TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

2 Tesalonika 2:1-5

Konteks
Kedurhakaan sebelum kedatangan Tuhan
2:1 Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus 1  f  dan terhimpunnya kita dengan Dia g  kami minta kepadamu, saudara-saudara, 2:2 supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah 2 , baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat h  yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan i  telah tiba. j  2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan k  orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu 3  haruslah datang dahulu murtad l  dan haruslah dinyatakan m  dahulu manusia durhaka 4 , yang harus binasa, 2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. n  Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah. o  2:5 Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu p  telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu?

2 Tesalonika 2:13-17

Konteks
Dipilih untuk diselamatkan
2:13 Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, d  saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu e  untuk diselamatkan f  dalam Roh g  yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai. 2:14 Untuk itulah Ia telah memanggil kamu h  oleh Injil i  yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita. 2:15 Sebab itu, berdirilah teguh j  dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima k  dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis. 2:16 Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, l  yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita m  dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita, 2:17 kiranya menghibur n  dan menguatkan o  hatimu dalam pekerjaan dan perkataan yang baik.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:1]  1 Full Life : KEDATANGAN TUHAN KITA YESUS KRISTUS.

Nas : 2Tes 2:1

Dalam suratnya yang pertama kepada jemaat Tesalonika, Paulus menyakinkan semua orang percaya sejati bahwa mereka akan terangkat untuk bertemu Tuhan di udara dan dengan demikian akan bersama dengan Tuhan mereka untuk selama-lamanya (1Tes 4:13-18). Peristiwa ini akan membebaskan mereka dari murka Allah yang akan datang (1Tes 1:10; 5:9-10). Akan tetapi, sekarang guru-guru palsu mengajarkan bahwa hari Tuhan sudah mulai dan murka Allah yang terakhir sedang dicurahkan ke atas dunia

(lihat cat. --> 2Tes 2:2 berikut).

[atau ref. 2Tes 2:2]

[2:2]  2 Full Life : JANGAN LEKAS BINGUNG DAN GELISAH.

Nas : 2Tes 2:2

Jemaat Tesalonika ketakutan karena apa yang diberitakan para guru palsu itu mengenai hari Tuhan

(lihat cat. --> 2Tes 2:1 sebelumnya).

[atau ref. 2Tes 2:1]

Paulus mengatakan bahwa mereka tak perlu kuatir, karena hari murka Allah belum tiba. Dua hal akan menandakan tibanya:

  1. (1) Harus datang "kemurtadan" khusus dan
  2. (2) "manusia durhaka" akan dinyatakan (ayat 2Tes 2:3). Paulus kemudian mengatakan bahwa kedua peristiwa ini tidak akan digenapi sebelum "yang menahannya itu telah disingkirkan" (ayat 2Tes 2:7). Kata-kata Paulus "ilham roh, ... pemberitaan atau surat" mungkin menunjukkan bahwa ajaran palsu itu dikomunikasikan melalui bahasa roh dan penafsirannya atau melalui nubuat

    (lihat cat. --> 1Kor 14:29

    [atau ref. 1Kor 14:29]

    mengenai hal menanggapi bahasa roh dan nubuat).

[2:3]  3 Full Life : SEBELUM HARI ITU.

Nas : 2Tes 2:3

Paulus menerangkan peristiwa-peristiwa yang akan menandai permulaan hari Tuhan dan membahas pembinasaan manusia durhaka dan orang berdosa pada akhir zaman. Urutan peristiwanya adalah sebagai berikut:

  1. 1) Sepanjang zaman gereja, bekerjalah suatu "rahasia kedurhakaan" (ayat 2Tes 2:7), yang mengingatkan kita bahwa akhir segala sesuatu sudah dekat; kejahatan akan makin tidak terkendali sedang sejarah makin mendekati akhir.
  2. 2) Sementara kuasa rahasia itu menjadi makin kuat, kemurtadan dalam gereja akan meningkat (ayat 2Tes 2:3; bd. Mat 24:12; 2Tim 4:3-4).
  3. 3) Penahan "rahasia kedurhakaan" disingkirkan (ayat 2Tes 2:6-7).
  4. 4) Berikut manusia durhaka akan dinyatakan (ayat 2Tes 2:3-4,7,9-10).
  5. 5) Kemurtadan akan memuncak dalam pemberontakan menyeluruh melawan Allah dan Firman-Nya; Allah mendatangkan pengaruh yang menyesatkan atas mereka yang tidak mengasihi kebenaran (ayat 2Tes 2:9-11).
  6. 6) Beberapa waktu sesudah itu manusia durhaka akan dibinasakan bersama dengan semua yang suka kejahatan (ayat 2Tes 2:12); hal ini terjadi pada kedatangan Kristus setelah kesengsaraan besar, yaitu pada akhir zaman (ayat 2Tes 2:8; Wahy 19:20-21).

[2:3]  4 Full Life : DATANG DAHULU MURTAD DAN HARUSLAH DINYATAKAN DAHULU MANUSIA DURHAKA.

Nas : 2Tes 2:3

Untuk pembahasan tentang "murtad" dan "manusia durhaka"

lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS.



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA