kecilkan semua  

Teks -- 2 Tawarikh 32:1-33 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yerusalem dikepung oleh Sanherib
32:1 Setelah peristiwa yang menunjukkan kesetiaan Hizkia itu datanglah Sanherib, raja Asyur, menyerbu Yehuda. Ia mengepung kota-kota berkubu, dan berniat merebutnya. 32:2 Ketika Hizkia mengetahui, bahwa Sanherib datang hendak memerangi Yerusalem, 32:3 ia berunding dengan para panglima dan pahlawannya untuk menutup segala mata air yang terdapat di luar kota dan mereka itu bersedia membantunya. 32:4 Maka berkumpullah banyak orang. Mereka menutup semua mata air dan sungai yang mengalir dari tengah-tengah negeri itu. Kata mereka: "Mengapa raja-raja Asyur harus mendapat banyak air, kalau mereka datang?" 32:5 Dengan sekuat tenaga Hizkia membangun kembali seluruh tembok yang telah terbongkar, mendirikan menara-menara di atasnya dan tembok yang lain di luarnya. Ia memperkuat juga Milo di kota Daud dan membuat lembing dan perisai dalam jumlah yang besar. 32:6 Ia mengangkat panglima-panglima perang yang mengepalai rakyat, menyuruh mereka berkumpul kepadanya di halaman pintu gerbang kota dan menenangkan hati mereka dengan kata-kata: 32:7 "Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Janganlah takut dan terkejut terhadap raja Asyur serta seluruh laskar yang menyertainya, karena yang menyertai kita lebih banyak dari pada yang menyertai dia. 32:8 Yang menyertai dia adalah tangan manusia, tetapi yang menyertai kita adalah TUHAN, Allah kita, yang membantu kita dan melakukan peperangan kita." Oleh kata-kata Hizkia, raja Yehuda itu, rakyat mendapat kepercayaannya kembali. 32:9 Sesudah itu Sanherib, raja Asyur, yang sedang mengepung Lakhis dengan seluruh kekuatan tentaranya, mengutus beberapa pegawai ke Yerusalem, kepada Hizkia, raja Yehuda, dan kepada semua orang Yehuda yang ada di Yerusalem, dengan pesan: 32:10 "Beginilah titah Sanherib, raja Asyur: Apakah yang kamu harapkan, maka kamu tinggal saja di Yerusalem yang terkepung ini? 32:11 Bukankah Hizkia memperdayakan kamu, supaya kamu mati kelaparan dan kehausan, dengan mengatakan: TUHAN, Allah kita, akan melepaskan kita dari tangan raja Asyur? 32:12 Bukankah Hizkia ini yang menjauhkan segala bukit pengorbanan dan mezbah TUHAN itu, dan berkata kepada Yehuda dan Yerusalem: Hanya di depan satu mezbah kamu harus sujud menyembah dan membakar korban di atasnya? 32:13 Tidakkah kamu ketahui apa yang aku dan nenek moyangku lakukan terhadap semua bangsa negeri-negeri lain? Apakah para allah bangsa-bangsa segala negeri itu pernah berhasil melepaskan negeri mereka dari tanganku? 32:14 Siapa dari pada semua allah bangsa-bangsa yang sudah ditumpas nenek moyangku itu dapat melepaskan bangsanya dari tanganku? Masakan Allahmu dapat melepaskan kamu dari tanganku? 32:15 Sekarang, janganlah Hizkia memperdayakan dan membujuk kamu seperti ini! Janganlah percaya kepadanya, karena tidak ada allah dari bangsa atau kerajaan manapun yang dapat melepaskan bangsanya dari tanganku dan dari tangan nenek moyangku, lebih-lebih lagi Allahmu itu takkan dapat melepaskan kamu dari tanganku!" 32:16 Dan masih banyak lagi yang diucapkan pegawai-pegawai Sanherib itu menentang TUHAN Allah dan menentang Hizkia, hamba-Nya. 32:17 Ia menulis juga surat yang penuh cela dan hujat terhadap TUHAN, Allah Israel, bunyinya: "Sebagaimana para allah bangsa-bangsa segala negeri lain tidak dapat melepaskan bangsanya dari tanganku, demikian pula Allah Hizkia takkan dapat melepaskan bangsa-Nya dari tanganku." 32:18 Dan mereka berseru dengan suara nyaring dalam bahasa Yehuda kepada rakyat Yerusalem yang ada di atas tembok, untuk menakutkan dan mengejutkan mereka, supaya mereka dapat merebut kota itu. 32:19 Mereka berbicara tentang Allah Yerusalem seperti tentang para allah bangsa-bangsa di dunia, adalah buatan tangan manusia.
Yerusalem luput dari tangan Sanherib
32:20 Tetapi oleh karena itu raja Hizkia dan nabi Yesaya bin Amos berdoa dan berseru kepada sorga. 32:21 Lalu TUHAN mengirim malaikat yang melenyapkan semua pahlawan yang gagah perkasa, pemuka dan panglima yang ada di perkemahan raja Asyur, sehingga ia kemalu-maluan kembali ke negerinya. Kemudian ia ditewaskan dengan pedang oleh anak-anak kandungnya sendiri ketika ia memasuki rumah allahnya. 32:22 Demikianlah TUHAN menyelamatkan Hizkia dan penduduk Yerusalem dari tangan Sanherib, raja Asyur, dan dari tangan semua musuhnya. Dan Ia mengaruniakan keamanan kepada mereka di segala penjuru. 32:23 Banyak orang membawa persembahan ke Yerusalem untuk TUHAN dan barang-barang berharga untuk Hizkia, raja Yehuda itu. Sejak itu ia diagungkan oleh semua bangsa.
Tahun-tahun terakhir dari pemerintahan Hizkia
32:24 Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit, sehingga hampir mati. Ia berdoa kepada TUHAN, dan TUHAN berfirman kepadanya dan memberikannya suatu tanda ajaib. 32:25 Tetapi Hizkia tidak berterima kasih atas kebaikan yang ditunjukkan kepadanya, karena ia menjadi angkuh, sehingga ia dan Yehuda dan Yerusalem ditimpa murka. 32:26 Tetapi ia sadar akan keangkuhannya itu dan merendahkan diri bersama-sama dengan penduduk Yerusalem, sehingga murka TUHAN tidak menimpa mereka pada zaman Hizkia. 32:27 Hizkia mendapat kekayaan dan kemuliaan yang sangat besar. Ia membuat perbendaharaan-perbendaharaan untuk emas, perak, batu permata yang mahal-mahal, rempah-rempah, perisai-perisai dan segala macam barang yang indah-indah, 32:28 juga tempat perbekalan untuk hasil gandum, untuk anggur dan minyak, dan kandang-kandang untuk berbagai jenis hewan besar dan kandang-kandang untuk kawanan kambing domba. 32:29 Ia mendirikan kota-kota, memperoleh banyak kambing domba dan lembu sapi, karena Allah mengaruniakan dia harta milik yang amat besar. 32:30 Hizkia ini juga telah membendung aliran Gihon di sebelah hulu, dan menyalurkannya ke hilir, ke sebelah barat, ke kota Daud. Hizkia berhasil dalam segala usahanya. 32:31 Demikianlah juga ketika utusan-utusan raja-raja Babel datang kepadanya untuk menanyakan tentang tanda ajaib yang telah terjadi di negeri, ketika itu Allah meninggalkan dia untuk mencobainya, supaya diketahui segala isi hatinya. 32:32 Selebihnya dari riwayat Hizkia dan perbuatan-perbuatannya yang setia, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam penglihatan nabi Yesaya bin Amos, dalam kitab raja-raja Yehuda dan Israel. 32:33 Kemudian Hizkia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan dikuburkan di pendakian ke pekuburan anak-anak Daud. Pada waktu kematiannya seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem memberi penghormatan kepadanya. Maka Manasye, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amos father of the prophet Isaiah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Gihon a river in the Garden of Eden,a spring just southeast of Jerusalem
 · Hizkia son of Neariah, a descendant of Jeconiah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · istana Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kota Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Lakhis a town of Judah 23 km west of Hebron & 40 km north of Beersheba (SMM)
 · Manasye member of the tribe of Manasseh
 · orang Asyur a member of the nation of Assyria
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Manasye the tribe of Manasseh.
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sanherib king of Assyria; enemy of King Hezekiah of Judah
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · suku Manasye the tribe of Manasseh.
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yesaya son of Hananiah, a descendant of King Jehoiachin,son of Jeduthun the Levite and worship leader under Jeduthun and King David,son of Rehabiah; a Levitical chief treasurer whose descendants returned from exile,son of Athaliah; head of a family group descended from Elam who returned from exile,a Levite of Merari who led recruits to Ezra,a man of Benjamin; ancestor of Sallu, who lived in Jerusalem in Nehemiah's time


Topik/Tema Kamus: Hizkia | Sanherib | Raja | Kepung, Pengepungan | Percaya Kepercayaan | Sombong, Kesombongan | Kaya, Kekayaan | Pancar, Pancaran Air Dan Mata Air | Angkuh, Meninggikan Diri | Susah, Kesusahan Dijadikan Faedah | Gihon | Tombak | Rendah, Kerendahan Hati | Tentara | Senjata Untuk Berperang | Yesaya | Milo | Tembok, Pagar Atau Dinding | Malaikat | Doa | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Taw 32:1 - SETELAH PERISTIWA ... ITU. Nas : 2Taw 32:1 Penulis Tawarikh mencatat bahwa Sanherib menyerbu Yehuda setelah tindakan-tindakan kesetiaan Hizkia (lih. pasal 2Raj 18:1-19:37; Ye...

Nas : 2Taw 32:1

Penulis Tawarikh mencatat bahwa Sanherib menyerbu Yehuda setelah tindakan-tindakan kesetiaan Hizkia (lih. pasal 2Raj 18:1-19:37; Yes 36:1-37:38). Kesulitan dan ujian kadang-kadang dialami seorang percaya yang sudah setia dan taat sepenuhnya kepada Allah. Akan tetapi, kepastian iman ialah: Dia yang ada bersama kita sedemikian besar sehingga Ia dapat mengalahkan segala serangan yang dilancarkan musuh kepada kita (ayat 2Taw 32:7; bd. 1Yoh 4:4).

Full Life: 2Taw 32:7 - JANGANLAH TAKUT. Nas : 2Taw 32:7 Kata-kata beriman Hizkia mungkin diilhami oleh pengalaman dan kata-kata nabi Elisa (2Raj 6:16). Nasihat Hizkia untuk jangan takut, ...

Nas : 2Taw 32:7

Kata-kata beriman Hizkia mungkin diilhami oleh pengalaman dan kata-kata nabi Elisa (2Raj 6:16). Nasihat Hizkia untuk jangan takut, bersama dengan janjinya bahwa "yang menyertai kita adalah Tuhan, Allah kita yang membantu kita dan melakukan peperangan kita" (ayat 2Taw 32:8), dapat diterapkan kepada semua orang yang mengikut Tuhan dengan kasih, iman yang sungguh-sungguh, dan hati yang murni. Menurut Yesaya, "orang-orang murtad diliputi kegentaran," (Yes 33:14), tetapi "orang yang hidup dalam kebenaran, ... tinggal aman di tempat-tempat tinggi" (Yes 33:15-16).

Full Life: 2Taw 32:19 - MEREKA BERBICARA TENTANG ALLAH YERUSALEM. Nas : 2Taw 32:19 Lihat cat. --> 2Raj 18:30. [atau ref. 2Raj 18:30]

Nas : 2Taw 32:19

Lihat cat. --> 2Raj 18:30.

[atau ref. 2Raj 18:30]

Full Life: 2Taw 32:20 - BERDOA DAN BERSERU. Nas : 2Taw 32:20 Lih. 2Raj 19:1-34 dan Yes 37:1-35 mengenai doa Hizkia (lihat cat. --> 2Raj 19:15; lihat cat. --> 2Raj 19:19)....

Nas : 2Taw 32:20

Lih. 2Raj 19:1-34 dan Yes 37:1-35 mengenai doa Hizkia

(lihat cat. --> 2Raj 19:15;

lihat cat. --> 2Raj 19:19).

[atau ref. 2Raj 19:15,19]

Full Life: 2Taw 32:21 - LALU TUHAN MENGIRIM MALAIKAT. Nas : 2Taw 32:21 Lihat cat. --> 2Raj 19:35. [atau ref. 2Raj 19:35]

Nas : 2Taw 32:21

Lihat cat. --> 2Raj 19:35.

[atau ref. 2Raj 19:35]

Full Life: 2Taw 32:24 - HIZKIA JATUH SAKIT. Nas : 2Taw 32:24 Untuk kisah yang lebih lengkap mengenai penyakit Hizkia dan kesembuhannya serta tanda ajaib yang menyertai kesembuhannya lih. 2Raj...

Nas : 2Taw 32:24

Untuk kisah yang lebih lengkap mengenai penyakit Hizkia dan kesembuhannya serta tanda ajaib yang menyertai kesembuhannya lih. 2Raj 20:1-11 (bd. Yes 38:1-8;

lihat cat. --> Yes 38:1;

lihat cat. --> Yes 38:5).

[atau ref. Yes 38:1,5]

Full Life: 2Taw 32:31 - UNTUK MENCOBAINYA. Nas : 2Taw 32:31 Kisah mengenai urusan Hizkia dengan utusan-utusan Babel terdapat dalam 2Raj 29:12-19 dan pasal Yes 39:1-8. Allah kadang-kadang men...

Nas : 2Taw 32:31

Kisah mengenai urusan Hizkia dengan utusan-utusan Babel terdapat dalam 2Raj 29:12-19 dan pasal Yes 39:1-8. Allah kadang-kadang menarik tanda-tanda kedekatan dan perkenan-Nya supaya menguji hati dan keteguhan kepercayaan hamba-hamba pilihan-Nya. Allah dapat juga menguji kemurnian pengabdian orang percaya supaya melatih mereka dalam kerendahan hati dan mempersiapkan mereka untuk tugas atau tanggung jawab yang lebih besar.

  1. 1) Beberapa cara Allah menguji umat-Nya ialah dengan
    1. (a) keadaan buruk yang tak kunjung berakhir, seperti Yusuf di Mesir (Kej 39:1-40:23),
    2. (b) penderitaan jasmaniah atau emosional, seperti Ayub (Ayub 1:1-2:13),
    3. (c) penundaan penggenapan janji-janji Allah, seperti Abraham dan Sara (pasal Kej 15:1-21:34) dan mimpi-mimpi Yusuf (Kej 37:1-36; 42:6; bd. Mazm 105:17-19),
    4. (d) ujian ketaatan yang sulit, seperti Abraham dengan Ishak (Kej 22:1-24) atau Raja Saul (1Sam 15:1-35), dan
    5. (e) musim-musim kekeringan atau kegelapan rohani yang dialami sebagian besar umat Allah pada waktu tertentu dalam kehidupan ini.
  2. 2) Belajar untuk mempercayai Allah dan tetap setia di tengah-tengah pengalaman yang berat menghasilkan buah iman teguh yang matang, watak teruji, ketaatan dewasa, dan perkenan Allah (bd. 2Kor 12:7-10). Di tengah-tengah ujian yang berat, Ayub menyatakan, "Karena Ia tahu jalan hidupku, seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas" (Ayub 23:10; bd. Za 13:9). Diuji oleh Allah belum tentu menjadi tanda bahwa Ia tidak berkenan atau menghukum kita, tetapi mungkin menjadi tanda dari maksud-Nya yang lebih besar bagi orang yang hatinya sedang diuji oleh-Nya.

Jerusalem: 2Taw 32:1 - Setelah peristiwa.... itu Catatan pendek dalam 2Raja-raja mengenai pembaharuan yang diadakan oleh Hizkia diperkembangkan oleh si Muwarikh menjadi sebuah kisah panjang dan terpe...

Catatan pendek dalam 2Raja-raja mengenai pembaharuan yang diadakan oleh Hizkia diperkembangkan oleh si Muwarikh menjadi sebuah kisah panjang dan terperinci, sebaliknya, kisah 2Raja-raja mengenai peristiwa-peristiwa lain yang terjadi di masa pemerintahan Hizkia, oleh si Muwarikh sangat dipersingkat (bab 32). Namun ia masih sempat menambah sebuah catatan mengenai persiapan militer yang diadakan Hizkia menjelang serangan dari pihak raja Sanherib, 2Ta 32:3 dst. Si Muwarikh meluhurkan Hizkia sebagai seorang raja berani dan tekad, yang memberi hati kepada rakyatnya dengan mengajak supaya mereka mengandalkan Tuhan, 2Ta 32:7-8. Cara bicara Hizkia itu mengingatkan cara bicara nabi Yesaya dalam kitab Raja-raja.

Jerusalem: 2Taw 32:22 - Ia mengaruniakan keamanan Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: mengantar mereka.

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: mengantar mereka.

Jerusalem: 2Taw 32:24-26 - -- Ketiga ayat ini hanya menyinggung saja ceritera-ceritera yang tercantum dalam 2Raja-raja.

Ketiga ayat ini hanya menyinggung saja ceritera-ceritera yang tercantum dalam 2Raja-raja.

Jerusalem: 2Taw 32:24 - -- menyinggung penyakit Hizkia serta tanda yang diberikan Tuhan; 2Ta 32:25 menyinggung utusan yang dikirim Merodakh-Baladan; 2Ta 32:26 menyinggung jawaba...

menyinggung penyakit Hizkia serta tanda yang diberikan Tuhan; 2Ta 32:25 menyinggung utusan yang dikirim Merodakh-Baladan; 2Ta 32:26 menyinggung jawaban yang diberikan Hizkia kepada nabi Yesaya

Jerusalem: 2Taw 32:29 - mendirikan kota-kota Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: ia mendapat keledai-keledai. Ini lebih sesuai dengan apa yang berikut

Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: ia mendapat keledai-keledai. Ini lebih sesuai dengan apa yang berikut

Jerusalem: 2Taw 32:29 - harta milik yang amat besar Dalam membilang kekayaan raja Hizkia si Muwarikh jauh lebih terperinci dari pada 2Raja-raja. Begitu terbukti bahwa Hizkia amat diberkati Tuhan tidak a...

Dalam membilang kekayaan raja Hizkia si Muwarikh jauh lebih terperinci dari pada 2Raja-raja. Begitu terbukti bahwa Hizkia amat diberkati Tuhan tidak ada ubahnya dengan raja Daud, 1Ta 29:2; bdk 1Ta 27:25-31, dan Salomo, 2Ta 9:10-28.

Jerusalem: 2Taw 32:30 - membendung aliran Gihon Bdk 2Ra 20:20+.

Bdk 2Ra 20:20+.

Jerusalem: 2Taw 32:31 - untuk mencobainya Ini sebuah interprestasi baru (bdk 2Ta 32:26) atas ceritera yang termaktub dalam 2Ra 20:12-19.

Ini sebuah interprestasi baru (bdk 2Ta 32:26) atas ceritera yang termaktub dalam 2Ra 20:12-19.

Jerusalem: 2Taw 32:33 - pekuburan anak-anak Daud Yang dimaksud barangkali sebuah tempat yang menonjol di pekuburan para raja.

Yang dimaksud barangkali sebuah tempat yang menonjol di pekuburan para raja.

Endetn: 2Taw 32:22 - -- dianugerahi", diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "mengantar".

dianugerahi", diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "mengantar".

Endetn: 2Taw 32:28 - kandang bagi kawanannja Kata Hibrani ditukar tempatnja dan (kandang) diperbaiki. Lih. Terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).

Kata Hibrani ditukar tempatnja dan (kandang) diperbaiki. Lih. Terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).

Endetn: 2Taw 32:29 - keledai diperbaiki. Tertulis: "kota2".

diperbaiki. Tertulis: "kota2".

Endetn: 2Taw 32:31 - (radja) ditambahkan menurut keterangan Jahudi (Targum). "diutus", diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mengutus".

ditambahkan menurut keterangan Jahudi (Targum). "diutus", diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mengutus".

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:1 - datanglah Sanherib · datanglah Sanherib: Yes 36:1; 37:9,17,37

· datanglah Sanherib: Yes 36:1; 37:9,17,37

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:2 - memerangi Yerusalem · memerangi Yerusalem: Yes 22:7; Yer 1:15

· memerangi Yerusalem: Yes 22:7; Yer 1:15

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:4 - mata air · mata air: 2Raj 18:17; 2Raj 18:17; Yes 22:9,11; Nah 3:14

· mata air: 2Raj 18:17; [Lihat FULL. 2Raj 18:17]; Yes 22:9,11; Nah 3:14

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:5 - seluruh tembok // juga Milo // membuat lembing · seluruh tembok: Yes 22:10 · juga Milo: 1Taw 11:8; 1Taw 11:8 · membuat lembing: Yes 22:8

· seluruh tembok: Yes 22:10

· juga Milo: 1Taw 11:8; [Lihat FULL. 1Taw 11:8]

· membuat lembing: Yes 22:8

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:7 - teguhkanlah hatimu // dan terkejut // menyertai dia · teguhkanlah hatimu: Ul 31:6; Ul 31:6 · dan terkejut: 2Taw 20:15 · menyertai dia: Bil 14:9; Bil 14:9; 2Raj 6:16

· teguhkanlah hatimu: Ul 31:6; [Lihat FULL. Ul 31:6]

· dan terkejut: 2Taw 20:15

· menyertai dia: Bil 14:9; [Lihat FULL. Bil 14:9]; 2Raj 6:16

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:8 - tangan manusia // menyertai kita // melakukan peperangan · tangan manusia: Ayub 40:4; Yes 52:10; Yer 17:5; 32:21 · menyertai kita: Ul 3:22; Ul 3:22; 1Sam 17:45; 1Sam 17:45 · melakukan pe...

· tangan manusia: Ayub 40:4; Yes 52:10; Yer 17:5; 32:21

· menyertai kita: Ul 3:22; [Lihat FULL. Ul 3:22]; 1Sam 17:45; [Lihat FULL. 1Sam 17:45]

· melakukan peperangan: 1Taw 5:22; [Lihat FULL. 1Taw 5:22]; Mazm 20:8; Yes 28:6

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:9 - mengepung Lakhis · mengepung Lakhis: Yos 10:3,31; Yos 10:3; Yos 10:31

· mengepung Lakhis: Yos 10:3,31; [Lihat FULL. Yos 10:3]; [Lihat FULL. Yos 10:31]

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:10 - kamu harapkan · kamu harapkan: Yeh 29:16

· kamu harapkan: Yeh 29:16

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:11 - Hizkia memperdayakan · Hizkia memperdayakan: Yes 37:10

· Hizkia memperdayakan: Yes 37:10

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:12 - satu mezbah · satu mezbah: 2Taw 31:1; 2Taw 31:1

· satu mezbah: 2Taw 31:1; [Lihat FULL. 2Taw 31:1]

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:13 - dari tanganku · dari tanganku: 2Taw 32:15

· dari tanganku: 2Taw 32:15

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:15 - Hizkia memperdayakan // dapat melepaskan // nenek moyangku · Hizkia memperdayakan: Yes 37:10 · dapat melepaskan: Dan 3:15 · nenek moyangku: Kel 5:2

· Hizkia memperdayakan: Yes 37:10

· dapat melepaskan: Dan 3:15

· nenek moyangku: Kel 5:2

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:17 - juga surat // penuh cela // para allah · juga surat: Yes 37:14 · penuh cela: Mazm 74:22; Yes 37:4,17 · para allah: 2Raj 19:12; 2Raj 19:12

· juga surat: Yes 37:14

· penuh cela: Mazm 74:22; Yes 37:4,17

· para allah: 2Raj 19:12; [Lihat FULL. 2Raj 19:12]

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:19 - buatan tangan · buatan tangan: Mazm 115:4,4-8; Yes 2:8; 17:8; 37:19; Yer 1:16

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:20 - Amos berdoa · Amos berdoa: Yes 1:15; 37:15

· Amos berdoa: Yes 1:15; 37:15

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:21 - mengirim malaikat // dengan pedang · mengirim malaikat: Kej 19:13; Kej 19:13 · dengan pedang: 2Raj 19:7; 2Raj 19:7; Yes 37:7,38; Yer 41:2

· mengirim malaikat: Kej 19:13; [Lihat FULL. Kej 19:13]

· dengan pedang: 2Raj 19:7; [Lihat FULL. 2Raj 19:7]; Yes 37:7,38; Yer 41:2

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:23 - dan barang-barang · dan barang-barang: 1Sam 10:27; 1Sam 10:27; 2Taw 9:24; 2Taw 9:24; Mazm 68:19,30; 76:12; Yes 16:1; 18:7; 45:14; Zef 3:10; Za 14:16-17

· dan barang-barang: 1Sam 10:27; [Lihat FULL. 1Sam 10:27]; 2Taw 9:24; [Lihat FULL. 2Taw 9:24]; Mazm 68:19,30; 76:12; Yes 16:1; 18:7; 45:14; Zef 3:10; Za 14:16-17

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:24 - tanda ajaib · tanda ajaib: 2Taw 32:31

· tanda ajaib: 2Taw 32:31

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:25 - menjadi angkuh // ditimpa murka · menjadi angkuh: 2Raj 14:10; 2Raj 14:10 · ditimpa murka: 2Taw 19:2; 2Taw 19:2

· menjadi angkuh: 2Raj 14:10; [Lihat FULL. 2Raj 14:10]

· ditimpa murka: 2Taw 19:2; [Lihat FULL. 2Taw 19:2]

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:26 - ia sadar // zaman Hizkia · ia sadar: Yer 26:18-19 · zaman Hizkia: 2Taw 34:27,28; Yes 39:8

· ia sadar: Yer 26:18-19

· zaman Hizkia: 2Taw 34:27,28; Yes 39:8

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:27 - dan kemuliaan · dan kemuliaan: 1Taw 29:12; 1Taw 29:12; 2Taw 9:24; 2Taw 9:24

· dan kemuliaan: 1Taw 29:12; [Lihat FULL. 1Taw 29:12]; 2Taw 9:24; [Lihat FULL. 2Taw 9:24]

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:29 - harta milik · harta milik: Yes 39:2

· harta milik: Yes 39:2

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:30 - telah membendung // aliran Gihon // dan menyalurkannya · telah membendung: 2Raj 18:17; 2Raj 18:17 · aliran Gihon: 1Raj 1:33; 1Raj 1:33 · dan menyalurkannya: 2Sam 5:8; 2Sam 5:8

· telah membendung: 2Raj 18:17; [Lihat FULL. 2Raj 18:17]

· aliran Gihon: 1Raj 1:33; [Lihat FULL. 1Raj 1:33]

· dan menyalurkannya: 2Sam 5:8; [Lihat FULL. 2Sam 5:8]

Ref. Silang FULL: 2Taw 32:31 - raja-raja Babel // tanda ajaib // untuk mencobainya · raja-raja Babel: Yes 13:1; 39:1 · tanda ajaib: 2Taw 32:24; 2Taw 32:24; Yes 38:7 · untuk mencobainya: Kej 22:1; Kej 22:1; Ul 8:1...

· raja-raja Babel: Yes 13:1; 39:1

· tanda ajaib: 2Taw 32:24; [Lihat FULL. 2Taw 32:24]; Yes 38:7

· untuk mencobainya: Kej 22:1; [Lihat FULL. Kej 22:1]; Ul 8:16

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Taw 32:1-8 - Serbuan Sanherib; Keyakinan Hizkia yang Sabar Pasal ini melanjutkan dan menutup kisah pemerintahan Hizkia. 1. Serbuan Sanherib terhadap dia, dan usaha Hizkia untuk melindungi diri...

Matthew Henry: 2Taw 32:9-23 - Kekalahan Asyur Kekalahan Asyur (32:9-23) Kisah tentang kekerasan dan hujatan Sanherib, doa Hizkia, serta kelepasan Yerusalem melalui kehancuran tentara Asyur, dic...

Matthew Henry: 2Taw 32:24-33 - Wafatnya Hizkia Wafatnya Hizkia (32:24-33) Kisah Hizkia ditutup dengan catatan tentang tiga hal mengenai dia: 1. Sakit dan kesembuhannya (ay. 24). Sa...

SH: 2Taw 32:1-19 - Bersandar kepada kekuatan manusia (Senin, 8 Juli 2002) Bersandar kepada kekuatan manusia Nas yang kita baca ini memberikan dua contoh bagaimana manusia memperlakukan kekuatannya: yang masih mengingat dan ...

SH: 2Taw 32:1-23 - Kesetiaan yang teruji (Jumat, 3 Desember 2010) Kesetiaan yang teruji Ada orang yang lemah iman justru ketika ia menghadapi masalah. Padahal masalah justru bisa menjadi batu uji kesejatian iman. S...

SH: 2Taw 32:1-33 - Memercayai Penyertaan Allah (Kamis, 15 Juni 2017) Memercayai Penyertaan Allah Iman membutuhkan tiga unsur, yakni: pengetahuan, keyakinan, dan tindakan konkret. Pengetahuan timbul dari dogma tentang A...

SH: 2Taw 32:1-33 - Bertahan ketika Diadu Domba (Rabu, 27 Desember 2023) Bertahan ketika Diadu Domba Ketika Sanherib menyerang Yehuda dengan taktik adu domba, hal itu betul-betul menguji kesatuan umat. Ia ingin membuat rak...

SH: 2Taw 32:20-33 - Allah menghukum keangkuhan (Selasa, 9 Juli 2002) Allah menghukum keangkuhan Dengan singkat penulis Tawarikh menyebutkan bahwa raja Hizkia dan nabi Yesaya berdoa. Melalui bagian ini penulis Tawarikh ...

SH: 2Taw 32:24-33 - Jangan sombong (Minggu, 5 Desember 2010) Jangan sombong Ujian iman dapat menarik keluar semua karakter asli dalam diri seseorang. Tak ada topeng yang dapat menutup-nutupi isi hati yang sesun...

Topik Teologia: 2Taw 32:8 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia adalah Lemah, Rendah dan Terbatas Kej 3:8-10,13 Kej 3:16-19 Kej 6:3 Kej 18:27 1Ta 29:14-15 2T...

Topik Teologia: 2Taw 32:19 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Menghujat 2Ta 32:19 Maz 73:9,11 Maz 139:20 Yes 45:...

Topik Teologia: 2Taw 32:21 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Pemeliharaan Allah Dalam Perkembangan Negara Isr...

Topik Teologia: 2Taw 32:22 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Pemeliharaan Allah Dalam Perkembangan Negara Isr...

Topik Teologia: 2Taw 32:31 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Kejahatan Pemeliharaan dan Kejahatan itu Sendiri Pemelihar...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Ibadah, Kebangunan Rohani, dan Pembaharuan Sejati Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Karen...

Full Life: 2 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahannya (2Taw 1:1-9:31) A. Penegakan Kepemimpinan Sal...

Matthew Henry: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Kitab ini diawali dengan pemerintahan Salomo dan pembangunan Bait Suci, kemudian berlanjut dengan sejarah raja-raja Yehuda sejak masa itu sampai ke...

Jerusalem: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

BIS: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) II TAWARIKH PENGANTAR Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Set

II TAWARIKH

PENGANTAR

Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Setelah mengemukakan kisah pemberontakan suku-suku utara di bawah pimpinan Yerobeam melawan Raja Rehabeam, buku ini hanya mengemukakan sejarah Yehuda, yaitu kerajaan selatan, sampai jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

Isi

  1.  Pemerintahan Salomo
    2Taw 1:1-9:31
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Taw 1:1-17
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      2Taw 2:1-7:10
    3. c. Tahun-tahun kemudian
      2Taw 7:11-9:31
  2.  Pemberontakan suku-suku utara
    2Taw 10:1-19
  3.  Raja-raja Yehuda
    2Taw 11:1-36:12
  4.  Jatuhnya Yerusalem
    2Taw 36:13-23

Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Pelajaran mengenai Kesetiaan ISI II TAWARIKH II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai

Pelajaran mengenai Kesetiaan

ISI II TAWARIKH
II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai kejadian yang menimpa Yehuda selama hampir empat ratus tahun sampai akhirnya negeri itu hancur, rakyatnya dibuang dan ibukotanya dihancurkan (587 SM). Kisah kehancuran ini bukan merupakan kata akhir Tawarikh. Kalimat-kalimat terakhir dari kitab ini menunjuk kepada masa depan yang penuh harapan ketika bangsa ini dipulihkan melalui maklumat raja Kores (2Ta 36:23).

MENGAPA KITAB INI DITULIS
Si penyusun mempunyai tiga alasan untuk menyusun kitab ini:
1. Untuk menafsirkan jalannya sejarah. Ia menerangkan mengapa beberapa raja memerintah dengan damai dan sejahtera sedangkan yang lain memerintah dalam pergolakan. Rahasia keberhasilan itu terletak pada kesetiaan kepada Allah.
2. Untuk mengajar. Si penyusun tidak puas hanya dengan menguraikan masa lalu dalam tulisannya. Ia ingin menghimbau umat Allah untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sepanjang sejarah, dan setia kepada-Nya sekarang.
3. Untuk menggugah iman. Banyak orang Yahudi merasa Allah telah meninggalkan mereka. Dengan menjelaskan sebab-sebab dari penderitaan mereka, si penyusun mendorong mereka untuk kembali percaya kepada Allah yang besar dan berkuasa. Untuk komentar terinci mengenai mengapa 2 Tawarikh ditulis bacalah komentar mengenai 1 Tawarikh.

CIRI KHUSUS
1. Si penyusun setia kepada keluarga Daud dan memperlihatkan bagaimana Allah tetap setia memenuhi janji-Nya bahwa takta Daud akan tetap aman (2Ta 21:7) kendati Ia mempunyai alasan untuk tidak melakukannya.
2. Kerajaan Israel Utara dianggap melakukan kesalahan, karena memisahkan diri dari takta Daud (2Ta 13:1-12). Dalam seluruh kitab tindakan bangsa israel dianggap jahat (misalnya 2Ta 21:6,13). Sejarah bangsa Israel diabaikan kecuali kisah yang dapat dipakai sebagai peringatan untuk tidak melakukan kesalahan.
3. Peristiwa dalam sejarah dipakai sedemikian rupa sehingga arti kerohaniannya dapat ditonjolkan. Si penyusun tidak mengada-ada maupun memutarbalikkan sejarah; ia juga bukannya tidak teliti. 1 dan 2 Raja-raja memberikan gambaran sejarah yang lebih lengkap tentang kisah bangsa Israel dan Yehuda, tetapi kedua kitab itu tidak menunjukkan motivasi yang sama untuk menggunakan sejarah guna mengajar masalah rohani.

Pesan

1. Pentingnya perjanjian
Pesan utama II Tawarikh terletak dalam 2Ta 15:2: Tuhan beserta dengan kamu bilamana kamu berserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya. Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkannya, kamu akan ditinggalkan-Nya. Hubungan Allah dengan umat-Nya diatur oleh suatu perjanjian, yang didalamnya Allah akan memberkati mereka sepanjang mereka taat kepada-Nya. Kitab ini dengan jelas memberi gambaran mengenai penerapan dari prinsip ini dalam sejarah bangsa Yehuda. Taat pada perjanjian membawa kemakmuran; menyalahi perjanjian membawa kehancuran.

2. Allah perjanjian
o Allah itu besar. 2Ta 2:6; 6:18
o Allah itu baik. 2Ta 5:13
o Allah itu adil. 2Ta 12:6
o Allah itu berkuasa. 2Ta 13:12
o Allah memakmurkan mereka yang percaya kepada-Nya. 2Ta 13:18; 17:5,6; 20:20; 25:7-9; 27:6
o Allah menolong yang lemah. 2Ta 14:11; 20:12, 15-17
o Allah itu panjang sabar. 2Ta 21:7

3. Hukum Allah dalam perjanjian
o Hukum Allah mengemukkan apa yang harus dilakukan oleh manusia untuk dapat menerima kepenuhan berkat Allah. 2Ta 6:16; 33:8
o Mengabaikan hukum Allah akan membawa bencana. 2Ta 12:1,2
o Kebangunan rohani akan menyebarluaskan hukum Allah. 2Ta 17:9
o Hukum Allah menyangkut masalah manusia. 2Ta 19:10
o Hukum Allah menyangkut penyembahan yang benar. 2Ta 23:18; 29:15
o Ketaatan mambawa kemakmuran. 2Ta 31:12
o Oleh karena dosa, manusia sering perlu bertobat dan memperbarui penghayatannya terhadap hukum Allah. 2Ta 14:2-5; 17:6; 24:1-14; 29:1-31:21; 34:1-35:27

4. Manusia perjanjian
o Mereka harus tetap taat sampai pada akhirnya. 2Ta 16:1-14; 24:17-27; 26:16-23
o Mereka harus menyadari bahaya kesombongan. 2Ta 32:24-31
o Mereka harus peka terhadap suara Tuhan. 2Ta 19:2,3; 20:35-37; 35:20-26
o Mereka harus menanggung segala akibat dosa. 2Ta 35:20-25
o Mereka dapat cepat tanggap terhadap berita gembira pengampunan. 2Ta 33:10-20

Penerapan

1. Bagi pemerintahan dunia
o Allah mengatur urusan semua bangsa.
o Allah mengharapkan ketaatan dari semua bangsa.
o Allah memakai nasib setiap bangsa untuk melaksanakan kehendak-Nya.
o Allah lebih kaya dari kekayaan segala bangsa.

2. Bagi orang-orang Kristen yang percaya
o Sebagai pelaku ibadah:
- Ibadah harus berpusat pada kebesaran Allah
- Ibadah memerlukan ketaatan yang sungguh-sungguh
- Ibadah harus dijaga kekudusannya
- Ibadah berarti menaikkan pujian dengan penuh kegembiraan
- Ibadah menyangkut hal memberi dengan suka cita
o Sebagai pekerja:
- Pelayanan atas dasar kemauan
- Pelayanan harus tepat
- Pelayanan harus ditujukan bagi Allah
o Sebagai murid:
- Kita harus sering memperbarui janji kita.
- Kita harus selalu siap menghadapi pencobaan setiap hari.
- Kita harus mendengarkan suara Tuhan dengan hati-hati.
- Kita harus bertekad untuk menjadi murid yang teguh.

Tema-tema Kunci

1. Kebijaksanaan
Pelajarilah permohonan Salomo, dan perhatikan mengapa Allah berkenan atas permohonan itu dan apa yang kemudian terjadi (2Ta 1:7-17). Apakah kita memasukkan kebijaksanaan dalam doa kita?

2. Rumah Tuhan
Tulislah pelajaran apa saja yang dapat dipelajari dari cara Salomo membangun Rumah Tuhan; hal-hal yang dikatakannya kepada Allah dan apa yang dikatakan Allah kepadanya (2Ta 2:1-7:22).

3. Dukungan rohani
Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman beberapa raja (2Ta 22:3; 24:17-19; 26:5) tentang berkat dan bahaya dari persekutuan dengan orang-orang Kristen yang lebih dewasa?

4. Penderitaan
Penderitaan dapat merupakan pembawa pesan dari Tuhan (2Ta 16:12; 32:24,25; 33:10-13); masalah yang penting ialah bagaimana reaksi kita terhadap penderitaan. Dengan cara apa lagi Allah berbicara pada kita dewasa ini?

5. Perubahan
Kitab ini berisi banyak contoh mengenai raja-raja yang berubah menjadi jahat dan seorang raja yang menjadi baik. Siapakah mereka? Bahaya apa yang diperlihatkan oleh mereka yang tidak setia? Apakah Injil kita mengizinkan adanya perubahan drastis (2Ta 33:1-20)?

6. Pujian
Pelajarilah ajaran yang beguna tentang memuji Allah (2Ta 5:11-14; 6:14-42; 20:15-30). Apa yang dapat dipelajari oleh Gereja dewasa ini mengenai dasar dan isi penyembahan kita?

7. Bimbingan
Kesalahan apa yang terdapat pada cara yang dipakai oleh Ahab dalam mencari bimbingan (2Ta 18:1-34)? Sampai dimana kita membuat kesalahan dalam hal ini?

8. Memberi
Pelajaran penting apa yang diajarkan dalam 2 Tawarikh mengenai memberi (2Ta 24:10; 31:2-21)? Carilah pengajaran serupa dalam Perjanjian Baru.

9. Iman
Tulislah segi apa dalam kehidupan Anda yang memerlukan latihan iman Anda, seperti yang dilakukan oleh Yosafat (2Ta 20:20).

Garis Besar Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31 2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya 2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan

[1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31

2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya
2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan
2Ta 3:1-17Pembangunan Rumah Tuhan
2Ta 4:1-5:1Memperlengkapi Rumah Tuhan
2Ta 5:2-14Tabut Perjanjian dibawa ke Rumah Tuhan
2Ta 6:1-42Pidato dan doa Raja Salomo
2Ta 7:1-10 Raja Salomo meresmikan Rumah Tuhan
2Ta 7:1-22Tuhan berbicara kepada Salomo
2Ta 8:1-18Jasa-jasa Salomo yang lain
2Ta 9:1-12Kunjungan Ratu negeri Syeba
2Ta 9:13-28Kekayaan Raja Salomo
2Ta 9:29-31Kematian Raja Salomo

[2] MASA PEMERINTAHAN PARA PENGGANTI SALOMO 2Ta 10:1-36:23

2Ta 10:1-19Kerajaan terpecah
2Ta 11:1-12:16Rehobeam: kebaikan yang dilakukannya
2Ta 13:1-14:1Abia: bersandar kepada Tuhan
2Ta 14:2-16:14Asa: pada mulanya sangat taat kepada Tuhan
2Ta 17:1-21:3Yosafat: bangga melayani Tuhan
2Ta 21:4-20Yehoram: tidak seorang pun meratapi kematiannya
2Ta 22:1-9Ahazia: dibujuk untuk melakukan kejahatan
2Ta 22:10-24:16Yoas: raja muda yang menjadi pembaharu
2Ta 24:17-27Yoas: tidak patuh kepada Tuhan
2Ta 25:1-28Amazia: pengikut Tuhan yang setengah-setengah
2Ta 26:1-23Uzia: kesombongan menyebabkan kejatuhannya
2Ta 27:1-9Yotam: berjalan dengan teguh mengikuti Tuhan
2Ta 28:1-27Ahas: menyebarkan kejahatan
2Ta 29:1-32:33Hizkia: berhasil dalam setiap usahanya
2Ta 33:1-20Manasye: dalam kekalutan ia mencari Tuhan
2Ta 33:21-25Amon: bertambah-tambah dosanya
2Ta 34:1-35:27Yosia: bertindak sesuai dengan undang-undang
2Ta 36:1-14Yoahas: pemerintahan yang singkat
2Ta 36:5-8Yoyakim: melakukan hal-hal yang dibenci Tuhan
2Ta 36:9,10Yoyakim: melakukan kejahatan di mata Tuhan
2Ta 36:11-14Zedekia: tidak mau berpaling kepada Tuhan
2Ta 36:15-22Jatuhnya Yerusalem
2Ta 36:23Pengharapan untuk masa depan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.63 detik
dipersembahkan oleh YLSA