TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Mazmur 99:1-9

Konteks
TUHAN, Raja yang kudus
99:1 TUHAN itu Raja, n  maka bangsa-bangsa gemetar. o  Ia duduk p  di atas kerub-kerub, q  maka bumi goyang. 99:2 TUHAN itu maha besar r  di Sion, s  dan Ia tinggi t  mengatasi segala bangsa. 99:3 Biarlah mereka menyanyikan syukur u  bagi nama-Mu v  yang besar dan dahsyat; Kuduslah w  Ia 1 ! 99:4 Raja x  yang kuat, yang mencintai hukum, y  Engkaulah yang menegakkan kebenaran; z  hukum dan keadilan a  di antara keturunan Yakub, Engkaulah yang melakukannya. 99:5 Tinggikanlah b  TUHAN, Allah kita, dan sujudlah menyembah kepada tumpuan kaki-Nya! Kuduslah Ia! 99:6 Musa c  dan Harun d  di antara imam-imam-Nya, dan Samuel e  di antara orang-orang yang menyerukan nama-Nya. Mereka berseru kepada TUHAN dan Ia menjawab f  mereka 2 . 99:7 Dalam tiang awan g  Ia berbicara kepada mereka; mereka telah berpegang pada peringatan-peringatan-Nya dan ketetapan yang diberikan-Nya kepada mereka. 99:8 TUHAN, Allah kami, Engkau telah menjawab mereka, Engkau Allah h  yang mengampuni bagi mereka, tetapi yang membalas i  perbuatan-perbuatan mereka 3 . 99:9 Tinggikanlah TUHAN, Allah kita, dan sujudlah menyembah di hadapan gunung-Nya yang kudus! Sebab kuduslah TUHAN, Allah kita!

Mazmur 110:1-7

Konteks
Penobatan raja imam
110:1 Mazmur Daud. Demikianlah firman g  TUHAN kepada tuanku 4 : "Duduklah di sebelah kanan-Ku, h  sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu. i " 110:2 Tongkat j  kekuatanmu akan diulurkan TUHAN dari Sion: k  memerintahlah l  di antara musuhmu! 110:3 Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; m  dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu n  seperti embun. 110:4 TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: o  "Engkau adalah imam untuk selama-lamanya 5 , p  menurut Melkisedek. q " 110:5 TUHAN ada di sebelah kananmu; r  Ia meremukkan raja-raja s  pada hari murka-Nya, t  110:6 Ia menghukum bangsa-bangsa 6 , u  sehingga mayat-mayat v  bergelimpangan; Ia meremukkan orang-orang yang menjadi kepala w  di negeri luas. 110:7 Dari sungai di tepi jalan ia minum, oleh sebab itu ia mengangkat kepala. x 

Mazmur 132:1-18

Konteks
Daud dan Sion, pilihan TUHAN
132:1 Nyanyian ziarah. Ingatlah, ya TUHAN, kepada Daud 7  dan segala penderitaannya, i  132:2 bagaimana ia telah bersumpah kepada TUHAN, telah bernazar kepada Yang Mahakuat dari Yakub: j  132:3 "Sesungguhnya aku tidak akan masuk ke dalam kemah kediamanku, k  tidak akan berbaring di ranjang petiduranku, 132:4 sesungguhnya aku tidak akan membiarkan mataku tidur atau membiarkan kelopak mataku terlelap, 132:5 sampai aku mendapat tempat l  untuk TUHAN, kediaman untuk Yang Mahakuat dari Yakub." 132:6 Memang kita telah mendengar tentang itu di Efrata, m  telah mendapatnya di padang Yaar. n  132:7 "Mari kita pergi ke kediaman-Nya, o  sujud menyembah pada tumpuan kaki-Nya. p " 132:8 Bangunlah, ya TUHAN, q  dan pergilah ke tempat perhentian-Mu, Engkau serta tabut kekuatan-Mu! 132:9 Biarlah imam-imam-Mu berpakaian kebenaran, r  dan bersorak-sorai orang-orang yang Kaukasihi! s  132:10 Oleh karena Daud, hamba-Mu, janganlah Engkau menolak orang yang Kauurapi! 132:11 TUHAN telah menyatakan sumpah setia kepada Daud, t  Ia tidak akan memungkirinya: "Seorang anak kandungmu u  akan Kududukkan di atas takhtamu; 132:12 jika anak-anakmu berpegang pada perjanjian-Ku, v  dan pada peraturan-peraturan-Ku yang Kuajarkan kepada mereka, maka anak-anak mereka selama-lamanya akan duduk di atas takhtamu. w " 132:13 Sebab TUHAN telah memilih Sion, x  mengingininya menjadi tempat kedudukan-Nya: y  132:14 "Inilah tempat perhentian-Ku selama-lamanya, z  di sini Aku hendak diam, a  sebab Aku mengingininya. 132:15 Perbekalannya akan Kuberkati dengan limpahnya, orang-orangnya yang miskin akan Kukenyangkan dengan roti, b  132:16 imam-imamnya c  akan Kukenakan pakaian keselamatan, dan orang-orangnya yang saleh akan bersorak-sorai dengan girang. d  132:17 Di sanalah Aku akan menumbuhkan e  sebuah tanduk bagi Daud 8 , Aku akan menyediakan sebuah pelita f  bagi orang yang Kuurapi. g  132:18 Musuh-musuhnya akan Kukenakan pakaian penuh malu, h  tetapi di atas kepalanya i  akan bersemarak mahkotanya."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[99:3]  1 Full Life : NAMA-MU YANG BESAR DAN DAHSYAT; KUDUSLAH IA.

Nas : Mazm 99:3

Tuhan Allah demikian mengagumkan dan kudus sehingga nama-Nya pun harus diperlakukan dengan penuh hormat. Jangan sekali-kali meremehkan Allah karena Dia bertakhta jauh di atas kekuatan, keadilan, kemurnian dan kebesaran manusia. Kita harus mengasihi dan takut akan Allah (ayat Mazm 99:1-2) dan waspada sehingga tidak memakai nama-Nya secara sembarangan seperti yang diperbuat oleh dunia

(lihat cat. --> Kel 20:7;

lihat cat. --> Mat 6:9).

[atau ref. Kel 20:7; Mat 6:9]

[99:6]  2 Full Life : BERSERU KEPADA TUHAN DAN IA MENJAWAB MEREKA.

Nas : Mazm 99:6

Sekalipun Allah itu kudus dan harus ditakuti (ayat Mazm 99:1-2), Dia telah turun kepada kita melalui Yesus Kristus. Dia mencari persekutuan kita dan senang mendengar serta menjawab doa umat-Nya. Musa, Harun, dan Samuel tercatat sebagai tokoh yang memiliki hubungan khusus dengan Allah melalui doa-doa syafaat mereka.

[99:8]  3 Full Life : ALLAH YANG MENGAMPUNI ... TETAPI YANG MEMBALAS PERBUATAN-PERBUATAN MEREKA.

Nas : Mazm 99:8

Allah dapat mengampuni dan menghukum seseorang pada saat yang bersamaan. Kita harus membedakan di antara dipulihkan dalam hubungan kita dengan Allah dan masih mengalami dampak-dampak dosa yang telah kita lakukan

(lihat cat. --> 2Sam 12:13;

lihat cat. --> 1Taw 21:14).

[atau ref. 2Sam 12:13; 1Taw 21:14]

[110:1]  4 Full Life : FIRMAN TUHAN KEPADA TUANKU.

Nas : Mazm 110:1-7

Mazmur ini berbicara tentang ke-Tuhanan Mesias, keimaman-Nya, pemusnahan orang jahat dan pemerintahan-Nya di bumi. Dengan jelas mazmur ini bernubuat tentang Yesus Kristus (mazmur ini dikutip tujuh kali dalam PB). Yesus menerapkan ayat Mazm 110:1 pada diri-Nya ketika menyatakan ke-Allahan-Nya (Mat 22:44), dan rasul Petrus mengutip ayat Mazm 110:1 untuk menekankan ke-Tuhanan Kristus (Kis 2:33-35; Kis 5:30-31; bd. Rom 8:34; Ibr 10:13). Ibr 5:6 dan Ibr 6:20-7:28 mengutip ayat Mazm 110:4 untuk membuktikan bahwa Allah menjadikan Kristus imam untuk selama-lamanya.

[110:4]  5 Full Life : ENGKAU ADALAH IMAM UNTUK SELAMA-LAMANYA.

Nas : Mazm 110:4

Lih. Ibr 5:5-10; 6:19-7:28 untuk ulasan bagaimana ayat ini

digenapi di dalam Kristus.

[110:6]  6 Full Life : IA MENGHUKUM BANGSA-BANGSA.

Nas : Mazm 110:6

Ayat ini menggambarkan kedatangan Kristus ke bumi sebagai seorang panglima perang untuk mengalahkan dan menghukum semua yang menentang Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya (lih. Wahy 19:11-21).

[132:1]  7 Full Life : INGATLAH ... KEPADA DAUD.

Nas : Mazm 132:1-18

Mazmur ini memohon kepada Allah untuk memberkati putra-putra Daud ketika mereka memerintah Israel (bd. 2Sam 7:8-29;

lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN DAUD).

Berkat ini hanya akan menjadi kenyataan apabila Allah tinggal di dalam Bait-Nya dan di antara umat-Nya (ayat Mazm 132:13-18).

[132:17]  8 Full Life : MENUMBUHKAN SEBUAH TANDUK BAGI DAUD.

Nas : Mazm 132:17

Harapan dalam doa ini tidak pernah digenapi melalui keturunan Daud yang menjadi raja Israel dan Yehuda. Karena bangsa Israel menolak Tuhan (bd. ayat Mazm 132:12), Allah membinasakan Yerusalem dan bait suci pada tahun 586 SM. Kerinduan yang terkandung dalam doa ini hanya akan digenapi di dalam Yesus Kristus, Putra Daud yang agung, yang "kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan" (Luk 1:32-33; bd. Mat 1:1; Luk 1:68-79).



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA