TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Yunus 2

  Boks Temuan
Doa ucapan syukur Yunus
2:1 Berdoalah Yunus 1  kepada TUHAN, Allahnya, dari dalam perut ikan itu, 2:2 katanya: "Dalam kesusahanku aku berseru a  kepada TUHAN, b  dan Ia menjawab aku, dari tengah-tengah dunia orang mati c  aku berteriak, dan Kaudengarkan suaraku. 2:3 Telah Kaulemparkan aku 2  ke tempat yang dalam, d  ke pusat lautan, lalu aku terangkum oleh arus air; segala gelora dan gelombang-Mu e  melingkupi aku. f  2:4 Dan aku berkata: telah terusir aku dari hadapan mata-Mu. g  Mungkinkah aku memandang lagi bait-Mu h  yang kudus? 2:5 Segala air telah mengepung aku, mengancam nyawaku; samudera raya merangkum aku; lumut lautan membelit kepalaku i  2:6 di dasar gunung-gunung. j  Aku tenggelam ke dasar bumi; pintunya terpalang di belakangku untuk selama-lamanya. Ketika itulah Engkau naikkan nyawaku dari dalam liang kubur, k  ya TUHAN, Allahku. 2:7 Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah l  aku kepada TUHAN 3 , dan sampailah doaku m  kepada-Mu 4 , ke dalam bait-Mu n  yang kudus. 2:8 Mereka yang berpegang teguh pada berhala o  kesia-siaan, merekalah yang meninggalkan Dia, yang mengasihi mereka dengan setia. 2:9 Tetapi aku, dengan ucapan syukur p  akan kupersembahkan korban 5  q  kepada-Mu; apa yang kunazarkan r  akan kubayar. Keselamatan s  adalah dari TUHAN!" 2:10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada ikan itu, dan ikan itupun memuntahkan Yunus ke darat 6 .
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:1]  1  Full Life : BERDOALAH YUNUS.

Nas : Yun 2:1-10

Inilah doa Yunus mohon kelepasan dari kematian dan ucapan syukurnya sesudah itu.

  1. 1) Di dalam perut ikan, ternyata ia masih hidup lalu berseru kepada Tuhan. Sekalipun ia merasa bahwa dirinya secara praktis sudah mati (ayat Yun 2:6), Tuhan mendengar doanya dan menyelamatkan nyawanya.
  2. 2) Orang percaya hendaknya jangan putus asa dalam situasi yang sangat buruk pun. Seperti Yunus, kita harus berseru kepada Allah mohon kemurahan dan pertolongan-Nya serta menyerahkan hidup kita ke dalam tangan-Nya.

[2:3]  2  Full Life : TELAH KAULEMPARKAN AKU.

Nas : Yun 2:3

Yunus sadar bahwa ia tidak taat dan tahu bahwa yang melemparkannya ke dalam laut adalah Allah. Kesedihannya dan ketakutannya yang terbesar adalah jikalau diusir dari hadapan Allah untuk selama-lamanya (ayat Yun 2:4).

[2:7]  3  Full Life : TERINGATLAH AKU KEPADA TUHAN.

Nas : Yun 2:7

"Teringat" akan Tuhan artinya bahwa Allah menjadi kehadiran yang begitu hidup di dalam dan di sekitar kita sehingga kita dapat berseru kepada-Nya setiap saat dalam iman, pengharapan dan kasih (bd. Ul 8:18).

[2:7]  4  Full Life : SAMPAILAH DOAKU KEPADA-MU.

Nas : Yun 2:7

Bilamana kita berdoa, kita harus percaya bahwa doa-doa kita sampai ke hadapan Allah di surga.

[2:9]  5  Full Life : UCAPAN SYUKUR ... KORBAN.

Nas : Yun 2:9

Pada saat Yunus mempersembahkan korban syukur dan pujian yang sungguh-sungguh kepada Allah (ayat Yun 2:9), maka Allah turun tangan menolongnya (ayat Yun 2:10).

[2:10]  6  Full Life : MEMUNTAHKAN YUNUS KE DARAT.

Nas : Yun 2:10

Sejauh ini dalam kisah Yunus telah terjadi tujuh mukjizat: Allah

  1. (1) telah mengirim angin ribut (Yun 1:4);
  2. (2) mengatur undian sehingga kena Yunus (Yun 1:7);
  3. (3) menenangkan laut (Yun 1:15);
  4. (4) mengatur sehingga ikan besar menelan Yunus (Yun 1:17);
  5. (5) memelihara Yunus sehingga tetap hidup dalam perut ikan selama tiga hari (ayat Yun 2:6; 1:17);
  6. (6) membuat ikan itu membawa Yunus ke darat dan
  7. (7) memuntahkannya ke darat.



TIP #09: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab dan catatan hanya seukuran layar atau memanjang. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA