kecilkan semua  

Teks -- Kolose 2:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:1 Karena aku mau, supaya kamu tahu, betapa beratnya perjuangan yang kulakukan untuk kamu, dan untuk mereka yang di Laodikia dan untuk semuanya, yang belum mengenal aku pribadi, 2:2 supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus, 2:3 sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan. 2:4 Hal ini kukatakan, supaya jangan ada yang memperdayakan kamu dengan kata-kata yang indah. 2:5 Sebab meskipun aku sendiri tidak ada di antara kamu, tetapi dalam roh aku bersama-sama dengan kamu dan aku melihat dengan sukacita tertib hidupmu dan keteguhan imanmu dalam Kristus.
Kepenuhan hidup dalam Kristus
2:6 Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. 2:7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. 2:8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus. 2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan, 2:10 dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa. 2:11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa, 2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati. 2:13 Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, 2:14 dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib: 2:15 Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.
Carilah perkara yang di atas
2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; 2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus. 2:18 Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi, 2:19 sedang ia tidak berpegang teguh kepada Kepala, dari mana seluruh tubuh, yang ditunjang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi, menerima pertumbuhan ilahinya. 2:20 Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-roh dunia, mengapakah kamu menaklukkan dirimu pada rupa-rupa peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia: 2:21 jangan jamah ini, jangan kecap itu, jangan sentuh ini; 2:22 semuanya itu hanya mengenai barang yang binasa oleh pemakaian dan hanya menurut perintah-perintah dan ajaran-ajaran manusia. 2:23 Peraturan-peraturan ini, walaupun nampaknya penuh hikmat dengan ibadah buatan sendiri, seperti merendahkan diri, menyiksa diri, tidak ada gunanya selain untuk memuaskan hidup duniawi.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kol 2:8 - FILSAFATNYA YANG KOSONG ... TIDAK MENURUT KRISTUS. Nas : Kol 2:8 Paulus mengingatkan kita untuk berwaspada terhadap segala filsafat agama, dan tradisi yang menekankan usaha manusia terlepas dari All...

Nas : Kol 2:8

Paulus mengingatkan kita untuk berwaspada terhadap segala filsafat agama, dan tradisi yang menekankan usaha manusia terlepas dari Allah dan penyataan-Nya dalam Alkitab. Sekarang ini salah satu ancaman filsafat yang terbesar terhadap kekristenan yang berdasarkan Alkitab adalah "humanisme sekular". Paham ini telah menjadi filsafat yang mendasar dan agama yang diterima dalam kebanyakan pendidikan sekular, pemerintahan, dan masyarakat pada umumnya. Paham ini juga merupakan segi pandangan yang tetap dari kebanyakan media berita dan hiburan di seluruh dunia.

  1. 1) Apakah yang diajarkan oleh filsafat humanisme?
    1. (a) Filsafat ini mengajar bahwa umat manusia, alam semesta, dan segala sesuatu yang ada hanya terdiri atas zat dan tenaga yang terbentuk secara kebetulan dalam wujudnya yang sekarang.
    2. (b) Manusia tidak diciptakan oleh Allah yang berkepribadian, tetapi adalah hasil suatu proses evolusi yang untung-untungan.
    3. (c) Paham ini menolak kepercayaan kepada Allah yang berkepribadian dan tak terbatas serta menyangkal bahwa Alkitab adalah penyataan yang diilham oleh Allah kepada umat manusia.
    4. (d) Ditegaskannya bahwa pengetahuan tidak ada terlepas dari penemuan manusia dan bahwa nalar manusialah yang menentukan etika yang tepat bagi masyarakat, dan dengan demikian menjadikan manusia sebagai otoritas yang tertinggi.
    5. (e) Paham ini berusaha untuk mengubah atau memperbaiki perilaku manusia melalui pendidikan, redistribusi ekonomi, psikologi modern atau hikmat manusia.
    6. (f) Diajarkannya bahwa standar moral tidaklah mutlak, melainkan nisbi, ditetapkan oleh apa yang membahagiakan orang, membuatnya senang, atau dianggap baik untuk masyarakat sesuai dengan tujuan-tujuan yang ditentukan oleh para pemimpinnya; nilai-nilai dan moralitas alkitabiah ditolak.
    7. (g) Rasa nyaman-diri, kepuasan, dan kesenangan dianggapnya sebagai keuntungan yang tertinggi dalam hidup.
    8. (h) Ditegaskannya bahwa manusia harus belajar untuk menanggulangi kematian dan segala kesukaran dalam hidup tanpa percaya kepada atau bergantung pada Allah.
  2. 2) Filsafat humanisme mulai dengan Iblis dan merupakan perwujudan kebohongan Iblis bahwa manusia dapat menjadi seperti Allah (Kej 3:5). Alkitab menyebut para penganut humanisme sebagai orang yang telah "menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya ... " (Rom 1:25).
  3. 3) Semua pemimpin, pendeta, dan orang-tua Kristen harus berusaha sekuat-kuatnya untuk melindungi anak-anak mereka dari indoktrinasi humanisme dengan menyingkapkan kesalahannya serta menanam di dalam mereka sikap penghinaan terhadap pengaruhnya yang merusak (Rom 1:20-32; 2Kor 10:4-5; 2Tim 3:1-10; Yud 1:4-20;

    lihat cat. --> 1Kor 1:20;

    lihat cat. --> 2Pet 2:19).

    [atau ref. 1Kor 1:20; 2Pet 2:19]

Full Life: Kol 2:11 - DENGAN SUNAT KRISTUS. Nas : Kol 2:11 Dalam PL sunat merupakan tanda bahwa seorang Israel mempunyai hubungan perjanjian dengan Allah (lihat cat. --> Kej 17:11)....

Nas : Kol 2:11

Dalam PL sunat merupakan tanda bahwa seorang Israel mempunyai hubungan perjanjian dengan Allah

(lihat cat. --> Kej 17:11).

[atau ref. Kej 17:11]

Sunat melambangkan pengeratan atau pemisahan dari dosa dan segala sesuatu yang tidak suci di dalam dunia. Di bawah perjanjian PB, orang percaya telah mengalami sunat yang rohani, yaitu "penanggalan akan tubuh (sifat) yang berdosa." Ini suatu perbuatan rohani yang dengannya Kristus mengerat sifat lama kita yang belum dilahirkan kembali yang penuh pendurhakaan terhadap Allah serta memberikan hidup rohani atau hidup kebangkitan Kristus kepada kita (ayat Kol 2:12-13); ini adalah sunat di dalam hati (Ul 10:16; Ul 30:6; Yer 4:4; 9:26; Rom 2:29).

Full Life: Kol 2:14 - SURAT HUTANG, YANG OLEH KETENTUAN-KETENTUAN HUKUM. Nas : Kol 2:14 Ini menunjuk kepada Taurat Musa, yaitu hukum-hukum yang menunjuk ke perilaku yang benar tetapi tidak dapat memberi hidup dan kuasa u...

Nas : Kol 2:14

Ini menunjuk kepada Taurat Musa, yaitu hukum-hukum yang menunjuk ke perilaku yang benar tetapi tidak dapat memberi hidup dan kuasa untuk menaati Allah (Gal 3:21). Perjanjian yang lama sebagai suatu jalan menuju keselamatan telah dipakukan di salib (yaitu dihapuskan) dan Allah mengadakan suatu perjanjian yang lebih baik melalui Kristus dan oleh Roh-Nya (2Kor 3:6-9; Ibr 8:6-13; 10:16-17,29; 12:24;

lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).

Full Life: Kol 2:15 - MELUCUTI PEMERINTAH-PEMERINTAH DAN PENGUASA-PENGUASA. Nas : Kol 2:15 Melalui kematian-Nya di salib, Kristus mengalahkan semua kekuatan roh jahat dan kuasa setan di dunia (bd. Ef 6:12). Ia melucuti mere...

Nas : Kol 2:15

Melalui kematian-Nya di salib, Kristus mengalahkan semua kekuatan roh jahat dan kuasa setan di dunia (bd. Ef 6:12). Ia melucuti mereka dari kekuasaannya untuk menahan orang-orang terbelenggu kepada kuasa kejahatan menentang kehendak mereka (bd. Kol 1:3; Mat 12:29; Luk 10:18; Luk 11:20-22; Ibr 2:14;

lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).

Anak Tuhan ikut mengambil bagian dalam kemenangan-Nya. Kita tidak hanya menang atas dunia dan pencobaan (1Yoh 4:4), tetapi kita juga memiliki kuasa untuk memerangi kekuatan-kekuatan roh jahat

(lihat cat. --> Ef 6:12;

[atau ref. Ef 6:12]

lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).

Full Life: Kol 2:16 - MAKANAN ... MINUMAN ... HARI SABAT. Nas : Kol 2:16 "Menghukum kamu mengenai makanan dan minuman" barangkali menunjuk kepada berbagai peraturan susunan makanan tapabrata Yahudi yang di...

Nas : Kol 2:16

"Menghukum kamu mengenai makanan dan minuman" barangkali menunjuk kepada berbagai peraturan susunan makanan tapabrata Yahudi yang dianjurkan kepada jemaat Kolose sebagai sesuatu yang perlu untuk keselamatan (bd. ayat Kol 2:17). "Hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat" mungkin menunjuk kepada beberapa hari suci yang wajib pada penanggalan Yahudi. Paulus mengajar bahwa orang Kristen dimerdekakan dari kewajiban semacam ini yang menyangkut hukum dan upacara agama (Gal 4:4-11; 5:1;

lihat cat. --> Mat 12:1,

[atau ref. Mat 12:1]

tentang Sabat;

lihat cat. --> Mr 7:6,

[atau ref. Mr 7:6]

tentang legalisme).

Full Life: Kol 2:18 - BERIBADAH KEPADA MALAIKAT. Nas : Kol 2:18 Guru-guru palsu mengatakan bahwa mereka harus memohon kepada para malaikat dan menyembahnya sebagai perantara agar manusia dapat ber...

Nas : Kol 2:18

Guru-guru palsu mengatakan bahwa mereka harus memohon kepada para malaikat dan menyembahnya sebagai perantara agar manusia dapat berhubungan dengan Allah. Paulus menanggapi hal memohon kepada malaikat sebagai menggantikan Yesus Kristus sebagai Kepala Gereja yang tertinggi dan mampu (ayat Kol 2:19); karenanya ia memperingatkan mereka terhadap hal itu. Dewasa ini kepercayaan bahwa Yesus Kristus bukanlah satu-satunya perantara di antara Allah dan manusia dimajukan dalam kebiasaan untuk beribadah dan berdoa kepada orang kudus yang sudah meninggal, yang bertindak sebagai pelindung dan perantara. Kebiasaan ini merampas keunggulan Kristus dan kedudukan inti-Nya dalam rencana penebusan Allah. Penyembahan dan doa kepada siapa saja selain Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus tidaklah alkitabiah dan harus ditolak

(lihat cat. --> Kol 1:2;

[atau ref. Kol 1:2]

lihat art. IBADAH).

BIS: Kol 2:2 - rahasia Allah, yaitu Kristus sendiri rahasia Allah, yaitu Kristus sendiri: beberapa naskah kuno: rahasia Allah; ada juga: rahasia Allah, Bapa Kristus; ada juga: rahasia Allah Bapa dan rah...

rahasia Allah, yaitu Kristus sendiri: beberapa naskah kuno: rahasia Allah; ada juga: rahasia Allah, Bapa Kristus; ada juga: rahasia Allah Bapa dan rahasia Kristus.

BIS: Kol 2:15 - Kristus membuat segala roh-roh yang memerintah dan berkuasa menjadi tidak berdaya lagi Kristus membuat segala roh-roh yang memerintah dan berkuasa menjadi tidak berdaya lagi: atau Kristus membebaskan dirinya dari roh-roh yang memerintah ...

Kristus membuat segala roh-roh yang memerintah dan berkuasa menjadi tidak berdaya lagi: atau Kristus membebaskan dirinya dari roh-roh yang memerintah dan berkuasa.

BIS: Kol 2:23 - tidak berguna untuk mengendalikan nafsu manusia tidak berguna untuk mengendalikan nafsu manusia: atau tidak berguna kecuali untuk memuaskan nafsu manusia.

tidak berguna untuk mengendalikan nafsu manusia: atau tidak berguna kecuali untuk memuaskan nafsu manusia.

Jerusalem: Kol 2:2 - rahasia Allah, yaitu Kristus Ada macam-macam var, a.l.: rahasia Allah; atau rahasia Allah Bapa dalam Kristus; atau rahasia Allah dan Bapa dan Kristus; atau: Allah, Bapa Kristus; a...

Ada macam-macam var, a.l.: rahasia Allah; atau rahasia Allah Bapa dalam Kristus; atau rahasia Allah dan Bapa dan Kristus; atau: Allah, Bapa Kristus; atau: rahasia Allah Bapa dan rahasia Kristus. Ungkapan "rahasia Kristus" terdapat juga dalam Kol 4:3 dan Efe 3:4.

Jerusalem: Kol 2:3 - di dalam Dialah Ialah di dalam Kristus. Tetapi teks Yunani juga dapat dimengerti: di dalamnya; artinya: dan dalam rahasia (Kol 2:2). Memanglah rahasia itu "menyembuny...

Ialah di dalam Kristus. Tetapi teks Yunani juga dapat dimengerti: di dalamnya; artinya: dan dalam rahasia (Kol 2:2). Memanglah rahasia itu "menyembunyikan" hikmat Allah yang tak berhingga: bdk Rom 16:25+; 1Ti 3:16+. Sasaran "rahasia" itu tidak lain kecuali Kristus, Kol 1:27, yang sendiri adalah "hikmat Allah", 1Ko 1:24-30, yang rahasia, 1Ko 2:8, dan sukar diketahui, Efe 3:8,19.

Jerusalem: Kol 2:4 - kata-kata yang indah Mulai Kol 2:8 pokok ini akan diuraikan lebih lanjut.

Mulai Kol 2:8 pokok ini akan diuraikan lebih lanjut.

Jerusalem: Kol 2:8 - menawan kamu Kalau seorang Kristen menyangkal Kristus dan kembali kepada kesesatan dahulu setelah oleh Kristus dibebaskan dari kekuasaan kegelapan dan dimerdekakan...

Kalau seorang Kristen menyangkal Kristus dan kembali kepada kesesatan dahulu setelah oleh Kristus dibebaskan dari kekuasaan kegelapan dan dimerdekakan, Kol 1:13 dst, maka ia kembali menjadi tawanan dan budak; bdk Gal 4:8 dst; Gal 5:1

Jerusalem: Kol 2:8 - filsafatnya Ialah ajaran sesat yang mengancam dan mengacaukan jemaat; di dalamnya tercampur unsur-unsur Yahudi dan Yunani.

Ialah ajaran sesat yang mengancam dan mengacaukan jemaat; di dalamnya tercampur unsur-unsur Yahudi dan Yunani.

Jerusalem: Kol 2:9 - kepenuhan Arti kata "kepenuhan", Kol 1:19+, di sini dijelaskan dengan kata sifat "jasmaniah" (atau: badaniah) dan kata "keAllahan": di dalam Kristus yang dibang...

Arti kata "kepenuhan", Kol 1:19+, di sini dijelaskan dengan kata sifat "jasmaniah" (atau: badaniah) dan kata "keAllahan": di dalam Kristus yang dibangkitkan terkumpullah seluruh dunia ilahi (Kristus sendiri termasuk di dalamnya karena kepraadaanNya dan kemuliaanNya) dan seluruh dunia ciptaan yang langsung (kemanusiaan) atau tak langsung (jagat raya) bersatu dengan Kristus oleh karena inkarnasi dan kebangkitan Kristus: pendeknya segala sesuatunya yang ada, baik yang ilahi maupun yang bukan ilahi, itulah "pemenuhan" yang berdiam dalam Kristus.

Jerusalem: Kol 2:10 - telah dipenuhi Orang Kristen mengambil bagian dalam kepenuhan Kristus sejauh menjadi anggota TubuhNya ialah "kepenuhanNya", lihat Kol 1:19; Efe 1:23; 3:19; 4:12-13 s...

Orang Kristen mengambil bagian dalam kepenuhan Kristus sejauh menjadi anggota TubuhNya ialah "kepenuhanNya", lihat Kol 1:19; Efe 1:23; 3:19; 4:12-13 serta catatan-catatan; begitu mereka juga bersatu dengan Dia yang menjadi kepala dari "kekuasaan sorgawi", sehingga selanjutnya orang Kristen melebihi "kekuasaan sorgawi" itu. Ayat-ayat yang berikut lebih jauh menguraikan kedua gagasan tersebut, yaitu: orang Kristen mengambil bagian dalam kemenangan Kristus, Kol 2:11-13; kekuasaan sorgawi sudah ditaklukkan, Kol 2:14-15.

Jerusalem: Kol 2:11 - penanggalan akan tubuh yang berdosa Penyunatan jasmaniah hanya mengambil bagian kecil dari tubuh, sedangkan penyunatan rohani menanggalkan seluruh tubuh berdosa

Penyunatan jasmaniah hanya mengambil bagian kecil dari tubuh, sedangkan penyunatan rohani menanggalkan seluruh tubuh berdosa

Jerusalem: Kol 2:11 - sunat Kristus Ialah sunat rohani atau baptisan yang berasal dari Kristus.

Ialah sunat rohani atau baptisan yang berasal dari Kristus.

Jerusalem: Kol 2:13 - dihidupkan Allah Harafiah: dihidupkanNya. Tetapi yang menghidupkan ialah Allah

Harafiah: dihidupkanNya. Tetapi yang menghidupkan ialah Allah

Jerusalem: Kol 2:13 - pelanggaran kita Var: pelanggaranmu. Pada permulaan ayat (Kamu juga) ada var: kita juga.

Var: pelanggaranmu. Pada permulaan ayat (Kamu juga) ada var: kita juga.

Jerusalem: Kol 2:14 - -- Tata hukum yang lama yang melarang dosa akhirnya hanya menghasilkan hukuman mati yang dijatuhkan atas mereka yang melanggar hukum, bdk Rom 7:7+. Justr...

Tata hukum yang lama yang melarang dosa akhirnya hanya menghasilkan hukuman mati yang dijatuhkan atas mereka yang melanggar hukum, bdk Rom 7:7+. Justru hukuman mati itulah yang dibatalkan Allah dengan menimpakannya kepada Anaknya sendiri: setelah menjadikan AnakNya "dosa", 2Ko 5:21, "takluk kepada hukum Taurat", Gal 4:4, dan "terkutuk" oleh hukum Taurat, Gal 3:13, Allah menyerahkanNya kepada maut di kayu salib; dengan demikian surat yang berisikan hutang kita dan yang menjatuhkan hukuman atas kita oleh Allah telah dipakukan pada kayu salib dan dihapus sama sekali melalui diri anakNya.

Jerusalem: Kol 2:15 - -- Sesuai dengan sebuah tradisi yang lama, Paulus berpendapat bahwa Hukum Yahudi didalangi oleh malaikat-malaikat, bdk Gal 3:19+. Dalam pandangan manusia...

Sesuai dengan sebuah tradisi yang lama, Paulus berpendapat bahwa Hukum Yahudi didalangi oleh malaikat-malaikat, bdk Gal 3:19+. Dalam pandangan manusia kuasa-kuasa sorgawi itu telah merebut bagi dirinya wewenang Pencipta. Dengan salib AnakNya Allah telah membatalkan tata Hukum itu dan dengan demikian mengambil dari kuasa-kuasa itu alat yang dengan itu mereka menguasai manusia; selanjutnya kuasa-kuasa itu takluk kepada Kristus.

Jerusalem: Kol 2:17 - wujudnya ialah Kristus Harafiah: tubuhnya ialah (tubuh) Kristus. Paulus memanfaatkan kata Yunani (soma) yang dua artinya: "wujud" atau "realita" yang diperlawankan dengan "b...

Harafiah: tubuhnya ialah (tubuh) Kristus. Paulus memanfaatkan kata Yunani (soma) yang dua artinya: "wujud" atau "realita" yang diperlawankan dengan "bayangan" (yang disebabkan oleh realita itu); dan tubuh jasmaniah Kristus yang dibangkitkan dan merupakan realita hakiki di zaman terakhir, pokok pangkal jagat raya yang baru.

Jerusalem: Kol 2:18 - kemenanganmu digagalkan Gambar yang membelakangi ungkapan itu ialah gambar seorang wasit yang dalam pertandingan atau perlombaan menyatakan siapa menang dan siapa kalah. Oran...

Gambar yang membelakangi ungkapan itu ialah gambar seorang wasit yang dalam pertandingan atau perlombaan menyatakan siapa menang dan siapa kalah. Orang Kristen jangan mengizinkan orang yang sesat menghakimi mereka, seolah-olah kalau tidak mengikuti macam-macam ibadat dan aturan orang Kristen tidak dapat memperoleh "kemenangan sorgawi"

Jerusalem: Kol 2:18 - merendahkan diri dan beribadah Macam-macam ulah tapa dan upacara ibadah, Kol 2:16, terlalu mementingkan keduniaan dan dengan demikian juga terlalu mementingkan kuasa-kuasa sorgawi y...

Macam-macam ulah tapa dan upacara ibadah, Kol 2:16, terlalu mementingkan keduniaan dan dengan demikian juga terlalu mementingkan kuasa-kuasa sorgawi yang menguasai barang keduniaan itu, bdk Gal 4:3+

Jerusalem: Kol 2:18 - penglihatan-penglihatan Harafiah: apa yang ia lihat. Var: apa yang tidak ia lihat. Apa yang dimaksudkan dengan "apa yang ia lihat" kurang jelas. Boleh jadi Paulus mempersalah...

Harafiah: apa yang ia lihat. Var: apa yang tidak ia lihat. Apa yang dimaksudkan dengan "apa yang ia lihat" kurang jelas. Boleh jadi Paulus mempersalahkan para pengajar di Kolose oleh karena membanggakan "penglihatan-penglihatan" atau karena mereka membangun seluruh agamanya pada yang kelihatan.

Jerusalem: Kol 2:19 - Kepala Ialah Kristus, Efe 4:15.

Ialah Kristus, Efe 4:15.

Jerusalem: Kol 2:23 - selain untuk memuaskan hidup duniawi (harafiah: daging) Terjemahan lain: (tidak ada gunanya) untuk (mengendalikan) kepuasan daging

(harafiah: daging) Terjemahan lain: (tidak ada gunanya) untuk (mengendalikan) kepuasan daging

Jerusalem: Kol 2:23 - yang adalah hidup kita Var: yang adalah hidup kamu.

Var: yang adalah hidup kamu.

Ende: Kol 2:1 - Belum pernah melihat mukaku Aslinja "mukaku dalam daging". Dalam ungkapan "dalam daging" itu terkandung maksud: tetapi muka djiwaku kamu kenal". Paulus bukan pendiri umat-umat te...

Aslinja "mukaku dalam daging". Dalam ungkapan "dalam daging" itu terkandung maksud: tetapi muka djiwaku kamu kenal". Paulus bukan pendiri umat-umat tersebut, namun sebagai rasul bagi segala bangsa takbersunat ia bertanggung djawab atas wilajah itu djuga. Selain itu umat-umat itu termasuk wilajah Efesus jang tetap tinggal wilajah kerdjanja jang istimewa.

Ende: Kol 2:7 - Berakar didalamNja tetap berhubungan denganNja dan mengisap hidup dari padaNja."Terbangun diatasNja". Dari kiasan tumbuhan Paulus beralih kepada kiasan "bangunan" sebaga...

tetap berhubungan denganNja dan mengisap hidup dari padaNja."Terbangun diatasNja". Dari kiasan tumbuhan Paulus beralih kepada kiasan "bangunan" sebagaimana peralihan jang demikian sering terdapat dalam surat-surat Paulus. Maksudnja umat harus berdiri sebagai suatu bangunan jang besar dan kukuh, tetap berdasarkan pada adjaran Kristus.

Ende: Kol 2:8 - -- Adjaran dan praktek ibadat jang diandjurkan oleh pengadjar-pengadjar palsu di Kolose merupakan suatu tjampuran anasir filsafat Junani, ketentuan-keten...

Adjaran dan praktek ibadat jang diandjurkan oleh pengadjar-pengadjar palsu di Kolose merupakan suatu tjampuran anasir filsafat Junani, ketentuan-ketentuan adat-istiadat Jahudi berdasarkan tafsiran serba manusiawi, dan ibadat orang-orang kafir berdasarkan kepertjajaan mereka kepada roh-roh jang berkuasa didjagat raja. Bdl. Gal 4:3-9.

Ende: Kol 2:9 - Seluruh kepenuhan Pada pokoknja artinja sama seperti dalam Kol 1:19. Hanja disini lebih ditindjau dari sudut kekuasaan Allah, menerima salah paham adjaran palsu, jakni ...

Pada pokoknja artinja sama seperti dalam Kol 1:19.

Hanja disini lebih ditindjau dari sudut kekuasaan Allah, menerima salah paham adjaran palsu, jakni bahwa kalangan-kalangan Malaekat mempunjai kepenuhan (kuasa) Ilahi itu. Dalam Kol 2:9 ini lebih ditindjau dalam keseluruhannja sebagai merangkum seluruh kesempurnaan Allah; atau disini chususnja lebih ditekankan segi-segi pengetahuan dan kebidjaksanaan Ilahi jang sempurna. Disini ditambah pula bahwa kepenuhan itu ada dalam Kristus "setjara bertubuh". Itu tentu berarti, bahwa Kristus sebagai manusia mendapatnja dalam "inkarnasi" dan sedjak itu tetap mempunjainja. Dan sedjak Ia dimuliakan dan duduk disebelah kanan Bapa, Ia memberi bagian dalam kepenuhan itu kepada tiap-tiap manusia jang pertjaja dan hidup dalam kesatuan hidup denganNja'. Tak mungkin bagian itu dapat ditambahi lagi dari suatu sumber diluar Kristus. Djadi tiap orang beriman dapat mempunjai seluruh kepenuhannja jaitu seluruh kesempurnaan dalam segala seginja, melulu dalam kesatuan hidup dengan Kristus.

Ende: Kol 2:11-13 - Kamu telah bersunat Persunatan Jahudi jang diandjurkan dalam umat tak ada gunanja untuk dibenarkan. Hanja persunatan baru dalam Kristus, jaitu permandian, penghapusan seg...

Persunatan Jahudi jang diandjurkan dalam umat tak ada gunanja untuk dibenarkan. Hanja persunatan baru dalam Kristus, jaitu permandian, penghapusan segala dosa.

Ende: Kol 2:14 - Surat utang Menurut tafsir paling umum dengan ungkapan itu dimaksudkan hukum taurat dan adat-istiadat Jahudi, dengan ratusan-ratusan ketentuan buah tafsiran manus...

Menurut tafsir paling umum dengan ungkapan itu dimaksudkan hukum taurat dan adat-istiadat Jahudi, dengan ratusan-ratusan ketentuan buah tafsiran manusiawi, jang tidak mungkin diketahui apalagi dituruti oleh manusia siapapun. Sebab itu "surat utang" itu menagih-nagih sadja dan tak mungkin dilunasi. Batja Rom 7.

Ende: Kol 2:15 - Pemerintahan dan Penguasaan Dengan itu disini tentu bukan sadja dimaksudkan kalangan-kalangan Malaekat, seperti dalam Kol 1:16, melainkan djuga hukum taurat dengan tafsiran-tafsi...

Dengan itu disini tentu bukan sadja dimaksudkan kalangan-kalangan Malaekat, seperti dalam Kol 1:16, melainkan djuga hukum taurat dengan tafsiran-tafsiran manusiawinja, dan lagi roh-roh jang menurut chajalan orang-orang kafir memenuhi angkasa dan menguasai nasib manusia diatas bumi. Segala "kekuasaan" diluar Allah dan jang menentang kebenaran Indjil telah dialahkan oleh Jesus dengan kematian dan dalam kebangkitanNja.

Kemenangan jang gemilang itu digambarkan Paulus bagaikan perajaan kemenangan orang Romawi atas musuh-musuhnja dalam perang. Kaisar atau panglima jang telah menang dielu-elukan dengan meriah dan diperarakan dengan upatjara kebesaran berkeliling dilorong-lorong kota Roma, dan dalam perarakan itu diseret serta para panglima atau radja jang dikalahkan, telandjang dan terbelenggu, mendjadi tontonan bagi rakjat.

Ende: Kol 2:16 - Soal-soal Hal-hal jang disebut disini ialah ketentuan-ketentuan jang didalam Perdjandjian Lama bernilai "bajang" untuk mempersiapkan umat Israel untuk kemudian ...

Hal-hal jang disebut disini ialah ketentuan-ketentuan jang didalam Perdjandjian Lama bernilai "bajang" untuk mempersiapkan umat Israel untuk kemudian menerima "kenjataan-kenjataan" jang berharga mutlak dalam zaman "jang akan datang", jaitu zaman Kristus.

Ende: Kol 2:18 - Dirampasi Kalau umat oleh pengaruh adjaran palsu disesatkan dari djalan jang lurus menudju kepada Allah, maka mereka akan ketinggalan, tidak sampai menjapai had...

Kalau umat oleh pengaruh adjaran palsu disesatkan dari djalan jang lurus menudju kepada Allah, maka mereka akan ketinggalan, tidak sampai menjapai hadiah perlombaan jang didjadikan,jaitu "harapan hidup abadi".

Ende: Kol 2:18 - Merendahkan diri Tafsiran amat umum ialah, bahwa penganut-penganut adjaran palsu itu merendahkan diri dengan ibadatnja kepada Malaekat sebagai pengantara mereka, dan m...

Tafsiran amat umum ialah, bahwa penganut-penganut adjaran palsu itu merendahkan diri dengan ibadatnja kepada Malaekat sebagai pengantara mereka, dan mereka merasa dirinja tidak lajak untuk langsung berhubungan dengan Allah. Tafsiran jang lain pula: mereka merendahkan diri dengan tjara menjiksakan badannja atau sengadja melalaikan pemeliharaan badannja.

Ende: Kol 2:18 - Jang mereka sangka penglihatan Mereka menandakan bahwa mereka mendapat adjaran dan ibadatnja dalam penglihatan-penglihatan. Agaknja dalam penglihatan Malaekat-malaekat kepada mereka...

Mereka menandakan bahwa mereka mendapat adjaran dan ibadatnja dalam penglihatan-penglihatan. Agaknja dalam penglihatan Malaekat-malaekat kepada mereka.

Ende: Kol 2:19 - Tidak lagi berpaut dengan Kristus Belum murtad setjara terang, tetapi tidak mengindahkan dan tidak menggunakan hubungan mereka dengan Kristus, sambil mentjari hidup pada anasir-anasir ...

Belum murtad setjara terang, tetapi tidak mengindahkan dan tidak menggunakan hubungan mereka dengan Kristus, sambil mentjari hidup pada anasir-anasir jang tidak mampu.

Ende: Kol 2:20 - Anasir-anasir djagat raja Jang pertama-tama dimaksud, ialah ketentuan-ketentuan adat-istiadat (agama) Jahudi, jang sering disamakan Paulus dengan tachjul kekafiran. Tetapi adja...

Jang pertama-tama dimaksud, ialah ketentuan-ketentuan adat-istiadat (agama) Jahudi, jang sering disamakan Paulus dengan tachjul kekafiran. Tetapi adjaran palsu itu sebenarnja adalah tjampuran agama Jahudi dan "kafir", dan adjaran-adjaran serani djuga.

Ref. Silang FULL: Kol 2:1 - beratnya perjuangan // di Laodikia · beratnya perjuangan: Kol 1:29; 4:12 · di Laodikia: Kol 4:13,15,16; Wahy 1:11; 3:14

· beratnya perjuangan: Kol 1:29; 4:12

· di Laodikia: Kol 4:13,15,16; Wahy 1:11; 3:14

Ref. Silang FULL: Kol 2:2 - supaya hati // mengenal rahasia · supaya hati: Ef 6:22; Kol 4:8 · mengenal rahasia: Rom 16:25; Rom 16:25

· supaya hati: Ef 6:22; Kol 4:8

· mengenal rahasia: Rom 16:25; [Lihat FULL. Rom 16:25]

Ref. Silang FULL: Kol 2:3 - dan pengetahuan · dan pengetahuan: Yes 11:2; Yer 23:5; Rom 11:33; 1Kor 1:24,30

· dan pengetahuan: Yes 11:2; Yer 23:5; Rom 11:33; 1Kor 1:24,30

Ref. Silang FULL: Kol 2:4 - dengan kata-kata · dengan kata-kata: Rom 16:18; Rom 16:18

· dengan kata-kata: Rom 16:18; [Lihat FULL. Rom 16:18]

Ref. Silang FULL: Kol 2:5 - dalam roh // sukacita tertib // dan keteguhan // dalam Kristus · dalam roh: 1Kor 5:4; 1Tes 2:17 · sukacita tertib: 1Kor 14:40 · dan keteguhan: 1Pet 5:9 · dalam Kristus: Kis 20:21; Kis 2...

· dalam roh: 1Kor 5:4; 1Tes 2:17

· sukacita tertib: 1Kor 14:40

· dan keteguhan: 1Pet 5:9

· dalam Kristus: Kis 20:21; [Lihat FULL. Kis 20:21]

Ref. Silang FULL: Kol 2:6 - Yesus, Tuhan · Yesus, Tuhan: Yoh 13:13; Yoh 13:13; Kol 1:10

· Yesus, Tuhan: Yoh 13:13; [Lihat FULL. Yoh 13:13]; Kol 1:10

Ref. Silang FULL: Kol 2:7 - kamu berakar // telah diajarkan · kamu berakar: Ef 3:17 · telah diajarkan: Ef 4:21

· kamu berakar: Ef 3:17

· telah diajarkan: Ef 4:21

Ref. Silang FULL: Kol 2:8 - dengan filsafatnya // roh-roh dunia · dengan filsafatnya: 1Tim 6:20 · roh-roh dunia: Kol 2:20; Gal 4:3

· dengan filsafatnya: 1Tim 6:20

· roh-roh dunia: Kol 2:20; Gal 4:3

Ref. Silang FULL: Kol 2:9 - seluruh kepenuhan · seluruh kepenuhan: Yoh 1:16; Yoh 1:16

· seluruh kepenuhan: Yoh 1:16; [Lihat FULL. Yoh 1:16]

Ref. Silang FULL: Kol 2:10 - Dialah kepala // dan penguasa · Dialah kepala: Ef 1:22; Ef 1:22 · dan penguasa: Mat 28:18; Mat 28:18

· Dialah kepala: Ef 1:22; [Lihat FULL. Ef 1:22]

· dan penguasa: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]

Ref. Silang FULL: Kol 2:11 - telah disunat // yang berdosa · telah disunat: Rom 2:29; Fili 3:3 · yang berdosa: Gal 5:24; Gal 5:24

· telah disunat: Rom 2:29; Fili 3:3

· yang berdosa: Gal 5:24; [Lihat FULL. Gal 5:24]

Ref. Silang FULL: Kol 2:12 - dalam baptisan // turut dibangkitkan // orang mati · dalam baptisan: Mat 28:19; Mat 28:19 · turut dibangkitkan: Rom 6:5; Rom 6:5 · orang mati: Kis 2:24; Kis 2:24

· dalam baptisan: Mat 28:19; [Lihat FULL. Mat 28:19]

· turut dibangkitkan: Rom 6:5; [Lihat FULL. Rom 6:5]

· orang mati: Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

Ref. Silang FULL: Kol 2:13 - oleh pelanggaranmu // telah dihidupkan // segala pelanggaran · oleh pelanggaranmu: Ef 2:1,5 · telah dihidupkan: Ef 2:5 · segala pelanggaran: Ef 4:32

· oleh pelanggaranmu: Ef 2:1,5

· telah dihidupkan: Ef 2:5

· segala pelanggaran: Ef 4:32

Ref. Silang FULL: Kol 2:14 - oleh ketentuan-ketentuan // kayu salib · oleh ketentuan-ketentuan: Ef 2:15 · kayu salib: 1Pet 2:24

· oleh ketentuan-ketentuan: Ef 2:15

· kayu salib: 1Pet 2:24

Ref. Silang FULL: Kol 2:15 - dan penguasa-penguasa // atas mereka · dan penguasa-penguasa: Kol 2:10; Ef 6:12 · atas mereka: Mat 12:29; Luk 10:18; Yoh 12:31

· dan penguasa-penguasa: Kol 2:10; Ef 6:12

· atas mereka: Mat 12:29; Luk 10:18; Yoh 12:31

Ref. Silang FULL: Kol 2:16 - menghukum kamu // dan minuman // hari raya // bulan baru // hari Sabat · menghukum kamu: Rom 14:3,4 · dan minuman: Mr 7:19; Rom 14:17 · hari raya: Im 23:2; Rom 14:5 · bulan baru: 1Taw 23:31 &mi...

· menghukum kamu: Rom 14:3,4

· dan minuman: Mr 7:19; Rom 14:17

· hari raya: Im 23:2; Rom 14:5

· bulan baru: 1Taw 23:31

· hari Sabat: Mr 2:27,28; Gal 4:10

Ref. Silang FULL: Kol 2:17 - harus datang · harus datang: Ibr 8:5; 10:1

· harus datang: Ibr 8:5; 10:1

Ref. Silang FULL: Kol 2:18 - biarkan kemenanganmu // merendahkan diri · biarkan kemenanganmu: 1Kor 9:24; Fili 3:14 · merendahkan diri: Kol 2:23

· biarkan kemenanganmu: 1Kor 9:24; Fili 3:14

· merendahkan diri: Kol 2:23

Ref. Silang FULL: Kol 2:19 - kepada Kepala // seluruh tubuh // menerima pertumbuhan · kepada Kepala: Ef 1:22; Ef 1:22 · seluruh tubuh: 1Kor 12:27; 1Kor 12:27 · menerima pertumbuhan: Ef 4:16

· kepada Kepala: Ef 1:22; [Lihat FULL. Ef 1:22]

· seluruh tubuh: 1Kor 12:27; [Lihat FULL. 1Kor 12:27]

· menerima pertumbuhan: Ef 4:16

Ref. Silang FULL: Kol 2:20 - dengan Kristus // roh-roh dunia // rupa-rupa peraturan · dengan Kristus: Rom 6:6; Rom 6:6 · roh-roh dunia: Kol 2:8; Gal 4:3,9 · rupa-rupa peraturan: Kol 2:14,16

· dengan Kristus: Rom 6:6; [Lihat FULL. Rom 6:6]

· roh-roh dunia: Kol 2:8; Gal 4:3,9

· rupa-rupa peraturan: Kol 2:14,16

Ref. Silang FULL: Kol 2:22 - yang binasa // dan ajaran-ajaran · yang binasa: 1Kor 6:13 · dan ajaran-ajaran: Yes 29:13; Mat 15:9; Tit 1:14

· yang binasa: 1Kor 6:13

· dan ajaran-ajaran: Yes 29:13; Mat 15:9; Tit 1:14

Ref. Silang FULL: Kol 2:23 - merendahkan diri · merendahkan diri: Kol 2:18

· merendahkan diri: Kol 2:18

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kol 2:1-3 - Kepedulian Rasul Paulus terhadap Jemaat di Kolose I. Dalam pasal ini Rasul Paulus mengungkapkan kepeduliannya terhadap jemaat di Kolose (ay. 1-3). II. Ia mengulanginya lagi (ay. 5). I...

Matthew Henry: Kol 2:4-12 - Kemuliaan Cara Hidup Kristiani Kemuliaan Cara Hidup Kristiani (2:4-12) Rasul Paulus memperingatkan jemaat di Kolose terhadap para penipu (ay. 4): Hal ini kukatakan, supaya jangan...

Matthew Henry: Kol 2:13-15 - Kemuliaan Cara Hidup Kristiani Kemuliaan Cara Hidup Kristiani (2:13-15) Dalam perikop ini Rasul Paulus menunjukkan hak-hak istimewa yang kita miliki sebagai orang-orang Kristen m...

Matthew Henry: Kol 2:16-23 - Kemuliaan Cara Hidup Kristiani Kemuliaan Cara Hidup Kristiani (2:16-23) Rasul Paulus menutup pasal ini dengan nasihat-nasihat untuk menjalankan kewajiban sebagaimana mestinya, ya...

SH: Kol 2:1-7 - Kekuatan Ilahi dan manusiawi dalam pelayanan Kristen (Minggu, 18 April 2004) Kekuatan Ilahi dan manusiawi dalam pelayanan Kristen Pekerjaan berat yang Paulus lakukan tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan kekuatan di...

SH: Kol 2:1-5 - Harta yang tak ternilai harganya (Jumat, 18 Mei 2012) Harta yang tak ternilai harganya Banyak orang di dunia ini berlomba-lomba untuk mendapatkan harta sebanyak mungkin. Bahkan ada kalanya mereka bersedi...

SH: Kol 1:24--2:5 - Dialah yang Kami Beritakan (Rabu, 26 Agustus 2020) Dialah yang Kami Beritakan "Dialah yang kami beritakan" (28). Demikianlah pengakuan Paulus kepada jemaat di Kolose. Pengakuan ini menjadi penting kar...

SH: Kol 2:6-19 - Jangan biarkan kemenanganmu digagalkan! (Senin, 9 Juli 2001) Jangan biarkan kemenanganmu digagalkan! Penempatan tradisi agama dan budaya berdampingan dengan iman kristen seringkali menjadi perdebatan seru kare...

SH: Kol 2:6-7 - Sumber dan dasar hidup kita (Sabtu, 19 Mei 2012) Sumber dan dasar hidup kita Menerima Yesus Kristus sama artinya dengan percaya bahwa Yesus telah mati untuk menebus dosa dan bangkit untuk memberi hi...

SH: Kol 2:6-15 - Berakar, Dibangun, dan Bersyukur (Kamis, 27 Agustus 2020) Berakar, Dibangun, dan Bersyukur Dalam bacaan hari ini Paulus menegaskan bahwa keniscayaan logis setiap orang yang menerima Kristus adalah hidup di d...

SH: Kol 2:8-15 - Dasar ajaran yang benar (Senin, 19 April 2004) Dasar ajaran yang benar Imbauan Paulus agar jemaat Kolose tetap hidup dalam Kristus bukanlah imbauan tanpa harapan. Paulus yakin bahwa jemaat Ko...

SH: Kol 2:8-15 - Mengapa berpaling dari Kristus? (Senin, 21 Mei 2012) Mengapa berpaling dari Kristus? Haruskah kita berpaling dari Yesus Kristus? Jemaat Kolose menghadapi pilihan untuk merangkul kepercayaan lain di luar...

SH: Kol 2:16-23 - Antara tradisi, budaya dan iman Kristen (Selasa, 20 April 2004) Antara tradisi, budaya dan iman Kristen Tidak dapat disangkal bahwa masih ada orang Kristen masa kini yang mengaku percaya kepada Kritus, tetapi...

SH: Kol 2:16--3:4 - Ibadah yang benar (Selasa, 22 Mei 2012) Ibadah yang benar Kesan yang dapat ditimbukan oleh suatu ritual ibadah dapat menyesatkan jemaat Tuhan. Mengapa? Sebab sekalipun ritual ibadah terliha...

SH: Kol 2:16--3:4 - Carilah Perkara yang di Atas (Jumat, 28 Agustus 2020) Carilah Perkara yang di Atas Kepada warga jemaat di Kolose, dengan tegas Paulus menulis: "Carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di...

SH: Kol 2:20--3:4 - Pemujaan diri sendiri (Selasa, 10 Juli 2001) Pemujaan diri sendiri Para penganut gaya hidup asketis berpandangan bahwa tubuh ini jahat, maka untuk menyucikannya perlu penyangkalan diri terhadap...

Utley: Kol 1:24--2:5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 1:24-2:524 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang ...

Utley: Kol 2:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 2:1-51 Karena aku mau, supaya kamu tahu, betapa beratnya perjuangan yang kulakukan untuk kamu, dan untuk mereka yang di Lao...

Utley: Kol 2:6-7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 2:6-76 Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. 7 Hendaklah kamu ber...

Utley: Kol 2:8-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 2:8-158 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-tem...

Utley: Kol 2:16-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 2:16-1916 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bula...

Utley: Kol 2:20--3:4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kol 2:20-3:420 Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-roh dunia, mengapakah kamu menaklukkan di...

Topik Teologia: Kol 2:2 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral K...

Topik Teologia: Kol 2:3 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Memiliki Sifat-sifat Allah Kebijakan ...

Topik Teologia: Kol 2:4 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah Teologis dalam Gereja Perilaku Berlebihan karena Ide-ide Teologis Pe...

Topik Teologia: Kol 2:5 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Roh Manusia (Nafas, Hati, Pikiran, Kebencian, Kekuatan) R...

Topik Teologia: Kol 2:6 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Yesus Rom 3:22-24 Rom 8:1 Rom 15:5 Rom 16:3 1Ko 1:2,30 Gal 2:16 ...

Topik Teologia: Kol 2:7 - -- Keselamatan Ketekunan Peringatan untuk Bertekun 1Ta 16:11 Ayu 17:9 Yeh 18:24 Hos 12:7 Mik 6:8 Mat 10:22 Mar 4:3-8 Luk 22:31-32 ...

Topik Teologia: Kol 2:9 - -- Yesus Kristus Tabernakel (Kemah Suci) Kel 40:2,34 Kol 2:9 Ibr 9:11 Keilahian Kristus Yesus Memiliki Tubuh J...

Topik Teologia: Kol 2:10 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Kepala 1Ko 11:3 Efe 5:23 Kol 1:18 Kol 2:10 Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaik...

Topik Teologia: Kol 2:11 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Menyatukan Seluruh Orang Percaya dengan Tubuh Kristus Ro...

Topik Teologia: Kol 2:12 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Menyatukan Seluruh Orang Percaya dengan Tubuh Kristus Ro...

Topik Teologia: Kol 2:13 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Allah dan Kri...

Topik Teologia: Kol 2:14 - -- Keselamatan Kematian Kristus sebagai Tindakan Penyelamatan Alasan-alasan Kematian Kristus Yesus Mati untuk Menghancurkan Kuasa Mus...

Topik Teologia: Kol 2:15 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Mengerjakan Pekerjaan Allah Pekerjaan A...

Topik Teologia: Kol 2:16 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Menghakimi Mat 7:1-5 Yoh 7:24 Yoh 8:7 Rom 2:1-3 Rom 14:2-5,10-13 1...

Topik Teologia: Kol 2:17 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Anak Kita Dikaruniai Berkat di Dalam Kristus Berkat B...

Topik Teologia: Kol 2:18 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Natur dari Para Malaikat Baik Status Para Malaikat Baik Para Malaikat da...

Topik Teologia: Kol 2:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Tubuh...

Topik Teologia: Kol 2:20 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Anak Kita Dikenal Bersama Kristus Kita Dulu Sudah Mat...

Topik Teologia: Kol 2:21 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah Teologis dalam Gereja Perilaku Berlebihan karena Ide-ide Teologis As...

Topik Teologia: Kol 2:23 - -- Dosa Dosa-dosa Roh Dosa-dosa Penipuan Diri Pembenaran Diri dan Keangkuhan Ula 9:4-6 1Sa 17:28 Ayu 11:4-6 Ayu 12:2-3 A...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kolose (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Keunggulan Kristus Tanggal Penulisan: Sekitar 62 TM Latar Belakang Kota Kolose terletak dekat Laodikia...

Full Life: Kolose (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kol 1:1-12) A. Salam Kristen (Kol 1:1-2) B. Ucapan Syukur Karena Iman, Kasih, dan ...

Matthew Henry: Kolose (Pendahuluan Kitab) Kolose adalah sebuah kota penting di Frigia, dan mungkin tidak jauh dari Laodikia dan Hierapolis. Kita mendapati kota-kota ini disebutkan bersama...

Jerusalem: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT KOLOSE KATA PENGANTAR Surat ini termasuk keempat surat jang menurut tradisi jang tjukup pasti ditulis oleh Paulus dalam...

BIS: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI KOLOSE PENGANTAR Kolose adalah sebuah kota di Asia Kecil, sebelah timur kota Efesus. Bukan Paulus yang mendirikan jema

SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI KOLOSE

PENGANTAR

Kolose adalah sebuah kota di Asia Kecil, sebelah timur kota Efesus. Bukan Paulus yang mendirikan jemaat di Kolose ini, tetapi ketika ia mengutus pekerja-pekerja dari Efesus, ibukota sebuah provinsi Roma di Asia Kecil, ia merasa bertanggung jawab juga atas jemaat di Kolose itu. Paulus sudah menerima berita bahwa di dalam jemaat itu ada guru-guru yang mengajar ajaran-ajaran yang salah. Guru-guru itu berkeras bahwa untuk mengenal Allah dan diselamatkan dengan sempurna, orang harus menyembah "roh-roh yang menguasai dan memerintah semesta alam". Di samping itu, kata guru-guru itu, orang haruslah pula taat menjalankan peraturan- peraturan sunat, pantangan dan lain sebagainya.

Surat Paulus Kepada Jemaat di Kolose ini ditulis untuk mengemukakan ajaran Kristen yang benar dan menentang ajaran-ajaran salah yang diajarkan oleh guru-guru palsu itu. Inti sari surat ini ialah bahwa Yesus Kristus sanggup memberi keselamatan yang sempurna dan bahwa ajaran-ajaran yang lainnya itu hanya menjauhkan orang dari Kristus. Melalui Kristus, Allah menciptakan dunia ini, dan melalui Kristus pula Allah menyelamatkannya. Hanyalah melalui bersatu dengan Kristus, dunia mempunyai harapan untuk diselamatkan. Selanjutnya Paulus menguraikan hubungan antara ajaran yang agung itu dengan kehidupan orang Kristen.

Perlu dikemukakan di sini bahwa Tikhikus -- yang membawa surat ini ke Kolose untuk Paulus -- ditemani oleh Onesimus, hamba yang disuruh oleh Paulus untuk kembali kepada tuannya, yaitu Filemon, seorang anggota jemaat di Kolose.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Kol 1:1-8
  2.  Sifat dan peranan Kristus
    Kol 1:9-2:19
  3.  Hidup baru yang dialami orang-orang Kristen
    Kol 2:20-4:6
  4.  Penutup
    Kol 4:7-18

Ajaran: Kolose (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang keunggulan agama Kristen (Injil) dari semua ajaran-ajaran yang dibuat oleh manusia, seperti alira

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang keunggulan agama Kristen (Injil) dari semua ajaran-ajaran yang dibuat oleh manusia, seperti aliran kepercayaan, filsafat, dan agama-agama lainnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Jemaat Kristen di kota Kolose (Dan juga semua jemaat Kristen di seluruh dunia). Di kota Kolose ada 3 ajaran palsu:

  1. Ajaran palsu tentang sunat (Kol 2:11) dan tentan peraturan ibadah (Kol 2:16). Ajaran-ajaran in sebenarnya bukanlah dasar bagi keselamatan.
  2. Ajaran palsu tentang kehidupan keagamaan, yang palsu (dibuat ole manusia dan bukan dari Allah -- Kol 2:8,21-23).
  3. Ajaran palsu tentang kebatinan orang Timur (Kol 2:18,23).

Isi Kitab: Kitab Kolose terbagi atas 4 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat dengan jelas keunggulan Tuhan Yesus dari agama-agama lain di dunia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kolose

  1. Pasal 1 (Kol 1:1-14).

    Salam dari Paulus kepada orang Kristen di Kolose dan seluruh dunia

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus memberikan salam dan doa agar orang-orang Kristen membuahkan perbuatan baik, sabar dan tekun dalam menanggung sesuatu, karena Allah telah melepaskan orang Kristen dari kuasa kegelapan, yaitu pengampunan dosa melalui Tuhan Yesus Kristus.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kol 1:9-14. _Tanyakan_: Apakah isi doa Rasul Paulus? Dan bagaimana isi doa saudara? (lihat ayat 9-10; Kol 1:9-10). Mengapakah orang Kristen harus mengucap syukur? (ayat 12; Kol 1:12). Di dalam siapakah orang Kristen mendapat pengampunan? (ayat 13; Kol 1:13).

  2. Pasal 1 (Kol 1:15-29).

    Pengajaran tentang keunggulan Kristus

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa Yesus Kristus lebih unggul dari segala sesuatu, karena segala sesuatu ada dari Dia. Melalui Yesus Kristus, manusia yang sudah jauh dari Allah kini menjadi dekat, karena telah diperdamaikan-Nya.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kol 1:15-23. _Tanyakan_: Sebutkanlah keunggulan Kristus dalam ayat ini! Siapakah yang dimusuhi kalau manusia berbuat jahat? (ayat 21; Kol 1:21). Siapakah yang menguduskan orang Kristen? (ayat 22; Kol 1:22). Apakah yang dikatakan Rasul Paulus setelah menguraikan keunggulan Kristus? (ayat 23; Kol 1:23).

  3. Pasal 2 (Kol 2:1-23).

    Pengajaran tentang keunggulan agama Kristen

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa, keunggulan agama Kristen adalah karena di dalamnya kita dapat mengenal rahasia Allah, yaitu Yesus Kristus, karena di dalam Kristus ada penebusan dosa dan kepastian keselamatan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kol 2:11-14. _Tanyakan_: Apakah arti sunat yang benar?
    2. Bacalah pasal Kol 2:18,21-23. _Tanyakan_: Apakah perintah Tuhan tentang makanan, hari-hari perayaan, dan bulan baru? Bagaimanakah sikap saudara? Apakah saudara masih mau hidup di bawah Hukum Taurat?
  4. Pasal 3-4 (Kol 3:1-4:18).

    Pengajaran tentang keunggulan panggilan Kristen

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa panggilan Kristen adalah untuk menjadikan setiap orang menjadi manusia baru. Baru dalam arti kehidupan sehari-hari dan baru dalam hubungan dengan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kol 3:5,8-9,12-17; 3:18-4:6. _Tanyakan_: Apa yang harus dimatikan menurut ayat (Kol 3:5)? Berdasarkan ayat 8-9 (Kol 3:8-9), apakah yang harus dibuang? Berdasarkan ayat 12-17 (Kol 3:12-17), apakah yang haru dikenakan orang Kristen? Berdasarkan ayat 18-4:6 (Kol 3:18-4:6), bagaimanakah sika seorang istri terhadap suami, dan suami terhadap istrinya?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kolose dapatlah diketahui dengan jelas bahwa Kekristenan melebihi segala sesuatu di dunia ini, sebab Kristus adalah pencipta segala sesuatu dan pendamai manusia dengan Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah keunggulan Tuhan Yesus?
  2. Siapakah penulis Kitab Kolose?
  3. Mengapakah Kekristenan lebih unggul dari agama lain?

Intisari: Kolose (Pendahuluan Kitab) Kedewasaan dan perbudakan DUA PUCUK SURAT DAN EMPAT ORANG.Ketika Tikhikus dikirim oleh Paulus ke Kolose, ia membawa tiga hal bersamanya: surat untuk

Kedewasaan dan perbudakan

DUA PUCUK SURAT DAN EMPAT ORANG.
Ketika Tikhikus dikirim oleh Paulus ke Kolose, ia membawa tiga hal bersamanya: surat untuk orang Kolose; Onesimus, seorang budak yang melarikan diri dari majikannya, Filemon yang tinggal di Kolose; dan sepucuk surat kepada Filemon dari Paulus.

GEREJA DI KOLOSE.
Kota Kolose terletak di pedalaman kira-kira 100 mil dari pelabuhan Efesus. Gereja di Kolose mungkin dimulai sebagai akibat khotbah Paulus di Efesus. Lukas menuliskan bahwa pada masa itu 'semua yang tinggal di propinsi Asia telah mendengar firman Tuhan' (Kis 19:10). Namun demikian, Paulus sendiri tidak pernah pergi ke sana (Kol 2:1). Kemungkinan terbesar gereja itu di mulai karena Epafras (Kol 1:7) yang rupanya datang dari Kolose (Kol 4:12).

Epafras ada bersama dengan Paulus pada waktu Paulus menulis surat-surat ini, sehingga ia mendapat informasi tentang keadaan di gereja Kolose darinya.

WAKTU PENULISAN.
Dua surat ini ditulis dari penjara (Kol 4:10 dan (File 1), tetapi waktu penulisan tergantung pada tempat Paulus dipenjarakan. Efesus, salah satu kemungkinan. Letak kota itu cukup dekat sehingga masuk akal untuk dapat ditempuh oleh pelarian seperti Onesimus. Paulus tampaknya menyatakan bahwa ia pernah di penjara di Efesus (1Kor 15:32). Roma merupakan kemungkinan lain, tetapi mungkinkah seorang budak melarikan diri ke Roma, langsung masuk ke mulut singa. Pula, melawan anggapan bahwa surat ini ditulis di Roma, adalah fakta bahwa ketika ia sedang berada dalam penjara, ia berharap untuk dilepaskan dan pergi ke barat, ke Spanyol, bukan ke timur, yaitu ke Kolose (File 1:22). Jika surat-surat ini ditulis di Efesus, maka tahun penulisan adalah 55-6 M, pada waktu perjalanan penginjilan Paulus yang ketiga (Kis 19); jika ditulis di Roma, maka waktu penulisan ialah sekitar tahun 63 M.

MENGAPA SURAT-SURAT INI DITULIS?
Kedua surat ini sebenarnya ditujukan kepada seluruh gereja (Kol 1:2, File 1:2). Bahkan kita dapat menyebutnya 'surat Kolose satu dan dua'! 1. Paulus menulis surat Kolose sebab ada ajaran sesat yang diajarkan dan harus diperbaikinya. Kita tidak begitu tahu ajaran apa itu, tetapi mereka mempunyai pendapat yang aneh tentang kedewasaan Kristen, mereka memikirkan adanya syarat-syarat berupa pantangan-pantangan makan, hari-hari suci dan bahkan penyembahan kepada para malaikat (Kol. 2:16-23). 2. Onesimus, rupa-rupanya adalah seorang budak yang tidak berguna yang pada akhirnya melarikan diri (mungkin karena ia telah mencuri sesuatu, File 1:18). Ia bertemu Paulus di penjara. Ia menjadi seorang Kristen, mungkin Paulus yang membawanya kepada Kristus (Flm. 10). Saat itulah, untuk pertama kali dalam kehidupannya ia benar-benar hidup baru sesuai dengan arti namanya, "Onesimus', 'Berguna'!

Ia benar-benar menjadi orang yang berguna, Paulus mengirimkannya kembali ke majikannya dengan sepucuk surat. Ia memang memerlukan surat itu: seorang budak yang melarikan diri dapat dimeteraikan dengan huruf 'P' yang berarti 'Pelarian'... ia dapat disalibkan. Apa yang diharapkan oleh Paulus adalah perdamaian kedua bersaudara itu.

Pesan

1. Ada kesalahan yang harus diperbaiki.
Jemaat Kristen di Kolose tidak mengerti tentang Keallahan Kristus, oleh
karenanya mereka tidak mengerti bahwa segala sesuatu yang mereka perlukan dapat
ditemukan di dalam Yesus.
Paulus menunjukkan kesalahan mereka:
o Secara doktrin... pasal 1 dan 2
o Secara praktis... pasal 3 dan 4

2. Kedewasaan harus dicari.
o Kedewasaan mulai dari adanya pandangan terhadap kekekalan. Kol 3:1-4
o Kedewasaan mempunyai aspek negatif dan positif:
- hal yang negatif, matikan Kol 3:5-7, tanggalkan. Kol 3:8-9
- haI yang positif, pakailah. Kol 3:10-14
o Kedewasaan mempunyai dua wasit yang dapat dipercaya:
- damai sejahtera Kristus. Kol 3:15
- perkataan Kristus. Kol 3:15-17

3. Kedewasaan berhubungan dengan dunia nyata.
Jemaat Kolose berpendapat bahwa kedewasaan adalah ketaatan pada agama. Paulus
menghubungkannya dengan hubungan-hubungan:
o Suami dan istri. Kol 3:18-19
o Anak-anak dan orang-tua. Kol 3:20-21
o Hamba dan majikan. Kol 3:22-25

4. Kekristenan berhubungan dengan akar, bukan dengan buah.

Seringkali dikatakan bahwa sebenarnya Alkitab mendorong perbudakan. Hal itu
tidak benar. Tetapi, perhatikan bagaimana Kristus menangani masalah perbudakan:
o Tidak dengan menimbulkan revolusi politik yang dapat mengakibatkan kematian
dan penderitaan banyak orang, tetapi dengan membuat perubahan secara pribadi
sehingga Filemon, pemilik budak, dan Onesimus sebagai budak, menjadi -
- pengikut Yesus
- bersaudara di dalam Kristus
- sahabat, bukan musuh
o Revolusi mengubah keadaan di luar,tetapi tidak keadaan di dalam; keselamatan
mengubah segalanya!

5. Kekristenan mengutamakan kerendahan hati, bukan kekuasaan.
Paulus adalah seorang rasul, oleh karena itu mengapa ia tidak memerintahkan saja
Filemon mengampuni Onesimus?
o Paulus harus bertindak sebagai seorang saudara (Flm. 9), sebab ia mengharapkan
bahwa Filemon juga bertindak sebagai seorang saudara.
o Keangkuhan adalah dosa yang ada di balik sebutan majikan pada seseorang dan
pada orang lain sebagai budak. Kekerasan mengakibatkan kekerasan yang makin
keras, keangkuhan mendorong timbulnya keangkuhan yang makin angkuh.

Kerendahan hati merupakan kebajikan paling rumit: pada saat Anda sadar Anda
sudah memilikinya,... Anda telah kehilangan dia!

Penerapan

Kedewasaan

1. Kedewasaan adalah tema utama dalam surat Kolose.
Perhatikan ayat kunci, Kol 1:28 'Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan (kedewasaan) di dalam Kristus'.

o Cakupannya adalah menyeluruh: setiap Kristen harus menuju kepada kedewasaan.
o Sumbernya adalah Kristus, Paulus menyatakan kepada Kristen tentang Kristus, dengan harapan agar mereka mengikuti teladan Kristus.
o Buktinya tampak dalam hubungan sosial: Kristen yang dewasa akan mempunyai hubungan yang baik dengan suami atau istri, dengan anak-anak dan dengan majikan atau karyawannya.

2. Sikap dewasa adalah yang Paulus harapkan pada Filemon.
Kristen dewasa tidak berperilaku seperti orang lain. Seperti Kristus mengampuni Filemon, ia juga harus mengampuni Onesimus; tetapi hal ini mungkin akan merupakan kejutan bagi kawan-kawannya!

Tema-tema Kunci

1. Kata 'semua'.
Pemakaian kata 'semua' yang diulang berkali-kali oleh Paulus merupakan suatu peringatan tentang apa yang ditekankannya mengenai kedewasaan, Kristen yang sepenuh hati. Kata Yunani tersebut diterjemahkan dalam beberapa istilah: selalu, semua orang kudus, seluruh dunia, berkenan kepada-Nya dalam segala hal, setiap perbuatan baik, segala sesuatu. Kata ini muncul sebanyak 38 kali. Telitilah di mana kata-kata itu ditulis dan pelajarilah maknanya dalam pengertian kita tentang siapa Kristus itu, apa yang Kristus telah lakukan dan bagaimana kita harus berperilaku.

2. Peran kita dalam mencapai kedewasaan.
Paulus memakai tiga kata 'perintah yang sangat mendesak' atau untuk menjelaskan apa yang harus kita lakukan untuk menjadi dewasa:

o 'Matikanlah' Kol 3:5
o 'Buanglah' Kol 3:8-9
o 'Kenakanlah' Kol 3:12

Kata 'buanglah' dan 'kenakanlah' dipakai dalam bahasa Yunani yang berarti menanggalkan baju kotor pada malam hari dan mengenakan baju bersih pada pagi hari. Pelajarilah Kol 3:1-14 dengan saksama. Mengapa saya berdosa? Mengapa saya terus melakukan dosa? Bagaimana saya dapat berhenti berdosa?

3. Peran Kristus dalam keselamatan kita.
Untuk memungkinkan kita melakukan peran kita menjadi dewasa, Kristus telah terlebih dahulu mengawali peranannya dalam menyelamatkan kita. Carilah enam langkah dalam penyelamatan kita dalam Kol 2:13-15.

4. Pohon oak yang besar dari bijinya yang kecil.
Filemon merupakan surat pribadi yang sangat pendek, hanya 335 kata Yunani dalam naskah aslinya. Mengapa surat itu dimasukkan ke dalam Alkitab? Ya, oleh karena Tuhan menginginkannya dalam Alkitab! Tetapi, ada alasan manusiawi lainnya yang menarik. Ada kemungkinan Onesimus akan mengakhiri hidupnya bukan sebagai seorang budak, bahkan bukan pula hanya sebagai seorang bebas, tetapi sebagai seorang uskup di Efesus. Pada permulaan abad kedua seorang Kristen yang terkenal bernama Ignatius menulis surat kepada gereja di Efesus dan menyebut nama Uskup Onesimus, bahkan menuliskan juga arti namanya, 'Berguna'! Dari seorang budak pelarian menjadi uskup! Carilah dalam Alkitab dan pelajarilah kehidupan orang-orang lain yang telah dibawa oleh Tuhan dari keadaan tidak dikenal menjadi terkenal... Gideon? Daud? Petrus? Yang lainnya?

Garis Besar Intisari: Kolose (Pendahuluan Kitab) KOLOSE [1] PAULUS DAN JEMAAT KRISTEN KOLOSE Kol 1:1-14 Kol 1:1-2Salam Kol 1:3-8Apa yang telah kami dengar tentang kamu Kol 1:9-14Apa yang kami

KOLOSE

[1] PAULUS DAN JEMAAT KRISTEN KOLOSE Kol 1:1-14
Kol 1:1-2Salam
Kol 1:3-8Apa yang telah kami dengar tentang kamu
Kol 1:9-14Apa yang kami doakan untuk kamu

[2] KEAGUNGAN YESUS Kol 1:15-29
Kol 1:15-20Siapakah Yesus
Kol 1:21-23Apa yang telah Yesus lakukan
Kol 1:24-29Kristus di dalam kamu, harapan kemuliaan

[3] YESUS: CUKUP UNTUK SETIAP KEBUTUHAN Kol 2:1-23
Kol 2:1-7Dipersatukan, diperlengkapi, berdiri teguh
Kol 2:8-15Apa yang telah Kristus lakukan bagi kita
Kol 2:16-23Hidup seperti mereka yang telah mati bersama Kristus

[4] PERLENGKAPAN BARU Kol 3:1-4:6
Kol 3:1-4Hiduplah seperti mereka yang telah dibangkitkan bersama Kristus
Kol 3:5-9Menanggalkan pakaian lama
Kol 3:10-17Memakai pakaian baru
Kol 3:18-4:1Sesuaikan pakaian itu
Kol 4:2-6Berbicara kepada Allah dan manusia: berdoa dan bersaksi

[5] BEGITU BANYAK TEMAN Kol 4:7-18
Kol 4:7-9Dua orang teman akan datang kepadamu
Kol 4:10-14Enam orang tetap tinggal bersamaku
Kol 4:15-17Salam dan dorongan semangat
Kol 4:18Jangan lupakan saya... di penjara

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 1.48 detik
dipersembahkan oleh YLSA