Teks -- Yohanes 17:18 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Jerusalem -> Yoh 13:2--17:26; Yoh 17:1-26
Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...
Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.
Jerusalem: Yoh 17:1-26 - -- Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.
Inilah doa agung Juruselamat yang pada saat korbanNya mempersembahkan diriNya dan mendoakan semua manusia.
Ref. Silang FULL -> Yoh 17:18
Ref. Silang FULL: Yoh 17:18 - dalam dunia // dalam dunia · dalam dunia: Yoh 17:3,8,21,23,25; Yoh 3:17; Yoh 3:17
· dalam dunia: Yoh 20:21
· dalam dunia: Yoh 17:3,8,21,23,25; Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]
· dalam dunia: Yoh 20:21
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg: Yoh 17:18 - -- 17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
Hanya orang yang telah dikuduska...
17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
Hanya orang yang telah dikuduskan yang dapat diutus, sesuai dengan pola yang nyata dalam pasal 10:36 yang dikutip di atas. Tujuan pengkudusan itu adalah misi: supaya mereka dapat diutus ke dalam dunia, sama seperti Dia telah dikhususkan, dan diutus ke dalam dunia. Konsep ini dikembangkan dalam pasal 20:21-22.1189
Pernyataan ini tidak berarti bahwa pengutusan Tuhan Yesus dari sorga ke dalam dunia dan pengutusan mereka dari Yerusalem ke dalam dunia adalah sama dalam segala aspek pengutusan. Dia menegaskan kesamaan-kesamaan yang ada, yaitu antara lain bahwa baik mereka maupun Dia dipilih untuk tugas tertentu, baik Dia maupun mereka dikhususkan untuk tugas mereka masing-masing, baik Dia maupun mereka diberikan tugas yang sesuai dengan penyataan Allah sendiri, lagipula baik Dia maupun mereka harus melaksanakan tugas mereka masing-masing di dalam dunia yang jahat ini.
c. Doa supaya murid-murid-Nya dikuduskan (17:17-19)
Hagelberg: Yoh 17:18 - -- 17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
Hanya orang yang telah dikuduska...
17:18 Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
Hanya orang yang telah dikuduskan yang dapat diutus, sesuai dengan pola yang nyata dalam pasal 10:36 yang dikutip di atas. Tujuan pengkudusan itu adalah misi: supaya mereka dapat diutus ke dalam dunia, sama seperti Dia telah dikhususkan, dan diutus ke dalam dunia. Konsep ini dikembangkan dalam pasal 20:21-22.1189
Pernyataan ini tidak berarti bahwa pengutusan Tuhan Yesus dari sorga ke dalam dunia dan pengutusan mereka dari Yerusalem ke dalam dunia adalah sama dalam segala aspek pengutusan. Dia menegaskan kesamaan-kesamaan yang ada, yaitu antara lain bahwa baik mereka maupun Dia dipilih untuk tugas tertentu, baik Dia maupun mereka dikhususkan untuk tugas mereka masing-masing, baik Dia maupun mereka diberikan tugas yang sesuai dengan penyataan Allah sendiri, lagipula baik Dia maupun mereka harus melaksanakan tugas mereka masing-masing di dalam dunia yang jahat ini.
Hagelberg: Yoh 17:6-19 - -- 2. Yesus mendoakan murid-murid-Nya (17:6-19)
Doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya singkat dan tepat, padahal penderitaan salib-Nya semakin dekat. Namun D...
2. Yesus mendoakan murid-murid-Nya (17:6-19)
Doa Tuhan Yesus mengenai diri-Nya singkat dan tepat, padahal penderitaan salib-Nya semakin dekat. Namun Dia beralih mendoakan murid-murid-Nya, karena mereka juga menghadapi semacam krisis, dan perlu doa. Dengan demikian kasih-Nya nyata.
Hagelberg: Yoh 17:1-26 - -- D. Doa Yesus (17:1-26)
Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" ata...
D. Doa Yesus (17:1-26)
Sejak abad keenambelas, doa ini disebutkan "Doa Tuhan Yesus sebagai Imam Besar", namun juga dapat dijuluki "Doa Penyerahan" atau "Doa Kemenangan". Morris1149 menekankan suasana kemenangan yang ditekankan dalam doa ini. Tuhan Yesus menang, karena Dia berhasil melakukan tugas yang ditetapkan bagi Dia oleh Allah Bapa.
Pesan perpisahan dapat disertai dengan doa, seperti dalam Kejadian 49, sehingga doa ini tidak boleh dipisahkan dari konteks salib. Tuhan Yesus telah mengajar dan menghiburkan murid-murid-Nya. Melalui doa ini Dia juga meneguhkan iman mereka.
Pasal ini merupakan doa Tuhan Yesus yang Dia sungguh doakan kepada Bapa-Nya, namun unsur ajaran1150 terlihat dalam ayat 13, yang berbunyi, "Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka". Unsur ajaran juga terlihat dalam doa-Nya yang tercantum dalam pasal 11:42, yaitu doa Tuhan Yesus di kubur Lazarus: "Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku."
Injil Yohanes hanya menceritakan isi tiga doa Tuhan Yesus,1151 tetapi doa-Nya di Taman Getsemani tidak dicatat dalam Injil Yohanes. Doa ini dapat dibandingkan dengan doa Tuhan Yesus di Taman Getsemani. Dua doa tersebut saling mengisi. Dalam Yohanes pasal 17 Tuhan Yesus lebih memikirkan pekerjaan-Nya seperti yang diperintahkan oleh Bapa-Nya, dan keadaan murid-murid-Nya yang Dia serahankan ke dalam perlindungan Bapa-Nya.
Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...
IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)
Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.