Daftar Isi
GAMBAR: Manasye
GREEK: 3128 Manasshv Manasses
HEBREW: 4519 hvnm M@nashsheh 4520 yvnm M@nashshiy
BARCLAY: 3128
HAAG: Manasye
TOKOH: Manasye
PEDOMAN: Suku Manasye
BIOTOKOH PL: MANASYE MANASYE
BROWNING: MANASYE
ENSIKLOPEDIA: MANASYE

Manasseh

Dalam versi-versi Alkitab:

Manase: ENDE KL1870
Manases: ENDE
Manasse: KL1863
Manasseh: BABA SBDR
Manasye: BIS FAYH TB TL WBTCDR
Menasjej: LDKDR
orang yang melupakan. Kej 41:51

Gambar

Manasye: selebihnya..
Topik: King Manasseh; Manasseh, King of Judah, in Various Compositions; Other Portraits of Manasseh, King of Judah
NETBible Maps:
Indo3 B3

Yunani

Strongs #3128: Manasshv Manasses

Manasseh = "forgetting"

1) the first born son of Joseph
2) the son of Hezekiah, king of Judah

3128 Manasses man-as-sace'

of Hebrew origin (4519); Mannasses (i.e. Menashsheh), an Israelite: KJV -- Manasses.
see HEBREW for 04519

Ibrani

Strongs #04519: hvnm M@nashsheh

Manasseh = "causing to forget"

1) the eldest son of Joseph and progenitor of the tribe of Manasseh
1a) the tribe descended from Manasseh
1b) the territory occupied by the tribe of Manasseh
2) son of king Hezekiah of Judah and himself king of Judah; he was
the immediate and direct cause for the exile
3) a descendant of Pahath-moab who put away a foreign wife in the time
of Ezra
4) a descendant of Hashum who put away a foreign wife in the time of Ezra

4519 Mnashsheh men-ash-sheh'

from 5382; causing to forget; Menashsheh, a grandson of Jacob, also the tribe descended from him, and its territory: KJV -- Manasseh.
see HEBREW for 05382

Strongs #04520: yvnm M@nashshiy

Manassites = Manasseh "causing to forget"

1) descendants of Manasseh, son of Joseph and grandson of Jacob
1a) specifically used only of that half that lived east of the Jordan

4520 Mnashshiy men-ash-shee'

from 4519; a Menashshite or descendant of Menashsheh: KJV -- of Manasseh, Manassites.
see HEBREW for 04519

[Barclay]

Strongs #3128:

h akusatif h [maskulin] Manasye: (1) anak dari Yusuf, suku keturunan Israel (Why 7.6); (2) nama dalam silsilah Yesus (Mat 1.10)

Manasye [haag]

Manasye. (Bhs. Ibr.: orang yang membuat lupa).

  1. (1) M, --> eponim suku M, putera sulung Yusuf (Kej 41:51). Di kemudian harinya ia diangkat anak oleh Yakub, namun kehilangan hak kesulungan (Kej 48:1-20). --> Efraim.
  2. (2) Suku ~M tidak disebutkan di dalam --> Berkat Yakub. Di dalam --> berkat Musa ~M digabungkan dengan Efraim di bawah Yusuf. Menurut Bil 32:33, Ul 3:13-15, separoh dari suku ini mendiami daerah di sebelah timur Yordan. Sebagian tinggal sampai di daerah Libanon (1Taw 5:25-26). Agama penghuni asli diambil-alihnya dan mereka dibuang oleh Tiglat-Pileser III. Separoh lainnya bergerak bersama-sama dengan para keturunan Efraim (Hak 1:27) menuju ke daerah di sebelah barat Yordan (Yos 17:1-10). Pandangan yang lebih baru berpendapat, bahwa mereka bergerak berbalikkan arah. Mereka bergerak dari daerah di sebelah barat menuju ke daerah di sebelah timur di Yordan timur. Peta PA C5.
  3. (3) Raja Yehuda yang ke-14 (696-642), putera Hizkia (2Raj 21:1-18; 2Taw 33:1-20). Raja ~M membayar upeti kepada Asyur. Pengaruh Asyur terbukti di dalam tingkah-lakunya, karena ia membiarkan berdirinya tempat-tempat kudus lokal dan pemujaan ibadat Baal, ibadat Astarte maupun tentara langit (Yer 7:18; 8:2; 44:19). Ia hancurkan para penentang ibadat tersebut tanpa ampun. Kitab 2Taw 33:11 memberitakan soal pembuangan untuk sementara waktu bagi ~M ke Babilon. Di situ ia menyesali hidupnya dan bertobat. Sebuah tulisan apokrif "Doa ~M" ada hubungannya dengan peristiwa itu tadi (: yang dijadikan susulan dalam kebanyakan terbitan Vulgat). Tulisan itu merupakan sebuah nyanyian ratap atau mazmur tobat yang berasal dari bangsa Yahudi dari zaman antara abad 2 seb. Mas. dan abad 1 ses. Mas.

Manasye [tokoh]

Manasye

  1. Suku diberkati (Ul 33:17), dihitung (Bil 1:35; 26:34), diberikan separuh dari tanah di sebelah timur sungai Yordan (dalam Bil 32:1-42; Yos 13:8-33), separuh di sebelah barat (dalam Yos 17:1-18; Yeh 48:4), tak berhasil menduduki seluruhnya (Yos 17:12-13; Hak 1:27).
  2. 12.000 dari (Wahy 7:6).
  3. Pertobatan (2Taw 33:12-19).

Suku Manasye [pedoman]

  1. 1. Keturunan anak sulung Yusuf yang dijadikan anak angkat oleh Yakub.
  2. Kej 41:51; 48:5
  3. 2. Nubuat-nubuat tentang - .
  4. Kej 48:20; 49:22-26; Ul 33:13-17
  5. 3. Orang-orang yang terpilih dari - :
    1. 3.1 Untuk menghitung bani Israel.
    2. Bil 1:10
    3. 3.2 Untuk mengintai Kanaan.
    4. Bil 13:11
    5. 3.3 Untuk membagi tanah Kanaan.
    6. Bil 34:23
  6. 4. Kekuatan - pada waktu meninggalkan Mesir.
  7. Bil 1:34,35
  8. 5. Pasukan bani Israel yang ketiga dalam perjalanan mereka.
  9. Bil 10:22,23
  10. 6. Berkemah dekat dan di bawah panji-panji Efraim di sebelah barat Kemah
  11. Pertemuan.
    Bil 2:18,20
  12. 7. Persembahan - pada waktu Kemah Pertemuan ditahbiskan.
  13. Bil 7:54-59
  14. 8. Bani - .
  15. Bil 26:29-33
  16. 9. Kekuatan - pada waktu masuk negeri Kanaan.
  17. Bil 26:34
  18. 10. Digunung Gerizim memberikan berkat.
  19. Ul 27:12
  20. 11. Sebagian dari - mendapat tanah pusaka di sebelah timur sungai Yordan.
  21. Bil 32:33,39-42; Yos 13:29,31
  22. 12. Separuh tanah pusaka yang lain.
  23. Yos 17:1-11
  24. 13. Tidak dapat mengusir orang Kanaan, tetapi menjadikan mereka sebagai
  25. orang rodi.
    Yos 17:12,13; Hak 1:27,28
  26. 14. Beberapa dari - :
    1. 14.1 Membantu Daud melawan Saul.
    2. 1Taw 12:19-21
    3. 14.2 Hadir pada waktu Daud dinobatkan.
    4. 1Taw 12:31-37
    5. 14.3 Patuh kembali kepada keluarga Daud pada zaman kerajaan Asa.
    6. 2Taw 15:9
    7. 14.4 Hadir pada masa Paskah Hizkia.
    8. 2Taw 30:1,11,18
  27. 15. Kepala-kepala suku dan panglima tentara - diangkat oleh Daud.
  28. 1Taw 26:32; 27:20,21
  29. 16. Seringkali berperang dengan Efraim.
  30. Hak 12:1,6; Yes 9:20
  31. 17. Negeri - disucikan dari berhala-berhala oleh Hizkia dan Yosia.
  32. 2Taw 31:1; 34:6
  33. 18. Orang-orang - yang penting:
    1. 18.1 Abimelekh.
    2. Hak 9:1
    3. 18.2 Anak-anak perempuan Zelafehad.
    4. Bil 27:1-7
    5. 18.3 Barzilai.
    6. 2Sam 17:27
    7. 18.4 Elia.
    8. 1Raj 17:1
    9. 18.5 Gideon.
    10. Hak 6:15
    11. 18.6 Yair.
    12. Hak 10:3
    13. 18.7 Yefta.
    14. Hak 11:1
    15. 18.8 Yotam.
    16. Hak 9:5,7,21

MANASYE (a) [biotokoh pl]

Arti nama:MENYEBABKAN LUPA
AyahYusuf -Kejadian 41:51
IbuAsnat - Kejadian 41:50
Anak laki-lakiMakhir dan Asriel - Bilangan 26:29-31, 1 Tawarikh 7:14
Saudara laki-lakiEfrayim - Kejadian 41:52
Disebut pertamaKejadian 41:51
Namanya disebut28 kali
Kitab yang menyebut6 buku : Kejadian, Bilangan, Ulangan, Yosua, 1 Raja-raja, 1 Tawarikh
Terakhir disebut1 Tawarikh 7:17
Fakta pentingIA ANAK SULUNG YUSUF (KEJADIAN 41:51).

MANASYE (b) [biotokoh pl]

Arti nama:MENYEBABKAN LUPA
AyahHizkia - 2 Raja-raja 20:21
IbuHefsibah - 2 Raja-raja 21:1
IstriMesulemet - 2 Raja-raja 21:1
Anak laki-lakiAmon - 2 Raja-raja 21:18
Disebut pertama2 Raja-raja 20:21
Namanya disebut26 kali
Kitab yang menyebut5 buku : 2 Raja-raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Yeremia, Matius.
PekerjaanRaja Yehuda - 2 Raja-raja 21:17
Tempat kelahiranYerusalem
Tempat kematianYerusalem, dikubur di taman istana - 2 Raja-raja 21:18
Terakhir disebutMatius 1:20
Fakta pentingIA RAJA YEHUDA YANG PALING JAHAT TETAPI IA BERBALIK KEPADA ALLAH DAN DISELAMATKAN (2 Tawarikh 33:12-17).

MANASYE [browning]

1) Putra *Yusuf, abang dari *Efraim (Kej. 48:1). Dalam sejarah bangsa Israel, suku yang lebih lemah dari suku Efraim (Kej. 48:19). 2) Putra *Hizkia dan raja *Yehuda (698-642 sM), yang menurut 2 Raja-raja menjungkirbalikkan seluruh reformasi keagamaan dari bapaknya. Dia bahkan mengorbankan anaknya sendiri (2Raj. 21:6). Dia setia kepada maharaja *Asyur yang menjadi atasannya dan pernah sekali membantu *Asur-banipal dalam mencari dukungan melawan *Mesir. Tetapi, pernah juga ia dicurigai menggalang pengkhianatan dan dipenjarakan (2Taw. 33:11) mungkin pada 652-649 sM. Selama penaklukan Yehuda oleh Asyur, tidak dapat dielakkan bahwa harus ada penyusupan unsur-unsur keagamaan kerajaan Asyur itu dan bahwa hal itu dikutuk oleh penyembah Yahweh yang taat. Menurut 2Taw. 33, ia bertobat, tetapi tidak ada berita seperti itu dalam Kitab Raja-raja. Mungkin itu adalah cara atau upaya penulis Kitab Tawarikh menjelaskan masa pemerintahan Raja Manasye yang panjang itu.

MANASYE [ensiklopedia]

('membuat lupa').

1. Anak sulung Yusuf, lahir di Mesir dari seorang perempuan Mesir bernama Asnat, putri dari Potifera, imam di On (Kej 41:51). Israel menerima Manasye dan Efraim sebagai sederajat dengan Ruben dan Simeon, tapi Manasye kehilangan hak sulungnya (bekhor), yg beralih kepada adiknya Efraim (Kej 48:5, 14). Cerita yg sejajar, sudah tua dan menarik perhatian, terdapat dalam sastra Ugarit, Keret Legend (Tab. 128, III. 15), 'Yang bungsu dari mereka akan saya angkat menjadi anak sulung (abrkn)'.

2. Suku Manasye berkembang dari 7 keluarga: satu dari Makhir, dan 6 yg lain dari Gilead. Mereka mempunyai tanah yg menghampar di kedua tepian S Yordan. Bagian timur diberikan oleh Musa, dan bagian barat oleh Yosua (Yos 22:7). Sesudah bangsa Israel menyeberangi S Yordan dan menduduki tanah Kanaan, Yosua mengizinkan setengah suku Manasye bersama suku Ruben dan Gad kembali ke daerah raja Sihon, raja negeri Hesybon, dan raja Og, raja negeri Basan, yg sudah mereka taklukkan (Bil 32:33). Bagian timur dari wilayah setengah suku Manasye meliputi sebagian tanah Gilead dan seluruh Basan (Ul 3:13).

Suku yg setengah lagi, yg di sebelah barat, mendapat tanah yg baik di sebelah utara Efraim dan sebelah selatan Zebulon dan Isakhar (Yos 17:1-12). Bagian barat dibagi menjadi 10 bagian: 5 bagian untuk keluarga-keluarga yg mempunyai keturunan laki-laki, dan 5 bagian lagi untuk keluarga Manasye yg keenam, yaitu keturunan Hefer, yg semuanya anak perempuan dari Zelafehad (Yos 17:3). Manasye bagian barat mencakup beberapa kota benteng Kanaan, di antaranya Megido, Taanakh, Yibleam dan Bet-Sean. Mereka gagal menaklukkan kota-kota benteng ini, tapi akhirnya memaksa penduduknya membayar upeti. Kendati bagian Manasye dan Efraim, suku keturunan Yusuf, sudah luas, mereka masih mengeluh kepada Yosua untuk meminta lebih banyak tanah. Sebagai jawabnya Yosua menganjurkan supaya mereka menunjukkan kebesarannya dengan membuka daerah hutan yg masih tersedia (Yos 17:14-18). Golan, suatu kota di daerah Basan, di wilayah Manasye timur, adalah satu dari 6 'kota perlindungan' (Yos 20:8; 21:27).

Suku ini termasyhur karena keberaniannya; di antara pahlawannya ialah Gideon di wilayah barat (Hak 6:15), dan Yefta di wilayah timur (Hak 11:1). Beberapa orang dari suku Manasye menyeberang memihak kepada Daud di Ziklag (1 Taw 12:19, 20), dan memberontak juga di Hebron untuk menopang Daud (ay 31). Orang Manasye terdapat di antara orang-orang yg dibuang ke Asyur oleh Tiglat-Pileser (1 Taw 5:18-26).

\\==> Image 00170\\

Terdapat beberapa kesukaran dalam Silsilah suku Manasye, yg tertulis dalam Bil 26:28-34; Yos 17:1-3; 1 Taw 2:21-23; 7:14-19 (lih HDB ttg 'Manasye'). Tapi jika 1 Taw 7:14-15 dianggap sudah rusak, maka kecocokan dapat dipulihkan. Mungkin sekali kata-kata 'Hupim dan Supim' adalah kata-kata keterangan yg ditambahkan (glose) untuk ay 15 dari ay 12, dan mungkin sekali kata 'Asriel' adalah sisipan (ditograf).

Jika naskah Ibrani dari ay-ay ini dibandingkan dengan LXX, Pesyita dari Aram dan Vulg, maka terlihat bahwa naskah asli mungkin berbunyi sebagai berikut, 'Anak Manasye (Asriel) ... yg ... oleh gundiknya dari Aram ... melahirkan Makhir, bapak Gilead, dan Makhir mengambil seorang istri ... dan nama adiknya Maakha dan nama ... Zelafehad dan Zelafehad mempunyai anak-anak perempuan...' Lepas dari ay-ay ini, Silsilah-Silsilah itu konsekuen, seperti dapat dilihat di atas.

3. Anak dari Hizkia dan Hefzibah. Ia mulai memerintah di Yerusalem pada usia 12 thn dan memerintah selama 55 thn (2 Raj 21:1; 2 Taw 33:1). Mungkin ia memerintah bersama bapaknya dari thn 696-686 sM, dan memerintah sendirian thn 686-642 sM (E. R Thiele, The Mysterious Numbers of the Hebrew Kings, 1951, hlm 154 dst). Dalam pemerintahannya hidup keagamaan merosot karena penindasan oleh Asyur dan godaan dari agamanya. Akibatnya timbul sinkretisme dengan penyembahan terhadap Baal, kebaktian terhadap Astarte di 'bukit-bukit pengorbanan', ibadah terhadap bintang-bintang, dengan spiritisme (hubungan dgn roh-roh) dan ilmu ramal. Pemerintahannya yg cukup lama ditandai dengan banyak pertumpahan darah dan sifat-sifat reaksioner, terkenal buruknya karena mendirikan mezbah yg terlarang di pelataran Bait Suci, dan 'mempersembahkan anaknya sebagai korban dalam api' di lembah BenHinom.

Nama 'Manasye, raja Yehuda' terdapat pada Prisma Esar-Hadon (Me-na-si-i syar la-u-di), dan di Prisma Asyurbanipal (Mi-ni-si-e syar la-u-do, di antara 22 raja pembayar upeti kepada Asyur (ANET, hlm 291, 294). Penulis Taw menceritakan mengenai Manasye dibawa tertawan ke Babel, mengenai pertobatannya dan pembebasannya (2 Taw 33:10-13). Sejajar dengan cerita ini ialah penawanan dan kemudian pembebasan dari Nekho I, raja Mesir, oleh Asyurbanipal (Rassam Cylinder, ANET, hlm 295). Pada pemerintahan Manasye terjadi pemberontakan terhadap Asyur, yg memihak kepada Syamasy-syum-ukin, yaitu raja muda Babel, dan mungkin sekali Manasye terlibat di dalamnya (ANET, hlm 298). Pembaharuannya itu rupanya tidak mendalam sekali dan akhirnya terhapus dalam pemerintahan anaknya. RJAS/MHS/HAO




TIP #09: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab dan catatan hanya seukuran layar atau memanjang. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA