TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Mazmur 2:1-6

Konteks
Raja yang diurapi TUHAN
2:1 Mengapa rusuh bangsa-bangsa 1 , mengapa suku-suku bangsa mereka-reka w  perkara yang sia-sia? 2:2 Raja-raja x  dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama melawan TUHAN dan yang y  diurapi-Nya 2 : z  2:3 "Marilah kita memutuskan belenggu-belenggu a  mereka dan membuang tali-tali b  mereka dari pada kita!" 2:4 Dia, yang bersemayam c  di sorga, tertawa; d  Tuhan mengolok-olok mereka. 2:5 Maka berkatalah Ia kepada mereka dalam murka-Nya e  dan mengejutkan mereka dalam kehangatan amarah-Nya: f  2:6 "Akulah yang telah melantik raja-Ku g  di Sion, h  gunung-Ku i  yang kudus!"

Mazmur 21:8-9

Konteks
21:8 (21-9) Tangan-Mu akan menjangkau o  semua musuh-Mu; tangan kanan-Mu akan menjangkau orang-orang yang membenci Engkau. 21:9 (21-10) Engkau akan membuat mereka seperti perapian yang menyala-nyala, pada waktu Engkau menampakkan Diri, ya TUHAN. Murka TUHAN akan menelan mereka, dan api akan memakan mereka. p 

Mazmur 109:3--110:1

Konteks
109:3 dengan kata-kata kebencian o  mereka menyerang aku dan memerangi aku tanpa alasan. p  109:4 Sebagai balasan terhadap kasihku mereka menuduh aku, sedang aku mendoakan q  mereka. 109:5 Mereka membalas kejahatan kepadaku ganti kebaikan r  dan kebencian ganti kasihku. 109:6 "Angkatlah seorang fasik atas dia, dan biarlah seorang pendakwa s  berdiri di sebelah kanannya; 109:7 apabila dihakimi, biarlah ia keluar sebagai orang bersalah, t  dan biarlah doanya menjadi dosa. u  109:8 Biarlah umurnya berkurang, v  biarlah jabatannya w  diambil orang lain. 109:9 Biarlah anak-anaknya menjadi yatim, dan isterinya menjadi janda. x  109:10 Biarlah anak-anaknya mengembara tidak keruan dan mengemis, y  dan dihalau dari reruntuhan rumahnya. 109:11 Biarlah penagih hutang z  menyita segala kepunyaannya, dan orang-orang lain menjarah a  hasil jerih payahnya. b  109:12 Janganlah ada orang yang tetap menunjukkan kasihnya kepadanya, dan janganlah ada orang yang sayang c  kepada anak-anaknya yang menjadi yatim. 109:13 Biarlah dilenyapkan d  keturunannya, dan dihapuskan e  namanya dalam angkatan yang kemudian. 109:14 Biarlah kesalahan nenek moyangnya f  diingat-ingat di hadapan TUHAN, dan janganlah dihapuskan dosa ibunya. 109:15 Biarlah itu selalu diperhatikan g  TUHAN, supaya ingatan h  kepada mereka dilenyapkan dari bumi. 109:16 Oleh karena ia tidak ingat menunjukkan kasih, tetapi mengejar orang sengsara dan miskin i  dan orang yang hancur j  hati sampai mereka mati. 109:17 Ia cinta kepada kutuk--biarlah itu datang kepadanya; k  ia tidak suka kepada berkat--biarlah itu menjauh dari padanya. 109:18 Ia memakai kutuk l  sebagai bajunya--biarlah itu merembes seperti air m  ke dalam dirinya, dan seperti minyak ke dalam tulang-tulangnya; 109:19 biarlah itu baginya seperti pakaian yang dikenakannya, n  sebagai ikat pinggang yang senantiasa dipakainya. 109:20 Biarlah semuanya itu dari pihak TUHAN menjadi upah o  orang yang mendakwa aku, dan upah orang-orang yang berkata-kata jahat p  terhadap aku." 109:21 Tetapi Engkau, ya ALLAH, Tuhanku, bertindaklah kepadaku oleh karena nama-Mu, q  lepaskanlah r  aku oleh sebab kasih setia-Mu s  yang baik! 109:22 Sebab sengsara dan miskin aku, dan hatiku terluka dalam diriku; 109:23 aku menghilang seperti bayang-bayang t  pada waktu memanjang, aku dikebutkan seperti belalang. 109:24 Lututku melentuk u  oleh sebab berpuasa, v  dan badanku menjadi kurus, habis lemaknya. w  109:25 Aku telah menjadi cela x  bagi mereka; melihat aku, mereka menggelengkan kepalanya. y  109:26 Tolonglah aku, z  ya TUHAN, Allahku, selamatkanlah aku sesuai dengan kasih setia-Mu, 109:27 supaya mereka tahu, a  bahwa tangan-Mulah ini, bahwa Engkaulah, ya TUHAN, yang telah melakukannya. 109:28 Biar mereka mengutuk, b  Engkau akan memberkati; biarlah lawan-lawanku mendapat malu, tetapi hamba-Mu ini kiranya bersukacita. c  109:29 Biarlah orang-orang yang mendakwa aku berpakaikan noda, dan berselimutkan malunya d  sebagai jubah. 109:30 Aku hendak bersyukur sangat kepada TUHAN dengan mulutku, dan aku hendak memuji-muji Dia di tengah-tengah orang banyak. e  109:31 Sebab Ia berdiri di sebelah kanan f  orang miskin untuk menyelamatkannya dari orang-orang yang menghukumnya.
Penobatan raja imam
110:1 Mazmur Daud. Demikianlah firman g  TUHAN kepada tuanku 3 : "Duduklah di sebelah kanan-Ku, h  sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu. i "

Mazmur 132:18

Konteks
132:18 Musuh-musuhnya akan Kukenakan pakaian penuh malu, h  tetapi di atas kepalanya i  akan bersemarak mahkotanya."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:1]  1 Full Life : MENGAPA RUSUH BANGSA-BANGSA.

Nas : Mazm 2:1-12

Mazmur ini terdiri atas empat pemandangan yang berbeda.

  1. 1) Pemazmur mulai dengan membicarakan bangsa-bangsa dan raja-raja dunia yang menentang Yang Diurapi Allah (ayat Mazm 2:1-3; bd. Kis 4:25-27;

    lihat cat. --> Mazm 2:2 berikutnya)

    [atau ref. Mazm 2:2]

    -- suatu gambaran menyedihkan mengenai pemberontakan congkak umat manusia terhadap Allah, hukum-Nya, penebusan-Nya, Mesias-Nya, dan ajaran moral penyataan-Nya. Para penulis PB juga melihat dunia sedang menentang Kristus, orang percaya, dan iman alkitabiah (Yoh 15:19; Ef 6:12).
  2. 2) Allah menanggapi mereka dengan mencemooh usaha bodoh dari dunia yang berusaha menyingkirkan Dia (ayat Mazm 2:4-6). Saatnya akan tiba ketika Ia akan mengakhiri pemberontakan manusia dan menegakkan kerajaan-Nya di atas muka bumi ini (lih. Rom 1:18; 1Tes 5:1-11; 2Tes 2:8; Wahy 19:11-21).
  3. 3) Allah Bapa berjanji untuk mengutus Anak yang dikasihi-Nya (ayat Mazm 2:7-9), puncak warisan bangsa-bangsa (lih. Kis 13:33; Ibr 1:5; Ibr 5:5; bd. Mat 3:17; 17:5; 2Pet 1:17), untuk mengalahkan semua pihak yang menentang pemerintahan-Nya. Jadi, janji ini akan digenapi ketika Kristus datang ke dunia pada akhir zaman dan membinasakan semua musuh Allah (lih. Wahy 12:5; 19:15). Ketika itu semua orang percaya yang setia akan ikut memerintah bangsa-bangsa bersama dengan Dia (Wahy 2:26-27).
  4. 4) Melalui pemazmur, Roh Kudus menasihati umat manusia untuk bersikap bijaksana di hadapan Allah Yang Mahakuasa dan berlindung pada-Nya sebelum hari penghakiman yang dahsyat itu tiba (ayat Mazm 2:10-12; Ibr 3:7-19).

[2:2]  2 Full Life : YANG DIURAPI-NYA.

Nas : Mazm 2:2

Mazmur Mazm 2:1-12 adalah mazmur Mesias, yaitu yang menubuatkan kedatangan Mesias Allah, Yesus Kristus. "Mesias" artinya "yang diurapi" dan dipakai untuk Yesus yang diurapi Allah untuk menebus Israel dan memerintah atas kerajaan Allah

(lihat cat. --> Mazm 2:7 selanjutnya;

lihat cat. --> Mat 1:1).

[atau ref. Mazm 2:7; Mat 1:1]

[110:1]  3 Full Life : FIRMAN TUHAN KEPADA TUANKU.

Nas : Mazm 110:1-7

Mazmur ini berbicara tentang ke-Tuhanan Mesias, keimaman-Nya, pemusnahan orang jahat dan pemerintahan-Nya di bumi. Dengan jelas mazmur ini bernubuat tentang Yesus Kristus (mazmur ini dikutip tujuh kali dalam PB). Yesus menerapkan ayat Mazm 110:1 pada diri-Nya ketika menyatakan ke-Allahan-Nya (Mat 22:44), dan rasul Petrus mengutip ayat Mazm 110:1 untuk menekankan ke-Tuhanan Kristus (Kis 2:33-35; Kis 5:30-31; bd. Rom 8:34; Ibr 10:13). Ibr 5:6 dan Ibr 6:20-7:28 mengutip ayat Mazm 110:4 untuk membuktikan bahwa Allah menjadikan Kristus imam untuk selama-lamanya.



TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA