Kejadian 33:11
Konteks33:11 Terimalah kiranya pemberian s tanda salamku ini, yang telah kubawa kepadamu, sebab Allah telah memberi karunia kepadaku t dan akupun mempunyai segala-galanya. u " Lalu dibujuk-bujuknyalah Esau, sehingga diterimanya. v
Kejadian 4:11
Konteks4:11 Maka sekarang, terkutuklah q engkau 1 , terbuang jauh dari tanah yang mengangakan mulutnya untuk menerima darah adikmu itu dari tanganmu.
Kejadian 21:30
Konteks21:30 Jawabnya: "Ketujuh anak domba ini harus kauterima dari tanganku untuk menjadi tanda bukti r bagiku, bahwa akulah yang menggali sumur s ini."
Kejadian 33:10
Konteks33:10 Tetapi kata Yakub: "Janganlah kiranya demikian; jikalau aku telah mendapat kasihmu, o terimalah persembahanku p ini dari tanganku, karena memang melihat mukamu adalah bagiku serasa melihat wajah Allah, q dan engkaupun berkenan r menyambut aku.
Kejadian 32:10
Konteks32:10 sekali-kali aku tidak layak untuk menerima segala kasih dan kesetiaan m yang Engkau tunjukkan kepada hamba-Mu ini, sebab aku membawa hanya tongkatku n ini waktu aku menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah menjadi dua pasukan. o
Kejadian 23:13
Konteks23:13 serta berkata kepada Efron dengan didengar oleh mereka: "Sesungguhnya, jika engkau suka, dengarkanlah aku: aku membayar harga ladang itu; terimalah itu dari padaku, supaya aku dapat menguburkan isteriku yang mati itu di sana."
Kejadian 43:23
Konteks43:23 Tetapi jawabnya: "Tenang sajalah, jangan takut; Allahmu dan Allah bapamu n telah memberikan kepadamu harta terpendam dalam karungmu; o uangmu itu telah kuterima." Kemudian dikeluarkannyalah Simeon dan dibawanya kepada mereka. p
Kejadian 50:17
Konteks50:17 Beginilah harus kamu katakan kepada Yusuf: Ampunilah kiranya kesalahan saudara-saudaramu dan dosa s mereka, sebab mereka telah berbuat jahat t kepadamu. Maka sekarang, ampunilah kiranya kesalahan yang dibuat hamba-hamba Allah ayahmu. u " Lalu menangislah v Yusuf, ketika orang berkata demikian kepadanya.
Kejadian 19:21
Konteks19:21 Sahut malaikat itu kepadanya: "Baiklah, dalam hal inipun permintaanmu u akan kuterima dengan baik; yakni kota yang telah kau sebut itu tidak akan kutunggangbalikkan.
Kejadian 31:15
Konteks31:15 Bukankah kami ini dianggapnya sebagai orang asing, x karena ia telah menjual kami? Juga bagian kami telah dihabiskannya y sama sekali.
Kejadian 32:20
Konteks32:20 dan kamu harus mengatakan juga: Hambamu a Yakub sendiri ada di belakang kami." Sebab pikir Yakub: "Baiklah aku mendamaikan hatinya dengan persembahan b yang diantarkan lebih dahulu, c kemudian barulah aku akan melihat mukanya; mungkin ia akan menerima aku d dengan baik."
Kejadian 34:17
Konteks34:17 Tetapi jika kamu tidak mendengarkan perkataan kami dan kamu tidak disunat, maka kami akan mengambil kembali anak itu, lalu pergi."
Kejadian 17:11
Konteks17:11 haruslah dikerat kulit khatanmu 2 u dan itulah akan menjadi tanda perjanjian v antara Aku dan kamu.
Kejadian 30:6
Konteks30:6 Berkatalah Rahel: "Allah telah memberikan keadilan k kepadaku, juga telah didengarkan-Nya permohonanku dan diberikan-Nya kepadaku seorang anak laki-laki. l " Itulah sebabnya ia menamai anak itu Dan. m
Kejadian 14:24
Konteks14:24 Kalau aku, jangan sekali-kali! Hanya apa yang telah dimakan oleh bujang-bujang ini dan juga bagian orang-orang yang pergi bersama-sama dengan aku, yakni Aner, Eskol dan Mamre, p biarlah mereka itu mengambil bagiannya masing-masing."
Kejadian 50:16
Konteks50:16 Sebab itu mereka menyuruh menyampaikan pesan ini kepada Yusuf: "Sebelum ayahmu mati, ia telah berpesan: r
Kejadian 24:27
Konteks24:27 serta berkata: "Terpujilah TUHAN, h Allah tuanku Abraham, i yang tidak menarik kembali kasih-Nya dan setia-Nya j dari tuanku itu; dan TUHAN telah menuntun aku 3 di jalan k ke rumah saudara-saudara l tuanku ini!"
Kejadian 45:16
Konteks45:16 Ketika dalam istana Firaun terdengar kabar, bahwa saudara-saudara Yusuf datang, u hal itu diterima v dengan baik oleh Firaun dan pegawai-pegawainya. w
Kejadian 47:25
Konteks47:25 Lalu berkatalah mereka: "Engkau telah memelihara hidup kami; asal kiranya kami mendapat kasih tuanku, y biarlah kami menjadi hamba kepada Firaun. z "
Kejadian 18:5
Konteks18:5 biarlah kuambil sepotong roti, n supaya tuan-tuan segar kembali; kemudian bolehlah tuan-tuan meneruskan perjalanannya; sebab tuan-tuan telah datang ke tempat hambamu ini." Jawab mereka: "Perbuatlah seperti yang kaukatakan itu."
Kejadian 15:1
KonteksKejadian 40:14
Konteks40:14 Tetapi, ingatlah kepadaku, l apabila keadaanmu telah baik nanti, tunjukkanlah terima kasihmu m kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun n dan tolonglah keluarkan aku dari rumah ini.
Kejadian 41:37
KonteksKejadian 15:6
Konteks15:6 Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran 5 . d
Kejadian 29:23
Konteks29:23 Tetapi pada waktu malam diambilnyalah Lea, d anaknya, lalu dibawanya kepada Yakub. Maka Yakubpun menghampiri dia.
Kejadian 21:10
Konteks21:10 Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan r itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak. s "
Kejadian 23:16
Konteks23:16 Lalu Abraham menerima usul Efron, maka ditimbangnyalah perak untuk Efron, sebanyak yang dimintanya dengan didengar oleh bani Het itu, empat ratus syikal perak, n seperti yang berlaku di antara para saudagar. o
Kejadian 29:30
Konteks29:30 Yakub menghampiri Rahel juga, malah ia lebih cinta kepada Rahel dari pada kepada Lea. o Demikianlah ia bekerja pula pada Laban tujuh tahun p lagi.
Kejadian 43:34
Konteks43:34 Lalu disajikan kepada mereka hidangan dari meja Yusuf, tetapi yang diterima Benyamin adalah lima kali lebih banyak dari pada setiap orang yang lain. n Lalu minumlah mereka o dan bersukaria bersama-sama dengan dia.
Kejadian 47:26
Konteks47:26 Yusuf membuat hal itu menjadi suatu ketetapan mengenai tanah di Mesir sampai sekarang, yakni bahwa seperlima a dari hasilnya menjadi milik Firaun; hanya tanah para imam tidak menjadi milik Firaun. b
Kejadian 4:7
Konteks4:7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; k ia sangat menggoda engkau 6 , tetapi engkau harus berkuasa atasnya. l "
Kejadian 19:2
Konteks19:2 serta berkata: "Tuan-tuan, silakanlah singgah ke rumah hambamu ini, bermalamlah di sini dan basuhlah kakimu, p maka besok pagi tuan-tuan boleh melanjutkan perjalanannya." Jawab mereka: "Tidak, kami akan bermalam di tanah lapang. q "
[4:11] 1 Full Life : SEKARANG, TERKUTUKLAH ENGKAU.
Nas : Kej 4:11
Kain dikutuk oleh Allah dalam arti Allah tidak lagi akan memberkati usahanya untuk mencari nafkah dari tanah (bd. ayat Kej 4:2-3). Tampaknya, Kain tidak merendahkan diri dalam penyesalan dan pertobatan karena ia memisahkan diri dari Tuhan dan berusaha untuk hidup tanpa pertolongan Allah (ayat Kej 4:16).
[17:11] 2 Full Life : DIKERAT KULIT KHATANMU.
Nas : Kej 17:11
Sunat merupakan tanda dan meterai dari perjanjian Allah dengan Abraham dan keturunannya.
- 1) Sunat adalah tanda bahwa mereka telah menerima perjanjian Allah dan Allah menjadi Tuhan mereka.
- 2) Sunat merupakan meterai kebenaran yang mereka miliki oleh iman (Kej 15:6; Rom 4:11).
- 3) Sunat akan mengingatkan umat itu akan janji-janji Allah kepada mereka dan tanggung jawab pribadi yang harus mereka penuhi.
[24:27] 3 Full Life : TUHAN TELAH MENUNTUN AKU.
Nas : Kej 24:27
Karena sang hamba telah mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh, maka Tuhan telah menuntunnya sepanjang jalan. Peristiwa ini selaras dengan ajaran Alkitab bahwa "Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya" (Mazm 37:23). Lagi, "akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Dia akan meluruskan jalanmu" (Ams 3:6). Dengan cara yang sama, semua orang percaya harus mengharapkan bahwa Allah menuntun mereka dengan setia sebagaimana Dia menuntun hamba Abraham
(lihat cat. --> Kej 24:40;
[atau ref. Kej 24:40]
[15:1] 4 Full Life : PERISAIMU; UPAHMU AKAN SANGAT BESAR.
Nas : Kej 15:1
Setelah berperang melawan raja-raja itu, Abram merasa susah dan takut. Oleh karena itu Allah meyakinkan Abram di dalam suatu penglihatan bahwa Ia adalah perisai dan upah Abram. Abram menanggapi kata-kata yang menguatkan ini dengan mengingat bahwa dia tidak mempunyai anak dan karena itu tidak ada ahli waris (ayat Kej 15:2), sehingga ia menganjurkan untuk mengadopsi salah seorang hambanya menjadi ahli waris. Allah menolak usul itu, serta berjanji bahwa Abram akan memperoleh anak laki-laki dari istrinya Sarai yang mandul (bd. Kej 11:30) dan memiliki keturunan yang sangat banyak. Hal yang luar biasa -- dan kebesaran Abram -- ialah bahwa dia percaya Allah. Iman ini kepada Allah yang diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran
(lihat cat. --> Kej 15:6 berikutnya).
[atau ref. Kej 15:6]
[15:6] 5 Full Life : PERCAYALAH ABRAM ... MEMPERHITUNGKAN HAL ITU KEPADANYA SEBAGAI KEBENARAN.
Nas : Kej 15:6
Untuk pertama kalinya iman dan kebenaran disebut bersama-sama dalam Alkitab.
- 1) Di dalam PL, iman memiliki dua pengertian:
- (a) "percaya" atau "bergantung pada," dan
- (b) "taat" atau "kesetiaan." Jadi "percaya" (Ibr. _'aman_) berarti bertekun dalam mempercayai dan yakin dengan menyatakan kesetiaan yang bersifat taat. Inilah iman yang dimiliki Abram. Hatinya terarah kepada Allah dalam kepercayaan, ketaatan dan penyerahan yang tetap.
- 2) Allah melihat sikap hati Abram yang beriman dan memperhitungkan hal
itu sebagai kebenaran. Istilah "kebenaran" berarti mempunyai hubungan
yang benar dengan Allah dan kehendak-Nya (bd. Kej 6:9; Ayub 12:14
dst.). Lagi pula, Allah mengadakan perjanjian dengan Abram; dengan ini
Abram menerima Allah sebagai perisai dan upahnya (ayat Kej 15:1),
keturunan yang banyak (ayat Kej 15:5), dan janji suatu negeri (ayat
Kej 15:7;
lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...).
- 3) Di bawah perjanjian yang baru, berkat Allah, hubungan benar dan
persekutuan dengan Allah juga diterima melalui iman. Hal ini merupakan
kebenaran yang mendasar dalam PB (Rom 4:3; Gal 3:6; Yak 2:23;
lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Demikianlah, Abraham menjadi "bapa semua orang percaya" (Rom 4:11).
[4:7] 6 Full Life : IA SANGAT MENGGODA ENGKAU
Nas : Kej 4:7
(versi Inggris NIV -- ia sangat menginginkanmu). Allah menggambarkan dosa sebagai kekuatan menggoda yang, seperti binatang buas, siap menerkam dan menelan. Namun, Allah juga memberikan kemampuan untuk melawan dan menolak dosa dengan tunduk pada firman-Nya, dengan bantuan kasih karunia-Nya. Manusialah yang memilih apakah mereka akan menyerah kepada dosa atau mengalahkannya (bd. Rom 6:1-23).