TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Audio Suku Alkitab Kuno ITL - draft

Filemon 1

  Boks Temuan
Salam
1:1 Dari Paulus, seorang hukuman a  karena Kristus 1  Yesus dan dari Timotius b  saudara c  kita, kepada Filemon yang kekasih, teman sekerja d  kami 1:2 dan kepada Apfia saudara perempuan kita dan kepada Arkhipus, e  teman seperjuangan f  kita dan kepada jemaat di rumahmu 2 : g  1:3 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus h  menyertai kamu.
Ucapan syukur
1:4 Aku mengucap syukur kepada Allahku, i  setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku, j  1:5 karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus k  dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus. l  1:6 Dan aku berdoa, agar persekutuanmu di dalam iman turut mengerjakan pengetahuan akan yang baik di antara kita untuk Kristus. 1:7 Dari kasihmu sudah kuperoleh kegembiraan besar dan kekuatan, m  sebab hati orang-orang kudus telah kauhiburkan, n  saudaraku.
Permintaan Paulus kepada Filemon mengenai Onesimus
1:8 Karena itu, sekalipun di dalam Kristus aku mempunyai kebebasan penuh untuk memerintahkan kepadamu apa yang harus engkau lakukan, 1:9 tetapi mengingat kasihmu itu, lebih baik aku memintanya dari padamu. o  Aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, lagipula sekarang dipenjarakan p  karena Kristus Yesus, 1:10 mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku q  yang kudapat selagi aku dalam penjara, r  yakni Onesimus 3  s  1:11 --dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku. 1:12 Dia kusuruh kembali kepadamu 4 --dia, yaitu buah hatiku--. 1:13 Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk melayani aku selama aku dipenjarakan t  karena Injil, 1:14 tetapi tanpa persetujuanmu, aku tidak mau berbuat sesuatu, supaya yang baik itu jangan engkau lakukan seolah-olah dengan paksa, u  melainkan dengan sukarela. 1:15 Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya, 1:16 bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari pada hamba, v  yaitu sebagai saudara w  yang kekasih 5 , bagiku sudah demikian, apalagi bagimu, baik secara manusia maupun di dalam Tuhan. 1:17 Kalau engkau menganggap aku temanmu seiman, x  terimalah dia seperti aku sendiri. 1:18 Dan kalau dia sudah merugikan engkau ataupun berhutang padamu, tanggungkanlah semuanya itu kepadaku y -- 1:19 aku, Paulus, menjaminnya dengan tulisan tanganku z  sendiri: Aku akan membayarnya--agar jangan kukatakan: "Tanggungkanlah semuanya itu kepadamu!" --karena engkau berhutang padaku, yaitu dirimu sendiri. 1:20 Ya saudaraku, semoga engkau berguna bagiku di dalam Tuhan: Hiburkanlah a  hatiku di dalam Kristus! 1:21 Dengan percaya b  kepada ketaatanmu, kutuliskan ini kepadamu. Aku tahu, lebih dari pada permintaanku ini akan kaulakukan. 1:22 Dalam pada itu bersedialah juga memberi tumpangan kepadaku, karena aku harap c  oleh doamu d  aku akan dikembalikan kepadamu.
Salam
1:23 Salam kepadamu dari Epafras, e  temanku sepenjara f  karena Kristus Yesus, 1:24 dan dari Markus, g  Aristarkhus, h  Demas i  dan Lukas, teman-teman sekerjaku. j  1:25 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai roh kamu! k 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1  Full Life : SEORANG HUKUMAN KARENA KRISTUS.

Nas : Filem 1:1

Paulus menulis surat ini kepada Filemon sementara dipenjarakan dua tahun di Roma (ayat Filem 1:1,9; bd. Kis 28:30).

[1:2]  2  Full Life : KEPADA JEMAAT DI RUMAHMU.

Nas : Filem 1:2

Rupanya rumah Filemon dipakai sebagai tempat berbakti orang percaya di Kolose. Gereja dalam rumah sudah umum pada zaman PB (bd. Rom 16:5; 1Kor 16:19; Kol 4:15). Baru pada abad ketiga disebut tentang gedung gereja yang terpisah dari rumah tinggal.

[1:10]  3  Full Life : ONESIMUS.

Nas : Filem 1:10

Onesimus, seorang hamba milik Filemon, telah melarikan diri, mungkin dengan membawa harta milik tuannya (ayat Filem 1:15-16,18-19). Entah bagaimana dia sampai ke Roma, berhubungan dengan Paulus dan bertobat kepada Kristus melalui pelayanan Paulus. Paulus sekarang menulis surat ini, memohon Filemon menerima Onesimus kembali dengan kelemahlembutan, kasih, dan pengampunan.

[1:12]  4  Full Life : DIA KUSURUH KEMBALI KEPADAMU.

Nas : Filem 1:12

PB tidak menyokong gerakan langsung untuk membebaskan budak, bahkan budak Kristen. Memprakarsai suatu usaha demikian dalam keadaan sosio-politik masa PB akan menghancurkan gereja dan maksud Kristus. Daripada konfrontasi langsung, berbagai jenis pedoman ditetapkan, baik untuk budak maupun tuan Kristen, yang akan merusak perbudakan dari dalam dan akhirnya mengakibatkan penghapusannya (ayat Filem 1:10,12,14-17,21;

lihat cat. --> Filem 1:16).

[atau ref. Filem 1:16]

[1:16]  5  Full Life : SEBAGAI SAUDARA YANG KEKASIH.

Nas : Filem 1:16

Perbudakan tidak dapat terjadi antara orang percaya yang telah mengerti kebenaran persaudaraan Kristen. Onesimus tidak boleh lagi diperlakukan sebagai hamba, tetapi sebagai teman seiman dan saudara yang terkasih, seorang yang dalam pandangan Allah setara dengan rasul Paulus dan Filemon

(lihat cat. --> Kol 3:22).

[atau ref. Kol 3:22]



TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA