Kisah Para Rasul 2:39
Konteks2:39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu t dan bagi orang yang masih jauh 1 , u yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."
Kisah Para Rasul 13:26
Konteks13:26 Hai saudara-saudaraku, a baik yang termasuk keturunan Abraham, b maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu c sudah disampaikan kepada kita.
Kejadian 20:7
Konteks20:7 Jadi sekarang, kembalikanlah isteri orang itu, sebab dia seorang nabi; q ia akan berdoa untuk engkau, r maka engkau tetap hidup; tetapi jika engkau tidak mengembalikan dia, ketahuilah, engkau pasti mati, s engkau dan semua orang yang bersama-sama dengan engkau."
Kejadian 27:36-40
Konteks27:36 Kata Esau: "Bukankah tepat namanya Yakub, i karena ia telah dua kali menipu j aku. Hak kesulunganku k telah dirampasnya, dan sekarang dirampasnya pula berkat l yang untukku." Lalu katanya: "Apakah bapa tidak mempunyai berkat lain bagiku?" 27:37 Lalu Ishak menjawab Esau, katanya: "Sesungguhnya telah kuangkat dia menjadi tuan atas engkau, dan segala saudaranya telah kuberikan kepadanya menjadi hambanya, dan telah kubekali dia dengan gandum dan anggur; m maka kepadamu, apa lagi yang dapat kuperbuat, ya anakku?" 27:38 Kata Esau kepada ayahnya: "Hanya berkat yang satu itukah ada padamu, ya bapa? Berkatilah aku ini juga, ya bapa!" Dan dengan suara keras menangislah n Esau 2 . 27:39 Lalu Ishak, ayahnya, menjawabnya: o "Sesungguhnya tempat kediamanmu akan jauh dari tanah-tanah gemuk di bumi dan jauh dari embun p dari langit di atas. q 27:40 Engkau akan hidup dari pedangmu dan engkau akan menjadi hamba r adikmu. s Tetapi akan terjadi kelak, apabila engkau berusaha sungguh-sungguh, maka engkau akan melemparkan kuk itu dari tengkukmu. t "
Kejadian 48:14-20
Konteks48:14 Tetapi Israel v mengulurkan tangan kanannya dan meletakkannya di atas kepala Efraim, w walaupun ia yang bungsu, x dan tangan kirinya di atas kepala Manasye--jadi tangannya bersilang, walaupun Manasye yang sulung. y 48:15 Sesudah itu diberkatinyalah z Yusuf, katanya: "Nenekku dan ayahku, Abraham dan Ishak, telah hidup a di hadapan Allah; Allah itu, sebagai Allah yang telah menjadi gembalaku b selama hidupku 3 sampai sekarang, 48:16 dan sebagai Malaikat c yang telah melepaskan aku dari segala bahaya, d Dialah kiranya yang memberkati e orang-orang muda ini, f sehingga namaku serta nama nenek dan bapaku, Abraham dan Ishak, g termasyhur oleh karena mereka dan sehingga mereka bertambah-tambah menjadi jumlah yang besar di bumi. h " 48:17 Ketika Yusuf melihat bahwa ayahnya meletakkan tangan kanannya i di atas kepala Efraim, j hal itu dipandangnya tidak baik; lalu dipegangnya tangan ayahnya untuk memindahkannya dari atas kepala Efraim ke atas kepala Manasye. 48:18 Katanya kepada ayahnya: "Janganlah demikian, ayahku, sebab inilah yang sulung, letakkanlah tangan kananmu ke atas kepalanya. k " 48:19 Tetapi ayahnya menolak, katanya: "Aku tahu, anakku, aku tahu; ia juga akan menjadi suatu bangsa dan ia juga akan menjadi besar kuasanya; l walaupun begitu, adiknya akan lebih besar kuasanya 4 dari padanya, m dan keturunan adiknya itu akan menjadi sejumlah besar bangsa-bangsa. n " 48:20 Lalu diberkatinyalah o mereka pada waktu itu, p katanya: "Dengan menyebutkan namamulah orang Israel q akan memberkati, r demikian: Allah kiranya membuat engkau seperti Efraim s dan seperti Manasye. t " Demikianlah didahulukannya Efraim dari pada Manasye.
Kejadian 49:1-33
KonteksMazmur 105:8-15
Konteks105:8 Ia ingat untuk selama-lamanya akan perjanjian-Nya, h firman yang diperintahkan-Nya kepada seribu angkatan, 105:9 yang diikat-Nya dengan Abraham, i dan akan sumpah-Nya kepada Ishak; 105:10 diadakan-Nya hal itu j menjadi ketetapan bagi Yakub, menjadi perjanjian k kekal bagi Israel, 105:11 firman-Nya: "Kepadamu akan Kuberikan tanah Kanaan, l sebagai milik pusaka m yang ditentukan bagimu." 105:12 Ketika jumlah mereka tidak seberapa, n sedikit saja, dan mereka orang-orang asing di sana, o 105:13 dan mengembara dari bangsa yang satu ke bangsa p yang lain, dari kerajaan yang satu ke suku bangsa yang lain, 105:14 Ia tidak membiarkan seorangpun memeras q mereka, raja-raja r dihukum-Nya oleh karena mereka: 105:15 "Jangan mengusik s orang-orang yang Kuurapi 9 , dan jangan berbuat jahat kepada nabi-nabi-Ku! t "
Matius 3:9-10
Konteks3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! j Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! 3:10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. k
[2:39] 1 Full Life : BAGI KAMULAH ... DAN BAGI ANAK-ANAKMU DAN ... YANG MASIH JAUH.
Nas : Kis 2:39
Janji baptisan dalam Roh bukan saja bagi mereka yang ada pada hari Pentakosta (ayat Kis 2:4), tetapi bagi semua orang yang akan percaya kepada Kristus sepanjang zaman ini: "bagi kamu" -- yaitu pendengar Petrus; "anak-anakmu" -- generasi berikutnya, dan "bagi orang yang masih jauh" -- generasi-generasi berikutnya.
- 1) Baptisan dalam Roh dengan kuasa yang menyertainya bukanlah suatu peristiwa yang hanya terjadi sekali saja dalam sejarah gereja; peristiwa itu tidak berhenti pada hari Pentakosta (bd. ayat Kis 2:38; 8:15; Kis 9:17; 10:44-46; 19:6) Tidak juga pada akhir zaman rasuli.
- 2) Setiap orang Kristen berhak untuk mencari, mengharapkan, dan mengalami baptisan dalam Roh yang sama yang diberikan kepada orang Kristen PB (Kis 1:4,8; Yoel 2:28; Mat 3:11; Luk 24:49).
[27:38] 2 Full Life : DENGAN SUARA KERAS MENANGISLAH ESAU.
Nas : Kej 27:38
Menurut Ibr 12:16-17, Esau kehilangan berkatnya karena dia seorang tidak beriman yang memandang rendah kekudusan berkat kesulungan (bd. Kej 25:31-34). Kini dia mengubah pikirannya dan berusaha mendapatkan berkat itu dengan air mata, namun air matanya itu merupakan air mata kekecewaan dan kemarahan, bukan karena sedih atas pilihan-pilihannya yang berdosa. Pengalaman Esau mengingatkan kita akan pilihan-pilihan salah dalam hidup yang membawa berbagai dampak mengerikan yang tak terelakkan (lih. 2Sam 12:7-14).
[48:15] 3 Full Life : YANG TELAH MENJADI GEMBALAKU SELAMA HIDUPKU.
Nas : Kej 48:15
Yakub meninggalkan anak-anaknya dengan sebuah teladan iman yang tekun kepada Allah dan suatu kesaksian bahwa Allah telah menggembalakannya sepanjang hidupnya, membebaskannya dari semua bahaya. Kitab Ibrani menunjuk kepada tindakan Yakub bila memberkati Efraim dan Manasye sebagai bukti akhir akan kesungguhan imannya kepada Allah (Ibr 11:21). Hal terbesar yang dapat diwariskan seorang ayah kepada anak-anaknya ialah iman dan komitmennya kepada Allah dan jalan-jalan-Nya. Tidak ada warisan yang lebih berharga lagi.
[48:19] 4 Full Life : ADIKNYA AKAN LEBIH BESAR KUASANYA.
Nas : Kej 48:19
Perhatikanlah bahwa sering dalam sejarah PL Allah memilih yang muda atas yang tua. Ia memilih Ishak dan bukan Ismael (Kej 21:12), Yakub dan bukan Esau (Kej 25:23), Yusuf dan bukan Ruben (ayat Kej 48:21-22; Kej 49:3-4), Efraim dan bukan Manasye (ayat Kej 48:14-20), Gideon dan bukan kakak-kakaknya (Hak 6:11-16), dan Daud atas kakak-kakaknya (pasal 1Sam 16:23). Penekanan ini menunjukkan bahwa yang pertama menurut manusia belum tentu menjadi yang pertama di hadapan Allah. Allah memilih orang berdasarkan kesungguhan, kemurnian, dan kasih mereka, bukan berdasarkan kedudukan dalam keluarga
(lihat cat. --> Mat 19:30;
lihat cat. --> Mat 20:26;
[atau ref. Mat 19:30; 20:26]
[49:1] 5 Full Life : YAKUB MEMANGGIL ANAK-ANAKNYA.
Nas : Kej 49:1
Ketika Yakub mendekati ajalnya, ia mengumpulkan anak-anaknya dan bernubuat mengenai kehidupan dan masa depan mereka dalam maksud penebusan Allah. Semua berkat dan kutuk di pasal ini tergantung pada hubungan keturunan itu dengan Allah
(lihat cat. --> Kej 49:7).
[atau ref. Kej 49:7]
[49:4] 6 Full Life : TIDAK LAGI ENGKAU YANG TERUTAMA.
Nas : Kej 49:4
Ruben merupakan anak sulung Yakub. Karena itu ia berhak memperoleh hak kesulungan dan kedudukan tertinggi dalam kepemimpinan, hormat, dan kuasa. Akan tetapi, kedudukannya sebagai pemimpin diambil alih karena perbuatannya yang bejat dengan istri ayahnya (Kej 35:22; Ul 27:20). Dengan kata lain, kegagalan sifat, yang terungkap dalam tindakan-tindakan berdosa yang serius, dapat menggeser untuk selama-lamanya seseorang dari kedudukan pemimpin
(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
[49:7] 7 Full Life : TERKUTUKLAH KEMARAHAN MEREKA.
Nas : Kej 49:7
Kutukan Yakub atas Simeon dan Lewi (ayat Kej 49:5-7) tergantung pada tindakan mereka, sebagaimana halnya semua berkat dan kutuk dalam pasal ini. Karena sikap berpihak kepada Allah yang ditunjukkan suku Lewi (yaitu keluarga Lewi) dalam peristiwa anak lembu emas, kutukan ini dihapuskan dan kedudukan yang terhormat dan berkat diberikan kepada mereka (Kel 32:26-29; Im 25:32-33; Ul 10:8; 33:8-11) -- ini menunjukkan bahwa kutukan atas seorang ayah dan keluarganya dapat dihapuskan dan disingkirkan oleh pertobatan dan iman anak-anaknya (Im 26:39-42; 2Taw 30:7-9; Yer 31:29-30; Yeh 18:1-9).
[49:10] 8 Full Life : SAMPAI DIA DATANG YANG BERHAK ATASNYA.
Nas : Kej 49:10
Berkat yang dicurahkan atas Yehuda (ayat Kej 49:8-12) menunjukkan bahwa dia diberikan hak kesulungan itu, dan dengan demikian, memperoleh berkat yang dijanjikan kepada Abraham (Kej 12:1-3). Hakikat janji ini ialah bahwa semua bangsa akan diberkati olehnya melalui "keturunan" wanita itu
(lihat cat. --> Kej 3:15;
[atau ref. Kej 3:15]
lihat art. PANGGILAN ABRAHAM).
- 1) Yehuda diberi tahu bahwa keturunannya akan mempunyai kedudukan yang umumnya lebih tinggi dari keturunan saudara-saudaranya "sampai Dia datang yang berhak atasnya" (ayat Kej 49:8-10). Sebagian nubuat ini digenapi dalam halnya bahwa keturunan kerajaan Israel adalah keturunan Daud, yaitu keturunan Yehuda.
- 2) "Dia datang yang berhak atasnya" (bd. Yeh 21:27) akhirnya menunjuk kepada Mesias yang akan datang, Yesus Kristus, yang keturunan suku Yehuda (Wahy 5:5). Yakub bernubuat bahwa semua orang akan tunduk kepada-Nya (ayat Kej 49:10; Wahy 19:15), dan bahwa Dia akan membawa berkat rohani yang besar (ayat Kej 49:11-12).
[105:15] 9 Full Life : JANGAN MENGUSIK ORANG-ORANG YANG KUURAPI.
Nas : Mazm 105:15
Di dalam konteks ini, orang-orang yang diurapi adalah Abraham, Ishak, Yakub (dengan nama barunya, Israel), dan Yusuf (ayat Mazm 105:9-10,17); akan tetapi, kita tidak boleh menyimpulkan dari ayat ini bahwa kita harus memperhatikan setiap orang yang mengaku diurapi.