Daftar Isi
GAMBAR: Molokh
GREEK: 3434 Moloc Moloch
HEBREW: 4432 Klm Molek
BARCLAY: 3434
HAAG: Molokh
KECIL: Molokh
BROWNING: MOLOKH
ENSIKLOPEDIA: MOLOKH

Moloch

Dalam versi-versi Alkitab:

Malik: LDKDR
Moloch: ENDE KL1863 KL1870
Molok: BABA
Molokh: BIS FAYH SBDR TB TL WBTCDR
raja. Ima 18:21.

Gambar

Molokh: selebihnya..
Topik: The Cult of Molech

Yunani

Strongs #3434: Moloc Moloch

Molech = "king"

1) the name of the idol god of the Ammonites, to which human
victims, particularly young children were offered in sacrifice.
Its image was a hollow brazen figure, with the head of an ox, and
outstretched human arms. It was heated red hot by a fire from
within, and the little ones placed in its arms to be slowly
burned, while to prevent the parents from hearing the dying
cries, the sacrificing priests beat drums

3434 Moloch mol-okh'

of Hebrew origin (4432); Moloch (i.e. Molek), an idol: KJV -- Moloch.
see HEBREW for 04432

Ibrani

Strongs #04432: Klm Molek

Molech = "king"

1) the god of the Ammonites and Phoenicians to whom some Israelites
sacrificed their infants in the valley of Hinnom

4432 Molek mo'-lek

from 4427; Molek (i.e. king), the chief deity of the Ammonites: KJV -- Molech. Compare 4445.
see HEBREW for 04427
see HEBREW for 04445

[Barclay]

Strongs #3434:

[maskulin] Molokh (dewa Kanaan)

Molokh [haag]

Molokh. (Bhs. Semit: Raja).

Suatu dewa Semit. (Barangkali dewa kesuburan tanah). ~M telah dibuktikan telah dipuja sejak abad 20/21. Pemujaan dewa ~M memperoleh pengaruh yang lebih besar lagi di Isr. (2Raj 23:10; Yer 32:35) oleh kemajuan yang dicapai bangsa Asyur pada abad 8/7: Korban anak di lembah Kidron/Hinon (2Raj 16:3; 17:17; 2Taw 33:6; Yeh 16:21). Pada waktu sebelumnya ia rupanya sudah dikenal di Isr. (bdk.: Kej 22:1-24; Hak 11:30-40). Larangan ibadat terhadapnya (Im 18:21; 20:2-5). Nama-nama pribadi dengan unsur ~M membuktikan, bahwa perluasan pemujaan terhadapnya berkembang sampai di daerah Malta dan Sardinia.

Molokh [kecil]

TB- Dewa sembahan bani Amon (bandingkan Milkom --> 20423) yang kepadanya dipersembahkan anak-anak sebagai korban, juga di Yerusalem (2Raj 23:10; bandingkan Kis 7:43).

BIS- Nama dewa orang Semitis. Penyembahan kepadanya ditandai dengan pengorbanan anak-anak di dalam api oleh orang tua mereka.

MOLOKH [browning]

Dewa yang kepadanya dikorbankan anak-anak sebagai persembahan di Tofet, dekat Yerusalem; adat musyrik ini dikutuk (Im. 18:21; 2Raj. 23:10; Yer. 32:35). Ternyata reformasi *Yosia tidak mampu memusnahkan sisa keagamaan kafir orang *Kanaan ini.

MOLOKH [ensiklopedia]

Ilah yg disembah oleh bangsa Amon. Bentuk Ibrani nama ini ialah Molek. Beberapa penafsir menyarankan bahwa huruf mati Ibrani dari kata melekh, artinya 'raja', dan huruf hidup dari kata bosyet, 'malu', digabungkan membentuk kata Ibrani molekh, untuk mengungkapkan kekejian terhadap ilah bangsa lain itu. Kata Ibrani molekh (LXX molokh) mungkin dihubungkan kepada kata Fenisia-Kartago molok, yg dikenal pada tulisan ukir dari thn 400-150 sM, dan terdapat sebagai molc dalam tulisan ukir Latin dari Kartago kr thn 200 M (W. F Albright, Archaeology and the Religion of Israel, 1953, hlm 162 dst). Ilah itu dihubungkan dengan muluk, yg disembah di Mari kr thn 1800 sM, dan malik, yg ada dalam naskah-naskah Akad, dan tampil dalam bentuk majemuk Adramelekh dan Anamelekh dalam 2 Raj 17:31. Melalui akar yg sama mlk, nama itu dihubungkan dengan Milkom dan Malkam. Dalam PL Molek umumnya mempunyai kata sandang (Im 18:21; 20:2-5; 2 Raj 23:10; Yer 32:35), yg menyarankan bahwa kata itu mungkin merupakan kata umum bagi 'orang yg memerintah'. Yer 32:35 menunjukkan suatu hubungan dengan Baal, yg namanya juga adalah kata biasa (bukan kata orang) dan kepadanya, di bawah nama Baal-Melgart, orang mempersembahkan anak di Tirus.

Kebaktian kepada Molokh dihubungkan dengan mempersembahkan kepada Molokh anak-anak, laki atau perempuan, dalam api (Im 18:21; 20:2-5; 2 Raj 23:10; Yer 32:35; bnd 2 Raj 17:31). Praktik itu sudah terbukti pada dokumen-dokumen dari Siria (W. F Albright, lih kitabnya yg dikutip, hlm 163).

Taurat Musa menuntut hukuman mati terhadap seseorang yg mempersembahkan anaknya sebagai korban kepada Molokh (Im 18:21; 20:2-5). Kemudian hari, Salomo sendiri mendirikan suatu bukit pengorbanan bagi ilah ini 'di gunung di sebelah timur Yerusalem', yaitu Bukit Zaitun (1 Raj 11:7). Beberapa ay PL yg menyinggung persembahan anak-anak, walaupun tidak khusus disebut kepada Molokh, dapat dicantumkan di sini (Mzm 106:38; Yer 7:31; 19:4-5; Yeh 16:21; 23:37, 39). Raja Ahas, kr thn 730 sM, membakar anak-anaknya sebagai korban dalam api (2 Taw 28:3), dan Manasye melakukan kekejian yg sama (2 Raj 21:6). Samaria dihukum karena dosa ini (2 Raj 17:17). Raja Yosia di Yehuda memusnahkan bukit-bukit pengorbanan untuk dewa Molokh (2 Raj 23:10, 13). Nabi Yehezkiel masih mengutuk perbuatan itu pada awal abad 6 (Yeh 16:20 dab; 20:26, 31; 23:37). Masa pembuangan kelihatannya mengakhiri kebaktian ini, tapi itu terus hidup di Afrika Utara di tengah-tengah orang Fenisia penduduk Kartago sampai ke zaman agama Kristen.

KEPUSTAKAAN. W. F Albright, Archaeology and the Religion of Israel, 1953, hlm 162 dst; H Ringgren, Religions of the Ancient Near East, 1973, hlm 161 dst; M Weinfeld, 'The Worship of Molech and the Queen of Heaven', OF 4, 1972, hlm 133-154; A. R. W Green, The Role of Human Sacrifice in the Ancient Near East, 1976, hlm 176 dst. JAT/MHS/HAO




TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA