23 Desember 2005

Mengenal Allah Secara Pribadi

Topik : Persekutuan dengan

Nats : Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-Nya kepada orang Israel (Mazmur 103:7)
Bacaan : Keluaran 33:7-17

Sebagian besar orang kristiani lebih senang melihat Allah melakukan mukjizat besar daripada memiliki persekutuan dengan Dia, serta mengenal jalan-jalan-Nya.

Ayat hari ini mengatakan bahwa Allah memperkenalkan perbuatan-perbuatan-Nya yang besar kepada orang Israel, namun kepada Musa Dia “memperkenalkan jalan-jalan-Nya”. Keluaran 33 mencatat sebuah krisis besar di mana Musa dengan rendah hati berdoa, “Jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beri tahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku” (ayat 13). Ia lebih ingin mengenal Allah dan rancangan-Nya bagi umat-Nya, daripada melihat sebuah mukjizat besar yang lain. Tidak mengherankan kalau Tuhan berbicara kepada-Nya “seperti seorang berbicara kepada temannya” (ayat 11).

Dalam menafsirkan perbedaan antara jalan dan perbuatan, F.B. Meyer menulis, “Jalan, atau rancangan, hanya diberitahukan kepada lingkaran dalam orang-orang kudus; jemaat biasa hanya mengenal perbuatan-perbuatan-Nya.”

Seorang teman saya yang berbakat, Jennifer, mengerti perbedaan ini setelah menjalani beberapa tahun di atas kursi roda. Suatu hari ia berdoa sambil menangis, “Tuhan, saya pasti sudah melakukan banyak hal untuk Engkau sekiranya saja saya sehat.” Dan ia mendengar jawaban Allah dengan jelas, “Banyak orang bekerja untuk Aku, namun hanya sedikit yang bersedia menjadi sahabat-Ku.”

Jika Anda ingin mengenal Allah secara pribadi melebihi kerinduan Anda untuk melihat berbagai mukjizat besar-Nya, Anda akan dipuaskan -JEY



TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.02 detik
dipersembahkan oleh YLSA