Lihat definisi kata "Terang" dalam Studi Kata
Daftar Isi
PEDOMAN: Terang
LAMBANG: Terang
BROWNING: TERANG
ENSIKLOPEDIA: TERANG

Terang

Aliran pertama dari alam Kej 1:3. Banyak dipakai sebagai bayangan. 1Yoh 1:5; Maz 119:105.

Terang [pedoman]

  1. 1. Allah satu-satunya sumber - .
  2. Yak 1:17
  3. 2. Diciptakan oleh Allah.
  4. Kej 1:3; Yes 45:7
  5. 3. Dipisahkan dari gelap.
  6. Kej 1:4
  7. 4. Matahari, bulan dan bintang-bintang ditetapkan untuk memancarkan
  8. - ke bumi.
    Kej 1:14-17; Yer 31:35
  9. 5. Dibagi atas:
    1. 5.1 Yang asli.
    2. Ayub 24:14; Yes 5:30
    3. 5.2 Yang luar biasa atau ajaib.
    4. Kel 14:20; Mazm 78:14; Kis 9:3; Kis 12:7
    5. 5.3 Yang dibuat oleh manusia.
    6. Yer 25:10; Kis 16:29
  10. 6. Dinyatakan kepada tubuh melalui mata.
  11. Ams 15:30; Mat 6:22
  12. 7. Digambarkan sebagai:
    1. 7.1 Putih.
    2. Mat 17:2
    3. 7.2 Bersinar.
    4. 2Sam 23:4; Ayub 37:21; 41:9
    5. 7.3 Sifatnya menyebar.
    6. Ayub 25:3; 36:30
    7. 7.4 Berguna dan indah.
    8. Pengkh 2:13
    9. 7.5 Menyenangkan.
    10. Pengkh 11:7
    11. 7.6 Menyatakan benda-benda.
    12. Yoh 3:20,21; Ef 5:13
    13. 7.7 Teori tentang - di luar pengertian manusia.
    14. Ayub 38:19,20,24
  13. 8. Melukiskan:
    1. 8.1 Kristus sumber segala hikmat.
    2. Luk 2:32; Yoh 1:4,9; 8:12; 12:46
    3. 8.2 Anugerah Allah.
    4. Mazm 4:7; Yes 2:5
    5. 8.3 Segala sesuatu yang dinyatakan.
    6. Yoh 3:21; Ef 5:13
    7. 8.4 Jalan orang benar.
    8. Ams 4:18
    9. 8.5 Jiwa manusia.
    10. Ayub 18:5,6
    11. 8.6 Firman Tuhan.
    12. Mazm 119:105,130; 2Pet 1:19
    13. 8.7 Hikmat Allah.
    14. Dan 2:22
    15. 8.8 Injil.
    16. 2Kor 4:4; 1Pet 2:9
    17. 8.9 Kemuliaan Allah.
    18. Mazm 104:2; 1Tim 6:16
    19. 8.10 Kemuliaan Kristus.
    20. Kis 9:3,5; 26:13
    21. 8.11 Kemuliaan orang-orang kudus yang akan datang.
    22. Mazm 97:11; Kol 1:12
    23. 8.12 Kemuliaan jemaat.
    24. Yes 60:1-3
    25. 8.13 Kesucian Kristus.
    26. Mat 17:2
    27. 8.14 Kesucian Allah.
    28. 1Yoh 1:5
    29. 8.15 Hamba-hamba Tuhan.
    30. Mat 5:14; Yoh 5:35
    31. 8.16 Para pemimpin yang berbudi.
    32. 2Sam 21:17; 23:4
    33. 8.17 Pimpinan Allah.
    34. Mazm 27:1; 36:10
    35. 8.18 Orang-orang kudus.
    36. Luk 16:8; Ef 5:8; Fili 2:15

Terang [lambang]

  1. (1) LAMBANG kebenaran rohani dan kekudusan. Digunakan khusus untuk Kristus dan orang percaya, yang bersaksi bagi Dia melalui kekudusan kehidupan mereka dan pemberitaan Injil. Kadang-kadang digunakan secara umum untuk memaksudkan suara hati dalam diri setiap orang (lih Yoh 1:4, 9). Ayb 24:13; Mzm 27:1; 119:105; Ams 4:18; Yes 9:1; Dan 2:22; Mi 7:9; Mat 4:16; 5:14; Luk 2:32; Yoh 1:4, 9; 3:19; 8:12; Kis 13:47; Rm 2:19; 2 Kor 4:6; Ef 5:8; Kol 1:12; 1 Tes 5:5; 1 Tim 6:16; 1 Ptr 2:9; 1 Yoh 1:5, 7; Why 21:23, dll.
  2. (2) METAFORA sesuatu yang disingkapkan. 1 Kor 4:5; Ef 5:13.

TERANG [browning]

Suatu simbol yang sangat kuat untuk kebaikan dan kebenaran yang disebut-sebut pada awal (Kej. 1:3) dan pada akhir (Why. 22:5) Alkitab. Oleh karena itu, hukum *Taurat digambarkan sebagai terang pada jalanku (Mzm. 119:105) dan *hari Tuhan dinantikan sebagai terang (Am. 5:18) sementara orang menjadi bingung pada waktu Nabi *Amos menubuatkan hari Tuhan ini sebagai kegelapan. Terang dan gelap biasa kita jumpai sebagai antitesis dalam tulisan-tulisan *Gulungan Laut Mati yang serupa dengan Injil Yohanes. Injil Yohanes menggambarkan Kristus sebagai Terang Dunia (Yoh. 8:12) yang diutus oleh Allah, sementara Allah sendiri adalah Terang (1Yoh. 1:5). Dan mereka yang diutus oleh Kristus lalu menjadi terang dunia (Mat. 5:14).

TERANG [ensiklopedia]

Kata ini dipakai berkaitan dengan sukacita, beroleh berkat dan hidup, bertentangan dengan dukacita, kemalangan dan kematian (bnd Kej 1:3 dab; Ayb 10:22; 18:5 dab). Sudah sejak zaman dini kata ini dipakai untuk menandakan kehadiran dan kasih Allah (bnd Mzm 27:1; Yes 9:2; 2 Kor 4:6) bertentangan dengan penghukuman Allah (Am 5:18). Dari sini dan sumber-sumber lain muncullah dualisme pandangan etis antara terang dan gelap, yaitu yg baik dan yg jahat, yg sering dikemukakan dalam PB (bnd Luk 16:8; Yoh 3:19 dab; 12:36; 2 Kor 6:14; Kol 1:12 dab; 1 Tes 5:5; 1 Ptr 2:9). Beberapa ahli, mis C. H Dodd berpendapat, bahwa pandangan-pandangan Helenistik yg sejajar dengan pandangan ini memang penting, tapi pemakaian istilah ini dalam Yudaisme, mis The War of the Sons of Light and the Sons of Darkness dalam DSS, membuat kesimpulan demikian tidak perlu, dan memungkinkan munculnya komentar yg lebih tepat terhadap konsep-konsep PB. *HIDUP, KEHIDUPAN.

Kekudusan Allah diungkapkan dalam istilah-istilah terang, mis 1 Tim 6:16, di mana Ia dikatakan 'bersemayam di dalam terang yg tidak terhampiri'; *KUDUS, KEKUDUSAN. Bnd 1 Yoh 1:5 yg mengatakan bahwa 'Allah itu terang', juga bagian-bagian lain dalam surat itu, yg mengembangkan pengertian istilah ini terhadap orang percaya. Pemikiran yg sama terlihat dalam ungkapan khas Ibrani 'anak-anak terang' yg dipakai 2 kali oleh Paulus (Ef 5:8; 1 Tes 5:5; bnd Yoh 12:36).

Dalam Injil Yoh, istilah terang tidak begitu sering mengacu kepada kekudusan Allah, tapi lebih mengarah kepada penyataan kasih-Nya di dalam Kristus dan penerobosan kasih itu ke dalam hidup yg digelapkan oleh dosa. Demikianlah Kristus menunjuk kepada diriNya sebagai 'terang dunia' (Yoh 8:12, 9:5; 12:46) dan dalam Khotbah di Bukit' menerapkan istilah ini kepada murid-murid-Nya (Mat 5:14-16). Demikian pula Paulus dapat menunjuk kepada'cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus' dan kepada Allah sendiri yg 'membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita' (2 Kor 4:4-6).

KEPUSTAKAAN. Arndt; ISBE; C. H Dodd, The Interpretation of the Fourth Gospel, 1954, hlm 201-212; D Flusser, 'The Dead Sea Sect and Pre-Pauline Christianity', Aspects of the DSS, (red.) C Rabin dan Y Yadin, 1958, hlm 215-266. EEE/SS/HAO


Lihat definisi kata "Terang" dalam Studi Kata