TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Nahum 1:1-15

Konteks
Judul
1:1 Ucapan ilahi a  tentang Niniwe 1 . b  Kitab penglihatan c  Nahum, orang Elkosh.
Murka TUHAN
1:2 TUHAN itu Allah yang cemburu d  dan pembalas 2 , TUHAN itu pembalas e  dan penuh kehangatan amarah. TUHAN itu pembalas kepada para lawan-Nya dan pendendam kepada para musuh-Nya. f  1:3 TUHAN itu panjang sabar 3  g  dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman h  orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung i  dan badai, j  dan awan k  adalah debu kaki-Nya. 1:4 Ia menghardik l  laut dan mengeringkannya, m  dan segala sungai dijadikan-Nya kering. Basan dan Karmel n  menjadi merana dan kembang Libanon menjadi layu. 1:5 Gunung-gunung gemetar o  terhadap Dia, dan bukit-bukit mencair. p  Bumi menjadi sunyi sepi q  di hadapan-Nya, dunia serta seluruh penduduknya. r  1:6 Siapakah yang tahan s  berdiri menghadapi geram-Nya? Dan siapakah yang tahan t  tegak terhadap murka-Nya u  yang bernyala-nyala? Kehangatan amarah-Nya tercurah seperti api, v  dan gunung-gunung batu menjadi roboh w  di hadapan-Nya. 1:7 TUHAN itu baik; x  Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; y  Ia mengenal z  orang-orang yang berlindung kepada-Nya a  1:8 dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir. b  Ia menghabisi sama sekali orang-orang yang bangkit melawan Dia, dan musuh-Nya dihalau-Nya ke dalam gelap.
Firman TUHAN kepada Yehuda dan Niniwe
1:9 Apakah maksudmu c  menentang TUHAN 4 ? Ia akan menghabisi sama sekali; kesengsaraan tidak akan timbul dua kali! 1:10 Sebab merekapun akan lenyap seperti duri d  yang berjalin-jalin, e  dimakan habis seperti jerami kering. f  1:11 Bukankah dari padamu muncul orang yang merancang kejahatan terhadap TUHAN, orang yang memberi nasihat dursila? 1:12 Beginilah firman TUHAN: "Sekalipun mereka utuh dan begitu banyak jumlahnya, tetapi mereka akan hilang terbabat g  dan mati binasa; sekalipun Aku telah merendahkan engkau, tetapi Aku tidak akan merendahkan engkau lagi. h  1:13 Sekarang, Aku akan mematahkan gandarnya i  yang memberati engkau, dan akan memutuskan j  belenggu-belenggu yang mengikat engkau." 1:14 Terhadap engkau, inilah perintah TUHAN: "Tidak akan ada lagi keturunan dengan namamu. k  Dari rumah allahmu Aku akan melenyapkan patung l  pahatan dan patung tuangan; kuburmu m  akan Kusediakan, sebab engkau hina. n " 1:15 Lihatlah! Di atas gunung-gunung berjalan orang yang membawa berita, yang mengabarkan berita damai o  sejahtera 5 . Rayakanlah hari rayamu, p  hai Yehuda, bayarlah nazarmu! Sebab tidak akan datang lagi orang dursila menyerang engkau; q  ia telah dilenyapkan sama sekali!

Habakuk 3:1-19

Konteks
Doa nabi Habakuk
3:1 Doa 6  nabi Habakuk. Menurut nada ratapan. l  3:2 TUHAN, telah kudengar m  kabar tentang Engkau, dan pekerjaan-Mu, ya TUHAN, n  kutakuti! o  Hidupkanlah p  itu dalam lintasan tahun 7 , nyatakanlah itu dalam lintasan tahun; dalam murka ingatlah akan kasih q  sayang! 3:3 Allah datang 8  dari negeri Teman r  dan Yang Mahakudus s  dari pegunungan Paran. t  Sela. Keagungan-Nya menutupi segenap langit, u  dan bumipun v  penuh dengan pujian kepada-Nya. 3:4 Ada kilauan seperti cahaya, w  sinar cahaya dari sisi-Nya dan di situlah terselubung kekuatan-Nya. x  3:5 Mendahului-Nya berjalan penyakit sampar y  dan demam mengikuti jejak-Nya. 3:6 Ia berdiri, maka bumi dibuat-Nya bergoyang; Ia melihat berkeliling, maka bangsa-bangsa dibuat-Nya melompat terkejut, hancur z  gunung-gunung yang ada sejak purba, merendah a  bukit-bukit b  yang berabad-abad; itulah perjalanan-Nya berabad-abad. c  3:7 Aku melihat kemah-kemah orang Kusyan tertekan, kain-kain tenda tanah Midian d  menggetar. e  3:8 Terhadap sungai-sungaikah, f  ya TUHAN, terhadap sungai-sungaikah murka-Mu bangkit? Atau terhadap lautkah g  amarah-Mu sehingga Engkau mengendarai kuda dan kereta h  kemenangan-Mu? 3:9 Busur-Mu telah Kaubuka, telah Kauisi dengan anak panah. i  Sela. Engkau membelah bumi menjadi sungai-sungai; 3:10 melihat Engkau, gunung-gunung gemetar, j  air bah menderu lalu, samudera raya memperdengarkan suaranya k  dan mengangkat tangannya. l  3:11 Matahari, bulan berhenti m  di tempat kediamannya, karena cahaya anak-anak panah-Mu n  yang melayang laju, karena kilauan o  tombak-Mu yang berkilat. 3:12 Dalam kegeraman Engkau melangkah melintasi bumi, dalam murka Engkau menggasak p  bangsa-bangsa. 3:13 Engkau berjalan maju q  untuk menyelamatkan r  umat-Mu, untuk menyelamatkan orang yang Kauurapi. s  Engkau meremukkan t  bagian atas rumah orang-orang fasik dan Kaubuka dasarnya sampai batu yang penghabisan. Sela. 3:14 Engkau menusuk dengan anak panahnya sendiri kepala lasykarnya, yang mengamuk untuk menyerakkan aku u  dengan sorak-sorai, seolah-olah mereka menelan orang tertindas v  secara tersembunyi. 3:15 Dengan kuda-Mu, Engkau menginjak laut, w  timbunan air x  yang membuih. 3:16 Ketika aku mendengarnya, gemetarlah hatiku, mendengar bunyinya, menggigillah bibirku; tulang-tulangku seakan-akan kemasukan sengal, dan aku gemetar y  di tempat aku berdiri; namun dengan tenang z  akan kunantikan hari kesusahan, yang akan mendatangi bangsa yang bergerombolan menyerang kami. 3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, a  kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, b  3:18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN 9 , c  beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan d  aku. 3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: e  Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. f  (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1 Full Life : NINIWE.

Nas : Nah 1:1

Bernubuat di antara 663-612 SM, Nahum memberitahukan kejatuhan ibu kota Asyur, Niniwe

(lih. Pendahuluan Nahum).

Niniwe pernah bertobat akibat khotbah Yunus sekitar 100 tahun sebelumnya, tetapi bangsa itu kembali menyembah berhala, bertindak kejam dan menindas. Orang Asyur telah mengalahkan kerajaan utara Israel dan kini mereka menjarah wilayah-wilayah tertentu di Yehuda. Nahum menghibur umat Allah dengan mengatakan bahwa kelak Allah akan membinasakan bangsa Asyur; jatuhnya Niniwe terjadi pada tahun 612 SM ketika ditaklukkan oleh persekutuan tentara Babel, Media, dan Skit.

[1:2]  2 Full Life : ALLAH YANG CEMBURU DAN PEMBALAS.

Nas : Nah 1:2

"Cemburu" di sini dipakai dalam arti semangat Tuhan untuk melindungi umat-Nya (bd. Ul 4:24; 5:9). Dia akan membalas mereka yang menentang firman dan kerajaan-Nya dengan mengganjar mereka secara adil karena permusuhan dan dosa-dosa mereka (lih. Ul 32:35,41).

[1:3]  3 Full Life : TUHAN ITU PANJANG SABAR.

Nas : Nah 1:3

Allah ingin memberikan kesempatan pada orang berdosa untuk bertobat (2Pet 3:9), tetapi kemurahan dan kesabaran-Nya itu ada batasnya; orang yang terus saja berbuat kejahatan akhirnya akan mengalami murka-Nya (bd. Rom 11:22).

[1:9]  4 Full Life : MENENTANG TUHAN.

Nas : Nah 1:9

Orang Asyur sedang memikirkan cara-cara untuk membinasakan Yerusalem dan Yehuda, tetapi Allah tidak akan mengizinkan rencana mereka terlaksana.

[1:15]  5 Full Life : BERITA DAMAI SEJAHTERA

Nas : Nah 1:15

(versi Inggris NIV -- kabar baik). Ayat ini mirip dengan Yes 52:7

(lihat cat. --> Yes 52:7 di situ).

[atau ref. Yes 52:7]

  1. 1) Kabar baik bagi Yehuda ialah bahwa bangsa Asyur akan dimusnahkan sama sekali sehingga tidak dapat menyerang kota-kota mereka lagi.
  2. 2) Demikian pula, para pengkhotbah PB membawa berita baik tentang pembebasan dari belenggu dosa dan kuasa Iblis oleh iman kepada Tuhan Yesus Kristus (Rom 10:15). Pada waktu yang telah ditetapkan di masa depan, penyakit, kesusahan, dunia fasik dan Iblis sendiri akan dibinasakan sama sekali (lih. pasal Wahy 19:1-21:27).

[3:1]  6 Full Life : DOA.

Nas : Hab 3:1-19

Pasal ini adalah tanggapan Habakuk kepada jawaban Allah dalam pasal Hab 2:1-20. Di tengah-tengah dosa dunia dan hukuman Allah, dia telah belajar untuk hidup dengan iman kepada Allah dan mengandalkan kebijaksanaan jalan-jalan Allah.

[3:2]  7 Full Life : HIDUPKANLAH ITU DALAM LINTASAN TAHUN.

Nas : Hab 3:2

Habakuk tahu bahwa umat Allah telah berdosa dan akan mengalami hukuman-Nya. Di dalam situasi ini ia memanjatkan dua permohonan.

  1. 1) Ia berdoa agar Allah datang di antara umat-Nya dengan manifestasi baru akan kuasa-Nya. Habakuk tahu bahwa umat Allah tidak akan selamat jikalau Tuhan tidak campur tangan dalam hidup mereka dengan mencurahkan kasih karunia dan Roh-Nya; hanya dengan demikian akan ada kehidupan rohani sejati di antara mereka.
  2. 2) Habakuk berdoa agar pada masa kesesakan bagi umat Tuhan, Allah berkenan untuk tetap menunjukkan kasih sayang-Nya; tanpa kasih sayang itu umat tersebut tidak akan dapat bertahan. Sewaktu landasan gereja masa kini digoncangkan dan kesulitan ada pada setiap pihak, kita juga perlu memohon agar Tuhan menyatakan diri, kasih sayang dan kuasa-Nya kembali, supaya hidup dan pembaharuan dapat dialami oleh umat-Nya.

[3:3]  8 Full Life : ALLAH DATANG.

Nas : Hab 3:3-16

Di dalam ayat-ayat ini Habakuk mengacu kepada waktu Allah membebaskan umat-Nya dari Mesir (lih. pasal Kel 14:1-28). Allah yang sama yang datang dengan keselamatan di masa lampau akan datang kembali dalam seluruh kemuliaan-Nya. Semua yang menantikan kedatangan itu akan hidup dan menyaksikan kemenangannya atas semua kerajaan dan bangsa.

[3:18]  9 Full Life : AKU AKAN BERSORAK-SORAK DI DALAM TUHAN.

Nas : Hab 3:18-19

Habakuk bersaksi bahwa ia melayani Allah bukan karena diberi berkat, tetapi karena Dia itu Allah. Bahkan di tengah hukuman Allah atas Yehuda (ayat Hab 3:16), Habakuk memilih untuk bersukacita di dalam Tuhan; Allah akan menjadi Juruselamatnya dan sumber kekuatan yang tak putus-putus. Ia tahu tanpa ragu bahwa kaum sisa akan selamat dari serbuan Babel, dan ia memberitakan dengan yakin kemenangan terakhir dari semua orang yang hidup oleh iman kepada Allah (bd. Hab 2:4).



TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA