kecilkan semua  

Teks -- 2 Korintus 3:1-18 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pelayan-pelayan perjanjian yang baru
3:1 Adakah kami mulai lagi memujikan diri kami? Atau perlukah kami seperti orang-orang lain menunjukkan surat pujian kepada kamu atau dari kamu? 3:2 Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. 3:3 Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia. 3:4 Demikianlah besarnya keyakinan kami kepada Allah oleh Kristus. 3:5 Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah. 3:6 Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan. 3:7 Pelayanan yang memimpin kepada kematian terukir dengan huruf pada loh-loh batu. Namun demikian kemuliaan Allah menyertainya waktu ia diberikan. Sebab sekalipun pudar juga, cahaya muka Musa begitu cemerlang, sehingga mata orang-orang Israel tidak tahan menatapnya. Jika pelayanan itu datang dengan kemuliaan yang demikian 3:8 betapa lebih besarnya lagi kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh! 3:9 Sebab, jika pelayanan yang memimpin kepada penghukuman itu mulia, betapa lebih mulianya lagi pelayanan yang memimpin kepada pembenaran. 3:10 Sebenarnya apa yang dahulu dianggap mulia, jika dibandingkan dengan kemuliaan yang mengatasi segala sesuatu ini, sama sekali tidak mempunyai arti. 3:11 Sebab, jika yang pudar itu disertai dengan kemuliaan, betapa lebihnya lagi yang tidak pudar itu disertai kemuliaan. 3:12 Karena kami mempunyai pengharapan yang demikian, maka kami bertindak dengan penuh keberanian, 3:13 tidak seperti Musa, yang menyelubungi mukanya, supaya mata orang-orang Israel jangan melihat hilangnya cahaya yang sementara itu. 3:14 Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya. 3:15 Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka. 3:16 Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya. 3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. 3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Perjanjian | Orang Yahudi | Telekung (Tudung Muka) | Hamba Tuhan | Mulia, Kemulian | Musa | Hukum, Hukum Musa | Surat Wasiat | Merdeka, Kemerdekaan Kristen | Kasih Karunia | Lahir, Kelahiran Kembali | Pandai, Kepandaian (Keahlian) | Teladan Kristus | Percaya Kepercayaan | Injil | Mulia, Kemulian Kristus | Hidup Rohani | Firman Tuhan | Buta, Buta Rohani | Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Kor 3:3 - DITULIS ... PADA LOH-LOH DAGING, YAITU DI DALAM HATI MANUSIA. Nas : 2Kor 3:3 Di bawah perjanjian baru yang diteguhkan dengan darah Kristus (Mat 26:28), Roh Kudus menuliskan hukum Allah, bukan pada loh-loh batu...

Nas : 2Kor 3:3

Di bawah perjanjian baru yang diteguhkan dengan darah Kristus (Mat 26:28), Roh Kudus menuliskan hukum Allah, bukan pada loh-loh batu seperti di gunung Sinai (Kel 31:18), melainkan pada "loh-loh ... hati manusia"

(lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).

Orang percaya memiliki hukum Allah dalam hati mereka, dan melalui kuasa Roh mereka sanggup menaatinya

(lihat cat. --> Yer 31:33;

lihat cat. --> Yeh 11:19).

[atau ref. Yer 31:33; Yeh 11:19]

Hukum yang ada di dalam batin ini terdiri atas kasih kepada Allah dan kepada orang lain (bd. Mat 22:34-40; Rom 13:8-10).

Full Life: 2Kor 3:6 - HUKUM YANG TERTULIS MEMATIKAN. Nas : 2Kor 3:6 Sebenarnya bukanlah hukum atau Firman Allah yang tertulis itu sendiri yang membinasakan, melainkan tuntutan hukum tanpa hidup dan ku...

Nas : 2Kor 3:6

Sebenarnya bukanlah hukum atau Firman Allah yang tertulis itu sendiri yang membinasakan, melainkan tuntutan hukum tanpa hidup dan kuasa Roh itulah yang membawa hukuman (ayat 2Kor 3:7,9; bd. Yer 31:33; Rom 3:31;

lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Melalui keselamatan dalam Kristus, Roh mengaruniakan hidup dan kuasa rohani kepada orang percaya agar mereka dapat memenuhi kehendak Allah. Dengan Roh Kudus, hukum yang tertulis itu tidak lagi mematikan.

Full Life: 2Kor 3:8 - PELAYANAN ROH. Nas : 2Kor 3:8 Paulus menyebut perjanjian yang baru itu "pelayanan Roh". Melalui iman dalam Kristus seorang menerima Roh Kudus, dilahirkan kembali ...

Nas : 2Kor 3:8

Paulus menyebut perjanjian yang baru itu "pelayanan Roh". Melalui iman dalam Kristus seorang menerima Roh Kudus, dilahirkan kembali

(lihat art. PEMBAHARUAN)

dan dijanjikan baptisan dalam Roh (Kis 1:8; 2:4). Semua manfaat penebusan dalam Kristus datang melalui Roh itu. Dia yang mengantar kehadiran Kristus dengan segala berkat-Nya (ayat 2Kor 3:9;

lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).

Full Life: 2Kor 3:17 - ROH ... DI SITU ADA KEMERDEKAAN. Nas : 2Kor 3:17 Kemerdekaan yang datang melalui Kristus (Gal 5:1) pertama-tama dan terutama merupakan pembebasan dari hukuman dan perbudakan dosa (...

Nas : 2Kor 3:17

Kemerdekaan yang datang melalui Kristus (Gal 5:1) pertama-tama dan terutama merupakan pembebasan dari hukuman dan perbudakan dosa (ayat 2Kor 3:7-9; Rom 6:6,14; 8:2; Ef 4:22-24; Kol 3:9-10) dan seluruh kuasa Iblis (Kis 26:18; Kol 1:13; 1Pet 5:8).

  1. 1) Pembebasan sebenarnya dimulai dengan bersatunya orang percaya dengan Kristus (Kis 4:12; Ef 1:7) dan penerimaan Roh Kudus

    (lihat art. PEMBAHARUAN).

    Pembebasan dari perhambaan rohani dipelihara melalui Roh yang berdiam dalam diri secara terus-menerus dan melalui ketaatan terhadap bimbingan-Nya (Rom 8:1-dst.; Gal 5:18; bd. Yoh 15:1-11).
  2. 2) Kemerdekaan yang disediakan oleh Kristus bukanlah kemerdekaan agar orang percaya melakukan apa saja yang mereka inginkan (1Kor 10:23-24), tetapi untuk melakukan apa yang harus mereka lakukan (Rom 6:18-23). Kemerdekaan rohani sama sekali tidak boleh dipakai untuk menutupi kejahatan atau untuk membenarkan pertengkaran (Yak 4:1-2; 1Pet 2:16-23). Pembebasan Kristen memerdekakan orang percaya untuk melayani Allah (1Tes 1:9) dan orang lain (1Kor 9:19) dalam jalan kebenaran (Rom 6:18-dst.). Sekarang kita menjadi budak Kristus (Rom 1:1; 1Kor 7:22; Fili 1:1) yang hidup bagi Allah oleh kasih karunia (Rom 5:21; 6:10-13).

Full Life: 2Kor 3:18 - MENCERMINKAN KEMULIAAN TUHAN. Nas : 2Kor 3:18 Sementara kita mengalami kehadiran yang akrab, kasih, kebenaran dan kuasa Kristus melalui doa dan Roh Kudus, maka dihasilkan peruba...

Nas : 2Kor 3:18

Sementara kita mengalami kehadiran yang akrab, kasih, kebenaran dan kuasa Kristus melalui doa dan Roh Kudus, maka dihasilkan perubahan dalam diri kita yang menjadikan kita semakin serupa dengan-Nya (2Kor 4:6; bd. Kol 1:15; Ibr 1:3). Dalam zaman ini perubahan itu bersifat progresif dan belum sempurna. Namun, pada saat Kristus datang kembali, kita akan berhadapan muka dengan Dia dan perubahan kita akan menjadi sempurna (1Yoh 3:2; Wahy 22:4).

BIS: 2Kor 3:16 - Ayat 16 dapat diterjemahkan Ayat 16 dapat diterjemahkan: Tetapi selubung itu dapat diangkat daripadanya, sebagaimana Alkitab mengatakan tentang Musa: "Selubungnya diangkat daripa...

Ayat 16 dapat diterjemahkan: Tetapi selubung itu dapat diangkat daripadanya, sebagaimana Alkitab mengatakan tentang Musa: "Selubungnya diangkat daripadanya ketika dia menghadap Tuhan."

Jerusalem: 2Kor 2:14--7:4 - -- Bagian ini menyimpang dari jalan pikiran mengenai beberapa peristiwa yang dialami Paulus, 2Ko 2:13, diteruskan dalam 2Ko 7:5. Bagian 2Ko 2:14-7:4 meng...

Bagian ini menyimpang dari jalan pikiran mengenai beberapa peristiwa yang dialami Paulus, 2Ko 2:13, diteruskan dalam 2Ko 7:5. Bagian 2Ko 2:14-7:4 menguraikan tentang karya kerasulan.

Jerusalem: 2Kor 3:1 - surat pujian Orang menegur Paulus oleh karena memuji dirinya sendiri, bdk 2Ko 5:12, pada hal pemberita-pemberita Injil lain membawa surat pujian dari jemaat-jemaat...

Orang menegur Paulus oleh karena memuji dirinya sendiri, bdk 2Ko 5:12, pada hal pemberita-pemberita Injil lain membawa surat pujian dari jemaat-jemaat lain, bdk Kis 18:27. Paulus menjawab: hasil karya kerasulan, yaitu jemaat-jemaat yang didirikannya dan yang merupakan hasil karya Roh Kudus, menjadi surat pujiannya. Karena itu surat-surat pujian lain tidak perlu lagi, sama seperti perjanjian baru, yaitu perjanjian dalam Roh Kudus, sudah membuat perjanjian lama tidak berguna lagi (2Ko 3:4-17). Apa yang dikatakan Paulus di sini bukan hanya permainan kata saja, terutama jika para lawannya di Korintus adalah orang Kristen keturunan Yahudi yang membanggakan hukum Taurat.

Jerusalem: 2Kor 3:2 - hati kami Var: hati kamu.

Var: hati kamu.

Jerusalem: 2Kor 3:3 - loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia Harafiah: loh-loh hati kedagingan. Paulus menyinggung baik hukum Taurat yang ditulis pada loh-loh batu di gunung Sinai, Kel 24:12, maupun apa yang dik...

Harafiah: loh-loh hati kedagingan. Paulus menyinggung baik hukum Taurat yang ditulis pada loh-loh batu di gunung Sinai, Kel 24:12, maupun apa yang dikatakan nabi Yehezkiel tentang "hati membatu" dan "hati mendaging", Yeh 36:26.

Jerusalem: 2Kor 3:6 - hukum yang tertulis mematikan Harafiah: huruf mematikan. Bdk Rom 7:7+. Yang dimaksudkan ialah hukum Taurat tertulis yang lahiriah. Ini dibandingkan dengan Roh Kudus, hukum batiniah...

Harafiah: huruf mematikan. Bdk Rom 7:7+. Yang dimaksudkan ialah hukum Taurat tertulis yang lahiriah. Ini dibandingkan dengan Roh Kudus, hukum batiniah. Jadi tidak dimaksudkan "huruf" salah satu nas, yang diperlawankan dengan "rohnya", maksud yang sebenarnya.

Jerusalem: 2Kor 3:7 - sekalipun pudar juga Bdk Kel 34:30. Menurut pengertian Paulus kemuliaan yang hanya untuk sementara waktu memancar dari wajah Musa itu menyatakan bahwa perjanjian lama juga...

Bdk Kel 34:30. Menurut pengertian Paulus kemuliaan yang hanya untuk sementara waktu memancar dari wajah Musa itu menyatakan bahwa perjanjian lama juga hanya sementara saja, 2Ko 3:11.

Jerusalem: 2Kor 3:13 - -- Musa menyelubungi mukanya, supaya orang Israel tidak melihat bahwa kemuliaan Allah yang merobah air muka Musa hanya sementara saja. Ini suatu tafsir y...

Musa menyelubungi mukanya, supaya orang Israel tidak melihat bahwa kemuliaan Allah yang merobah air muka Musa hanya sementara saja. Ini suatu tafsir yang mungkin juga atas sebuah ayat yang kabur sekali, Kel 34:33 dst.

Jerusalem: 2Kor 3:14 - tanpa disingkapkan Terjemahan lain: Sebab belum juga disingkapkan bagi mereka bahwa Kristus membatalkan perjanjian itu.

Terjemahan lain: Sebab belum juga disingkapkan bagi mereka bahwa Kristus membatalkan perjanjian itu.

Jerusalem: 2Kor 3:17 - Tuhan adalah Roh Ungkapan ini sangat padat isinya. Dengan tidak menyangkal bahwa Kristus berbeda dengan Roh Kudus, sebagaimana dengan jelas dikatakan dalam surat ini, ...

Ungkapan ini sangat padat isinya. Dengan tidak menyangkal bahwa Kristus berbeda dengan Roh Kudus, sebagaimana dengan jelas dikatakan dalam surat ini, 2Ko 1:20-23; 13:13+, ungkapan itu menyatakan bahwa karya Kristus dan karya Roh Kudus adalah satu dan sama dalam kedua perjanjian. Melanjutkan pikiran itu teologi kemudian mengatakan bahwa segala karya Allah dikerjakan oleh ketiga diri ilahi. Ada tafsir lain yang berpendapat bahwa "Tuhan" dalam 2Ko 3:17 adalah sama dengan "Tuhan" dalam 2Ko 3:16, jadi Allah: Waktu kembali menghadap Tuhan Musa mengambil selubungnya, Kel 34:34. Maksud Paulus menurut tafsir ini ialah: Tuhan yang kembali dihadapi Musa itu tidak lain kecuali Roh Kudus yang kini dihadapi orang Kristen.

Jerusalem: 2Kor 3:18 - mencerminkan Terjemahan lain: memandang seperti dalam cermin. Tetapi terjemahan lain ini agaknya kurang tepat. Perbandingan yang dibentangkan dalam 2Ko 3:7-15 di s...

Terjemahan lain: memandang seperti dalam cermin. Tetapi terjemahan lain ini agaknya kurang tepat. Perbandingan yang dibentangkan dalam 2Ko 3:7-15 di sini diteruskan. Berbeda dengan Musa muka kita tidak berselubung sehingga secara tetap dan tidak hanya untuk sementara waktu, bdk 2Ko 3:13+, mencerminkan kemuliaan Allah

Jerusalem: 2Kor 3:18 - kemuliaan Tuhan Ialah kemuliaan Tuhan Yesus Kristus, sebab "kemuliaan Allah nampak pada wajah Kristus", 2Ko 4:6

Ialah kemuliaan Tuhan Yesus Kristus, sebab "kemuliaan Allah nampak pada wajah Kristus", 2Ko 4:6

Jerusalem: 2Kor 3:18 - dari Tuhan yang adalah Roh Terjemahan lain: dari Roh Tuhan

Terjemahan lain: dari Roh Tuhan

Jerusalem: 2Kor 3:18 - serupa dengan gambarNya Berbeda dengan Musa yang kemuliaannya makin pudar, 2Ko 3:7-13, orang Kristen semakin memancarkan kemuliaan Allah karena oleh Roh Kudus dirobah menjadi...

Berbeda dengan Musa yang kemuliaannya makin pudar, 2Ko 3:7-13, orang Kristen semakin memancarkan kemuliaan Allah karena oleh Roh Kudus dirobah menjadi sebuah gambar Allah dalam Kristus, yang semakin sempurna.

Ende: 2Kor 3:1 - Surat pudjian Biasanja orang asing jang hendak mengadjar dalam suatu kota atau perkumpulan, harus menundjukkan suatu "surat pudjian" atau "surat kepertjajaan" untuk...

Biasanja orang asing jang hendak mengadjar dalam suatu kota atau perkumpulan, harus menundjukkan suatu "surat pudjian" atau "surat kepertjajaan" untuk diperbolehkan berbitjara.

Ende: 2Kor 3:2-5 - -- Bahasa kiasan agak kabur. Dapat disadur kira-kira seperti berikut. Tidak perlu surat pudjian. Adanja dan keadaan umat tjukup membuktikan bahwa ia rasu...

Bahasa kiasan agak kabur. Dapat disadur kira-kira seperti berikut. Tidak perlu surat pudjian. Adanja dan keadaan umat tjukup membuktikan bahwa ia rasul Kristus sedjati. Tiap orang tahu bahwa ia mendirikannja sambil Allah dan Roh Kudus dengan tanda-tanda adjaib dan dengan memberi kurnia-kurnia jang njata membuktikan bahwa ia rasul Kristus. Tiap-tiap orang tahu djuga betapa besar tjintanja kepada umat. Aneh sekali bahwa ia terpaksa harus membela diri didepan umat.

Ende: 2Kor 3:6 - -- Paulus mulai membandingkan hukum taurat dengan Indjil. Dari hal ini terang, bahwa penentang-penentang Paulus, jang dinamakannja rasul-rasul palsu, ada...

Paulus mulai membandingkan hukum taurat dengan Indjil. Dari hal ini terang, bahwa penentang-penentang Paulus, jang dinamakannja rasul-rasul palsu, adalah saudara-saudara bangsa Jahudi dari umat Palestina, jang mengandjurkan persunatan dan penganutan hukum taurat serta adat-istiadat Jahudi.

Ende: 2Kor 3:6 - Berbentuk huruf "berbentuk roh": Maksud bahasa kiasan ini: Hukum taurat, seperti ditafsirkan dan diamalkan oleh orang Jahudi jang mengutamakan ketaatan lahiriah sadja...

"berbentuk roh": Maksud bahasa kiasan ini: Hukum taurat, seperti ditafsirkan dan diamalkan oleh orang Jahudi jang mengutamakan ketaatan lahiriah sadja, sedangkan Indjil mengutamakan hidup batiniah jang dihidupkan oleh Roh Kudus.

Ende: 2Kor 3:7 - Pelajanan Maut Hukum taurat ditafsirkan oleh orang Jahudi demikian rupa, sehingga mematikan hidup dan tjita-tjita rohani. Bdl. Rom 7:11. Tetapi pada pokoknja, seper...

Hukum taurat ditafsirkan oleh orang Jahudi demikian rupa, sehingga mematikan hidup dan tjita-tjita rohani. Bdl. Rom 7:11. Tetapi pada pokoknja, seperti diberikan oleh Allah, taurat benar bertudjuan luhur, dan sebab itu djuga diberikan dengan upatjara mulia.

Ende: 2Kor 3:8 - Pelajanan Roh pelajanan Indjil jang dipimpin oleh roh Kudus.

pelajanan Indjil jang dipimpin oleh roh Kudus.

Ende: 2Kor 3:12 - Pengharapan jaitu pengharapan akan beroleh kemuliaan abadi jang dimaksudkan dalam 2Ko 3:11 tadi.

jaitu pengharapan akan beroleh kemuliaan abadi jang dimaksudkan dalam 2Ko 3:11 tadi.

Ende: 2Kor 3:13 - -- Tentang hal berselubungnja wadjah Moses dapat kita batja dalam Exod. (II Mos) Kel 34:29-35. Paulus menafsirkan kedjadian itu sangat bebas sebagai suat...

Tentang hal berselubungnja wadjah Moses dapat kita batja dalam Exod. (II Mos) Kel 34:29-35. Paulus menafsirkan kedjadian itu sangat bebas sebagai suatu pelambang, bahwa hukum taurat tidak sederadjat dengan Indjil. Ia menerangkan bahwa Moses menutup wadjahnja jang bertjahaja itu, supaja orang-orang Israel djangan melihat bahwa tjahaja itu sedang susut dan akan hilang. Tjahaja ditafsirkan Paulus pula sebagai kemuliaan hukum taurat, dan penjelubungan itu sebagai tanda bahwa Moses tidak berani menjatakan segala rahasia hukum itu kepada rakjat, chususnja bahwa hukum itu tidak mutlak, hanja untuk sementara dan akan diganti dengan suatu hukum jang sempurna, djadi Moses sebenarnja menjelubungi hukum taurat.

Ende: 2Kor 3:14-15 - -- Selubung itu masih menutup hukum itu sehingga orang-orang Jahudi masih belum melihat rahasia-rahasia tersebut, dan belum mengerti nubuat-nubuat Kitab ...

Selubung itu masih menutup hukum itu sehingga orang-orang Jahudi masih belum melihat rahasia-rahasia tersebut, dan belum mengerti nubuat-nubuat Kitab Kudus tentang Mesias, lagi tidak melihat nubuat-nubuat itu sudah terpenuhi pada Jesus, dan seluruh hukum taurat telah terlebur dalam Indjil.

Ende: 2Kor 3:16 - Berpaling Bagi orang jang bukan tegar hati, jang hendak menjelidiki Kitab kudus untuk mengenal Mesias dengan djudjur, selubung disingkat.

Bagi orang jang bukan tegar hati, jang hendak menjelidiki Kitab kudus untuk mengenal Mesias dengan djudjur, selubung disingkat.

Ende: 2Kor 3:17 - -- Tuhan adalah roh itu". "Roh" disini agaknja sama artinja seperti dalam 2Ko 3:6, jaitu roh hukum. Isi Indjil adalah roh Kristus, jang djuga sekedar hid...

Tuhan adalah roh itu". "Roh" disini agaknja sama artinja seperti dalam 2Ko 3:6, jaitu roh hukum. Isi Indjil adalah roh Kristus, jang djuga sekedar hidup dalam hukum taurat, tetapi tidak dikenal oleh orang Jahudi.

Ende: 2Kor 3:17 - Kebebasan Ketaatan karena tjinta. Hukum taurat memaksakan dengan antjaman-antjaman.

Ketaatan karena tjinta. Hukum taurat memaksakan dengan antjaman-antjaman.

Ende: 2Kor 3:18 - -- Indjil mencerminkan kemuliaan, jaitu kekudusan Allah dalam segala adjaran, dalam tjara hidup dan seluruh kepribadian Jesus. Kalau kita dengan hati ter...

Indjil mencerminkan kemuliaan, jaitu kekudusan Allah dalam segala adjaran, dalam tjara hidup dan seluruh kepribadian Jesus. Kalau kita dengan hati terbuka merenungi pernjataan kekudusan jang mahamulia itu dalam Indjil, kekudusan itu makin lama makin meresapi kita dan demikian kita makin lama makin sempurna mendekati kekudusan Allah jang mahamulia itu.

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:1 - memujikan diri // surat pujian · memujikan diri: Rom 16:1; 2Kor 5:12; 10:12,18; 12:11 · surat pujian: Kis 18:27; Rom 16:1; 1Kor 16:3

· memujikan diri: Rom 16:1; 2Kor 5:12; 10:12,18; 12:11

· surat pujian: Kis 18:27; Rom 16:1; 1Kor 16:3

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:2 - semua orang · semua orang: 1Kor 9:2

· semua orang: 1Kor 9:2

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:3 - yang hidup // loh-loh batu // dalam hati · yang hidup: Mat 16:16; Mat 16:16 · loh-loh batu: 2Kor 3:7; Kel 24:12; 31:18; 32:15,16 · dalam hati: Ams 3:3; 7:3; Yer 31:33; Ye...

· yang hidup: Mat 16:16; [Lihat FULL. Mat 16:16]

· loh-loh batu: 2Kor 3:7; Kel 24:12; 31:18; 32:15,16

· dalam hati: Ams 3:3; 7:3; Yer 31:33; Yeh 36:26

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:4 - besarnya keyakinan · besarnya keyakinan: Ef 3:12; Ef 3:12

· besarnya keyakinan: Ef 3:12; [Lihat FULL. Ef 3:12]

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:5 - kami sendiri // pekerjaan Allah · kami sendiri: 2Kor 2:16 · pekerjaan Allah: 1Kor 15:10

· kami sendiri: 2Kor 2:16

· pekerjaan Allah: 1Kor 15:10

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:6 - perjanjian baru // yang tertulis // Roh menghidupkan · perjanjian baru: Luk 22:20; Luk 22:20 · yang tertulis: Rom 2:29; 7:6 · Roh menghidupkan: Yoh 6:63

· perjanjian baru: Luk 22:20; [Lihat FULL. Luk 22:20]

· yang tertulis: Rom 2:29; 7:6

· Roh menghidupkan: Yoh 6:63

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:7 - kepada kematian // begitu cemerlang · kepada kematian: 2Kor 3:9; Rom 4:15; Rom 4:15 · begitu cemerlang: 2Kor 3:13; Kel 34:29-35; Yes 42:21

· kepada kematian: 2Kor 3:9; Rom 4:15; [Lihat FULL. Rom 4:15]

· begitu cemerlang: 2Kor 3:13; Kel 34:29-35; Yes 42:21

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:9 - kepada penghukuman // kepada pembenaran · kepada penghukuman: 2Kor 3:7; Ul 27:26 · kepada pembenaran: Rom 1:17; 3:21,22

· kepada penghukuman: 2Kor 3:7; Ul 27:26

· kepada pembenaran: Rom 1:17; 3:21,22

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:12 - mempunyai pengharapan // penuh keberanian · mempunyai pengharapan: Rom 5:4,5; 8:24,25 · penuh keberanian: Kis 4:29; Kis 4:29

· mempunyai pengharapan: Rom 5:4,5; 8:24,25

· penuh keberanian: Kis 4:29; [Lihat FULL. Kis 4:29]

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:13 - menyelubungi mukanya · menyelubungi mukanya: 2Kor 3:7; Kel 34:33

· menyelubungi mukanya: 2Kor 3:7; Kel 34:33

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:14 - menjadi tumpul // mereka membaca // perjanjian lama · menjadi tumpul: Rom 11:7,8; 2Kor 4:4 · mereka membaca: 2Kor 3:6 · perjanjian lama: Kis 13:15; 15:21

· menjadi tumpul: Rom 11:7,8; 2Kor 4:4

· mereka membaca: 2Kor 3:6

· perjanjian lama: Kis 13:15; 15:21

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:16 - kepada Tuhan // itu diambil · kepada Tuhan: Rom 11:23 · itu diambil: Kel 34:34; Yes 25:7

· kepada Tuhan: Rom 11:23

· itu diambil: Kel 34:34; Yes 25:7

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:17 - adalah Roh // ada kemerdekaan · adalah Roh: Yes 61:1,2; Gal 4:6,7 · ada kemerdekaan: Yoh 8:32; Yoh 8:32

· adalah Roh: Yes 61:1,2; Gal 4:6,7

· ada kemerdekaan: Yoh 8:32; [Lihat FULL. Yoh 8:32]

Ref. Silang FULL: 2Kor 3:18 - semua mencerminkan // kemuliaan // dengan gambar-Nya · semua mencerminkan: 1Kor 13:12 · kemuliaan: Yoh 17:22,24; 2Kor 4:4,6 · dengan gambar-Nya: Rom 8:29; Rom 8:29

· semua mencerminkan: 1Kor 13:12

· kemuliaan: Yoh 17:22,24; 2Kor 4:4,6

· dengan gambar-Nya: Rom 8:29; [Lihat FULL. Rom 8:29]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Kor 3:1 - surat-surat pujian 1. Paulus dengan bersemangat mengungkapkan orang-orang yang mengandalkan surat-surat pujian (bdg. 5:12; 10:12, 18; 12:11). Tugas dan pelayanannya tida...

1. Paulus dengan bersemangat mengungkapkan orang-orang yang mengandalkan surat-surat pujian (bdg. 5:12; 10:12, 18; 12:11). Tugas dan pelayanannya tidak memerlukan puji-pujian palsu semacam itu.

Wycliffe: 2Kor 3:2 - surat pujian kami; // tertulis dalam had kami; // yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. 3 // surat Kristus // oleh pelayanan kami; // dengan Roh dari Allah yang hidup; // loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia 2. Justru sebaliknya, surat Paulus (1) bersifat pribadi - surat pujian kami; (2) bersifat permanen - tertulis dalam had kami; (3) bersifat terbuka unt...

2. Justru sebaliknya, surat Paulus (1) bersifat pribadi - surat pujian kami; (2) bersifat permanen - tertulis dalam had kami; (3) bersifat terbuka untuk umum - yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. 3. Kesungguhan jemaat Korintus sebagai surat Kristus dibuktikan melalui (1) pelayanan mereka - oleh pelayanan kami; (2) asal-usul adikodrati mereka - dengan Roh dari Allah yang hidup; (3) kesaksian batiniah mereka - loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia (bdg. Yer. 24:7; 31:33; 32:39; Yeh. 11:19; 36:26).

Wycliffe: 2Kor 3:4-6 - -- 2) Dalam Dinamikanya (3:4-6). 4. Keyakinan (pepoithesis; lihat 1:15) ini adalah oleh Kristus. 5. Kesanggupan (hikanotes, yang artinya "kemampuan, kap...

2) Dalam Dinamikanya (3:4-6).

4. Keyakinan (pepoithesis; lihat 1:15) ini adalah oleh Kristus. 5. Kesanggupan (hikanotes, yang artinya "kemampuan, kapasitas. kecakapan" - Arndt) kita adalah pekerjaan dari Allah. Kata dari (ek) menunjuk kepada sumber (seperti dalam 4:7, 18; Yoh. 10:47; 18:36, 37. Bdg. I Kor. 15:10).

Wycliffe: 2Kor 3:6 - Ialah yang membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan. Perjanjian yang baru // hukum yang tertulis mematikan // Roh menghidupkan 6. Ialah yang membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan. Perjanjian yang baru (bdg. Mat. 26:28; Ibr. 8:8, 13) menuntut adanya "manusia baru" (...

6. Ialah yang membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan. Perjanjian yang baru (bdg. Mat. 26:28; Ibr. 8:8, 13) menuntut adanya "manusia baru" (Ef. 2:15; 4:24) yang adalah "ciptaan baru" (II Kor. 5:17). Orang yang telah dilahirkan kembali ini mempunyai "nama baru" (Why 2:17), menaati "perintah baru" (I Yoh. 2:7, 8), menyanyikan suatu nyanyian baru" (Why. 14:3), menantikan "langit yang baru dan bumi yang baru" (II Ptr. 3:13; Why. 21:1) di mana terdapat "Yerusalem yang baru" (Why. 21:2) dan segala sesuatunya "baru" (Why. 21:5). Perbedaan di antara hukum yang tertulis mematikan dengan Roh menghidupkan bukanlah perbedaan antara cara harfiah yang ekstrem dengan penafsiran Alkitab secara bebas (seperti di dalam metode alegori); perbedaannya justru antara Hukum Taurat sebagai sistem keselamatan yang memerlukan ketaatan sempurna (bdg. Rm. 3:19, 20; 7:1-14; 8:1-11; Gal. 3:1-14) dengan Injil sebagai pemberian kasih karunia Allah di dalam Kristus. Sekalipun demikian, Hukum Taurat sekalipun dapat menuntun seseorang kepada Kristus (bdg. Gal. 3:15-29); tetapi Yudaisme yang sudah merosot telah mengubahnya menjadi bentuk-bentuk yang mati (bdg. Yes. 1:10-20; Yer. 7:21-26). Zaman baru berupa "kasih karunia dan kebenaran" (Yoh. 1:17). yang sudah dinantikan pada zaman Perjanjian Lama (bdg. Yeh. 37:1-14; 47:1-12) kini sudah digenapi sepenuhnya dalam dinamika pengaturan kasih karunia (bdg. Yoh. 4:23; 6:63; Rm. 2:28; 7:6).

Wycliffe: 2Kor 3:7-9 - -- 3) Dalam Tingkatannya (3:7-9). 7. Bacalah Keluaran 34:29-35 sebagai latar belakang perjanjian yang "tersurat" lebih rendah nilainya daripada perjanji...

3) Dalam Tingkatannya (3:7-9).

7. Bacalah Keluaran 34:29-35 sebagai latar belakang perjanjian yang "tersurat" lebih rendah nilainya daripada perjanjian yang "tersirat" dalam hal (1) sifat dasarnya - kematian (bdg. Rm. 7:5, 10, 11; Gal. 3:10, 21, 22); (2) bentuk lahiriahnya - terukir dengan huruf pada loh-loh batu (bdg. Kel. 24:12; 31:18); (3) manfaatnya yang menetap ,196 sekalipun pudar juga. Kata kerja (katargeo) di dalam anak kalimat terakhir berarti "memusnahkan, menghapuskan, mengesampingkan" (Arndt); terkecuali di dalam dua ayat (Luk. 13:7k dan Ibr. 2:14) kata ini di dalam Perjanjian Baru dipakai hanya oleh Paulus (mis. II Kor. 3:1, 13, 14; I Kor. 15:24, 26; II Tim. 1:10).

Wycliffe: 2Kor 3:8 - Betapa lebih besarnya lagi 8. Betapa lebih besarnya lagi (ouchi) mengharapkan jawaban yang positif (seperti dalam I Kor. 9:1; 10:16, 18). Argumentasi yang dikemukakan di sini di...

8. Betapa lebih besarnya lagi (ouchi) mengharapkan jawaban yang positif (seperti dalam I Kor. 9:1; 10:16, 18). Argumentasi yang dikemukakan di sini dinamakan argumentum a minore ad majus: jika hal yang lebih kecil saja sudah demikian, betapa lebih lagi hal yang lebih besar.

Wycliffe: 2Kor 3:9 - kemuliaan // lebih besar lagi kemuliaannya // Pembenaran 9. Perjanjian yang lama diakui memiliki kemuliaan (bdg. Rm. 9:4, 5): tetapi yang baru pasti lebih besar lagi kemuliaannya (bdg. Ibr. 8:6 dst.; 9:11-15...

9. Perjanjian yang lama diakui memiliki kemuliaan (bdg. Rm. 9:4, 5): tetapi yang baru pasti lebih besar lagi kemuliaannya (bdg. Ibr. 8:6 dst.; 9:11-15). Di dalam Perjanjian Lama "keadilan yang kekal" (Dan. 9:24) dijanjikan akan menyertai kedatangan Mesias (bdg. Yes. 51:5-8; 56:1; Yer. 23:5, 6). Pembenaran (keadilan) tersebut telah digenapi di dalam Kristus (bdg. II Kor. 5:21; Mat. 3:15; Rm. 10:4) dan kini dikenakan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya (bdg. II Kor. 5:21; Rm. 3:21-31; 4:1-13).

Wycliffe: 2Kor 3:10-11 - -- 4) Dalam Tujuannya (3:10, 11). 10. Perjanjian yang baru unggul terhadap yang lama sebab yang baru tidak bisa dikurangi atau dibongkar. Kemuliaan yang...

4) Dalam Tujuannya (3:10, 11).

10. Perjanjian yang baru unggul terhadap yang lama sebab yang baru tidak bisa dikurangi atau dibongkar. Kemuliaan yang lama hanyalah cerminan dari yang baru: yang lama itu adalah "sebagai contoh dan bayangan" (Ibr. 8:5; 10:1) dari yang baru. 11. Yang lama sedang pudar, yang baru tetap ada. Kata pudar dan tidak pudar adalah dalam bentuk present participle. Bandingkan Ibrani 12:18-28.

Wycliffe: 2Kor 3:12-17 - -- 5) Dalam Diagnosanya (3:12-17). 12. Yang baru jauh melebihi yang lama di dalam kejelasan dan transparansinya. Pemakaian kata yang demikian memunculka...

5) Dalam Diagnosanya (3:12-17).

12. Yang baru jauh melebihi yang lama di dalam kejelasan dan transparansinya. Pemakaian kata yang demikian memunculkan sifat melekat dari hal yang dimaksudkan (seperti dalam Mat. 19:14; Yoh. 9:16; Gal. 5:21, 23; Ibr. 13:16). Paulus memakai kala pengharapan di dalam semua suratnya terkecuali Filemon. Dengan penuh keberanian (parresia; bdg. II Kor. 7:4) melukiskan keberanian untuk berbicara yang merupakan ciri khas orang Kristen mula-mula (bdg. Kis. 2:29; 4:13, 29, 31) dan juga ciri khas Paulus (bdg. Ef. 6:19, Flp. 1:20) ketika mereka bersaksi kepada orang-orang Yahudi maupun bukan Yahudi. Orang-orang percaya itu tidak malu akan Injil sebab mereka mengetahui bahwa Injil memiliki kekuatan dan vitalitas di dalamnya yang tidak dapat dijumpai di tempat lain (bdg. Rm. 1:16, 17). 13. Di sini kita melihat alasan dari "keberanian" orang-orang Kristen itu. Musa biasanya menyelubungi mukanya (kata kerja ini adalah dalam bentuk waktu imperfect) sehingga orang-orang Israel tidak dapat melihat hilangnya cahaya yang sementara itu. Di dalam tafsiran Paulus atas peristiwa Perjanjian Lama tersebut, kemuliaan sementara yang memancar dari wajah Musa sesudah ia berjumpa dengan Allah menjadi lambang dari memudarnya kemuliaan perjanjian yang lama.

Wycliffe: 2Kor 3:14 - selubung // Selubung // perjanjian lama // pikiran, // telah menjadi tumpul // menyingkapkan 14. Di dalam ayat ini Paulus memberikan penerapan rohani pada selubung jasmaniah yang dipakai Musa itu. Selubung itu sekarang menjadi selubung yang me...

14. Di dalam ayat ini Paulus memberikan penerapan rohani pada selubung jasmaniah yang dipakai Musa itu. Selubung itu sekarang menjadi selubung yang menghalangi orang Israel untuk memahami makna sesungguhnya dari perjanjian lama ketika mereka membacanya. Kata noema, yang di sini diterjemahkan dengan pikiran, nyaris hanya dipakai di dalam surat ini saja (2:11; 4:4, 10:5; 11:3; bdg. Flp. 4:7). Bentuk kata kerja terkait (noeo) berarti "pemikiran rasional atau pemahaman batiniah" (Arndt; bdg. pemakaiannya di dalam Yoh. 12:40; I Tim. 1:7; Ibr. 11:3). Ungkapan telah menjadi tumpul menunjuk kepada kebutaan hukum yang menimpa Israel sebab mereka menolak Kristus (bdg. Yoh. 12:40; Rm. 11:7, 25). Kebutaan semacam ini mungkin disebabkan oleh Allah (bdg. Rm. 11:7, 8). Iblis (bdg. II Kor. 4:4). atau manusia itu sendiri (bdg. Ibr. 3:8). Kata kerja menyingkapkan (bentuk pasif waktu sekarang dari katargeo; lihat II Kor. 3:7b) berarti bahwa selubung kebutaan rohani ini sedang diangkat dari hati orang-orang Israel yang percaya begitu mereka "melihat" Kristus sebagai Juruselamat mereka (bdg. Yoh. 9:40, 41).

Wycliffe: 2Kor 3:15 - setiap kali mereka membaca kitab Musa - 15. Terdapat kebiasaan untuk membaca Pentateukh - setiap kali mereka membaca kitab Musa - di dalam rumah ibadah (bdg. Kis. 15:21). Paulus tidak meragu...

15. Terdapat kebiasaan untuk membaca Pentateukh - setiap kali mereka membaca kitab Musa - di dalam rumah ibadah (bdg. Kis. 15:21). Paulus tidak meragukan pengarangnya (bdg. Kis. 26:22; 28:23; Rm. 10:5, 19; I Kor. 9 9). Kristus bahkan harus "membuka" pikiran dari murid-Nya sendiri tentang makna Mesias dari Perjanjian Lama (bdg. Luk. 24:25, 26, 32, 44, 45).

Wycliffe: 2Kor 3:16 - apabila // berbalik 16. Kata apabila harus tetap dipakai. Ini adalah partikel tidak tentu yang sama dengan yang dipergunakan dalam ayat 15 (namun tidak terdapat di bagian...

16. Kata apabila harus tetap dipakai. Ini adalah partikel tidak tentu yang sama dengan yang dipergunakan dalam ayat 15 (namun tidak terdapat di bagian Perjanjian Baru lainnya). Subjek dari berbalik bisa "hati" atau "dia" (maksudnya, si orang Israel). Kata kerja berbalik (epistrepho) sering kali berarti pertobatan (bdg. Luk. 1:16, 17; Kis. 3:19; 26:20; I Tes. 1:9). Manakala jiwa menjadi percaya, maka "selubung itu terangkat" - pengangkatan selubung itu berjalan seiring dengan tindakan iman yang menyelamatkan (bdg. Yes. 25:7; Zak. 12:10).

Wycliffe: 2Kor 3:17 - Tuhan adalah Roh // Tuhan // Di mana // kemerdekaan 17. Tuhan adalah Roh. Susunan kalimat di dalam bahasa Yunani ini, dengan kata sandang tertentu mendahului subjek dan predikatnya (The Lord is the Spir...

17. Tuhan adalah Roh. Susunan kalimat di dalam bahasa Yunani ini, dengan kata sandang tertentu mendahului subjek dan predikatnya (The Lord is the Spirit) (bdg. I Yoh. 3:4). menunjukkan persamaan sifat. Yang dimaksudkan dengan Tuhan di sini adalah Yesus Kristus (demikian hampir secara umum di dalam surat-surat Paulus; mis: II Kor. 5:6, 8, 11; 8:5; 10:8; 12:1, 8). Di sini Paulus mengajarkan bahwa Kristus dan Roh memiliki hakikat yang sama (bdg. Yoh. 10:30), tetapi mereka tetap oknum yang berbeda. Sebagaimana telah diberitakan melalui nubuat (Yes. 61:1, 2; Yoel 2:28-32), pengaturan yang baru akan ditandai dengan pencurahan Roh. Tuhan Yesuslah yang mengutus Roh (bdg. Yoh. 16:7). Di mana dan "apabila" (II Kor. 3:16) membaharui hati, pasti terdapat kemerdekaan yang nyata (bdg. Yoh. 2; Gal. 5:1, 13).

Wycliffe: 2Kor 3:18 - -- 6) Dalam Kesimpulannya (3:18). Di sinilah finalnya. Dengan menggunakan Keluaran 34:29-35 sebagai latar belakang, Paulus menyajikan suatu rangkuman te...

6) Dalam Kesimpulannya (3:18).

Di sinilah finalnya. Dengan menggunakan Keluaran 34:29-35 sebagai latar belakang, Paulus menyajikan suatu rangkuman tentang keuntungan yang dimiliki pengaturan yang baru (1) kemerdekaan - dengan muka yang tidak berselubung; (2) keakraban - mencerminkan kemuliaan Tuhan (bdg. Kel. 33:17-23; I Yoh. 3:1, 2). (3) kemanjuran - diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya; 4) kesempurnaan - dalam kemuliaan yang semakin besar (bdg. Yes. 66:11, 12); (5) asal usul adikodrati - datangnya dari Tuhan yang adalah Roh. Pernyataan yang terakhir menyejajarkan Kristus dengan Roh di dalam kerja sama untuk mendatangkan keselamatan (bdg. II Kor. 3:17; Yoh. 7:39; 15:26; 16:6-14).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Kor 3:1-6 - Alat Roh Allah (Minggu, 3 Juni 2007) Alat Roh Allah Paulus tidak merasa perlu meminta surat pujian dari siapa pun (1). Bagi dia, jemaat Korintus yang merupakan hasil pelayanannya ...

SH: 2Kor 3:1-6 - Surat Pujian. (Sabtu, 05 September 1998) Surat Pujian. Dulu sampai sekarang, surat rekomendasi atau surat pujian itu penting dan berarti. Dengannya seseorang dapat dinilai keandalannya. Rasul...

SH: 2Kor 3:7-11 - Pembenaran vs penghukuman (Senin, 4 Juni 2007) Pembenaran vs penghukuman Orang Yahudi begitu bangga memiliki Perjanjian Lama dengan Hukum Taurat yang tertulis di dalamnya. Mereka bahkan cender...

SH: 2Kor 3:7-18 - Taurat dan Injil. (Minggu, 06 September 1998) Taurat dan Injil. Hukum Taurat ditulis untuk menyadarkan orang akan dosa. Hukum itu tidak menyelamatkan sebab tak seorang pun yang memiliki hati yang ...

SH: 2Kor 3:12-18 - Maju ke arah Kristus (Selasa, 5 Juni 2007) Maju ke arah Kristus Karena merasa diri memiliki janji-janji Allah, orang Yahudi yakin bahwa mereka pasti bisa memahami Perjanjian Lama. Padahal ...

Topik Teologia: 2Kor 3:1 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Gambaran dan Kiasan untuk Orang-orang Benar (Umat Allah) Orang Benar adalah ...

Topik Teologia: 2Kor 3:2 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Gambaran dan Kiasan untuk Orang-orang Benar (Umat Allah) Orang Benar adalah ...

Topik Teologia: 2Kor 3:3 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Hidup Yos 3:10 1Sa 17:26 Maz 84:3 Yes 37:4 Yes 37:17 Yer 10:10 Dan ...

Topik Teologia: 2Kor 3:4 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Anak Kita Diperbarui di dalam Kristus Kita Memiliki K...

Topik Teologia: 2Kor 3:5 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: 2Kor 3:6 - -- Roh Kudus Roh yang Disebut Roh Bil 11:17,25 1Ta 12:18 Yes 32:15 Yeh 2:2 Yeh 8:3 Mar 1:12 Yoh 7:39 Kis 11:28 Kis 20:22 Kis 2...

Topik Teologia: 2Kor 3:10 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Para Pelayan Umum Kewajiban Pelayan Pelayan Membangun Umat Allah Yes 40:1-3,9 Luk 2...

Topik Teologia: 2Kor 3:12 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Berharap kepada Allah Nilai Kebenaran Pengharapan Me...

Topik Teologia: 2Kor 3:14 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Pelambangan Objek yang Melambangkan Kristus Tabir Penudung ...

Topik Teologia: 2Kor 3:15 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Musa Kis 15:2...

Topik Teologia: 2Kor 3:17 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Roh Maz 139:7-12 Yes 31:3 Yoh 4:24 Kis 7:48-50 2Ko 3:17-18 Roh ...

Topik Teologia: 2Kor 3:18 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Roh Maz 139:7-12 Yes 31:3 Yoh 4:24 Kis 7:48-50 2Ko 3:17-18 Yesu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kemuliaan Melalui Penderitaan Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Paulus menulis surat kirim...

Full Life: 2 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (2Kor 1:1-11) I. Pembelaan Paulus Demi Kepentingan Mayoritas Jemaat yang Setia (2Kor 1:12-7:16) ...

Jerusalem: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT KEDUA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Surat kedua kepada umat Korintus ditulis Paulus kira-kira dua tahun kemudian dari jang pe...

Wycliffe: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 KORINTUS Alasan Penulisan. Masalah-masalah utama mengenai hubungan Paulus dengan jemaat di Korintus telah dibahas dengan lebih rinci di...

Wycliffe: 2 Korintus (Garis Besar) GARIS BESAR 2 KORINTUS I. Tindakan Mendamaikan (1:1-7:16). A. Kesesakan Paulus Terbalas (1:1-7). 1. Salam (1:1...

BIS: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hub

SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hubungan Paulus dengan jemaat itu. Ada anggota-anggota dari jemaat itu yang rupanya telah menyerang Paulus dengan keras, tetapi Paulus menunjukkan bahwa ia ingin sekali berbaik. Ia memperlihatkan kegembiraannya ketika hal itu terjadi.

Dalam bagian pertama suratnya ini Paulus menguraikan tentang hubungannya dengan jemaat di Korintus. Ia menjelaskan di situ mengapa ia mengecam dengan keras perlawanan dan celaan terhadap dirinya yang dilakukan oleh jemaat itu. Setelah mengemukakan hal itu, ia selanjutnya menyatakan kegembiraannya bahwa kecamannya yang keras itu sudah menghasilkan pertobatan dan kerukunan. Kemudian ia mengajak supaya jemaat itu mengumpulkan sumbangan untuk menolong orang-orang Kristen yang hidup berkekurangan di Yudea. Pada pasal-pasal terakhir Paulus mengemukakan pembelaan dirinya mengenai kedudukannya sebagai rasul terhadap beberapa orang di Korintus yang menganggap diri sendiri rasul sejati, dan menuduh Paulus sebagai rasul palsu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    2Kor 1:1-11
  2.  Paulus dan jemaat di Korintus
    2Kor 1:12-7:16
  3.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    2Kor 8:1-9:15
  4.  Pembelaan Paulus mengenai kekuasaannya sebagai rasul
    2Kor 10:1-13:10
  5.  Penutup
    2Kor 13:11-14

Ajaran: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 60 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen (Jemaat) di kota Korintus. (Dan juga semua orang Kristen di dunia).

Isi Kitab: Kitab II Korintus terbagi atas 13 pasal. Kitab ini merupakan kelanjutan dari Kitab I Korintus. Di dalamnya kita dapat melihat kemurnian pelayanan Paulus sebagai Rasul Yesus Kristus.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Korintus

  1. Pasal 1-5 (2Kor 1:1-5:21).

    Pembelaan Rasul Paulus atas kerasulannya

    Bagian ini berisi pembelaan Rasul Paulus tentang ketulusan hatinya dalam melayani Tuhan Yesus, serta membuktikan kerasulannya dan wewenangnya sebagai Rasul Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 1:12. _Tanyakan_: Bagaimanakah hati Rasul Paulus dalam melayani? Dan bagaimanakah pula ketulusan hati Saudara?
    2. Bacalah pasal 2Kor 4:1-5. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap Rasul Paulus tentan Firman Allah yang diberitakannya? Dan bagaimanakah dengan saudara? Apakah yang diterima oleh orang-orang yang tida mau menerima Injil? Apakah isi pemberitaan dari pelayanan Paulus?
  2. Pasal 6-9 (2Kor 6:1-9:15).

    Pengajaran tentang hal-hal rohani dan duniawi

    Pada bagian ini, Rasul Paulus memberikan peringatan-peringatan mengenai campuran hal-hal rohani dengan yang duniawi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 7:1. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah mengenai pencemaran jasmani dan rohani?
    2. Bacalah pasal 2Kor 9:7-12. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap yang benar dalam memberikan persembahan? Apakah artinya memberikan persembahan? Apakah hasil memberikan persembahan?
  3. Pasal 10-13 (2Kor 10:1-13:14).

    Pengajaran tentang pembelaan Rasul Paulus terhadap tuduhan-tuduhan yang disampaikan kepadanya

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus kembali membela dirinya atas tuduhan- tuduhan yang ditujukan kepada dirinya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 11:31. _Tanyakan_: Siapakah yang mengetahui ketulusan hati Rasul Paulus? Apakah ada hal-hal/dosa yang saudara sembunyikan dari Allah?
    2. Bacalah pasal 2Kor 13:7. _Tanyakan_: Apakah yang didoakan Rasul Paulus untuk jemaat?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab II Korintus jelaslah bahwa Paulus adalah Rasul Tuhan Yesus yang sah. Sebab yang memilih dia menjadi Rasul adalah Tuhan Yesus, dan mengenai hal itu ia tidak berdusta. Rasul Paulus juga dalam memberitakan Injil tidak memberitakan dirinya atau mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab II Korintus?
  2. Apakah pengajaran utama dalam Kitab II Korintus?
  3. Bagaimanakah sikap Paulus di dalam pelayanan Firman Allah?
  4. Apakah yang dituduhkan kepada Rasul Paulus?

Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat KISAH DI BALIK SURAT INI. Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. P

Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat

KISAH DI BALIK SURAT INI.
Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. Pauluslah yang memulai gereja di Korintus (Kis 18:1-17). Paulus menegaskan bahwa ia adalah seorang rasul (1Kor 9:1, perhatikanlah kata-kata pembukaan dalam suratnya yang kedua). Tetapi, rasul-rasul palsu (2Kor 11:12-15) masuk ke Korintus. Rasul-rasul 'super' ini (2Kor 11:5) mengajarkan injil yang berbeda (2Kor 11:12-15) dan menentang wewenang Paulus. Timbullah kekacauan. Nasihat Paulus dalam I Korintus diabaikan. Kemudian Paulus mengadakan kunjungan yang mendukakan ke Korintus (2Kor 2:1). Rupa-rupanya' rasul-rasul yang tak ada taranya' ini hanya menertawakan dia (2Kor 10:10). Paulus meninggalkan Korintus dan kemudian mengirim, Titus ke gereja itu dengan surat yang bernada keras isinya (2Kor 7:5-13). Dan jemaat di Korintus bertobat. Titus membawa berita yang sangat menyenangkan ini kepada Paulus (2Kor 7:6, 7). Surat ini merupakan penjelasan yang menyambung sejarah sedih dari pertikaian yang terjadi.

KAPAN SURAT INI DITULIS.
Kita tahu bahwa Paulus sedang berada di Korintus ketika Galio menjadi gubernur di Akhaya (Kis 18:12) pada tahun 51 atau 52 M. Oleh karena itu, suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus tentu ditulis sekitar tahun 55 M dan suratnya yang kedua kurang lebih setahun kemudian.

JEMAAT KORINTUS DAN TITUS.
Titus sangat dikasihi oleh Paulus (2Ko 2:13; 8:23) dan namanya disebut sembilan kali dalam surat ini. Ia adalah pembawa surat Paulus yang 'keras' itu ke Korintus. Ia turut merasakan keprihatinan Paulus tentang situasi di Korintus, dan kelegaan Paulus ketika jemaat di Korintus bertobat (7:13). Kemudian, ia dikirim kembali ke Korintus untuk membawa surat Paulus yang kedua kepada jemaat Korintus dan untuk menuntaskan pengaturan pengumpulan pemberian bagi orang miskin di Yerusalem (2Ko 8:6).

MENGAPA SURAT INI DITULIS.
Maksud utama surat ini adalah untuk memberitahu jemaat Korintus betapa besar arti perubahan pikiran mereka bagi Paulus. Surat ini juga untuk memperingatkan mereka agar tidak berlaku terlalu keras terhadap orang-orang yang telah menyerangnya (2Ko 2:5-11). Ketiga, Paulus ingin mengulang kembali pengajaran yang telah diberikannya dalam suratnya yang pertama (2Ko 6:14, bandingkan dengan 1Kor 6:15-20). Alasan yang keempat adalah mengenai' para rasul yang tidak ada taranya' yang tidak mau bertobat, yang pada kenyataannya adalah guru-guru palsu dengan injil yang berbeda (2Ko 11:1-6). Kelima, Paulus ingin mengingatkan mereka tentang rencana pengumpulan pemberian untuk membantu orang miskin di Yerusalem. HaI ini juga telah dibicarakannya dalam suratnya yang pertama (1Kor 16: 1-3) dan sekarang ia ingin supaya mereka mengirimkan uang itu melalui Titus (2Ko 9:1-5).

Pesan

Ada dua pokok penting yang dibahas di sini:

1. Hak istimewa dan penderitaan.
Kepemimpinan Kristen seperti yang dilakukan Paulus akan selalu menimbulkan
kesengsaraan, salah pengertian, penderitaan di samping semangat dan sukacita.
Paulus memaparkan tentang penderitaan dalam tujuh pasal yang terpisah dalam
surat ini:
o Hampir putus asa ketika jemaat Korintus menolak dia. 2Ko 1:8-11
o Penderitaan mental saat Paulus menantikan jawaban atas suratnya.2Ko 2:12-17
o Keletihan fisik yang disebabkan oleh konflik batin. 2Ko 4:16-18
o Kesengsaraan karena pertikaian yang tak habis-habisnya dalam membela nama Yesus. 2Ko 6:3-10
o 'Pertengkaran dari luar dan ketakutan dari dalam'. 2Ko 7:5-8
o Kepedihan karena tidak dimengerti dan dituduh dengan tuduhan palsu. 2Ko 11:1-10
o Bermacam-macam penderitaan dari pengabar Injil. 2Ko 11:21-29

2. Kemuliaan (pasal 3-5)
Paulus membuka topik ini dengan menunjuk kepada 'surat pujian' yang ditulis oleh
gereja-gereja untuk memuji jemaat mereka terhadap gereja-gereja lain. Kemudian ia
berbicara mengenai 'surat' Allah yang memberikan pujian bukan di atas sehelai
kertas, melainkan dalam kehidupan (loh hati) pelayan-pelayan-Nya yang sejati.
Ini membawanya kepada Perjanjian Lama yang mengisahkan tentang tulisan Allah di
atas loh batu. Sekarang marilah kita lihat bagaimana perkembangan tema ini:

o Allah sendiri memberi Hukum itu kepada Musa.
o Musa melihat kemuliaan Allah.
o Cahaya terang dan kemuliaan yang luar biasa mengubah Musa, sehingga wajahnya menjadi cemerlang.
o Perubahan ini menakutkan umat ketika mereka melihatnya.
o Oleh karena itu, Musa harus menutupinya dengan 'selubung'.
o Pemandangan itu tentunya indah sekali; tetapi hanya sebentar, cahaya itu pudar karena Musa tidak melihat kemuliaan Allah seperti itu lagi.
o Kristen bertemu dengan Allah setiap hari: oleh karena itu seharusnya cahaya itu tetap ada!
o Namun demikian, kehidupan tidak selalu penuh kemuliaan: ada penderitaan juga.
o Tetapi, jangan putus asa: sebab kematian pun hanya pintu gerbang menuju kemuliaan.
o Tubuh kita bagai sebuah kemah: kematian merupakan keruntuhan terakhir kemah itu.
o Tetapi, semua itu hanya berarti suatu perpindahan: perpindahan ke dalam
o sebuah rumah baru, bukan kemah, tetapi suatu rumah yang tetap.
o Untuk itulah Allah telah menyelamatkan kita.

Penerapan

Kita belajar beberapa hal dari surat ini:o Gereja bukan hanya tempat berkumpulnya antar teman: di dalamnya ada pemimpin-pemimpin.
o Demokrasi dalam gereja harus disertai dengan wewenang dan tanggung jawab.
o Kepemimpinan dalam gereja bukan hanya suatu hak istimewa, tetapi mengundang penderitaan.
o Misi bukan hal yang mudah: orang yang lemah lebih baik meninggalkannya.
o Orang Kristen seharusnya tidak takut pada kematian. Ada kemuliaan dalam kematian, tetapi ada kemuliaan yang lebih besar di balik kematian.

Tema-tema Kunci

1. Penderitaan.
Pelajari dua perikop utama tentang penderitaan dalam pasal 6 dan 11. Berapa banyak dari peristiwa yang diceritakan dalam pasal-pasal ini yang dapat Anda hubungkan dengan biografi Paulus dalam Kisah para Rasul?

2. Kristen dan pelayanan sosial.
Paulus sangat prihatin tentang perlunya gereja-gereja di Asia membantu orang-orang Kristen di Yudea yang sangat menderita akibat kelaparan (Kis. 11:27-30). Pelajari Kis 4:32-5:11 dan 2Kor 8:1-9:15 bersama-sama dengan 1Kor 16:1-4, Rom 15:24-29 dan Kis 24:17 untuk melihat prinsip-prinsip umum apa yang dapat dijadikan pedoman oleh orang Kristen dalam hal memberi. Perhatikan juga perkataan Yesus sendiri mengenai hal ini: Mat 6:1-4.

3. Kematian.
2 Korintus 4:7-5:10 menyangkut masalah kelemahan tubuh manusia dan tidak terluputnya tubuh tersebut dari kematian. Pelajari perikop ini dan bandingkan dengan I Korintus 15:35-58. Kedua perikop tersebut berhubungan dengan 'kemuliaan'. Apakah kemuliaan itu (Kel 24:15-17; Yeh. 1:26-28)? Kemuliaan menantikan kita, mengapa kita masih takut akan kematian? Bagaimana dengan Paulus (2Kor 5:8 dan 2 Tim. 4:6-8)?

4. Wewenang kerasulan.
Pakailah konkordansi untuk mempelajari setiap penjelasan tentang 'para rasul'. Buatlah sebuah daftar dari semua orang yang dipanggil rasul.

Perhatikan secara khusus:
- Yesus (Ibr 3:1)
- kedua belas rasul (Mat 10:2)
- Andronikus (Rom 16:7)
- Paulus (1Kor 1:1)

Kedua belas rasul merupakan suatu kelompok yang unik, yang dipakai untuk menyatakan hubungan antara kedua belas suku Israel dalam Perjanjian Lama dan gereja dalam Perjanjian Baru (Gal 6:16, 'Israel milik Allah').

Apa kesalahan 'para rasul yang hebat' itu, padahal sebenarnya mereka adalah rasul-rasul palsu. (2Kor 11:1-21)?

Garis Besar Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17 2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita 2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya 2Ko 2:5-11'Ampu

[1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17

2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita
2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya
2Ko 2:5-11'Ampuni lawan-lawan saya'
2Ko 2:12-17Titus telah tiba: betapa Paulus bersukacita

[2] KEMULIAAN PERJANJIAN BARU 2Ko 3:1-5:21

2Ko 3:1-6Roh yang dari Allah dan hati manusia
2Ko 3:7-18Kemuliaan Injil yang lebih besar
2Ko 4:1-6Kemuliaan yang tersembunyi dari mereka yang terhilang
2Ko 4:7-18Kemuliaan tersembunyi oleh penderitaan
2Ko 5:1-10Kematian:pintu gerbang menuju kemuliaan
2Ko 5:11-21Kemuliaan yang akan datang dan perbuatan masa kini

[3] KESELAMATAN DAN TINGKAH LAKU 2Ko 6:1-7:1

2Ko 6:1-10Tingkah laku Kristen: suatu kesaksian
2Ko 6:11:1Tingkah laku Kristen: suatu imbauan

[4] BILA ORANG KRISTEN BERTIKAI 2Ko 7:2-16

2Ko 7:2-4Pertentangan tanpa sebab
2Ko 7:5-13a Penderitaan akibat pertentangan antara Kristen
2Ko 7:13b-2Ko 7:16 Kelegaan akibat perdamaian!

[5] MENGENAI UANG 2Ko 8:1-9:15

2Ko 8:1-7Memberi: contoh dari Makedonia
2Ko 8:8-15Memberi: sekarang bagaimana dengan Anda?
2Ko 8:16-9:5Beberapa pengaturan praktis
2Ko 9:6-15Memberi: suatu prinsip rohani

[6] DISIPLIN GEREJA DAN WEWENANG KERASULAN 2Ko 10:1-12:13

2Ko 10:1-6Disiplin: suatu keharusan rohani
2Ko 10:7-12Disiplin dari jarak jauh
2Ko 10:13-18Hak seorang misionaris untuk mendisiplin
2Ko 11:1-15Teladan seorang misionaris dalam disiplin diri
2Ko 11:16-33'Kelemahan' kerasulan
2Ko 12:1-10Hak istimewa kerasulan
2Ko 12:11-13'Sekarang saling memberi penilaian'

[7] KESIMPULAN 2Ko 12:14-13:14

2Ko 12:14-21Saya akan datang: dalam kasih
2Ko 13:1-4Saya akan datang: untuk menghakimi
2Ko 13:5-10Ujilah dirimu masing-masing... maka aku tidak perlu menguji engkau
2Ko 13:11-14Salam
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.80 detik
dipersembahkan oleh YLSA