Lihat definisi kata "On" dalam Studi Kata
: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Olivet | Olympas | Omar | Omega | Omri | On | Onam | Onan | Onesimus | Onesiphorus | Ono

On

Dalam versi-versi Alkitab:

Bait-asSyams: TL
Bet-Syemes: FAYH TB
Heliopolis: BIS
On: BIS FAYH TB TL
tentang matahari. Yos 15:10; 1Sam 6:14.
(1) matahari, Kejadian 41:45 (2) ketidakadaan, Yehezkiel 30:17
Peta Google: Bet-Semes (1) (31° 45´, 34° 58´); Bet-Semes (2) (32° 24´, 35° 30´); Bet-Semes (3) (33° 8´, 35° 25´); On (30° 6´, 31° 20´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Bet-Semes (1)Bet-Semes (3)On

Ibrani

Strongs #01053: vmv tyb Beyth Shemesh

Beth-shemesh = "house of the sun" or "sun-temple"

1) a town in southwest Judah
2) a town in Naphtali
3) a town in Issachar
4) a town in Egypt

1053 Beyth Shemesh bayth sheh'-mesh

from 1004 and 8121; house of (the) sun; Beth-Shemesh, a place in Palestine: KJV -- Beth-shemesh.
see HEBREW for 01004
see HEBREW for 08121

Strongs #0203: Nwa 'Own

On = "wealth" or "vigour"

1) a chief of the tribe of Reuben

203 'Own one

the same as 202; On, an Israelite: KJV -- On.
see HEBREW for 0202

Strongs #0204: Nwa 'Own or (shortened) Na 'On

On = "strength or vigour"

1) city in lower Egypt, bordering land of Goshen, centre of
sun-worship, residence of Potipherah (priest of On and
father-in-law of Joseph)

204 'Own one

or (shortened); On {one}; of Egyptian derivation; On, a city of Egypt: KJV -- On.

Bet-Semes [haag]

Bet Semes. (Bhs. Ibr.: rumah matahari).

  1. (1) Juga disebut Ir-Semes (Yos 19:41). Barangkali juga sama dengan Har-heres (Hak 1:35), sebuah kota yang tua milik bangsa Kanaan. ~B terletak di daerah --> Syefela sebelah Barat Yerusalem. ~B dimasukkan pada daerah Yuda (Yos 15:10). Sebelum pemerintahan Daud rupanya ~B belum pernah menjadi milik bangsa Isr. (Mak 1:33). ~B menjadi tempat pertempuran antara Yoas dari Isr. lawan Amasya dari Yuda (2Raj 14:11-14 dsj). Pada zaman pemerintahan Ahab ~B. direbut untuk sementara waktu oleh bangsa Filistin (2Taw 28:18). Penggalian (sebanyak 6 lapisan) membenarkan pendapat semula, bahwa kota itu memang tua sekali: didiami sejak awal zaman tembaga. Peta PL A2; B6.
  2. (2) Sebuah kota bangsa Mesir, yang disebut On-Heliopolis (Yer 43:13).

BET-SEMES [browning]

1) Sebuah kota, 25 km barat daya Yerusalem, yang untuknya orang Israel dan orang *Filistin berperang. *Tabut Perjanjian dikembalikan ke sini setelah direbut dan untuk sementara waktu ditahan oleh orang-orang Filistin (1Sam. 6:1-16). Kemudian, pada zaman *Alias, orang Filistin menguasainya lagi.

2) Sebuah kota lain di *Mesir dengan nama yang sama, yang dikaitkan dengan penyembahan matahari, seperti disebut dalam Yer. 43:13. Kata semes berarti 'matahari'.

ON [browning]

Heliopolis, atau 'kota matahari' di Mesir Utara, yang mempunyai tempat ibadah yang amat besar dan berbagai tugu. Yusuf menikah dengan putri imam besar dari kota On (Kej. 41:45). Dalam *LXX kota ini disebut sebagai salah satu kota yang dibangun orang Israel (Kel. 1:11). Kitab Yoremia (Yer. 43:13) meramalkan bahwa *Nebukadnezar akan meruntuhkan tugu-tugu dari Heliopolis dan *Yehezkiel juga meramalkan bahwa anak-anak mudanya akan dibunuh (Yeh. 30:17).

BET-SEMES [ensiklopedia]

(Ibrani bet syemesy, 'rumah [kuil] matahari') nama dari 4 tempat dalam Alkitab.

1. Kota besar yg penting di Yehuda (2 Raj 14:11; 2 Taw 25:21) di perbatasan utara dengan Dan (Yos 15:10), di suatu lembah yg menghadap ke barat, di tanah perbukitan kr 24 km sebelah barat Yerusalem, dan karena itu menguasai jalur jalan dari daerah yg tinggi ke dataran pantai. Tempatnya mungkin adalah yg sekarang bernama Tell-er-Rumeileh, di punggung bukit barat dari tempat yg kemudian bernama `Ain Shems. Penggalian dilakukan thn 1911-1912, dan yg lebih luas thn 1928-1932. Tempat ini pertama kali diduduki pada akhir Zaman Perunggu pertama, kr sebelum thn 2000 sM dan berkembang menjadi kota Kanaan yg kuat selama Zaman Perunggu pertengahan dan yg kemudian, dan mencapai puncaknya pada zaman kekuasaan Mesir di bawah Firaun dari Wangsa 19.

Hubungannya dengan Utara dinyatakan oleh penemuan suatu tablet liat dalam lapisan-lapisan Zaman Perunggu yg kemudian, dan tulisannya dalam abjad Ugarit. Benda peninggalan sejarah dari akhir Zaman Perunggu berupa sejumlah besar barang pecah belah Filistin, menunjukkan bahwa orang-orang ini yg mula-mula tinggal di sepanjang pantai juga mendapatkan tempat tinggal di pedalaman, dan di sini mereka menjadi saingan utama orang Israel yg baru tiba. Kota ini mungkin direbut orang Israel pada zaman para Hakim karena dikhususkan menjadi permukiman keturunan Lewi (Yos 21:16; 1 Taw 6:59), dan pasti di dalam kekuasaan Israel pada zaman Samuel, sebab ke sanalah diantarkan tabut yg telah dirampas itu ketika orang Filistin terpaksa mengembalikannya (1 Sam 6).

Mungkin sekali Daud memperkuat kota ini pada masa akhir perangnya dengan Filistin, dan mungkin bahwa tembok-tembok yg ditemukan di sana berasal dari zaman ini. Ada bukti bahwa kota ini dirusak pada abad 10, mungkin oleh raja Sisak dari Mesir. yg memasuki Yehuda pada thn ke-5 pemerintahan Rehabeam (1 Raj 14:25-28). Kira-kira satu abad sesudah ini Bet-Semes menjadi tempat kemenangan besar bagi Yoas dari Israel atas Amazia dari Yehuda (2 Raj 14:11-13; 2 Taw 25:21-23). Di bawah pemerintahan Ahas, Bet-Semes direbut lagi oleh orang Filistin beserta kota-kota lain (2 Taw 28:18), tapi mereka diusir oleh Tiglat-Pileser III yg dimintai tolong oleh Ahas, dan yg menjadi dipertuan bagi Ahas kemudian. Kehidupan dalam kota ini selama kerajaan diwarnai oleh pendapatan dari penyulingan minyak zaitun dan instalasi kerajinan tembaga, yg sudah ada sejak Zaman Perunggu. Kemudian kota itu mengalami kemunduran dan pada akhirnya dirusak oleh Nebukadnezar pada abad 6 sM.

Mungkin sekali Ir-Semes, 'kota matahari' (Yos 19:41) adalah sama dengan Bet-Semes.

KEPUSTAKAAN. D Mackenzie, 'Excavations at Ain Shems', Annual Report of the Palestine Exploration Fund, 1, 1911, hlm 41-94; 2, 1912-1913, hlm 1-100; E Grant (and G. E Wright), Ain Shems Excavations, 1-5,.1931-1939; G. E Wright, EAEHL 1, hlm 248-253; J. A Emerton, AOTS, hlm 197-206.

2. Kota di perbatasan Isakhar (Yos 19:22); dari kota ini bangsa Kanaan tidak dikeluarkan tapi harus membayar upeti kepada bangsa Israel (Hak 1:33). Mungkin kota ini sekarang adalah el-'Abediyeh yg menguasai penyeberangan Yordan kr 3 km di selatan Danau Galilea.

KEPUSTAKAAN. A Saarisalo, The Boundary between Issachar and Naphtali, 1927, hlm 71-73, 119, 120.

3. Kota yg dibentengi dan menjadi bagian Naftali (Yos 19:38); tempatnya tidak diketahui, kecuali kalau dianggap sama dengan 2.

4. Kota besar di Mesir (Yer 43:13), mungkin Heliopolismodern (*ON). TCM/RS

ON [ensiklopedia]

1. Satu kota tua, bh Mesir 'Iwnw ('kota tiang'), Yunani Heliopolis; sekarang masih ada sisa-sisanya terpencar-pencar atau terpendam di Tell Hisn dan Matariyeh, 16 km timur laut Kairo. Dari zaman purba kota ini merupakan pusat penyembahan matahari di Mesir, di mana dewa matahari Re' dan Atum teristimewa dihormati, juga merupakan salah satu tempat dari sekian 'sistem' teologi Mesir. Para Firaun menghiasi kuil Re' dengan banyak tiang besar -- tinggi, lancip, tugu-tugu monolitik persegi empat, puncak masing-masing berakhir dalam bentuk piramida. 'Pyramidion' macam itu melambangkan benben atau batu Re' yg kudus, sebagai yg pertama menangkap sinar matahari terbit.

Tiap Firaun mulai dari keturunan ke-5 dan seterusnya (abad 25 sM) dinamakan 'anak Re, dan kumpulan imam dari On/Heliopolis diimbangi dalam kemewahan hanya oleh kumpulan imam dewa Ptah dari Memfis dan diungguli hanya oleh kumpulan imam dari dewa Amun dari Tebes, pada kr 1600-1100 sM.

Keunggulan On digambarkan dalam Kej 41:45, 50; 46:20, di mana Yusuf sebagai menteri utama dikawinkan dengan Asnat, putri Potifera, 'imam dari On'. Gelar ini mungkin mengartikan Potifera adalah imam besar di situ. Namanya cocok ditambahkan dengan nama dewa matahari Re' (*POTIFERA). Bnd A Rowe, PEQ 94, 1962, hlm 133-142.

Selain itu On timbul lagi dalam sejarah Ibrani dengan nama samaran 'Rumah Matahari', apabila Yeremia (43:13) menubuatkan bahwa Nebukadnezar akan memecahkan 'tugu-tugu Bet-Semes', yaitu tugu-tugu On/Heliopolis. Apakah kota Ir-Heres yg disebut oleh Yesaya (19:18) adalah On, tidaklah jelas. On (Ibrani 'awen) dalam Yeh 30:17 adalah ejaan yg lain dari 'on, barangkali sebagai permainan kata dari 'awen, 'kesusahan, kejahatan', dalam penghukuman Yehezkiel atas kota-kota Mesir.

2. On, putra Pelet, kepala suku Ruben, memberontak bersama Korah menentang Musa di padang gurun (Bil 16:1). KAK/AL/HAO


Lihat definisi kata "On" dalam Studi Kata



TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA