Teks -- Yohanes 13:24-38 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Yoh 13:26 - MEMBERIKAN ROTI.
Nas : Yoh 13:26
Pemberian sepotong roti kepada Yudas ini mungkin merupakan usaha
terakhir agar Yudas berbalik dari dosanya. Akan tetapi, ia menolak...
Full Life: Yoh 13:34 - SALING MENGASIHI.
Nas : Yoh 13:34
Orang Kristen diperintahkan untuk mengasihi, dalam cara yang lebih
mulia dan khusus, semua orang Kristen terlepas dari kelompok, ke...
Nas : Yoh 13:34
Orang Kristen diperintahkan untuk mengasihi, dalam cara yang lebih mulia dan khusus, semua orang Kristen terlepas dari kelompok, keanggotaan gereja, ataupun pandangan teologis.
- 1) Orang percaya harus membedakan orang Kristen yang sungguh-sungguh
dari mereka yang mempunyai pengakuan palsu dengan cara memeriksa kasih
dan ketaatan mereka kepada Kristus dan kesetiaan kepada Firman Allah
yang suci (Yoh 5:24; 8:31; 10:27; Mat 7:21;
lihat cat. --> Gal 1:9).
[atau ref. Gal 1:9]
- 2) Setiap orang yang memiliki iman yang hidup terhadap Yesus Kristus serta tetap setia pada Firman Allah yang diilhamkan dan tidak ada salahnya, sebagaimana yang dimengertinya, sementara menentang suasana populer yang ada pada masa ini, menjadi saudara saya dalam Kristus, dan berhak menerima kasih dan sokongan saya.
- 3) Mengasihi semua orang Kristen yang sungguh-sungguh, termasuk mereka yang berlainan organisasi gerejanya, tidak berarti bahwa kita harus berkompromi atau mencocokkan kepercayaan alkitabiah yang khusus atau perbedaan dalam doktrin kita. Hal ini juga tidak berarti bahwa kita harus berusaha agar organisasi kita bersatu.
- 4) Orang Kristen tidak boleh berkompromi mengenai kekudusan Allah.
Kasih akan Allah dan kehendak-Nya sebagaimana terungkap dalam Alkitab
harus senantiasa menguasai dan menuntun kasih kita terhadap sesama
saudara. Kasih kepada Allah harus selalu didahulukan
(lihat cat. --> Yoh 13:35 berikutnya;
[atau ref. Yoh 13:35]
Mat 23:37,39).
Full Life: Yoh 13:35 - TAHU BAHWA KAMU ADALAH MURID-MURID-KU.
Nas : Yoh 13:35
Kasih (Yun. _agape_) harus merupakan ciri khas para pengikut Kristus
(1Yoh 3:23; 4:7-21). Kasih agape ini pada dasarnya merupakan k...
Nas : Yoh 13:35
Kasih (Yun. _agape_) harus merupakan ciri khas para pengikut Kristus (1Yoh 3:23; 4:7-21). Kasih agape ini pada dasarnya merupakan kasih yang memberi diri dan berkorban demi kebaikan orang lain (1Yoh 4:9-10). Demikianlah, hubungan antara semua orang percaya harus ditandai oleh kepedulian yang bersedia berkorban demi kebahagiaan tertinggi bagi sesama saudara dalam Kristus. Orang Kristen harus saling menolong di dalam pencobaan, berhati-hati terhadap perasaan dan reputasi satu sama lain serta bersedia menyangkal diri untuk meningkatkan kesejahteraan sesama saudara (bd. 1Kor 13:1-13; Gal 6:2; 1Tes 4:9; 2Tes 1:3; 1Pet 1:22; 2Pet 1:7; 1Yoh 3:23).
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Jerusalem: Yoh 13:26 - Aku akan memberikan roti Ini tidak mengenai Ekaristi. Namun demikian dengan membandingkan satu sama lain Yoh 13:2,18 dan Yoh 6:64,70 orang kiranya dapat melihat hubungan antar...
Ini tidak mengenai Ekaristi. Namun demikian dengan membandingkan satu sama lain Yoh 13:2,18 dan Yoh 6:64,70 orang kiranya dapat melihat hubungan antara diadakannya Ekaristi dan pengkhianatan Yudas. Bdk Yoh 16:33.
Jerusalem: Yoh 13:31 - sekarang Anak Manusia dipermuliakan Sengsara sudah dimulai, setelah Yudas terdorong Iblis pergi: Yesus sudah merayakan kemenanganNya, seolah-olah sudah selesai, bdk Yoh 16:33.
Sengsara sudah dimulai, setelah Yudas terdorong Iblis pergi: Yesus sudah merayakan kemenanganNya, seolah-olah sudah selesai, bdk Yoh 16:33.
Jerusalem: Yoh 13:32 - Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia Sejumlah naskah tidak memuat kalimat ini
Sejumlah naskah tidak memuat kalimat ini
Jerusalem: Yoh 13:32 - Mempermuliakan Dia juga di dalam DiriNya Ialah di dalam Allah, Bapa. Ia mempermuliakan Anak Manusia dengan mengambilnya masuk ke dalam kemuliaannya sendiri, bdk Yoh 17:5,22,24.
Ialah di dalam Allah, Bapa. Ia mempermuliakan Anak Manusia dengan mengambilnya masuk ke dalam kemuliaannya sendiri, bdk Yoh 17:5,22,24.
Jerusalem: Yoh 13:33 - kepada orang-orang Yahudi Pemuliaan Yesus berpautan dengan pergiNya itu adalah definitip, Yoh 8:21; bagi para murid hanya sementara saja, Yoh 14:2-3
Pemuliaan Yesus berpautan dengan pergiNya itu adalah definitip, Yoh 8:21; bagi para murid hanya sementara saja, Yoh 14:2-3
Jerusalem: Yoh 13:33 - tidak mungkin kamu datang Kecuali melalui kematian, bdk Yoh 13:36; Yoh 21:19,22 dst.
Kecuali melalui kematian, bdk Yoh 13:36; Yoh 21:19,22 dst.
Jerusalem: Yoh 13:34 - perintah baru Bdk Mat 25:31-46. Dengan gagasan "perginya" Kristus, Yoh 13:33, yang menyiapkan penyangkalan Yesus oleh Petrus, Yoh 13:36-38, penginjil menghubungkan ...
Bdk Mat 25:31-46. Dengan gagasan "perginya" Kristus, Yoh 13:33, yang menyiapkan penyangkalan Yesus oleh Petrus, Yoh 13:36-38, penginjil menghubungkan perintah kasih, Yoh 13:34-35. Ini boleh di sebut "wasiat" Yesus. Perintah itu memang sudah tercantum dalam hukum Musa, namun "baru" juga, oleh karena menjadi ciri khas zaman baru yang dimulai dan diwahyukan melalui kematian Yesus.
Jerusalem: Yoh 13:36 - kelak engkau akan mengikuti Aku Ini suatu nubuat berselubung tentang kemartiran Petrus nanti.
Ini suatu nubuat berselubung tentang kemartiran Petrus nanti.
Sejumlah naskah tidak memuat kata ini.
Ini bukan roti Ekaristi.
Ende: Yoh 13:31 - Dimuliakan Ketika Judas keluar untuk melaksanakan pengchianatannja,
mulailah riwajat sengsara Jesus, jang mendjadi pokok kemuliaanNja dan djuga
disebutNja kemuli...
Ketika Judas keluar untuk melaksanakan pengchianatannja, mulailah riwajat sengsara Jesus, jang mendjadi pokok kemuliaanNja dan djuga disebutNja kemuliaanNja.
Ende: Yoh 13:34 - Perintah baru Bukan baru dalam arti, bahwa perintah itu tidak terdapat
dalam Perdjandjian Lama, melainkan dalam arti bahwa dalam Perdjandjian Baru
tjinta-kasih haru...
Bukan baru dalam arti, bahwa perintah itu tidak terdapat dalam Perdjandjian Lama, melainkan dalam arti bahwa dalam Perdjandjian Baru tjinta-kasih harus diutamakan setjara istimewa, harus lebih sempurna dari pada jang dituntut dalam Perdjandjian Lama, lebih bersifat persaudaraan mesra, harus meliputi segala bangsa, dan harus luhur tanpa mengharapkan balasan, semuanja menurut tjontoh jang ditundjukkan Jesus sendiri terhadap semua orang.
· kerasukan Iblis: Luk 22:3
Ref. Silang FULL: Yoh 13:29 - memegang kas // perayaan itu // orang miskin · memegang kas: Yoh 12:6
· perayaan itu: Yoh 13:1
· orang miskin: Yoh 12:5
Ref. Silang FULL: Yoh 13:31 - Anak Manusia // dipermuliakan // dalam Dia · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20
· dipermuliakan: Yoh 7:39; 12:23
· dalam Dia: Yoh 14:13; 17:4; 1Pet 4:11
· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]
· dipermuliakan: Yoh 7:39; 12:23
· dalam Dia: Yoh 14:13; 17:4; 1Pet 4:11
· kamu datang: Yoh 7:33,34; [Lihat FULL. Yoh 7:33]; [Lihat FULL. Yoh 7:34]
Ref. Silang FULL: Yoh 13:34 - perintah baru // saling mengasihi // saling mengasihi · perintah baru: Yoh 15:12; 1Yoh 2:7-11; 3:11
· saling mengasihi: Im 19:18; 1Tes 4:9; 1Pet 1:22
· saling mengasihi: Yoh 15:12; Ef...
· perintah baru: Yoh 15:12; 1Yoh 2:7-11; 3:11
· saling mengasihi: Im 19:18; 1Tes 4:9; 1Pet 1:22
· saling mengasihi: Yoh 15:12; Ef 5:2; 1Yoh 4:10,11
· saling mengasihi: 1Yoh 3:14; 4:20
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Yoh 13:24; Yoh 13:18-30; Yoh 13:24; Yoh 13:1-30; Yoh 13:1--20:31; Yoh 13:25; Yoh 13:25; Yoh 13:26; Yoh 13:26; Yoh 13:27; Yoh 13:27; Yoh 13:28; Yoh 13:28; Yoh 13:29; Yoh 13:29; Yoh 13:30; Yoh 13:30; Yoh 13:31; Yoh 13:31-38; Yoh 13:31; Yoh 13:31--14:31; Yoh 13:32; Yoh 13:32; Yoh 13:33; Yoh 13:33; Yoh 13:34; Yoh 13:34; Yoh 13:35; Yoh 13:35; Yoh 13:36; Yoh 13:36; Yoh 13:37; Yoh 13:37; Yoh 13:38; Yoh 13:38
Hagelberg: Yoh 13:24 - -- 13:24 Kepada murid itu Simon Petrus memberi isyarat dan berkata, "Tanyalah siapa yang dimaksudkan-Nya!"
Petrus melihat bahwa Yohanes, karena dia berba...
13:24 Kepada murid itu Simon Petrus memberi isyarat dan berkata, "Tanyalah siapa yang dimaksudkan-Nya!"
Petrus melihat bahwa Yohanes, karena dia berbaring begitu dekat pada Tuhan Yesus, dapat menanyakan hal ini tanpa didengar oleh siapa pun, selain Tuhan Yesus. Jadi, dia menyuruh supaya Yohanes menanyakan siapa yang dimaksudkan-Nya. Posisi Petrus tidak diceritakan, tetapi pasti dia berbaring di tempat yang terlihat oleh Yohanes. Posisi Yudas juga tidak diceritakan dengan jelas, tetapi dalam Matius 26:25 mereka berbicara, dan rupanya orang lain tidak mendengar kata-kata mereka. Oleh karena itu, kita dapat menduga bahwa Yudas duduk di sebelah kiri Tuhan Yesus. Kalau begitu, Tuhan Yesus memberi kehormatan yang luar biasa kepada Yudas.
Hagelberg: Yoh 13:18-30 - -- 2. Yesus bernubuat mengenai pengkhianatan (13:18-30)
Tujuan Tuhan Yesus jelas. Pengkhianatan ini diceritakan sebelumnya supaya mereka percaya bahwa Di...
2. Yesus bernubuat mengenai pengkhianatan (13:18-30)
Tujuan Tuhan Yesus jelas. Pengkhianatan ini diceritakan sebelumnya supaya mereka percaya bahwa Dia adalah Yahweh. Dia tidak dikhianati dan dijatuhkan atas kehendak manusia. Tampaknya Dia mengurus Yudas dengan cara demikian, supaya Yudas pergi. Dengan demikian, Dia baru dapat berbicara kepada murid-murid-Nya mengenai pemuridan.
Hagelberg: Yoh 13:24 - -- 13:24 Kepada murid itu Simon Petrus memberi isyarat dan berkata, "Tanyalah siapa yang dimaksudkan-Nya!"
Petrus melihat bahwa Yohanes, karena dia berba...
13:24 Kepada murid itu Simon Petrus memberi isyarat dan berkata, "Tanyalah siapa yang dimaksudkan-Nya!"
Petrus melihat bahwa Yohanes, karena dia berbaring begitu dekat pada Tuhan Yesus, dapat menanyakan hal ini tanpa didengar oleh siapa pun, selain Tuhan Yesus. Jadi, dia menyuruh supaya Yohanes menanyakan siapa yang dimaksudkan-Nya. Posisi Petrus tidak diceritakan, tetapi pasti dia berbaring di tempat yang terlihat oleh Yohanes. Posisi Yudas juga tidak diceritakan dengan jelas, tetapi dalam Matius 26:25 mereka berbicara, dan rupanya orang lain tidak mendengar kata-kata mereka. Oleh karena itu, kita dapat menduga bahwa Yudas duduk di sebelah kiri Tuhan Yesus. Kalau begitu, Tuhan Yesus memberi kehormatan yang luar biasa kepada Yudas.
Hagelberg: Yoh 13:1-30 - -- A. Perjamuan Kudus (13:1-30)
Acara yang diceritakan dalam nas ini memang Perjamuan Kudus, tetapi apa yang diceritakan oleh Rasul Yohanes sangat berbed...
A. Perjamuan Kudus (13:1-30)
Acara yang diceritakan dalam nas ini memang Perjamuan Kudus, tetapi apa yang diceritakan oleh Rasul Yohanes sangat berbeda dengan apa yang diceritakan dalam Injil Sinoptik. Injil Sinoptik menekankan tema Perjamuan Kudus, suatu acara yang hampir tidak disebutkan oleh Yohanes. Sebaliknya Yohanes mencatat ajaran yang disampaikan oleh Tuhan Yesus pada waktu itu, ajaran yang tidak diungkapkan dalam Injil Sinoptik.
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.
Hagelberg: Yoh 13:25 - -- 13:25 Murid yang berbaring973 dekat Yesus itu berpaling974 dan berkata kepada-Nya, "Tuan,975 siapakah itu?"
Demikian pertanyaan Petrus disampaikan kep...
13:25 Murid yang berbaring973 dekat Yesus itu berpaling974 dan berkata kepada-Nya, "Tuan,975 siapakah itu?"
Demikian pertanyaan Petrus disampaikan kepada-Nya. Yohanes tidak perlu berdiri dan mendekati Dia, dan dia tidak perlu berbicara dengan suara keras. Rupanya hanya Dia yang mendengar pertanyaan Yohanes.
Hagelberg: Yoh 13:25 - -- 13:25 Murid yang berbaring973 dekat Yesus itu berpaling974 dan berkata kepada-Nya, "Tuan,975 siapakah itu?"
Demikian pertanyaan Petrus disampaikan kep...
13:25 Murid yang berbaring973 dekat Yesus itu berpaling974 dan berkata kepada-Nya, "Tuan,975 siapakah itu?"
Demikian pertanyaan Petrus disampaikan kepada-Nya. Yohanes tidak perlu berdiri dan mendekati Dia, dan dia tidak perlu berbicara dengan suara keras. Rupanya hanya Dia yang mendengar pertanyaan Yohanes.
Hagelberg: Yoh 13:26 - -- 13:26 Jawab Yesus, "Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti976, sesudah Aku mencelupkannya." Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, m...
13:26 Jawab Yesus, "Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti976, sesudah Aku mencelupkannya." Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot.
Tuan rumah atau tamu yang terhormat dapat mengambil suatu pecahan roti atau daging yang lebih enak dari yang lain, dan memberikannya kepada tamu yang lain sebagai tanda kehormatan.977
Dengan demikian Dia menyatakan kepada Yohanes siapakah itu yang akan mengkhianati Dia. Dia membuktikan bahwa Dia mengetahui identitasnya. Meskipun dinyatakan kepada Yohanes, tidak dinyatakan kepada murid-murid yang lain, sehingga mereka tidak sempat bertindak melawan musuh itu.
Menurut Carson,978 roti itu diberikan kepada Yudas sebagai tanda kasih yang terakhir, dan sebagai imbauan supaya dia bertobat. Paham itu tidak mustahil, tetapi kita tidak lupa bahwa roti itu diberikan kepada Yudas untuk menyatakan kepada Yohanes bahwa Yudas akan mengkhianati Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 13:26 - -- 13:26 Jawab Yesus, "Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti976, sesudah Aku mencelupkannya." Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, m...
13:26 Jawab Yesus, "Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti976, sesudah Aku mencelupkannya." Sesudah berkata demikian Ia mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot.
Tuan rumah atau tamu yang terhormat dapat mengambil suatu pecahan roti atau daging yang lebih enak dari yang lain, dan memberikannya kepada tamu yang lain sebagai tanda kehormatan.977
Dengan demikian Dia menyatakan kepada Yohanes siapakah itu yang akan mengkhianati Dia. Dia membuktikan bahwa Dia mengetahui identitasnya. Meskipun dinyatakan kepada Yohanes, tidak dinyatakan kepada murid-murid yang lain, sehingga mereka tidak sempat bertindak melawan musuh itu.
Menurut Carson,978 roti itu diberikan kepada Yudas sebagai tanda kasih yang terakhir, dan sebagai imbauan supaya dia bertobat. Paham itu tidak mustahil, tetapi kita tidak lupa bahwa roti itu diberikan kepada Yudas untuk menyatakan kepada Yohanes bahwa Yudas akan mengkhianati Tuhan Yesus.
Hagelberg: Yoh 13:27 - -- 13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis.979 Maka Yesus berkata kepadanya, "Apa yang hendak kauperbuat,980 perbuatlah dengan sege...
13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis.979 Maka Yesus berkata kepadanya, "Apa yang hendak kauperbuat,980 perbuatlah dengan segera."
Jalan Yudas menjadi jelas, dan Tuhan Yesus berhasil membedakan murid yang akan mengkhianati Dia dari murid-murid yang percaya dan setia. Dengan demikian penghakiman yang telah kita amati dalam Injil Yohanes mencapai puncaknya.981
Pemakaian istilah maka memberi kesan bahwa Tuhan Yesus mengerti bahwa Iblis telah masuk ke dalam Yudas. Oleh karena Iblis telah masuk kepadanya, Tuhan Yesus mengetahui bahwa Yudas sudah tidak akan ditobatkan, maka Dia menyuruh Yudas pergi dengan segera.
Hagelberg: Yoh 13:27 - -- 13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis.979 Maka Yesus berkata kepadanya, "Apa yang hendak kauperbuat,980 perbuatlah dengan sege...
13:27 Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis.979 Maka Yesus berkata kepadanya, "Apa yang hendak kauperbuat,980 perbuatlah dengan segera."
Jalan Yudas menjadi jelas, dan Tuhan Yesus berhasil membedakan murid yang akan mengkhianati Dia dari murid-murid yang percaya dan setia. Dengan demikian penghakiman yang telah kita amati dalam Injil Yohanes mencapai puncaknya.981
Pemakaian istilah maka memberi kesan bahwa Tuhan Yesus mengerti bahwa Iblis telah masuk ke dalam Yudas. Oleh karena Iblis telah masuk kepadanya, Tuhan Yesus mengetahui bahwa Yudas sudah tidak akan ditobatkan, maka Dia menyuruh Yudas pergi dengan segera.
Hagelberg: Yoh 13:28 - -- 13:28 Tetapi tidak ada seorangpun dari antara mereka yang duduk makan itu mengerti, apa maksud Yesus mengatakan itu kepada Yudas.
Yohanes baru diberit...
13:28 Tetapi tidak ada seorangpun dari antara mereka yang duduk makan itu mengerti, apa maksud Yesus mengatakan itu kepada Yudas.
Yohanes baru diberitahu bahwa Yudas akan mengkhianati Tuhan Yesus. Dia bingung, dan saat itu dia tidak mengkaitkan informasi baru itu dengan perintah Tuhan Yesus kepada Yudas. Murid-murid yang lain juga sama sekali tidak mengerti.
Oleh karena Yudas pergi dengan segera, Petrus dan murid-murid yang lain tetap tidak berkesempatan mengerti makna dari roti yang dicelupkan dan diberikan kepada Yudas. Dengan demikian Yudas dibiarkan untuk mengkhianati Tuhan Yesus, dan Tuhan Yesus telah membuktikan bahwa Dia mengetahui sebelumnya apa yang akan terjadi kepada-Nya. Mengingat pola yang dibahas dalam bahasan pasal 2:11 dan 22, tanda nubuatan ini menyatakan kemuliaan Allah, dan iman murid-murid itu dapat diteguhkan.
Hagelberg: Yoh 13:28 - -- 13:28 Tetapi tidak ada seorangpun dari antara mereka yang duduk makan itu mengerti, apa maksud Yesus mengatakan itu kepada Yudas.
Yohanes baru diberit...
13:28 Tetapi tidak ada seorangpun dari antara mereka yang duduk makan itu mengerti, apa maksud Yesus mengatakan itu kepada Yudas.
Yohanes baru diberitahu bahwa Yudas akan mengkhianati Tuhan Yesus. Dia bingung, dan saat itu dia tidak mengkaitkan informasi baru itu dengan perintah Tuhan Yesus kepada Yudas. Murid-murid yang lain juga sama sekali tidak mengerti.
Oleh karena Yudas pergi dengan segera, Petrus dan murid-murid yang lain tetap tidak berkesempatan mengerti makna dari roti yang dicelupkan dan diberikan kepada Yudas. Dengan demikian Yudas dibiarkan untuk mengkhianati Tuhan Yesus, dan Tuhan Yesus telah membuktikan bahwa Dia mengetahui sebelumnya apa yang akan terjadi kepada-Nya. Mengingat pola yang dibahas dalam bahasan pasal 2:11 dan 22, tanda nubuatan ini menyatakan kemuliaan Allah, dan iman murid-murid itu dapat diteguhkan.
Hagelberg: Yoh 13:29 - -- 13:29 Karena Yudas memegang kas ada yang menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan itu, atau memberi apa-apa kepad...
13:29 Karena Yudas memegang kas ada yang menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan itu, atau memberi apa-apa kepada orang miskin.
Mereka sama sekali tidak mengerti apa yang sedang terjadi. Mereka masih yakin bahwa Yudas, yang memegang kas, layak dipercayai.
Ayat ini dipakai oleh mereka yang mengatakan bahwa peristiwa ini terjadi satu hari sebelum perayaan hari Paskah.982 Menurut mereka, jika mereka sedang merayakan perjamuan Paskah, maka sudah terlambat pergi membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan Paskah itu. Betul, tetapi keesokan hari mereka mulai merayakan hari raya Roti Tidak Beragi, yang berlangsung selama tujuh hari. Mereka menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan hari raya Roti Tidak Beragi. Juga, sangka mereka, bahwa Yudas disuruh memberi apa-apa kepada orang miskin juga masuk akal jika terjadi pada malam itu, setelah perayaan Paskah, karena malam itu pintu gerbang Bait Allah tetap buka, supaya pengemis dapat berkumpul di pelataran Bait Allah, untuk diberi amal.983
Hagelberg: Yoh 13:29 - -- 13:29 Karena Yudas memegang kas ada yang menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan itu, atau memberi apa-apa kepad...
13:29 Karena Yudas memegang kas ada yang menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan itu, atau memberi apa-apa kepada orang miskin.
Mereka sama sekali tidak mengerti apa yang sedang terjadi. Mereka masih yakin bahwa Yudas, yang memegang kas, layak dipercayai.
Ayat ini dipakai oleh mereka yang mengatakan bahwa peristiwa ini terjadi satu hari sebelum perayaan hari Paskah.982 Menurut mereka, jika mereka sedang merayakan perjamuan Paskah, maka sudah terlambat pergi membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan Paskah itu. Betul, tetapi keesokan hari mereka mulai merayakan hari raya Roti Tidak Beragi, yang berlangsung selama tujuh hari. Mereka menyangka, bahwa Yesus menyuruh dia membeli apa-apa yang perlu untuk perayaan hari raya Roti Tidak Beragi. Juga, sangka mereka, bahwa Yudas disuruh memberi apa-apa kepada orang miskin juga masuk akal jika terjadi pada malam itu, setelah perayaan Paskah, karena malam itu pintu gerbang Bait Allah tetap buka, supaya pengemis dapat berkumpul di pelataran Bait Allah, untuk diberi amal.983
Hagelberg: Yoh 13:30 - -- 13:30 Yudas menerima roti itu lalu segera pergi. Pada waktu itu hari sudah malam.
Mau tidak mau Yudas, yang dikuasai Iblis, tunduk kepada Tuhan Yesus....
13:30 Yudas menerima roti itu lalu segera pergi. Pada waktu itu hari sudah malam.
Mau tidak mau Yudas, yang dikuasai Iblis, tunduk kepada Tuhan Yesus.
Catatan Yohanes, bahwa hari sudah malam, adalah suatu fakta sejarah, tetapi catatan tersebut juga mengandung makna teologis yang dalam. Dalam pasal 1:5 Yohanes menulis, "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Yudas telah memihak pada kegelapan itu, karena dia "lebih menyukai kegelapan daripada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat" (pasal 3:19).
Hagelberg: Yoh 13:30 - -- 13:30 Yudas menerima roti itu lalu segera pergi. Pada waktu itu hari sudah malam.
Mau tidak mau Yudas, yang dikuasai Iblis, tunduk kepada Tuhan Yesus....
13:30 Yudas menerima roti itu lalu segera pergi. Pada waktu itu hari sudah malam.
Mau tidak mau Yudas, yang dikuasai Iblis, tunduk kepada Tuhan Yesus.
Catatan Yohanes, bahwa hari sudah malam, adalah suatu fakta sejarah, tetapi catatan tersebut juga mengandung makna teologis yang dalam. Dalam pasal 1:5 Yohanes menulis, "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Yudas telah memihak pada kegelapan itu, karena dia "lebih menyukai kegelapan daripada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat" (pasal 3:19).
Hagelberg: Yoh 13:31 - -- 13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus, "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan985 dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.
Dia dipermuliakan karena Di...
13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus, "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan985 dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.
Dia dipermuliakan karena Dia membiarkan proses pengkhianatan terhadap-Nya berjalan. Apa yang dianggap oleh manusia sebagai penghinaan, Tuhan Yesus anggap sebagai kemuliaan. Oleh karena dua faktor, maka salib itu mulia bagi Dia. Yang pertama adalah karena salib merupakan ketaatan yang sempurna. Dia diutus oleh Bapa-Nya untuk disalibkan, dan Dia berhasil secara sempurna. Dia tunduk pada kehendak Dia yang mengutus-Nya dengan sempurna! Dalam pasal 17:4 Tuhan Yesus berdoa, "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya." Dengan demikian salib-Nya adalah kemuliaan bagi Tuhan Yesus.
Yang kedua adalah karena salib-Nya bukan merupakan akhir cerita bagi Tuhan Yesus. Dia melanjutkan doa-Nya dalam pasal 17:5 yang berbunyi, "Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada." Kematian-Nya, penguburan-Nya, kenaikan-Nya, dan kemuliaan-Nya di sorga menyatu dalam pandangan Injil Yohanes.
Allah juga dipermuliakan di dalam Dia karena Allah rela mengutus Anak-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan dunia ini. Kerelaan tersebut membuktikan kasih Allah yang mulia. Memang kemuliaan Bapa dan kemuliaan Anak sangat erat kaitannya.
Hagelberg: Yoh 13:31-38 - -- 1. Yesus menubuatkan penyangkalan Petrus (13:31-38)
Pokok yang pertama dalam pesan ini adalah kemuliaan Allah dan kasih. Dalam lima pasal ini murid-mu...
1. Yesus menubuatkan penyangkalan Petrus (13:31-38)
Pokok yang pertama dalam pesan ini adalah kemuliaan Allah dan kasih. Dalam lima pasal ini murid-murid mengajukan pertanyaan atau pernyataan enam kali, dan Tuhan Yesus menanggapinya. Simon Petrus adalah yang pertama untuk berbicara. Dia yakin bahwa dia akan tetap setia.
Hagelberg: Yoh 13:31 - -- 13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus, "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan985 dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.
Dia dipermuliakan karena Di...
13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus, "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan985 dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.
Dia dipermuliakan karena Dia membiarkan proses pengkhianatan terhadap-Nya berjalan. Apa yang dianggap oleh manusia sebagai penghinaan, Tuhan Yesus anggap sebagai kemuliaan. Oleh karena dua faktor, maka salib itu mulia bagi Dia. Yang pertama adalah karena salib merupakan ketaatan yang sempurna. Dia diutus oleh Bapa-Nya untuk disalibkan, dan Dia berhasil secara sempurna. Dia tunduk pada kehendak Dia yang mengutus-Nya dengan sempurna! Dalam pasal 17:4 Tuhan Yesus berdoa, "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya." Dengan demikian salib-Nya adalah kemuliaan bagi Tuhan Yesus.
Yang kedua adalah karena salib-Nya bukan merupakan akhir cerita bagi Tuhan Yesus. Dia melanjutkan doa-Nya dalam pasal 17:5 yang berbunyi, "Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada." Kematian-Nya, penguburan-Nya, kenaikan-Nya, dan kemuliaan-Nya di sorga menyatu dalam pandangan Injil Yohanes.
Allah juga dipermuliakan di dalam Dia karena Allah rela mengutus Anak-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan dunia ini. Kerelaan tersebut membuktikan kasih Allah yang mulia. Memang kemuliaan Bapa dan kemuliaan Anak sangat erat kaitannya.
Hagelberg: Yoh 13:31--14:31 - -- B. Pesan Perpisahan: bagian pertama (13:31-14:31)
Perjanjian Lama mengandung beberapa "pesan perpisahan". Carson984 mencatat pesan perpisahan Yakub da...
B. Pesan Perpisahan: bagian pertama (13:31-14:31)
Perjanjian Lama mengandung beberapa "pesan perpisahan". Carson984 mencatat pesan perpisahan Yakub dalam Kejadian 49, Yosua dalam Yosua 22-24, dan Daud dalam 1 Tawarikh 28-29. Seluruh Kitab Ulangan dapat dianggap "pesan perpisahan" Musa kepada umat Israel. Tuhan Yesus juga memberi "pesan perpisahan", tetapi ada perbedaan yang sangat penting. Dia berpisah karena akan meninggal, tetapi Dia juga yakin bahwa Dia akan bangkit kembali.
Hagelberg: Yoh 13:32 - -- 13:32 Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera.
Meman...
13:32 Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera.
Memang sesuai dengan ayat 31, Allah dipermuliakan di dalam ketaatan Tuhan Yesus. Tetapi juga, Allah akan mempermuliakan Dia. Allah akan membangkitkan Dia dari kematian-Nya, dan mengangkat Dia ke sorga. Peristiwa ini terjadi dengan segera, dan tidak harus menunggu sampai kebangkitan seluruh manusia pada Hari Kiamat.
Hagelberg: Yoh 13:32 - -- 13:32 Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera.
Meman...
13:32 Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera.
Memang sesuai dengan ayat 31, Allah dipermuliakan di dalam ketaatan Tuhan Yesus. Tetapi juga, Allah akan mempermuliakan Dia. Allah akan membangkitkan Dia dari kematian-Nya, dan mengangkat Dia ke sorga. Peristiwa ini terjadi dengan segera, dan tidak harus menunggu sampai kebangkitan seluruh manusia pada Hari Kiamat.
Hagelberg: Yoh 13:33 - -- 13:33 Hai anak-anak-Ku,986 hanya seketika saja987 lagi Aku ada bersama kamu988. Kamu akan mencari Aku, dan seperti yang telah Kukatakan kepada orang-o...
13:33 Hai anak-anak-Ku,986 hanya seketika saja987 lagi Aku ada bersama kamu988. Kamu akan mencari Aku, dan seperti yang telah Kukatakan kepada orang-orang Yahudi: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang, demikian pula Aku mengatakannya sekarang juga kepada kamu.
Dia mulai menjelaskan kepada mereka mengenai pengkhianatan-Nya, kematian-Nya, dan kenaikan-Nya dengan kata-kata yang lemah lembut. Dalam pasal 7:34 Dia sudah berkata kepada orang-orang Yahudi, "Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada."989 Ternyata hal itu berlaku juga bagi mereka, dan sudah tiba saatnya mereka juga harus diberitahu.
Dia tidak menguraikan istilah tempat. Istilah itu mungkin merujuk pada kematian-Nya di salib, ataupun pada kenaikan-Nya ke sorga.
Hagelberg: Yoh 13:33 - -- 13:33 Hai anak-anak-Ku,986 hanya seketika saja987 lagi Aku ada bersama kamu988. Kamu akan mencari Aku, dan seperti yang telah Kukatakan kepada orang-o...
13:33 Hai anak-anak-Ku,986 hanya seketika saja987 lagi Aku ada bersama kamu988. Kamu akan mencari Aku, dan seperti yang telah Kukatakan kepada orang-orang Yahudi: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang, demikian pula Aku mengatakannya sekarang juga kepada kamu.
Dia mulai menjelaskan kepada mereka mengenai pengkhianatan-Nya, kematian-Nya, dan kenaikan-Nya dengan kata-kata yang lemah lembut. Dalam pasal 7:34 Dia sudah berkata kepada orang-orang Yahudi, "Kamu akan mencari Aku, tetapi tidak akan bertemu dengan Aku, sebab kamu tidak dapat datang ke tempat di mana Aku berada."989 Ternyata hal itu berlaku juga bagi mereka, dan sudah tiba saatnya mereka juga harus diberitahu.
Dia tidak menguraikan istilah tempat. Istilah itu mungkin merujuk pada kematian-Nya di salib, ataupun pada kenaikan-Nya ke sorga.
Hagelberg: Yoh 13:34 - -- 13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus sal...
13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
Standar tingkat kasih yang diperintahkan adalah kasih Tuhan Yesus. Carson990 mengamati bahwa pemahaman kita pada besarnya kasih Kristus ikut bertumbuh dengan tingkat kedewasaan orang dalam Kristus. Orang yang lebih dewasa dalam Kristus lebih mengerti besarnya dosa mereka, dan kasih Kristus, maka mereka lebih mengerti tingginya standar kasih ini.
Firman Allah sudan mengandung perintah yang mirip perintah baru ini, misalnya dalam Ulangan 6:5 dan Imamat 19:18, tetapi perintah ini tetap dikatakan baru karena standarnya baru, dan karena lingkungannya, yaitu jemaat orang percaya, juga baru. Perbandingan antara kasih yang diperintahkan dalam 1 Korintus 13 dan kasih yang begitu diatur dan diukur dalam kelima kitab Musa menyatakan barunya kasih yang diperintahkan dalam nas ini.991
Tema perintah baru dikemukakan di sini, pada permulaan pesan perpisahan, tetapi oleh karena tema keberangkatan Tuhan Yesus berat bagi Petrus (barangkali juga teman-temannya), Tuhan Yesus harus menunda tema perintah baru sampai pasal 15:9-16, dan menjelaskan lebih lanjut dan lebih rinci mengenai keberangkatan-Nya.
Hagelberg: Yoh 13:34 - -- 13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus sal...
13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
Standar tingkat kasih yang diperintahkan adalah kasih Tuhan Yesus. Carson990 mengamati bahwa pemahaman kita pada besarnya kasih Kristus ikut bertumbuh dengan tingkat kedewasaan orang dalam Kristus. Orang yang lebih dewasa dalam Kristus lebih mengerti besarnya dosa mereka, dan kasih Kristus, maka mereka lebih mengerti tingginya standar kasih ini.
Firman Allah sudan mengandung perintah yang mirip perintah baru ini, misalnya dalam Ulangan 6:5 dan Imamat 19:18, tetapi perintah ini tetap dikatakan baru karena standarnya baru, dan karena lingkungannya, yaitu jemaat orang percaya, juga baru. Perbandingan antara kasih yang diperintahkan dalam 1 Korintus 13 dan kasih yang begitu diatur dan diukur dalam kelima kitab Musa menyatakan barunya kasih yang diperintahkan dalam nas ini.991
Tema perintah baru dikemukakan di sini, pada permulaan pesan perpisahan, tetapi oleh karena tema keberangkatan Tuhan Yesus berat bagi Petrus (barangkali juga teman-temannya), Tuhan Yesus harus menunda tema perintah baru sampai pasal 15:9-16, dan menjelaskan lebih lanjut dan lebih rinci mengenai keberangkatan-Nya.
Hagelberg: Yoh 13:35 - -- 13:35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau992 kamu saling mengasihi."
Jemaat Kristus diperintahkan s...
Hagelberg: Yoh 13:35 - -- 13:35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau992 kamu saling mengasihi."
Jemaat Kristus diperintahkan s...
Hagelberg: Yoh 13:36 - -- 13:36 Simon Petrus berkata kepada Yesus, "Tuan,993 ke manakah Engkau pergi?" Jawab Yesus, "Ke tempat Aku pergi, engkau994 tidak dapat mengikuti Aku se...
13:36 Simon Petrus berkata kepada Yesus, "Tuan,993 ke manakah Engkau pergi?" Jawab Yesus, "Ke tempat Aku pergi, engkau994 tidak dapat mengikuti Aku sekarang, tetapi kelak engkau akan mengikuti Aku."
Ternyata kata-kata mengenai pentingnya kasih kurang menarik bagi Petrus, tetapi kata mengenai keberangkatan Tuhan Yesus bergema dalam pendengaran Petrus, sehingga dia harus minta keterangan.
Jawaban Tuhan Yesus tetap samar-samar, tetapi lebih lemah lembut. Ada juga tambahan, bahwa kelak engkau akan mengikuti Aku. Tampaknya tambahan itu merujuk pada kematian Petrus yang dinubuatkan dalam pasal 21:18-19.
Hagelberg: Yoh 13:36 - -- 13:36 Simon Petrus berkata kepada Yesus, "Tuan,993 ke manakah Engkau pergi?" Jawab Yesus, "Ke tempat Aku pergi, engkau994 tidak dapat mengikuti Aku se...
13:36 Simon Petrus berkata kepada Yesus, "Tuan,993 ke manakah Engkau pergi?" Jawab Yesus, "Ke tempat Aku pergi, engkau994 tidak dapat mengikuti Aku sekarang, tetapi kelak engkau akan mengikuti Aku."
Ternyata kata-kata mengenai pentingnya kasih kurang menarik bagi Petrus, tetapi kata mengenai keberangkatan Tuhan Yesus bergema dalam pendengaran Petrus, sehingga dia harus minta keterangan.
Jawaban Tuhan Yesus tetap samar-samar, tetapi lebih lemah lembut. Ada juga tambahan, bahwa kelak engkau akan mengikuti Aku. Tampaknya tambahan itu merujuk pada kematian Petrus yang dinubuatkan dalam pasal 21:18-19.
Hagelberg: Yoh 13:37 - -- 13:37 Kata Petrus kepada-Nya, "Tuan,995 mengapa aku tidak dapat mengikuti Engkau sekarang? Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!"
Pernyataan Tuhan Yesu...
13:37 Kata Petrus kepada-Nya, "Tuan,995 mengapa aku tidak dapat mengikuti Engkau sekarang? Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!"
Pernyataan Tuhan Yesus sangat sulit diterima oleh Petrus. Dia yakin bahwa dia mampu. Ternyata keyakinan itu ada pada dirinya sendiri, bukan pada Tuhan Yesus. Mungkin dia mengerti bahwa kematian mengancam, karena dia menyatakan kerelaan untuk mati bagi Yesus. Ataupun dia hanya mengatakan bahwa tidak ada yang dapat menghalangi dia, termasuk maut. Penyerahannya tinggi, tetapi masih belum dewasa. Dia belum memahami kelemahannya sebagai manusia. Culpepper996 mencatat ini sebagai salah satu kesalahpahaman yang dipakai oleh Tuhan Yesus untuk meneruskan penjelasan-Nya.
Dalam pasal 10:11 Tuhan Yesus berkata, "Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya." Petrus memakai kata-kata yang sama, tetapi dia menggantikan Tuhan Yesus sebagai orang yang akan memberikan nyawanya bagi orang lain! Pernyataan Petrus mengandung dua hal ironis. Pertama, ternyata dia akan lari ketakutan sama seperti yang lain, dan kedua, bukan dia yang akan memberikan nyawanya bagi orang lain, melainkan Tuhan Yesus sendiri yang akan memberikan nyawa-Nya.
Hagelberg: Yoh 13:37 - -- 13:37 Kata Petrus kepada-Nya, "Tuan,995 mengapa aku tidak dapat mengikuti Engkau sekarang? Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!"
Pernyataan Tuhan Yesu...
13:37 Kata Petrus kepada-Nya, "Tuan,995 mengapa aku tidak dapat mengikuti Engkau sekarang? Aku akan memberikan nyawaku bagi-Mu!"
Pernyataan Tuhan Yesus sangat sulit diterima oleh Petrus. Dia yakin bahwa dia mampu. Ternyata keyakinan itu ada pada dirinya sendiri, bukan pada Tuhan Yesus. Mungkin dia mengerti bahwa kematian mengancam, karena dia menyatakan kerelaan untuk mati bagi Yesus. Ataupun dia hanya mengatakan bahwa tidak ada yang dapat menghalangi dia, termasuk maut. Penyerahannya tinggi, tetapi masih belum dewasa. Dia belum memahami kelemahannya sebagai manusia. Culpepper996 mencatat ini sebagai salah satu kesalahpahaman yang dipakai oleh Tuhan Yesus untuk meneruskan penjelasan-Nya.
Dalam pasal 10:11 Tuhan Yesus berkata, "Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya." Petrus memakai kata-kata yang sama, tetapi dia menggantikan Tuhan Yesus sebagai orang yang akan memberikan nyawanya bagi orang lain! Pernyataan Petrus mengandung dua hal ironis. Pertama, ternyata dia akan lari ketakutan sama seperti yang lain, dan kedua, bukan dia yang akan memberikan nyawanya bagi orang lain, melainkan Tuhan Yesus sendiri yang akan memberikan nyawa-Nya.
Hagelberg: Yoh 13:38 - -- 13:38 Jawab Yesus, "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."...
13:38 Jawab Yesus, "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."
Tuhan Yesus mengulangi pernyataan Petrus, untuk menegaskan keironisannya. Namun menurut pasal 21:18-19 Petrus memang mati syahid. Saat kalimat ini diucapkan, belum saatnya bagi dia. Keduabelas jam yang disebutkan dalam pasal 11:9 belum lewat bagi Petrus. Tiga puluh tahun mendatang, keduabelas jam itu habis bagi dia. Pada saat yang dikisahkan dalam nas ini dia belum siap mati syahid, padahal dia merasa siap. Oleh karena keyakinan pada dirinya sendiri, maka nubuatan penyangkalannya diucapkan oleh Tuhan Yesus: Sebelum ayam berkokok, dia telah menyangkal Tuhan Yesus tiga kali. Petrus harus mengerti bahwa bukan dia yang akan memberi nyawanya. Yesuslah yang akan memberikan nyawa-Nya bagi Petrus. Nubuatan penyangkalan ini digenapi dalam pasal 18:27. Tidak ada catatan mengenai perkataan Petrus dalam sisa pesan perpisahan ini. Tampaknya dia bungkam.
Hagelberg: Yoh 13:38 - -- 13:38 Jawab Yesus, "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."...
13:38 Jawab Yesus, "Nyawamu akan kauberikan bagi-Ku? Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali."
Tuhan Yesus mengulangi pernyataan Petrus, untuk menegaskan keironisannya. Namun menurut pasal 21:18-19 Petrus memang mati syahid. Saat kalimat ini diucapkan, belum saatnya bagi dia. Keduabelas jam yang disebutkan dalam pasal 11:9 belum lewat bagi Petrus. Tiga puluh tahun mendatang, keduabelas jam itu habis bagi dia. Pada saat yang dikisahkan dalam nas ini dia belum siap mati syahid, padahal dia merasa siap. Oleh karena keyakinan pada dirinya sendiri, maka nubuatan penyangkalannya diucapkan oleh Tuhan Yesus: Sebelum ayam berkokok, dia telah menyangkal Tuhan Yesus tiga kali. Petrus harus mengerti bahwa bukan dia yang akan memberi nyawanya. Yesuslah yang akan memberikan nyawa-Nya bagi Petrus. Nubuatan penyangkalan ini digenapi dalam pasal 18:27. Tidak ada catatan mengenai perkataan Petrus dalam sisa pesan perpisahan ini. Tampaknya dia bungkam.