Daftar Isi
HEBREW: 3168 laqzxy Y@chezqe'l
HAAG: Yehezkiel
TOKOH: Yehezkiel
BIOTOKOH PL: YEHEZKIEL
BROWNING: YEHEZKIEL
ENSIKLOPEDIA: YEHEZKIEL

Yehezkiel

yang dikuatkan oleh Allah. Yeh 1:3.

Ibrani

Strongs #03168: laqzxy Y@chezqe'l

Ezekiel or Jehezekel = "God strengthens"

1) son of Buzi and a priest and prophet; author of the book by his
name; taken captive with Jehoiachin and exiled in Babylon where he
prophesied for the next 22 years
2) a priest in charge of the 20th course in the time of David

3168 Ychezqe'l yekh-ez-kale'

from 2388 and 410; God will strengthen; Jechezkel, the name of two Israelites: KJV -- Ezekiel, Jehezekel.
see HEBREW for 02388
see HEBREW for 0410

Yehezkiel [haag]

Yehezkiel.

  1. (I). PRIBADI PERORANGANNYA. (Bhs. Ibr.: Allah membuat kuat). ~Y adalah seorang putera dari imam Buzi (Yeh 1:3). Barangkali ia sendiri juga seorang imam yang kawin. Pada tahun 597 ia dibuang bersama-sama dengan Yoyakhin ke Babilon. Lewat sebuah wahyu, ia dipanggil menjadi --> nabi dan ia umumkan kehancuran kota Yerusalem yang sudah dekat lewat banyak ancaman hukuman dan perbuatan-perbuatan simbolis. Apabila kota Yerusalem benar-benar dihancurkan oleh Nebukadnezar pada tahun 586, barulah para buangan lebih menaruh pengertian pada pekerjaan Yeh. Bagian kedua dari pewartaannya (Yeh 25:1-38:23) mengungkapkan harapan akan pemulangan mereka kembali dan datangnya waktu keselamatan yang gemilang. Para musuh akan memperoleh putusan hukuman. Nampaknya ~Y meninggal di Babilon. Di luar beberapa laporan yang masih dipertentangkan, -- seperti misalnya: Kematian isterinya secara mendadak (Yeh 24:18), -- tidak ditemukan berita tentang dia pribadi. Ia adalah penulis kitab yang menggunakan namanya dan menjadi judulnya.
  2. (II). KITAB YEHEZKIEL. Isinya memuat berita tertulis dalam bentuk "aku" mengenai pengalaman kenabian ~Y. Berita itu adalah: "Sabda-sabda Yahwe (Yeh 1:3) yang didengarnya dan "penglihatan illahi" (Yeh 1:1) yang dilihatnya. Apakah kitab yang menyatakan bahwa ditulis sebagai autobiografi ~Y dan ditulis dalam tahanan itu merupakan sebuah kesatuan yang otentik? Apakah dikemudian harinya kitab itu tidak diolah kembali, ataukah kitab itu adalah sebuah biografi buatan? (: pseudepigraf?). Jawabannya belum bisa dipastikan. Kitab ~Y menjadi salah sebuah Kitab PL yang paling sukar. -- Theologi Kitab ~Y itu sama seperti, theologi dari tulisan para imam (: sumber KI). Transendensi Allah ditekankan di situ: SifatNya yang paling menonjol adalah kekudusanNya yang hakiki. Tujuan dari karya keselamatanNya adalah sebuah manifestasi atau pemurnian kembali kekudusan itu. Oleh sebab itu ditonjolkan gagasan tentang pilihan (: bukan panggilan). Atas dasar pilihan yang dibuat Allah di tengah bangsa-bangsa lain itu: Isr. boleh menarik kesimpulan yang pasti, bahwa semua akan diarahkan pada kebaikanNya (Yeh 16:55) dan bahwa Tuhan akan membuat sebuah perjanjian dengannya. Pada saat itu Isr. akan menjadi satu bangsa dibawah satu gembala (Yeh 37:22) dan Yahwe akan memilih tempat-tinggalNya di tengah mereka untuk selama-lamanya. Perwujudan gembala itu hendaknya dipandang sebagai karya keselamatan di dalam sejarah dan bukannya sebagai pandangan mengenai seorang Mesias. Hal itu juga tetap berlaku, meskipun Yesus (Yoh 10:11-16) di dalam hubungannya dengan Yeh 34:11-23 dipandang sebagai gembala yang baik. Justru oleh pandangan yang berat-sebelah itu (misalnya saja peranan kurang diperhatikan) maka gambaran tentang Allah pada ~Y itu mengesankan sekali.

Yehezkiel [tokoh]

Yehezkiel

Imam yang dipanggil sebagai nabi kepada orang-orang buangan (dalam Yeh 1:1-3:66).

Penglihatan:

takhta TUHAN (dalam Yeh 1:1-22);
kekejian di dalam Bait TUHAN (dalam Yeh 8:1-18);
kemuliaan TUHAN meninggalkan Bait Suci (dalam Yeh 10:1-22);
lembah penuh dengan tulang-tulang (dalam Yeh 37:1-28);

Bait Suci yang baru (dalam Yeh 40:1-48:35).

Nubuat:

melawan Israel (dalam Yeh 4:1-7:27; 11:1-12:28; 14:1-24:27; 33:1-33);
melawan nabi-nabi palsu (dalam Yeh 13:1-23; 34:1-31);
melawan bangsa-bangsa (dalam Yeh 25:1-32:32; 35:1-15; 38:1-39:29);
tentang pembaharuan Israel (dalam Yeh 11:14-20; 34:1-31; 36:1-38; 39:25-29).

YEHEZKIEL [biotokoh pl]

Arti nama:TUHAN ITU KUAT
Disebut pertamaYehezkiel 1:3
Namanya disebut93 kali
Kitab yang menyebut1 buku : Yehezkiel
PekerjaanImam dan Nabi - Yehezkiel 1:3. 2:3-4
Tempat kelahiranYehuda
Tempat kematianBabil
Terakhir disebutYehezkiel 24:24
Fakta pentingIA MENCATAT GAMBARAN YANG LENGKAP TENTANG KERUBIUM DAN BAIT DI DALAM KERAJAAN 1000 TAHUN DALAM SELURUH ALKITAB (YEHEZKIEL 1:5-24; 4-44).

YEHEZKIEL [browning]

Nabi ketiga dari *nabi-nabi besar dalam PL. Yehezkiel hidup sezaman dengan *Yeremia, namun lebih muda dan dipengaruhi olehnya. Ia adalah seorang imam (Yeh. 1:3) dan seorang nabi (11:4) di *pembuangan. Menurut Yeh. 1:1-3, Yehezkiel berada di antara kelompok pertama orang-orang Yahudi yang dibuang ke *Babel, pada 597 sM. Namun, terdapat beberapa alasan untuk menduga bahwa hal ini merupakan catatan editorial, dan bahwa pesan Yehezkiel kepada *Yehuda disampaikan di tempat, tidak dari Babel yang jauh. Yehezkiel sangat mengetahui keadaan Yehuda, dan khotbah-khotbahnya ditujukan kepada masyarakat yang hidup di sana. Beberapa sarjana mengusulkan bahwa Yehezkiel memang pergi ke Babel, namun kembali ke Yerusalem untuk memberitakan malapetaka yang akan menimpa kota itu, hingga direbut pada 586 sM, ketika, sebagaimana diduga, ia ditangkap lagi dan dibawa ke Babel untuk kedua kalinya.

Kemungkinan yang lain, diduga bahwa Yehezkiel masih berada di Yerusalem untuk sebagian besar karier profetisnya. Namun, pada 586 kemungkinan pergi ke Babel, atau -- sebagai modifikasi teori ini -- ia tetap tinggal di *Yehuda, tetapi bagian-bagian dari tulisan yang tampaknya berasal dari pembuangan di Babel dapat dianggap berasal dari editor kemudian hari.

Beberapa tindakan profetis Yehezkiel dianggap aneh, atau paling tidak asing, oleh orang-orang sezamannya: ia memakan gulungan kitab (3:1-3); di depan gambar kasar dari Yerusalem yang buruk dalam pengepungan, ia berbaring ke sisi kiri selama 390 hari untuk menyatakan hukuman atas Israel, dan 40 hari ke sisi kanan, untuk menyatakan hukuman atas Yehuda. Ia mencukur kepala dan wajahnya, serta menimbang rambutnya, kemudian membaginya menjadi tiga untuk melambangkan bagaimana penduduk akan mengalami penderitaan dengan tiga cara. Ia menderita kebisuan dalam waktu lama sebelum 586. Ketika istrinva tiba-tiba mati, ia menolak untuk meratap sebagaimana yang ditentukan adat. Hal ini merupakan cara untuk menyampaikan pesannya mengenai kehancuran yang akan terjadi atas Bait Allah yang lebih tragis (Yeh. 24:15-18).

Yehezkiel mengerti sejarah bangsa Israel dari sejak masa *Keluaran sebagai cerita ketidaktaatan (20:1-18). Namun, ketika Yerusalem telah dihancurkan dan perkataannya terpenuhi, ia berbalik pada pengharapan ke masa depan. Allah tidak senang atas kematian orang-orang jahat, dan berkehendak memulihkan mereka pada kehidupan, termasuk mereka yang berada di pembuangan (33:11-20). Dengan demikian, Yehezkiel dapat meramalkan pemulihan umat Israel di masa depan di negaranya sendiri. Di sana akan ada kedamaian dan rasa aman, dan Tuhan akan kembali ke tempat suci (43:4-7) yang telah ditinggalkan-Nya (10:18 dan 11:23). Allah Yehezkiel adalah Allah yang transenden sepenuhnya, dan bertindak menurut apa yang baik bagi-Nya (Yeh. 36:22) untuk membenahi umat-Nya (36:26). Meskipun demikian, mereka dituntut untuk menjawab karunia Allah itu. Setiap individu bertanggung jawab dan memiliki kebebasan. Dalam PL tidak seorang pun dengan begitu bersemangat menegaskan realitas tanggung jawab ini (18:20).

YEHEZKIEL [ensiklopedia]

(Ibrani yekhezqe'l, 'Allah menguatkan'). Nama ini tampil sebagai Yehezkel dalam 1 Taw 24:16.

Yehezkiel putra Busi dibuang ke Babel, hampir pasti bersama raja Yoyakhin pada thn 597 sM (2 Raj 24:14-17). Dia dimukimkan di kampung Tel-Abib dekat S Kebar. Lima thn kemudian ia menerima panggilan untuk menjadi nabi (Yeh 1:2), mungkin setelah ia berusia 30 thn (1:1). Tafsiran ini ditolak oleh beberapa ahli tanpa mengemukakan tafsiran yg lebih memuaskan. Sesudah menerima panggilan itu ia masih hidup paling sedikit 22 thn lagi (Yeh 29:17).

Tidak banyak yg diketahui tentang hidup Yehezkiel. Pengetahuannya mengenai Bait Suci Yerusalem dan tata ibadahnya sangat rinci, namun tidak ada bukti bahwa ia pernah bertugas di sana. Pemikirannya sangat dipengaruhi oleh perlambang keimaman, melebihi setiap nabi lainnya. Nubuat-nubuatnya yg pertama ditanggapi dengan hati yg amat tidak senang (3:25), tapi segera ia tampil dalam kedudukan terhormat (8:1; 14:1; 20:1), mungkin disebabkan oleh martabat keluarganya. Mayoritas Israel tidak menyambut amanatnya. Istrinya meninggal tiba-tiba pada waktu raja Nebukadnezar mengepung Yerusalem (24:1, 2, 15-18). Tidak ada data apakah ia dikaruniai anak.

Dalam bukunya Theologische Studien and Kritiken (1877), H Klostermann berdasarkan bagian-bagian seperti 3:23-4:8 menunjukkan bahwa Yehezkiel sakit saraf, penyakit yg disebut katalepsi. Pendapat ini walaupun pernah populer, sekarang tidak diterima lagi. Ada perbedaan tafsir mengenai tindakan-tindakan Yehezkiel yg jelas berupa lambang. Ada, seperti A. B Davidson (Ezekiel CBSC, hlm 30) dan J Skinner (HDB, 1, hlm 817a) yg menganggap bahwa tindakan itu terjadi hanya dalam pikiran nabi Yehezkiel saja. Umumnya diterima bahwa tindakan tersebut benar-benar dilaksanakan, tapi harus ditafsirkan secara kiasan. Lih artikel berikut. HLE/MHS/HAO




TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA