Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
buka semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat
SH: Mzm 2:1-12 - Pemimpin yang bijaksana (Rabu, 1 Januari 2003) Pemimpin yang bijaksana
Baik dunia maupun gereja perlu pemimpin. Ada banyak pemimpin
berpengaruh dan mengendalikan keduanya. Menjadi makin baikk...
Pemimpin yang bijaksana
Baik dunia maupun gereja perlu pemimpin. Ada banyak pemimpin berpengaruh dan mengendalikan keduanya. Menjadi makin baikkah dunia dan gereja? Nyatanya tidak demikian. Meski ada juga yang berpengaruh baik, sebagian besar pemimpin malah menimbulkan kekacauan. Mengapa? Karena hidup mereka tidak tunduk ke bawah pimpinan Tuhan, bagaimana mungkin mereka dapat memimpin dengan benar.
Mazmur 2 adalah pernyataan Mesias ("yang diurapi") (ayat 2). Karena para pemimpin dunia berontak melawan Allah, Allah menetapkan Mesias sebagai Pemimpin Agung Allah untuk memerintah dunia ini. Pemberontakan para pemimpin dunia melawan Allah hanya membuat Allah menertawakan mereka (ayat 4). Yang sesungguhnya raja adalah Allah di dalam kepemimpinan sang Mesias (ayat 6,7). Allah memberikan otoritas dan kuasa penuh kepada-Nya atas dunia ini (ayat 8-9). Allah sudah menetapkan-Nya, maka sia-sialah para pemimpin dunia memberontak terhadap-Nya (ayat 1-3). Dengan wibawa Ilahi Mesias mengimbau para pemimpin dunia untuk bersikap bijaksana (ayat 10), taat dan mengakui kedaulatan Allah (ayat 11). Dengan demikian mereka tidak akan menerima murka Allah (ayat 12ab), melainkan aman berlindung kepada-Nya (ayat 12c).
Tuhan Yesus adalah Mesias. Dialah Pemimpin Agung yang diutus Allah untuk mendirikan Kerajaan Allah di muka bumi ini. Di tahun baru ini kita perlu menyadari betapa dunia membutuhkan pemimpin yang baik dan bijak untuk membawa dunia ke masa depan lebih baik. Juga gereja memerlukan kepemimpinan yang penuh hikmat, kasih, otoritas Ilahi agar gereja boleh memimpin dunia kepada sang pemberi masa depan hidup yang kekal. Anda pun ingin Tuhan pimpin, agar hidup Anda boleh mencerminkan kepemimpinan Allah.
Renungkan: Tuhan Yesus tidak saja menyelamatkan, tetapi juga memimpin kehidupan agar damai sejahtera Allah terwujud.
SH: Mzm 2:1-12 - Tuhan, sang Raja (Rabu, 2 Januari 2008) Tuhan, sang Raja
Ingat penggalan lagu ini "Tuhan di pihak kita, siapakah lawan kita?
Tidak ada!" Lagu sekolah minggu ini menggambarkan keyakinan...
Tuhan, sang Raja
Ingat penggalan lagu ini "Tuhan di pihak kita, siapakah lawan kita? Tidak ada!" Lagu sekolah minggu ini menggambarkan keyakinan iman anak-anak Tuhan bahwa sebagai milik Tuhan hidup kita dijamin oleh Dia.
Pemazmur merasakan keyakinan yang sama saat me-nyaksikan penahbisan raja Israel yang baru. Israel adalah negara kecil dan muda. Ia hadir di tengah-tengah banyak bangsa yang relatif lebih besar dan yang tak sedikit bersikap bermusuhan dan hendak menjajahnya. Bagi pemazmur, sikap bangsa-bangsa musuh yang hendak menjegal raja Israel sama saja dengan memusuhi TUHAN (Yahweh). Sungguh nekat! Siapa yang dapat bertahan melawan Sang Pemilik Israel, yang telah meneguhkan takhta Israel pada pundak Daud dan keturunannya? Hanya raja urapan Tuhanlah yang mewarisi ujung bumi (ayat 8). Oleh karena itu, pemazmur mengimbau bangsa-bangsa untuk menerima pengajaran, takluk kepada Tuhan dan menyembah Dia, Allah yang sejati (ayat 10-11). Jangan sampai murka Tuhan menerpa dan kehancuran menimpa (ayat 12).
Umat Kristen masa kini pun dapat bersorak dan beribadah dengan sukacita tanpa perlu merasa khawatir karena Tuhan Yesuslah yang telah menggenapi penyebutan istimewa Sang Raja sebagai Anak Allah dan Mesias (Kis. 4:25-26). Bapa menundukkan seisi dunia di bawah kaki Mesias. Semua bangsa dan setiap manusia yang tidak mau bertobat akan mendapatkan balasannya. Begitu pula pihak-pihak yang merongrong umat-Nya. Sekali kelak mereka akan dihancurkan dan musnah tak berbekas.
Di tahun 2008 ini realitas hidup umat Tuhan tidak semakin ringan. Justru tantangan semakin kuat untuk menolak ketuhanan Yesus dan kesaksian Kristen terhadap Dia. Namun Dia yang sudah melalui penderitaan dahsyat kini memerintah sebagai Tuhan dan Raja. Kita bukan hanya bisa bertahan bahkan mampu menyuarakan kebenaran tentang Kristus ini kepada semua orang. Dengan nada kemenangan!
SH: Mzm 2:1-12 - Jangan berontak (Minggu, 9 Januari 2011) Jangan berontak
Problem utama kita seringkali bukan tidak mengerti kehendak Tuhan, tetapi tidak mau taat. Ini memang problem manusia sejak manusia pe...
Jangan berontak
Problem utama kita seringkali bukan tidak mengerti kehendak Tuhan, tetapi tidak mau taat. Ini memang problem manusia sejak manusia pertama jatuh ke dalam dosa. Bukankah Iblis lewat ular menawarkan pandangan alternatif terhadap firman Tuhan, sehingga timbul keraguan di hati manusia pertama, dan mempertanyakan apakah Tuhan berikhtikad baik pada mereka?
Mazmur 2 berbicara tentang sikap bangsa-bangsa yang tidak mau taat pada penetapan Tuhan. Mereka menolak mengakui ketetapan Tuhan atas Israel sebagai bangsa pilihan dan Daud serta keturunannya akan ada di takhta Israel turun temurun. Menolak mengakui pilihan Tuhan berarti meragukan ikhtikad baik Tuhan bahwa Dia peduli kepada bangsa-bangsa serta ingin memakai Israel dan raja mereka untuk memberkati bangsa-bangsa sedunia. Padahal inilah rencana Allah ketika memilih Israel dan mengikatkan diri-Nya kepada mereka dalam Perjanjian Sinai. Lihat Keluaran 19:5-6. Israel diikat dengan perjanjian untuk difungsikan sebagai kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Kerajaan imam berarti kerajaan yang menjadi pengantara agar kerajaan-kerajaan lain mengenal Allah Israel. Sebagai bangsa yang kudus, Israel menjadi model hidup bangsa yang mengenal Tuhan. Menolak mengakui pilihan Tuhan berarti menolak kedaulatan Tuhan. Maka Tuhan pun menjatuhkan penalti. Bangsa-bangsa itu akan Dia tundukkan lewat hamba-Nya, Raja yang telah Ia urapi!
Apakah ada kesamaan antara diri kita dengan Israel? Adakah hal yang sulit kita serahkan kepada Tuhan sepenuhnya saat memasuki tahun 2011 ini karena kita meragukan ikhtikad baik Tuhan kepada kita? Ingat, Yesus yang baru saja kita rayakan kedatangan-Nya di dunia ini, adalah Raja yang Tuhan tetapkan atas semua bangsa di dunia ini. Kalau kita menolak untuk tunduk pada otoritas-Nya, satu hari kelak Ia akan datang dan dengan kuasa-Nya Dia akan menghakimi kita tanpa ampun!
SH: Mzm 2:1-12 - Jangan menolak yang dipilih Tuhan (Minggu, 11 Januari 2015) Jangan menolak yang dipilih Tuhan
Ketika KPU pada Juli tahun lalu mengukuhkan kemenangan pasangan Jokowi-JK, kelompok yang kalah tidak terima. Bahkan...
Jangan menolak yang dipilih Tuhan
Ketika KPU pada Juli tahun lalu mengukuhkan kemenangan pasangan Jokowi-JK, kelompok yang kalah tidak terima. Bahkan mereka sesumbar akan menghalangi sang pemenang dengan segala cara. Termasuk, kalau nanti sudah dilantik resmi menjadi presiden RI, mereka akan menjadi oposisi di parlemen untuk melakukan mosi tidak percaya guna melengserkannya dari kursi no 1 tersebut. Mungkinkah itu terjadi? Bukankah presiden kita pilihan rakyat? Tentu, rakyat yang akan bangkit membelanya!
Mazmur 2 memberikan gambaran penolakan dan pemberontakan bangsa-bangsa terhadap Tuhan. Penolakan mereka itu ditujukan kepada sang raja, pilihan dan urapan (Mesias)-Nya. Namun upaya melakukan ‘impeachment’ itu pasti gagal karena mereka akan berhadapan bukan dengan rakyat melainkan dengan Tuhan sendiri. Bahkan Tuhan telah memberikan otoritas dan kuasa-Nya kepada sang raja Mesias untuk menaklukkan bangsa-bangsa tersebut (8-9). Bangsa-bangsa diperingatkan agar berpikir untuk memberontak pun jangan (10-12).
Mazmur 2 memang mazmur mesianik. Raja pilihan dan urapan Tuhan menunjuk kepada Yesus (7; Mat. 3:17; 17:5). Kedatangan Mesias untuk menyelamatkan manusia dari belenggu dosa. Perlawanan kepada-Nya datang dari para pemuka agama dan politik. Ketika Petrus berkhotbah mengenai Yesus kepada pemuka agama Yahudi, ia mengutip Mazmur 2:1-2 dan mengidentifikasi Herodes dan Pilatus dengan bangsa-bangsa (Kis. 4:25-27). Bahkan Perjanjian Baru mengutip dan mengacu pada mazmur ini paling banyak daripada mazmur-mazmur lainnya.
Mari kita bersyukur karena Mesias sudah datang, dan sudah tuntas menyatakan keselamatan bagi umat manusia. Mari kita beritakan kabar baik ini, agar bangsa-bangsa datang bukan untuk melawan, melainkan untuk menyembah!
SH: Mzm 2:1-12 - Bijaksanalah di Hadapan Allah (Rabu, 3 Januari 2018) Bijaksanalah di Hadapan Allah
Pernahkah Anda tertawa menyaksikan tingkah laku orang lain? Mungkin karena Anda merasakannya sebagai sesuatu yang lucu ...
Bijaksanalah di Hadapan Allah
Pernahkah Anda tertawa menyaksikan tingkah laku orang lain? Mungkin karena Anda merasakannya sebagai sesuatu yang lucu atau aneh. Mungkin juga Anda menganggapnya sebagai kebodohan karena menurut Anda semestinya tidak begitu. Dan Anda langsung berhenti karena menyadari hal itu merupakan pelecehan karena telah menganggap rendah orang lain.
Nah, dalam bacaan hari ini kita menyaksikan bagaimana Allah menertawakan manusia. Namun, tindakan ini bukan merupakan pelecehan karena Allah menertawakan kedegilan hati manusia yang berusaha melawan Allah dan orang pilihan-Nya (2). Aneh rasanya manusia mencoba melawan Sang Pencipta. Tetapi itulah yang terjadi. Menanggapi hal itu Allah menegaskan bahwa Ialah yang memilih dan menugaskan orang yang telah dipilih-Nya.
Mazmur ini merupakan mazmur mesianis, sejatinya pula merujuk kepada Mesias yang akan diutus dan diurapi-Nya. Mesias yang akan mengalami tantangan dari lahir hingga mati-Nya. Meskipun demikian, Allah Bapa akan memberikan segala kuasa kepada-Nya (8). Penulis Kitab Ibrani mengutip mazmur ini ketika hendak menjelaskan kemesiasan Yesus Orang Nazaret (Ibr. 1:5, 5:5).
Karena itulah, pemazmur mendorong para raja di bumi untuk bertindak bijaksana di hadapan Allah (10). Para hakim pun didorong tidak hanya mendengarkan kata-katanya sendiri dalam mengambil keputusan dalam sidang pengadilan, tetapi sungguh mau mendengarkan sabda Tuhan sendiri. Para pemimpin dinasihati untuk beribadah kepada Allah. Itu berarti mereka harus mau mengakui dengan tulus keberadaan Allah dan bersedia menyembah-Nya. itu berarti sebagai pemimpin mereka harus bertindak adil terhadap rakyatnya karena rakyat pada dasarnya adalah milik Allah sendiri. Jika pemerintah dunia berbuat semaunya, maka Allah sendiri yang akan menjadi lawan mereka.
Dan melawan Allah sejatinya merupakan kebodohan semata karena Allah sungguh Mahakuasa. Ialah yang menurunkan dan menaikkan para penguasa dunia. [KFT]
SH: Mzm 2:1-12 - Kembali Menyembah Tuhan (Selasa, 2 Januari 2024) Kembali Menyembah Tuhan
Manusia mencari kebebasan dengan caranya sendiri. Namun, apakah mereka memperolehnya? Manusia merasa bahwa ia berkuasa atas h...
Kembali Menyembah Tuhan
Manusia mencari kebebasan dengan caranya sendiri. Namun, apakah mereka memperolehnya? Manusia merasa bahwa ia berkuasa atas hidupnya. Benarkah?
Pemazmur menggambarkan bahwa sering kali manusia mencoba untuk melepaskan diri dari Tuhan dan berharap mendapatkan kebebasan (1-3). Namun, secara tidak terelakkan, manusia adalah makhluk yang selalu melayani, entah melayani Tuhan, manusia lainnya, atau pribadi lain di luar itu.
Sama seperti ikan yang tidak pernah dapat hidup di luar air karena ikan itu tidak akan dapat bernafas dan akhirnya akan mati, demikian juga dengan manusia yang tidak pernah dapat menjadi bebas dan hidup ketika mereka memutuskan untuk meninggalkan Tuhan.
Tuhan di tempat kudus-Nya tertawa atas cara berpikir manusia yang sempit itu (4). Tidak mungkin manusia yang terbatas dapat melawan Tuhan dan mendapatkan kebebasan. Manusia adalah makhluk yang fana. Sama seperti seorang anak kecil yang sedang membual dan ingin menunjukkan kekuatannya dengan berkata bahwa ia dapat mengalahkan ayahnya, sementara ayahnya tahu dengan pasti seberapa besar kekuatan sang anak, demikian juga manusia dalam berhadapan dengan Tuhan Sang Pencipta.
Sebagai manusia, kita harus tunduk dan taat dalam peribadatan kita kepada-Nya. Dialah Allah yang berkuasa, yang memerintah segala sesuatu yang ada.
Manusia menemukan kebebasan sejati hanya ketika ia mendekat dan melekat pada Penciptanya. Manusia tidak dapat menyombongkan diri karena segala kuasa yang dimiliki berasal dari Tuhan Yang Mahakuasa. Respons yang seharusnya dilakukan manusia adalah menundukkan diri dalam ibadat dengan taat. Hanya Dialah Tuhan dan tidak ada yang lain. Dialah Raja, segala makhluk ciptaan akan bersimpuh kepada-Nya.
Mari umat Tuhan, rendahkanlah hati kita di hadapan Allah Yang Mahatinggi. Beribadahlah dengan rasa gentar dan bergantunglah sepenuhnya hanya pada-Nya. Dia berdaulat sepenuhnya! [PMS]
buka semuaPendahuluan / Garis Besar
BIS: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR
PENGANTAR
Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku
doa. Buku ini dikarang oleh berbagai pujangga dalam wa
MAZMUR
PENGANTAR
Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku doa. Buku ini dikarang oleh berbagai pujangga dalam waktu yang lama sekali. Nyanyian-nyanyian dan doa-doa ini dikumpulkan oleh orang Israel dan dipakai dalam ibadat mereka, lalu akhirnya dimasukkan ke dalam Alkitab.
Sanjak-sanjak keagamaan ini bermacam ragam: ada nyanyian pujian dan ada nyanyian untuk menyembah Allah; ada doa mohon pertolongan, perlindungan dan penyelamatan; doa mohon ampun; nyanyian syukur atas berkat Allah, permohonan supaya musuh dihukum. Doa-doa ini ada yang bersifat pribadi, ada pula yang bersifat nasional. Beberapa di antaranya menggambarkan perasaan seseorang yang paling dalam, sedangkan lainnya menyatakan kebutuhan dan perasaan seluruh umat Allah.
Mazmur-mazmur dipakai oleh Yesus, dikutip oleh penulis-penulis Perjanjian Baru, dan menjadi buku ibadat yang sangat dihargai oleh Gereja Kristen sejak semula.
Isi
Ke-150 Mazmur dibagi dalam lima kelompok atau buku, sebagai berikut:- Buku Pertama:
Mazmur 1:1-41:13 - Buku Kedua !!:
Mazmur 42:1-72:19 - Buku Ketiga :
Mazmur 73:1-89:52 - Buku Keempat:
Mazmur 90:1-106:48 - Buku Kelima :
Mazmur 107:1-150:6
Ajaran: Mazmur (Pendahuluan Kitab)
Tujuan
Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana
hidup dengan penuh pengucapan syukur menghadapi pencobaan/pender
Tujuan
Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana hidup dengan penuh pengucapan syukur menghadapi pencobaan/penderitaan dan pentingnya mengakui dosa.
Pendahuluan
Penulis : Kitab Mazmur ditulis oleh banyak orang, di antaranya adalah Raja Daud, Musa, Asaf, Anak-anak Korah, Heman, dan lain-lain. Tetapi Raja Daud merupakan penulis terbanyak.
Isi Kitab: Kitab Mazmur terdiri dari 150 pasal. Isi kitab Mazmur mengungkapkan tanggapan orang-orang beriman kepada Tuhannya, baik dalam bentuk doa atau nyanyian.
I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Mazmur
Pembagian isi Kitab Mazmur
- Mazmur pujian terhadap Allah. Contoh: Mazm 8:1-9; 29:1-11; 33:1-22; 68:1-35\ /TB Mazm 100:1-5; 103:1-105:45; 117:1-2\ Mazm 145:1-150:6.
- Mazmur pengucapan terimakasih kepada Alla Contoh: Mazm 9:1-20; 18:1-50; 32:1-11; 66:1-20\ /TB Mazm 76:1-12; 116:1-19\\.
- Mazmur Pemujaan atas keagungan Allah sebagai raja. Contoh: Mazm 2:1-12; 20:1-9; 21:1-13; 45:1-17; 47:1-9\ /TB Mazm 72:1-20; 93:1-5; 96:1-13; 97:1-12; 98:1-9\ Mazm 99:1-9; 110:1-7; 132:1-18.
- Mazmur Permohonan, Ratapan, dan Keluhan. Contoh: Mazm 3:1-8; 6:1-10; 13:1-6; 22:1-31; 25:1-22\ /TB Mazm 31:1-24; 35:1-28; 38:1-22; 39:1-13; 42:1-11\ Mazm 43:1-5; 44:1-26; 51:1-19; 63:1-11; 74:1-23\ /TB Mazm 79:1-13; 80:1-19; 83:1-18; 85:1-13; 86:1-17\ Mazm 102:1-28; 130:1-8; 140:1-143:12.
- Mazmur tentang Ziarah. Contoh: Mazm 84:1-12; 120:1-134:3.
- Mazmur tentang Sejarah Bangsa Israel. Contoh: Mazm 78:1-72; 95:1-11; 105:1-45; 106:1-48; 114:1-8.
- Mazmur tentang keagungan Firman Allah. Contoh: Mazm 119:1-176.
II. Kesimpulan/penerapan
Kitab Mazmur mengajarkan bagaimana anak-anak Allah hidup dan berjalan mengikuti Allah.
Kitab Mazmur mengajarkan bagaimana Allah memberkati setiap orang yang mau berpegang/hidup sesuai dengan Firman Allah.
Kitab Mazmur mengungkapkan keagungan Allah sebagai pencipta alam semesta dan sekaligus sebagai pemeliharaannya.
Kitab Mazmur mengajarkan kebesaran dan kemuliaan sifat-sifat Allah.
Kitab Mazmur mengajarkan tentang Allah yang tidak mau bergaul dengan orang-orang yang hidup di dalam perbuatan dosa.
Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab
- Siapakah penulis Kitab Mazmur yang terbanyak?
- Apakah isi Kitab Mazmur di dalam pembagiannya?
- Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dalam mempelajari Kita Mazmur?
Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Pujian dan ucapan syukur
BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKANMazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selama kurun waktu yang panjang d
Pujian dan ucapan syukur
BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKAN
Mazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selama kurun waktu yang panjang dalam sejarah umat Israel, paling tidak sejak zaman Daud sampai sesudah pembuangan ke Babel. Kita boleh juga menamakannya sebagai 'kumpulan dari kumpulan-kumpulan', sebab seratus lima puluh mazmur itu dibagi dalam lima buku: Maz 1:1-41:13; Maz 42:1-72:20; Maz 73:1-89:52; Maz 90:1-106:48; Maz 107:1-150:6. Walaupun para ahli Alkitab melihat adanya beberapa perbedaan dalam kelompok-kelompok Mazmur ini, tetapi itu jelas bukan mengenai isi pokoknya. Lain dengan buku nyanyian kita, Mazmur berisi doa dan ucapan syukur, permohonan dan puji-pujian yang tidak beraturan urutannya. Beberapa Mazmur ditulis lebih dari satu kali, Sebagai contoh, Mazmur 14 = Mazmur 53; Mazmur 60:5-12 = Mazmur 108:6-13; Mazmur 14 = Mazmur 40:13-17. Kita menemukan beberapa Mazmur yang diulang dalam kitab- kitab lain dalam Perjanjian Lama, dan kita juga menemukan Mazmur yang tidak berada dalam kumpulan utama. Dalam penelitian ini kita akan mengelompokkan mazmur-mazmur berdasarkan pokok yang berbeda, dan melihat apa saja yang dapat kita pelajari darinya dewasa ini.
PUISI IBRANI
Sebagian besar puisi masa kini bersanjak, tetapi tidak demikian halnya dengan puisi Israel kuno. Para penyair cenderung untuk membandingkan suatu ungkapan dengan ungkapan yang lain, kadang-kadang hal yang sama diulang dengan cara yang berbeda, kadangkala dengan kebalikannya. Sebagai contoh, lihatlah Mazmur 146:3: "Janganlah percaya kepada para bangsawan,
kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan."
Atau Mazmur 11:5:
"Tuhan menguji orang benar dan orang fasik,
dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan."
Kadang pemikiran itu dilanjutkan dalam ayat berikutnya.
Puisi semacam ini tidak terlalu banyak kehilangan arti pada waktu diterjemahkan ke dalam bahasa lain dan ini berarti bahwa kita tetap dapat menikmatinya pada masa kini. Beberapa pemazmur mulai menulis setiap baris atau sejumlah baris dengan huruf yang sama. Mazmur 119 memakai hampir seluruh alfabet Ibrani dengan cara ini.
MAZMUR DAN PENYEMBAHAN
Sejumlah besar mazmur pada mulanya merupakan doa-doa atau puji-pujian pribadi, tetapi banyak yang kemudian ditulis untuk penyembahan umum. Ada yang ditujukan untuk pemimpin biduan atau untuk para penyanyi Rumah Tuhan seperti 'bani korah'. Mazmur-mazmur itu dipakai untuk upacara penyembahan di Rumah Tuhan, terutama pada waktu diadakan upacara-upacara besar. Seperti halnya buku nyanyian kita yang berisi beraneka macam pujian yang ditulis oleh penggubah yang berbeda-beda, pada tempat dan situasi yang berbeda pula, Mazmur berisi penyembahan bangsa Israel sepanjang zaman.
Pesan
1. Allah harus disembaho Oleh karena siapa Dia: Allah adalah Raja yang besar dan berkuasa, yang wilayah kekuasaan-Nya menjangkau seluruh dunia. Ia dapat bertindak menurut kehendak-Nya dan apapun tidak dapat menghalang-halangi rencana-Nya. Dibandingkan dengan Dia, ilah-ilah lain bukan apa-apa. Maz 24:7-10; 29:1-11; 47:8,9; 93:1-4; 99:1,2; 113:1-6; 135:5,6; 145:10-13.
Dia kudus dan benar dalam menangani umat-Nya, laki-laki dan perempuan. Oleh karenanya, Dia menghakimi semua orang dan tidak seorang pun terluput dari penghakiman-Nya.Maz 33:4,5; 75:7; 76:7-9; 96:10-13; 97:6; 99:3-5; 105:7
Dia penuh kasih dan memperhatikan semua orang. Dia terutama membela yang lemah dan tak berdaya, dan sudah tentu, umat kepunyaan-Nya, Israel. Sementara itu, Dia baik kepada semua orang, dan umat-Nya laki-laki dan perempuan dapat selalu bergantung pada kasih-Nya. Maz 33:18, 19,22; 68:5,6; 100:5; 108:4; 113:7-9; 117:1,2; 136:1-26; 145:8,9; 146:5-9
o Oleh karena apa yang telah dijadikan-Nya: Allah telah menciptakan dunia dengan segala isinya. Dia melakukan dengan penuh kuasa, tetapi dengan santai. Keberadaan segala sesuatu adalah karena Dia. Maz 24:1,2;33:6-9; 65:5-8; 95:1-5; 135:5-7; 136:4-9; 147:4,5
Dia tidak hanya menciptakan segala sesuatu, tetapi Dia juga memenuhi segala kebutuhan mereka. Dia menjaga kelangsungan dunia dengan kuasa-Nya. Maz 65:9-13; 67:6,7; 104:1-35; 111:5; 146:5-7; 147:8,9
Sudah tentu termasuk di sini, manusia sendiri, kecil tak berdaya, namun menjadi mahkota dari segala ciptaan Allah. Maz 8:3-9; 95:6,7; 100:3
o Oleh karena apa yang telah dilakukan-Nya: Dia membuat Israel menjadi bangsa kepunyaan-Nya dengan membebaskan mereka dari Mesir dan memimpin mereka melalui padang belantara menuju tanah Perjanjian Kanaan. Dia mengusir musuh-musih yang mengejar mereka. Maz 68:7-18; 81:1-10; 99:6-8; 105:1-45; 114:1-8; 135:8-12; 136:10-25
Dia terus memberikan kepada umat-Nya kemenangan melawan musuh yang mengancam mereka. Maz 33:10-19; 46:6-11; 76:1-12
2. Puji-pujian membawa kita:
o Untuk percaya: Jika Allah sungguh besar dan penuh kasih, dan jika dia telah menolong umat-Nya di masa lampau, maka Dia dapat dan mau menyelamatkan mereka dari kesesakan pada saat ini; apapun bentuknya. Maz 24:3-5; 29:11; 33:18-22; 46:1-11; 97:10-12; 108:7-13; 115:9-15
o Untuk berdoa: Inilah cara umat Allah untuk secara alamiah menyatakan kepercayaan mereka kepada-Nya. Mereka membawa segala kebutuhan mereka ke dalam doa. Maz 67:1,2; 68:28; 106:4,5; 108:6,12,13; 122:6-9
o Untuk bertanggung jawab: Memuji Allah dengan kata-kata saja tidaklah cukup; kita harus memuji Dia dengan kehidupan yang dipakai untuk pelayanan-Nya. Kita harus memenuhi janji-janji yang kita buat terhadap-Nya. Maz 65:1,2; 76:11; 81:8-10; 95:7-11
Penerapan
1. Allah sungguh luar biasaKita tidak dapat mengukur kekuasaan dan kekuatan-Nya. Dunia dengan segala seluk-beluknya, termasuk segala masalah yang dihadapi umat manusia dan bangsa-bangsa, semuanya berada di bawah kekuasaan-Nya. Segala sesuatu yang kita miliki dan apapun kedudukan kita, semua itu datang dari-Nya. Oleh karena itu:
o Kita merasa betapa kecil dan tidak berarti kita bila memikirkan siapa Dia.
o Kita patut memuji, menyembah dan bersyukur kepada-Nya baik dengan bibir maupun dengan kehidupan kita.
2. Allah penuh perhatian
Dia mengasihi ciptaan-Nya dan memenuhi segala kebutuhan mereka. Dengan kuasa-Nya yang besar Dia memilih suatu bangsa bagi diri-Nya, membebaskan mereka dan memberi mereka warisan. Oleh karena itu:
o Kita tahu bahwa kita dapat mengandalkan Dia untuk memenuhi segala kebutuhan kita.
o Kita dapat berharap pada-Nya untuk bertindak atas nama umat kepunyaan-Nya.
3. Allah itu baik
Kendati kebesaran-Nya luar biasa, Dia secara sukarela memberi dengan berlimpah. Dia ingin supaya kita mendapat yang terbaik dan Dia bertanggung jawab atas kesejahteraan kita. Oleh karena itu:
o Kita menyembah Dia dengan penuh sukacita dan kegembiraan dan tidak semata-mata sebagai suatu kewajiban.
o Kita mendapatkan kepuasan yang mendalam pada saat kita menaikkan pujian dan kemulian yang patut diterima-Nya.
Tema-tema Kunci
1. Penyembahan
Berulangkali kita diundang untuk ikut ambil bagian dalam menyembah Dia, yaitu dengan menaikkan pujian dan pujaan yang layak diterima-Nya. Apa yang dapat kita simak dari contoh-contoh ayat berikut mengenai penyembahan yang benar? Maz 24:3,4; 29:1,2; 33:1-3; 47:1,6,7; 75:1,9; 95:1,2,6; 96:1-3; 98:1,4-6; 99:5,9; 100:4; 105:4; 147:1; 150:1-6.
2. Umat Allah
Merekalah yang melakukan penyembahan. Allah memilih mereka untuk menjadi umat kepunyaan-Nya, dan berjanji untuk melindungi mereka. Oleh karena salib, setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus sekarang dapat menikmati anugerah ini. Lihat Maz 33:12; 47:4; 48:14; 105:7-15; 135:4. Di sana-sini kita dapat secara sekilas melihat bangsa-bangsa yang menyembah Allah. Maz 68:29,31-33; 113:1-4; 117:1; 148:7-12.
3. Sion dan Rumah Tuhan
Yerusalem dan Rumah Allah merupakan pusat penyembahan orang Israel, dan umat Allah akan berziarah ke sana untuk memuliakan-Nya. Maz 24:3; 46:4,5; 46:4,5; 48:1-3,8,9,11-14; 87:1-7; 122:1-9;147:12-14. Oleh karena Roh Kristus ada di mana-mana, penyembahan kita tidak terikat pada suatu tempat atau bangunan tertentu, tetapi kita dapat merasakan sukacita pada saat kita bersekutu untuk menyembah Allah. Tidaklah mengherankan bahwa dalam Perjanjian Baru, Sion, kota Suci, menjadi gambaran tentang surga. Lihat Ibrani 12:22-24; Wahyu 21:1-22:5
MAZMUR (2)
Pada saat mengalami kesusahan
TAKDIR KITA SEBAGAI MANUSIA
Para pemazmur tidak terluput dari penderitaan manusiawi dalam segala bentuknya. Baik itu mengenai raja yang mencoba untuk memerintah negerinya, menghadapi musuh-musuh atau persekongkolan, ataupun yang dialami oleh masing-masing pemazmur, segala kesusahan dan doa-doa mereka dicatat untuk kita. Ada kalanya mereka berbicara atas nama seluruh bangsa; pada kesempatan lain mereka menumpahkan segala keluh-kesah mereka kepada Dia, satu-satunya yang tampak mau mendengarkan. Walaupun kadang penderitaan mereka itu semata-mata disebabkan oleh dosa-dosa mereka sendiri, tetapi pada saat-saat lain penderitaan itu tampaknya tidak adil. Allah telah berjanji untuk meberkati dan memberi kemakmuran kepada mereka yang mengasihi dan menaati-Nya. Lalu, mengapa justru sebaliknya yang terjadi, yaitu mereka harus menderita sedangkan yang jahat hidup dalam kemakmuran? Masalah lain timbul pada saat mereka jatuh sakit atau pada waktu hidup mereka dalam keadaan bahaya. Perjanjian Lama jarang sekali berbicara mengenai kehidupan sesudah mati, saat Allah meluruskan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebenaran di dunia ini. Kehidupan di alam baka-tempat orang mati-jauh dari kehidupan nyata dan tidak menarik. Oleh karena itu, anugerah dan hukuman harus berlaku di dunia ini dan saat ini juga. Dapat Anda bayangkan bagaimana perasaan mereka ketika hal itu tidak terjadi demikian.
JERITAN PEMBALASAN?
Walaupun demikian, para pemazmur yakin bahwa karena Allah itu adil, Dia akan menghukum orang yang berdosa dan membenarkan umat-Nya. Di sinilah kita menghadapi masalah tentang apa yang sering mereka doakan bagi musuh-musuh mereka. Tidak ada kasih dan pengampunan. Ada yang begitu buruk bagi mereka yang menentang orang yang benar; yang hampir tidak mencerminkan kekristenan. Kita juga sukar untuk menerima apa yang kelihatannya sebagai pembenaran diri pada waktu mereka menyampaikan permohonan mereka kepada Allah. Bagaimana kita mengerti hal ini dilihat dari sudut pandang Kristen? Pertama-tama, kita perlu mencatat bahwa mereka tidak membual mengenai kebenaran mereka seperti orang-orang Farisi dalam kitab injil. Sepanjang yang mereka ketahui, mereka selalu setia kepada Allah, dan mereka tidak mengerti mengapa mereka harus menderita. Perlu diingat bahwa para pemazmur tidak mempunyai gambaran mengenai penghakiman Allah yang akan datang. Pembalasan Allah yang mereka ketahui adalah pada waktu mereka masih hidup, ketika terjadi kekejaman dan kehausan darah. Yang kedua, kita harus ingat bahwa dengan melawan umat Allah, berarti musuh-musuh itu menentang Allah. Dalam perjanjian Baru kita diajar untuk mengasihi musuh-musuh kita, tetapi kita juga diyakinkan bahwa Allah akan menghakimi orang-orang berdosa. Fakta bahwa dosa patut mendapat hukuman tidak pernah diabaikan.
ORANG TIDAK BERDOSA MENDERITA
Masalah mengenai penderitaan yang tidak seharusnya diterima, dan memohon pembenaran dari Allah, membawa kita kepada kasus Yesus Kristus yang luar biasa. Tidak salah lagi bahwa banyak dari mazmur ini, yang ditulis pada saat-saat kesusahan, selalu diingat pada waktu kisah-Nya diceritakan.
Pesan
1. Segala macam kesusahan Sedemikian jauh masalah yang sering dibawa oleh pemazmur kepada Allah ialah tantangan dari musuh-musuh mereka. Ini kadang-kadang berarti musuh bangsa Israel; raja-raja dan bangsa-bangsa lain yang mengancam umat Allah. Seringkali mereka adalah musuh pribadi, yang karena ambisi, iri hati dan kebencian, ingin membinasakan pemazmur. Maz 12:1-4; 14:1-4; 17:10-12; 22:12-16; 55:9-14; 64:1-6; 74:3-8; 79:1-4; 83:1-8; 94:4-7; 109:1-5; 137:7; 140:1-5. Pada beberapa peristiwa para penulis Mazmur tahu bahwa penderitaan mereka disebabkan oleh dosa yang harus mereka akui terlebih dahulu jika mereka berharap untuk mendapat berkat Allah. Maz 25:6,7,11; 38:4,18; 51:1- 19; 69:5; 130:3,4. Salah satu alasan mengapa mazmur-mazmur khusus ini telah menjadi semacam pertolongan bagi banyak hal adalah karena mereka tidak sembunyi-sembunyi dalam memaparkan kesedihan, kesakitan dan kesengsaraan pribadi. Maz 25:16-18; 38:1-22; 42:1-11; 69:1-3; 109:22-25.
2. Kesusahan menjadi doao Untuk keadilan, terutama supaya Allah terlihat berada di pihak orang baik, dan bahwa Dia akan membenarkan umat kepunyaan-Nya. Maz 7:3-9; 17:1-5; 35:11-17, 22-26; 94:1-3; 140:12,13
o Untuk kemenangan, supaya musuh tahu bahwa Allah membela umat-Nya. Maz 3:7,8; 35:1-3; 60:1-5.
o Untuk pimpinan, sehingga pemazmur dapat mengetahui kehendak Allah dalam saat-saat yang sulit. Maz 5:8; 25:4,5; 86:11; 143:8,10.
o Untuk kesembuhan, terutama sehubungan dengan pendeknya hidup kita di dunia ini. Maz 6:1-7; 31:9-13.
o Untuk perlindungan, supaya Allah dapat membuktikan bahwa Dia adalah pelindung pemazmur. Maz 11:1; 31:1-5; 61:1-4; 142:5.
o Untuk pengampunan, sehingga tidak ada yang menghalangi hubungan antara Allah dan hamba-Nya. Maz 25:11,18; 51:1,2,7,9,10; 79:8,9.
o Untuk pemulihan bangsa, supaya orang melihat dan tahu bahwa Tuhan mempunyai suatu perjanjian istimewa dengan umat-Nya, Israel. Maz 14:7; 25:22; 51:18,19; 79:1-13; 80:1-19; 85:1-13
3. Allah akan menjawab
o Dia adalah Allah yang mengasihi dan membela umat kepunyaan-Nya; yang meberi kekuatan kepada yang lemah dan yang menolong orang yang tak berdaya. Maz 17:7-9; 51:1; 62:5-8; 85:7-13; 109:21,26; 143:1.
o Dia telah melakukannya di masa lampau; kita boleh yakin bahwa Dia akan melakukan lagi. Maz 22:3-5; 77:13-20.
o Karena mereka sungguh percaya, doa-doa yang dimulai dengan cerita sedih seringkali berakhir dengan pujian kepada dia yang mereka ketahui akan bertindak untuk dan menyelamatkan mereka. Maz 7:17; 13:5,6; 28:6,7; 56:10-13; 69:30-36;109:30,31.
Penerapan
1. Kesusahan dialami oleh semua orang Umat Allah tidak terluput dari berbagai macam kesusahan. Bergantung kepada Allah bukan suatu jaminan untuk kehidupan yang mudah. Kenyataannya, dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini, orang yang tidak berdosa sering menderita dan orang yang tidak bertuhan berada di puncak.
2. Ceritakanlah semuanya kepada Allah Kita dapat bersikap jujur dan terbuka terhadap Allah apabila kita membagi kesakitan, kekecewaan dan kesedihan kita dengan Dia. Dia mendengar dan mengerti, bahkan pada waktu orang lain tidak.
3. Allah telah berjanji Allah telah berjanji untuk menolong umat kepunyaan-Nya. Dia mengasihi dan setia kepada perjanjian-Nya yang istimewa dengan umat-Nya.
4. Doa akan dijawab Walaupun kelihatannya Allah tidak menjawab doa-doa kita, Dia adil dan pada suatu ketika Dia akan menghakimi orang yang jahat dan menunjukkan bahwa mereka yang percaya kepada-Nya akan dibenarkan.
5. Kesempatan yang Allah berikan Saat-saat sukar menjadi saat-saat untuk bergantung dan membuktikan kasih Allah secara baru dan lebih mendalam. Apabila segalanya berjalan lancar, kita cenderung untuk bergantung kepada kemampuan kita sendiri.
6. Memuji Allah pada waktu berada dalam kesusahan Dengan mengetahui siapa Allah, mereka yang percaya kepada-Nya dapat memuji Dia bahkan pada saat segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana. Walaupun kita dapat berubah, tetapi Dia tak pernah berubah.
Tema-tema Kunci
1. Doa yang tidak dijawab Satu masalah yang sering timbul dalam mazmur-mazmur ini ialah kenyataannya bahwa Allah tampaknya tidak selalu mendengar atau menjawab doa-doa kita. Pada saat-saat seperti ini mungkin kita tergoda untuk meragukan kuasa atau kasih-Nya. Carilah ayat-ayat berikut dan lihatlah apa yang dilakukan oleh para pemazmur: Maz 10:1-18; 13:1-6; 22:1-5; 42:1-11; 73:1-20; 77:1-20.
2. Hidup ini singkat Pada waktu mengalami kesusahan, terutama pada waktu kehidupan mereka terancam, para pemazmur mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini tidaklah lama. walaupun kita sudah diberi petunjuk lebih jelas daripada mereka bahwa hidup kita di dunia ini bukanlah segalanya, kita diingatkan untuk mempergunakan kesempatan yang ada selagi kita masih bisa. Lihat Maz 39:4-6,12,13; 88:3-12; 90:3-12; 102:3-11, 23-28.
3. Penghiburan di dalam Allah Dalam dunia yang selalu berubah ini, dengan teman-teman yang selalu berganti dan keadaan yang menakutkan, mazmur-mazmur ini berulangkali mengingatkan kita bahwa Allah selalu sama. Kita dapat berlari dan berlindung pada-Nya pada waktu kita merasa terancam atau kesepian atau putus asa. Lihat Maz 17:15; 38:9; 39:7; 73:21-28; 94:18,19.
MAZMUR (3)
Tentang kesaksian, hidup tak bercela dan raja
KEHIDUPAN YANG BAIK
Dalam mazmur kita berulang kali diingatkan tentang hak istimewa menjadi milik Allah dan hidup untuk Dia. Kadangkala peringatan itu dalam bentuk kesaksian, yaitu ketika pemazmur menyaksikan kebaikan Allah dan ingin membagikannya kepada orang lain. Dalam mazmur lain kita diajar tentang bagaimana menjalani kehidupan yang menyenangkan dan memuliakan Allah. Di sini pemazmur memakai kebijaksanaan praktis yang telah dihimpunnya untuk mengajar orang lain tentang jalan-jalan Allah.
JUDUL MAZMUR
Banyak mazmur berjudul seperti "Mazmur Daud", atau "untuk pemimpin biduan". Hal ini dapat memberikan kepada kita petunjuk tentang kapan dan mengapa mazmur-mazmur itu ditulis. Lebih dari tujuh puluh mazmur dianggap berasal dari Daud; beberapa di antaranya berhubungan dengan kejadian yang dialaminya. Ini mungkin berarti bahwa Daud menulis semua itu, walaupun kata-kata itu mungkin berarti "untuk Daud" atau bahkan "untuk raja"; karena raja berasal dari keluarga Daud. Selebihnya mungkin merupakan bagian dari berbagai kumpulan mazmur yang dinyanyikan oleh paduan suara Bait Allah.
RAJA DAN BANGSA
Pembagian kita tentang mazmur mengenai raja agak kurang tepat, karena sebagian besar mazmur lainnya juga berasal dari raja. Sebenarnya, karena raja mewakili bangsanya, ia sering berbicara untuk seluruh rakyatnya dan bukan hanya untuk dirinya sendiri. Allah membuat suatu perjanjian istimewa dengan Daud dan keturunannya (lihat 2Sa 7:1-29). Mereka memerintah rakyat atas nama-Nya. Mereka diperintahkan untuk mengasihi dan berlaku adil, sementara itu Allah sendiri berjanji akan mendampingi mereka dalam pergumulan mereka dan memberkati pemerintahan mereka.
RAJA YANG AKAN DATANG
Seluruh raja Israel, termasuk Daud, gagal untuk hidup sesuai dengan standar yang diminta. Beberapa raja lebih baik daripada yang lain; beberapa dengan terang-terangan meninggalkan Allah dan menyembah ilah-ilah lain. Ini merupakan salah satu sebab mengapa Allah pada akhirnya menghukum seluruh bangsa dengan mengusir mereka dari negeri mereka sendiri. Walau demikian, melalui hal itu pengharapan mulai timbul; bahwa pada suatu hari seorang Raja yang dicita-citakan akan datang. Oleh karena raja-raja diurapi dengan "minyak", Raja yang akan datang ini dikenal sebagai "yang diurapi" (dalam bahasa Ibrani, "Mesias"; dan dalam bahasa Yunani, "Kristus"). Pada masa Perjanjian Baru, ketika negeri Israel diduduki oleh bangsa Romawi, rakyat sangat merindukan kedatangan-Nya. Oleh karena itulah mereka menyambut Yesus sebagai "Anak Daud" (Mat 21:9). Jelas bahwa Yesus menjadi Raja dengan cara yang berbeda dengan apa yang mereka harapkan. Setelah kebangkitan-Nya, para pengikut Yesus mulai melihat bahwa banyak dari mazmur mengenai raja ditujukan kepada Dia, dan bahwa khususnya pada waktu kedatangan-Nya kembali, Dia akan menggenapi semua gambaran yang ideal sebagai Raja Allah.
Pesan
1. Kehidupan yang baik
Orang benar yang sejati menjalani kehidupan yang baik, sebab ia tahu bahwa Allah baik, dan bahwa Allah menghendaki tingkah laku seperti itu Maz 15:2-5; 19:14; 101:2-6. Ia sungguh-sungguh bertekad untuk patuh pada perintah Allah. Takut kepada Tuhan, perasaan bahwa kehidupannya tidak terlepas dari pandangan Allah mengendalikan segala tindak-tanduknya Maz 1:2; 19:1-11; 37:31; 112:1; 119:1-176; 128:1. Ia juga tahu bahwa Allah akan menghakimi segala tindakan orang, laki-laki maupun perempuan Maz 1:5; 50:6; 82:1,8. Hidup tanpa cela berarti bertekad untuk menghindar dari segala yang jahat. Juga berarti tidak bergaul dengan orang-orang yang tidak taat kepada perintah Allah. Sebaliknya, orang yang saleh mencari sahabat di antara mereka yang menempatkan Allah di atas segalanya Maz 1:1; 26:4,5; 37:8,27; 10:3-8.
2. Kesaksian
Fakta bahwa Allah itu baik dan setia dirasakan sebagai pengalaman pribadi oleh orang yang percaya kepada-Nya. Manakala mereka datang kepada-Nya pada waktu mengalami kesesakan, Dia mendengar dan menjawab doa-doa mereka. Ini membangkitkan pujian dan rasa syukur Maz 30:1,4; 34:1-3; 40:1-2; 103:1-3; 107:1-43; 118:1-4. Ketika Allah menjawab doa seperti ini, hal itu mendorong kita untuk menceritakan kepada orang lain apa yang telah dilakukan-Nya, sehingga mereka juga dapat membuktikan kasih-Nya Maz 9:1,11; 40:9-10; 66:16-19; 107:2-3. Lebih dari itu, hal ini membuat pemazmur memperbarui ketaatannya dan berharap bahwa Allah akan menjawab doa-doa mereka yang lain. Kesaksian menjadi permohonan. Maz 40:6-8; 116:12-19; 27:7-12; 40:11-17; 126:4- 5.
3. Raja
Hal yang istimewa mengenai raja Israel ialah bahwa sebagai keturunan Daud, Allah sendiri yang mengangkatnya untuk memangku jabatan tersebut. Baik rakyat maupun raja percaya kepada janji Allah bahwa keluarga Daud akan memerintah untuk selamanya. Oleh sebab itu, raja dianggap sebagai anak angkat Allah Maz 2:1-11; 18:50; 72:17; 89:1-4,19-37; 132:1-5,10-12,17,18. Penting sekali bahwa raja tidak boleh menyalahgunakan wewenangnya. Tugasnya ialah untuk memerintah umat Allah dengan adil dan bijaksana, di samping memimpin mereka untuk berperang melawan musuh-musuh mereka. Maz 18:20-26; 45:7; 72:1-4,7,12-14; 89:14,30-32. Raja yang harus memenuhi kewajiban-kewajiban ini tidak perlu takut. Allah berjanji untuk berperang atas namanya, memberikan masa pemerintahan yang panjang, dan memberkati segala yang dilakukannya. Allah membuat raja yang setia menjadi besar sebaliknya kebesaran dan kemasyhuran raja membawa kemuliaan bagi Allah. Maz 2:4-9; 18:1-50; 21:1-13; 110:1,2,5-7.
Penerapan
1. Raja pilihan Allah memerintah
Gambaran ideal mengenai seorang raja dalam mazmur-mazmur ini, yang tidak pernah digenapi dalam sejarah umat Israel, mengarahkan kita kepada Yesus Kristus. Oleh karena Dia adalah Putra Allah, yang telah bangkit dari kematian dan duduk di sebelah kanan Allah, Dia memenuhi syarat sebagai Raja yang akan memerintah untuk selamanya dan yang kerajaan-Nya meliputi seluruh dunia. Dia sudah bertakhta di surga, tetapi pada suatu hari Dia akan kembali dengan kemuliaan untuk membangun pemerintahan yang benar di atas bumi ini. Pada hari itu semua gambaran tentang kemuliaan Raja akan menjadi nyata dan benar.
2. Allah menghendaki ketaatan
Jika anak Allah berkuasa, maka kita harus taat kepada pemerintahan-Nya di sini dan sekarang ini. Ini berarti kita harus menanggapi firman Allah dengan sungguh-sungguh dan melakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat juga berarti bahwa kita harus mengurangi beberapa kegiatan yang sedang kita lakukan. Jelaslah ini berarti menyelaraskan hidup kita dengan kehendak Allah bagi kita. Namun demikian, oleh karena kita tahu tentang kebaikan Allah kepada mereka yang menghormati Dia, maka ketaatan bukan menjadi kewajiban yang berat tetapi malah merupakan suatu kegembiraan dan sukacita.
3. Allah adalah perlindungan kita Bila kita menaati Allah, kita juga akan mengalami kuasa-Nya di dalam hidup kita. Kita akan belajar untuk berlindung kepada-Nya pada masa-masa sulit dan bahaya. Kita akan mengalami bahwa Dia dapat menjawab doa-doa kita dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita. Kebenaran ini patut diceritakan agar orang lain dapat mengenal Allah dalam hal yang sama pula. Usul yang diberikan secara pribadi adalah kesaksian yang paling berpengaruh.
Tema-tema Kunci
1. Berkat Allah
Banyak yang dapat kita baca dalam mazmur mengenai apa yang dapat Allah lakukan bagi orang percaya kepada-Nya. Dia memberikan kepada mereka perlindungan, kemenangan, pembenaran, pimpinan, sukacita, kehidupan, kekuatan, dan pengampunan. Lihatlah bagaimana tema-tema di atas terkandung dalam kumpulan ayat-ayat berikut: Maz 1:3; 9:3,4,9,10; 16:7,8; 18:16-18,29-36,50; 27:11; 32:1-5; 34:4-10,15-22; 37:3-6,23-26; 46:1-11; 52:8,9; 66:5-12; 91:1-16; 103:1-5,8-18; 112:1-10; 118:5-7; 128:1-6; 144:1,2.
2. Pemerintahan raja bersifat universal
Raja pilihan Allah akan memerintah atas seluruh ciptaan-Nya (Maz 2:8-11; 72:8-11,17; 89:27). Hal ini akan menjadi kenyataan pada saat Kristus datang kembali, tetapi apa hubungannya dengan pemberitaan kabar baik ke seluruh dunia sekarang ini?
3. Janji dan penggenapan
Pada waktu para penulis Perjanjian Baru ingin menggambarkan kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus, mereka sering memakai Kitab Mazmur. Hal ini mungkin karena Yesus sendiri sudah mengarahkannya ke situ. Lihat Mazmur 2 dalam Kis 4:25,26; 13:33; Ibr 1:5; 5:5; Wah 2:26,27; 19:15. Maz 18:49 dalam Rom 15:9. Maz 45:6,7 dalam Ibr 1:8,9. Maz 89 dalam Kis 2:30; Wah 1:5. Maz 110 dalam Mar 12:36; 14:62; 16:19; Kis 2:34,35; 1Ko 15:25; Efe 1:20-22; Kol 3:1; Ibr 1:3,13; 5:6; 8:1; 10:12,13; 12:2. Maz 132 dalam Kis 2:30.
Garis Besar Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) [1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR
Maz 8Apakah manusia itu?
Maz 24 Raja kemuliaan
Maz 29Beri kepada Allah hak-Nya!
Maz 33Alla
[1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR
Maz 8 | Apakah manusia itu? |
Maz 2 | 4 Raja kemuliaan |
Maz 29 | Beri kepada Allah hak-Nya! |
Maz 33 | Allah di atas segalanya |
Maz 46 | Tempat perlindungan dan kekuatan kita |
Maz 47 | Nyanyikanlah pujian bagi Allah kita |
Maz 48 | Allah dan kota-Nya |
Maz 65 | Ucapan syukur atas panen |
Maz 67 | Allah kita telah memberkati kita |
Maz 68 | Kemurahan dan kemuliaan |
Maz 75 | Allah berkuasa |
Maz 76 | Allah yang ditakuti |
Maz 81 | Belajar dari apa yang telah dilakukan Allah |
Maz 87 | Sion, kota Allah kita |
Maz 93 | Tuhan di tempat yang tinggi itu berkuasa |
Maz 95 | Marilah kita menyembah dan bersujud |
Maz 96 | Hakim segera datang! |
Maz 97 | Allah mengasihi milik kepunyaan-Nya |
Maz 98 | Bersorak-sorailah dengan penuh kegembiraan kepada Tuhan |
Maz 99 | Tuhan memerintah |
Maz 100 | Tuhan itu baik |
Maz 104 | Allah yang menciptakan semua |
Maz 105 | Allah membebaskan umat-Nya |
Maz 108 | (Maz 57; Maz 60) Dialah yang memberi kemenangan |
Maz 111 | Pekerjaan Allah luar biasa |
Maz 113 | Siapakah yang menyamai Tuhan Allah kita? |
Maz 114 | Ketika laut berhenti mengalir |
Maz 115 | Allah kita melakukan apa yang dikehendaki-Nya |
Maz 117 | Pujilah Dia, hai setiap orang |
Maz 122 | Kota suci |
Maz 133 | Ketika semua orang diikat dalam kasih persaudaraan |
Maz 134 | Datang, pujilah Tuhan |
Maz 135 | Tuhan kita di atas segala ilah-ilah lain |
Maz 136 | Kasih-Nya bertahan sepanjang masa |
Maz 145 | Setia kepada semua yang dijanjikan-Nya |
Maz 146 | Berbahagialah mempunyai Allah seperti Dia! |
Maz 147 | Ia menyembuhkan hati yang luka |
Maz 148 | Nama-Nya saja ditinggikan |
Maz 149 | Allah berkenan pada umat-Nya |
Maz 150 | Biarlah segala sesuatu memuji Tuhan! |
[1] MAZMUR PADA SAAT MENDERITA KESUSAHAN
Maz 3 | Allahlah yang aku perlukan |
Maz 4 | Percayalah kepada-Nya |
Maz 5 | Pimpin aku, ya Tuhan |
Maz 6 | Aku letih lesu |
Maz 7 | Allah itu adil |
Maz 10 | Mengapa si jahat hidup makmur? |
Maz 11 | Allah tahu apa yang terjadi |
Maz 12 | Allah berjanji untuk menolong |
Maz 13 | Aku percaya akan kasih-Mu |
Maz 14 | (Maz 53) semua orang seakan-akan tidak bertuhan |
Maz 17 | Tuhan, tunjukanlah bahwa aku berada di pihak yang benar |
Maz 22 | Mengapa Allah meninggalkanku? |
Maz 25 | Tuhan itu baik dan benar |
Maz 28 | Allah telah mendengar doa-doaku |
Maz 31 | Waktuku berada di tangan-Mu |
Maz 35 | Bertindaklah terhadap musuh-musuhku, ya Tuhan |
Maz 38 | Tuhan, aku sakit dan berdosa |
Maz 39 | Aku tidak selamanya berada di sini |
Maz 42 | Mengapa jiwaku tertekan? |
Maz 43 | Aku akan memuji Allah kembali! |
Maz 44 | Mengapa Engkau tidak mendengar kami, ya Tuhan? |
Maz 51 | Kasihanilah aku! |
Maz 54 | Allah adalah penolongku |
Maz 55 | Sahabatku berbalik melawan aku |
Maz 56 | Aku percaya kepada Allah |
Maz 57 | Dalam naungan sayap-Nya |
Maz 58 | Manusia jahat; Allah adil |
Maz 59 | Allah adalah kekuatanku |
Maz 60 | Tuhan, kami membutuhkan pertolongan-Mu |
Maz 61 | Batu karang yang lebih tinggi |
Maz 62 | Jiwaku menemukan ketenangan |
Maz 64 | Allah akan mengadili yang jahat |
Maz 69 | Selamatkanlah aku -- aku hampir tenggelam! |
Maz 71 | Allah akan menyertai aku sampai pada akhirnya |
Maz 73 | Mengapa orang tak berdosa menderita? |
Maz 74 | Mengapa Engkau meninggalkan kami? |
Maz 77 | Telah lupakah Allah? |
Maz 79 | Keluh kesah narapidana |
Maz 80 | Pulihkan bangsa-Mu, ya Tuhan |
Maz 83 | Musuh-musuh kami adalah musuh-musuhmu |
Maz 85 | Segarkan kami kembali |
Maz 86 | Ajar kami jalan-Mu |
Maz 88 | Selamatkanlah kami dari kematian |
Maz 90 | Hanya tujuh puluh tahun |
Maz 94 | Allah Yang Maha Tahu |
Maz 102 | Aku berubah; Dia tak pernah berubah |
Maz 109 | Menangani pemfitnah |
Maz 120 | Aku mendambakan damai |
Maz 123 | Kami bergantung pada-Mu, ya Tuhan |
Maz 129 | Kita telah cukup menderita |
Maz 130 | Keluar dari kesesakan |
Maz 137 | Bagaimana kami dapat bernyanyi? |
Maz 140 | Engkau adalah Allahku |
Maz 141 | Pimpinlah aku di jalan yang benar |
Maz 142 | Bebaskan aku dari penjara |
Maz 143 | Kasih yang tak kunjung padam setiap pagi |
[1] MENGENAI KEHIDUPAN YANG BAIK
Maz 1 | Hamba Allah |
Maz 15 | Menuju kebahagiaan |
Maz 19 | Hukum Allah dan kehidupanku |
Maz 26 | Adil |
Maz 36 | Takut dan kasih pada Allah |
Maz 37 | Bergantung pada Allah dan melakukan yang baik |
Maz 49 | Hanya satu kehidupan |
Maz 50 | Kehidupan yang benar; penyembahan yang benar |
Maz 52 | Orang jahat tak berumur panjang |
Maz 82 | Hakim yang adil |
Maz 101 | Membela yang benar |
Maz 112 | Allah memberi kemakmuran kepada umat kepunyaan-Nya |
Maz 119 | Hukum Allah adalah segala-galanya |
Maz 125 | Aman dalam pemeliharaan Allah |
Maz 127 | Allah harus membangun |
Maz 128 | Rumah tangga yang saleh |
[2] TENTANG KESAKSIAN
Maz 9 | Tuhan memerintah selamanya |
Maz 16 | Hanya Allah yang kuperlukan |
Maz 23 | Aku tidak akan kekurangan apa pun |
Maz 27 | Cahaya dan keselamatanku |
Maz 30 | Dia menyelamatkanku dari kematian |
Maz 32 | Sukacita pengampunan |
Maz 34 | Rasakan dan buktikan |
Maz 40 | (Maz 70) Aku ingin kehendak-Mu, Tuhan |
Maz 41 | Engkau mengalahkan musuh-musuhku |
Maz 46 | Tempat perlindungan dan kekuatan kita |
Maz 63 | Kasih-Mu lebih besar dari hidup |
Maz 66 | Allah selalu menjaga kita |
Maz 78 | Kebaikan Allah; kejahatan kita |
Maz 84 | Rajaku dan Allahku |
Maz 91 | Aku tidak perlu takut |
Maz 92 | Sungguh baik bersyukur kepada Allah |
Maz 103 | Kasih-Nya seperti kasih bapak kepada anaknya |
Maz 106 | Menguji kesabaran Allah |
Maz 107 | Pembebasan, penyembuhan dan keselamatan |
Maz 116 | Allah mendengar doaku |
Maz 118 | Apa yang dilakukan Allah luar biasa |
Maz 121 | Pertolonganku datang dari Tuhan |
Maz 124 | Andaikan Allah tidak menolongku... |
Maz 126 | Menabur dalam air mata; menuai dalam sukacita |
Maz 131 | Tenang dalam pemeliharaan Allah |
Maz 138 | Nama-Mu dan firman-Mu |
Maz 139 | Engkau mengenal aku secara utuh |
Maz 144 | Batu karangku dan tempat perlindunganku |
[3] TENTANG RAJA
Maz 2 | Hari pentahbisan |
Maz 18 | Tuhan beserta Daud |
Maz 20 | Allah memberi kemenangan |
Maz 2 | 1 Raja bergantung kepada Allah |
Maz 45 | Keelokan raja |
Maz 72 | Kedaulatan yang benar |
Maz 89 | Allah memilih Daud |
Maz 110 | Imam Agung |
Maz 132 | Janji Allah yang teguh |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi