: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Abisur | Abital | Abiud | Abjad | Abner | Abraham | Abram | Abrona | Abronah | Absalom | Abyatar
Daftar Isi
GAMBAR: Abraham
GREEK: 11 Abraam Abraam
HEBREW: 85 Mhrba 'Abraham
YOPPI: 11
BARCLAY: 11
HAAG: Abraham
KECIL: Abraham
TOKOH: Abraham
BIOTOKOH PL: ABRAHAM
BROWNING: ABRAHAM
ENSIKLOPEDIA: ABRAHAM

Abraham

Dalam versi-versi Alkitab:

Abraham: BIS ENDE FAYH TB WBTCDR
Iberahim: KL1870
Ibrahim: BABA KL1863 LDKDR SBDR TL
Ibrahim-kah: BABA
Ibrahimkah: SBDR
bapak dari suatu bangsa yang besar. Kej 17:5.

Gambar

Abraham: selebihnya..
Topik: Abraham and Abimelech; Abraham in Various Compositions; Abraham Justified by Faith; Abraham Pleads for Sodom; Before Abraham; Children of Abraham; In the Temple, Children of Abraham; Other Portraits of Abraham; Portraits of Ishmael, Son of Abraham; The Last Years and Death of Abraham; The Lord Visits Abraham

Yunani

Strongs #11: Abraam Abraam

Abraham = "father of a multitude"

1) the son of Terah and the founder of the Jewish nation

11 Abraam ab-rah-am'

of Hebrew origin (85); Abraham, the Hebrew patriarch:-Abraham. (In
Acts 7:16 the text should probably read Jacob.)
see HEBREW for 085

Ibrani

Strongs #085: Mhrba 'Abraham

Abraham = "father of a multitude" or "chief of multitude"

1) friend of God and founder of Hebrew nation via God's
elective covenant

85 'Abraham ab-raw-hawm'

contracted from 1 and an unused root (probably meaning to be
populous); father of a multitude; Abraham, the later name of
Abram:-Abraham.
see HEBREW for 01

[Yoppi]

Strongs #011:

Abraham

[Barclay]

Strongs #11:

[maskulin] Abraham

Abraham [haag]

Abraham.

(Bentuk logat kata 'Abram', yang berasal dari bahasa Semit Barat. Arti kata itu masih dipertentangkan. Boleh jadi sama artinya dengan --> Abiram. Dalam Kej 17:5 terungkap pengertian etimologi rakyat, di mana nama ~A. diterangkan sebagai nama yang baru [Moyang-asal banyak bangsa]).

  1. (I) Abraham adalah moyang pertama di antara para --> Bapa bangsa (Kej 12:1-15:21). Di dalam pribadinya -- dengan dalih pengembaraan-pengembaraan" -- dipersatukanlah berbagai cerita legenda daerah maupun cerita legenda tempat-tempat kudus mengenai pribadi-pribadi asli yang lain. Secara kebetulan dipersatukan pula cerita-cerita ~A. lainnya yang terpisah sendiri-sendiri (Kej 12:1-4,6,8 dan seterusnya; Kej 13:1-17 dan seterusnya; Kej 18:1). Janji illahi merupakan garis besar kisah ~A. Adapun ~A. akan memiliki tanah Kanaan yang menjadi kenyataan pada saat meluasnya kerajaan agung Daud (Kej 15:18). Yakub dipandang sebagai Bapa bangsa Israel, sedangkan Abraham mewakili hubungan-hubungan Isr. dengan para bangsa tetangga: Aram, Moab, Ammon dan bangsa Ismael (Kej 11:28-30; 16:11-14; 19:37 dan seterusnya; Kej 22:20-24). Latar belakang sejarah --> cerita-cerita ~A. ditentukan dalam jenjang waktu antara abad 10 dan 8 seb. Mas., artinya di antara pengembaraan bangsa Aram dan penulisan--> Sumber E. Usaha-usaha untuk menempatkan ~A. dalam abad 20 seb. Mas. (--> Amrafel), tidak meyakinkan. Apalagi tentang asal tradisi-tradisi ~A. hampir tidak mungkin diberikan informasi yang tepat. Masing-masing pola cerita-cerita tentang para Bapa bangsa itu cocok dengan hikayat-hikayat Timur-Tengah kuno dan harus dilihat dalam hubungan dengan hikayat itu.
  2. (II) Abraham itu di-idealisir pada tradisi yang lebih muda. Sumber E yang fragmentaris menunjuk dia sebagai nabi (Kej 20:7). Sumber P memperkenalkannya sebagai raja ilahi (Kej 23:6). Yesaya menyebutnya selaku bangsa Isr. (Kej 51:2) dan sahabat Allah (Kej 41:8). -- Dalam PB., ~A. dijadikan contoh kesalehan (Mat 8:11; Luk 16:22-31) dan contoh iman (Rom 4:1-25; Gal 3:6-9; Ibr 11:8-19; Yak 2:21-24). Meskipun demikian, Yesus harus menghadapi ketinggian hati kaum Yahudi. Mereka melihat adanya jaminan keselamatan lewat keturunan darah ~A. (Matius 3:9). Paulus menekankan akan adanya suatu keturunan rokhani ~A., yang melintasi batas-batas bangsa Yahudi (Rom 4:9-12; 9:6-8; Gal 3:6-29).
  3. (III) Dengan nama ~A. terdapat beberapa kitab apokrip:
    1. (1) Wahyu ~A. Sebuah Kitab Yahudi dari abad pertama ses. Mas. ~A. menghukum penyembahan berhala yang dilakukan Terah, bapaknya. Di dalam sebuah penglihatan visiun, ~A. mengalami hari-depan Isr.
    2. (2) Perjanjian~A. Sebuah legenda Yahudi. Ditulis dalam waktu yang tak dikenal. Kitab ini menceritakan penolakan ~A. untuk mati.
    3. (3) Kitab Kejadian apokrip. Kitab ini berasal dari --> Kumram dan mencantumkan sejumlah cerita yang bertitik pangkal pada Kitab Kej 12:1-15:21.

Abraham [kecil]

Abraham; Abram

TB- Berasal dari Ur-Kasdim di Mesopotamia Selatan; dipanggil untuk memasuki tanah Kanaan, di mana Allah mengadakan suatu perjanjian dengan dia. Bersama-sama dengan Ishak dan Yakub ia diakui sebagai nenek moyang bangsa Israel (Kej 12:25). Dalam Perjanjian Baru diakui sebagai bapa "semua orang percaya" (Rom 4:11).

KS.- [PL] lahir, Kej 11:26;

kawin dengan Sarai, Kej 11:29;
pindah dari Ur ke Haran, Kej 11:31;
dipanggil oleh TUHAN, Kej 12:1-5;
pergi ke Mesir, Kej 12:10-20;
berpisah dengan Lot, Kej 3:7-11;
membebaskan Lot, Kej 14:13-16;
menerima perjanjian TUHAN, Kej 15:18; 17:1-22;
berubah nama dari Abram menjadi Abraham, Kej 17:5;
dikunjungi malaikat, Kej 18:1-21;
tawar-menawar dengan Tuhan mengenai Sodom, Kej 18:22-23;
mengusir Hagar dan Ismael, Kej 21:9-21;
membawa Ishak untuk dipersembahkan kepada Tuhan, Kej 22:1-14;
menguburkan Sara di Makhpela, pasal Kej 23:1-20;
menikah dengan Ketura, Kej 25:1;
meninggal dan dikuburkan, Kej 25:8-9.

[PB] Mat 3:9; Luk 1:73; 16:22-30; Yoh 8:33-58; Rom 4:1-22; Gal 3:6-29; Ibr 11:8-11,17; Yak 2:21,23.

Abraham [tokoh]

Abraham

Abram, anak Terah (Kej 11:26-27), suami Sarai (Kej 11:29).

Perjanjian Allah dengan Abram (Kej 12:1-3; 13:14-17; 15:1-21; Kej 17:1-27; 22:15-18; Kel 2:24; Neh 9:8; Mazm 105:1-45; Mi 7:20; Luk 1:68-75; Rom 4:1-25; Ibr 6:13-15).

Dipanggil keluar dari Hur, melalui Haran, ke Kanaan (Kej 12:1; Kis 7:2-4; Ibr 11:8-10).

Pindah ke Mesir, hampir Sara diambil oleh Firaun (Kej 12:10-20).

Membagikan tanah dengan Lot; tinggal di Hebron (dalam Kej 13:1-18).

Menyelamatkan Lot dari empat raja (Kej 14:1-16); diberkati Melkisedek (Kej 14:17-20; Ibr 7:1-20).

Diberhitungkan benar karena iman (Kej 15:6; Rom 4:3; Gal 3:6-9).

Menjadi ayah Ismael dengan Hagar (dalam Kej 16:1-16).

Namanya diganti dari Abram (Kej 17:5; Neh 9:7).

Disunatkan (dalam Kej 17:1-27; Rom 4:9-12).

Menerima tiga tamu (dalam Kej 18:1-33); dijanjikan seorang anak laki-laki melalui Sara (Kej 18:9-15; 17:16).

Bertanya mengenai kemusnahan Sodom dan Gomora (Kej 18:16-33).

Pindah ke Gerar; hampir Sara diambil oleh Abimelekh (dalam Kej 20:1-18).

Menjadi ayah Ishak melalui Sara (Kej 21:8-21; Kis 7:8; Ibr 11:11-12); mengusir Hagar dan Ismael (Kej 21:8-21; Gal 4:22-30).

Perjanjian dengan Abimelekh (Kej 21:22-32).

Diuji dengan mempersembahkan Ishak (Kej 22:1-24; Ibr 11:17-19; Yak 2:21-24).

Sara meninggal; membeli tanah Efron untuk kuburan (dalam Kej 23:1-20).

Mencari seorang istri untuk Ishak (dalam Kej 24:1-67).

Dapat anak dari Ketura (Kej 25:1-6; 1Taw 1:32-33).

Kematiannya (Kej 25:7-11).

Disebut hamba Allah (Kej 26:24), sahabat Allah (2Taw 20:7; Yes 41:8; Yak 2:23), nabi (Kej 20:7), bapa orang Israel (Kel 3:15; Yes 51:2; Mat 3:9; Yoh 8:39-58).

ABRAHAM [biotokoh pl]

Arti nama:BAPAK BANYAK ORANG/BANGSA
AyahTerah - Kejadian 11:26
IstriSarah, Hagar, Katura - Kejadian 11:19; 16:3; 25:1
Anak laki-lakiDari Hagar : Ismail - Kejadian 16:15, 15
Dari Sarah : Isak - Kejadian 21:2-3
Dari Ketura : Zimran, Yoksan, Medan, Median, Ishak, Syuah - Kejadian 25:2
Saudara laki-lakiNahor dan Haran - Kejadian 11:26
Saudara perempuanSdr. tiri - Sarah - Kejadian 20:12
Disebut pertamaKejadian 11:26
Kitab yang menyebut27 buku : Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, Ulangan, Yosua, 1 Raja-raja, 2 Raja-raja, 1 - 2 Tawarikh, Nehemia, Mazmur, Yesaya, Yeremiam Yehezkiel, Mihka, Matius, Markus, Lukas, Yohanes, Kisah P.R., Roma, 2 Korintus, Galatia, Ibrani, Yakobus, 1 Petrus.
PekerjaanBapak orang beriman
Tempat kelahiranUr Kasdim - Kejadian 11:31
Tempat kematianDekat Hebron di Kanaan - Kejadian 23:19; 25:9
Terakhir disebut1 Petrus 3:6
Umur175 tahun - Kejadian 25:7

ABRAHAM [browning]

Juga dikenal dengan Abram; cikal-bakal leluhur Israel. Kisah hidupnya yang digambarkan dalam Kej. 11-25 mungkin terjadi sekitar 2000-1500 sM, namun dalam berbagai cerita Abraham adalah seorang saudagar individual dari daerah *Het, khas masyarakat yang bermigrasi dari peradaban pedesaan *Ur ke Palestina. Kisah *perjanjian Abraham dengan *Lot (Kej. 13:8) mengenai pilihan tanah masing-masing (Lot memilih menetap di lembah Sodom) juga bermakna menjelaskan asal-usul orang-orang *Moab. Beberapa sarjana berpendapat, kisah ini mencerminkan fakta historis terjadinya perubahan pekerjaan ketika kemunduran perdagangan mengharuskan orang beternak. Namun, dalam seluruh kisah Abraham berlangsung terdapat motif teologis mengenai janji Allah tentang tanah *Kanaan dan iman Abraham dalam menanggapinya. Iman itu diuji ketika ia diperintahkan untuk mengorbankan *Ishak, anaknya, yang sangat penting bagi penggenapan janji itu. Namun pada saat terakhir, campur tangan ilahi telah menyelamatkan Ishak, dan seekor domba jantan yang terperangkap dalam belukar di dekatnya dipersembahkan sebagai gantinya. Kisah leluhur Abraham berakhir dengan pembelian sebidang tanah sebagai kuburannya, dan tentang kematiannya (Kej. 25:10). Ketiga alur dalam Kejadian memberi andil untuk kisah ini. Bagi sumber *Y, ia adalah bapa semua bangsa; bagi sumber *E, ia adalah teladan iman; dan bagi sumber *P, ia adalah janji kelangsungan hidup bangsa Israel. Setelah Kitab Kejadian, Abraham hanya disebut di bagian-bagian akhir PL. Namun, dalam PB Abraham diagungkan sebagai pelopor PL -- di samping Musa -- dalam hal imannya kepada Allah (Rm. 4; Ibr. 7:1-10 dsb.). Abraham berkenan kepada Allah karena imannya, jauh sebelum *Taurat diberikan (Gal. 3:7), karena itu anak-anak Abraham yang sebenarnya bukanlah orang-orang Yahudi, yang mengaku keturunannya (Mat. 3:9; Yoh. 8:33) dan hidup menurut hukum Taurat, melainkan umat Kristen yang hidup oleh imannya kepada Kristus.

ABRAHAM [ensiklopedia]

Keturunan Sem dan putra Terah. Leluhur bangsa Yahudi dan bangsa-bangsa lain (Kej 17:5). Imannya sangat teguh dan ia dikenal sebagai 'sahabat Allah' (2 Taw 20:7). Riwayat hidupnya disajikan dalam Kej 11:26-25:10, dan ringkasannya dalam Kis 7:2-8. Daftar keturunannya langsung melalui putra-putranya Ishak dan Ismael terdapat dalam Kej 25:11-19. Hidupnya dijadikan teladan iman terhadap Tuhan (Ibr 11:8-12) oleh orang Yahudi, Kristen, dan Islam.

I. Nama

Etimologi nama Abram (Ibrani 'avram, Kej 11:27-17:5) tidaklah pasti, tapi mungkin berarti 'bapak dimuliakan' dan mirip dengan nama-nama Semit Barat seperti Abiram, Ab(a)ram(a), yg juga terdapat dalam naskah-naskah tulisan paku dari abad 19-18. Sesuai janji dalam perjanjian suci antara Allah dengan Abram dan keturunannya turun-temurun, namanya diganti menjadi Abraham ('avraham) yg berarti 'bapak sejumlah besar bangsa' (Kej 17:5). Hal ini telah dianggap lain atau suatu bentuk dialektis dari Abram (h menunjukkan huruf hidup yg panjang seperti bh Arab Selatan) atau seperti suatu etimologi populer, karena rhm, 'banyak', tidak dikenal.

II. Karir

Abraham dilahirkan di *Ur-Kasdim, di mana ia hidup bersama bapaknya, Terah, dan saudaranya laki-laki, Nahordan Haran, juga keponakannya, Lot. Ia menikah dengan Sarai. Setelah Haran meninggal, ia pindah ke tanah Haran bersama istrinya, bapaknya dan Lot; kemudian Terah meninggal di Haran (Kej 11:26-32). Oleh panggilan Allah, Abraham pada usia 75 thn meninggalkan Haran bersama Lot dan via Sikhem dan Betel masuk ke Kanaan (12:1-9). Bahaya kelaparan memaksa dia pergi ke Mesir melalui Negeb. Di Mesir ia dan Sarai dapat lolos dari Firaun, hanya karena Allah mendatangkan tulah atas Firaun (12:10-20). Sekembalinya di Betel timbul perselisihan antara Abraham dan Lot, yg selesai dengan kebijaksanaan Abraham mengizinkan Lot memilih lembah Yordan yg subur untuk penggembalaan ternaknya (13:1-14).

Allah menjanjikan Abraham memiliki seluruh daerah mulai dari S Efrat ke arah barat daya, dan Abraham kembali ke Mature dekat Hebron (13:15-18). Karena penindasan dan perampokan atas Sodom dan Gomora oleh koalisi empat raja di bawah pimpinan Kedorlaomer, maka Abraham bersama orang-orangnya dan teman-temannya orang Amori dari Mature, mengejar dan mengalahkan perampok itu di dekat Damsyik dan menyelamatkan semua barang rampokan (14: 1-16). Dalam perjalanan pulang Abraham menerima berkat dari Melkisedek, seorang imam Allah Yang Mahatinggi (14:17-24).

Abraham, karena tidak mempunyai anak, mengangkat Eliezer, budak yg lahir dari keluarga budak milik Abraham, menjadi ahli warisnya. Tapi kini Abraham mendapat jaminan khusus dari Tuhan, bahwa ia sendiri akan mendapat seorang putra. Melalui anak ini akan timbul suatu bangsa di kemudian hari. Jaminan khusus ini dan pemilikan atas tanah ditetapkan dengan suatu perjanjian (15). Sementara itu Sarai memberikan kepadanya Hagar, sebagai selir, dengan siapa Abraham, yg kini berusia 86 thn mendapat seorang putra yg dinamai Ismael. Hagar, akibat mencemoohkan kemandulan Sarai, diusir dan pergi ke padang gurun tapi dibebaskan oleh *Malaikat Tuhan (16).

Tiga belas tahun kemudian Tuhan menampakkan diri lagi kepada Abraham, untuk menguatkan lagi perjanjian-Nya tentang masa depan keluarga, bangsa dan negerinya dengan memberikan sebuah tanda, yakni sunat bagi semua laki-laki dan mengganti nama Abram dan Sarai menjadi Abraham dan Sara (17). Janji akan memperoleh seorang putra diteguhkan lagi oleh teofani lain di Mamre, walaupun Sara tidak percaya (18:1-19). Ketika hukuman mengancam Sodom dan Gomora diberitahukan kepada Abraham, ia bicara demi keselamatan Lot, yg kini tinggal di sana (18:20-33). Dari Mamre ia menyaksikan kehancuran kota-kota dari mana Lot terhindar (19:27-29).

Abraham berangkat ke tanah Negeb, dan ia menetap di antara Kadesy dan Syur. Di situ kasus yg sifatnya sama dengan yg terjadi pada kunjungan sebelumnya di Mesir, hampir mengorbankan Sara (Kej 20). Sara melahirkan Ishak bagi Abraham yg kini berusia 100 thn. Demi kesinambungan pewaris garis keturunan, Abraham menyuruh Hagar dan Ismael pergi, suatu tindakan yg bertentangan dengan kebiasaan Hammurabi. Tapi tindakannya itu didasarkan pada firman yg langsung dari Allah, karena Abraham segan mengambil tindakan berat demikian (21). Pada waktu itu Abraham juga mengadakan perjanjian dengan pemimpin Filistin, Abimelekh, untuk menjamin hak-haknya di Bersyeba (21:22-34).

Ujian berat atas kepercayaan Abraham ialah perintah Tuhan kepadanya untuk mengorbankan Ishak di Moria. Ia patuh. Tangannya yg sedang bergerak untuk menyembelih Ishak, terhenti ketika tiba-tiba Allah berseru dan seekor domba tersedia pengganti anaknya itu (22:1-14). Dengan demikian perjanjian antara Tuhan dan Abraham diteguhkan sekali lagi (22:15-20). Sara meninggal pada usia 127 thn, dan dikuburkan dalam sebuah gua di Makhpela, gua milik Abraham yg dibeli dari Efron (23). Menjelang kematiannya Abraham menyumpah Eliezer untuk menjemput seorang istri bagi Ishak dari kaum keluarganya yg tinggal di Aram. Dengan demikian kemenakan Abraham dari keturunan Nahor menjadi pengantin Ishak (24).

Abraham pada usia lanjut menikah lagi dengan Keturah. Keturunannya dari perkawinan ini menjadi leluhur dari suku Dedan dan Midian. Setelah mewariskan 'segala harta miliknya' kepada Ishak, dan memberikan bagian kepada putra-putranya yg lain, Abraham meninggal pada usia 175 thn dan dikuburkan di Makhpela (25:1-10).

III. Watak

Abraham menyatakan kepercayaannya kepada Tuhan Yang Mahakuasa (Kej 17:1), yg kekal (21:33), yg mahatinggi (14:22), yg empunya (Tuhan) langit dan bumi (14:22; 24:3), dan Hakim yg adil atas segala bangsa (15:14) dan segenap umat manusia (18:25). Baginya Tuhan adalah adil (18:25), bijaksana (20:6), benar dan adil (18:19), murah hati (19:19), dan pengampun (20:6). Abraham menerima hukuman Tuhan yg dijatuhkan atas dosa (18:19; 20:11) namun bicara dengan Tuhan demi kepentingan Ismael (17:20) dan Lot yg berdosa (18:27-33). Abraham berhubungan dengan Allah dalam persekutuan yg akrab (18:33; 24:40; 48:15), dan dianugerahi Tuhan wahyu khusus dalam bentuk penglihatan (15:1) dan Tuhan berkenan mengunjunginya dalam ujud media manusiawi (18:1) atau malaikat ('pesuruh') (22:11, 15). Abraham beribadah kepada Tuhan, dan memanggil Tuhan dengan Nama Tuhan (13:4) dan mendirikan mezbah untuk tujuan ini (12:8; 13:4, 18). Monoteismenya jelas bertentangan dengan politeisme nenek moyangnya (Yos 24:2).

Iman Abraham mungkin paling mencolok dalam hal ketaatan dan kesiapannya melakukan apa pun perintah Tuhan. Karena iman ia meninggalkan Ur-Kasdim (Kej 11:31; 15:7), tindakan yg diberi penekanan oleh Stefanus (Kis 7:2-4). Demikian juga ia dipimpin meninggalkan Haran (Kej 12:1, 4). Karena iman ia menerima kehidupan setengah mengembara atau 'musafir', kendati negeri Kanaan telah dijanjikan kepadanya (13:15; 15:18). Ia mengalami hanya sebagian dari keseluruhan penggenapan perjanjian itu, yakni menempati sebidang tanah kecil di Makhpela dan memperoleh hak di dekat Bersyeba. Pencobaan paling berat atas imannya, yakni ia diminta mengorbankan Ishak, putra kandungnya yg secara manusiawi Ishak-lah satu-satunya jalan untuk perjanjian Tuhan dapat digenapi tepat seutuhnya. Imannya dialaskan pada kepercayaan akan kekuasaan Tuhan, bila perlu, untuk membangkitkan anaknya dari antara orang mati (Kej 22:12, 18; Ibr 11:19).

Terhadap keluarganya sendiri Abraham menunjukkan kasih sayang yg tulus dan dalam. Ia diakui sebagai orang yg berhasil membina dan menuntun anak-anaknya dan keturunannya, supaya tetap hidup menurut jalan yg ditunjukkan Tuhan, dengan menerapkan 'kebenaran dan keadilan' (Kej 18:19). Hambanya, Eliezer, dan sekutunya di Mamre mematuhi perintah-perintahnya. Abraham suka menjamu dan menghormati orang-orang yg tak dikenal (18:2-8; 21:8); sifatnya murah hati tanpa pamrih (13:9; 14:23). Ia mempunyai banyak pelayan (14:14) dan harta milik (13:2), sanggup dan berani maju ke medan perang melawan musuh yg jumlahnya jauh lebih besar (14:15).

Peristiwa-peristiwa yg dianggap kelemahan besar dalam watak Abraham, ialah kasus penipuan yg terbukti terhadap Firaun di Mesir dan terhadap Abimelekh dari Gerar, dengan meminta Sara mengaku adiknya demi menyelamatkan hidupnya sendiri (Kej 12:11-13; 20:2-11). Sementara kasus ini dijadikan contoh bagaimana Alkitab menggambarkan kekurangan-kekurangan bahkan para pahlawan besar, sifat sesungguhnya dari peristiwa-peristiwa itu mungkin hingga kini belum terpahami sepenuhnya. Sebab Sara bukan tidak mungkin adik tiri Abraham, dan pernikahan antar saudara tiri adalah biasa zaman itu di Mesir dan Asyur (Nuzi). Pernyataan Abraham yg mengacu kepada Ishak dalam Kej 22:7, 8 bisa dihubungkan kepada iman (ay 5, 'kami akan kembali kepadamu') daripada upaya menipu Ishak tentang tugas yg menunggu mereka. Kej 22, dan penyerahan Ishak (ay 3), adalah penghukuman terhadap korban anak-anak.

IV. Makna teologis

Israel dianggap 'benih daripada Abraham', dan tindakan Tuhan memperbanyak manusia dari satu orang dilihat sebagai penggenapan firman-Nya secara khusus (Yes 51:2; Yeh 33:24). 'Allah Abraham' mengacu kepada Tuhan di seluruh Alkitab, dan dengan nama itu Ia menampakkan diriNya kepada Musa (Kel 3:15). Monoteisme Abraham di tengah-tengah pemujaan berhala (Yos 24:3), cara Allah menampakkan diri kepadanya (Kel 6:3), memilih (Neh 9:7), membebaskan (Yes 29:22), dan memberkatinya (Mi 7:20), dan iman Abraham merupakan tema yg mantap untuk nasihat dan diskusi (1 Makabe 2:52).

Pada zaman PB Abraham dihormati sebagai leluhur Israel (Kis 13:26), sebagai leluhur keturunan Lewi yg menerima jabatan imam (Ibr 7:5), dan sebagai leluhur *Mesias sendiri (Mat 1:1). Takhayul populer Yahudi yg mengatakan bahwa bangsa keturunan Abraham membawa berkat dari Tuhan, disangkal oleh Yohanes Pembaptis (Mat 3:9) dan Paulus (Rm 9:7), namun persekutuan Yahudi sebagai keturunan Abraham adalah gambaran dari persekutuan orang percaya dalam Kristus (Gal 3:16, 29). Sumpah (Luk 1:73), persetujuan (Kis 3:13), janji (Rm 4:13), dan berkat (Gal 3:14) yg dianugerahkan kepada Abraham oleh pilihan Allah yg bebas, diwarisi oleh anak-anaknya karena iman. Iman Abraham adalah model iman yg dibenarkan (Rm 4:3-11), yaitu proklamasi Injil yg universal pada pra-Kristus (Gal 3:8). Ketaatan Abraham karena iman ketika disuruh berangkat dari *Ur-Kasdim untuk menjalani hidup mengembara seperti 'orang asing', dan ketaatannya untuk mempersembahkan Ishak, dicatat sebagai teladan iman dalam perbuatan (Ibr 11:8-19; Yak 2:21).

Sebagai nabi akbar yg menerima perjanjian Tuhan, Abraham memainkan peranan yg unik baik dalam tradisi Yahudi (Ecclus 44:19-21; Bereshith Rabba; Pirge Aboth 5. 4; Jos., Ant 1. 7, 8) dan Islam (188 hunjukan dlm Qur'an).

V. Latar belakang arkeologis

Hasil dari penemuan arkeologis, menunjukkan bahwa riwayat hidup Abraham seperti dicatat dalam Kitab Kej, tepat sesuai dengan pengetahuan terakhir tentang milenium kedua sM. Albright dan de Vaux menempatkan Abraham antara thn 1900 dan 1700 sM, Rowley 1800-1600 sM, dan Gordon sampai pada zaman Amarna (babak terakhir abad 14). Namun demikian, permukiman tempat-tempat yg dikenal di dataran Yordan, dalam Pertengahan Zaman Perunggu, nampaknya cenderung pada abad 20-19 sM. Banyak kebiasaan yg dilakukan oleh Abraham, tindakannya terhadap Hagar, memilih Eliezer sebagai ahli waris, dan pembelian gua Makhpela, telah dibandingkan dengan bukti-bukti adat istiadat ini di Nuzi.

Bukti arkeologis dan perkembangan pengetahuan tentang zaman itu, telah meyakinkan kebanyakan ilmuwan modern untuk menerima kebenaran nilai-nilai historis yg terkandung dalam data-data sejarah itu; bukti-bukti itu telah mematahkan teori yg mengatakan bahwa Abraham ialah personifikasi dari suatu suku bangsa atau ilah suku bangsa pada zaman dulu (teori cerita purbakala oleh Noldeke), atau adalah hasil dari suatu perputaran cerita-cerita purba. Harus diperhatikan bahwa kebanyakan perbuatan Abraham disebut sebagai perbuatan yg dilakukan oleh seorang pribadi (mis Kej 15:1-18; 18:1-19; 20:1-17; 22:1-14).

KEPUSTAKAAN. D. J Wiseman, The Word of God for Abraham and Today, 1959; E. A Speiser, Genesis, AB, 1964; A. R Millard dan D. J Wiseman, ed., Essays on the Patriarchal Narratives, 1980; T. L Thompson, Historicity of the Patriarchal Narratives, 1974; J. A van Seters, Abraham in History and Tradition, 1975. DJW/WBS

[+] Bhs. Inggris



TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA