Kejadian 1:7
Konteks1:7 Maka Allah menjadikan cakrawala 1 dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. t Dan jadilah demikian. u
Kejadian 1:18
Konteks1:18 dan untuk menguasai siang dan malam, w dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. x
Kejadian 1:31
Konteks1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya i itu, sungguh amat baik. j Jadilah petang dan jadilah pagi, k itulah hari keenam.
Kejadian 3:7
Konteks3:7 Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang 2 ; n lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat. o
Kejadian 3:10
Konteks3:10 Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, s karena aku telanjang; t sebab itu aku bersembunyi."
Kejadian 3:12
Konteks3:12 Manusia itu menjawab: "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, w dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan."
Kejadian 4:26
Konteks4:26 Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. r Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN 3 . s
Kejadian 6:12
Konteks6:12 Allah menilik bumi itu dan sungguhlah rusak q benar, sebab semua manusia menjalankan hidup r yang rusak di bumi.
Kejadian 6:21
Konteks6:21 Dan engkau, bawalah bagimu segala apa yang dapat dimakan; kumpulkanlah itu padamu untuk menjadi makanan bagimu dan bagi mereka."
Kejadian 7:7
Konteks7:7 Masuklah Nuh ke dalam bahtera q itu bersama-sama dengan anak-anaknya dan isterinya dan isteri anak-anaknya karena air bah itu.
Kejadian 7:17
Konteks7:17 Empat puluh hari e lamanya air bah itu meliputi bumi; air itu naik dan mengangkat bahtera itu, sehingga melampung tinggi dari bumi.
Kejadian 9:1
KonteksKejadian 13:1
KonteksKejadian 16:14
Konteks16:14 Sebab itu sumur n tadi disebutkan orang: sumur Lahai-Roi; o letaknya antara Kadesh p dan Bered.
Kejadian 18:3
Konteks18:3 serta berkata: "Tuanku, jika aku telah mendapat kasih k tuanku, janganlah kiranya lampaui hambamu l ini.
Kejadian 18:11
Konteks18:11 Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya x dan Sara telah mati haid. y
Kejadian 18:18
Konteks18:18 Bukankah sesungguhnya Abraham akan menjadi bangsa i yang besar serta berkuasa, dan oleh dia segala bangsa di atas bumi akan mendapat berkat?
Kejadian 20:8
Konteks20:8 Keesokan harinya pagi-pagi Abimelekh memanggil semua hambanya dan memberitahukan seluruh peristiwa itu kepada mereka, lalu sangat takutlah orang-orang itu.
Kejadian 20:14
Konteks20:14 Kemudian Abimelekh z mengambil kambing domba dan lembu sapi, hamba laki-laki dan perempuan, lalu memberikan semuanya itu kepada Abraham; a Sara, isteri Abraham, juga dikembalikannya kepadanya.
Kejadian 22:1
KonteksKejadian 24:61
Konteks24:61 Lalu berkemaslah Ribka beserta hamba-hambanya t perempuan, dan mereka naik unta mengikuti orang itu. Demikianlah hamba itu membawa Ribka lalu berjalan pulang.
Kejadian 25:21
Konteks25:21 Berdoalah Ishak kepada TUHAN 5 untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; v TUHAN mengabulkan doanya, w sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung.
Kejadian 26:15
Konteks26:15 Segala sumur, z yang digali dalam zaman Abraham, ayahnya, oleh hamba-hamba ayahnya itu, telah ditutup oleh orang Filistin dan ditimbun a dengan tanah.
Kejadian 27:18
Konteks27:18 Demikianlah Yakub masuk ke tempat ayahnya serta berkata: "Bapa!" Sahut ayahnya: "Ya, anakku; siapakah engkau? e "
Kejadian 28:16
Konteks28:16 Ketika Yakub bangun dari tidurnya, b berkatalah ia: "Sesungguhnya TUHAN ada di tempat ini, dan aku tidak mengetahuinya."
Kejadian 29:21
Konteks29:21 Sesudah itu berkatalah Yakub kepada Laban: "Berikanlah kepadaku bakal isteriku itu, sebab jangka waktuku telah genap, supaya aku akan kawin dengan dia. b "
Kejadian 30:27
Konteks30:27 Tetapi Laban berkata kepadanya: "Sekiranya aku mendapat kasihmu! u Telah nyata v kepadaku, bahwa TUHAN memberkati aku karena engkau. w "
Kejadian 31:44
Konteks31:44 Maka sekarang, marilah kita mengikat perjanjian, s aku dan engkau, supaya itu menjadi kesaksian antara aku dan engkau. t "
Kejadian 33:8
Konteks33:8 Berkatalah Esau: "Apakah maksudmu dengan seluruh pasukan, yang telah bertemu l dengan aku tadi?" Jawabnya: "Untuk mendapat kasih tuanku. m "
Kejadian 34:6
Konteks34:6 Lalu Hemor ayah Sikhem, pergi mendapatkan Yakub v untuk berbicara dengan dia.
Kejadian 35:6
Konteks35:6 Lalu sampailah Yakub ke Lus i yang di tanah Kanaan j --yaitu Betel--,ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia.
Kejadian 35:20
Konteks35:20 Yakub mendirikan tugu di atas kuburnya; itulah tugu kubur n Rahel sampai sekarang. o
Kejadian 36:5
Konteks36:5 dan Oholibama melahirkan Yeush, Yaelam dan Korah. y Itulah anak-anak Esau, yang lahir baginya di tanah Kanaan.
Kejadian 37:36--38:1
Konteks37:36 Adapun Yusuf, v ia dijual oleh orang Midian w itu ke Mesir, kepada Potifar, seorang pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja. x
Kejadian 40:1
KonteksKejadian 40:4
Konteks40:4 Kepala pengawal raja v menempatkan Yusuf w bersama-sama dengan mereka untuk melayani mereka. Demikianlah mereka ditahan x beberapa waktu lamanya.
Kejadian 40:9
Konteks40:9 Kemudian juru minuman e itu menceritakan mimpinya kepada Yusuf, katanya: "Dalam mimpiku itu tampak ada pohon anggur di depanku.
Kejadian 41:28
Konteks41:28 Inilah maksud perkataanku, ketika aku berkata kepada tuanku Firaun: Allah telah memperlihatkan kepada tuanku Firaun apa yang hendak dilakukan-Nya. o
Kejadian 41:49
Konteks41:49 Demikianlah Yusuf menimbun gandum seperti pasir di laut, a sangat banyak, sehingga orang berhenti menghitungnya, karena memang tidak terhitung.
Kejadian 42:23
Konteks42:23 Tetapi mereka tidak tahu, i bahwa Yusuf mengerti perkataan mereka, j sebab mereka memakai seorang juru bahasa.
Kejadian 42:30
Konteks42:30 "Orang itu, yakni yang menjadi tuan atas negeri itu, telah menegor kami dengan membentak y dan memperlakukan kami sebagai pengintai negeri z itu.
Kejadian 44:5
Konteks44:5 Bukankah ini piala w yang dipakai tuanku untuk minum dan yang biasa dipakainya untuk menelaah 7 ? x Kamu berbuat jahat dengan melakukan yang demikian."
Kejadian 45:3
Konteks45:3 Dan Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya: "Akulah Yusuf! Masih hidupkah bapa? q " Tetapi saudara-saudaranya tidak dapat menjawabnya, r sebab mereka takut dan gemetar menghadapi dia. s
Kejadian 45:16
Konteks45:16 Ketika dalam istana Firaun terdengar kabar, bahwa saudara-saudara Yusuf datang, u hal itu diterima v dengan baik oleh Firaun dan pegawai-pegawainya. w
Kejadian 45:28
Konteks45:28 Kata Yakub: "Cukuplah itu; r anakku Yusuf masih hidup; aku mau pergi melihatnya, sebelum aku mati. s "
Kejadian 47:27-28
KonteksKejadian 49:17
Konteks49:17 Semoga Dan n menjadi seperti ular di jalan, seperti ular beludak di denai o yang memagut tumit kuda, p sehingga penunggangnya jatuh ke belakang.
Kejadian 50:14
Konteks50:14 Setelah ayahnya dikuburkan, pulanglah Yusuf ke Mesir, dia dan saudara-saudaranya dan semua orang yang turut pergi ke sana bersama-sama dengan dia untuk menguburkan ayahnya o itu.
[1:7] 1 Full Life : CAKRAWALA.
Nas : Kej 1:7
Yang dimaksudkan ialah atmosfer di antara air di bumi dan awan-awan di angkasa.
[3:7] 2 Full Life : MEREKA TAHU, BAHWA MEREKA TELANJANG.
Nas : Kej 3:7
Ketika Adam dan Hawa hidup dalam ketidaksalahan moral (yaitu, sebelum kejatuhan), ketelanjangan tidak salah dan tidak membangkitkan perasaan malu (Kej 2:25). Akan tetapi, setelah mereka berbuat dosa, kesadaran akan ketelanjangan menjadi terkait dengan keadaan manusia yang terjatuh dan bejat. Karena ketelanjangan membawa kejahatan di dalam dunia, maka Allah sendiri membuatkan pakaian yang dikenakan pada Adam dan Hawa (ayat Kej 3:21), dan kini Dia memerintahkan agar semua orang berpakaian dengan sopan
(lihat cat. --> 1Tim 2:9).
[atau ref. 1Tim 2:9]
[4:26] 3 Full Life : MEMANGGIL NAMA TUHAN.
Nas : Kej 4:26
Dengan dorongan Enos, doa dan penyembahan umum dimulai (lih. 2Sam 6:2; 1Taw 13:6; Mazm 79:6; Yer 10:25; di mana memanggil nama Tuhan menunjuk kepada penyembahan umum). Keluarga Kain yang tidak saleh berkembang dan memusatkan kehidupan mereka pada kesenian dan urusan sekular, mendirikan gaya hidup yang percaya pada kemampuan diri sendiri. Sebaliknya, keluarga Set "memanggil nama Tuhan" sebagai ungkapan ketergantungan mereka kepada-Nya. Jadi, dua kelompok keluarga yang pada dasarnya berbeda berkembang di atas muka bumi -- yang saleh dan yang tidak saleh.
[22:1] 4 Full Life : ALLAH MENCOBA ABRAHAM.
Nas : Kej 22:1
Iman dan penyerahan Abraham kepada Allah diuji seberat-beratnya. Allah memerintahnya untuk melakukan sesuatu yang sama sekali bertentangan dengan akal sehat dan kasihnya selaku seorang bapa dan harapan seumur hidupnya (ayat Kej 22:2). Di dalam kisah Abraham kita membaca tentang tiga ujian iman yang besar.
- (1) Panggilan untuk memisahkan dirinya dari bangsa dan tanah airnya (Kej 12:1) serta pergi tanpa mengetahui tujuannya (bd. Ibr 11:8);
- (2) tuntutan untuk mempercayai Allah akan menggenapi perjanjian-Nya walaupun penggenapan perjanjian itu tidak tampak selama 25 tahun (Kej 12:1-3; 15:6,8; 18:9-14; Ibr 11:8-13);
- (3) perintah untuk mempersembahkan Ishak, putra yang dijanjikan itu (pasal Kej 22:1-24). Dengan cara yang mirip dengan yang dialami Abraham, iman sejati semua orang percaya akan diuji.
[25:21] 5 Full Life : BERDOALAH ISHAK KEPADA TUHAN.
Nas : Kej 25:21
Ribka, seperti halnya Sara, mandul selama bertahun-tahun, dan Ishak perlu meminta dari Tuhan anak perjanjian berikutnya yang keturunannya akhirnya akan melahirkan Sang Penebus. Dengan cara ini Allah menekankan prinsip rohani bahwa penebusan, warisan rohani, dan penggenapan perjanjian tidak tercapai melalui cara-cara alami, tetapi melalui kasih karunia dan tindakan Allah sebagai tanggapan terhadap doa dan pencarian Allah. Dengan kata lain, doa merupakan sarana yang dengannya Allah berkenan menyalurkan janji-janji dan berkat-berkat-Nya.
[40:1] 6 Full Life : SESUDAH SEMUANYA ITU.
Nas : Kej 40:1
Yusuf tetap mempertahankan imannya kepada Allah sementara ia dipenjarakan dengan tidak adil selama setidak-tidaknya dua tahun. Setelah menafsirkan mimpi-mimpi Firaun melalui penyataan Allah maka ia dibebaskan dan kemudian diangkat. Kisah ini menekankan bahwa sekalipun Allah tidak menyebabkan segala sesuatu yang terjadi (lih. Kej 39:7-23), namun Allah dapat menggunakan keadaan yang buruk untuk mengerjakan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia
(lihat cat. --> Rom 8:28).
[atau ref. Rom 8:28]
[44:5] 7 Full Life : DIPAKAINYA UNTUK MENELAAH
Nas : Kej 44:5
(versi Inggris NIV -- dipakai untuk meramal). Pastilah Yusuf tidak mempraktikkan ramalan karena dilarang oleh Allah. Ada dua penjelasan yang mungkin bagi penyebutannya di sini.
- 1) Istilah Ibrani untuk "meramal" juga dapat diterjemahkan "pasti memperhatikan." Jadi ayat ini bisa berarti bahwa Yusuf pasti akan memperhatikan bahwa cawan itu telah hilang.
- 2) Juga bisa berarti bahwa Yusuf sekedar menyesuaikan diri dengan citra seorang pemimpin di Mesir yang kira-kira dibayangkan oleh kakak-kakaknya (bd. ayat Kej 44:15).