kecilkan semua  

Teks -- Yehezkiel 28:12 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
28:12 "Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · orang Tirus a resident of the town of Tyre
 · Tirus a Phoenician town (also known as Sumur - ABL) 70 km NNE of Byblos/Gebal, 25 km south of Arvad and 170 km NNE of Tyre.


Topik/Tema Kamus: Yehezkiel | Tirus | Yunus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yeh 25:1--33:31 - TUJUKANLAH MUKAMU KEPADA. Nas : Yeh 25:1-32:32 Pasal-pasal ini berisi nubuat-nubuat tentang tujuh bangsa yang bermusuhan dengan Allah, perintah-perintah dan umat-Nya. Yehezk...

Nas : Yeh 25:1-32:32

Pasal-pasal ini berisi nubuat-nubuat tentang tujuh bangsa yang bermusuhan dengan Allah, perintah-perintah dan umat-Nya. Yehezkiel menyatakan di dalam delapan pasal ini bahwa semua bangsa pada akhirnya harus bertanggung jawab kepada Allah dan bahwa kekuatan-kekuatan dunia tidak pernah akan merusak rencana keselamatan-Nya. Sekalipun kekuatan-kekuatan fasik dunia ini kadang-kadang kelihatanya menang, saatnya akan tiba manakala Allah akan menghukum semua kejahatan, memusnahkan bangsa-bangsa yang jahat dan umat-Nya yang setia akan menerima keselamatan sempurna.

Full Life: Yeh 28:12 - RAJA TIRUS. Nas : Yeh 28:12 Dalam konteks ini, nubuat Yehezkiel terhadap raja Tirus rupanya berisi suatu lukisan terselubung tentang Iblis selaku pemimpin Tiru...

Nas : Yeh 28:12

Dalam konteks ini, nubuat Yehezkiel terhadap raja Tirus rupanya berisi suatu lukisan terselubung tentang Iblis selaku pemimpin Tirus yang sesungguhnya dan allah dunia ini (bd. 1Yoh 5:19). Raja itu dilukiskan sebagai seorang pengunjung Taman Eden (ayat Yeh 28:13), "kerub yang berjaga" atau malaikat (ayat Yeh 28:14), makhluk yang sama sekali tidak bercela dalam semua kelakuan hingga ditemukan kecurangan dalam dirinya (ayat Yeh 28:15). Karena keangkuhannya yang penuh dosa (ayat Yeh 28:17), dia dibuang dari gunung Allah (ayat Yeh 28:16-17; bd. Yes 14:13-15).

Jerusalem: Yeh 28:12 - ratapan Nyanyian berikut adalah sebuah qina, bdk Yeh 19:1+, tetapi iramanya tidak sesuai dengan irama yang lazim. Kata Ibrani qina di sini ternyata dipakai de...

Nyanyian berikut adalah sebuah qina, bdk Yeh 19:1+, tetapi iramanya tidak sesuai dengan irama yang lazim. Kata Ibrani qina di sini ternyata dipakai dengan arti lebih luas

Jerusalem: Yeh 28:12 - raja Tirus Di masa itu raja Tirus ialah Ittobaal. Tetapi nyanyian ratapan ini tidak tertuju kepada tokoh tertentu, tetapi raja itu mempribadikan kuasa kota Tirus...

Di masa itu raja Tirus ialah Ittobaal. Tetapi nyanyian ratapan ini tidak tertuju kepada tokoh tertentu, tetapi raja itu mempribadikan kuasa kota Tirus. Tradisi Kristen selanjutnya kerap kali mengetrapkan lagu ini pada malaikat Lusifer yang tertumbang dari sorga; bdk Yeh 28:2; Yes 14:13

Jerusalem: Yeh 28:12 - Gambar dari kesempurnaan Harafiah: meterai kesempurnaan. Artinya: puncak, penyelamatan, contoh kesempurnaan.

Harafiah: meterai kesempurnaan. Artinya: puncak, penyelamatan, contoh kesempurnaan.

Endetn: Yeh 28:12 - meterai diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "memeteraikan".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "memeteraikan".

Ref. Silang FULL: Yeh 28:12 - suatu ratapan // maha indah · suatu ratapan: Yeh 19:1; Yeh 19:1 · maha indah: Yeh 27:2-4

· suatu ratapan: Yeh 19:1; [Lihat FULL. Yeh 19:1]

· maha indah: Yeh 27:2-4

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yeh 25:1--32:32 - -- II. NUBUATAN MELAWAN BANGSA-BANGSA ASING. 25:1-32:32. Nubuatan yang mengumumkan hukuman atas bangsa-bangsa yang menjadi musuh Israel (ps. 25-32) meru...

II. NUBUATAN MELAWAN BANGSA-BANGSA ASING. 25:1-32:32.

Nubuatan yang mengumumkan hukuman atas bangsa-bangsa yang menjadi musuh Israel (ps. 25-32) merupakan sebuah peralihan antara nubuatan tentang penghakiman atas Yehuda dan Yerusalem (ps. 1-24) dengan nubuatan tentang pemulihannya (ps. 33-39; 40-48). Nubuatan melawan bangsa-bangsa asing juga dikelompokkan bersama-sama dalam kitab nabi-nabi lain: Yesaya 13-23; Yeremia 46-51; Amos 1; 2; Zefanya 2:4-15.

Sebelum bangsa yang ideal bisa diwujudkan, musuh-musuh harus dihancurkan dan Israel dibuat aman di tanahnya (28:24, 26; 34:28, 29). Tujuh bangsa, mungkin suatu simbol kesempurnaan, ditetapkan untuk menerima hukuman. Lima di antaranya telah bersekutu melawan Kasdim (Yer. 27:1-3). Babel, kekuatan anti Allah dari PL, tidak termasuk dalam bangsa-bangsa yang mendapat penuduhan-penuduhan tersebut, mungkin karena bangsa itu menjadi alat keadilan Allah (29:17 dst.), sekalipun Yehezkiel mengetahui karakter bangsa Kasdim (7:21, 22, 24; 28:6; 30:11, 12; 31:12).

Tuhan akan memberikan hukuman atas musuh-musuh di sekitar Israel karena perbuatan mereka terhadap Israel (25:3, 8, 12, 15; 26:2; 29:6) dan karena kesombongan serta pemujaan diri mereka yang jahat (28; 29:3). Di sini, sebagaimana dalam nubuatan untuk bangsa asing dari kitab-kitab nabi-nabi lain, ditunjukkan pandangan internasional dari nubuatan Ibrani, dengan penekanannya pada kedaulatan universal Allah dan tanggung jawab moral dari semua manusia. "Kedudukan sebuah bangsa di antara bangsa-bangsa bergantung pada kontribusinya kepada tujuan Allah bagi umat manusia dan pada penghormatannya kepada peraturan universal Allah" (Cook, ICC, hlm. 282).

Bangsa-bangsa yang berada dalam penelitian sang nabi adalah Amon, Moab, Edom, Filistin (25:1-7, 8-11, 12-14, 15-17), Tirus (tiga nubuatan: 26; 27; 28:1-19), Sidon (28:20-26), dan Mesir (tujuh nubuatan: 29:1-16, 17-21; 30:1-19, 20-26; 31; 32:1-16, 17-32). Empat nubuatan yang pertama pendek dan sederhana (ps. 25), sementara nubuatan melawan Tirus (ps. 26-28) dan Mesir (ps. 29-32) merupakan puisi-puisi indah yang panjang, penuh warna dan berapi-api, yang dengan baik menggambarkan beragam gaya Yehezkiel. Penanggalan yang diberikan untuk beberapa nubuatan yang ada dalam bagian ini antara tahun 587/ 586 SM (tujuh bulan sebelum kejatuhan Yerusalem, 29:1) dan 571/570 SM (16 tahun sesudah kejatuhan Yerusalem, 29:17).

Wycliffe: Yeh 26:1--28:19 - -- E. NUBUATAN MELAWAN TIRUS. 26:1-28:19. Untuk penuduhan lainnya, lihat Yesaya 23; Yoel 3:4-8; Amos 1:9, 10; Zakharia 9:3, 4. ...

E. NUBUATAN MELAWAN TIRUS. 26:1-28:19.

Untuk penuduhan lainnya, lihat Yesaya 23; Yoel 3:4-8; Amos 1:9, 10; Zakharia 9:3, 4.

Peninggalan Tirus dibuktikan oleh Herodotus (ii. 44) dan Surat-surat Amarna (bdg. Pritchard. ANET, 484). Didesak keluar dari Palestina dan Siria pada abad ke-13 dan ke-14, bangsa Fenisia itu mengalihkan kekuatan mereka ke laut dan menjadi marinir dan pedagang terhebat sepanjang waktu, dalam kaitannya dengan dunia yang dikenal waktu itu (bdg. Albright, "The Role of the Canaanites in the History of Civilization," dalam The Bible and the Ancient Near East, disunting oleh G. E. Wright, hlm. 328-362, khususnya hlm. 328, 335, 340). Ahiram I, raja Tirus (969-936 SM), membuat kesepakatan dengan Daud dan Salomo (II Sam. 5:11; I Raj. 5:1-18; 9:10-14, 26, 27). Istri Ahab, yakni Ratu Izebel, anak Etbaal (Ittobaal I, 887-856 SM). raja Sidon, memperkenalkan penyembahan Baal Melkart oleh orang Tirus, yaitu dewa atas dunia orang mati, atas badai dan kesuburan, kepada Israel (I Raj. 16:3 1; 18).

Tirus ditekan oleh kerajaan Asyur, dan menyerah kepada. Ashurbanipal (ANET, hlm. 295). Tirus bersekutu dengan Zedekia melawan Nebukadnezar (Yer. 27:3; 28:1). Pada tahun 588 M, Firaun-Hofra menyerang Tirus dan Sidon (Herodotus ii. 161; Diodorus Siculus, I, 68). Nebukadnezar mengepung Tirus selama 13 tahun (585-573 SM), tetapi tidak merebutnya (Yeh. 29:18; Jos Antiq. X. 11. 1; Against Apion I. 20, 21). Setelah pengepungan tujuh bulan, Aleksander Agung akhirnya menghancurkan kota pulau itu pada tahun 332 SM, dengan membangun sebuah saluran dari situ ke daratan (Diod. Sic. XVII. 40-46). Tirus dibangun kembali pada tahun 314 SM. Tirus memiliki hubungan dengan pelayanan Yesus (Mat. 15:21-28; Mrk. 3:8; bdg. Mat. 11:21, 22), dan menjadi tempat kediaman orang-orang percaya (Kis. 21:3-6). Origenus dikubur di sana pada tahun 254 M, dan Eusebius mengajar di sana pada tahun 323. Orang-orang Muslim menaklukkannya pada tahun 638, dan para prajurit Perang Salib merebutnya pada tahun 1124. Kota itu dihancurkan sepenuhnya oleh orang-orang Muslim yang berperang dalam Perang Salib pada tahun 1291. Saat ini Tirus adalah sebuah desa nelayan kecil, es-Sur.

Yehezkiel memberi lebih banyak tempat untuk menjelaskan tentang Tirus, "Venisia Zaman Lampau", dibandingkan dengan penulis PL lainnya. Dalam pasal 26-28, sang nabi menubuatkan kejatuhan kekuatan laut yang utama ini di tangan Nebukadnezar (Ps. 26); meratapi karamnya kapal gagah Tirus dalam sebuah nyanyian ratapan yang indah (ps. 27); dan dalam sebuah nyanyian ejekan, menggambarkan kesombongan dan kejatuhan raja Tirus (28:1-19).

Wycliffe: Yeh 28:1-19 - -- 3) KEJATUHAN RAJA TIRUS. 28:1-19. Dari kota itu, sang nabi menyampaikan kepada para penguasanya, sebagai wakil dari orang-orang pandai masyarakat itu...

3) KEJATUHAN RAJA TIRUS. 28:1-19.

Dari kota itu, sang nabi menyampaikan kepada para penguasanya, sebagai wakil dari orang-orang pandai masyarakat itu, contoh dari keangkuhan kota dagang itu. Raja dan rakyatnya membentuk solidaritas bersama, di mana keangkuhan dan pendewaan dirinya dikutuk. Contoh-contoh lain dari "gila harta" adalah Sanherib (II Raj. 17:33-35); Firaun (Yeh. 29:3); Nebukadnezar (Dan. 3:15; 4:30; perhatikan khususnya pendewaan diri oleh Babel, Yes. 47:7-10); Herodes (Kis. 12:21-23); "manusia durhaka" (II Tes. 2:3, 4); dan para penakluk yang bersandar pada senjata mereka (Hab. 1:11, 16); serta semua orang yang saat ini menyembah "dewi kemakmuran."

Sang nabi menggambarkan hukuman atas raja yang tinggi hati itu (Yeh. 28:1-10); dan mengucapkan ratapan yang ironis atas kejatuhannya (28:11-19).

Wycliffe: Yeh 28:11-19 - -- b) RATAPAN ATAS KEJATUHAN RAJA TIRUS. 28:11-19. Yehezkiel mengaitkan raja Tirus dengan sebuah cerita rakyat yang ada pada waktu itu di antara bangsa ...

b) RATAPAN ATAS KEJATUHAN RAJA TIRUS. 28:11-19.

Yehezkiel mengaitkan raja Tirus dengan sebuah cerita rakyat yang ada pada waktu itu di antara bangsa Fenisia. Cerita itu hanya sepintas lalu mirip dengan kisah mengenai Taman Eden dalam Kejadian 2; 3. Dalam taman Allah di Eden hiduplah seorang manusia sempurna dengan kerub yang menjaga taman (Urmensch, atau manusia pertama), kesempurnaan hikmat dan keindahan. Sekalipun hanya seorang manusia, dalam keangkuhannya dia menganggap dirinya allah. Karena dosanya, dia diusir keluar dari taman itu oleh sang kerub. Menurut Firman Allah kepada Yehezkiel, raja Tirus akan dihancurkan karena dosa yang sama. Beberapa Bapa Gereja zaman dulu menafsirkan bagian ini sebagai mengacu terutama pada kejatuhan Iblis atau Antikristus (bdg. Yes. 14:4-20). Pandangan ini juga dianut oleh beberapa kelompok injili saat ini.

Wycliffe: Yeh 28:12 - Ratapan // Gambar dari kesempurnaan engkau 12. Ratapan. Ratapan Yehezkiel atas raja Tirus, meski dalam bentuk qînâ, lebih merupakan ironi daripada ratapan. Gambar dari kesempurnaan ...

12. Ratapan. Ratapan Yehezkiel atas raja Tirus, meski dalam bentuk qînâ, lebih merupakan ironi daripada ratapan. Gambar dari kesempurnaan engkau (RSV). Teks Masoret berbunyi, Engkaulah yang memeteraikan, atau pemeterai (hôtēm) jumlah, ukuran, simetri, yaitu, "kesempurnaan" (toknît). Pemakaian ini tidak muncul di tempat lain dalam PL, dan terjemahan versi-versi lain sangat beragam. Sebuah naskah, LXX, Siria dan Vulgata berbunyi, Engkaulah pemeterai (hôtam) jumlah, dst. seperti dalam Teks Masoret. Versi Siria dan Vulgata berbunyi, cincin meterai dari yang serupa (tabnît) dengan Allah. Terjemahan lain yang diajukan adalah: Engkau bijak hingga sempurna (`at hãkãm letaklît).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yeh 28:11-19 - Kejatuhan Raja Tirus Kejatuhan Raja Tirus (28:11-19) Sama seperti setelah nubuat tentang kehancuran Tirus (ps. 26) ada ratapan yang memilukan untuknya (ps. 27), demik...

Matthew Henry: Yeh 1:1-3 - Penglihatan Yehezkiel yang Pertama di Tepi Sungai Kebar Dalam pasal ini kita mendapati, I. Keadaan-keadaan biasa di seputar nubuat yang akan disampaikan, waktu disampaikannya (ay. 1), tempat ...

SH: Yeh 28:1-19 - Hikmatmu kau musnahkan demi semarakmu. (Selasa, 18 September 2001) Hikmatmu kau musnahkan demi semarakmu. Ithobal II, raja Tirus yang dinubuatkan di dalam perikop ini, dianggap mewakili kejatuhan kota Tirus. Tindakan...

SH: Yeh 28:11-19 - Menyia-nyiakan berkat Allah (Selasa, 25 Agustus 2009) Menyia-nyiakan berkat Allah Sumber berkat manusia hanyalah Allah. Baik berkat jasmani maupun rohani. Manusia sama sekali tidak bisa menyombongkan...

Topik Teologia: Yeh 28:12 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Setan

TFTWMS: Yeh 28:11-15 - Yehezkiel 28:11-15 Yehezkiel 28:11-15 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku: "Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan mengenai raja Tirus dan katakanlah kepadan...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yehezkiel Tema : Hukuman dan Kemuliaan Allah Tanggal Penulisan: 590-570 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah Kit...

Full Life: Yehezkiel (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yehezkiel (Yeh 1:1-3:27) A. Penglihatan Tentang Kemuliaan Allah ...

Jerusalem: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL Berbeda dengan kitab Yeremia, kitab Yehezkiel tampaknya sebuah kitab yang tersusun rapih. Sesudah pendahuluan, Yeh 1-3, yang berisikan kisah...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) JEHESKIEL PENDAHULUAN Diantara para tokoh kenabian di Israil Jeheskiel (artinja: Allah menguatkan, ataupun: Semoga Allah mengguatkan, jakni anak ini) ...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YEHEZKIEL Masa. Data dalam Kitab Yehezkiel menempatkan pelayanan sang nabi pada tahun-tahun awal dari pembuangan ke Babel, antara tahun 5...

Wycliffe: Yehezkiel (Garis Besar) GARIS BESAR YEHEZKIEL Kitab Yehezkiel terdiri dari dua bagian: pasal 1-24, serangkaian pesan yang disampaikan sebelum kejatuhan Yerusalem, yang isiny...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Apakah "Raja Tirus" Mengacu Kepada Iblis? (Yehezkiel 28:11-19) Tak dapat disangkal, Yehezkiel 28:11-19 dipenuhi dengan bahasa yang unik. B...

TFTWMS: Yehezkiel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Walter C. Kaiser, Jr., Peter H. Davids, F. F. Bruce, and Manfred T. Brauch, Hard Sayings of the Bible (Downers Grove, Ill.: InterV...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) yehezkiel 28 ~ komentari Penghakiman Atas Pemimpin Tirus & Sidon Pasal 28 mengakhiri tiga pasal berkas yang didedikasikan untuk Tirus. Mengapa...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) KESOMBONGAN& KEHANCURAN(Yehezkiel 28) Kesombongan mendahului kejatuhan. Dosa pemimpin Tirus adalah kesombongan. Ia punya pandangan yang membusung...

TFTWMS: Yehezkiel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Nilai-nilai rohani tidak punya tempat di pikiran penduduknya; peninggian diri dan kemandirian menjadi hal utama. Arogansi da...

BIS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL PENGANTAR Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

YEHEZKIEL

PENGANTAR

Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi. Pesannya ditujukan kepada orang-orang yang dibuang di Babel dan mereka yang tinggal di Yerusalem. Buku Yehezkiel dibagi dalam empat bagian yang penting yaitu:

  1. (1) Peringatan kepada umat Israel bahwa Allah akan menghakimi mereka dan bahwa Yerusalem akan jatuh dan hancur.
  2. (2) Pesan dari TUHAN bahwa Ia akan menghakimi bangsa-bangsa yang menindas dan menyesatkan umat-Nya.
  3. (3) Penghiburan bagi Israel setelah jatuhnya Yerusalem, dan janji tentang masa depan yang cerah.
  4. (4) Gambaran Yehezkiel tentang Rumah TUHAN dan bangsa yang diperbaharui.

Yehezkiel adalah orang yang teguh imannya dan hebat daya khayalnya. Sebagian besar dari pesannya didapatnya melalui penglihatan-penglihatan, dan dinyatakannya dengan perbuatan yang merupakan lambang yang jelas bagi bangsa Israel. Yehezkiel menekankan perlunya pembaharuan hati dan jiwa, serta tanggung jawab setiap orang atas dosa-dosanya sendiri. Ia juga menyatakan harapannya akan pembaharuan hidup bagi bangsa Israel. Sebagai imam dan juga selaku nabi, Yehezkiel memberi perhatian khusus kepada Rumah TUHAN dan pentingnya hidup menurut kehendak TUHAN.

Isi

  1.  Yehezkiel dipanggil menjadi nabi
    Yeh 1:1-3:27
  2.  Pesan-pesan tentang hukuman bagi Yerusalem
    Yeh 4:1-24:27
  3.  Penghakiman Allah terhadap bangsa-bangsa
    Yeh 25:1-32:32
  4.  Janji Allah kepada umat-Nya
    Yeh 33:1-37:28
  5.  Pesan tentang hukuman bagi Gog
    Yeh 38:1-39:29
  6.  Penglihatan tentang Rumah TUHAN dan tanah Israel di kemudian hari
    Yeh 40:1-48:35

Ajaran: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilih

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilihan-Nya, adalah Allah yang dikenal dalam Tuhan Yesus Kristus, yaitu Allah Yang Mahakuasa dan yang mempunyai rencana yang indah dalam kehidupan seseorang.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yehezkiel.

Isi Kitab: Kitab Yehezkiel terdiri dari 48 pasal. Isi Kitab ini merupakan pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa- bangsa lain.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yehezkiel

  1. Pasal 1-3 (Yeh 1:1-3:27).

    Allah memanggil Yehezkiel menjadi hambanya

    1. Allah memperlihatkan kemuliaan-Nya kepada Yehezkie (pasal 1; Yeh 1-28).
    2. Allah memberikan tugas kepada Yehezkiel dalam melayani-Ny (pasal 2-3; Yeh 2:1-3:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 2:1-7. Apakah tugas Yehezkiel? Dan orang-orang macam apakah yang ia layani?

  2. Pasal 4-24 (Yeh 4:1-24:27).

    Pemberitaan tentang penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel

    1. Perumpamaan-perumpamaan tentang penghukuman yang aka dialami bangsa Israel (pasal 3-7; Yeh 3:1-7:27).
    2. Pemberitaan tentang penglihatan Yehezkiel atas dos bangsa Israel (pasal 8-11; Yeh 8:1-11:25).
    3. Pemberitaan tentang penghakiman yang akan dialami bangs Israel (pasal 12-19; Yeh 12:1-19:14).
    4. Gambaran tentang dosa-dosa daripada bangsa Israe (pasal 20-24; Yeh 20:1-24:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 24:1-11. Apakah sebabnya penghukuman akan dialami oleh orang-orang Israel?

  3. Pasal 25-32 (Yeh 25:1-32:32).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa-bangsa

    Pendalaman

    Sebab-sebab bangsa-bangsa lain dihukum: Amon Yeh 25:1-3. Moab Yeh 25:8. Edom Yeh 25:12. Filistin Yeh 25:15. Tirus Yeh 26:1-2. Sidon Yeh 28:20-22. Mesir dan Firaun Yeh 29:1-3.

  4. Pasal 33-39 (Yeh 33:1-39:29).

    Pemberitaan akan pembaharuan yang akan diterima bangsa Israel setelah penghakiman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 36:1-10. Apakah pendapat saudara tentang ayat 9 (Yeh 36:9)?

  5. Pasal 40-48 (Yeh 40:1-48:35).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan dari zaman baru

    1. Pemberitahuan tentang ukuran dari pada Bait Alla (pasal 40-42; Yeh 40:1-42:20).
    2. Petunjuk-petunjuk dalam ibada (pasal 43-46; Yeh 43:1-46:24).
    3. Pemberitahuan tentang keadaan dan pembagian tana (pasal 47-48; Yeh 47:1-48:35).

    Pendalaman

    Bacalah pasal 48:35; Yeh 48:35. Siapakah yang akan memerintah secara langsung dalam zaman baru itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Panggilan atas Yehezkiel untuk menjadi pemberita Firman Allah, mengajarkan bahwa Allah juga memanggil setiap orang percaya untuk bersaksi tentang Kristus.

  2. Tuntutan Allah terhadap tanggung jawab Yehezkiel dalam pemberitaannya, mengajarkan juga bahwa Allah menuntut pertanggungjawaban setiap orang Kristen dalam hal memberitakan Injil.

  3. Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain telah digenapi, membuktikan bahwa apa yang dikatakan oleh Firman Allah itu benar.

  4. Apabila kehidupan di dalam zaman yang baru penuh dengan persekutuan, maka sudah selayaknyalah setiap orang percaya untuk memulai hidup dengan penuh persekutuan di dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yehezkiel?
  2. Apakah isi Kitab Yehezkiel?
  3. Untuk apakah Yehezkiel dipanggil Allah?
  4. Pelajaran apakah yang saudara terima setelah mempelajar Kitab Yehezkiel?

Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Laporan seorang penjaga LATAR BELAKANGDalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu pendud

Laporan seorang penjaga

LATAR BELAKANG
Dalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu penduduk utama bangsa Israel. Pemerintahan boneka yang ditinggalkannya di Yerusalem memberontak, dan dalam tahun 587 SM Nebukadnezar menghancurkan seluruh kota dan mengangkut lebih banyak penduduk ke pembuangan.

PENULIS
Diperkirakan bahwa kitab Yehezkiel disusun oleh beberapa pengarang atau ditulis lama sesudah pengarangnya meninggal, tetapi pemakaian kata ganti orang pertama, waktu yang tepat, data pribadi yang diberikan secara rinci, dan gaya penulisan yang sama dalam keseluruhan kitab merupakan indikasi kuat bahwa Yehezkiel sendiri yang memastikan bahwa semua nubuatannya ditulis dan menjelang akhir hidupnya ia menyusunnya dengan cermaat ke dalam bentuk buku. Yehezkiel dibesarkan di Yehuda dan boleh jadi pada masa remajanya ia dipengaruhi oleh pembaruan raja Yosia dan nubuatan Yeremia. Dia seorang imam yang dibuang ke Babel pada tahun 597 SM, kemungkinan bersama-sama dengan raja Yoyakim, dan tulisannya sangat dipengaruhi oleh latar belakang keimamannya. Dalam pembuangan ia bermukim di Tel-Abib di tepi sungai Kedar. Lima tahun kemudian, pada waktu ia berumur tiga puluh tahun, ia mendapat penglihatan dari Tuhan dan dipanggil menjadi nabi. Dia mungkin saja mempunyai kedudukan penting (Yeh 8:1; 14:1), walaupun kebanyakan orang menolak peringatannya (Yeh 3:25), atau tidak menganggapnya denganserius (Yeh 33:30-32).

ISI KITAB
Dalam kitab Yehezkiel, kita dapat membaca kisah kehidupan nabi itu dan nubuat-nubuatnya yang mencakup kurun waktu mulai dari tahun 597 sampai 570 SM. Kitab Yehezkiel terbagi dalam empat bagian penting. Pasal Yeh 1-24 khususnya berisi nubuatan yang diberikan sebelum tahun 587 SM pada waktu Yehezkiel memperhadapkan umat dengan dosa mereka, serta menunjukkan bahwa kejatuhan Yerusalem tidak dapat dihindari dan merupakan dosa yang sepatutnya mereka terima. Pasal Yeh 25:1-32:32 merupakan nubuatan tentang penghakiman terhadap bangsa- bangsa yang ada di sekeliling Yerusalem. Pasal Yeh 33:1-39:29 ditulis setelah kejatuhan Yerusalem dan Yehezkiel mendorong orang-orang buangan untuk bertobat dari dosa-dosa lama mereka, dan menjadi anggota masyarakat baru yang menyerahkan diri untuk melayani Tuhan. Bagian akhir berisi harapan tentang kembalinya bangsa Israel dari pembuatan sampai padda akhir zaman, dan berisi penglihatan Yehezkiel tentang Yerusalem baru. Kita akan lebih banyak belajar dari kitab Yehezkiel jika kita melihatnya sebagai pesan kepada suatu bangsa yang istimewa, yang sungguh-sungguh memerlukan pertolongan dalam suatu keadaan yang nyata.

Pesan

1. Sifat Allah
Rakyat yang berada dalam pembuangan mungkin saja tergoda untuk meragukan kuasa Tuhan. Yehezkiel sangat ingin memberitakan kebesaran Tuhan dalam situasi yang jelas sangat tidak menguntungkan sekalipun.
o Allah itu penuh kemuliaan dan mengagumkan. Yeh 1:25-28; 3:23
o Allah itu kudus. Yeh 5:11; 36:23
o Allah berkuasa di mana-mana. Yeh 3:12-27; 5:5
o Allah berkuasa atas segala bangsa. Yeh 25:1-32:32
o Allah itu adil. Yeh 18:25; 33:20
o Allah memimpin dan menunjukkan jalan bagi umat-Nya. Yeh 2:2; 11:1,5
o Allah bertindak agar umat-Nya mengenal Dia. Yeh 6:7, 14; 20:38
o Allah memelihara umat-Nya seperti seorang gembala yang baik. Yeh 34:11-16
o Allah memberikan hidup baru. Yeh 36:25-32

2. Bahaya dosa
Pesan Yehezkiel mengenai kematian dan hukuman kelihatannya keras dan tidak berperasaan apabila kita berpikir tentang rakyat yang sedang menderita di pembuangan, tetapi hal itu penting untuk membuat mereka mengerti bahwa pembuangan itu merupakan hukuman. Dengan maksud untuk mempermalukan mereka sampai mereka bertobat, Yehezkiel menganggap mereka busuk sampai ke akar-akarnya.
o Mereka telah mempermalukan nama Allah. Yeh 20:9; 36:20
o Mereka telah mencemarkan rumah Allah. Yeh 5:11; 23:38
o Mereka pemuja berhala. Yeh 20:7,18; 22:4
o Mereka mengambil bagian dalam upacara mengurbankan anak-anak. Yeh 20:26,31
o Mereka mengabaikan hukum. Yeh 44:6-8
o Mereka menekan orang miskin. Yeh 22:7,12

3. Pentingnya penghakiman
Oleh karena Allah itu adil, maka Israel harus dihukum. Hanya karena kesabaran Tuhan yang besar saja Dia masih dapat mentoleransi bangsa yang sudah bobrok itu sekian lamanya, tetapi Yehezkiel membawa pesan bahwa kesabaran Tuhan terhadap bangsa Israel akhirnya habis juga.
o Penghakiman tidak dapat dihapuskan. Yeh 12:22,27
o Penghakiman tidak dapat dihindari. Yeh 7:4-27; 22:14
o Penghakiman tidak datang "nanti", tetapi "sekarang". Yeh 9:10; 24:14

4. Janji kehidupan baru
Tuhan masih rindu untuk menyelamatkan bangsa Israel. Penghakiman dan pembuangan berarti bahwa dosa mereka dihukum dan sekarang akan ada berita pengampunan. Semua orang ditantang untuk bertobat dan dengan iman bergabung ke dalam komunitas umat Tuhan yang:
o Terbentuk dari orang-orang yang hatinya telah diubahkan oleh Tuhan. Yeh 36:25-27
o Diberi hidup oleh Roh Allah. Yeh 37:5
o Tidak terpecah-belah. Yeh 37:15-17
o Mempunyai perjanjian kekal dengan Allah. Yeh 14:11; 37:23
o Dipimpin oleh Raja Mesias keturunan Daud. Yeh 37:24-28
o Membawa hidup baru kepada dunia. Yeh 47:1-12

Penerapan

Yehezkiel banyak berbicara mengenai kegagalan para penguasa Israel untuk bertindak sebagai wakil Tuhan, dan bangsa Israel gagal untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Namun demikian, ia juga menunjukkan cara bagaimana menjalani kehidupan.

1. Ciri-ciri manusia yang sudah diperbarui
o Dia dipimpin oleh Tuhan
o Hatinya ditujukan kepada Tuhan
o Tujuan hidupnya untuk memuliakan Tuhan
o Dia dengan penuh sukacita menerima kehendak Tuhan
o Dia dikenal oleh kesucian hatinya dan ketaatannya kepada Tuhan
o Dia hidup dengan perasaan aman, karena tahu Tuhan memeliharanya
o Dia menunjukkan keprihatinannya terhadap sesama

2. Ciri-ciri seorang pemimpin yang baik
o Dia taat kepada Tuhan dalam segala hal
o Dia berpaling kepada Tuhan untuk memperoleh kekuatan
o Dia tekun menjalankan tugasnya
o Dia mengerti orang yang dipimpinnya
o Dia mengambil keputusan berdasarkan keadilan
o Dia tidak takut untuk berbicara

Tema-tema Kunci

1. Kebesaran Allah
Bangsa Israel berpikir bahwa kebesaran Israel adalah sama dengan kebesaran Allah, sehingga Allah tidak akan membiarkan Israel dihancurkan. Pendapat ini salah; Israel sendiri telah mencemarkan nama Allah. Demi untuk kemuliaan-Nya sendiri Allah bertindak, pertama-tama menghukum dan kemudian menyelamatkan. Bacalah Yeh 20:40-44; 28:25,26; 36:16-23; 38:17-23; 39:7,8,25-29. Dengan cara bagaimana orang Kristen dewasa ini mencemarkan nama Allah?

2. Allah memelihara
Allah terus memelihara bangsa Israel, bahkan pada waktu Dia harus menghukum mereka sekalipun. Bacalah: Yeh 11:17; 16:60-63; 28:24-26; 34:11-31; 37:25-27. Bandingkan gambaran Allah sebagai gembala Israel yang terdapat pada pasal Yeh 34, dengan pengajaran mengenai Gembala Agung dalam Yohanes 10:7-18.

3. Tanggung jawab
Setiap orang harus mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di hadapan Allah. Bukan keluarga atau keadaan yang akhirnya harus dipersalahkan tentang apa yang terjadi pada seseorang. Ia sendiri yang harus memilih untuk melayani Allah dan terus melayani atau tidak. Baca Yeh 18:1-32; 33:7-20.

4. Penjaga
Yehezkiel menerima panggilan sebagai seorang penjaga atau "pengawas" dengan penuh kesungguhan dan ia memperingatkan bangsanya bahwa penghakiman Allah sudah dekat, dan memberikan kepada mereka kesempatan untuk berbalik serta menerima jalan keselamatan yang Allah sediakan. Carilah ayat-ayat: Yeh 3:12-21; 33:1-9. Dari ayat-ayat di atas dan ayat-ayat lainnya, buatlah daftar mengenai tanggung jawab yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya di dunia.

Garis Besar Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) [1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27 Yeh 1:1-3Waktu terjadinya Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan Yeh 2:1-3

[1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27

Yeh 1:1-3Waktu terjadinya
Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup
Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan
Yeh 2:1-3:15Yehezkiel menerima pengutusan
Yeh 3:16-27Ia harus memberi peringatan kepada bangsa Israel

[2] NUBUATAN MENGENAI PENGHAKIMAN ATAS YERUSALEM Yeh 4:1-12:28

Yeh 4:1-5:17Gambaran mengenai pengepungan terhadap Yerusalem
Yeh 6:1-14Nubuatan tentang gunung-gunung Israel
Yeh 7:1-27Kehancuran telah tiba
Yeh 8:1-9:11Pemujaan berhala di Rumah Allah
Yeh 10:1-22Hukuman terhadap pemimpin-pemimpin Israel
Yeh 11:16-25Bangsa Israel yang sudah diperbarui akan kembali
Yeh 12:1-28Gambaran mengenai pembuangan

[3] DOSA-DOSA ISRAEL DAN YERUSALEM Yeh 13:1-24:27

Yeh 13:1-23Nabi-nabi palsu akan dihukum
Yeh 14:1-11Pemuja berhala akan dihukum
Yeh 14:12-23Penghakiman tidak dapat dihindarkan
Yeh 15:1-8Yerusalem seperti kebun anggur yang tak berguna
Yeh 16:1-63Yerusalem sebagai pelacur
Yeh 17:1-24Perumpamaan tentang dua ekor elang dan kebun anggur
Yeh 18:1-32Tanggung jawab pribadi terhadap dosa
Yeh 19:1-14Ratapan untuk dua pangeran Israel
Yeh 20:1-29Masa lalu Israel yang penuh pemberontakan
Yeh 20:30-44Penghakiman dan pemulihan Tuhan
Yeh 20:45-21:32Penghakiman dengan api dan pedang
Yeh 22:1-31Yerusalem sudah berdosa besar
Yeh 23:1-49Israel dan Yehuda merupakan dua kakak beradik yang berdosa
Yeh 24:1-14Yerusalem bagaikan periuk berkarat
Yeh 24:15-27Istri Yehezkiel meninggal

[4] NUBUATAN TENTANG HUKUMAN BAGI BANGSA-BANGSA Yeh 25:1-32:32

Yeh 25:1-7Terhadap Amon
Yeh 25:8-11Terhadap Moab
Yeh 25:12-14Terhadap Edom
Yeh 25:15-17Terhadap bangsa Filistin
Yeh 26:1-28:19Terhadap Tirus
Yeh 28:20-26Terhadap Sidon
Yeh 29:1-32:32Terhadap Mesir

[5] NUBUATAN TENTANG HARI DEPAN Yeh 33:1-39:29

Yeh 33:1-20Yehezkiel, si penjaga
Yeh 33:21-33Penjelasan tentang jatuhnya Yerusalem
Yeh 34:1-31Gembala yang baik menggantikan gembala yang buruk
Yeh 35:1-15Pengkhianatan Edom akan dibalas
Yeh 36:1-14Hidup baru bagi tulang-tulang yang kering
Yeh 37:15-28Bangsa yang dibangkitkan dengan raja yang baru
Yeh 38:1-39:20Nubuatan tentang Gog
Yeh 39:21-29Rencana Tuhan untuk bangsa Israel

[6] GAMBARAN MENGENAI YERUSALEM BARU Yeh 40:1-48:35

Yeh 40:1-42:20Rumah Tuhan yang baru
Yeh 43:1-12Kemuliaan Tuhan kembali ke rumah-Nya
Yeh 43:13-46:24Pengaturan ibadah
Yeh 47:1-12Sungai yang memberi hidup
Yeh 47:13-48:35Pembagian tanah di antara suku-suku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA