Amsal 18:16
Konteks18:16 Hadiah n memberi keluasan kepada orang, membawa dia menghadap orang-orang besar.
Amsal 25:6
Konteks25:6 Jangan berlagak di hadapan raja, atau berdiri di tempat para pembesar.
Amsal 23:2
Konteks23:2 Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu!
Amsal 22:1
Konteks22:1 Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas. n
Amsal 28:12
Konteks28:12 Jika orang benar menang, banyaklah pujian g orang, tetapi jika orang fasik mendapat kekuasaan, orang menyembunyikan diri. h
Amsal 14:28
Konteks14:28 Dalam besarnya jumlah rakyat terletak kemegahan raja, tetapi tanpa rakyat runtuhlah g pemerintah.
Amsal 5:23
Konteks5:23 Ia mati, karena tidak menerima didikan e dan karena kebodohannya f yang besar ia tersesat.
Amsal 17:19
Konteks17:19 Siapa suka bertengkar, suka juga kepada pelanggaran, siapa memewahkan pintunya mencari kehancuran.
Amsal 19:19
Konteks19:19 Orang yang sangat cepat marah akan kena denda, karena jika engkau hendak menolongnya, engkau hanya menambah marahnya.
Amsal 24:5
Konteks24:5 Orang yang bijak lebih berwibawa dari pada orang kuat, juga orang yang berpengetahuan dari pada orang yang tegap kuat.
Amsal 16:8
Konteks16:8 Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, dari pada penghasilan banyak g tanpa keadilan. h
Amsal 6:26
Konteks6:26 Karena bagi seorang sundal sepotong rotilah yang penting, tetapi isteri orang lain memburu nyawa p yang berharga.
Amsal 15:27
Konteks15:27 Siapa loba akan keuntungan gelap, mengacaukan rumah tangganya, tetapi siapa membenci suap akan hidup. j
Amsal 28:8
Konteks28:8 Orang yang memperbanyak hartanya dengan riba dan bunga uang, b mengumpulkan itu untuk orang-orang c yang mempunyai belas kasihan kepada orang-orang lemah. d
Amsal 14:29
Konteks14:29 Orang yang sabar besar pengertiannya, h tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan. i
Amsal 23:1
Konteks23:1 Bila engkau duduk makan dengan seorang pembesar, perhatikanlah baik-baik apa yang ada di depanmu.
Amsal 12:9
Konteks12:9 Lebih baik menjadi orang kecil, tetapi bekerja untuk diri sendiri, dari pada berlagak orang besar, tetapi kekurangan makan.
Amsal 8:16
Konteks8:16 Karena aku para pembesar berkuasa j juga para bangsawan dan semua hakim di bumi.
Amsal 12:25
Konteks12:25 Kekuatiran dalam hati membungkukkan n orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.
Amsal 16:18
Konteks16:18 Kecongkakan u mendahului kehancuran, dan tinggi hati v mendahului kejatuhan. w
Amsal 30:13
Konteks30:13 Ada keturunan yang berpandangan angkuh, e yang terangkat kelopak matanya.
Amsal 4:8
Konteks4:8 Junjunglah dia, maka engkau l akan ditinggikannya; engkau akan dijadikan terhormat, apabila engkau memeluknya.
Amsal 30:32
Konteks30:32 Bila engkau menyombongkan diri tanpa atau dengan berpikir, tekapkanlah tangan pada mulut! t
Amsal 15:16
Konteks15:16 Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan. s
Amsal 16:32
Konteks16:32 Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.
Amsal 3:14
Konteks3:14 karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas. t
Amsal 7:11
Konteks7:11 cerewet f dan liat perempuan ini, kakinya tak dapat tenang di rumah,
Amsal 8:15
Konteks8:15 Karena aku para raja memerintah, dan para pembesar i menetapkan keadilan.
Amsal 9:2
Konteks9:2 memotong ternak sembelihannya, mencampur anggurnya, p dan menyediakan hidangannya. q
Amsal 9:13
Konteks9:13 Perempuan bebal cerewet, h sangat tidak berpengalaman ia, dan tidak tahu malu. i
Amsal 11:11
Konteks11:11 Berkat orang jujur memperkembangkan kota, h tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya. i
Amsal 14:23
Konteks14:23 Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja.
Amsal 18:12
Konteks18:12 Tinggi hati 1 mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan. j
Amsal 23:15
Konteks23:15 Hai anakku, jika hatimu bijak, hatiku juga bersukacita.
Amsal 6:35
Konteks6:35 ia tidak akan mau menerima tebusan suatupun, dan ia akan tetap bersikeras, betapa banyakpun y pemberianmu.
Amsal 7:26
Konteks7:26 Karena banyaklah orang yang gugur ditewaskannya, sangat besarlah jumlah orang yang dibunuhnya.
Amsal 13:3
Konteks13:3 Siapa menjaga mulutnya, s memelihara nyawanya 2 , t siapa yang lebar bibir, akan ditimpa kebinasaan. u
Amsal 14:3
Konteks14:3 Di dalam mulut orang bodoh ada rotan untuk punggungnya, b tetapi orang bijak dipelihara oleh bibirnya. c
Amsal 14:21
Konteks14:21 Siapa menghina sesamanya berbuat dosa, x tetapi berbahagialah orang yang menaruh belas kasihan kepada orang yang menderita. y
Amsal 14:26
Konteks14:26 Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman c yang besar, bahkan ada perlindungan d bagi anak-anak-Nya.
Amsal 15:6
Konteks15:6 Di rumah orang benar ada banyak harta benda 3 , c tetapi penghasilan orang fasik membawa kerusakan. d
Amsal 17:7
Konteks17:7 Orang bebal tidak layak mengucapkan kata-kata yang bagus, apalagi orang mulia z mengucapkan kata-kata dusta.
Amsal 19:10
Konteks19:10 Kemewahan tidak layak bagi orang bebal, k apalagi bagi seorang budak memerintah pembesar. l
Amsal 24:6
Konteks24:6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat c yang banyak.
Amsal 26:13
Konteks26:13 Berkatalah m si pemalas: "Ada singa di jalan! Ada singa di lorong! n "
Amsal 27:13
Konteks27:13 Ambillah pakaian orang yang menanggung orang lain, dan tahanlah dia sebagai sandera ganti orang asing. n
Amsal 31:10
KonteksAmsal 31:4
Konteks31:4 Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur 5 , x ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,
[18:12] 1 Full Life : TINGGI HATI.
Nas : Ams 18:12
Kesombongan adalah roh tinggi hati yang mencakup percaya akan dirinya sendiri. Membual dan kecongkakan adalah dosa-dosa yang terkait dengan keangkuhan, dan akan membawa kita menuju kehancuran (bd. Ams 15:33; 16:18). Keangkuhan itu memperdayakan (Yer 49:16), menjadikan tanggapan yang rendah hati kepada Allah dan sesama itu mustahil. Allah menentang orang angkuh, tetapi memberikan kasih karunia dan kehormatan kepada orang yang rendah hati (Yak 4:6).
[13:3] 2 Full Life : SIAPA MENJAGA MULUTNYA, MEMELIHARA NYAWANYA.
Nas : Ams 13:3
Perkataan yang sembarangan dan lidah yang tak terkendali dapat merusak pengaruh kita untuk kebenaran, menyebabkan kita berdosa (Pengkh 5:6) dan mempengaruhi hubungan kita dengan Allah (Pengkh 5:7). Seorang yang sempurna akan menguasai perkataannya dengan saksama (Ams 8:6-8; Yak 3:2). Kita harus memohon pertolongan dari Allah dalam mengendalikan lidah kita (lih. Mazm 141:3; bd. Ams 10:14,19; 18:7; 2Tim 3:3; Yak 3:2-13).
[15:6] 3 Full Life : DI RUMAH ORANG BENAR ADA BANYAK HARTA BENDA.
Nas : Ams 15:6
Sekalipun rumah orang benar (secara pribadi atau gabungan) mungkin kekurangan harta duniawi, rumah itu penuh dengan harta rohani yang akan sangat memperkaya dan menopang umat Allah (bd. ayat Ams 15:16-17). Sebaliknya, rumah orang fasik penuh dengan banyak kesulitan dan percekcokan (bd. ayat Ams 15:27; 1:10-19; 10:2).
[31:10] 4 Full Life : ISTRI YANG CAKAP.
Nas : Ams 31:10-31
Ayat-ayat ini melukiskan istri dan ibu yang ideal. Seluruh hidupnya berkisar pada ketakutan yang menghormat kepada Allah (ayat Ams 31:30), belas kasihan bagi mereka yang mengalami kekurangan (ayat Ams 31:19-20), serta kesetiaan dan kasih kepada keluarga mereka (ayat Ams 31:27). Semua cita-cita yang diajukan di sini mungkin tidak akan digenapi dalam seorang istri atau ibu, tetapi setiap istri bisa berusaha untuk melayani Allah, keluarga, dan sesamanya dengan kemampuan dan sumber-sumber daya yang diberikan Allah kepadanya
(lihat cat. --> Ef 5:22;
lihat cat. --> 1Tim 2:15).
[atau ref. Ef 5:22; 1Tim 2:15]
[31:4] 5 Full Life : TIDAKLAH PANTAS BAGI RAJA MEMINUM ANGGUR.
Nas : Ams 31:4-5
Allah memiliki standar yang tinggi sekali bagi para raja dan pemimpin umat-Nya, khususnya mengenai minum anggur yang difermentasi dan minuman memabukkan.
- 1) Bahasa Ibraninya secara harfiah mengatakan, "Janganlah ada yang
minum." Ayat ini sama sekali tidak memberi peluang untuk minum secara
terbatas
(lihat cat. --> Ams 20:1;
lihat cat. --> Ams 23:29-35;
[atau ref. Ams 20:1; 23:29-35]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
- 2) Alasan raja dan pemimpin tidak boleh minum minuman memabukkan ialah bahwa mereka mungkin akan melupakan apa yang ditetapkan hukum; minuman semacam itu akan melemahkan moral mereka dan menyebabkan mereka tidak menaati hukum Allah dan memutarbalikkan keadilan. Ayat ini membuat para rabi Yahudi menetapkan bahwa seorang hakim yang minum renuth (yaitu, segelas anggur) "tidak diizinkan duduk dalam sidang pengadilan, atau di sekolah, atau dalam keadaan yang serupa tidak diizinkan untuk mengajar" (Koplowitz, Midrush, yayin, hal.30).
- 3) Prinsip yang sama di dalam PL diterapkan pada para imam dan suku
Lewi yang melayani di hadapan Allah untuk umat Israel (Im 10:8-11;
lihat cat. --> Im 10:9).
[atau ref. Im 10:9]
- 4) Semua orang percaya PB dianggap sebagai raja dan imam yang
memerintah kerajaan rohani Allah (1Pet 2:9). Oleh karena itu,
standar Allah bagi raja dan imam mengenai minuman yang memabukkan juga
berlaku kepada kita (lih. Bil 6:1-3;
lihat cat. --> Ef 5:18;
lihat cat. --> 1Tim 3:3).