Mazmur 18:35
Konteks18:35 (18-36) Kauberikan kepadaku perisai keselamatan-Mu, tangan kanan-Mu menyokong m aku, kemurahan-Mu membuat aku besar.
Mazmur 18:43
Konteks18:43 (18-44) Engkau meluputkan aku dari perbantahan rakyat; Engkau mengangkat aku menjadi kepala atas bangsa-bangsa; a bangsa yang tidak kukenal b menjadi hambaku;
Mazmur 30:5
Konteks30:5 (30-6) Sebab sesaat g saja Ia murka, h tetapi seumur hidup i Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, j menjelang pagi k terdengar sorak-sorai.
Mazmur 40:3
Konteks40:3 (40-4) Ia memberikan nyanyian m baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, n lalu percaya o kepada TUHAN.
Mazmur 40:6
Konteks40:6 (40-7) Engkau tidak berkenan w kepada korban sembelihan dan korban sajian 1 , tetapi Engkau telah membuka telingaku; x korban bakaran y dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut.
Mazmur 42:8
Konteks42:8 (42-9) TUHAN memerintahkan kasih setia-Nya g pada siang hari, dan pada malam h hari aku menyanyikan nyanyian, i suatu doa kepada Allah kehidupanku. j
Mazmur 46:1
KonteksMazmur 55:19
Konteks55:19 (55-20) Allah akan mendengar a dan merendahkan mereka, --Dia yang bersemayam sejak purbakala. b Sela Karena mereka tidak berubah dan mereka tidak takut akan Allah. c
Mazmur 57:3
Konteks57:3 (57-4) Kiranya Ia mengirim utusan dari sorga dan menyelamatkan aku, r mencela orang-orang yang menginjak-injak aku. s Sela Kiranya Allah mengirim kasih setia dan kebenaran-Nya. t
Mazmur 58:1
KonteksMazmur 62:8
Konteks62:8 (62-9) Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, f curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; g Allah ialah tempat perlindungan kita. Sela
Mazmur 66:12
Konteks66:12 Engkau telah membiarkan orang-orang melintasi kepala y kami, kami telah menempuh api dan air; tetapi Engkau telah mengeluarkan kami sehingga bebas. z
Mazmur 68:11
Konteks68:11 (68-12) Tuhan menyampaikan sabda; orang-orang yang membawa kabar baik itu merupakan tentara t yang besar:
Mazmur 69:20
Konteks69:20 (69-21) Cela itu telah mematahkan hatiku, dan aku putus asa; aku menantikan belas kasihan, tetapi sia-sia, menantikan penghibur-penghibur, f tetapi tidak kudapati. g
Mazmur 71:3
Konteks71:3 Jadilah bagiku gunung batu, tempat berteduh, kubu pertahanan untuk menyelamatkan aku; sebab Engkaulah bukit batuku dan pertahananku u .
Mazmur 78:5
Konteks78:5 Telah ditetapkan-Nya peringatan u di Yakub v dan hukum Taurat diberi-Nya di Israel; nenek moyang kita diperintahkan-Nya untuk memperkenalkannya kepada anak-anak mereka 3 ,
Mazmur 81:7
Konteks81:7 (81-8) dalam kesesakan engkau berseru, e maka Aku meluputkan engkau; Aku menjawab f engkau dalam persembunyian guntur, Aku telah menguji engkau dekat air Meriba. g Sela
Mazmur 84:11
Konteks84:11 (84-12) Sebab TUHAN Allah adalah matahari l dan perisai; m kasih dan kemuliaan Ia berikan; Ia tidak menahan n kebaikan 4 dari orang yang hidup tidak bercela.
Mazmur 106:9
Konteks106:9 Dihardik-Nya o Laut Teberau, sehingga kering, p dibawa-Nya mereka berjalan melalui q samudera raya seperti melalui padang gurun.
Mazmur 143:7
Konteks143:7 Jawablah aku dengan segera, y ya TUHAN, sudah habis semangatku! z Jangan sembunyikan wajah-Mu a terhadap aku, sehingga aku seperti mereka yang turun ke liang kubur.
Mazmur 148:14
Konteks148:14 Ia telah meninggikan tanduk p umat-Nya, menjadi puji-pujian q bagi semua orang yang dikasihi-Nya, r bagi orang Israel, umat yang dekat s pada-Nya. Haleluya!
[40:6] 1 Full Life : ENGKAU TIDAK BERKENAN KEPADA KORBAN SEMBELIHAN DAN KORBAN SAJIAN.
Nas : Mazm 40:7
Pemazmur paham bahwa korban-korban dan upacara agama simbolis yang diminta Allah dalam hukum-Nya itu tidak memadai dan bukan pengganti bagi komitmen sejati dan ketaatan sepenuh hati kepada-Nya (lih. 1Sam 15:22; Yes 1:11-17; Yer 7:22-23; Mi 6:6-8). Demikian pula, orang percaya zaman PB boleh mengikuti baptisan air, Perjamuan Kudus, ibadah, atau menyanyi lagu-lagu pujian, tanpa hati yang sungguh-sungguh setia kepada Allah dan perintah-perintah firman-Nya. Tidak ada upacara keagamaan yang dapat mengimbangi tidak adanya ketaatan yang muncul dari iman (bd. Rom 1:5).
[46:1] 2 Full Life : BAGI KITA TEMPAT PERLINDUNGAN DAN KEKUATAN.
Nas : Mazm 46:2-3
Sekalipun kita semua kadang-kadang mengalami kekeringan rohani (bd. pasal Mazm 44:1-27), ini bukan hal yang lazim, karena Allah ingin dekat dengan umat-Nya untuk menolong dan menghibur. Mazmur ini mengungkapkan kepercayaan dan keyakinan akan Allah sementara masa ketidakstabilan dan ketidakpastian.
- 1) Kuasa dan kemampuan untuk menghadapi ketidakpastian dan kesengsaraan hidup ini terdapat di dalam Allah. "Tempat perlindungan" menggambarkan perlindungan dari bahaya, menunjukkan bahwa Allah adalah keamanan sejati kita di tengah-tengah badai kehidupan (lih. Yes 4:5-6). "Kekuatan" mengacu kepada keperkasaan-Nya ketika memerangi musuh-musuh kita (Mazm 21:9; Kel 15:13) dan mencakup kekuatan-Nya yang bekerja dengan kuat kuasa di dalam kita (Kol 1:29) dan memungkinkan kita mengatasi halangan-halangan dalam hidup ini.
- 2) Hasil terakhir ialah bahwa Dia menjadi "penolong dalam kesesakan
- (yang) sangat terbukti". Allah sedia untuk menolong umat-Nya dan mengharapkan kita berseru kepada-Nya memohon pertolongan setiap kali kita memerlukannya (Ibr 4:16). Kuasa-Nya memadai untuk segala situasi Ia dan tidak pernah meninggalkan kita; jadi, kita tidak perlu takut.
[78:5] 3 Full Life : MEMPERKENALKANNYA KEPADA ANAK-ANAK MEREKA.
Nas : Mazm 78:5
Mengajarkan prinsip-prinsip saleh dan ajaran Firman Allah kepada anak-anak kita bukan soal pilihan; itulah perintah yang diberikan kepada umat-Nya. Kalau Allah memerintahkan sesuatu, Ia memberikan kasih karunia untuk melaksanakannya
(lihat cat. --> Ul 6:7;
[atau ref. Ul 6:7]
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).
[84:11] 4 Full Life : IA TIDAK MENAHAN KEBAIKAN.
Nas : Mazm 84:12
Janji ini secara khusus ditujukan kepada orang percaya yang dengan sungguh-sungguh berusaha untuk hidup saleh dan benar. Yang dipandang baik oleh Allah berkaitan langsung dengan penggenapan maksud-Nya di dalam hidup kita. Tugas kita adalah hidup tulus dan mengandalkan Allah untuk menyediakan segala sesuatu yang baik -- jasmaniah dan rohani, bersifat sementara dan kekal (lih. Mazm 34:11; Mat 6:33; Rom 8:28; 1Kor 2:9; 1Tim 4:8).