Amsal 1:29
Konteks1:29 Oleh karena mereka benci kepada pengetahuan dan tidak memilih takut akan TUHAN, r
Amsal 1:31
Konteks1:31 maka mereka akan memakan buah perbuatan mereka, dan menjadi kenyang oleh rencana t mereka.
Amsal 2:21
Konteks2:21 Karena orang jujurlah akan mendiami tanah, t dan orang yang tak bercelalah yang akan tetap tinggal di situ,
Amsal 5:21
Konteks5:21 Karena segala jalan orang terbuka di depan mata z TUHAN 1 , dan segala langkah a orang diawasi-Nya. b
Amsal 5:23--6:1
Konteks5:23 Ia mati, karena tidak menerima didikan e dan karena kebodohannya f yang besar ia tersesat.
Amsal 7:25
Konteks7:25 Janganlah hatimu membelok ke jalan-jalan perempuan itu, dan janganlah menyesatkan dirimu di jalan-jalannya. s
Amsal 8:32
Konteks8:32 Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah f aku, karena berbahagialah g mereka yang memelihara jalan-jalanku. h
Amsal 10:24
Konteks10:24 Apa yang menggentarkan a orang fasik, itulah yang akan menimpa dia, b tetapi keinginan orang benar akan diluluskan. c
Amsal 10:28
Konteks10:28 Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia. j
Amsal 11:7
Konteks11:7 Pengharapan orang fasik gagal b pada kematiannya, dan harapan orang jahat menjadi sia-sia. c
Amsal 11:23
Konteks11:23 Keinginan orang benar mendatangkan bahagia semata-mata, harapan orang fasik mendatangkan murka.
Amsal 12:21
Konteks12:21 Orang benar tidak akan ditimpa g oleh bencana apapun, tetapi orang fasik akan senantiasa celaka.
Amsal 13:6
Konteks13:6 Kebenaran menjaga orang yang saleh jalannya, tetapi kefasikan mencelakakan orang berdosa. x
Amsal 13:10
Konteks13:10 Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran 3 , tetapi mereka yang mendengarkan nasihat c mempunyai hikmat.
Amsal 13:23
Konteks13:23 Huma orang miskin menghasilkan banyak makanan, tetapi ada yang lenyap karena tidak ada keadilan 4 .
Amsal 15:6
Konteks15:6 Di rumah orang benar ada banyak harta benda 5 , c tetapi penghasilan orang fasik membawa kerusakan. d
Amsal 15:11
Konteks15:11 Dunia orang mati dan kebinasaan terbuka di hadapan TUHAN, l lebih-lebih hati anak manusia! m
Amsal 15:23
Konteks15:23 Seseorang bersukacita karena jawaban c yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan d yang tepat pada waktunya!
Amsal 15:33
Konteks15:33 Takut akan TUHAN r adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan. s
Amsal 16:26
Konteks16:26 Rasa lapar bekerja untuk seorang pekerja, karena mulutnya memaksa dia.
Amsal 17:3
Konteks17:3 Kui adalah untuk melebur perak dan perapian untuk melebur emas, s tetapi Tuhanlah yang menguji hati. t
Amsal 18:14
Konteks18:14 Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan l semangat yang patah?
Amsal 18:17
Konteks18:17 Pembicara pertama dalam suatu pertikaian nampaknya benar, lalu datanglah orang lain dan menyelidiki perkaranya.
Amsal 19:11
Konteks19:11 Akal budi membuat seseorang panjang sabar m dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.
Amsal 20:8
Konteks20:8 Raja yang bersemayam di atas kursi pengadilan y dapat mengetahui segala yang jahat dengan matanya. z
Amsal 20:11
Konteks20:11 Anak-anakpun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya. d
Amsal 22:11
Konteks22:11 Orang yang mencintai kesucian hati dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja. c
Amsal 24:9
Konteks24:9 Memikirkan kebodohan mendatangkan dosa, dan si pencemooh adalah kekejian bagi manusia.
Amsal 24:31
Konteks24:31 Lihatlah, semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan jeruju, dan temboknya sudah roboh.
Amsal 25:10
Konteks25:10 supaya jangan orang yang mendengar engkau akan mencemoohkan engkau, dan umpat terhadap engkau akan tidak hilang.
Amsal 25:15
Konteks25:15 Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan n dan lidah lembut mematahkan tulang. o
Amsal 25:17
Konteks25:17 Janganlah kerap kali datang ke rumah sesamamu, supaya jangan ia bosan, lalu membencimu.
Amsal 26:9-10
Konteks26:9 Amsal di mulut orang bebal h adalah seperti duri yang menusuk tangan pemabuk. 26:10 Siapa mempekerjakan orang bebal dan orang-orang yang lewat adalah seperti pemanah yang melukai tiap orang.
Amsal 27:3
Konteks27:3 Batu adalah berat dan pasirpun e ada beratnya, tetapi lebih berat dari kedua-duanya adalah sakit hati terhadap orang bodoh.
Amsal 28:21
Konteks28:21 Memandang bulu q tidaklah baik, r tetapi untuk sekerat roti s orang membuat pelanggaran.
Amsal 29:4
Konteks29:4 Dengan keadilan seorang raja menegakkan m negerinya, tetapi orang yang memungut banyak pajak meruntuhkannya.
Amsal 31:31
Konteks31:31 Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji m dia di pintu-pintu gerbang!
![Seret untuk mengatur ukuran](images/t_arrow.gif)
![Seret untuk mengatur ukuran](images/d_arrow.gif)
[5:21] 1 Full Life : SEGALA JALAN ORANG TERBUKA DI DEPAN MATA TUHAN.
Nas : Ams 5:21
Satu alasan yang diberikan Amsal untuk menolak kedursilaan seksual ialah bahwa Allah melihat dan mengetahui semua perbuatan dosa kita (bd. Ams 15:3; Ayub 31:4; 34:21; Yer 16:17) dan akan menghakimi kita sesuai dengan itu. Dia "akan segera menjadi saksi terhadap ... orang-orang berzinah" (Mal 3:5). Karena semua kegiatan kita "terbuka di depan mata Tuhan", tidak seorang pezina pun akan lolos dari akibatnya yang mengerikan
(lihat cat. --> 2Sam 12:9;
lihat cat. --> 2Sam 12:10;
lihat cat. --> 2Sam 12:11-12;
lihat cat. --> 2Sam 12:12;
lihat cat. --> 2Sam 12:13).
[atau ref. 2Sam 12:9-13]
[6:1] 2 Full Life : JIKALAU ENGKAU MENJADI PENANGGUNG.
Nas : Ams 6:1
Ayat ini memperingatkan terhadap menjadi penanggung seorang sahabat (bd. Ams 11:15; 17:18; 22:26) yang artinya menanggung utang seseorang jikalau dia gagal membayarnya. Hal ini menjadikan keadaan keuangan si penanggung tergantung pada tindakan sahabat itu dan mungkin ia akan mengalami hal-hal yang tidak terkendalikan. Keadaan ini bisa mendatangkan kemiskinan (bd. Ams 22:26-27) dan kehilangan ikatan persahabatan yang sudah lama. Akan tetapi, ini tidak berarti bahwa kita harus menolak untuk membantu sesama yang sungguh-sungguh membutuhkan keperluan hidup yang pokok (Kel 22:14; Im 25:35; Mat 5:42); tetapi kita harus memberi kepada orang miskin, bukan meminjamkan (bd. Mat 14:21; Mr 10:21;
lihat cat. --> Ams 19:17).
[atau ref. Ams 19:17]
[13:10] 3 Full Life : KEANGKUHAN HANYA MENIMBULKAN PERTENGKARAN.
Nas : Ams 13:10
Sering kali orang berselisih dan bertengkar mempertahankan pendapatnya sendiri karena kesombongan. Dengan melakukan hal itu mereka mungkin ingin dianggap terbesar (Luk 22:24), memberontak terhadap yang berkuasa (Bil 12:2) atau kepada kebenaran alkitabiah (2Tim 4:3-4), atau terdorong oleh roh pemisah (1Kor 3:3-4). Apabila terjadi perselisihan, kita perlu bertanya pada diri sendiri apakah kesombongan terlibat dalamnya ataukah karena kita sungguh-sungguh ingin mempertahankan kebenaran (Gal 2:4-5; 1Tes 2:2; Yud 1:3).
[13:23] 4 Full Life : ADA YANG LENYAP KARENA TIDAK ADA KEADILAN.
Nas : Ams 13:23
Ada orang yang miskin dan tetap miskin karena mereka menjadi korban ketidakadilan masyarakat (bd. Mazm 35:10; lih. Yak 5:1-6).
[15:6] 5 Full Life : DI RUMAH ORANG BENAR ADA BANYAK HARTA BENDA.
Nas : Ams 15:6
Sekalipun rumah orang benar (secara pribadi atau gabungan) mungkin kekurangan harta duniawi, rumah itu penuh dengan harta rohani yang akan sangat memperkaya dan menopang umat Allah (bd. ayat Ams 15:16-17). Sebaliknya, rumah orang fasik penuh dengan banyak kesulitan dan percekcokan (bd. ayat Ams 15:27; 1:10-19; 10:2).