kecilkan semua  

Teks -- Ayub 24:1-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Allah seakan-akan acuh tak acuh terhadap kejahatan
24:1 "Mengapa Yang Mahakuasa tidak mencadangkan masa penghukuman dan mereka yang mengenal Dia tidak melihat hari pengadilan-Nya? 24:2 Ada orang yang menggeser batas tanah, yang merampas kawanan ternak, lalu menggembalakannya. 24:3 Keledai kepunyaan yatim piatu dilarikannya, dan lembu betina kepunyaan seorang janda diterimanya sebagai gadai, 24:4 orang miskin didorongnya dari jalan, orang sengsara di dalam negeri terpaksa bersembunyi semuanya. 24:5 Sesungguhnya, seperti keledai liar di padang gurun mereka keluar untuk bekerja mencari apa-apa di padang belantara sebagai makanan bagi anak-anak mereka. 24:6 Di ladang mereka mengambil makanan hewan, dan kebun anggur, milik orang fasik, dipetiki buahnya yang ketinggalan. 24:7 Dengan telanjang mereka bermalam, karena tidak ada pakaian, dan mereka tidak mempunyai selimut pada waktu dingin; 24:8 oleh hujan lebat di pegunungan mereka basah kuyup, dan karena tidak ada tempat berlindung, mereka mengimpitkan badannya pada gunung batu. 24:9 Ada yang merebut anak piatu dari susu ibunya dan menerima bayi orang miskin sebagai gadai. 24:10 Dengan telanjang mereka berkeliaran, karena tidak ada pakaian, dan dengan kelaparan mereka memikul berkas-berkas gandum; 24:11 di antara dua petak kebun mereka membuat minyak, mereka menginjak-injak tempat pengirikan sambil kehausan. 24:12 Dari dalam kota terdengar rintihan orang-orang yang hampir mati dan jeritan orang-orang yang menderita luka, tetapi Allah tidak mengindahkan doa mereka. 24:13 Ada lagi golongan yang memusuhi terang, yang tidak mengenal jalannya dan tidak tetap tinggal pada lintasannya. 24:14 Pada parak siang bersiaplah si pembunuh, orang sengsara dan miskin dibunuhnya, dan waktu malam ia berlaku seperti pencuri. 24:15 Orang yang berzinah menunggu senja, pikirnya: Jangan seorangpun melihat aku; lalu dikenakannya tudung muka. 24:16 Di dalam gelap mereka membongkar rumah, pada siang hari mereka bersembunyi; mereka tidak kenal terang, 24:17 karena kegelapan adalah pagi hari bagi mereka sekalian, dan mereka sudah biasa dengan kedahsyatan kegelapan. 24:18 Mereka hanyut di permukaan air, bagian mereka terkutuk di bumi; mereka tidak lagi pergi ke kebun anggur mereka. 24:19 Air salju dihabiskan oleh kemarau dan panas, demikian juga dilakukan dunia orang mati terhadap mereka yang berbuat dosa. 24:20 Rahim ibu melupakan dia, berenga mengerumitnya, ia tidak diingat lagi: kecurangan dipatahkan seperti pohon kayu. 24:21 Ia menjarahi perempuan mandul, yang tidak beranak, dan tidak berbuat baik terhadap seorang janda, 24:22 bahkan menyeret orang-orang perkasa dengan kekuatannya; ia bangun kembali, tetapi hidupnya tidak terjamin. 24:23 Allah memberinya keamanan yang menjadi sandarannya, dan mengawasi jalan-jalannya. 24:24 Hanya sebentar mereka meninggikan diri, lalu tidak ada lagi; mereka luruh, lalu menjadi lisut seperti segala sesuatu, mereka dikerat seperti hulu tangkai gandum. 24:25 Jikalau tidak demikian halnya, siapa berani menyanggah aku dan meniadakan perkataanku?"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · dunia maut the place of the dead
 · dunia orang mati the place of the dead


Topik/Tema Kamus: Ayub | Orang Yang Berpiutang, Memberi Pinjaman) | Orang Miskin | Malam | Janda | Lembu | Keledai Liar | Minyak | Rumah | Terang | Sifat Orang Fasik | Sabit, Menyabit | Ingin, Keinginan Mencari Nama | Batu | Anak Piatu | Air | Hari | Berontak, Pemberontakan Kepada Allah | Bunuh Pembunuhan | Gelap, Kegelapan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

BIS: Ayb 24:6 - Ladang orang lain Ladang orang lain: Karena kena tipu, orang miskin terpaksa meninggalkan tanah mereka dan harus bekerja untuk orang lain dengan upah kecil.

Ladang orang lain: Karena kena tipu, orang miskin terpaksa meninggalkan tanah mereka dan harus bekerja untuk orang lain dengan upah kecil.

BIS: Ayb 24:17 - Zofar Zofar: Nama Zofar tidak disebut dalam teks ini, tetapi biasanya bagian ini dianggap sebagai ucapannya.

Zofar: Nama Zofar tidak disebut dalam teks ini, tetapi biasanya bagian ini dianggap sebagai ucapannya.

Jerusalem: Ayb 24:1 - Yang Mahakuasa Bdk Ayu 5:17+

Bdk Ayu 5:17+

Jerusalem: Ayb 24:1 - mencadangkan masa penghukuman Artinya: masa/waktu untuk ditambahkan pada umur hidup yang ditentukan, sehingga pada masa cadangan itu hukum terlaksana juga

Artinya: masa/waktu untuk ditambahkan pada umur hidup yang ditentukan, sehingga pada masa cadangan itu hukum terlaksana juga

Jerusalem: Ayb 24:1 - melihat hari pengadilanNya Harafiah: melihat (=mengalami) hari-hariNya, ialah Hari Tuhan, Ams 5:18+, saat penghakiman atas masing-masing orang. Orang yang mengenal Allah ialah m...

Harafiah: melihat (=mengalami) hari-hariNya, ialah Hari Tuhan, Ams 5:18+, saat penghakiman atas masing-masing orang. Orang yang mengenal Allah ialah mereka yang mengasihi dan taat kepada Allah, orang benar, bdk Hos 2:19+.

Jerusalem: Ayb 24:2 - Ada orang Ialah orang fasik. Ayub memperlawankan orang kuasa yang menindas dan memeras yang lain, Ayu 24:2-4, dengan golongan masyarakat rendahan, orang miskin,...

Ialah orang fasik. Ayub memperlawankan orang kuasa yang menindas dan memeras yang lain, Ayu 24:2-4, dengan golongan masyarakat rendahan, orang miskin, Ayu 24:5-12. Kemalangan mereka berteriak minta tolong pada Allah.

Jerusalem: Ayb 24:5 - mencari apa-apa... anak-anak mereka Naskah Ibrani ternyata rusak dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Naskah Ibrani ternyata rusak dan terjemahannya dikira-kirakan saja.

Jerusalem: Ayb 24:9 - bayi Kata Ibrani yang dipakai (di atas) diberi huruf lain, lalu menjadi bayi.

Kata Ibrani yang dipakai (di atas) diberi huruf lain, lalu menjadi bayi.

Jerusalem: Ayb 24:11 - dua petak kebun Naskah Ibrani diperbaiki sedikit. Kebun-kebun berpagar tembok. Orang miskin tinggal di antara dua kebun berpagar, oleh sebab tidak memiliki kebunnya s...

Naskah Ibrani diperbaiki sedikit. Kebun-kebun berpagar tembok. Orang miskin tinggal di antara dua kebun berpagar, oleh sebab tidak memiliki kebunnya sendiri. Kata Ibrani yang di sini diterjemahkan dengan "membuat minyak" tidak jelas artinya. Mungkin berarti: tinggal di waktu siang (lawannya: bermalam)

Jerusalem: Ayb 24:11 - tempat pengirikan Yang dimaksud ialah tempat menginjak-injak buah anggur untuk diperas menjadi air anggur.

Yang dimaksud ialah tempat menginjak-injak buah anggur untuk diperas menjadi air anggur.

Jerusalem: Ayb 24:12 - orang yang hampir mati Begitulah menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani terbaca: orang laki-laki

Begitulah menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani terbaca: orang laki-laki

Jerusalem: Ayb 24:12 - Allah tidak mengindahkan doa mereka Ini menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: Allah tidak menaruh (perhatian) kepada bualan.

Ini menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: Allah tidak menaruh (perhatian) kepada bualan.

Jerusalem: Ayb 24:13 - Ada lagi golongan... Kecaman atas mereka yang memusuhi terang ini, Ayu 24:13-17, barangkali aselinya sebuah sajak tersendiri, yang oleh penulis Ayu disisipkan ke dalam kar...

Kecaman atas mereka yang memusuhi terang ini, Ayu 24:13-17, barangkali aselinya sebuah sajak tersendiri, yang oleh penulis Ayu disisipkan ke dalam karyanya. Sajak itu mengarahkan perhatian kepada kaum penindas yang dibiarkan Allah bekerja dalam kegelapan. "Terang" itu memang terang alamiah, tetapi sekaligus berupa lambang kejahatan, bdk Yoh 8:12+.

Jerusalem: Ayb 24:18-24 - -- Bagian ini barangkali sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Ayu 27:23. Naskah Ibrani bagian ini rusak sekali dan banyak perbaikan di usulkan dan diandalk...

Bagian ini barangkali sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Ayu 27:23. Naskah Ibrani bagian ini rusak sekali dan banyak perbaikan di usulkan dan diandalkan.

Jerusalem: Ayb 24:19 - dunia orang mati Berbeda dengan gambar banjir di dunia orang mati, bdk Maz 18:5+. syeol di sini dianggap memancarkan panas terik.

Berbeda dengan gambar banjir di dunia orang mati, bdk Maz 18:5+. syeol di sini dianggap memancarkan panas terik.

Jerusalem: Ayb 24:21 - Ia menjarahi Harafiah: ia merumputi.

Harafiah: ia merumputi.

Ende: Ayb 24:1 - djangka2 waktu jaitu waktu tertentu untuk mengadakan peradilan. Disini waktu ini ditambahkan pada umur hidup manusia, oleh sebab njatalah peradilan tidak diadakan Al...

jaitu waktu tertentu untuk mengadakan peradilan.

Disini waktu ini ditambahkan pada umur hidup manusia, oleh sebab njatalah peradilan tidak diadakan Allah sepandjang umur hidup jang biasa untuk manusia.

Ende: Ayb 24:5-12 - -- Naskah Hibrani disini sukar untuk dimengerti dan untuk diterdjemahkan.

Naskah Hibrani disini sukar untuk dimengerti dan untuk diterdjemahkan.

Ende: Ayb 24:11 - tembok tumpuan ialah tembok2 jang didirikan pada kaki gunung untuk membuat teras2 bagi kebun anggur.

ialah tembok2 jang didirikan pada kaki gunung untuk membuat teras2 bagi kebun anggur.

Ende: Ayb 24:17 - -- Mereka takut akan terang, seperti orang lain takut akan malam hari.

Mereka takut akan terang, seperti orang lain takut akan malam hari.

Ende: Ayb 24:18-25 - -- dipindahkan ke sesudah Ayu 27:23.

dipindahkan ke sesudah Ayu 27:23.

Endetn: Ayb 24:2 - djahat Ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

Ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

Endetn: Ayb 24:2 - gembala diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mereka (orang) menggembalakan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mereka (orang) menggembalakan".

Endetn: Ayb 24:6 - gandum di- ditambahkan. "durdjana", diperbaiki.

ditambahkan. "durdjana", diperbaiki.

Endetn: Ayb 24:9 - ladangnja diperbaiki. Tertulis: "dari tetek". "rezeki", diperbaiki. Naskah Hibrani tidak djelas.

diperbaiki. Tertulis: "dari tetek". "rezeki", diperbaiki. Naskah Hibrani tidak djelas.

Endetn: Ayb 24:12 - orang jang hampir mati diperbaiki. Tertulis: "prija2".

diperbaiki. Tertulis: "prija2".

Endetn: Ayb 24:12 - kanak diperbaiki. Tertulis: "berluka (tewas)".

diperbaiki. Tertulis: "berluka (tewas)".

Endetn: Ayb 24:12 - doanja diperbaiki menurut terdjemahan Syriah. Tertulis: "kebodohan".

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah. Tertulis: "kebodohan".

Endetn: Ayb 24:14 - Sebelum diperbaiki. Tertulis: "waktu".

diperbaiki. Tertulis: "waktu".

Endetn: Ayb 24:14 - meng-endap2 diperbaiki. Tertulis: "ia adalah seperti".

diperbaiki. Tertulis: "ia adalah seperti".

Endetn: Ayb 24:17 - mereka diperbaiki. Tertulis: "ia".

diperbaiki. Tertulis: "ia".

Endetn: Ayb 24:18 - pemampat diperbaiki. Tertulis: "djalan".

diperbaiki. Tertulis: "djalan".

Endetn: Ayb 24:19 - menjeret orang jang berdosa diperbaiki. Tertulis: "mereka berdosa".

diperbaiki. Tertulis: "mereka berdosa".

Endetn: Ayb 24:20 - membentuknja diperbaiki. Tertulis: "manisnja(?)".

diperbaiki. Tertulis: "manisnja(?)".

Endetn: Ayb 24:20 - namanja diperbaiki. Tertulis: "kuman".

diperbaiki. Tertulis: "kuman".

Endetn: Ayb 24:24 - ia ... dia ... ia diperbaiki. Tertulis: "mereka".

diperbaiki. Tertulis: "mereka".

Endetn: Ayb 24:24 - rumput masin diperbaiki. Tertulis: "seperti semua(?)".

diperbaiki. Tertulis: "seperti semua(?)".

Ref. Silang FULL: Ayb 24:1 - mencadangkan masa // penghukuman // melihat hari · mencadangkan masa: Ayub 14:5; Ayub 14:5 · penghukuman: Ayub 9:23; Ayub 9:23; 2Pet 3:7 · melihat hari: Ayub 15:20; Ayub 15:20; K...

· mencadangkan masa: Ayub 14:5; [Lihat FULL. Ayub 14:5]

· penghukuman: Ayub 9:23; [Lihat FULL. Ayub 9:23]; 2Pet 3:7

· melihat hari: Ayub 15:20; [Lihat FULL. Ayub 15:20]; Kis 1:7

Ref. Silang FULL: Ayb 24:2 - batas tanah // yang merampas · batas tanah: Ul 19:14; Ul 19:14 · yang merampas: Kel 20:15; Ul 28:31

· batas tanah: Ul 19:14; [Lihat FULL. Ul 19:14]

· yang merampas: Kel 20:15; Ul 28:31

Ref. Silang FULL: Ayb 24:3 - sebagai gadai · sebagai gadai: Ayub 6:27; Ayub 6:27; Ayub 22:9; Ayub 22:9

· sebagai gadai: Ayub 6:27; [Lihat FULL. Ayub 6:27]; Ayub 22:9; [Lihat FULL. Ayub 22:9]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:4 - orang miskin // orang sengsara // terpaksa bersembunyi · orang miskin: Ayub 29:16; 31:19 · orang sengsara: Ayub 29:12; 30:25; Mazm 12:6; 41:2; 82:3,4; Yes 11:4 · terpaksa bersembunyi: ...

· orang miskin: Ayub 29:16; 31:19

· orang sengsara: Ayub 29:12; 30:25; Mazm 12:6; 41:2; 82:3,4; Yes 11:4

· terpaksa bersembunyi: Ayub 20:19; [Lihat FULL. Ayub 20:19]; Ams 28:12; [Lihat FULL. Ams 28:12]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:5 - seperti keledai // untuk bekerja // di padang · seperti keledai: Kej 16:12; Kej 16:12 · untuk bekerja: Mazm 104:23 · di padang: Ayub 30:3

· seperti keledai: Kej 16:12; [Lihat FULL. Kej 16:12]

· untuk bekerja: Mazm 104:23

· di padang: Ayub 30:3

Ref. Silang FULL: Ayb 24:6 - makanan hewan // kebun anggur // orang fasik · makanan hewan: Ayub 6:5; Ayub 6:5 · kebun anggur: Ayub 24:18 · orang fasik: Rut 2:22; 1Raj 21:19; 1Raj 21:19

· makanan hewan: Ayub 6:5; [Lihat FULL. Ayub 6:5]

· kebun anggur: Ayub 24:18

· orang fasik: Rut 2:22; 1Raj 21:19; [Lihat FULL. 1Raj 21:19]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:7 - waktu dingin · waktu dingin: Kel 22:27; Kel 22:27

· waktu dingin: Kel 22:27; [Lihat FULL. Kel 22:27]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:8 - mereka basah // mereka mengimpitkan // pada gunung · mereka basah: Dan 4:25,33 · mereka mengimpitkan: Rat 4:5 · pada gunung: Hak 6:2; Hak 6:2

· mereka basah: Dan 4:25,33

· mereka mengimpitkan: Rat 4:5

· pada gunung: Hak 6:2; [Lihat FULL. Hak 6:2]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:9 - yang merebut // anak piatu // dan menerima // sebagai gadai · yang merebut: Ayub 29:17 · anak piatu: Ul 24:17; Ul 24:17 · dan menerima: Mazm 14:4; Ams 30:14; Yes 3:14; 10:1-2; Yeh 18:12 &mi...

· yang merebut: Ayub 29:17

· anak piatu: Ul 24:17; [Lihat FULL. Ul 24:17]

· dan menerima: Mazm 14:4; Ams 30:14; Yes 3:14; 10:1-2; Yeh 18:12

· sebagai gadai: Im 25:47; [Lihat FULL. Im 25:47]; 2Raj 4:1; [Lihat FULL. 2Raj 4:1]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:10 - Dengan telanjang // memikul berkas-berkas · Dengan telanjang: Ul 24:12-13 · memikul berkas-berkas: Im 19:9; Im 19:9

· Dengan telanjang: Ul 24:12-13

· memikul berkas-berkas: Im 19:9; [Lihat FULL. Im 19:9]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:11 - tempat pengirikan // sambil kehausan · tempat pengirikan: Yes 5:2; 16:10; Hag 2:17 · sambil kehausan: Mi 6:15

· tempat pengirikan: Yes 5:2; 16:10; Hag 2:17

· sambil kehausan: Mi 6:15

Ref. Silang FULL: Ayb 24:12 - dan jeritan // tidak mengindahkan · dan jeritan: Ayub 12:19; Ayub 12:19; Ayub 30:28; Mazm 5:3; 22:25; 39:13; 119:147; Yes 30:19; Yer 50:46; 51:52,54; Yeh 26:15; Wahy 6:10 &midd...

· dan jeritan: Ayub 12:19; [Lihat FULL. Ayub 12:19]; Ayub 30:28; Mazm 5:3; 22:25; 39:13; 119:147; Yes 30:19; Yer 50:46; 51:52,54; Yeh 26:15; Wahy 6:10

· tidak mengindahkan: Ayub 9:23; [Lihat FULL. Ayub 9:23]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:13 - memusuhi terang // pada lintasannya · memusuhi terang: Ayub 24:16; Ayub 38:15; Yoh 3:19-20; 1Tes 5:4-5 · pada lintasannya: Ayub 17:12; 38:20; Mazm 18:29; Yes 5:20; Ef 5:8-1...

Ref. Silang FULL: Ayb 24:14 - orang sengsara // miskin dibunuhnya // seperti pencuri · orang sengsara: Ayub 20:19; Ayub 20:19; Mazm 37:32 · miskin dibunuhnya: Yes 3:15; Mi 3:3 · seperti pencuri: Mazm 10:9

· orang sengsara: Ayub 20:19; [Lihat FULL. Ayub 20:19]; Mazm 37:32

· miskin dibunuhnya: Yes 3:15; Mi 3:3

· seperti pencuri: Mazm 10:9

Ref. Silang FULL: Ayb 24:15 - yang berzinah // menunggu senja // melihat aku · yang berzinah: Ayub 31:9,27; Ams 1:10 · menunggu senja: Ams 7:8-9 · melihat aku: Mazm 10:11

· yang berzinah: Ayub 31:9,27; Ams 1:10

· menunggu senja: Ams 7:8-9

· melihat aku: Mazm 10:11

Ref. Silang FULL: Ayb 24:16 - membongkar rumah // kenal terang · membongkar rumah: Kel 22:2; Kel 22:2; Mat 6:19 · kenal terang: Ayub 24:13; Ayub 24:13

· membongkar rumah: Kel 22:2; [Lihat FULL. Kel 22:2]; Mat 6:19

· kenal terang: Ayub 24:13; [Lihat FULL. Ayub 24:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:17 - dengan kedahsyatan // kegelapan · dengan kedahsyatan: Ayub 18:11; Ayub 18:11 · kegelapan: Ayub 15:22; Ayub 15:22; Ayub 18:5; Ayub 18:5

· dengan kedahsyatan: Ayub 18:11; [Lihat FULL. Ayub 18:11]

· kegelapan: Ayub 15:22; [Lihat FULL. Ayub 15:22]; Ayub 18:5; [Lihat FULL. Ayub 18:5]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:18 - Mereka hanyut // permukaan air // mereka terkutuk // kebun anggur · Mereka hanyut: Ayub 9:26; Ayub 9:26; Yud 1:13 · permukaan air: Ayub 22:16; Yes 57:20 · mereka terkutuk: Ayub 5:3; Ayub 5:3 &mid...

· Mereka hanyut: Ayub 9:26; [Lihat FULL. Ayub 9:26]; Yud 1:13

· permukaan air: Ayub 22:16; Yes 57:20

· mereka terkutuk: Ayub 5:3; [Lihat FULL. Ayub 5:3]

· kebun anggur: Ayub 24:6

Ref. Silang FULL: Ayb 24:19 - Air salju // orang mati · Air salju: Ayub 6:17 · orang mati: Ayub 21:13; Ayub 21:13

· Air salju: Ayub 6:17

· orang mati: Ayub 21:13; [Lihat FULL. Ayub 21:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:20 - melupakan dia, berenga // mengerumitnya // tidak diingat // seperti pohon · melupakan dia, berenga: Ayub 7:5; Ayub 7:5 · mengerumitnya: Ayub 21:26; Ayub 21:26 · tidak diingat: Ayub 18:17; Ayub 18:17 &mid...

· melupakan dia, berenga: Ayub 7:5; [Lihat FULL. Ayub 7:5]

· mengerumitnya: Ayub 21:26; [Lihat FULL. Ayub 21:26]

· tidak diingat: Ayub 18:17; [Lihat FULL. Ayub 18:17]

· seperti pohon: Ayub 14:7; [Lihat FULL. Ayub 14:7]; Mazm 31:13; Dan 4:14

Ref. Silang FULL: Ayb 24:21 - berbuat baik · berbuat baik: Ayub 22:9; Ayub 22:9

· berbuat baik: Ayub 22:9; [Lihat FULL. Ayub 22:9]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:22 - dengan kekuatannya // bangun kembali // tetapi hidupnya · dengan kekuatannya: Ayub 9:4; Ayub 9:4 · bangun kembali: Ayub 12:19; Ayub 12:19 · tetapi hidupnya: Ul 28:66; Mat 6:27; Yak 4:14...

· dengan kekuatannya: Ayub 9:4; [Lihat FULL. Ayub 9:4]

· bangun kembali: Ayub 12:19; [Lihat FULL. Ayub 12:19]

· tetapi hidupnya: Ul 28:66; Mat 6:27; Yak 4:14

Ref. Silang FULL: Ayb 24:23 - memberinya keamanan // dan mengawasi // jalan-jalannya · memberinya keamanan: Ayub 9:24; Ayub 9:24; Am 6:1 · dan mengawasi: 2Taw 16:9; 2Taw 16:9 · jalan-jalannya: Ayub 10:4; Ayub 10:4

· memberinya keamanan: Ayub 9:24; [Lihat FULL. Ayub 9:24]; Am 6:1

· dan mengawasi: 2Taw 16:9; [Lihat FULL. 2Taw 16:9]

· jalan-jalannya: Ayub 10:4; [Lihat FULL. Ayub 10:4]

Ref. Silang FULL: Ayb 24:24 - ada lagi // segala sesuatu // tangkai gandum · ada lagi: 2Raj 19:35; 2Raj 19:35; Ayub 4:20; Ayub 4:20; Mazm 37:10; 83:14; Yes 5:24; 17:13; 40:24; 41:2,15 · segala sesuatu: Ayub 3:19...

· ada lagi: 2Raj 19:35; [Lihat FULL. 2Raj 19:35]; Ayub 4:20; [Lihat FULL. Ayub 4:20]; Mazm 37:10; 83:14; Yes 5:24; 17:13; 40:24; 41:2,15

· segala sesuatu: Ayub 3:19; [Lihat FULL. Ayub 3:19]

· tangkai gandum: Yes 17:5

Ref. Silang FULL: Ayb 24:25 - dan meniadakan · dan meniadakan: Ayub 6:28; Ayub 6:28; Ayub 16:17; Ayub 16:17

· dan meniadakan: Ayub 6:28; [Lihat FULL. Ayub 6:28]; Ayub 16:17; [Lihat FULL. Ayub 16:17]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 24:1-25 - Benarkah Allah tidak peduli? (Minggu, 19 Desember 2004) Benarkah Allah tidak peduli? Maraknya berita kejahatan yang disuguhkan oleh media cetak dan elektronik menimbulkan pertanyaan teologis di benak ...

SH: Ayb 23:1--24:25 - Jangan lari dari Tuhan (Minggu, 4 Agustus 2002) Jangan lari dari Tuhan Dewasa ini ada sebagian orang Kristen yang berpandangan bahwa Tuhan akan menganugerahkan kemakmuran dan kesehatan kepada setia...

SH: Ayb 23:1--24:25 - Bukan "Allah" yang Kukenal (Jumat, 23 Oktober 2015) Bukan "Allah" yang Kukenal Dua pasal ini menggambarkan iman, kejujuran, integritas, dan kegamangan Ayub. Dalam pasal 23 kita menjumpai bahwa Ayub per...

SH: Ayb 23:1--24:25 - Allah Diam? Tentu, Tidak! (Jumat, 2 Juni 2023) Allah Diam? Tentu, Tidak! Masalah tidak akan pernah habis dalam kehidupan manusia. Sering kali kita diperhadapkan pada dua pilihan: kebenaran firman ...

Topik Teologia: Ayb 24:1 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama

Topik Teologia: Ayb 24:2 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengalami Kedongkalan Moral Mereka Dapat Menjadi Dongko...

Topik Teologia: Ayb 24:3 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Ketidakadilan dan Pender...

Topik Teologia: Ayb 24:4 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Ketidakadilan dan Pender...

Topik Teologia: Ayb 24:5 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengalami Kedongkalan Moral Mereka Dapat Menjadi Dongko...

Topik Teologia: Ayb 24:12 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Mereka Dapat Menjadi Dongkol Terhadap Tekanan Neh 5:1-11 Ayu 20:18-21 Ayu 22:6-7,9 Ayu 24:3-12 Maz 10...

Topik Teologia: Ayb 24:13 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Kebencian Akan Kebenaran 2Ta 36:15-16 Ayu 15:25-26 Ayu 15:35 Ayu 24:13-17 Maz 10:2-11 Maz 50:16-17 Maz 52:9 M...

Topik Teologia: Ayb 24:15 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia sebagai Suatu Kesatuan Hidup Keutuhan Manusia Direpresentasikan oleh Mata Ayu 7:8 Ayu 24:15 M...

Topik Teologia: Ayb 24:17 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Kebencian Akan Kebenaran 2Ta 36:15-16 Ayu 15:25-26 Ayu 15:35 Ayu 24:13-17 Maz 10:2-11 Maz 50:16-17 Maz 52:9 M...

Topik Teologia: Ayb 24:21 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Merugikan Orang Lain Penindasan Ayu 6:27 Ayu 20:19-22 Ayu 22:5-9 Ayu 24:21 A...

Topik Teologia: Ayb 24:22 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Penghukuman Temporal Atas Orang-orang Fasik Peme...

Topik Teologia: Ayb 24:23 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Penghukuman Temporal Atas Orang-orang Fasik Peme...

Topik Teologia: Ayb 24:24 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Penghukuman Temporal Atas Orang-orang Fasik Peme...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.37 detik
dipersembahkan oleh YLSA