kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 22:1-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kepercayaan Abraham diuji
22:1 Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan." 22:2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu." 22:3 Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. 22:4 Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh. 22:5 Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu." 22:6 Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama. 22:7 Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?" 22:8 Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama. 22:9 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api. 22:10 Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya. 22:11 Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan." 22:12 Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku." 22:13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya. 22:14 Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan." 22:15 Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham, 22:16 kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri -- demikianlah firman TUHAN --: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku, 22:17 maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya. 22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku." 22:19 Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham tinggal di Bersyeba.
Keturunan Nahor
22:20 Sesudah itu Abraham mendapat kabar: "Juga Milka telah melahirkan anak-anak lelaki bagi Nahor, saudaramu: 22:21 Us, anak sulung, dan Bus, adiknya, dan Kemuel, ayah Aram, 22:22 juga Kesed, Hazo, Pildash, Yidlaf dan Betuel." 22:23 Dan Betuel memperanakkan Ribka. Kedelapan orang inilah dilahirkan Milka bagi Nahor, saudara Abraham itu. 22:24 Dan gundik Nahor, yang namanya Reuma, melahirkan anak juga, yakni Tebah, Gaham, Tahash dan Maakha.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Betuel son of Milcah and Nahor, the brother of Abraham; Bethuel was the father of Rebecca,a town; early home of the descendants of Shime-i of Simeon
 · Bus a descendant of Buz (and probably of Nahor)
 · Gaham son of Reumah and Nahor, brother of Abraham
 · gunung Moria a land and mountain
 · Hazo son of Milcah and Nahor, brother of Abraham
 · Kemuel son of Nahor, Abraham's brother; father of Aram,son of Shiphtan; a leader that Moses assigned to sub-divide the land allotted to the tribe of Ephraim,a man of Levi in Saul and David's time
 · Mesopotamia the country between the Tigris and Euphrates rivers,the region between (and around) the Tigris and Euphrates Rivers
 · Milka daughter of Haran; wife of Nahor,daughter of Zelophehad
 · Nahor a son of Serug; the father of Terah; an ancestor of Jesus.,son of Serug of Shem; father of Terah,son of Terah; brother of Abraham,town in Mesopotamia
 · orang Maakha member(s) of the clan of Maacah
 · Pildash son of Milcah and Nahor, brother of Abraham
 · Reuma concubine of Nahor; co-wife with Milcah, Rebekah's mother
 · Ribka daughter of Bethuel, nephew of Abraham
 · Siria the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Tahash son of Reumah and Nahor, brother of Abraham
 · tanah Moria a land and mountain
 · Tebah son of Reumah and Nahor the brother of Abraham
 · Us son of Aram; (grand)son of Shem son of Noah,son of Milcah and Nahor, brother of Abraham,son of Dishan of Seir,a region in Edom inhabited by the descendants of Uz of Seir
 · Yidlaf son of Milcah and Nahor, brother of Abraham


Topik/Tema Kamus: Abraham | Ishak | Korban Bakaran | Molokh | Isak | Anak Yang Baik | Makhpela | Anak Domba | Malaikat | Ribka | Gunung, Pegunungan | Korban | Susah, Kesusahan Dijadikan Faedah | Taat, Ketaatan Kepada Allah | Moria | Gambaran, Teladan Kristus | Orang Yahudi | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Nubuat Tentang Kristus | Mezbah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 22:1 - ALLAH MENCOBA ABRAHAM. Nas : Kej 22:1 Iman dan penyerahan Abraham kepada Allah diuji seberat-beratnya. Allah memerintahnya untuk melakukan sesuatu yang sama sekali berten...

Nas : Kej 22:1

Iman dan penyerahan Abraham kepada Allah diuji seberat-beratnya. Allah memerintahnya untuk melakukan sesuatu yang sama sekali bertentangan dengan akal sehat dan kasihnya selaku seorang bapa dan harapan seumur hidupnya (ayat Kej 22:2). Di dalam kisah Abraham kita membaca tentang tiga ujian iman yang besar.

  1. (1) Panggilan untuk memisahkan dirinya dari bangsa dan tanah airnya (Kej 12:1) serta pergi tanpa mengetahui tujuannya (bd. Ibr 11:8);
  2. (2) tuntutan untuk mempercayai Allah akan menggenapi perjanjian-Nya walaupun penggenapan perjanjian itu tidak tampak selama 25 tahun (Kej 12:1-3; 15:6,8; 18:9-14; Ibr 11:8-13);
  3. (3) perintah untuk mempersembahkan Ishak, putra yang dijanjikan itu (pasal Kej 22:1-24). Dengan cara yang mirip dengan yang dialami Abraham, iman sejati semua orang percaya akan diuji.

Full Life: Kej 22:2 - AMBILLAH ANAKMU. Nas : Kej 22:2 Abraham diperintahkan untuk mempersembahkan putranya. 1) Inti persoalan ini terletak di dua bidang yang menggambarkan ukuran ...

Nas : Kej 22:2

Abraham diperintahkan untuk mempersembahkan putranya.

  1. 1) Inti persoalan ini terletak di dua bidang yang menggambarkan ukuran yang dipakai Allah dalam berurusan dengan orang percaya.
    1. (a) Adakah kasih Abraham kepada Allah lebih besar daripada kasihnya kepada sesama, termasuk putra tercintanya?
    2. (b) Apakah harapan Abraham mengenai penggenapan janji itu masih ada pada Allah, ataukah harapannya sudah beralih sekarang, yaitu ke Ishak?
  2. 2) Melalui ujian ini Allah memaksa Abraham menghadapi pertanyaan-pertanyaan ini dan menunjukkan apakah dia benar-benar takut akan Allah dengan segenap hatinya (ayat Kej 22:12).
  3. 3) Sebenarnya Allah tidak menghendaki kematian jasmaniah Ishak (bd. ayat Kej 22:12-13) karena persembahan manusia kemudian dikutuk-Nya (Im 20:1-5). Akan tetapi Ia ingin menguji komitmen Abraham.

Full Life: Kej 22:5 - AKU BESERTA ANAK INI AKAN ... KEMBALI. Nas : Kej 22:5 Pernyataan Abraham bahwa dia dan anaknya akan kembali dari upacara persembahan adalah kesaksian akan iman dan keyakinannya bahwa jan...

Nas : Kej 22:5

Pernyataan Abraham bahwa dia dan anaknya akan kembali dari upacara persembahan adalah kesaksian akan iman dan keyakinannya bahwa janji-janji Allah akan digenapi melalui Ishak (yaitu, "sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak" Kej 21:12). Di dalam kisah ini Ishak melambangkan Kristus:

  1. (1) dengan merelakan dirinya kepada ayahnya untuk dipersembahkan bahkan sampai mati (ayat Kej 22:16; bd. Yoh 10:17-18), dan
  2. (2) dalam hal diselamatkan dari kematian, suatu tindakan yang mirip dengan kebangkitan Kristus (ayat Kej 22:12; lih. Ibr 11:17-19).

Full Life: Kej 22:8 - ALLAH YANG AKAN MENYEDIAKAN. Nas : Kej 22:8 "Allah yang akan menyediakan" ("Yehovah-jireh," ayat Kej 22:14) bersifat nubuat dan menunjuk kepada korban pengganti, seekor domba j...

Nas : Kej 22:8

"Allah yang akan menyediakan" ("Yehovah-jireh," ayat Kej 22:14) bersifat nubuat dan menunjuk kepada korban pengganti, seekor domba jantan, yang disediakan Allah (ayat Kej 22:13). Puncak penggenapan pernyataan Abraham terdapat di dalam tindakan Allah menyediakan Anak-Nya yang tunggal sebagai korban pendamaian di Golgota bagi penebusan manusia. Dengan demikian, Bapa sorgawi itu sendiri melakukan apa yang dimintanya dari Abraham (Yoh 3:16; Rom 3:24-25; 8:32).

Full Life: Kej 22:9 - DIIKATNYA ISHAK. Nas : Kej 22:9 Ishak mungkin sudah seorang pemuda yang mampu melawan ayahnya kalau dikehendakinya. Tetapi, dalam penyerahan sempurna kepada Allah d...

Nas : Kej 22:9

Ishak mungkin sudah seorang pemuda yang mampu melawan ayahnya kalau dikehendakinya. Tetapi, dalam penyerahan sempurna kepada Allah dan ketaatan kepada ayahnya, ia membiarkan dirinya diikat dan dibaringkan di atas mezbah, sama seperti Kristus dengan sukarela membiarkan diri-Nya disalib.

Full Life: Kej 22:10 - ABRAHAM MENGULURKAN TANGANNYA. Nas : Kej 22:10 Alkitab menyatakan bahwa Abraham "dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezba...

Nas : Kej 22:10

Alkitab menyatakan bahwa Abraham "dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah" (Yak 2:21). Iman Abraham dinyatakan dalam ketaatan yang tulus kepada Allah

(lihat cat. --> Kej 15:6).

[atau ref. Kej 15:6]

Hidup tersembunyi dari iman sejati yang menyelamatkan sudah pasti akan menjadi kehidupan yang dinyatakan dalam ketaatan

(lihat cat. --> Rom 1:5;

lihat cat. --> Rom 2:7;

lihat cat. --> Yak 2:21;

[atau ref. Rom 1:5; 2:7; Yak 2:21]

lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Full Life: Kej 22:12 - KUKETAHUI SEKARANG, BAHWA ENGKAU TAKUT AKAN ALLAH. Nas : Kej 22:12 Ketika Abraham mulai melaksanakan upacara persembahan (ayat Kej 22:10), Allah melihat bahwa dia sudah membuat penyerahan sempurna d...

Nas : Kej 22:12

Ketika Abraham mulai melaksanakan upacara persembahan (ayat Kej 22:10), Allah melihat bahwa dia sudah membuat penyerahan sempurna dalam hatinya. Tuhan kini tahu bahwa Abraham adalah orang yang takut akan Allah dan perhatian terutamanya adalah melakukan kehendak Allah.

Full Life: Kej 22:14 - TUHAN MENYEDIAKAN (YAHWEH-YIREH). Nas : Kej 22:14 Dari ujian Abraham kita belajar bahwa: 1) Allah kadang-kadang menguji iman anak-anak-Nya (bd. 1Pet 1:6-7; lihat cat...

Nas : Kej 22:14

Dari ujian Abraham kita belajar bahwa:

  1. 1) Allah kadang-kadang menguji iman anak-anak-Nya (bd. 1Pet 1:6-7;

    lihat cat. --> Ibr 11:35).

    [atau ref. Ibr 11:35]

    Ujian harus dianggap sebagai suatu kehormatan di dalam kerajaan Allah (1Pet 4:12-14).
  2. 2) Allah dapat dipercayai untuk menyediakan kehadiran, kasih karunia, dan segala yang diperlukan bagi setiap situasi yang sesuai dengan kehendak-Nya (Mazm 46:2-4; 2Kor 9:8; 12:9; Ef 3:20).
  3. 3) Allah sering melaksanakan maksud penebusan-Nya melalui kehancuran sebuah visi; yaitu, Dia mungkin membiarkan hal-hal terjadi dalam kehidupan kita yang tampaknya menghancurkan harapan dan cita-cita kita (Kej 17:15-17; 22:1-12; 37:5-7,28; Mr 14:43-50; 15:25,37).
  4. 4) Setelah iman teruji, Allah meneguhkan, menguatkan, menegakkan, dan memberikan upah kepada orang percaya itu (ayat Kej 22:16-18; 1Pet 5:10).
  5. 5) Cara menemukan kehidupan sejati di dalam Allah ialah melalui kesediaan untuk mengorbankan segala sesuatu yang diminta oleh-Nya (bd. Mat 10:37-39; 16:24-25; Yoh 12:25).
  6. 6) Setelah suatu ujian penderitaan dan iman, hasil dari semua perlakuan Tuhan terhadap orang percaya ialah "maha penyayang dan penuh belas kasihan" (Yak 5:11).

Full Life: Kej 22:18 - KARENA ENGKAU MENDENGARKAN FIRMAN-KU. Nas : Kej 22:18 Karena ketaatan Abraham yang tulus dan sungguh-sungguh, yang ditunjukkan dengan kesediaannya untuk mengorbankan putranya, Abraham d...

Nas : Kej 22:18

Karena ketaatan Abraham yang tulus dan sungguh-sungguh, yang ditunjukkan dengan kesediaannya untuk mengorbankan putranya, Abraham diberi tahu bahwa Allah akan melanjutkan perjanjian-Nya dengan-Nya

(lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...).

"Keturunan" yang akhirnya akan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa ialah Kristus Yesus (Gal 3:8,16,18;

lihat art. PANGGILAN ABRAHAM).

BIS: Kej 22:14 - TUHAN menyediakan yang diperlukan TUHAN menyediakan yang diperlukan atau TUHAN kelihatan.

TUHAN menyediakan yang diperlukan atau TUHAN kelihatan.

Jerusalem: Kej 22:1-19 - -- Kisah ini lazimnya dikatakan berasal dari tradisi Elohista, namun di dalamnya terdapat pula beberapa unsur yang berasal dari tradisi Yahwista, Kej 22:...

Kisah ini lazimnya dikatakan berasal dari tradisi Elohista, namun di dalamnya terdapat pula beberapa unsur yang berasal dari tradisi Yahwista, Kej 22:11,14,15-18 dan nama Maria dalam Kej 22:11,14,15-18 dan nama Moria dalam Kej 22:2. Kisah ini barangkali disusun berdasarkan sebuah ceritera mengenai didirikannya sebuah tempat suci bangsa Israel, di mana berlainan dengan tempat-tempat suci milik orang Kanaan, tidak dipersembahkan korban berupa manusia. Dalam bentuknya sekarang kisah itu membenarkan hukum Israel mengenai tebusan anak sulung. Sama seperti buah bungaran dan anak sulung ternak, demikianpun anak sulung manusia adalah milik Allah. Tetapi anak sulung manusia tidak perlu disembelih sebagai korban, tetapi harus ditebus, Kej 13:11+. Karenanya kisah Kej 22 ini dapat dipandang sebagai ceritera yang bermaksud mengutuk pengorbanan anak-anak, Ima 18:21. Pengutukan itu berulang kali diungkapkan para nabi. Selebihnya kisah itu mengandung ajaran rohani yang lebih berharga, yaitu kepercayaan Abraham yang menjadi teladan kepercayaan sejati. Dalam peristiwa pengorbanan Ishak kepercayaan Abraham mencapai titik puncaknya. Para pujangga Gereja mengartikan pengorbanan Ishak sebagai pralambang sengsara Yesus, anak tunggal Allah.

Jerusalem: Kej 22:2 - tanah Moria Menurut 2Ta 3:3 Moria ialah bukti di kota Yerusalem, tempat bait allah didirikan. Pendapat itu juga dipertahankan tradisi selanjutnya. Akan tetapi Kej...

Menurut 2Ta 3:3 Moria ialah bukti di kota Yerusalem, tempat bait allah didirikan. Pendapat itu juga dipertahankan tradisi selanjutnya. Akan tetapi Kej 22:2 ini berkata tentang tanah (bukan bukti) Moria yang tidak lagi disebut dalam Alkitab. Orang tidak tahu lagi tempat Abraham mempersembahkan Ishak.

Jerusalem: Kej 22:14 - Di atas gunung TUHAN akan disediakan Teks bagian terakhir ayat ini tidak pasti. Terjemahan Indonesia ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca: di atas gunung TUHAN Ia me...

Teks bagian terakhir ayat ini tidak pasti. Terjemahan Indonesia ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca: di atas gunung TUHAN Ia memperlihatkan diri.

Jerusalem: Kej 22:17 - kota-kota musuhnya Harafiah: pintu gerbang-pintu gerbang musuhnya. Tetapi yang dimaksudkan ialah kota-kota berbenteng, bdk Kej 24:60.

Harafiah: pintu gerbang-pintu gerbang musuhnya. Tetapi yang dimaksudkan ialah kota-kota berbenteng, bdk Kej 24:60.

Jerusalem: Kej 22:20-24 - -- Daftar suku-suku Aram ini berasal dari tradisi Yahwista. Suku-suku itu dihubungkan dengan dua belas "anak" Nahor, Kej 11:29+, bdk dua belas anak Ismae...

Daftar suku-suku Aram ini berasal dari tradisi Yahwista. Suku-suku itu dihubungkan dengan dua belas "anak" Nahor, Kej 11:29+, bdk dua belas anak Ismael, Kej 25:13, dan dua belas anak Yakub, Kej 29:32-30:24; 35:22 dst. Sebuah tradisi lain terdapat dalam Kej 10:23.

Ende: Kej 22:1 - -- Tuhan mentjoba kepertjajaan Ibrahim dengan memerintahkan, supaja ia mengorbankan anaknja, jang djustru mendjadi pohon harapannja, karena dalam anak in...

Tuhan mentjoba kepertjajaan Ibrahim dengan memerintahkan, supaja ia mengorbankan anaknja, jang djustru mendjadi pohon harapannja, karena dalam anak ini djandji-djandji Tuhan akan terlaksana. Kepertjajaan Ibrahim tjukup kuat, sehingga ia mampu mengorbankan dan melepaskan perhitungan manusiawi, dan tetap berpegang pada Tuhan, sungguhpun rupa-rupanja Tuhan menghapuskan dasar kepertjajaan jang baginja lebih njata.

Begitulah Ibrahim telah mendjadi pola-teladan dan Bapa sekalian orang beriman (lihat: Wis 10:5; Sir 44:19,20; Rom 4:13-25; Ibr 11:17-19; Yak 2:20-24).

Ende: Kej 22:2 - -- Teks menekankan beratnja korban ini: Bagi Ibrahim Ishak itu satu-satunja harapan, oleh karena itu sangat ditjintainja. Moria: suatu daerah, jang kemud...

Teks menekankan beratnja korban ini: Bagi Ibrahim Ishak itu satu-satunja harapan, oleh karena itu sangat ditjintainja.

Moria: suatu daerah, jang kemudian dihubungkan dengan gunung Sion beserta kenisahnja (lihat ajat 14(Kej 22:14), dan 2Ta 3:1; Yes 2:3; 30:29; Maz 24:3). Dari ajat 4(Kej 22:4) dan 5(Kej 22:5) ternjata, bahwa didaerah itu ada bukit tempat orang mempersembahkan korban. Letaknja jang sesungguhnja tidak diketahui.

Ende: Kej 22:9 - -- Banjak para Bapa Geredja menganggap peristiwa ini pralambang Korban Jesus. Ia Putera Tunggal terkasih oleh Bapa (ajat 2)(Kej 22:2), jang mengangkat se...

Banjak para Bapa Geredja menganggap peristiwa ini pralambang Korban Jesus. Ia Putera Tunggal terkasih oleh Bapa (ajat 2)(Kej 22:2), jang mengangkat sendiri salibNja ke Kalvaria (ajat 6)(Kej 22:6) sebagai Anak Domba Allah (ajat 8)(Kej 22:8) dan menderita dikaju salib (ajat 9)(Kej 22:9). Lihat pula Rom 8:32.

Tipologi jang sama kita ketemukan dalam lukisan-lukisan kristiani kuno.

Djuga dalam teologi jahudi dari kalangan para Rabbi korban Ishak dihubungkan dengan Anak Domba Paskah.

Ende: Kej 22:13 - -- Maksud tjerita ini adalah djuga: mendjelaskan bahwa Tuhan berhak atas anak sulung, baik manusia maupun binatang (Kel 22:28,29), akan tetapi tidak meng...

Maksud tjerita ini adalah djuga: mendjelaskan bahwa Tuhan berhak atas anak sulung, baik manusia maupun binatang (Kel 22:28,29), akan tetapi tidak menghendaki pengorbanan kanak-kanak. Anak jang sulung harus ditebus dengan korban binatang (Kel 13:13; 34:19,20). Lihat Luk 2:23-24.

Djadi disini tertjantum suatu peringatan: melarang kebiasaan kafir mengorbankan kanak-kanak, seperti kemudian djuga terdjadi dalam kalangan umat Israel (2Ra 16:3; 21:6; 23:10; Yer 7:31; 19:5; Yeh 16:20; 20:31).

Ende: Kej 22:14 - -- Mungkin ini suatu pepatah dari djaman kemudian, disini dihubungkan dengan nama Moria (ra'ah = melihat). Tuhan melihat hari-kemudian, dan mendjamin har...

Mungkin ini suatu pepatah dari djaman kemudian, disini dihubungkan dengan nama Moria (ra'ah = melihat). Tuhan melihat hari-kemudian, dan mendjamin hari-kemudian, djuga kalau manusia tidak dapat lagi mempertimbangkannja, dan tidak ada harapan.

Hubungan tjerita ini dengan djandji-djandji didjelaskan oleh pengarang dengan menambahkan ajat 15-18(Kej 22:15-18): ulangan djandji-djandji jang dulu sudah pernah diberikan.

Ende: Kej 22:17 - -- Merebut pintu-gerbang artinja menaklukkan sebuah kota.

Merebut pintu-gerbang artinja menaklukkan sebuah kota.

Endetn: Kej 22:13 - seekor domba djantan diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan Sam., Junani, Syr., V.L., Targ. Tertulis: "domba djantan dibelakang(nja)".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan Sam., Junani, Syr., V.L., Targ. Tertulis: "domba djantan dibelakang(nja)".

Endetn: Kej 22:14 - diatas gununglah Jahwe menjediakan diperbaiki menurut Syr. dan Vulg. Junani: "diatas gunung ini, Jahwe menampakkan Diri". Hibrani: "diatas gunung Jahwe, Ia menglihatkan Diri" atau "dise...

diperbaiki menurut Syr. dan Vulg. Junani: "diatas gunung ini, Jahwe menampakkan Diri". Hibrani: "diatas gunung Jahwe, Ia menglihatkan Diri" atau "diselenggarakan".

Ref. Silang FULL: Kej 22:1 - Allah mencoba // Ya, Tuhan · Allah mencoba: Kel 15:25; 16:4; 20:20; Ul 8:2,16; 13:3; Hak 2:22; 3:1; 2Taw 32:31; Mazm 66:10; Ibr 11:17; Yak 1:12-13 · Ya, Tuhan: Kej...

Ref. Silang FULL: Kej 22:2 - Ambillah anakmu // tanah Moria // korban bakaran // akan Kukatakan · Ambillah anakmu: Kej 22:12,16; Yoh 3:16; Ibr 11:17; 1Yoh 4:9 · tanah Moria: 2Taw 3:1 · korban bakaran: Kej 8:20; Kej 8:20 &midd...

· Ambillah anakmu: Kej 22:12,16; Yoh 3:16; Ibr 11:17; 1Yoh 4:9

· tanah Moria: 2Taw 3:1

· korban bakaran: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]

· akan Kukatakan: Kej 22:9

Ref. Silang FULL: Kej 22:3 - harinya pagi-pagi · harinya pagi-pagi: Yos 8:10

· harinya pagi-pagi: Yos 8:10

Ref. Silang FULL: Kej 22:5 - kembali kepadamu · kembali kepadamu: Kel 24:14

· kembali kepadamu: Kel 24:14

Ref. Silang FULL: Kej 22:6 - bahu Ishak // dan pisau · bahu Ishak: Yoh 19:17 · dan pisau: Kej 22:10; Hak 19:29

· bahu Ishak: Yoh 19:17

· dan pisau: Kej 22:10; Hak 19:29

Ref. Silang FULL: Kej 22:7 - anak domba · anak domba: Kel 29:38-42; Im 1:10; Wahy 13:8

· anak domba: Kel 29:38-42; Im 1:10; Wahy 13:8

Ref. Silang FULL: Kej 22:8 - akan menyediakan // anak domba · akan menyediakan: Kej 22:14 · anak domba: Kej 22:13; Yoh 1:29; Yoh 1:29

· akan menyediakan: Kej 22:14

· anak domba: Kej 22:13; Yoh 1:29; [Lihat FULL. Yoh 1:29]

Ref. Silang FULL: Kej 22:9 - yang dikatakan // mendirikan mezbah // disusunnyalah kayu // di mezbah · yang dikatakan: Kej 22:2 · mendirikan mezbah: Kej 4:26; Kej 4:26; Kej 8:20; Kej 8:20 · disusunnyalah kayu: Im 1:7; 1Raj 18:33...

· yang dikatakan: Kej 22:2

· mendirikan mezbah: Kej 4:26; [Lihat FULL. Kej 4:26]; Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]

· disusunnyalah kayu: Im 1:7; 1Raj 18:33

· di mezbah: Ibr 11:17-19; Yak 2:21

Ref. Silang FULL: Kej 22:10 - mengambil pisau // menyembelih anaknya · mengambil pisau: Kej 22:6; Kej 22:6 · menyembelih anaknya: Kej 22:3; Kej 18:19; Kej 18:19

· mengambil pisau: Kej 22:6; [Lihat FULL. Kej 22:6]

· menyembelih anaknya: Kej 22:3; Kej 18:19; [Lihat FULL. Kej 18:19]

Ref. Silang FULL: Kej 22:11 - Malaikat Tuhan // dari langit // Abraham, Abraham // Ya, Tuhan · Malaikat Tuhan: Kej 16:7; Kej 16:7 · dari langit: Kej 21:17; Kej 21:17 · Abraham, Abraham: Kej 46:2 · Ya, Tuhan: Kej 22:...

· Malaikat Tuhan: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]

· dari langit: Kej 21:17; [Lihat FULL. Kej 21:17]

· Abraham, Abraham: Kej 46:2

· Ya, Tuhan: Kej 22:1; [Lihat FULL. Kej 22:1]

Ref. Silang FULL: Kej 22:12 - akan Allah // menyerahkan anakmu · akan Allah: Kej 18:19; Kej 18:19; Kej 42:18; Kel 18:21; 1Sam 15:22; Ayub 1:1; 37:24; Ams 8:13; Yak 2:21-22 · menyerahkan anakmu: Kej ...

· akan Allah: Kej 18:19; [Lihat FULL. Kej 18:19]; Kej 42:18; Kel 18:21; 1Sam 15:22; Ayub 1:1; 37:24; Ams 8:13; Yak 2:21-22

· menyerahkan anakmu: Kej 22:2; [Lihat FULL. Kej 22:2]; Yoh 3:16; 1Yoh 4:9

Ref. Silang FULL: Kej 22:13 - yang tanduknya // pengganti anaknya · yang tanduknya: Kej 22:8; Kej 22:8 · pengganti anaknya: Kej 8:20; Kej 8:20; Rom 8:32

· yang tanduknya: Kej 22:8; [Lihat FULL. Kej 22:8]

· pengganti anaknya: Kej 8:20; [Lihat FULL. Kej 8:20]; Rom 8:32

Ref. Silang FULL: Kej 22:14 - Abraham menamai // TUHAN // akan disediakan · Abraham menamai: Kel 17:15; Hak 6:24 · TUHAN: Yes 30:29 · akan disediakan: Kej 22:8

· Abraham menamai: Kel 17:15; Hak 6:24

· TUHAN: Yes 30:29

· akan disediakan: Kej 22:8

Ref. Silang FULL: Kej 22:15 - Malaikat Tuhan // dari langit · Malaikat Tuhan: Kej 16:7; Kej 16:7 · dari langit: Kej 21:17; Kej 21:17

· Malaikat Tuhan: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]

· dari langit: Kej 21:17; [Lihat FULL. Kej 21:17]

Ref. Silang FULL: Kej 22:16 - demi diri-Ku // menyerahkan anakmu · demi diri-Ku: Kel 13:11; 32:13; 33:1; Yes 45:23; 62:8; Yer 22:5; 44:26; 49:13; 51:14; Am 6:8; Luk 1:73; Ibr 6:13 · menyerahkan anakmu:...

Ref. Silang FULL: Kej 22:17 - memberkati engkau // membuat keturunanmu // di langit // tepi laut // kota-kota musuhnya · memberkati engkau: Kej 12:2; Kej 12:2 · membuat keturunanmu: Ibr 6:14%& · di langit: Kej 15:5; Kej 15:5; Kel 32:13; Ul 7:7; 28:...

· memberkati engkau: Kej 12:2; [Lihat FULL. Kej 12:2]

· membuat keturunanmu: Ibr 6:14%&

· di langit: Kej 15:5; [Lihat FULL. Kej 15:5]; Kel 32:13; Ul 7:7; 28:62

· tepi laut: Kej 12:2; [Lihat FULL. Kej 12:2]; Kej 26:24; [Lihat FULL. Kej 26:24]; Hos 1:10; Rom 9:27; Ibr 11:12

· kota-kota musuhnya: Kej 24:60; Est 9:2

Ref. Silang FULL: Kej 22:18 - mendapat berkat // engkau mendengarkan · mendapat berkat: Kej 12:2,3; Kej 12:2; Kej 12:3; Kis 3:25%&; Gal 3:8%& · engkau mendengarkan: Kej 22:10; Kej 22:10; Kej 17:2,9; Mazm 1...

· mendapat berkat: Kej 12:2,3; [Lihat FULL. Kej 12:2]; [Lihat FULL. Kej 12:3]; Kis 3:25%&; Gal 3:8%&

· engkau mendengarkan: Kej 22:10; [Lihat FULL. Kej 22:10]; Kej 17:2,9; Mazm 105:9

Ref. Silang FULL: Kej 22:19 - ke Bersyeba · ke Bersyeba: Kej 21:14; 26:23; 28:10

· ke Bersyeba: Kej 21:14; 26:23; 28:10

Ref. Silang FULL: Kej 22:20 - bagi Nahor · bagi Nahor: Kej 11:29; Kej 11:29

· bagi Nahor: Kej 11:29; [Lihat FULL. Kej 11:29]

Ref. Silang FULL: Kej 22:21 - Us // dan Bus · Us: Kej 10:23; Kej 10:23 · dan Bus: Ayub 32:2; Yer 25:23

· Us: Kej 10:23; [Lihat FULL. Kej 10:23]

· dan Bus: Ayub 32:2; Yer 25:23

Ref. Silang FULL: Kej 22:23 - Dan Betuel // memperanakkan Ribka // bagi Nahor · Dan Betuel: Kej 24:15,47; 25:20 · memperanakkan Ribka: Kej 24:15 · bagi Nahor: Kej 11:29; Kej 11:29

· Dan Betuel: Kej 24:15,47; 25:20

· memperanakkan Ribka: Kej 24:15

· bagi Nahor: Kej 11:29; [Lihat FULL. Kej 11:29]

Ref. Silang FULL: Kej 22:24 - Dan gundik · Dan gundik: Kej 25:6; 35:22; 36:12; Hak 8:31; 2Sam 3:7; 1Raj 2:22; 11:3; 1Taw 1:32; Kid 6:8

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kej 12:1--25:18 - -- A. Abraham (12:1-25:18). Di bagian pokok yang kedua dari Kitab Kejadian tampak bahwa di dalam tatanan yang baru orang-orang pilihan Allah harus menge...

A. Abraham (12:1-25:18).

Di bagian pokok yang kedua dari Kitab Kejadian tampak bahwa di dalam tatanan yang baru orang-orang pilihan Allah harus mengenal komunikasi langsung dan kepemimpinan langsung dari Tuhan. Di pasal 12-50 empat tokoh menonjol sebagai orang yang mendengar suara Allah, memahami pimpinan-Nya dan mengatur hidup mereka sesuai dengan kehendak-Nya. Yehovah tetap bertujuan hendak membangun sebuah umat yang akan melaksanakan kehendak-Nya di bumi ini. Di dalam Nuh Dia membuat permulaan yang baru. Sem dipilih untuk melancarkan agama yang benar. Keturunannya, orang Semit, dipersiapkan untuk menjadi misionaris kepada bangsa-bangsa lain di bumi. Di dalam pasal 12 Abram mulai muncul dari antara keturunan Sem sebagai wakil pilihan Yehovah. Kepadanya Yehovah akan memberikan tanggung jawab penuh untuk menerima dan menyalurkan penyataan-Nya kepada semua orang. Dari latar belakang kafir Ur dan Haran muncullah hamba Allah untuk menghadapi saat strategis yaitu penyataan mula-mula dalam Perjanjian Lama.

Wycliffe: Kej 22:1-19 - -- 12) Abraham dan Ishak (22:1-19). Ujian tertinggi bagi Abraham menyangkut iman dan ketaatan Abraham terjadi sesudah Ismael disuruh pergi, pada saat it...

12) Abraham dan Ishak (22:1-19).

Ujian tertinggi bagi Abraham menyangkut iman dan ketaatan Abraham terjadi sesudah Ismael disuruh pergi, pada saat itu segala harapan mengenai masa depan hanya bertumpu pada Ishak.

Wycliffe: Kej 22:1 - Allah mencoba Abraham // mencoba, 1. Allah mencoba Abraham. Kata Ibrani nissâ, mencoba, menunjuk kepada sebuah ujian yang akan mengungkapkan iman Abraham dengan cara yang tidak d...

1. Allah mencoba Abraham. Kata Ibrani nissâ, mencoba, menunjuk kepada sebuah ujian yang akan mengungkapkan iman Abraham dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh bentuk ujian yang lain. Abraham harus memberikan bukti dari ketaatan mutlak dan kepercayaan tanpa syarat kepada Yehovah, dia bahkan harus taat secara buta, dengan melangkah maju setapak demi setapak hingga iman memancar bagaikan matahari siang hari. Abraham telah melewati api ujian yang paling dahsyat, tegak ketika mendapatkan tekanan yang paling berat, dan menanggung ketegangan yang paling sulit, untuk muncul dari semua ujian tersebut sebagai pemenang mutlak.

Wycliffe: Kej 22:2 - Moria // Persembahkanlah dia di sana sebagai kurban bakaran 2. Tidak mungkin ada ujian yang lebih berat daripada yang dibuat Allah ini. Dan tidak mungkin ada ketaatan yang lebih sempurna daripada ketaatan Abrah...

2. Tidak mungkin ada ujian yang lebih berat daripada yang dibuat Allah ini. Dan tidak mungkin ada ketaatan yang lebih sempurna daripada ketaatan Abraham. Ketika Allah memanggil, sang leluhur langsung memberikan tanggapan. Sekalipun mengetahui apa yang akan terjadi di depan, dengan tenang ia berkata kepada hambanya, "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu" (ay. 5). Imannya kepada Allah yang melihat dan "mengurus" meyakinkan dia bahwa segala sesuatu akan beres. Dia percaya bahwa Yehovah melaksanakan janji-janji-Nya. "Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal, walaupun kepadanya telah dikatakan, Keturunan yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut keturunanmu." Karena ia berpikir bahwa Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati. Dan dari sana ia seakan-akan telah menerimanya kembali" (Ibr. 11:17-19). Iman sanggup melihat di balik upacara kurban itu sehingga rela untuk taat.

Moria. Tempat upacara kurban itu tidak dapat diketahui dengan pasti. II Tawarikh 3:1 tampaknya menyebutkan tempat tersebut sebagai tempat di mana Salomo mendirikan Bait Allah. Tradisi menganut pandangan ini, dan sulit untuk menemukan tempat yang lebih mudah diterima. Perjalanan dengan kaki dari Bersyeba pastilah memakan waktu hampir tiga hari. Persembahkanlah dia di sana sebagai kurban bakaran. Kata Ibrani yang dipakai di sini ãlâ, secara harfiah artinya angkatlah dia, berarti persembahan kurban itu merupakan kurban bakaran yang utuh yang dilaksanakan dalam pengabdian sepenuhnya. Tidak disebutkan bahwa anak itu disembelih. Rupanya maksud Yehovah adalah memastikan bahwa Ishak dipersembahkan secara sempurna, tetapi Ia turun tangan sebelum kurban dibunuh. Rencana Allah sebagian ialah memberikan sebuah contoh soal mengenai kebencian-Nya terhadap kurban manusia yang sering kali dilaksanakan oleh orang-orang kafir pada saat itu.

Wycliffe: Kej 22:7-8 - "Di manakah anak domba untuk kurban bakaran itu?" // "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk kurban bakaran bagi-Nya, anakku." 7, 8. Ketika mereka berdua mulai mendaki bukit, si anak yang taat itu bertanya, "Di manakah anak domba untuk kurban bakaran itu?" Betapa mengharukan! ...

7, 8. Ketika mereka berdua mulai mendaki bukit, si anak yang taat itu bertanya, "Di manakah anak domba untuk kurban bakaran itu?" Betapa mengharukan! Jawaban sang ayah langsung diberikan, "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk kurban bakaran bagi-Nya, anakku." Kata kerjanya berarti "mengurus." Sesungguhnya, Abraham bermaksud mengatakan bahwa Yehovah mampu mengurus hal itu dengan cara-Nya sendiri. Di dalam hatinya Abraham memiliki suatu kepastian bahwa Allah sanggup mengatur hal-hal rinci itu. Abraham tidak mengetahui bahwa putranya itu akan dihindarkan dari kematian, namun dia mengimani bahwa Yang Mahakuasa akan menyediakan apa pun yang perlu dengan cara dan waktuNya sendiri. Paulus merasakan kesungguhan dari kebenaran ini ketika ia mengatakan, "Ia yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?" (Rm. 8:32).

Wycliffe: Kej 22:9-10 - -- 9, 10. Segala sesuatu sudah dipersiapkan di atas mezbah. Putra tersayang yang dijanjikan itu sudah terikat dan terlentang di atas kayu yang semula dip...

9, 10. Segala sesuatu sudah dipersiapkan di atas mezbah. Putra tersayang yang dijanjikan itu sudah terikat dan terlentang di atas kayu yang semula dipikulnya sendiri. Api siap dinyalakan. Segala sesuatu di sekeliling tempat itu sunyi dan sepi. Pisau tajam sudah terhunus dan sudah diangkat.

Wycliffe: Kej 22:12-13 - -- 12, 13. Tiba-tiba suara dari langit memecah kesunyian. Allah memerintahkan Abraham untuk membuang pisaunya, melepaskan ikatan dari sang anak dan menga...

12, 13. Tiba-tiba suara dari langit memecah kesunyian. Allah memerintahkan Abraham untuk membuang pisaunya, melepaskan ikatan dari sang anak dan mengambil domba jantan yang terikat di semak. Saat itu merupakan puncak dalam kehidupan Abraham. Allah telah menguji Abraham dengan hasil yang memuaskan. Ishak kembali berdiri di samping ayahnya, saksi dari kemurahan, kasih karunia dan pemeliharaan Tuhan (bdg. ay. 14). Tidak aneh jika Yesus kemudian mengatakan, "Abraham bapamu bersukacita bahwa Ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita" (Yoh. 8:56). Hamba Allah itu kembali ke Bersyeba bersinar dengan kesadaran akan kehadiran Allah. Dia tidak akan seperti yang dulu lagi. Janji-janji yang besar telah dibaharui dan dia yakin bahwa berkat-berkat perjanjian akan dicurahkan kepadanya dan keturunannya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 22:1-2 - Abraham Diperintahkan untuk Mengorbankan Ishak Di sini kita mendapati cerita yang terkenal tentang Abraham yang mempersembahkan anaknya Ishak, yakni, persembahan Abraham untuk mempersembahkan I...

Matthew Henry: Kej 22:3-10 - Ketaatan Abraham Ketaatan Abraham (Kejadian 22:3-10) Di sini kita mendapati ketaatan Abraham terhadap perintah yang keras ini. Abraham, tatkala ia dicobai, memperse...

Matthew Henry: Kej 22:11-14 - Ishak Diselamatkan Ishak Diselamatkan (Kejadian 22:11-14) Sampai di sini cerita ini sangat menyedihkan, dan tampak bergegas menuju akhir yang teramat tragis. Tetapi d...

Matthew Henry: Kej 22:15-19 - Berkat kepada Abraham Diteguhkan Berkat kepada Abraham Diteguhkan (Kejadian 22:15-19) Ketaatan Abraham diterima dengan gembiranya. Tetapi ini belum seberapa: di sini kita mendapati...

Matthew Henry: Kej 22:20-24 - Kabar Saudara Abraham Kabar Saudara Abraham (Kejadian 22:20-24) Hal ini dicatat di sini, 1. Untuk menunjukkan bahwa meskipun Abraham melihat derajat keluarganya ...

SH: Kej 22:1-24 - Ujian iman dan berkat yang mengalir (Senin, 14 April 2008) Ujian iman dan berkat yang mengalir Seperti api memurnikan emas, Allah memurnikan iman Abraham lewat situasi sulit. Pagi itu, Abraham memulai tin...

SH: Kej 22:1-24 - Ketika cinta harus memilih! (Rabu, 12 Mei 2004) Ketika cinta harus memilih! Allah mengasihi kita, memberikan berkat-berkat-Nya yang melimpah kepada kita. Kita mengasihi Allah oleh karena s...

Utley: Kej 22:1-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 22:1-81 Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan." 2 Firman...

Utley: Kej 22:9-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 22:9-149 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah k...

Utley: Kej 22:15-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 22:15-1915 Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham, 16 kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-...

Utley: Kej 22:20-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 22:20-2420 Sesudah itu Abraham mendapat kabar: "Juga Milka telah melahirkan anak-anak lelaki bagi Nahor, saudaramu: 21 Us, ...

Topik Teologia: Kej 22:1 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Pribadi yang Diparalelkan dengan Kristus Ishak ...

Topik Teologia: Kej 22:3 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Mereka Membuat Pilihan Demi Permintaan Orang Lain Kej 6:22 Kej 12:4 Kej 17:23 Kej 22:1-3 Kel 18:24-26 Ula...

Topik Teologia: Kej 22:4 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Kej 22:6 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Kej 22:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Pemeliharaan Allah atas Lahirnya Sejarah Israel ...

Topik Teologia: Kej 22:10 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Pemeliharaan Allah atas Lahirnya Sejarah Israel ...

Topik Teologia: Kej 22:11 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kristus dalam Theophani Malaikat TUHAN...

Topik Teologia: Kej 22:12 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kristus dalam Theophani Malaikat TUHAN...

Topik Teologia: Kej 22:13 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kristus dalam Theophani Malaikat TUHAN...

Topik Teologia: Kej 22:14 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan Menyediakan Kej 22:14 ...

Topik Teologia: Kej 22:15 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kristus dalam Theophani Malaikat TUHAN...

Topik Teologia: Kej 22:17 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Bangsa Israel Kej 12:1-3 ...

Topik Teologia: Kej 22:18 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Bangsa Israel Kej 12:1-3 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM Latar Belakang Kejadian cocok sebagai kitab Perjanjian La...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (Kej 1:1-11:26) A. Asal Mula Alam Semesta dan Kehidupan (Ke...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti kitab. Kita menyebutnya Alkitab, untuk menunjukkan keunggulannya. Sebab kitab...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, jang tertulis atas Ilham ilahi, dan memuat wahj...

Wycliffe: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KEJADIAN Judul. Kata Kejadian merupakan terjemahan dari istilah Inggris Genesis yang diambil dari bahasa Yunani melalui bahasa Latin. Di ...

Wycliffe: Kejadian (Garis Besar) GARIS BESAR KEJADIAN I. Aneka Permulaan Pertama (1:1-11:32) A. Penciptaan (1:1-2:25) B. Pencobaan dan Kejatuhan (3:1-24) ...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana

KEJADIAN

PENGANTAR

Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana Allah berhubungan dengan manusia. Buku Kejadian dapat dibagi ke dalam dua bagian yang penting:

  1. 1. Pasal 1-11 (Kej 1:1-11:32). Penciptaan alam semesta dan asal-usul umat manusia. Dalam bagian ini juga diceritakan tentang Adam dan Hawa, Kain dan Habel, Nuh dan banjir besar, serta Menara Babel.
  2. 2. Pasal 12-50 (Kej 12:1-50:26). Asal-usul nenek moyang bangsa Israel. Nenek moyang pertama ialah Abraham. Ia terkenal karena iman dan ketaatannya kepada Allah. Lalu menyusul sejarah Ishak anak Abraham, dan Yakub anak Ishak (Yakub disebut juga Israel). Kemudian sejarah kedua belas anak laki-laki Yakub. Merekalah yang menjadi pendiri kedua belas suku Israel. Penulis memberi perhatian khusus kepada salah seorang anak Yakub yang bernama Yusuf dan peristiwa-peristiwa yang pada akhirnya menyebabkan Yakub bersama anak-anaknya dan keluarga mereka masing-masing pindah ke Mesir.

Meskipun buku ini mengisahkan tentang orang-orang di zaman awal, namun yang mendapat tekanan khusus ialah kisah tentang perbuatan-perbuatan Allah. Buku ini dimulai dengan penegasan bahwa Allah telah menciptakan alam semesta, dan diakhiri dengan janji bahwa Allah akan tetap memperhatikan umat-Nya. Yang memegang peranan utama di seluruh buku ini adalah Allah yang menghakimi dan menghukum barangsiapa yang berbuat salah. Dia pula yang membimbing dan menolong umat-Nya serta membentuk sejarah mereka. Buku yang kuno ini ditulis untuk mencatat kisah tentang iman suatu bangsa dan juga untuk membantu agar iman itu tetap hidup.

Isi

  1.  Penciptaan alam semesta dan manusia
    Kej 1:1-2:25
  2.  Pangkal dosa dan penderitaan
    Kej 3:1-24
  3.  Dari Adam sampai Nuh
    Kej 4:1-5:32
  4.  Nuh dan banjir besar
    Kej 6:1-10:32
  5.  Menara Babel
    Kej 11:1-9
  6.  Dari Sem sampai Abram
    Kej 11:10-32
  7.  Para Kepala Keluarga: Abraham, Ishak, Yakub
    Kej 12:1-35:29
  8.  Keturunan Esau
    Kej 36:1-43
  9.  Yusuf dan saudara-saudaranya
    Kej 37:1-45:28
  10.  Orang Israel di Mesir
    Kej 46:1-50:26

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap ciptaan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Kejadian adalah kitab yang pertama dalam Alkitab. Kitab ini dibagi atas 50 pasal dan berisi dua hal penting: Pertama: Sejarah peristiwa- peristiwa penting. Kedua: Sejarah Bapak- bapak orang beriman. Melalui dua pembagian ini, dapat dilihat kemahakuasaan Allah dalam setiap peristiwa penting dan juga kemahakuasaan kehendak Allah yang bekerja dalam kehidupan setiap Bapak orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian I, pasal 1-11; Kej 1:1-11:32). Pasal-pasal pertama sampai sebelas memuat empat peristiwa penting.

  1. Pasal 1-2 (Kej 1:1-2:7).

    Peristiwa penciptaan langit dan bumi, serta segala isinya Peristiwa ini sungguh-sungguh terjadi dan dikerjakan Allah, karena tidak ada seorang pun yang dapat membuat gunung, lautan, matahari, bulan dan bintang, serta manusia yang dapat berpikir, berbicara, bernapas.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kej 1:1; 2:1-7 Apa sajakah yang diciptakan oleh Allah?

  2. Pasal 2-5 (Kej 2:8-5:32).

    Peristiwa jatuhnya manusia ke dalam dosa Setelah Tuhan menciptakan manusia, yaitu Adam dan Hawa, Tuhan menempatkan mereka di taman Eden untuk hidup di sana menurut kehendak Allah. Di taman Eden (Firdaus) ini Adam dan Hawa diperkenankan oleh Allah untuk hidup dengan berkat dan kasih-Nya, tetapi setan menggoda mereka sehingga mereka melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Sebagai akibatnya, melalui kejatuhan Adam dan Hawa semua manusia menjadi orang berdosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 3:9-19.
    2. Apakah yang menyebabkan manusia berdosa? (Kej 3:11,17).
    3. Apakah akibat dosa terhadap:
      1. (1) Iblis? (Kej 3:15).
      2. (2) Ular? (Kej 3:14).
      3. (3) Wanita? (Kej 3:16).
      4. (4) Pria? (Kej 3:17-19).
      5. (5) Sesama manusia? - membenci/membunuh (Kej 4:5-8).
      6. (6) Kepribadian manusia? - berbohong (Kej 4:8-9).
  3. Pasal 6-10 (Kej 6:1-10:32).

    Peristiwa hukuman Allah kepada manusia melalui air bah Melalui Adam dan Hawa yang sudah berdosa itu, keturunannya mulai dari Kain dan Habil sampai pada Set dan seterusnya, menjadi semakin jahat, sehingga akhirnya Tuhan Allah Yang Mahakuasa itu menghukum manusia karena Allah sangat membenci kejahatan. Allah menghukum dan menurunkan hujan selama 40 hari 40 malam yang disebut Air Bah. Dalam hukuman Allah yang sangat dahsyat itu hanya satu keluarga yang diselamatkan oleh Allah yaitu keluarga Nuh dan istrinya serta anak-anak bersama istri mereka. Setelah ini Allah memberi pelangi sebagai tanda janji-Nya bahwa Ia tidak akan menghukum manusia dengan Air Bah lagi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 6:5-8. Apakah yang menyebabkan manusia dimusnahkan?
    2. Bacalah pasal Kej 6:9-12,22. Apa sebabnya Nuh tidak ikut dihukum?
    3. Bacalah pasal Kej 9:8-17. Apa janji Allah tentang Air Bah dan Pelangi?
  4. Pasal 11 (Kej 11:1-32).

    Peristiwa terjadinya bermacam-macam bahasa di dunia Setelah Air Bah manusia mulai berkembang biak dengan pengetahuan dan kemampuan yang tinggi. Dengan demikian manusia berusaha untuk mempertahankan kehidupan bersama dalam satu bangsa dan satu bahasa di daerah tertentu saja, sehingga mereka berusaha untuk membangun suatu menara yang tingginya sampai ke langit. Tetapi maksud ini bertentangan dengan kehendak Allah terhadap manusia, yaitu untuk memenuhi bumi ini. Oleh karena itu Allah menyatakan kemahakuasaan-Nya dengan mengacaukan bahasa mereka sehingga pembangunan menara itu tidak dapat diselesaikan. Karena kekacauan bahasa itu, maka kota dimana pembangunan menara itu dilaksanakan disebut Babel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 11:1-9. Ada berapa macam bahasakah di dunia sebelum pembuatan menara Babel?
    2. Mengapakah di dunia sekarang ada bermacam-macam bahasa?

II. Kesimpulan/Aplikasi (penerapan)

  1. Dalam peristiwa penciptaan, Allah menciptakan dunia da isinya untuk kemuliaan-Nya.
  2. Dalam peristiwa kejatuhan manusia ke dalam dosa, Alla menyatakan kebesaran, kasih dan keadilan-Nya kepada manusia.
  3. Dalam peristiwa Air Bah dan menara Babel Allah menyataka kekudusan dan kemahakuasaan-Nya kepada manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah pencipta dunia dan isinya?
  2. Siapakah manusia pertama yang diciptakan Allah?
  3. Mengapa manusia diusir dari taman Eden?
  4. Mengapa Allah menghukum manusia dengan air bah?
  5. Siapakah yang diselamatkan Allah dari air bah?
  6. Bagaimanakah Allah menggagalkan pembangunan menara Babel?
  7. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

2. KITAB KEJADIAN (II)

Tujuan

Agar anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang menjadi pencipta manusia selalu menunjukkan kasih dan kesetiaan-Nya dalam memelihara umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Setelah mengetahui dan mengerti betapa besar keagungan dan kemahakuasaan Allah dalam sejarah peristiwa-peristiwa terbesar (pelajaran pertama), maka pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pelajaran tersebut. Pelajaran ini berisi bagaimana Allah memelihara umat-Nya melalui kehidupan dari Bapa-bapa orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian II, Pasal 11-50; Kej 11:1-50:26). Dalam pasal-pasal sebelas sampai lima puluh akan diuraikan empat orang tokoh penting sebagai Bapak-bapak orang beriman.

  1. Sejarah kehidupan Abraham Abraham adalah seorang yang kuat imannya. Ia menerima panggilan Allah yang ajaib. Kemudian ia meninggalkan tempat kediamannya untuk mengikuti panggilan Allah. Ia dituntun Allah menetap di Kanaan, dimana Abraham dengan iman menantikan kelahiran putra Allah yang dijanjikan. Karena ketaatan Abraham, maka Allah mengadakan perjanjian berkat bagi Abraham dan keturunannya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 12:1-4. Siapakah yang memanggil Abraham dan apakah janji-Nya?
    2. Apakah nama Abraham pada waktu ia dipanggil oleh Allah? (Kej 12:1). Apakah tanggapan Abraham terhadap panggilan itu? (Kej 12:3).
    3. Bacalah pasal Kej 18:10-15. Apakah janji yang Allah berikan pada Abraham? Apakah janji itu ditepati? (Kej 21:1-3).
    4. Bacalah pasal Kej 22:15-18. Apakah janji yang Allah berikan? Apakah yang menyebabkan Abraham diberkati?
  2. Sejarah kehidupan Ishak Ishak adalah anak perjanjian yang diberikan kepada Abraham. Ishak dilahirkan melalui kelahiran yang ajaib, yaitu pada waktu Sara sudah tua. Ishak adalah perantara yang menggenapi janji Allah. Melalui perjalanan hidup Ishak yang penuh suka dan duka itu, dapatlah dilihat lambang kehidupan orang yang dipakai Tuhan. Ishak diberkati oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 21:1-3. Apakah Ishak lahir sebagai anak yang dijanjikan?
    2. Bacalah pasal Kej 22:1-3. Apakah perintah Allah kepada Abraham? Dan apakah yang ia lakukan?
    3. Bacalah pasal Kej 22:9-12. Apakah yang terjadi atas diri Ishak?
    4. Bacalah pasal Kej 25:19-26. Siapakah istri Ishak dan siapakah anak-anaknya?
    5. Bacalah pasal Kej 25:23-24. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
  3. Sejarah kehidupan Yakub Ishak mempunyai dua anak kembar yaitu Yakub dan Esau (pasal Kej 25:24). Dalam sejarah Bapak-bapak orang beriman Yakub terkenal karena membeli hak kesulungan kakaknya Esau dengan sepiring kacang merah (Kej 25:34). Yakub sebelum menjadi orang beriman mengalami banyak pengalaman hidup yang sulit, namun terlihat kemahakuasaan Allah dalam memelihara Yakub. Akhirnya Yakub menjadi orang yang sangat beriman dan dalam kehidupannya menjadi orang yang melayani.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 25:34; 27:30-36. Apakah yang dilakukan Yakub terhadap kakaknya da terhadap ayahnya?
    2. Bacalah pasal Kej 27:33. Apakah Yakub tetap diberkati?
    3. Bacalah pasal Kej 28:10-22. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
    4. Bacalah pasal Kej 32:22-31. Mengapakah nama Yakub berubah? Dan apakah artinya?
    5. Bacalah pasal Kej 33:1-5. Bagaimanakah hubungan Yakub dengan Esau sekarang?
  4. Sejarah kehidupan Yusuf

    Keturunan dari Yakub menurut kitab Kejadian ada 12 orang dan diantaranya ada seorang yang mempunyai kisah hidup yang selalu berkenan kepada Allah, namanya Yusuf. Dia sangat dibenci oleh saudara-saudaranya, sehingga ia dijual (pasal 37; Kej 37:1-36). Sampai suatu saat dia dimasukkan penjara, tetapi hidupnya tetap berkenan kepada Allah. Allah yang Mahakuasa itu setia membimbing setiap orang yang melakukan kehendak- Nya, sehingga akhirnya Yusuf menjadi penguasa di Mesir (Kej 41:40), karena ia dapat meramalkan mimpi raja Firaun (Kej 41:25-36). Sebagai orang yang penuh dengan roh Allah, Yusuf dalam kehidupannya selalu berkenan kepada Allah. Saudara-saudaranya yang pernah mengkhianati dia tetap dikasihinya dan pada akhirnya semua keluarga Yusuf itu tinggal bersama dengan dia di tanah Mesir (pasal Kej 47:11- 12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 35:22-26. Berapakah keturunan Yakub?
    2. Uraikanlah dengan singkat penjualan Yusuf ke Mesi (dari pasal 37; Kej 37:1-36).
    3. Uraikanlah dengan singkat ketulusan hati Yusu (pasal 39; Kej 39:1-23).
    4. Bacalah pasal Kej 41:25-36,40. Apakah yang dilakukan Yusuf? Dan apakah yang ia terima?
    5. Uraikan dengan singkat kisah akhir kehidupan Yusu beserta keluarganya (dari pasal Kej 47:1-12).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Di dalam Allah memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya, Ia selal memelihara dan mencukupkan kebutuhan hamba-Nya itu.
  2. Ketaatan pada Firman Allah merupakan jalan untuk memperoleh kehidupa yang berkelimpahan.
  3. Ketergantungan mutlak kepada Allah, merupakan jalan untuk mengalami ata menerima kuasa Allah.
  4. Bapa Abraham merupakan contoh iman yang sejati.
  5. Bapa Ishak merupakan contoh akan ketaatan pada kehendak Allah dan oran tua.
  6. Bapa Yakub merupakan contoh akan kemenangan dari penderitaan yang membaw kebahagiaan.
  7. Bapa Yusuf merupakan contoh akan kehidupan yang penuh akan kasih kepad Allah dan sesama.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah yang dilakukan oleh Abraham atas perintah-perintah Allah?
  2. Bagaimanakah sikap Yusuf ketika akan dipersembahkan?
  3. Bagaimanakah Yakub mengalami perubahan nama?
  4. Bagaimanakah sikap Yakub terhadap kesalahan saudara-saudaranya?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertan

Segalanya Bermula Dari Sini

PENTINGNYA KITAB KEJADIAN
Isi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertanyaan "penting" seperti mengapa kita berada di sini dari mana kita datang. Kejaian berbicara tentang awal mula dunia, manusia, masyarakat, keluarga, bangsa-bangsa, dosa dan keselamatan. Khususnya, Kejadian bercerita tentang lahirnya bangsa Yahudi.

GAYA PENULISAN KITAB KEJADIAN
1. Kitab Kejadian mengajarkan kebenaran dengan menceritakan kisah-kisah, bukan dengan memberikan pelajaran dalam bentuk yang lebih formal.
2. Kisah-kisah yang diceritakan bersifat sangat manusiawi. Tidak ada upaya untuk menutup-nutupi fakta, bahkan pahlawan-pahlawan besar sekalipun digambarkan apa adanya.
3. Semua kisah diceritakan dengan penuh keagungan dan dengan gaya yang mengharukan. Dinilai dari standar apa pun, disimpulkan bahwa Kitab Kejadian ditulis dengan cemerlang.

PENULIS KITAB KEJADIAN
Penulisnya tidak dikenal, tetapi Perjanjian Baru secara tidak langsung menunjukkan bahwa Kitab Kejadian ditulis oleh Musa dan pendapat ini tidak pernah dipertanyakan oleh gereja sampai saat ini. Kita tidak tahu bagaimana kitab ini ditulis, tetapi cukup beralasan untuk menerima Musa sebagai editor yang mengumpulkan sejumlah kisah dan fakta, yang beberapa di antaranya mungkin sudah lama beredar luas sebelum masa Musa.

NILAI KITAB KEJADIAN
Banyak orang mungkin menilai bahwa ilmu modern dan sejarah telah meremehkan nilai Kitab Kejadian. Kendatipun demikian, kita tetap dapat membaca Kitab Kejadian dengan penuh kepercayaan akan nilai kebenarannya berdasarkan dua alasan, yaitu:
1. Karena di antara semua argumentasi ilmiah atau sejarah yang mempertanyakan ketepatan Kitab Kejadian selalu terdapat lebih dari satu yang mendukung Kitab Kejadian.
2. Sebagian besar dari yang diperdebatkan bukan terutama mengenai kebenaran itu sendiri, melainkan tentang cara-cara pendekatan modern terhadap kebenaran. Apapun anggapan kita tentang kebenaran, Kitab Kejadian tetap merupakan kebenaran. Di atas segalanya, Kitab Kejadian merupakan kebenaran yang diungkapkan oleh Allah sendiri mengenai diri-Nya, kita dan dunia tempat kita hidup.

Pesan

Memerinci pengajaran dari Kitab Kejadian tidak selalu mudah dan apa yang diberikan di bawah ini hanyalah sekadar contoh.

1. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai Allah
o Dia kekal dan hidup. Kej 1:1
o Dia pencipta dan pemberi hidup. Kej 1:1-2:9
o Dia adalah pribadi dan rindu bersekutu dengan manusia. Kej 1:26-2:25; 3:8; 15:1-16
o Dia kudus dan akan menghakimi orang berdosa. Kej 3:8-24; 6:5-8; 11:1-9; 18:16-19:29
o Dia penuh belas kasihan, dalam penghakiman sekalipun. Kej 3:21; 4:15; 6:8; 18:32
o Dia sabar menangani pengikut-pengikut-Nya seperti digambarkan dalam kisah Abraham dan Yakub.
o Dia berdaulat atas segala kuasa. Kej 18:14; 26:12-16; 50:20

2. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai manusia?
o Dia dilahirkan dalam gambar Allah, dan karenanya bernilai serta mempunyai kemampuan kreatif. Kej 1:27-30
o Dia mengikuti kehendak sendiri dan menuruti jalannya yang berdosa tanpa Allah. Kej 3:1-7
o Dosanya sudah tertanam dalam tatanan hidupnya, seperti ditunjukkan oleh Abraham. Kej 20:1-18
o Dia perlu bersekutu dengan penciptanya, seperti diajarkan melalui kehidupan Abraham.
o Dia bisa diubahkan oleh Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yakub.
o Dia berada di bawah kuasa pemeliharaan Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yusuf

3. Apakah yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai masyarakat?
o Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, bukan sebagai pribadi yang menyendiri. Kej 2:1-18
o Banyak terdapat contoh mengenai masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan bersama.
o Kesatuan dasar dari struktur masyarakat ialah perkawinan. Kej 2:24
o Undang-undang pemerintah juga diperlukan untuk membantu manusia hidup dalam dunia yang penuh dosa ini.

Penerapan

Pesan dalam Kitab Kejadian dapat diterapkan ke dalam tiga wilayah hubungan:

1. Ke dalam kehidupan kita dengan Allah.
o Taati Allah. Ini yang terbaik, yaitu mengikuti jalan Allah.
o Berimanlah kepada-Nya. Ini yang paling benar, walaupun kelihatannya tidak masuk akal.
o Percayalah kepada-Nya. Allah sungguh-sungguh memelihara kita.
o Berbicaralah dengan-Nya. Dia harus ditanyai tentang masalah-masalah dan keputusan-keputusan yang kita ambil.
o Biarkan Dia bekerja. Allah mampu mengubah suatu kehidupan yang serusak apa pun menjadi suatu kehidupan yang indah.

2. Ke dalam kehidupan keluarga kita.
o Jujurlah satu dengan yang lain.
o Jangan pilih kasih.
o Hati-hati terhadap perasaan iri.
o Tetap setia dalam keadaan sukar sekalipun.
o Hiduplah menurut perintah Allah, bukan menurut keinginan sendiri.

3. Ke dalam kehidupan kita dalam dunia.
o Kembangkan dan gunakan sumber-sumber alam dengan penuh tanggung jawab.
o Ingatlah bahwa semua orang mempunyai pencipta yang sama dan dibentuk menurut gambar-Nya.
o Ingatlah bahwa Allah juga memperhatikan masalah-masalah internasional, bukan hanya masalah pribadi dan rohani.
o Hiduplah dengan jujur dan jadilah saksi yang baik.

Tema-tema Kunci

1. Pemilihan
Habel, Nuh, Abraham, Yakub dan Yusuf semuanya dipanggil Allah dan dipilih untuk ditempatkan dalam sejarah umat Allah. Kadang-kadang seperti dalam kisah Yakub, pilihan tersebut bertentangan dengan cara-cara tradisional yang lazim dilakukan. Bacalah sekali lagi kisah mengenai panggilan mereka dan catatlah apa yang Anda pelajari tentang bagaimana Allah memilih.

2. Keselamatan
Setelah manusia berdosa, Allah menyatakan dengan jelas bahwa Dia akan menyelamatkannya. Kej 3:15; 4:4; 22:8 menunjuk kepada karya Kristus di kemudian hari. Pengajaran apa lagi mengenai keselamatan yang Anda temukan dalam kitab ini?

3. Kerja
Bahkan sebelum kejatuhannya, manusia sudah mempunyai tugas untuk dikerjakan di dunia ini (Kej 1:28). Manusia diciptakan untuk bekerja. Setelah jatuh ke dalam dosa, tugas itu menjadi kurang menyenangkan (Kej 3:17-19). Pelajaran apa yang dapat kita ambil dalam hubungannya dengan pekerjaan dalam dunia dewasa ini?

4. Istirahat
Gagasan untuk menjadikan satu hari dalam seminggu sebagai waktu untuk beristirahat datang dari pasal-pasal pertama dalam Alkitab (Kej 2:2,3). Perintah itu bukan saja merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah, tetapi merupakan perintah utama dari pencipta kita. Apa pesan semuanya ini bagi masyarakat kita sendiri?

5. Setan
Baca kembali kisah tentang kejatuhan manusia (Kej 3:1-7) dan perhatikan apa yang diajarkan mengenai setan dan cara-cara kerjanya.

6. Maut
Maut mengancam (Kej 3:3), dikalahkan (Kej 5:24) dan dihadapi (contoh Kej 49:1-50:3). Apa yang dapat kita pelajari dari sini?

7. Moralitas
Dalam keseluruhan Kitab Kejadian kita membaca adanya perhatian terhadap kehidupan moral. Apa ciri-ciri utama dari moralitas yang digariskan di sini?

8. Perkawinan
Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat Kej2:18-25 mengenai maksud perkawinan?

9. Ibadah
Apa yang diajarkan Kitab Kejadian tentang bagaimana kita seharusnya menyembah Allah (contoh Kej 4:1-7; 28:10-22)?

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30 Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan Kej 3:1-24Kejatuhan manusia

[1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30

Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia
Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan
Kej 3:1-24Kejatuhan manusia
Kej 4:1-26Riwayat Kain dan Habil
Kej 5:1-32Ringkasan sejarah -- Adam sampai Nuh
Kej 6:1-9:28Riwayat Nuh
Kej 10:1-32Keluarga Nuh
Kej 11:1-9Menara Babel
Kej 11:10-30Ringkasan sejarah -- Sem sampai Abram

[2] RIWAYAT ABRAHAM Kej 11:31-25:18

Kej 11:31-12:9Abraham memulai perjalanannya
Kej 12:10-20Abraham menghadapi kelaparan dan Mesir
Kej 13:1-18Abraham berpisah dari Lot
Kej 14:1-24Abraham menyelamatkan Lot
Kej 15:1-21Abraham bertemu dengan Allah
Kej 16:1-16Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan caranya sendiri
Kej 17:1-27Abraham bertemu lagi dengan Allah
Kej 18:1-19:38Abraham menerima tiga pengunjung surgawi
Kej 20:1-18Abraham berbohong pada Abimelekh
Kej 21:1-7Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan cara Allah
Kej 21:8-34Abraham menghadapi berbagai masalah
Kej 22:1-24Abraham menghadapi ujian berat
Kej 23:1-20Abraham mengubur istrinya
Kej 24:1-67Abraham merencanakan hari depannya
Kej 25:1-18Hari-hari akhir Abraham

[3] RIWAYAT ISHAK Kej 25:19-27:40

Kej 25:19-34Ishak mendapatkan dua orang anak laki-laki
Kej 26:1-35Ishak menghadapi masalah
Kej 27:1-40Ishak ditipu

[4] RIWAYAT YAKUB Kej 27:41-37:1

Kej 27:41-28:9Yakub bergegas meninggalkan kampung halamannya
Kej 28:10-22Yakub bertemu Allah di Betel
Kej 29:1-31:55Yakub bekerja pada Laban selama bertahun-tahun
Kej 32:1-33:20Yakub akhirnya pulang ke rumah
Kej 34:1-31Yakub berselisih dengan Sikem
Kej 35:1-21Yakub bertemu Allah lagi di Betel
Kej 35:22-37:1Keluarga Yakub

[5] RIWAYAT YUSUF Kej 37:2-50:26

Kej 37:2-11Yusuf dan mimpi kanak-kanaknya
Kej 37:12-36Yusuf dan saudara-saudaranya yang jahat
Kej 38:1-30Yehuda dan Tamar
Kej 39:1-40:23Yusuf di penjara dengan tidak adil
Kej 41:1-57Yusuf dan pembebasannya secara tak terduga
Kej 42:1-45:28Yusuf dan saudara-saudaranya yang kekurangan
Kej 46:1-50:3Yusuf dan ayahnya yang sudah lanjut usia
Kej 50:4-26Yusuf dan hari-hari akhir hidupnya
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.52 detik
dipersembahkan oleh YLSA