Teks -- Daniel 9:27 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Dan 9:27 - MEMBUAT PERJANJIAN ... SELAMA SATU KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:27
Ikatan perjanjian di antara "raja yang akan datang" (ayat
Dan 9:26) dengan Israel akan menandai dimulainya "tujuh masa" yang
ke-70, ...
Nas : Dan 9:27
Ikatan perjanjian di antara "raja yang akan datang" (ayat Dan 9:26) dengan Israel akan menandai dimulainya "tujuh masa" yang ke-70, tujuh tahun terakhir masa ini. Mengenai peristiwa ini, Alkitab mengajarkan yang berikut:
- 1) Penguasa yang akan mengikat perjanjian dengan Israel adalah antikristus, tetapi ia tidak akan tampak saat itu (bd. 2Tes 2:3-10; 1Yoh 2:18). Rupanya suatu perjanjian damai akan dirundingkan oleh antikristus di antara Israel dan musuh-musuh mereka mengenai sengketa tanah (Dan 11:39).
- 2) Pada pertengahan tujuh tahun (yaitu, setelah tiga setengah tahun),
raja itu akan melanggar perjanjiannya dengan Israel, menyatakan dirinya
sebagai Allah, mengambil alih Bait Suci di Yerusalem, melarang ibadah
kepada Tuhan (bd. 2Tes 2:4) dan menghancurkan Palestina; ia akan
memerintah selama tiga setengah tahun (Wahy 11:1-2; 13:4-6;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
- 3) Makna nubuat dari "kekejian yang membinasakan" hanya akan diketahui
oleh orang yang percaya kepada Allah (Dan 12:10-11). Yesus
mengatakan bahwa orang percaya harus memperhatikan tanda yang sangat
penting ini karena itu akan memulaikan hitungan tiga setengah tahun
terakhir sampai kedatangan-Nya kembali ke bumi dalam kemuliaan (lih.
Mat 24:15). Dengan memperhatikan secara teliti, orang percaya dalam
kesengsaraan besar akan mengetahui bahwa kedatangan Kristus sudah dekat,
sudah di ambang pintu (Mat 24:33;
lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
Kedatangan Mesias (2Tes 2:8; Wahy 19:11-20) akan terjadi pada akhir tujuh tahun atau masa tiga setengah tahun yang kedua. Wahyu menegaskan waktu itu dengan menyatakan dua kali bahwa antikristus (yaitu "binatang") akan berkuasa hanya selama 42 bulan (Wahy 11:1-2; Wahy 13:4-6). Daniel kemudian menyatakan lagi bahwa hal itu akan terjadi tiga setengah tahun ("Satu masa dan dua masa dan setengah masa") dari saat kesengsaraan besar hingga akhirnya (Dan 12:7). - 4) Selama tiga setengah tahun yang dijatahkan kepada antikristus, Yerusalem akan terus diinjak-injak oleh orang bukan Yahudi (Wahy 11:2).
- 5) "Kekejian yang membinasakan" menjadi tanda yang jelas bahwa kesengsaraan besar telah dimulai (Dan 12:11; Mat 24:15-21; bd. Ul 4:30-31; Yer 30:5-7; Za 13:8-9).
- 6) Masa kesengsaraan dan pemerintahan antikristus akan berakhir dengan kedatangan Kristus dalam kuasa untuk menghukum orang fasik (Mat 25:31-46), membinasakan antikristus dan memulai pemerintahan-Nya selama seribu tahun (Yer 23:5-6; Mat 24:27,30).
Full Life: Dan 9:27 - KEKEJIAN ... YANG MEMBINASAKAN.
Nas : Dan 9:27
Yesus mengacu kepada penglihatan Daniel ketika mengatakan, "Jadi
apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menuru...
Nas : Dan 9:27
Yesus mengacu kepada penglihatan Daniel ketika mengatakan, "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel" (Mat 24:15); pernyataan Yesus ini mungkin menunjuk kepada pencemaran Bait Suci Yerusalem oleh antikristus di masa depan (bd. 2Tes 2:3-4; Wahy 13:14-15;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
BIS -> Dan 9:27
BIS: Dan 9:27 - Sesuatu yang mengerikan yang disebut Kejahatan yang menghancurkan Sesuatu yang mengerikan yang disebut Kejahatan yang menghancurkan: Patung yang didirikan dalam Rumah TUHAN di Yerusalem oleh penguasa-penguasa asing.
Sesuatu yang mengerikan yang disebut Kejahatan yang menghancurkan: Patung yang didirikan dalam Rumah TUHAN di Yerusalem oleh penguasa-penguasa asing.
Jerusalem: Dan 9:27 - membuat perjanjian itu menjadi berat Harafiah: meneguhkan (memberatkan) perjanjian. Keterangan ini mungkin dapat dimengerti pada latar belakang Dan 11:30-32. Kalau demikian maka "perjanji...
Harafiah: meneguhkan (memberatkan) perjanjian. Keterangan ini mungkin dapat dimengerti pada latar belakang Dan 11:30-32. Kalau demikian maka "perjanjian" itu ialah persepakatan orang fasik untuk menggabungkan diri dengan penganiayaan sehingga mereka melangkahi perjanjian suci. Bdk 1Ma 1:21,43,52; 2Ma 4:10 dst. Terjemahan Indonesia ini mengertinya sbb: penganiayaan membuat kesetiaan pada perjanjian suci menjadi berat
Jerusalem: Dan 9:27 - menghentikan korban Dihentikannya korban lama tidak berarti bahwa korban lama diganti dengan korban perjanjian yang baru. Sebab nas-nas yang sejalan, bdk 1Ma 1:45; Dan 11...
Dihentikannya korban lama tidak berarti bahwa korban lama diganti dengan korban perjanjian yang baru. Sebab nas-nas yang sejalan, bdk 1Ma 1:45; Dan 11:31; 12:11, menjelaskan bahwa orang fasiklah yang menghentikan korban itu
Jerusalem: Dan 9:27 - sayap kekejian akan datang yang membinasakan Naskah Ibrani dapat diterjemahkan dengan cara lain juga, yaitu: di atas sayap (bait Allah, ialah hubungannya) akan datang kekejian yang membinasakan (...
Naskah Ibrani dapat diterjemahkan dengan cara lain juga, yaitu: di atas sayap (bait Allah, ialah hubungannya) akan datang kekejian yang membinasakan (bdk Mat 24:14 dsj: Pembinasa keji). Ungkapan Ibrani (syiqqusim mesyomem) agaknya menyinggung baik dewa baal yang dahulu sering dipuja bangsa Israel yang oleh karenanya sangat dikecam para nabi (kata: kekejian -syiqqus- merupakan sebutan pengejek baal dan kata: Yang membinasakan -syomem- menyinggung gelar baal yang dipuji di negeri Fenisia: baal syamem) maupun dewa Zeus Olimpios. Bait Allah di Yerusalem memang dibaktikan kepada dewa Yunani itu, bdk 2Ma 6:2.
Ende: Dan 9:1-27 - -- Nabi Jeremia telah menubuatkan, bahwasanja akan berlangsunglah 70 tahun (kira2
sadja) sebelum bangsa Jahudi dipulihkan. lamanja pembuangan jang sebena...
Nabi Jeremia telah menubuatkan, bahwasanja akan berlangsunglah 70 tahun (kira2 sadja) sebelum bangsa Jahudi dipulihkan. lamanja pembuangan jang sebenarnja paling2 60 tahun (598-538). Setelah Babel runtuh Israil pulang dan orang dapat mengira, bahwa pemulihan sudah kesampaian. Tetapi njata sekali bahwa keadaan Israil jang baru itu belum djuga djaman kebahagiaan jang ditelah para nabi dahulu.
Maka itu banjak orang ragu2 dan malahan murtad setelah berdjumpa dengan kebudajaan Junani. Nah, pasal 9(Dan 9) Daniel menghadap soal itu dengan menegaskan, bahwa djaman kebahagiaan memang pasti akan datang djuga. Lalu suatu keterangan atau tafsir mengenai "70 tahun" itu disadjikan, sedemikian rupa, sehingga waktu kemalangan berlangsung tudjuh kali (pekan) tudjuhpuluh tahun. Angka itupun merupakan hanja lambang sadja dan tidak boleh dilihat sebagai petundjuk waktu jang tepat. Njata sekali, bahwa ajat 25(Dan 9:25) menjindir pemulihan sesudah pembuangan (meskipun dalam kesesakan) dan ajat 26(Dan 9:26) menggambarkan djaman Antiochos IV.
Ende: Dan 9:26-27 - -- Ajat2 ini mengenai djaman Antiochos IV dan tidak membentangkan masa bahagia pada
masa depan.
Ajat2 ini mengenai djaman Antiochos IV dan tidak membentangkan masa bahagia pada masa depan.
Ende: Dan 9:27 - -- Orang banjak jang masuk perdjandjian ini ialah orang2 Jahudi jang menganut
kebudajaan Junani dan memihak kepada Antiochos.
Orang banjak jang masuk perdjandjian ini ialah orang2 Jahudi jang menganut kebudajaan Junani dan memihak kepada Antiochos.
jaitu l.k. satu tahun.
Ende: Dan 9:27 - ia akan menghentikan...dst. menjindir tindakan Antiochos IV th.167 dengan
menghapus ibadah Jahudi dan menempatkan patung Zeus dalam baitullah di
Jerusjalem.
menjindir tindakan Antiochos IV th.167 dengan menghapus ibadah Jahudi dan menempatkan patung Zeus dalam baitullah di Jerusjalem.
jaitu Antiochos jang kematiannja disindir.