kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 8:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
8:1 Lalu berkatalah orang-orang Efraim kepada Gideon: "Apa macam perbuatanmu ini terhadap kami! Mengapa engkau tidak memanggil kami, ketika engkau pergi berperang melawan orang Midian?" Lalu mereka menyesali dia dengan sangat. 8:2 Jawabnya kepada mereka: "Apa perbuatanku dalam hal ini, jika dibandingkan dengan kamu? Bukankah pemetikan susulan oleh suku Efraim lebih baik hasilnya dari panen buah anggur kaum Abiezer? 8:3 Allah telah menyerahkan kedua raja Midian itu, yakni Oreb dan Zeeb, ke dalam tanganmu; apa yang telah dapat kucapai, jika dibandingkan dengan kamu?" Setelah ia berkata demikian, maka redalah marah mereka terhadap dia.
Orang Midian dikalahkan, raja-rajanya dibunuh
8:4 Ketika Gideon sampai ke sungai Yordan, menyeberanglah ia dan ketiga ratus orang yang bersama-sama dengan dia, meskipun masih lelah, namun mengejar juga. 8:5 Dan berkatalah ia kepada orang-orang Sukot: "Tolong berikan beberapa roti untuk rakyat yang mengikuti aku ini, sebab mereka telah lelah, dan aku sedang mengejar Zebah dan Salmuna, raja-raja Midian." 8:6 Tetapi jawab para pemuka di Sukot itu: "Sudahkah Zebah dan Salmuna itu ada dalam tanganmu, sehingga kami harus memberikan roti kepada tentaramu?" 8:7 Lalu kata Gideon: "Kalau begitu, apabila TUHAN menyerahkan Zebah dan Salmuna ke dalam tanganku, aku akan menggaruk tubuhmu dengan duri padang gurun dan onak." 8:8 Maka berjalanlah ia dari sana ke Pnuel, dan berkata demikian juga kepada orang-orang Pnuel, tetapi orang-orang inipun menjawabnya seperti orang-orang Sukot. 8:9 Lalu berkatalah ia juga kepada orang-orang Pnuel: "Apabila aku kembali dengan selamat, maka aku akan merobohkan menara ini." 8:10 Sementara itu Zebah dan Salmuna ada di Karkor bersama-sama dengan tentara mereka, kira-kira lima belas ribu orang banyaknya, yakni semua orang yang masih tinggal hidup dari seluruh tentara orang-orang dari sebelah timur; banyaknya yang tewas ada seratus dua puluh ribu orang yang bersenjatakan pedang. 8:11 Gideon maju melalui jalan orang-orang yang diam di dalam kemah di sebelah timur Nobah dan Yogbeha, lalu memukul kalah tentara itu, ketika tentara itu menyangka dirinya aman. 8:12 Zebah dan Salmuna melarikan diri, tetapi Gideon mengejar mereka dan menawan kedua raja Midian itu, yakni Zebah dan Salmuna, sedang seluruh tentara itu diceraiberaikannya. 8:13 Kemudian kembalilah Gideon bin Yoas dari peperangan dengan melalui pendakian Heres; 8:14 ditangkapnyalah seorang muda dari penduduk Sukot. Setelah ditanyai, orang itu menuliskan nama para pemuka dan para tua-tua di Sukot untuk Gideon, tujuh puluh tujuh orang banyaknya. 8:15 Lalu pergilah Gideon kepada orang-orang Sukot sambil berkata: "Inilah Zebah dan Salmuna yang karenanya kamu telah mencela aku dengan berkata: Sudahkah Zebah dan Salmuna itu ada dalam tanganmu, sehingga kami harus memberikan roti kepada orang-orangmu yang lelah itu?" 8:16 Lalu ia mengumpulkan para tua-tua kota itu, ia mengambil duri padang gurun dan onak, dan menghajar orang-orang Sukot dengan itu. 8:17 Juga menara Pnuel dirobohkannya dan dibunuhnya orang-orang kota itu. 8:18 Kemudian bertanyalah ia kepada Zebah dan Salmuna: "Di manakah orang-orang yang telah kamu bunuh di Tabor itu?" Jawab mereka: "Mereka itu serupa dengan engkau, sikap mereka masing-masing seperti anak raja." 8:19 Lalu kata Gideon: "Saudara-saudarakulah itu, anak-anak ibuku! Demi TUHAN yang hidup, seandainya kamu membiarkan mereka hidup, aku tidak akan membunuh kamu." 8:20 Katanya kepada Yeter, anak sulungnya: "Bangunlah, bunuhlah mereka." Tetapi orang muda itu tidak menghunus pedangnya, karena ia takut, sebab ia masih muda. 8:21 Lalu kata Zebah dan Salmuna: "Bangunlah engkau sendiri dan paranglah kami, sebab seperti orangnya, demikian pula kekuatannya." Maka bangunlah Gideon, dibunuhnya Zebah dan Salmuna, kemudian diambilnya bulan-bulanan yang ada pada leher unta mereka.
Perbuatan Gideon selanjutnya dan akhir hidupnya
8:22 Kemudian berkatalah orang Israel kepada Gideon: "Biarlah engkau memerintah kami, baik engkau baik anakmu maupun cucumu, sebab engkaulah yang telah menyelamatkan kami dari tangan orang Midian." 8:23 Jawab Gideon kepada mereka: "Aku tidak akan memerintah kamu dan juga anakku tidak akan memerintah kamu tetapi TUHAN yang memerintah kamu." 8:24 Selanjutnya kata Gideon kepada mereka: "Satu hal saja yang kuminta kepadamu: Baiklah kamu masing-masing memberikan anting-anting dari jarahannya." -- Karena musuh itu beranting-anting mas, sebab mereka orang Ismael. 8:25 Jawab mereka: "Kami mau memberikannya dengan suka hati." Dan setelah dihamparkan sehelai kain, maka masing-masing melemparkan anting-anting dari jarahannya ke atas kain itu. 8:26 Adapun berat anting-anting emas yang dimintanya itu ada seribu tujuh ratus syikal emas, belum terhitung bulan-bulanan, perhiasan telinga dan pakaian kain ungu muda yang dipakai oleh raja-raja Midian, dan belum terhitung kalung rantai yang ada pada leher unta mereka. 8:27 Kemudian Gideon membuat efod dari semuanya itu dan menempatkannya di kotanya, di Ofra. Di sanalah orang Israel berlaku serong dengan menyembah efod itu; inilah yang menjadi jerat bagi Gideon dan seisi rumahnya. 8:28 Demikianlah orang Midian tunduk kepada orang Israel dan tidak dapat menegakkan kepalanya lagi; maka amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya pada zaman Gideon. 8:29 Lalu Yerubaal bin Yoas pergilah dan diam di rumahnya sendiri. 8:30 Gideon mempunyai tujuh puluh anak laki-laki, semuanya anak kandungnya, sebab ia beristeri banyak; 8:31 juga gundiknya yang tinggal di Sikhem melahirkan seorang anak laki-laki baginya, lalu ia memberikan nama Abimelekh kepada anak itu. 8:32 Gideon bin Yoas mati pada waktu rambutnya telah putih, lalu dikuburkan dalam kubur Yoas, ayahnya, di Ofra kota orang Abiezer. 8:33 Setelah Gideon mati, kembalilah orang Israel berjalan serong dengan mengikuti para Baal dan membuat Baal-Berit menjadi allah mereka; 8:34 orang Israel tidak ingat kepada TUHAN, Allah mereka, yang telah melepaskan mereka dari tangan semua musuhnya di sekelilingnya, 8:35 juga tidak menunjukkan terima kasihnya kepada keturunan Yerubaal-Gideon seimbang dengan segala yang baik yang telah dilakukannya kepada orang Israel.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abiezer son of Ammishaddai; Moses' officer over the tribe of Dan,son of Shemaah of Gibeah; chief of Benjamite defecters to David
 · Abimelekh the King of Gerar of Abraham's time,the son of Gideon,king of Gath
 · Ahimelekh priest (Eli Ithamar) of Nob, whom Saul killed; Ahimelech I,a priest, Ahimelech II; son of Abiathar son of Ahimelech I,a man who was part of David's fugitive band; a Hittite
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Gideon a man who was the fifth major judge of 12th century Israel; the son of Joash,son of Joash of Abiezer of Manasseh; a judge of Israel
 · Heres a mountain pass in Transjordania near Succoth (OS)
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Karkor a town in Transjordania (OS)
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Midian resident(s) of the region of Midian
 · Nobah a man of Manasseh, presumably,a town of Gilead near Jogbehah south of the Jabbok (OS, ZD)
 · Ofra a town of Benjamin on the border of Ephraim, 4 km ENE of Bethel,a town of Manasseh, possibly 7 km NW of Jezreel,son of Meonothai of Judah
 · orang Abiezer a member of the clan of Abiezer of Manasseh
 · orang Ismael member(s) of the clan of Ishmael
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Midian resident(s) of the region of Midian
 · orang-orang Abiezer a member of the clan of Abiezer of Manasseh
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Oreb a prince of Midian in the time of Gideon,a place; a noted rock
 · perempuan Midian resident(s) of the region of Midian
 · Pniel a town on the brook Jabbok 7 km east of Succoth,father of Gedor; a descendant of Hur of Judah,son of Shashak of Benjamin
 · Pnuel a town on the brook Jabbok 7 km east of Succoth,father of Gedor; a descendant of Hur of Judah,son of Shashak of Benjamin
 · saudagar-saudagar Midian resident(s) of the region of Midian
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sikhem a town in the hill country of Ephraim in north central Palestine,the Kohathite city of refuge for Ephraim and Manasseh,son of Hamor the Hivite who humbled Jacob's daughter,son of Gilead son of Machir son of Manasseh son of Joseph,son of Shemida of Manasseh
 · Sukot a place where the Israelites camped as they left Egypt,a town of Gad in the Jordan Valley opposite Shechem


Topik/Tema Kamus: Gideon | Midian, Orang | Hakim Israel | Midian | Orang Ismael | Orang Midian | Pembalasan Darah | Efraim | Bijaksana, Kebijaksanaan | Suku Efraim | Emas | Unta | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Hakim Yang Luar Biasa | Sumpah | Sukot | Abimelekh | Gurun | Karkos | Sembah, Penyembahan Berhala | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 8:6 - MEMBERIKAN ROTI KEPADA TENTARAMU? Nas : Hak 8:6 Dengan menolak untuk membantu pasukan Gideon, orang Israel dari Sukot dan Pnuel (ayat Hak 8:8) bersekutu dengan musuh Israel, suatu k...

Nas : Hak 8:6

Dengan menolak untuk membantu pasukan Gideon, orang Israel dari Sukot dan Pnuel (ayat Hak 8:8) bersekutu dengan musuh Israel, suatu keputusan yang membuat mereka dihukum (ayat Hak 8:15-17). Demikian pula, orang percaya PB dituntut untuk mengambil keputusan yang tegas untuk memihak kepada Kristus dan kebenaran; jikalau tidak, mereka dipandang sebagai melawan Dia (Mat 12:30).

Full Life: Hak 8:16-17 - MENGUMPULKAN PARA TUA-TUA ... DIBUNUHNYA ORANG-ORANG KOTA ITU. Nas : Hak 8:16-17 Hukuman yang dikenakan Gideon kepada penduduk Sukot dan Pnuel kejam tetapi dapat dibenarkan. Menjadi anggota umat Allah dan menol...

Nas : Hak 8:16-17

Hukuman yang dikenakan Gideon kepada penduduk Sukot dan Pnuel kejam tetapi dapat dibenarkan. Menjadi anggota umat Allah dan menolak untuk membantu dalam peperangan Allah adalah suatu pelanggaran serius di hadapan Tuhan

(lihat cat. --> Hak 8:6 sebelumnya).

[atau ref. Hak 8:6]

Full Life: Hak 8:27 - MEMBUAT EFOD. Nas : Hak 8:27 Efod ini mungkin merupakan tiruan dari jubah luar yang dipakai imam besar ketika melayani Allah (lihat cat. --> Kel 28:6)....

Nas : Hak 8:27

Efod ini mungkin merupakan tiruan dari jubah luar yang dipakai imam besar ketika melayani Allah

(lihat cat. --> Kel 28:6).

[atau ref. Kel 28:6]

Gideon mungkin membuat efod ini dengan tujuan baik, selaku suatu peringatan akan keberhasilan Israel dalam pekerjaan Allah. Akan tetapi, efod itu tidak disahkan oleh Allah dan menjadi objek pemujaan, dengan memuliakan Gideon dan prestasi Israel; tindakan penyembahan berhala ini mengakibatkan bencana rohani bagi bangsa itu dan rumah tangga Gideon. Kita dapat belajar dari kesalahan tragis Gideon ini bahwa:

  1. 1) Mengangkat dan memuliakan gereja, lembaga, atau pemimpin manusiawi yang memiliki kharisma khusus akan mengakibatkan kemunduran rohani dan kematian.
  2. 2) Ketika merencanakan untuk melakukan sesuatu bagi Allah, kita harus berdoa memohon hikmat untuk dapat melihat dari semula dampak-dampak yang mungkin terjadi yang akhirnya dapat merugikan kerajaan Allah.

Jerusalem: Hak 6:1--9:57 - -- Kisah panjang mengenai Gideon ini mengumpulkan berbagai tradisi yang berasal dari suku Manasye. Penyusun kitab Hakim menemukan tradisi-tradisi itu sud...

Kisah panjang mengenai Gideon ini mengumpulkan berbagai tradisi yang berasal dari suku Manasye. Penyusun kitab Hakim menemukan tradisi-tradisi itu sudah dipersatukan, lalu menyadurnya sedikit. Ada beberapa tradisi mengenai tindakan-tindakan kemiliteran yang dilakukan Gideon melawan orang Midian, baik di wilayah bangsa Israel maupun di luar daerah seberang sungai Yordan. Pada tradisi-tradisi tsb ditambah tradisi-tradisi lain yang bersangkutan dengan ibadat, yaitu tentang sebuah mezbah di Ofra yang disahkan, tentang sebuah mezbah guna dewa baal dan tentang tanda guntingan bulu domba. Ceritera-ceritera itu cukup penting oleh karena memperlihatkan kemerosotan agama di Israel yang disebabkan kenyataan bahwa orang Israel mulai menetap di negeri Kanaan dan berkenalan dengan ibadat setempat kepada dewa Baal; ceritera-ceritera itupun memperlihatkan kekacauan di bidang politik yang menyatakan diri dalam ditawarkannya jabatan raja kepada Gideon dan dalam pengalaman yang menyedihkan dengan raja Abimelekh.

Jerusalem: Hak 8:1-3 - -- Suku Manasye di sini nampaknya lebih penting dari pada suku Efraim, bdk Hak 7:24,25. Tetapi Efraim kurang senang dengan kedudukannya itu. Akhirnya Efr...

Suku Manasye di sini nampaknya lebih penting dari pada suku Efraim, bdk Hak 7:24,25. Tetapi Efraim kurang senang dengan kedudukannya itu. Akhirnya Efraim berhasil menjadi lebih penting dari pada Manasye. Keutamaan Efraim itu terungkap dalam Kej 48:17 di mana Yakub mengutamakan Efraim dari Manasye.

Jerusalem: Hak 8:4-9 - -- Penyerbuan yang di sini diceritakan sebagai lanjutan dari yang dikisahkan dalam Hak 7:1-22 (bdk Hak 8:4), aslinya kiranya sebuah tradisi tersendiri. T...

Penyerbuan yang di sini diceritakan sebagai lanjutan dari yang dikisahkan dalam Hak 7:1-22 (bdk Hak 8:4), aslinya kiranya sebuah tradisi tersendiri. Tradisi itu barangkali mengenai sebuah serbuan lain dari pihak orang Midian yang dipukul mundur. Bagaimanapun juga duduknya perkara, tradisi itu tidak bersangkutan dengan apa yang diceritakan dalam Hak 7:25, di mana "kepala" Midian mempunyai nama lain dari pada "raja" Midian, Zebah dan Salmuna, Hak 8:5. Apa yang dikatakan mengenai Sukot, Pnuel dan daerah seberang sungai Yordan menyatakan bahwa ceritera itu adalah sebuah tradisi setempat.

Jerusalem: Hak 8:5 - Zebah Nama itu berarti: (binatang) korban dan Salmuna berarti: bayangan yang mengembara. Kedua nama itu agaknya ciptaan tradisi saja.

Nama itu berarti: (binatang) korban dan Salmuna berarti: bayangan yang mengembara. Kedua nama itu agaknya ciptaan tradisi saja.

Jerusalem: Hak 8:13 - pendakian Begitulah menurut terjemahan Yunani. Naskah Ibrani kurang jelas.

Begitulah menurut terjemahan Yunani. Naskah Ibrani kurang jelas.

Jerusalem: Hak 8:18 - Tabor Mengenai suatu pertempuran di Tabor tidak ada berita lain. Gideon memberitahu kedua raja itu bahwa mereka membunuh saudara-saudara Gideon. Dengan jala...

Mengenai suatu pertempuran di Tabor tidak ada berita lain. Gideon memberitahu kedua raja itu bahwa mereka membunuh saudara-saudara Gideon. Dengan jalan itu dibenarkan bahwa Gideon sebagai penuntut darah membunuh mereka. Bdk Bil 35:19+.

Jerusalem: Hak 8:22-23 - -- Kedua ayat ini memutuskan jalannya ceritera. Tetapi adalah sangat mungkin bahwa sesudah kemenangan yang diperoleh Gideon itu penduduk daerah Sikhem me...

Kedua ayat ini memutuskan jalannya ceritera. Tetapi adalah sangat mungkin bahwa sesudah kemenangan yang diperoleh Gideon itu penduduk daerah Sikhem menawarkan jabatan raja kepada Gideon. Tetapi tidak ditawarkan menjadi raja atas seluruh Israel. Gideon menolak tawaran itu, tetapi ini lebih-lebih mengungkapkan pendirian tradisi Ulangan yang kurang senang dengan pemerintah berupa raja, Hak 9:7-15; 1Sa 8:12. Sebab menurut Hak 9:2 anak-anak Gideon-Yerubaal menjadi penguasa di Sikhem.

Jerusalem: Hak 8:27 - efod Efod ini bukan baju efod, 1Sa 2:18, tetapi sebuah alat penenung yang dipakai dalam ibadat, bdk 1Sa 2:28+. Menurut maksud Gideon alat itu mesti dipakai...

Efod ini bukan baju efod, 1Sa 2:18, tetapi sebuah alat penenung yang dipakai dalam ibadat, bdk 1Sa 2:28+. Menurut maksud Gideon alat itu mesti dipakai dalam ibadat kepada Tuhan; tetapi oleh penyusun kitab Hakim yang berhaluan tradisi Ulangan efod itu dikutuk, sama seperti ia mengutuk efod yang dibuat oleh Mikha, Hak 17:5 dst.

Jerusalem: Hak 8:30-32 - -- Ayat-ayat ini mirip dengan catatan-catatan mengenai "Hakim-hakim kecil", bdk Hak 10:1-5; 12:8-15. Hak 8:29 yang memakai nama Yerubaal sebaik-baiknya d...

Ayat-ayat ini mirip dengan catatan-catatan mengenai "Hakim-hakim kecil", bdk Hak 10:1-5; 12:8-15. Hak 8:29 yang memakai nama Yerubaal sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Hak 6:25-32.

Jerusalem: Hak 8:33 - Baal-Berit Baal-Berit atau El-Berit adalah dewa perjanjian yang dipuji penduduk Sikhem yang berbangsa Kanaan, Hak 9:46. Di Sikhem juga diikat perjanjian dengan T...

Baal-Berit atau El-Berit adalah dewa perjanjian yang dipuji penduduk Sikhem yang berbangsa Kanaan, Hak 9:46. Di Sikhem juga diikat perjanjian dengan Tuhan, Yos 24. Mudah saja Baal-Berit oleh rakyat disamakan dengan Tuhan-Berit (perjanjian).

Ende: Hak 8:4-21 - -- Kisah ini njata datang dari tradisi (sumber) lain, jang disadur sedikit, mengenai peperangan Gide'on dengan orang2 Midian, jang berlainan dengan jang ...

Kisah ini njata datang dari tradisi (sumber) lain, jang disadur sedikit, mengenai peperangan Gide'on dengan orang2 Midian, jang berlainan dengan jang ditjeritakan fasal 7(Hak 7). Gide'on disini membalas dendam karena pembunuhan atas saudara2nja (Hak 8:18). Berita tentang pembunuhan itu tidak ada.

Ende: Hak 8:22-28 - -- Dalam tjeritera ini muntjullah usaha pertama untuk mentjiptakan suatu bentuk pemerintahan jang tetap, jaitu keradjaan. Alasan Gide'on untuk menolak m...

Dalam tjeritera ini muntjullah usaha pertama untuk mentjiptakan suatu bentuk pemerintahan jang tetap, jaitu keradjaan. Alasan Gide'on untuk menolak masih lama menghalangi terbentuknja keradjaan. Tetapi Gide'on, kendati penolakan gelar radja, toh sedikit banjak berlaku dan bertindak sebagai radja.

Ende: Hak 8:27 - berdjinah dengannja jakni memudja efod itu atau menggunakannja dalam ibadah jang tak sah. Efod disini suatu benda jang melambangkan Jahwe dan jang dipergunakan untuk mena...

jakni memudja efod itu atau menggunakannja dalam ibadah jang tak sah. Efod disini suatu benda jang melambangkan Jahwe dan jang dipergunakan untuk menanjai Jahwe. Demikian benda itu mendjadi "djerat", jakni dengan mendatangkan hukuman Jahwe.

Ende: Hak 8:29-32 - -- Tjatatan ini menjediakan kisah mengenai Abimelek.

Tjatatan ini menjediakan kisah mengenai Abimelek.

Endetn: Hak 8:4 - lapar diperbaiki menurut terdjemahan kuno. Tertulis: "sedang mengedjar".

diperbaiki menurut terdjemahan kuno. Tertulis: "sedang mengedjar".

Endetn: Hak 8:6 - Sahut diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: mufrad.

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: mufrad.

Endetn: Hak 8:13 - tandjakan diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dari atas?"

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dari atas?"

Endetn: Hak 8:16 - ditebahnja diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "diberitahukannja".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "diberitahukannja".

Endetn: Hak 8:18 - rupa diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "bagaimana dengan". "masing2", diperbaiki menurut kiraaan. Tertulis: "satu".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "bagaimana dengan". "masing2", diperbaiki menurut kiraaan. Tertulis: "satu".

Ref. Silang FULL: Hak 8:1 - kepada Gideon // orang Midian // orang Midian // dengan sangat · kepada Gideon: Hak 6:11; Hak 6:11 · orang Midian: Kej 25:2; Kej 25:2 · orang Midian: Hak 12:1 · dengan sangat: 2Sam 19:4...

· kepada Gideon: Hak 6:11; [Lihat FULL. Hak 6:11]

· orang Midian: Kej 25:2; [Lihat FULL. Kej 25:2]

· orang Midian: Hak 12:1

· dengan sangat: 2Sam 19:41

Ref. Silang FULL: Hak 8:2 - kaum Abiezer · kaum Abiezer: Bil 26:30; Bil 26:30

· kaum Abiezer: Bil 26:30; [Lihat FULL. Bil 26:30]

Ref. Silang FULL: Hak 8:3 - dan Zeeb · dan Zeeb: Hak 7:25; Hak 7:25

· dan Zeeb: Hak 7:25; [Lihat FULL. Hak 7:25]

Ref. Silang FULL: Hak 8:4 - sungai Yordan · sungai Yordan: Hak 7:25

· sungai Yordan: Hak 7:25

Ref. Silang FULL: Hak 8:5 - orang-orang Sukot // telah lelah // dan Salmuna · orang-orang Sukot: Kej 33:17; Kej 33:17 · telah lelah: Ayub 16:7; Mazm 6:7; Yer 45:3 · dan Salmuna: Hak 8:7,12; Mazm 83:12

· orang-orang Sukot: Kej 33:17; [Lihat FULL. Kej 33:17]

· telah lelah: Ayub 16:7; Mazm 6:7; Yer 45:3

· dan Salmuna: Hak 8:7,12; Mazm 83:12

Ref. Silang FULL: Hak 8:6 - di Sukot // memberikan roti // kepada tentaramu · di Sukot: Hak 8:14 · memberikan roti: 1Sam 25:11 · kepada tentaramu: Hak 8:15

· di Sukot: Hak 8:14

· memberikan roti: 1Sam 25:11

· kepada tentaramu: Hak 8:15

Ref. Silang FULL: Hak 8:7 - dan Salmuna · dan Salmuna: Hak 8:5; Hak 8:5

· dan Salmuna: Hak 8:5; [Lihat FULL. Hak 8:5]

Ref. Silang FULL: Hak 8:8 - ke Pnuel · ke Pnuel: Hak 8:9,17; Kej 32:30; 1Raj 12:25

Ref. Silang FULL: Hak 8:9 - merobohkan menara · merobohkan menara: Hak 8:17

· merobohkan menara: Hak 8:17

Ref. Silang FULL: Hak 8:10 - yang tewas · yang tewas: Hak 6:5; Hak 6:5; Yes 9:4

· yang tewas: Hak 6:5; [Lihat FULL. Hak 6:5]; Yes 9:4

Ref. Silang FULL: Hak 8:11 - timur Nobah // dan Yogbeha · timur Nobah: Bil 32:42 · dan Yogbeha: Bil 32:35; Bil 32:35

· timur Nobah: Bil 32:42

· dan Yogbeha: Bil 32:35; [Lihat FULL. Bil 32:35]

Ref. Silang FULL: Hak 8:13 - bin Yoas // pendakian Heres · bin Yoas: Hak 6:11; Hak 6:11 · pendakian Heres: Hak 1:35

· bin Yoas: Hak 6:11; [Lihat FULL. Hak 6:11]

· pendakian Heres: Hak 1:35

Ref. Silang FULL: Hak 8:14 - para tua-tua // di Sukot · para tua-tua: Kel 3:16; Kel 3:16 · di Sukot: Hak 8:6

· para tua-tua: Kel 3:16; [Lihat FULL. Kel 3:16]

· di Sukot: Hak 8:6

Ref. Silang FULL: Hak 8:15 - kepada orang-orangmu · kepada orang-orangmu: Hak 8:6

· kepada orang-orangmu: Hak 8:6

Ref. Silang FULL: Hak 8:16 - dan menghajar · dan menghajar: 1Sam 14:12

· dan menghajar: 1Sam 14:12

Ref. Silang FULL: Hak 8:17 - menara Pnuel // orang-orang kota · menara Pnuel: Hak 8:8; Hak 8:8 · orang-orang kota: Hak 8:9

· menara Pnuel: Hak 8:8; [Lihat FULL. Hak 8:8]

· orang-orang kota: Hak 8:9

Ref. Silang FULL: Hak 8:18 - di Tabor · di Tabor: Yos 19:22; Yos 19:22

· di Tabor: Yos 19:22; [Lihat FULL. Yos 19:22]

Ref. Silang FULL: Hak 8:19 - yang hidup · yang hidup: Bil 14:21; Bil 14:21

· yang hidup: Bil 14:21; [Lihat FULL. Bil 14:21]

Ref. Silang FULL: Hak 8:21 - diambilnya bulan-bulanan · diambilnya bulan-bulanan: Hak 8:26; Yes 3:18

· diambilnya bulan-bulanan: Hak 8:26; Yes 3:18

Ref. Silang FULL: Hak 8:23 - yang memerintah · yang memerintah: Kel 16:8; Kel 16:8; Bil 11:20; Bil 11:20; 1Sam 12:12

· yang memerintah: Kel 16:8; [Lihat FULL. Kel 16:8]; Bil 11:20; [Lihat FULL. Bil 11:20]; 1Sam 12:12

Ref. Silang FULL: Hak 8:24 - memberikan anting-anting // dari jarahannya // orang Ismael · memberikan anting-anting: Kej 35:4; Kej 35:4 · dari jarahannya: Kej 49:27; Kej 49:27 · orang Ismael: Kej 16:11; Kej 16:11

· memberikan anting-anting: Kej 35:4; [Lihat FULL. Kej 35:4]

· dari jarahannya: Kej 49:27; [Lihat FULL. Kej 49:27]

· orang Ismael: Kej 16:11; [Lihat FULL. Kej 16:11]

Ref. Silang FULL: Hak 8:26 - kalung rantai · kalung rantai: Hak 8:21; Hak 8:21

· kalung rantai: Hak 8:21; [Lihat FULL. Hak 8:21]

Ref. Silang FULL: Hak 8:27 - membuat efod // di Ofra // menjadi jerat // seisi rumahnya · membuat efod: Kel 25:7; Kel 25:7; Hak 17:5; 18:14 · di Ofra: Yos 18:23; Yos 18:23 · menjadi jerat: Kel 10:7; Kel 10:7 · ...

· membuat efod: Kel 25:7; [Lihat FULL. Kel 25:7]; Hak 17:5; 18:14

· di Ofra: Yos 18:23; [Lihat FULL. Yos 18:23]

· menjadi jerat: Kel 10:7; [Lihat FULL. Kel 10:7]

· seisi rumahnya: Kel 32:2; [Lihat FULL. Kel 32:2]

Ref. Silang FULL: Hak 8:28 - menegakkan kepalanya // maka amanlah · menegakkan kepalanya: Mazm 8:3 · maka amanlah: Hak 3:11; Hak 3:11

· menegakkan kepalanya: Mazm 8:3

· maka amanlah: Hak 3:11; [Lihat FULL. Hak 3:11]

Ref. Silang FULL: Hak 8:29 - Lalu Yerubaal // bin Yoas · Lalu Yerubaal: Hak 6:32; Hak 6:32 · bin Yoas: Hak 6:11; Hak 6:11

· Lalu Yerubaal: Hak 6:32; [Lihat FULL. Hak 6:32]

· bin Yoas: Hak 6:11; [Lihat FULL. Hak 6:11]

Ref. Silang FULL: Hak 8:30 - anak laki-laki · anak laki-laki: Hak 9:2,5,18,24; 12:14; 2Raj 10:1

· anak laki-laki: Hak 9:2,5,18,24; 12:14; 2Raj 10:1

Ref. Silang FULL: Hak 8:31 - juga gundiknya // nama Abimelekh · juga gundiknya: Kej 22:24; Kej 22:24 · nama Abimelekh: Hak 9:1; 10:1; 2Sam 11:21

· juga gundiknya: Kej 22:24; [Lihat FULL. Kej 22:24]

· nama Abimelekh: Hak 9:1; 10:1; 2Sam 11:21

Ref. Silang FULL: Hak 8:32 - telah putih · telah putih: Kej 15:15; Kej 15:15

· telah putih: Kej 15:15; [Lihat FULL. Kej 15:15]

Ref. Silang FULL: Hak 8:33 - para Baal // membuat Baal-Berit // menjadi allah · para Baal: Hak 2:11,13,19; Hak 2:11; Hak 2:13; Hak 2:19 · membuat Baal-Berit: Hak 9:4 · menjadi allah: Hak 9:27,46

· para Baal: Hak 2:11,13,19; [Lihat FULL. Hak 2:11]; [Lihat FULL. Hak 2:13]; [Lihat FULL. Hak 2:19]

· membuat Baal-Berit: Hak 9:4

· menjadi allah: Hak 9:27,46

Ref. Silang FULL: Hak 8:34 - tidak ingat · tidak ingat: Hak 3:7; Hak 3:7; Neh 9:17; Neh 9:17

· tidak ingat: Hak 3:7; [Lihat FULL. Hak 3:7]; Neh 9:17; [Lihat FULL. Neh 9:17]

Ref. Silang FULL: Hak 8:35 - keturunan Yerubaal // orang Israel · keturunan Yerubaal: Hak 6:32; Hak 6:32 · orang Israel: Hak 9:16

· keturunan Yerubaal: Hak 6:32; [Lihat FULL. Hak 6:32]

· orang Israel: Hak 9:16

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 8:1-3 - Gideon Menenangkan Orang-orang Efraim Pasal ini memberi kita gambaran lebih jauh tentang kemenangan Gideon atas orang Midian, beserta sisa cerita tentang hidup dan pemerintahannya. ...

Matthew Henry: Hak 8:4-17 - Gideon Mengejar Orang Midian Gideon Mengejar Orang Midian (8:4-17) Dalam ayat-ayat ini kita mendapati, I. Gideon, seperti panglima yang gagah berani, mengejar orang-oran...

Matthew Henry: Hak 8:18-21 - Zebah dan Salmuna Dibunuh Zebah dan Salmuna Dibunuh (8:18-21) Penghakiman dimulai di rumah Allah, dalam hukuman yang adil terhadap orang-orang Sukot dan orang-orang Pnuel, y...

Matthew Henry: Hak 8:22-28 - Gideon Menolak Mahkota yang Ditawarkan Gideon Menolak Mahkota yang Ditawarkan (8:22-28) Dalam perikop ini kita mendapati, I. Kebersahajaan Gideon yang patut dipuji, setelah kemena...

Matthew Henry: Hak 8:29-35 - Kembalinya Israel pada Penyembahan Berhala Kembalinya Israel pada Penyembahan Berhala (8:29-35) Kita mendapati dalam perikop ini penutup dari kisah Gideon. 1. Ia hidup di rumah sendir...

SH: Hak 7:15--8:3 - Allah dapat memakai siapa saja (Kamis, 29 Agustus 2013) Allah dapat memakai siapa saja Ketika mendengar isi mimpi salah seorang tentara musuh beserta penafsirannya, Gideon mengimani bahwa Allah akan memb...

SH: Hak 7:19--8:3 - Tuntaskan pekerjaan Tuhan! (Minggu, 12 Oktober 1997) Tuntaskan pekerjaan Tuhan! Melaksanakan pekerjaan apa pun harus konsisten, bila orang ingin memerik hasilnya. Demikian pun halnya dengan pekerjaan Tu...

SH: Hak 8:1-35 - Waspadai jerat (Jumat, 25 April 2008) Waspadai jerat Saat kita lengah, dengan mudah kita akan terperangkap ke dalam jerat. Jerat awalnya bisa berupa hal sepele, hal kecil, atau hal ...

SH: Hak 7:1--8:3 - Percaya Diri yang keliru (Kamis, 23 Juli 2020) Percaya Diri yang keliru Banyak orang menjadi minder karena merasa memiliki sedikit kemampuan jika dibandingkan orang lain. Fenomena ini mungkin menj...

SH: Hak 8:4-21 - Sepuluh kali nama Zebah dan Selmuna (Senin, 13 Oktober 1997) Sepuluh kali nama Zebah dan Selmuna disebutkan dalam perikop ini. Keduanya adalah tokoh, yakni raja-raja Midian. Orang-orang Midian berkuasa atas Isr...

SH: Hak 8:4-21 - Dengan cara yang benar (Jumat, 30 Agustus 2013) Dengan cara yang benar Pencapaian sebuah tujuan tidak selalu berlangsung dengan mudah, kadang-kadang bisa sulit dan melelahkan. Belum lagi bila ada h...

SH: Hak 8:4-21 - Cari Aman (Jumat, 24 Juli 2020) Cari Aman Orang yang cari aman lazim kita jumpai di tengah masyarakat, bahkan dalam kehidupan bergereja sekalipun. Mereka adalah orang yang mementing...

SH: Hak 8:22-35 - Maunya Allah dan maunya manusia (Selasa, 14 Oktober 1997) Maunya Allah dan maunya manusia berbeda, sejauh beda teokrasi dan dinasti. Dalam potensi yang sangat berbeda itu, Gideon, hamba Allah menjadi hakim. ...

SH: Hak 8:22-35 - Sehari-hari bukan sesekali (Sabtu, 31 Agustus 2013) Sehari-hari bukan sesekali Kemenangan supranatural yang dialami Israel melalui kepemimpinan Gideon membuat orang Israel menyanjung dia. Bahkan mereka...

SH: Hak 8:22-35 - Bertindak dengan Benar (Sabtu, 25 Juli 2020) Bertindak dengan Benar Hiasan berbentuk salib pasti sering kita lihat. Benda itu kerap terlihat menempel di dinding rumah atau dikenakan sebagai perh...

Topik Teologia: Hak 8:32 - -- Eskatologi Kematian Fakta Kematian Contoh-contoh Fakta Kematian Gideon Hak 8:32

Topik Teologia: Hak 8:33 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Ketidakpercayaan Melupakan Allah Ula 8:11-14 Ula 32:18 Hak 3:7-8 Hak 8:33-34 1Sa 12:9 Ayu ...

Topik Teologia: Hak 8:35 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Mengubah Kebaikan Menjadi Kejahatan Hak 8:35 1Sa 23:5,9-12 1Sa 25:21-22 Maz 35:...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 1050 -- 1000 SM Latar Belakang Kit...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (Hak 1:1-3:6) A. Israel Gagal Membersihkan Kanaan ...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab Hakim-hakim, yang dalam Alkitab terjemahan bahasa Aram dan bahasa Arab lebih dipe...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah jang dikumpulkan dalam kitab ini.sedj...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) SETIALAH KEPADA ALLAH "SEANDAINYA SAJA .…" (HAKIM-HAKIM 8) Setelah suku Efraim menguasai tempat-tempat penyeberangan di Sungai Yordan dan...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Steve Farrar, Standing Tall (Sisters, Ore.: Multnomah, 1994), 159. Pengarang: Bruce McClarty Hak Cipta © 2011 pada Truth for To...

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah za

HAKIM-HAKIM

PENGANTAR

Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah zaman antara pendudukan Kanaan dan berdirinya kerajaan Israel. Kisah-kisah tersebut adalah mengenai hal-hal yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan bangsa. Mereka lazimnya disebut hakim, tetapi kebanyakan dari mereka sebenarnya adalah pemimpin-pemimpin militer, dan bukan hakim menurut arti yang biasa. Salah seorang dari para pahlawan itu, yang sangat terkenal, ialah Simson. Kisahnya terdapat dalam Pasal 13-16 (Hak 13:1-16:31).

Ajaran utama dari buku ini ialah bahwa hanya dengan setia kepada Tuhan, umat Israel dapat bertahan terus; tetapi bila mereka meninggalkan Tuhan, mereka selalu mendapat kesukaran besar. Namun dalam masa yang demikian pun Allah selalu bersedia menolong umat-Nya apabila mereka bertobat dari dosa-dosa mereka dan beribadat kepada Allah.

Isi

  1.  Peristiwa-peristiwa yang terjadi sampai pada kematian Yosua
    Hak 1:1-2:10
  2.  Pemimpin-pemimpin Israel
    Hak 2:11-16:31
  3.  Berbagai-bagai peristiwa
    Hak 17:1-21:25

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup d

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup dalam perbuatan dosa. Dan sekaligus melihat keadilan Allah dalam menghukum perbuatan-perbuatan dosa.

Pendahuluan

Penulis : Penulis kitab Hakim-hakim tidak disebutkan dengan jelas, tetapi ada kemungkinan penulisnya adalah Samuel.

Isi Kitab: Kitab Hakim-hakim terdiri dari 21 pasal. Kitab Hakim-hakim menceritakan keadaan umat Allah yang hidup dengan menuruti kemauannya sendiri dan memperlihatkan keadaan umat-Nya yang melupakan Dia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Hakim-hakim

  1. Pasal 1-3 (Hak 1:1-3:4).

    Keadaan bangsa Israel sesudah kematian Yosua Dalam bagian pertama ini terlihat suatu putaran yang terjadi dalam kehidupan bangsa ini. Mereka berbuat dosa sehingga Tuhan memberikan hukuman. Di dalam penderitaan mereka berteriak minta tolong, maka Tuhan menjawab doa mereka dengan mengutus hakim-hakim untuk memimpin dan melindungi mereka. Tetapi setelah hakim itu mati, mereka berbuat jahat lagi. Oleh karena itu Tuhan memberi hukuman lagi supaya mereka harus tetap menurut jalan yang dikehendaki oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 2:6-14. Mengapakah bangsa Israel dihukum oleh Allah? Dan apakah hukumannya?
    2. Bacalah pasal Hak 2:16-19. Apakah maksud Tuhan dengan memberikan hakim-hakim pada umat-Nya? Dan bagaimanakah perbuatan umat Allah ini setelah Haki tersebut mati?
  2. Pasal 3-16 (Hak 3:5-16:31).

    Riwayat Hakim-hakim dan pekerjaannya

    Hakim-hakim yang diutus oleh Tuhan berjumlah 12 orang. Ada 6 hakim besar yaitu yang menghasilkan banyak kemenangan. Mereka itu adalah Otniel, Ehud, Debora, Gideon, Jefta dan Simson. Ada juga 6 hakim kecil yang menghasilkan kemenangan tapi tidak banyak yang tertulis mengenai mereka. Mereka itu adalah Samgar, Tola, Yair, Ebzan, Elon dan Abdon.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 6:14. Melalui panggilan Gideon ini, apakah pekerjaan yan ditugaskan oleh Allah kepada Hakim-hakim?
    2. Apakah persoalan yang menjadi dasar bangsa Israe menderita? (Hak 8:33-34).
  3. Pasal 17-21 (Hak 17:1-21:25).

    Dua contoh kehidupan umat Allah, dalam perbuatan yang bejat

    Bagian ini menjelaskan tentang: pertama, perbuatan Mikha dengan patungannya, yang mengakibatkan bangsa Israel menyembah berhala.

    Dan kedua, dosa perzinahan yang sangat keji dari suku Benyamin, yang mengakibatkan terjadi perang saudara di antara bangsa Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 18:24,31. Berilah pendapat saudara terhadap perkataan pemili patung dalam pasal Hak 18:24.
    2. Bacalah pasal Hak 20:1-11. Apakah perbuatan dosa itu? Dan apakah akibatnya?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Hakim-hakim mengajarkan kegagalan umat Allah dalam mentaati perjanjiannya kepada Allah dan akibat yang harus mereka alami dari ketidaktaatan itu.

  2. Walaupun Allah melihat umat-Nya gagal dalam berjalan mengikut Dia karena ketidaktaatan, tetapi Dia tetap mengasihi umat-Nya dengan memberi penyelamatan untuk berdiri dari kejatuhannya.

  3. Penderitaan kadang kala merupakan cara Allah mengajar umat-Nya yang tidak mau taat kepada-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis kitab Hakim-hakim?
  2. Apakah isi kitab Hakim-hakim?
  3. Siapakah nama Hakim-hakim umat Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari kita Hakim-hakim?

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Is

Lingkaran Dosa

HAKIM-HAKIM
Hakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Israel masuk ke Kanaan, dengan Saul, Daud dan raja-raja Israel lainnya. Selama masa hakim-hakim, Israel lambat laun belajar untuk menjadi suatu bangsa dan bukan lagi sebagai dua belas suku yang berdiri sendiri-sendiri.

PENULISNYA
Kita tidak tahu siapa penulis kitab itu. Mungkin juga dikumpulkan dari catatan-catatan pada masa itu dan lama sesudahnya baru diterbitkan. Tiga kali dinyatakan dalam kitab itu bahwa "pada masa itu Israel tidak mempunya raja" (Hak 17:6; 18:1; 21:25), hal ini mengisyaratkan bahwa kitab itu diterbitkan beberapa waktu sesudah kerajaan dibentuk.

SIAPA HAKIM-HAKIM ITU?
Judul kitab itu agak membingungkan, karena kedua belas "hakim-hakim" itu tidak semata-mata mengurusi masalah hukum; mereka adalah para pangeran yang diilhami oleh Roh Kudus untuk memberikan semacam kepemimpinan karismatis pada saat-saat diperlukan. Ada dua belas hakim, dan yang menarik ialah bahwa Yefta menyebut Allah sebagai "Tuhan, Hakim" (Hak 11:27), memakai panggilan yang sama seperti yang diberikan kepada para hakim. Mereka menyadari bahwa mereka dipimpin oleh kuasa ilahi dan bukan semata-mata pilihan manusia.

LINGKARAN DOSA
Kitab ini terdiri dari pendahuluan (Hak 1:1-2:5) dan lampiran (Hak 17:1-21:25), dan sisanya berisi kisah dari kedua belas hakim dan enam masa penindasan. Lingkaran peristiwa yang terjadi:
1. Rakyat hidup sejahtera. Tidak ada keperluan khusus dengan Allah. Oleh karena itu, Allah ditinggalkan dan ilah-ilah dari negara tetangga yang kafir mengambil alih kedudukan Allah.
2. Penindasan. Allah meninggalkan mereka menurut kemauan mereka sendiri. Allah membiarkan mereka mengurus diri mereka sendiri! Moab dan Amon, bangsa Filistin dan orang Midian semuanya berbalik menyerang Israel.
3. Pertobatan. Israel mengakui kesalahan mereka dan berbalik kepada Allah, memohon pengampunan. Setiap kali Allah selalu bersedia mengampuni dan memulihkan mereka.
4. Pembebasan. Seorang hakim muncul untuk membebaskan umat Allah. Setiap kali jelas bahwa Allahlah yang menyelamatkan melalui hakim itu.
5. Rakyat kembali hidup sejahtera... lingkaran dosa berulang kembali.

Pesan

Lingkaran dosa digambarkan dalam Hak 6:1-8:35

1. Tujuh tahun di bawah penindasan.
Perhatikan bagaimana kondisi bangsa Israel yang merosot tajam, hidup bagaikan orang gua di gunung-gunung sebelum mereka bersedia memohon pertolongan Allah. Hak 6:1-6

2. Tugas tanpa pamrih
Para hakim mendapatkan kemuliaan sebagai penyelamat dan menerima pernyataan terima kasih dari umat Allah. Nabi yang tak bernama ini mendapat tugas tidak enak untuk menyampaikan pesan Allah tentang penghakiman. Tetapi, ia melakukan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. Hak 6:7-10

3. Tuhan menampakkan diri kepada Gideon
Apabila Allah menyelamatkan, hal itu harus dianggap sebagai penyelamatan Allah, bukan manusia (lihat Ula 7:6-11), dan oleh karenanya Allah memilih seorang yang tidak terkenal, Gideon, seorang yang dapat dipakai-Nya, yang tidak akan memegahkan dirinya. Hak 6:11-24

4. Suatu keputusan yang amat penting
Gideon masih harus menyatakan siapa dirinya. Dia harus membuat langkah yang pantang surut: ia menantang Baal dan berpihak kepada Allah. Perhatikan bagaimana pembelaan ayahnya ketika penduduk kota akan menghukum Gideon karena telah menghancurkan altar Baal: "Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang!". Tetapi, ia tidak dapat melakukannya karena ia bukan Allah. Hak 6:25-32

5. Peletakan guntingan bulu domba
Tetapi, dapat dimengerti jika Gideon mempunyai keraguan. Lihatlah betapa sabar Allah terhadapnya, dan dorongan semangat yang diperlukan Gideon. Hak 6:33-40

6. Orang Midian dikalahkan
Prajurit mereka seperti belalang banyaknya (Hak 7:12). Gideon hanya mempunyai 32.000 tentara. Jumlah ini cukup besar bagi pasukan Israel. Dikurangi hingga menjadi 10.000 ketika orang-orang yang takut pulang. Dikurangi lagi sampai mencapai 300 ketika mereka yang tidak waspada dikirim pulang. Tetapi, 300 tentara disertai Allah sudah cukup. Hak 7:1-25

7. Gideon menghadapi lebih banyak masalah
Suku Efraim ingin diikutsertakan dalam kemenangan (meskipun mereka mungkin tidak terlalu bersemangat sebelum pertempuran dimulai). Catatlah bagaimana Gideon mengendalikan reaksinya terhadap provokasi langsung itu. Dan, orang Sukot tidak membantu Gideon. Mereka ingin memastikan hasil peperangan sebelum memihak kepada salah satu pasukan. Oleh karena itu, Gideon berjuang tanpa mereka. Tetapi, mereka kehilangan kesukaan berada di pihak yang menang. Hak 8:1-21

8. Gideon menjadi masalah
Tragedi: kemenangan telah memalingkan kepalanya. Ataukah emas yang telah memalingkan kepalanya; emas yang merebut kedudukan Allah? Hak 8:22-27

9. Kematian Gideon.
Rakyat kembali menyembah Baal. Hak 8:28-35

Penerapan

1. Kelemahan manusia yang tidak ditopang
Kitab Hakim-hakim meliputi suatu periode selama kurang lebih 400 tahun. Dalam jangka waktu yang relatif singkat ini dua belas orang penyelamat harus dicari untuk menyelamatkan bangsa Israel dari akibat perbuatan mereka. Mereka bukannya tidak tahu fakta sejarah. Mereka seharusnya tahu apa yang selalu terjadi apabila mereka meninggalkan Allah. Namun demikian, berkali-kali mereka menjalani rute yang sama, yaitu rute pemberontakan. "Yang kita pelajari dari sejarah ialah bahwa kita tidak pernah belajar apa pun dari sejarah". Secara rohani, hal ini rupanya benar. Manusia tanpa Allah tidak berdaya. Orang Kristen tanpa Roh Allah tidak dapat menguasai keadaan. Kitab Hakim-hakim memberikan kepada kita suatu pelajaran yang tidak dapat disangkal, yang menunjukkan betapa kita memerlukan seorang Penyelamat.

2. Anugerah Allah yang tidak layak kita terima.
Pelajaran penting kedua yang kita dapat dari Hakim-hakim ialah bahwa Allah selalu dan dengan tanpa syarat siap untuk mengampuni dan menyelamatkan orang bertobat (Yes 65:1-3). Tetapi, pelajaran kedua ini juga merupakan peringatan kepada kita bahwa kita diharapkan untuk menunjukkan kemurahan yang sama kepada sesama. Lebih dari itu jika kita tidak mengampuni orang lain, kita tidak dapat berharap untuk diampuni (Mat 6:15).

3. Para pemimpin perlu bersikap rendah hati
Pelajaran penting ketiga dari Hakim-hakim ialah bahwa Allahlah yang menghakimi dan menyelamatkan, bukan manusia. Mudah bagi para pemimpin untuk menganggap bahwa Allah memerlukan mereka, atau gereja memerlukan mereka; dan bahwa mereka sangat dibutuhkan. Perhatikan bagaimana Allah memilih Gideon, orang yang paling tidak diindahkan dalam keluarganya dan yang paling tidak dianggap dalam sukunya. Allah ditambah dengan orang tidak terkenal berarti kuasa!

Tema-tema Kunci

1. Bahaya sinkretisme
Sinkretisme berarti mencampurbaurkan segala sesuatu; yang baik dan yang jahat. Hal-hal yang berhubungan dengan Allah dengan yang manusiawi. Ketika bangsa Israel memasuki Kanaan, mereka menemukan banyak agama yang dapat mereka pilih. Tampaknya dewa-dewa orang Kanaan dapat membantu mereka untuk bertani dengan baik dan bertempur dalam peperangan. Tetapi, tata ibadah mereka sungguh-sungguh melanggar kesusilaan. Orang Kanaan tetap tinggal di situ dan bekerja pada orang Israel (Hak 1:28, 30, 33, 35). Tetapi, agama orang Kanaan lambat laun memperlemah bangsa Israel, dan merampas mereka dari Allah. Perhatikan kata-kata Tuhan Yesus: "Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon" (Mat 6:24). Pelajari pengajaran Alkitab mengenai penyelewengan (misalnya: 1Ko 5; 2Ko 6:14-18; 1Yo 2:15-17).

2. Keputusan yang amat penting.
Orang Kristen diubahkan dari suatu cara hidup yang lama kepada cara hidup yang lain. Sering kali perubahan ini menyebabkan krisis. Kita tahu bahwa setelah diubahkan tidak ada jalan untuk berbalik. Ini dapat berarti melakukan sesuatu yang baru, misalnya pergi ke gereja. Mungkin juga hal itu berarti membagi-bagikan harta. Bagi Gideon ini berarti meruntuhkan sebuah patung dewa. Tidak mungkin hanya mencoba-coba menjadi Kristen untuk melihat apakah sesuai dengan keinginan kita. Seperti halnya Gideon yang membatalkan niatnya untuk mengundurkan diri lalu menyerahkan dirinya ke dalam tangan Allah, demikian juga halnya dengan kita ketika kita datang kepada Kristus. Pelajari beberapa keputusan penting yang ada dalam Alkitab. Perhatikan para tukang sihir yang membakar buku-buku sihir mereka (Kis 19:19); Rut yang tinggal bersama ibu mertuanya (Rut 1:1-18); dan Rahab yang memutuskan untuk memberikan perlindungan kepada mata-mata Yosua (Yos 2:1-21); Yos 6:22-25). Keputusan penting apa saja yang dapat Anda pikirkan bagi orang yang menjadi Kristen dewasa ini?

3. Pertobatan
Pertobatan merupakan satu-satunya syarat bagi pembebasan bangsa Israel. Tetapi, apakah sebenarnya pertobatan? Gunakanlah konkordansi untuk mempelajari tema yang sangat penting di dalam Alkitab ini. Berikut ini beberapa ayat untuk memulai telaah Anda: Mat 21:28-32; Luk 15:3-7, 17-20; 2Sa 12:7-17; Maz 51; 1-10; Kis 8:20-22; 2Ko 7:9-11.

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5 Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka Hak 1:26-36Keberhasilan yang

[1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5

Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan
Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka
Hak 1:26-36Keberhasilan yang terbatas: akibat kompromi
Hak 2:1-5Hari depan yang terbatas: respons Tuhan terhadap kompromi

[2] PEMERINTAHAN KEDUA BELAS HAKIM Hak 2:6-16:31

Hak 2:6-9Penjelasan: kematian Yosua
Hak 2:10-23Lingkaran dosa dijelaskan
Hak 3:1-6Lingkungan yang tidak ramah akibat kompromi
Hak 3:7-11Hakim pertama, Otniel
Hak 3:12-14Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 3:15-25Hakim kedua, Ehud
Hak 3:26-30Keadaan damai selama delapan puluh tahun
Hak 3:31Hakim ketiga, Samgar
Hak 4:1-3Berada dalam penindasan selama dua puluh tahun
Hak 4:4, 5Hakim keempat, Debora
Hak 4:6-10Barak di bawah perintahnya
Hak 4:11-24Sisera, komandan tentara Kanaan dibunuh oleh seorang wanita
Hak 5:1-31Sebuah duet
Hak 6:1-6Berada dalam penindasan selama tujuh tahun
Hak 6:7-24Hakim kelima, Gideon
Hak 6:25-32Tantangan kepada Baal
Hak 6:33-40Peletakan guntingan bulu domba
Hak 7:1-25Orang Midian dikalahkan
Hak 8:1-21Masalah yang dihadapi Gideon bertambah
Hak 8:22-27Gideon menjadi masalah
Hak 8:28-35Kematian Gideon
Hak 9:1-57Anak laki-laki Gideon mengambil alih pimpinan
Hak 10:1-2Hakim keenam, Tola
Hak 10:3-5Hakim ketujuh, Yair
Hak 10:16-18Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 11:1-33Hakim ke delapan Yefta
Hak 11:34-40Akibat yang luar biasa dari sumpah yang diucapkan dengan tergesa-gesa
Hak 12:1-7Keluhan suku Efraim
Hak 12:8-15Tiga hakim kecil: Ebzan, Elon dan Abdon
Hak 13:1-25Hakim kedua belas, Simson
Hak 14:1-20Perkawinannya, dan suatu tipu muslihat
Hak 15:1-20Pembalasan Simson
Hak 16:1-22Simson dan Delila
Hak 16:23-31Kematian Simson

[3] BUNGAI RAMPAI SEJARAH Hak 17:1-21:25

Hak 17:1-18:31Mikha dan suku Dan
Hak 19:1-21:25Perang saudara
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.47 detik
dipersembahkan oleh YLSA