedang haid // terafim itu · di depanmu: Kel 20:12; Im 19:3,32; Ul 21:18; 27:16; Yer 35:18 · sedang haid: Im 15:19-23 · terafim itu: Kej 31:19

· di depanmu: Kel 20:12; Im 19:3,32; Ul 21:18; 27:16; Yer 35:18

· sedang haid: Im 15:19-23

· terafim itu: Kej 31:19

Ref. Silang FULL: Kej 31:36 - apakah dosaku // aku sehebat · apakah dosaku: 1Sam 19:5; 20:32 · aku sehebat: 1Sam 23:23; 24:12

· apakah dosaku: 1Sam 19:5; 20:32

· aku sehebat: 1Sam 23:23; 24:12

Ref. Silang FULL: Kej 31:37 - barang rumahmu // dan saudara-saudaramu // kita berdua · barang rumahmu: Kej 31:33 · dan saudara-saudaramu: Kej 31:23 · kita berdua: Ul 1:16; 16:18

· barang rumahmu: Kej 31:33

· dan saudara-saudaramu: Kej 31:23

· kita berdua: Ul 1:16; 16:18

Ref. Silang FULL: Kej 31:38 - puluh tahun // pernah keguguran · puluh tahun: Kej 27:44; Kej 27:44 · pernah keguguran: Kej 30:27; Kej 30:27

· puluh tahun: Kej 27:44; [Lihat FULL. Kej 27:44]

· pernah keguguran: Kej 30:27; [Lihat FULL. Kej 30:27]

Ref. Silang FULL: Kej 31:39 - yang dicuri // waktu malam · yang dicuri: Kej 30:33 · waktu malam: Kel 22:13

· yang dicuri: Kej 30:33

· waktu malam: Kel 22:13

Ref. Silang FULL: Kej 31:40 - dan mataku · dan mataku: Mazm 132:4; 2Kor 11:27

· dan mataku: Mazm 132:4; 2Kor 11:27

Ref. Silang FULL: Kej 31:41 - puluh tahun // kedua anakmu // mendapat ternakmu // sepuluh kali // mengubah upahku · puluh tahun: Kej 27:44; Kej 27:44 · kedua anakmu: Kej 29:30 · mendapat ternakmu: Kej 30:32; Kej 30:32 · sepuluh kali: Ke...

· puluh tahun: Kej 27:44; [Lihat FULL. Kej 27:44]

· kedua anakmu: Kej 29:30

· mendapat ternakmu: Kej 30:32; [Lihat FULL. Kej 30:32]

· sepuluh kali: Kej 31:7; [Lihat FULL. Kej 31:7]

· mengubah upahku: Kej 29:15; [Lihat FULL. Kej 29:15]

Ref. Silang FULL: Kej 31:42 - Allah ayahku // Allah Abraham // oleh Ishak // menyertai aku // jerih payahku // menjatuhkan putusan · Allah ayahku: Kej 31:5; Kej 31:5; Kel 3:15; Kel 3:15 · Allah Abraham: Kej 24:12; Kej 24:12 · oleh Ishak: Kej 31:53; Kej 46:1 &m...

· Allah ayahku: Kej 31:5; [Lihat FULL. Kej 31:5]; Kel 3:15; [Lihat FULL. Kel 3:15]

· Allah Abraham: Kej 24:12; [Lihat FULL. Kej 24:12]

· oleh Ishak: Kej 31:53; Kej 46:1

· menyertai aku: Kej 21:22; [Lihat FULL. Kej 21:22]; Mazm 124:1-2

· jerih payahku: Kej 3:17; [Lihat FULL. Kej 3:17]

· menjatuhkan putusan: Kej 24:50; [Lihat FULL. Kej 24:50]

Ref. Silang FULL: Kej 31:43 - ini ternakku · ini ternakku: Kej 30:32,42

· ini ternakku: Kej 30:32,42

Ref. Silang FULL: Kej 31:44 - mengikat perjanjian // dan engkau · mengikat perjanjian: Kej 21:27; Kej 21:27 · dan engkau: Kej 21:30; Kej 21:30

· mengikat perjanjian: Kej 21:27; [Lihat FULL. Kej 21:27]

· dan engkau: Kej 21:30; [Lihat FULL. Kej 21:30]

Ref. Silang FULL: Kej 31:45 - menjadi tugu · menjadi tugu: Kej 28:18; Kej 28:18

· menjadi tugu: Kej 28:18; [Lihat FULL. Kej 28:18]

Ref. Silang FULL: Kej 31:46 - membuat timbunan · membuat timbunan: Kej 31:48,51,52

· membuat timbunan: Kej 31:48,51,52

Ref. Silang FULL: Kej 31:47 - menamainya Galed · menamainya Galed: Kej 21:30; Kej 21:30

· menamainya Galed: Kej 21:30; [Lihat FULL. Kej 21:30]

Ref. Silang FULL: Kej 31:48 - Timbunan batu // hari ini · Timbunan batu: Kej 31:46; Kej 31:46 · hari ini: Kej 21:30; Kej 21:30; Yer 29:23; 42:5

· Timbunan batu: Kej 31:46; [Lihat FULL. Kej 31:46]

· hari ini: Kej 21:30; [Lihat FULL. Kej 21:30]; Yer 29:23; 42:5

Ref. Silang FULL: Kej 31:49 - juga Mizpa · juga Mizpa: Yos 11:3; Hak 10:17; 11:29

· juga Mizpa: Yos 11:3; Hak 10:17; 11:29

Ref. Silang FULL: Kej 31:50 - engkau mengaibkan // menjadi saksi // dan engkau · engkau mengaibkan: Kej 16:6 · menjadi saksi: Ul 31:19; Yos 24:27; Hak 11:10; 1Sam 12:5; 20:14,23,42; Ayub 16:19; Yer 29:23; 42:5; Mi 1...

· engkau mengaibkan: Kej 16:6

· menjadi saksi: Ul 31:19; Yos 24:27; Hak 11:10; 1Sam 12:5; 20:14,23,42; Ayub 16:19; Yer 29:23; 42:5; Mi 1:2

· dan engkau: Kej 21:30; [Lihat FULL. Kej 21:30]; Ul 4:26; [Lihat FULL. Ul 4:26]; Yer 7:11; [Lihat FULL. Yer 7:11]

Ref. Silang FULL: Kej 31:51 - timbunan batu // inilah tugu · timbunan batu: Kej 31:46; Kej 31:46 · inilah tugu: Kej 28:18; Kej 28:18

· timbunan batu: Kej 31:46; [Lihat FULL. Kej 31:46]

· inilah tugu: Kej 28:18; [Lihat FULL. Kej 28:18]

Ref. Silang FULL: Kej 31:52 - menjadi kesaksian // timbunan batu // berniat jahat · menjadi kesaksian: Kej 21:30; Kej 21:30 · timbunan batu: Kej 31:46; Kej 31:46 · berniat jahat: Kej 31:7; Kej 31:7; Kej 26:29; K...

· menjadi kesaksian: Kej 21:30; [Lihat FULL. Kej 21:30]

· timbunan batu: Kej 31:46; [Lihat FULL. Kej 31:46]

· berniat jahat: Kej 31:7; [Lihat FULL. Kej 31:7]; Kej 26:29; [Lihat FULL. Kej 26:29]

Ref. Silang FULL: Kej 31:53 - Allah Abraham // Allah Nahor // antara kita // Yakub bersumpah // oleh Ishak · Allah Abraham: Kej 24:12; Kej 24:12 · Allah Nahor: Kej 11:27; Kej 11:27 · antara kita: Kej 16:5; Kej 16:5 · Yakub bersum...

· Allah Abraham: Kej 24:12; [Lihat FULL. Kej 24:12]

· Allah Nahor: Kej 11:27; [Lihat FULL. Kej 11:27]

· antara kita: Kej 16:5; [Lihat FULL. Kej 16:5]

· Yakub bersumpah: Kej 21:23,27; [Lihat FULL. Kej 21:23]; [Lihat FULL. Kej 21:27]

· oleh Ishak: Kej 31:42; [Lihat FULL. Kej 31:42]

Ref. Silang FULL: Kej 31:54 - korban sembelihan // mengundang makan · korban sembelihan: Kej 46:1; Kel 24:5; Im 3:1 · mengundang makan: Kej 26:30; Kej 26:30

· korban sembelihan: Kej 46:1; Kel 24:5; Im 3:1

· mengundang makan: Kej 26:30; [Lihat FULL. Kej 26:30]

Ref. Silang FULL: Kej 31:55 - dan anak-anaknya // serta memberkati // tempat tinggalnya · dan anak-anaknya: Kej 31:28; Kej 31:28; Rut 1:9 · serta memberkati: Kej 24:60; Kej 24:60; Kel 39:43; Kel 39:43 · tempat tinggal...

· dan anak-anaknya: Kej 31:28; [Lihat FULL. Kej 31:28]; Rut 1:9

· serta memberkati: Kej 24:60; [Lihat FULL. Kej 24:60]; Kel 39:43; [Lihat FULL. Kel 39:43]

· tempat tinggalnya: Kej 18:33

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 31:1-16 - Tekad Yakub untuk Pulang Yakub adalah seorang yang sangat jujur dan baik, seorang yang penuh pengabdian dan kelurusan hati. Namun, ia mendapat lebih banyak masalah dan kes...

Matthew Henry: Kej 31:17-24 - Keberangkatan Yakub Diam-diam Keberangkatan Yakub Diam-diam (Kejadian 31:17-24) Di sini kita mendapati, I. Yakub melarikan diri dari Laban. Kita dapat menduga bahwa ia su...

Matthew Henry: Kej 31:25-35 - Laban Mengejar-ngejar Yakub Laban Mengejar-ngejar Yakub (Kejadian 31:25-35) Di sini kita mendapati perdebatan, kalau bukan pertengkaran, yang terjadi antara Laban dan Yakub pa...

Matthew Henry: Kej 31:36-42 - Pertengkaran Yakub dan Laban Pertengkaran Yakub dan Laban (Kejadian 31:36-42) Lihatlah dalam ayat-ayat ini, I. Kekuatan dari tindakan memancing-mancing amarah. Pembawaan...

Matthew Henry: Kej 31:43-55 - Perjanjian Yakub dengan Laban Perjanjian Yakub dengan Laban (Kejadian 31:43-55) Di sini kita mendapati jalan tengah untuk menyelesaikan permasalahan di antara Laban dan Yakub. T...

SH: Kej 31:1-21 - Allah terus mengikuti (Selasa, 29 Juni 2010) Allah terus mengikuti Jika Anda adalah Yakub yang mengalami empat belas tahun masa sulit dalam kerja keras tanpa upah, apa yang akan Anda pikirkan te...

SH: Kej 31:1-21 - Cara penyelesaian yang tidak terpuji (Sabtu, 7 Juli 2012) Cara penyelesaian yang tidak terpuji Pada umumnya tidak ada orang yang suka pada perbuatan curang. Namun ada pula orang yang akhirnya turut melakukan...

SH: Kej 31:1-21 - Air Susu Dibalas dengan Air Tuba (Minggu, 1 Juli 2018) Air Susu Dibalas dengan Air Tuba Kerap kali perbuatan baik mendatangkan kejahatan sebagai imbalannya. Kedermawanan sering kali dibalas dengan kekikir...

SH: Kej 31:22-42 - Pembelaan Allah dan pembelaan Yakub (Rabu, 30 Juni 2010) Pembelaan Allah dan pembelaan Yakub Bagaimana kita harus menghadapi tuduhan dan tekanan dari orang yang membuat banyak masalah agar kita tidak terpro...

SH: Kej 31:22-42 - Allah yang mencegah malapetaka (Senin, 9 Juli 2012) Allah yang mencegah malapetaka Pemeliharaan Allah dalam kehidupan kita sungguh merupakan hal yang sangat luar biasa dan ajaib, dan merupakan hal yang...

SH: Kej 31:22-42 - Bukalah Topeng Kita (Senin, 2 Juli 2018) Bukalah Topeng Kita Kalau benci sudah meraja, maka kita akan mati rasa. Setiap kebaikan akan kita nilai sebagai keburukan. Kedengkian itu membutakan,...

SH: Kej 31:43-55 - Kesetaraan: perjuangan atau pengakuan? (Kamis, 1 Juli 2010) Kesetaraan: perjuangan atau pengakuan? Jika dalam relasi sosial Anda semisal dalam hubungan dengan ipar atau mertua, bawahan dan atasan terjadi ketid...

SH: Kej 31:43-55 - Melampaui pikiran kita (Selasa, 10 Juli 2012) Melampaui pikiran kita Sering kali kita tidak percaya bahwa Allah dapat menolong kita keluar dari permasalahan dan karenanya kita sering tidak memint...

SH: Kej 31:43-55 - Mengikat Perjanjian (Selasa, 3 Juli 2018) Mengikat Perjanjian Mudah berjanji, mudah pula mengingkari. Mungkin itu jugalah potret kita, manusia yang kerap mungkir dari janjinya sendiri. Dalam...

Utley: Kej 31:1-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 31:1-161 Kedengaranlah kepada Yakub anak-anak Laban berkata demikian: "Yakub telah mengambil segala harta milik ayah kita d...

Utley: Kej 31:17-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 31:17-2117 Lalu bersiaplah Yakub, dinaikkannya anak-anaknya dan isteri-isterinya ke atas unta, 18 digiringnya seluruh terna...

Utley: Kej 31:22-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 31:22-2417 Lalu bersiaplah Yakub, dinaikkannya anak-anaknya dan isteri-isterinya ke atas unta, 18 digiringnya seluruh terna...

Utley: Kej 31:25-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 31:25-3225 Ketika Laban sampai kepada Yakub, — Yakub telah memasang kemahnya di pegunungan, juga Laban dengan sanak sauda...

Utley: Kej 31:33-35 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 31:33-3533 Lalu masuklah Laban ke dalam kemah Yakub dan ke dalam kemah Lea dan ke dalam kemah kedua budak perempuan itu, te...

Utley: Kej 31:36-42 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 31:36-4236 Lalu hati Yakub panas dan ia bertengkar dengan Laban. Ia berkata kepada Laban: "Apakah kesalahanku, apakah dosak...

Utley: Kej 31:43-55 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 31:43-5543 Lalu Laban menjawab Yakub: "Perempuan-perempuan ini anakku dan anak-anak lelaki ini cucuku dan ternak ini ternak...

Topik Teologia: Kej 31:11 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kristus dalam Theophani Malaikat Allah...

Topik Teologia: Kej 31:13 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah yang di Betel Kej 31:13 ...

Topik Teologia: Kej 31:24 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Pemeliharaan dan Kejahatan itu Sendiri Pemelihar...

Topik Teologia: Kej 31:29 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah Ayahmu Kej 31:29 Kej 43:2...

Topik Teologia: Kej 31:42 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Yang Disegani oleh Ishak Kej 31...

Topik Teologia: Kej 31:49 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Mengawasi Kej 31:49 Maz 1:6 Maz 11:4 Maz 66:7

Topik Teologia: Kej 31:53 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Takut kepada Allah Con...

Topik Teologia: Kej 31:55 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM Latar Belakang Kejadian cocok sebagai kitab Perjanjian La...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (Kej 1:1-11:26) A. Asal Mula Alam Semesta dan Kehidupan (Ke...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti kitab. Kita menyebutnya Alkitab, untuk menunjukkan keunggulannya. Sebab kitab...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, jang tertulis atas Ilham ilahi, dan memuat wahj...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana

KEJADIAN

PENGANTAR

Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana Allah berhubungan dengan manusia. Buku Kejadian dapat dibagi ke dalam dua bagian yang penting:

  1. 1. Pasal 1-11 (Kej 1:1-11:32). Penciptaan alam semesta dan asal-usul umat manusia. Dalam bagian ini juga diceritakan tentang Adam dan Hawa, Kain dan Habel, Nuh dan banjir besar, serta Menara Babel.
  2. 2. Pasal 12-50 (Kej 12:1-50:26). Asal-usul nenek moyang bangsa Israel. Nenek moyang pertama ialah Abraham. Ia terkenal karena iman dan ketaatannya kepada Allah. Lalu menyusul sejarah Ishak anak Abraham, dan Yakub anak Ishak (Yakub disebut juga Israel). Kemudian sejarah kedua belas anak laki-laki Yakub. Merekalah yang menjadi pendiri kedua belas suku Israel. Penulis memberi perhatian khusus kepada salah seorang anak Yakub yang bernama Yusuf dan peristiwa-peristiwa yang pada akhirnya menyebabkan Yakub bersama anak-anaknya dan keluarga mereka masing-masing pindah ke Mesir.

Meskipun buku ini mengisahkan tentang orang-orang di zaman awal, namun yang mendapat tekanan khusus ialah kisah tentang perbuatan-perbuatan Allah. Buku ini dimulai dengan penegasan bahwa Allah telah menciptakan alam semesta, dan diakhiri dengan janji bahwa Allah akan tetap memperhatikan umat-Nya. Yang memegang peranan utama di seluruh buku ini adalah Allah yang menghakimi dan menghukum barangsiapa yang berbuat salah. Dia pula yang membimbing dan menolong umat-Nya serta membentuk sejarah mereka. Buku yang kuno ini ditulis untuk mencatat kisah tentang iman suatu bangsa dan juga untuk membantu agar iman itu tetap hidup.

Isi

  1.  Penciptaan alam semesta dan manusia
    Kej 1:1-2:25
  2.  Pangkal dosa dan penderitaan
    Kej 3:1-24
  3.  Dari Adam sampai Nuh
    Kej 4:1-5:32
  4.  Nuh dan banjir besar
    Kej 6:1-10:32
  5.  Menara Babel
    Kej 11:1-9
  6.  Dari Sem sampai Abram
    Kej 11:10-32
  7.  Para Kepala Keluarga: Abraham, Ishak, Yakub
    Kej 12:1-35:29
  8.  Keturunan Esau
    Kej 36:1-43
  9.  Yusuf dan saudara-saudaranya
    Kej 37:1-45:28
  10.  Orang Israel di Mesir
    Kej 46:1-50:26

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap ciptaan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Kejadian adalah kitab yang pertama dalam Alkitab. Kitab ini dibagi atas 50 pasal dan berisi dua hal penting: Pertama: Sejarah peristiwa- peristiwa penting. Kedua: Sejarah Bapak- bapak orang beriman. Melalui dua pembagian ini, dapat dilihat kemahakuasaan Allah dalam setiap peristiwa penting dan juga kemahakuasaan kehendak Allah yang bekerja dalam kehidupan setiap Bapak orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian I, pasal 1-11; Kej 1:1-11:32). Pasal-pasal pertama sampai sebelas memuat empat peristiwa penting.

  1. Pasal 1-2 (Kej 1:1-2:7).

    Peristiwa penciptaan langit dan bumi, serta segala isinya Peristiwa ini sungguh-sungguh terjadi dan dikerjakan Allah, karena tidak ada seorang pun yang dapat membuat gunung, lautan, matahari, bulan dan bintang, serta manusia yang dapat berpikir, berbicara, bernapas.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kej 1:1; 2:1-7 Apa sajakah yang diciptakan oleh Allah?

  2. Pasal 2-5 (Kej 2:8-5:32).

    Peristiwa jatuhnya manusia ke dalam dosa Setelah Tuhan menciptakan manusia, yaitu Adam dan Hawa, Tuhan menempatkan mereka di taman Eden untuk hidup di sana menurut kehendak Allah. Di taman Eden (Firdaus) ini Adam dan Hawa diperkenankan oleh Allah untuk hidup dengan berkat dan kasih-Nya, tetapi setan menggoda mereka sehingga mereka melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Sebagai akibatnya, melalui kejatuhan Adam dan Hawa semua manusia menjadi orang berdosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 3:9-19.
    2. Apakah yang menyebabkan manusia berdosa? (Kej 3:11,17).
    3. Apakah akibat dosa terhadap:
      1. (1) Iblis? (Kej 3:15).
      2. (2) Ular? (Kej 3:14).
      3. (3) Wanita? (Kej 3:16).
      4. (4) Pria? (Kej 3:17-19).
      5. (5) Sesama manusia? - membenci/membunuh (Kej 4:5-8).
      6. (6) Kepribadian manusia? - berbohong (Kej 4:8-9).
  3. Pasal 6-10 (Kej 6:1-10:32).

    Peristiwa hukuman Allah kepada manusia melalui air bah Melalui Adam dan Hawa yang sudah berdosa itu, keturunannya mulai dari Kain dan Habil sampai pada Set dan seterusnya, menjadi semakin jahat, sehingga akhirnya Tuhan Allah Yang Mahakuasa itu menghukum manusia karena Allah sangat membenci kejahatan. Allah menghukum dan menurunkan hujan selama 40 hari 40 malam yang disebut Air Bah. Dalam hukuman Allah yang sangat dahsyat itu hanya satu keluarga yang diselamatkan oleh Allah yaitu keluarga Nuh dan istrinya serta anak-anak bersama istri mereka. Setelah ini Allah memberi pelangi sebagai tanda janji-Nya bahwa Ia tidak akan menghukum manusia dengan Air Bah lagi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 6:5-8. Apakah yang menyebabkan manusia dimusnahkan?
    2. Bacalah pasal Kej 6:9-12,22. Apa sebabnya Nuh tidak ikut dihukum?
    3. Bacalah pasal Kej 9:8-17. Apa janji Allah tentang Air Bah dan Pelangi?
  4. Pasal 11 (Kej 11:1-32).

    Peristiwa terjadinya bermacam-macam bahasa di dunia Setelah Air Bah manusia mulai berkembang biak dengan pengetahuan dan kemampuan yang tinggi. Dengan demikian manusia berusaha untuk mempertahankan kehidupan bersama dalam satu bangsa dan satu bahasa di daerah tertentu saja, sehingga mereka berusaha untuk membangun suatu menara yang tingginya sampai ke langit. Tetapi maksud ini bertentangan dengan kehendak Allah terhadap manusia, yaitu untuk memenuhi bumi ini. Oleh karena itu Allah menyatakan kemahakuasaan-Nya dengan mengacaukan bahasa mereka sehingga pembangunan menara itu tidak dapat diselesaikan. Karena kekacauan bahasa itu, maka kota dimana pembangunan menara itu dilaksanakan disebut Babel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 11:1-9. Ada berapa macam bahasakah di dunia sebelum pembuatan menara Babel?
    2. Mengapakah di dunia sekarang ada bermacam-macam bahasa?

II. Kesimpulan/Aplikasi (penerapan)

  1. Dalam peristiwa penciptaan, Allah menciptakan dunia da isinya untuk kemuliaan-Nya.
  2. Dalam peristiwa kejatuhan manusia ke dalam dosa, Alla menyatakan kebesaran, kasih dan keadilan-Nya kepada manusia.
  3. Dalam peristiwa Air Bah dan menara Babel Allah menyataka kekudusan dan kemahakuasaan-Nya kepada manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah pencipta dunia dan isinya?
  2. Siapakah manusia pertama yang diciptakan Allah?
  3. Mengapa manusia diusir dari taman Eden?
  4. Mengapa Allah menghukum manusia dengan air bah?
  5. Siapakah yang diselamatkan Allah dari air bah?
  6. Bagaimanakah Allah menggagalkan pembangunan menara Babel?
  7. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

2. KITAB KEJADIAN (II)

Tujuan

Agar anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang menjadi pencipta manusia selalu menunjukkan kasih dan kesetiaan-Nya dalam memelihara umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Setelah mengetahui dan mengerti betapa besar keagungan dan kemahakuasaan Allah dalam sejarah peristiwa-peristiwa terbesar (pelajaran pertama), maka pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pelajaran tersebut. Pelajaran ini berisi bagaimana Allah memelihara umat-Nya melalui kehidupan dari Bapa-bapa orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian II, Pasal 11-50; Kej 11:1-50:26). Dalam pasal-pasal sebelas sampai lima puluh akan diuraikan empat orang tokoh penting sebagai Bapak-bapak orang beriman.

  1. Sejarah kehidupan Abraham Abraham adalah seorang yang kuat imannya. Ia menerima panggilan Allah yang ajaib. Kemudian ia meninggalkan tempat kediamannya untuk mengikuti panggilan Allah. Ia dituntun Allah menetap di Kanaan, dimana Abraham dengan iman menantikan kelahiran putra Allah yang dijanjikan. Karena ketaatan Abraham, maka Allah mengadakan perjanjian berkat bagi Abraham dan keturunannya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 12:1-4. Siapakah yang memanggil Abraham dan apakah janji-Nya?
    2. Apakah nama Abraham pada waktu ia dipanggil oleh Allah? (Kej 12:1). Apakah tanggapan Abraham terhadap panggilan itu? (Kej 12:3).
    3. Bacalah pasal Kej 18:10-15. Apakah janji yang Allah berikan pada Abraham? Apakah janji itu ditepati? (Kej 21:1-3).
    4. Bacalah pasal Kej 22:15-18. Apakah janji yang Allah berikan? Apakah yang menyebabkan Abraham diberkati?
  2. Sejarah kehidupan Ishak Ishak adalah anak perjanjian yang diberikan kepada Abraham. Ishak dilahirkan melalui kelahiran yang ajaib, yaitu pada waktu Sara sudah tua. Ishak adalah perantara yang menggenapi janji Allah. Melalui perjalanan hidup Ishak yang penuh suka dan duka itu, dapatlah dilihat lambang kehidupan orang yang dipakai Tuhan. Ishak diberkati oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 21:1-3. Apakah Ishak lahir sebagai anak yang dijanjikan?
    2. Bacalah pasal Kej 22:1-3. Apakah perintah Allah kepada Abraham? Dan apakah yang ia lakukan?
    3. Bacalah pasal Kej 22:9-12. Apakah yang terjadi atas diri Ishak?
    4. Bacalah pasal Kej 25:19-26. Siapakah istri Ishak dan siapakah anak-anaknya?
    5. Bacalah pasal Kej 25:23-24. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
  3. Sejarah kehidupan Yakub Ishak mempunyai dua anak kembar yaitu Yakub dan Esau (pasal Kej 25:24). Dalam sejarah Bapak-bapak orang beriman Yakub terkenal karena membeli hak kesulungan kakaknya Esau dengan sepiring kacang merah (Kej 25:34). Yakub sebelum menjadi orang beriman mengalami banyak pengalaman hidup yang sulit, namun terlihat kemahakuasaan Allah dalam memelihara Yakub. Akhirnya Yakub menjadi orang yang sangat beriman dan dalam kehidupannya menjadi orang yang melayani.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 25:34; 27:30-36. Apakah yang dilakukan Yakub terhadap kakaknya da terhadap ayahnya?
    2. Bacalah pasal Kej 27:33. Apakah Yakub tetap diberkati?
    3. Bacalah pasal Kej 28:10-22. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
    4. Bacalah pasal Kej 32:22-31. Mengapakah nama Yakub berubah? Dan apakah artinya?
    5. Bacalah pasal Kej 33:1-5. Bagaimanakah hubungan Yakub dengan Esau sekarang?
  4. Sejarah kehidupan Yusuf

    Keturunan dari Yakub menurut kitab Kejadian ada 12 orang dan diantaranya ada seorang yang mempunyai kisah hidup yang selalu berkenan kepada Allah, namanya Yusuf. Dia sangat dibenci oleh saudara-saudaranya, sehingga ia dijual (pasal 37; Kej 37:1-36). Sampai suatu saat dia dimasukkan penjara, tetapi hidupnya tetap berkenan kepada Allah. Allah yang Mahakuasa itu setia membimbing setiap orang yang melakukan kehendak- Nya, sehingga akhirnya Yusuf menjadi penguasa di Mesir (Kej 41:40), karena ia dapat meramalkan mimpi raja Firaun (Kej 41:25-36). Sebagai orang yang penuh dengan roh Allah, Yusuf dalam kehidupannya selalu berkenan kepada Allah. Saudara-saudaranya yang pernah mengkhianati dia tetap dikasihinya dan pada akhirnya semua keluarga Yusuf itu tinggal bersama dengan dia di tanah Mesir (pasal Kej 47:11- 12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 35:22-26. Berapakah keturunan Yakub?
    2. Uraikanlah dengan singkat penjualan Yusuf ke Mesi (dari pasal 37; Kej 37:1-36).
    3. Uraikanlah dengan singkat ketulusan hati Yusu (pasal 39; Kej 39:1-23).
    4. Bacalah pasal Kej 41:25-36,40. Apakah yang dilakukan Yusuf? Dan apakah yang ia terima?
    5. Uraikan dengan singkat kisah akhir kehidupan Yusu beserta keluarganya (dari pasal Kej 47:1-12).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Di dalam Allah memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya, Ia selal memelihara dan mencukupkan kebutuhan hamba-Nya itu.
  2. Ketaatan pada Firman Allah merupakan jalan untuk memperoleh kehidupa yang berkelimpahan.
  3. Ketergantungan mutlak kepada Allah, merupakan jalan untuk mengalami ata menerima kuasa Allah.
  4. Bapa Abraham merupakan contoh iman yang sejati.
  5. Bapa Ishak merupakan contoh akan ketaatan pada kehendak Allah dan oran tua.
  6. Bapa Yakub merupakan contoh akan kemenangan dari penderitaan yang membaw kebahagiaan.
  7. Bapa Yusuf merupakan contoh akan kehidupan yang penuh akan kasih kepad Allah dan sesama.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah yang dilakukan oleh Abraham atas perintah-perintah Allah?
  2. Bagaimanakah sikap Yusuf ketika akan dipersembahkan?
  3. Bagaimanakah Yakub mengalami perubahan nama?
  4. Bagaimanakah sikap Yakub terhadap kesalahan saudara-saudaranya?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertan

Segalanya Bermula Dari Sini

PENTINGNYA KITAB KEJADIAN
Isi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertanyaan "penting" seperti mengapa kita berada di sini dari mana kita datang. Kejaian berbicara tentang awal mula dunia, manusia, masyarakat, keluarga, bangsa-bangsa, dosa dan keselamatan. Khususnya, Kejadian bercerita tentang lahirnya bangsa Yahudi.

GAYA PENULISAN KITAB KEJADIAN
1. Kitab Kejadian mengajarkan kebenaran dengan menceritakan kisah-kisah, bukan dengan memberikan pelajaran dalam bentuk yang lebih formal.
2. Kisah-kisah yang diceritakan bersifat sangat manusiawi. Tidak ada upaya untuk menutup-nutupi fakta, bahkan pahlawan-pahlawan besar sekalipun digambarkan apa adanya.
3. Semua kisah diceritakan dengan penuh keagungan dan dengan gaya yang mengharukan. Dinilai dari standar apa pun, disimpulkan bahwa Kitab Kejadian ditulis dengan cemerlang.

PENULIS KITAB KEJADIAN
Penulisnya tidak dikenal, tetapi Perjanjian Baru secara tidak langsung menunjukkan bahwa Kitab Kejadian ditulis oleh Musa dan pendapat ini tidak pernah dipertanyakan oleh gereja sampai saat ini. Kita tidak tahu bagaimana kitab ini ditulis, tetapi cukup beralasan untuk menerima Musa sebagai editor yang mengumpulkan sejumlah kisah dan fakta, yang beberapa di antaranya mungkin sudah lama beredar luas sebelum masa Musa.

NILAI KITAB KEJADIAN
Banyak orang mungkin menilai bahwa ilmu modern dan sejarah telah meremehkan nilai Kitab Kejadian. Kendatipun demikian, kita tetap dapat membaca Kitab Kejadian dengan penuh kepercayaan akan nilai kebenarannya berdasarkan dua alasan, yaitu:
1. Karena di antara semua argumentasi ilmiah atau sejarah yang mempertanyakan ketepatan Kitab Kejadian selalu terdapat lebih dari satu yang mendukung Kitab Kejadian.
2. Sebagian besar dari yang diperdebatkan bukan terutama mengenai kebenaran itu sendiri, melainkan tentang cara-cara pendekatan modern terhadap kebenaran. Apapun anggapan kita tentang kebenaran, Kitab Kejadian tetap merupakan kebenaran. Di atas segalanya, Kitab Kejadian merupakan kebenaran yang diungkapkan oleh Allah sendiri mengenai diri-Nya, kita dan dunia tempat kita hidup.

Pesan

Memerinci pengajaran dari Kitab Kejadian tidak selalu mudah dan apa yang diberikan di bawah ini hanyalah sekadar contoh.

1. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai Allah
o Dia kekal dan hidup. Kej 1:1
o Dia pencipta dan pemberi hidup. Kej 1:1-2:9
o Dia adalah pribadi dan rindu bersekutu dengan manusia. Kej 1:26-2:25; 3:8; 15:1-16
o Dia kudus dan akan menghakimi orang berdosa. Kej 3:8-24; 6:5-8; 11:1-9; 18:16-19:29
o Dia penuh belas kasihan, dalam penghakiman sekalipun. Kej 3:21; 4:15; 6:8; 18:32
o Dia sabar menangani pengikut-pengikut-Nya seperti digambarkan dalam kisah Abraham dan Yakub.
o Dia berdaulat atas segala kuasa. Kej 18:14; 26:12-16; 50:20

2. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai manusia?
o Dia dilahirkan dalam gambar Allah, dan karenanya bernilai serta mempunyai kemampuan kreatif. Kej 1:27-30
o Dia mengikuti kehendak sendiri dan menuruti jalannya yang berdosa tanpa Allah. Kej 3:1-7
o Dosanya sudah tertanam dalam tatanan hidupnya, seperti ditunjukkan oleh Abraham. Kej 20:1-18
o Dia perlu bersekutu dengan penciptanya, seperti diajarkan melalui kehidupan Abraham.
o Dia bisa diubahkan oleh Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yakub.
o Dia berada di bawah kuasa pemeliharaan Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yusuf

3. Apakah yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai masyarakat?
o Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, bukan sebagai pribadi yang menyendiri. Kej 2:1-18
o Banyak terdapat contoh mengenai masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan bersama.
o Kesatuan dasar dari struktur masyarakat ialah perkawinan. Kej 2:24
o Undang-undang pemerintah juga diperlukan untuk membantu manusia hidup dalam dunia yang penuh dosa ini.

Penerapan

Pesan dalam Kitab Kejadian dapat diterapkan ke dalam tiga wilayah hubungan:

1. Ke dalam kehidupan kita dengan Allah.
o Taati Allah. Ini yang terbaik, yaitu mengikuti jalan Allah.
o Berimanlah kepada-Nya. Ini yang paling benar, walaupun kelihatannya tidak masuk akal.
o Percayalah kepada-Nya. Allah sungguh-sungguh memelihara kita.
o Berbicaralah dengan-Nya. Dia harus ditanyai tentang masalah-masalah dan keputusan-keputusan yang kita ambil.
o Biarkan Dia bekerja. Allah mampu mengubah suatu kehidupan yang serusak apa pun menjadi suatu kehidupan yang indah.

2. Ke dalam kehidupan keluarga kita.
o Jujurlah satu dengan yang lain.
o Jangan pilih kasih.
o Hati-hati terhadap perasaan iri.
o Tetap setia dalam keadaan sukar sekalipun.
o Hiduplah menurut perintah Allah, bukan menurut keinginan sendiri.

3. Ke dalam kehidupan kita dalam dunia.
o Kembangkan dan gunakan sumber-sumber alam dengan penuh tanggung jawab.
o Ingatlah bahwa semua orang mempunyai pencipta yang sama dan dibentuk menurut gambar-Nya.
o Ingatlah bahwa Allah juga memperhatikan masalah-masalah internasional, bukan hanya masalah pribadi dan rohani.
o Hiduplah dengan jujur dan jadilah saksi yang baik.

Tema-tema Kunci

1. Pemilihan
Habel, Nuh, Abraham, Yakub dan Yusuf semuanya dipanggil Allah dan dipilih untuk ditempatkan dalam sejarah umat Allah. Kadang-kadang seperti dalam kisah Yakub, pilihan tersebut bertentangan dengan cara-cara tradisional yang lazim dilakukan. Bacalah sekali lagi kisah mengenai panggilan mereka dan catatlah apa yang Anda pelajari tentang bagaimana Allah memilih.

2. Keselamatan
Setelah manusia berdosa, Allah menyatakan dengan jelas bahwa Dia akan menyelamatkannya. Kej 3:15; 4:4; 22:8 menunjuk kepada karya Kristus di kemudian hari. Pengajaran apa lagi mengenai keselamatan yang Anda temukan dalam kitab ini?

3. Kerja
Bahkan sebelum kejatuhannya, manusia sudah mempunyai tugas untuk dikerjakan di dunia ini (Kej 1:28). Manusia diciptakan untuk bekerja. Setelah jatuh ke dalam dosa, tugas itu menjadi kurang menyenangkan (Kej 3:17-19). Pelajaran apa yang dapat kita ambil dalam hubungannya dengan pekerjaan dalam dunia dewasa ini?

4. Istirahat
Gagasan untuk menjadikan satu hari dalam seminggu sebagai waktu untuk beristirahat datang dari pasal-pasal pertama dalam Alkitab (Kej 2:2,3). Perintah itu bukan saja merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah, tetapi merupakan perintah utama dari pencipta kita. Apa pesan semuanya ini bagi masyarakat kita sendiri?

5. Setan
Baca kembali kisah tentang kejatuhan manusia (Kej 3:1-7) dan perhatikan apa yang diajarkan mengenai setan dan cara-cara kerjanya.

6. Maut
Maut mengancam (Kej 3:3), dikalahkan (Kej 5:24) dan dihadapi (contoh Kej 49:1-50:3). Apa yang dapat kita pelajari dari sini?

7. Moralitas
Dalam keseluruhan Kitab Kejadian kita membaca adanya perhatian terhadap kehidupan moral. Apa ciri-ciri utama dari moralitas yang digariskan di sini?

8. Perkawinan
Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat Kej2:18-25 mengenai maksud perkawinan?

9. Ibadah
Apa yang diajarkan Kitab Kejadian tentang bagaimana kita seharusnya menyembah Allah (contoh Kej 4:1-7; 28:10-22)?

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30 Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan Kej 3:1-24Kejatuhan manusia

[1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30

Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia
Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan
Kej 3:1-24Kejatuhan manusia
Kej 4:1-26Riwayat Kain dan Habil
Kej 5:1-32Ringkasan sejarah -- Adam sampai Nuh
Kej 6:1-9:28Riwayat Nuh
Kej 10:1-32Keluarga Nuh
Kej 11:1-9Menara Babel
Kej 11:10-30Ringkasan sejarah -- Sem sampai Abram

[2] RIWAYAT ABRAHAM Kej 11:31-25:18

Kej 11:31-12:9Abraham memulai perjalanannya
Kej 12:10-20Abraham menghadapi kelaparan dan Mesir
Kej 13:1-18Abraham berpisah dari Lot
Kej 14:1-24Abraham menyelamatkan Lot
Kej 15:1-21Abraham bertemu dengan Allah
Kej 16:1-16Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan caranya sendiri
Kej 17:1-27Abraham bertemu lagi dengan Allah
Kej 18:1-19:38Abraham menerima tiga pengunjung surgawi
Kej 20:1-18Abraham berbohong pada Abimelekh
Kej 21:1-7Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan cara Allah
Kej 21:8-34Abraham menghadapi berbagai masalah
Kej 22:1-24Abraham menghadapi ujian berat
Kej 23:1-20Abraham mengubur istrinya
Kej 24:1-67Abraham merencanakan hari depannya
Kej 25:1-18Hari-hari akhir Abraham

[3] RIWAYAT ISHAK Kej 25:19-27:40

Kej 25:19-34Ishak mendapatkan dua orang anak laki-laki
Kej 26:1-35Ishak menghadapi masalah
Kej 27:1-40Ishak ditipu

[4] RIWAYAT YAKUB Kej 27:41-37:1

Kej 27:41-28:9Yakub bergegas meninggalkan kampung halamannya
Kej 28:10-22Yakub bertemu Allah di Betel
Kej 29:1-31:55Yakub bekerja pada Laban selama bertahun-tahun
Kej 32:1-33:20Yakub akhirnya pulang ke rumah
Kej 34:1-31Yakub berselisih dengan Sikem
Kej 35:1-21Yakub bertemu Allah lagi di Betel
Kej 35:22-37:1Keluarga Yakub

[5] RIWAYAT YUSUF Kej 37:2-50:26

Kej 37:2-11Yusuf dan mimpi kanak-kanaknya
Kej 37:12-36Yusuf dan saudara-saudaranya yang jahat
Kej 38:1-30Yehuda dan Tamar
Kej 39:1-40:23Yusuf di penjara dengan tidak adil
Kej 41:1-57Yusuf dan pembebasannya secara tak terduga
Kej 42:1-45:28Yusuf dan saudara-saudaranya yang kekurangan
Kej 46:1-50:3Yusuf dan ayahnya yang sudah lanjut usia
Kej 50:4-26Yusuf dan hari-hari akhir hidupnya
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 1.21 detik
dipersembahkan oleh YLSA