TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Amsal 21:3

Konteks
21:3 Melakukan kebenaran dan keadilan lebih dikenan TUHAN dari pada korban 1 . f 

Amsal 21:27

Konteks
21:27 Korban orang fasik adalah kekejian, f  lebih-lebih kalau dipersembahkan dengan maksud jahat. g 

Amsal 3:14

Konteks
3:14 karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas. t 

Amsal 16:32

Konteks
16:32 Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Amsal 16:16

Konteks
16:16 Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian r  jauh lebih berharga dari pada mendapat perak. s 

Amsal 22:1

Konteks
22:1 Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas. n 

Amsal 8:10

Konteks
8:10 Terimalah didikanku, lebih dari pada perak, dan pengetahuan lebih dari pada emas a  pilihan.

Amsal 24:5

Konteks
24:5 Orang yang bijak lebih berwibawa dari pada orang kuat, juga orang yang berpengetahuan dari pada orang yang tegap kuat.

Amsal 16:8

Konteks
16:8 Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, dari pada penghasilan banyak g  tanpa keadilan. h 

Amsal 19:22

Konteks
19:22 Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.

Amsal 27:5

Konteks
27:5 Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.

Amsal 3:15

Konteks
3:15 Ia lebih berharga dari pada permata; u  apapun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya. v 

Amsal 8:11

Konteks
8:11 Karena hikmat lebih berharga b  dari pada permata, apapun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya. c 

Amsal 15:17

Konteks
15:17 Lebih baik sepiring sayur dengan kasih dari pada lembu tambun dengan kebencian. t 

Amsal 16:19

Konteks
16:19 Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati dari pada membagi rampasan dengan orang congkak.

Amsal 19:1

Konteks
19:1 Lebih baik seorang miskin yang bersih kelakuannya dari pada seorang yang serong bibirnya lagi bebal. w 

Amsal 26:16

Konteks
26:16 Si pemalas menganggap dirinya lebih bijak dari pada tujuh orang yang menjawab dengan bijaksana.

Amsal 28:6

Konteks
28:6 Lebih baik orang miskin yang bersih kelakuannya dari pada orang yang berliku-liku z  jalannya, sekalipun ia kaya.

Amsal 28:23

Konteks
28:23 Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi dari pada orang yang menjilat. u 

Amsal 31:10

Konteks
Puji-pujian untuk isteri yang cakap
31:10 Isteri yang cakap 2  e  siapakah akan mendapatkannya? f  Ia lebih berharga dari pada permata.

Amsal 15:16

Konteks
15:16 Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan. s 

Amsal 17:1

Konteks
17:1 Lebih baik sekerat roti yang kering disertai dengan ketenteraman, dari pada makanan daging serumah disertai dengan perbantahan. r 

Amsal 17:10

Konteks
17:10 Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.

Amsal 18:19

Konteks
18:19 Saudara yang dikhianati p  lebih sulit dihampiri dari pada kota yang kuat, dan pertengkaran adalah seperti palang gapura sebuah puri.

Amsal 18:24

Konteks
18:24 Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara. v 

Amsal 21:9

Konteks
21:9 Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar. l 

Amsal 21:19

Konteks
21:19 Lebih baik tinggal di padang gurun dari pada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar v  dan pemarah.

Amsal 25:24

Konteks
25:24 Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar. t 

Amsal 26:12

Konteks
26:12 Jika engkau melihat orang yang menganggap dirinya bijak 3 , k  harapan bagi orang bebal lebih banyak dari pada bagi orang itu. l 

Amsal 29:20

Konteks
29:20 Kaulihat orang yang cepat dengan kata-katanya; harapan lebih banyak bagi orang bebal dari pada bagi orang itu. c 

Amsal 5:3

Konteks
5:3 Karena bibir perempuan jalang 4  menitikkan tetesan madu dan langit-langit mulutnya lebih licin dari pada minyak, m 

Amsal 4:23

Konteks
4:23 Jagalah f  hatimu 5  dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. g 

Amsal 27:3

Konteks
27:3 Batu adalah berat dan pasirpun e  ada beratnya, tetapi lebih berat dari kedua-duanya adalah sakit hati terhadap orang bodoh.

Amsal 25:7

Konteks
25:7 Karena lebih baik orang berkata kepadamu: "Naiklah ke mari, i " dari pada engkau direndahkan di hadapan orang mulia. Apa matamu lihat,

Amsal 27:10

Konteks
27:10 Jangan kautinggalkan temanmu dan teman ayahmu. Jangan datang di rumah saudaramu pada waktu engkau malang. j  Lebih baik tetangga yang dekat dari pada saudara yang jauh.

Amsal 27:9

Konteks
27:9 Minyak dan wangi-wangian i  menyukakan hati, tetapi penderitaan merobek jiwa.

Amsal 19:10

Konteks
19:10 Kemewahan tidak layak bagi orang bebal, k  apalagi bagi seorang budak memerintah pembesar. l 

Amsal 19:18

Konteks
19:18 Hajarlah anakmu 6  selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya. y 

Amsal 17:7

Konteks
17:7 Orang bebal tidak layak mengucapkan kata-kata yang bagus, apalagi orang mulia z  mengucapkan kata-kata dusta.

Amsal 8:19

Konteks
8:19 Buahku lebih berharga dari pada emas, o  bahkan dari pada emas tua, hasilku lebih dari pada perak p  pilihan.

Amsal 30:9

Konteks
30:9 Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu y  dan berkata: Siapa TUHAN z  itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku. a 

Amsal 9:17

Konteks
9:17 "Air curian manis, dan roti yang dimakan dengan sembunyi-sembunyi lezat m  rasanya."

Amsal 12:9

Konteks
12:9 Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan.

Amsal 17:12

Konteks
17:12 Lebih baik berjumpa dengan beruang betina yang kehilangan anak, dari pada dengan orang bebal dengan kebodohannya. d 

Amsal 9:11

Konteks
9:11 Karena oleh aku umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah. g 

Amsal 20:15

Konteks
20:15 Sekalipun ada emas dan permata banyak, tetapi yang paling berharga ialah bibir yang berpengetahuan.

Amsal 30:30

Konteks
30:30 singa, yang terkuat di antara binatang, yang tidak mundur terhadap apapun.

Amsal 9:9

Konteks
9:9 berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya c  akan bertambah.

Amsal 3:13

Konteks
3:13 Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian,

Amsal 12:26

Konteks
12:26 Orang benar mendapati tempat penggembalaannya, tetapi jalan orang fasik menyesatkan o  mereka sendiri.

Amsal 16:21

Konteks
16:21 Orang yang bijak hati disebut berpengertian, dan berbicara manis lebih dapat meyakinkan. z 

Amsal 27:4

Konteks
27:4 Panas hati kejam dan murka melanda, tetapi siapa dapat tahan terhadap cemburu? f 

Amsal 30:2

Konteks
30:2 Sebab aku ini lebih bodoh dari pada orang lain, pengertian manusia tidak ada padaku.

Amsal 31:29

Konteks
31:29 Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semua.

Amsal 11:15

Konteks
11:15 Sangat malanglah orang yang menanggung p  orang lain, tetapi siapa membenci pertanggungan, amanlah q  ia.

Amsal 8:25

Konteks
8:25 Sebelum gunung-gunung tertanam t  dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir; u 

Amsal 16:23

Konteks
16:23 Hati orang bijak menjadikan mulutnya b  berakal budi, dan menjadikan bibirnya lebih dapat meyakinkan. c 

Amsal 27:6

Konteks
27:6 Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium g  secara berlimpah-limpah.

Amsal 10:16

Konteks
10:16 Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, q  penghasilan orang fasik membawa kepada dosa. r 

Amsal 11:31

Konteks
11:31 Kalau orang benar menerima balasan g  di atas bumi, lebih-lebih orang fasik dan orang berdosa!

Amsal 15:11

Konteks
15:11 Dunia orang mati dan kebinasaan terbuka di hadapan TUHAN, l  lebih-lebih hati anak manusia! m 

Amsal 25:6

Konteks
25:6 Jangan berlagak di hadapan raja, atau berdiri di tempat para pembesar.

Amsal 25:27

Konteks
25:27 Tidaklah baik makan banyak madu; v  sebab itu biarlah jarang kata-kata pujianmu. w 

Amsal 26:10

Konteks
26:10 Siapa mempekerjakan orang bebal dan orang-orang yang lewat adalah seperti pemanah yang melukai tiap orang.

Amsal 28:3

Konteks
28:3 Orang miskin yang menindas orang-orang yang lemah adalah seperti hujan deras, tetapi tidak memberi makanan.

Amsal 28:25

Konteks
28:25 Orang yang loba, menimbulkan pertengkaran, x  tetapi siapa percaya kepada TUHAN, y  diberi kelimpahan.

Amsal 1:5

Konteks
1:5 baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu f  dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan--

Amsal 2:3

Konteks
2:3 ya, jikalau engkau berseru kepada pengertian 7 , z  dan menujukan suaramu kepada kepandaian,

Amsal 3:7

Konteks
3:7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri h  bijak, takutlah akan TUHAN i  dan jauhilah kejahatan; j 

Amsal 4:18

Konteks
4:18 Tetapi jalan orang benar w  itu seperti cahaya fajar, x  yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari. y 

Amsal 11:24

Konteks
11:24 Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya 8 , ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.

Amsal 19:25

Konteks
19:25 Jikalau si pencemooh kaupukul, barulah orang yang tak berpengalaman menjadi bijak, jikalau orang yang berpengertian e  ditegur, ia menjadi insaf. f 

Amsal 9:7

Konteks
9:7 Siapa mendidik seorang pencemooh, mendatangkan cemooh kepada dirinya sendiri, dan siapa mengecam orang fasik, mendapat cela. z 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[21:3]  1 Full Life : LEBIH DIKENAN TUHAN DARIPADA KORBAN.

Nas : Ams 21:3

Allah menghendaki agar umat-Nya benar dan adil daripada hanya terlibat dalam aneka kegiatan rohani. Korban, penyembahan, dan persembahan tidak dikenan oleh-Nya jikalau kita tidak hidup sesuai dengan kehendak-Nya (bd. Hos 6:6; Mi 6:7-8; Rom 12:1-2; Ibr 10:5-9). Pemberian yang dipersembahkan kepada Allah harus disertai hidup yang kudus; jika tidak semua itu kekejian bagi Dia (ayat Ams 21:27).

[31:10]  2 Full Life : ISTRI YANG CAKAP.

Nas : Ams 31:10-31

Ayat-ayat ini melukiskan istri dan ibu yang ideal. Seluruh hidupnya berkisar pada ketakutan yang menghormat kepada Allah (ayat Ams 31:30), belas kasihan bagi mereka yang mengalami kekurangan (ayat Ams 31:19-20), serta kesetiaan dan kasih kepada keluarga mereka (ayat Ams 31:27). Semua cita-cita yang diajukan di sini mungkin tidak akan digenapi dalam seorang istri atau ibu, tetapi setiap istri bisa berusaha untuk melayani Allah, keluarga, dan sesamanya dengan kemampuan dan sumber-sumber daya yang diberikan Allah kepadanya

(lihat cat. --> Ef 5:22;

lihat cat. --> 1Tim 2:15).

[atau ref. Ef 5:22; 1Tim 2:15]

[26:12]  3 Full Life : MENGANGGAP DIRINYA BIJAK.

Nas : Ams 26:12

Keangkuhan dan merasa diri penting menyebabkan orang menggangap dirinya bijak menurut pendapat sendiri sehingga dengan angkuh mempercayai pikirannya sendiri. Tetapi, hikmat dan kebenaran bukan dibentuk oleh nalar manusia, tetapi oleh menerima apa yang dikatakan dan dinyatakan Allah dalam seluruh Alkitab. Dengan jujur mengakui kemungkinan untuk menipu di dalam hati kita, tidak berarti kita boleh dengan sendirinya beranggapan bahwa standar-standar benar dan salah kita adalah standar Allah

(lihat cat. --> Yer 17:9);

[atau ref. Yer 17:9]

sebaliknya, Allah memanggil kita dengan rendah hati untuk menaklukkan semua pikiran kita kepada kekuasaan penyataan-Nya dan pelayanan Roh Kudus (Yoh 16:8-14), memohon Dia untuk menginsafkan dan membetulkan dalam hal-hal di mana kita salah (bd. Wahy 3:17).

[5:3]  4 Full Life : BIBIR PEREMPUAN JALANG.

Nas : Ams 5:3

Kitab ini berkali-kali mengingatkan tentang kebinasaan dari kebejatan seksual. Salomo menekankan bahwa walaupun kesenangan kebejatan menarik, penyerahan kepada kebejatan akan mendatangkan kehancuran (ayat Ams 5:7-14). Pelanggaran terhadap standar Allah mengenai kesucian dan kemurnian seksual terdapat di dalam pasal ini dan di Ams 2:16-19; Ams 6:20-35; 22:14; 23:27-28; 29:3; 30:20; 31:3. Alternatif dari kedursilaan seksual ialah komitmen kepada Allah (ayat Ams 5:1), penguasaan diri sebelum pernikahan, dan kepuasan keinginan seksual alamiah melalui hidup kasih yang kudus dalam pernikahan (ayat Ams 5:15-23;

lihat art. NORMA-NORMA MORALITAS SEKSUAL).

[4:23]  5 Full Life : JAGALAH HATIMU.

Nas : Ams 4:23

Hati adalah sumber keinginan dan keputusan

(lihat art. HATI).

Mengikut Allah dan mengenal jalan-jalan-Nya meliputi suatu keputusan teguh untuk tetap mengabdi kepada-Nya, mencari dahulu kerajaan-Nya dan kebenaran-Nya (Mat 6:33). Jikalau kita menemukan bahwa dahaga dan lapar akan Allah dan kerajaan-Nya sedang menurun, kita harus menilai kembali prioritas kita, dengan jujur mengakui kesuaman kita, dan dengan sungguh-sungguh berdoa memohon kerinduan baru akan Allah dan perkenan-Nya. Lalai dalam menjaga hati kita akan mengakibatkan kita menyimpang dari jalan yang aman dan terjebak dalam jerat pembinasaan (bd. Ams 7:24-27); menjaga hati kita melebihi segala sesuatu menghasilkan hidup yang mantap pada jalan yang rata karena perkenan dan kasih karunia-Nya (ayat Ams 4:25-27).

[19:18]  6 Full Life : HAJARLAH ANAKMU.

Nas : Ams 19:18

Anak-anak harus dihajar pada usia muda selagi ada kesempatan untuk membentuk hidup mereka menjadi baik dan mengajar mereka jalan-jalan saleh. Apabila orang-tua mengabaikan hal itu, mereka ikut bertanggung jawab atas kehancuran yang kemudian menimpa anak-anak mereka

(lihat cat. --> Ams 13:24).

[atau ref. Ams 13:24]

[2:3]  7 Full Life : BERSERU KEPADA PENGERTIAN.

Nas : Ams 2:3

Mempelajari firman Allah

(lihat cat. --> Ams 2:1 sebelumnya)

[atau ref. Ams 2:1]

harus disertai sikap doa yang sungguh-sungguh berseru memohon hikmat dan pengertian. Belajar saja mungkin menjadikan kita sarjana Alkitab, tetapi berdoa bersama belajar firman Allah mengizinkan Roh Kudus mengambil penyataan itu dan mengubah kita menjadi orang rohani. Dengan dahaga akan penerangan dan pemahaman ilahi, berdoalah tentang ayat-ayat Alkitab yang saudara baca (ayat Ams 2:5-7)

[11:24]  8 Full Life : MENYEBAR HARTA, TETAPI BERTAMBAH KAYA.

Nas : Ams 11:24-25

Allah berjanji bahwa orang yang banyak memberi akan menerima kembali lebih daripada yang diberinya. Tuhan memberkati orang yang baik hati dan bermurah hati, apakah itu pemberian uang atau diri sendiri. PB mengajarkan bahwa kita adalah pengawas karunia-karunia Allah dan harus memakainya demi kepentingan-Nya dan demi orang yang membutuhkan pertolongan (Mat 25:26-27;

lihat cat. --> 2Kor 8:2;

lihat cat. --> 2Kor 9:8).

[atau ref. 2Kor 8:2; 9:8]



TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA