Daftar Isi
GAMBAR: Barnabas
GREEK: 921 barnabav Barnabas 923 barsabav Barsabas
YOPPI: 921
BARCLAY: 921 923
HAAG: Barnabas
KECIL: Barnabas
TOKOH: Barnabas
BIOTOKOH PB: BARNABAS
BROWNING: BARNABAS
ENSIKLOPEDIA: BARNABAS

Barnabas

Dalam versi-versi Alkitab:

Bar-nabas: BABA
Barnaba: LDKDR
Barnabas: BIS FAYH KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
anak nasehat. Kis 4:36.
dari Syeba. Kis 1:23.

Gambar

Barnabas: selebihnya..
Topik: Barnabas and Paul Sent Off to Cyprus; Barnabas in Various Compositions; Mark Joining Barnabas and Saul; Other Portraits of Barnabas; The Death of Barnabas

Yunani

Strongs #921: barnabav Barnabas

Barnabas = "son of rest (or Nabas = prophecy)"

1) the surname of Joses or Joseph, a Levite, a native of Cyprus
He was a distinguished Christian teacher and companion and
colleague of Paul.

921 Barnabas bar-nab'-as

of Chaldee origin (1247 and 5029); son of Nabas (i.e. prophecy); Barnabas, an Israelite: KJV -- Barnabas.
see HEBREW for 01247
see HEBREW for 05029

Strongs #923: barsabav Barsabas

Barsabas = "son of Sabas (or Tsaba)"

1) the surname of a certain Joseph (Ac 1:23)
2) the surname of a certain Judas (Ac 15:22)

923 Barsabas bar-sab-as'

of Chaldee origin (1247 and probably 6634); son of Sabas (or Tsaba); Bar-sabas, the name of two Israelites: KJV -- Barsabas.
see HEBREW for 01247
see HEBREW for 06634

[Yoppi]

Strongs #0921:

Barnabas

[Barclay]

Strongs #921:

a [maskulin] Barnabas

Strongs #923:

a [maskulin] Barsabas: (1) Yusuf (Kis 1.23); (2) Yudas (Kis 15.22)

Barnabas [haag]

Barnabas. (Menurut Kis 4:36: anak penghiburan).

Sebuah nama sampingan dari seorang (Lewi) Yusuf dari Siprus. Dalam jemaat kristen purba ia terkenal karena dermawan (Kis 4:36-37). Ia dikirim para Rasul ke Antiokhia. Dari sana ia mulai dengan karya pentobatan orang kafir bersama Paulus dalam perjalanan misionaris yang pertama (Ia ikut pergi ke Siprus, Sisilia, Likaonia: 13-14). Pada --> Konsili para Rasul di Yerusalem, mereka berdua terang-terangan membela keinginan para pengikut Kristus bukan Yahudi (Gal 2:13). ~B lalu memisahkan diri dari Paulus dan pergi bersama Yohanes --> Markus ke Siprus (Gal 15:36-39). -- Surat yang dikatakan berasal dari ~B itu ternyata tidak asli. Barangkali surat itu ditulis orang pada kira-kira tahun 125 sesudah Mas.

Barnabas [kecil]

KS.- [PB] Kis 4:36; 11:22,25,30; 12:25; 13:1-15:41; 1Kor 9:6; Gal 2:1,9,13; Kol 4:10

Barnabas [tokoh]

Barnabas

Seorang murid, mula-mula namanya, Jusuf (Kis 4:36), nabi (Kis 13:1), rasul (Kis 14:14).

Membawa Paulus kepada rasul-rasul (Kis 9:27), Antiokhia (Kis 11:22-29; Gal 2:1-13), pada perjalanan misi pertama bersama dengan Paulus (dalam Kis 13:1-14:28).

Bersama dengan Paulus di sidang Yerusalem, kemudian berpisah karena Yohanes Markus (dalam Kis 15:1-41).

Kemudian bekerja sama dengan Paulus (1Kor 9:6; Kol 4:10).

BARNABAS [biotokoh pb]

Disebut pertamaKis 4:36
Namanya disebut30 X
Kitab yang menyebutKisah Para Rasul, I Korintus, Galatia dan Kolose.
Tempat kelahiranPulau Siprus, Kis 4:36
Terakhir disebutKol 4:10
Ringkasan
  1. I. Orang yang suka berkorban; Kis 4:36,37
  2. II. Mensponsori, mendukung; Kis 9:26-27
  3. III. Menggembalakan; Kis 11:21-24
  4. Gereja di Yerusalem mendengar berita mengenai kebangunan rohani besar yang terjadi di Gereja Antiokhia.
    1. A. Barnabas Misionaris Allah; Kis 11:22
    2. B. Barnabas, Berita dari Allah; Kis 11:23
    3. C. Barnabas, Hamba Allah; Kis 11:24
  5. IV. Memilih Kis 11:25,26.
  6. V. Menabur Kis 13-14.
  7. VI. Barnabas dan Saulus dipanggil oleh Roh Kudus untuk mengadakan perjalanan Misi yang pertama bagi orang-orang kafir di dalam Perjanjian Baru. Kis 13:2-4
    1. A. Ia bertemu dengan Sergius Paulus, Gubernur Pulau Siprus di Ibu Kota Pafos; Kis 13:7
    2. B. Ia mendorong, baik orang Yahudi maupun orang kafir yang bertobat di Antiokia, Psidia; Kis 13:43
    3. C. Ia menegur beberapa orang Yahudi yang membuat keonaran di Antiokia, Psidia; Kis 13:46
    4. D. Ia di usir dari Antiokia, Psidia oleh orang Yahudi yang tidak percaya; Kis 13:50
    5. E. Ia dianggap sebagai Yupiter, dewa asing di dalam kota Listra; Kis 14:12
    6. F. Ia melarang orang Listra untuk memuja dia sebagai dewa; Kis 14:14,15
    7. G. Ringkasan dari ringkasan; Kis 15.
    8. Barnabas dan Saulus memberi kesaksian di depan sidang di Yerusalem, bagaimana kasih Allah telah dinyatakan kepada bangsa-bangsa kafir, seperti yang mereka saksikan di dalam perjalanan misi mereka.
      1. 1. Membantah ajaran menurut tradisi; Kis 15:1,2
      2. 2. Penjelasan dan kesaksian; Kis 15:12
      3. 3. Keputusan.
        1. a. Paulus dan Barnabas di utus kepada orang kafir; Kis 15:25,28,29.
        2. b. Paulus dan Barnabas kembali kepada orang-orang kafir; Gal 2:9
  8. VII. Berpisah; Paulus dan Barnabas berpisah.
    1. A. Alasan ketidakcocokan mereka; Kis 15:36-38
    2. B. Akibat tiadanya persetujuan; Kis 15:39,40
  9. VIII. Berdosa.
  10. Pada suatu ketika, Barnabas mengijinkan dirinya dicemari oleh orang-orang Yahudi yang legalistik, dan ia terseret dalam kemunafikan; Gal 2:13

BARNABAS [browning]

Orang *Siprus dan orang *Lewi, yang karena menjadi Kristen, dengan tulus ikhlas menjual ladang miliknya (Kis. 4:36-37). Ia berjasa dalam membujuk Paulus untuk datang ke *Antiokhia (Kis. 11:25-26). Kemudian Paulus dan Barnabas mengadakan perjalanan bersama, ditemani *Yohanes Markus, kerabat Barnabas, dan dilaporkan bahwa mereka berdua hadir pada sidang di Yerusalem (Kis. 15:2,12). Namun, pertengkaran telah mengakhiri perkawanan mereka. Menurut Kis. 15:38, ini terjadi karena Paulus meragukan kesungguhan Markus, yang diinginkan Barnabas tetap bersama mereka. Namun, alasan sebenarnya mungkin adalah karena Barnabas berpihak kepada *Petrus melawan Paulus dalam perselisihan di *Antiokhia tentang makan bersama dengan orang-orang *bukan Yahudi (Gal. 2:13). Kemungkinan cerita ini merupakan adegan yang ditemukan penulis Kisah Para Rasul, tetapi bertentangan dengan temanya tentang keharmonisan hidup berjemaat. Namun, kemudian terdapat petunjuk bahwa Paulus (atau siapa pun penulis Surat *Kolose) bersahabat dengan Markus dan Barnabas (Kol. 4:10).

BARNABAS [ensiklopedia]

Nama kedua Yusuf, penginjil dari zaman PB yg sangat penting. Lukas (Kis 4:36) menafsirkannya 'anak penghiburan', 'seorang yg menghibur atau menegur' (bnd 'anak damai' Luk 10:6). Nabas mungkin berhubungan dengan newaha dari bh Aram, 'pendamaian', 'penghiburan' (penulisan dim bh Yunani dilemahkan dgn lafal kecil dari huruf h), atau turunan dari akar nb', 'bernubuat'. Sebenarnya nama itu harus berarti 'anak nabi' atau 'nubuat', tapi menegur atau menghibur adalah peran utama seorang nabi (Kis 15:32; 1 Kor 14:3). Lukas tidak bermaksud memberikan eh mologi ilmiah, tapi menunjukkan watak orang itu. Kita menjumpai dia sebagai parakleis dalam Kis 11:23. Deissmam menyamakan nama itu dengan Barnebous (bh Aram Barnebo putra Nebo) seperti terdapat dalam tulisan-tulisan Siria; tapi Lukas menyatakan bahwa para rasullah yg memberikannya, dan tidaklah mungkin mereka memberikan nama yg menunjuk kepada dewa kafir.

Barnabas berasal dari keluarga imam Yahudi-Siprus, tapi Yohanes Markus dari Yerusalem adalah kemenakannya (Kol 4:10), dan dia sendiri adalah anggota dari gereja di Yerusalem, yg menjual miliknya (di Siprus?) bagi milik umum (Kis 4:36 dab). Klemen dari Aleksandria menyebut dia seorang dari ke-70 (Hypot 7; Stromateis 2.20, 116). Naskah Barat ihwal Kis 1:23 mensejajarkan dia dengan Yusuf calon rasul itu. Tapi kemudian Lukas (Kis 4:14) dan Paulus (1 Kor 9:6 sesuai isinya) menganggap dia seorang rasul.

'Orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman' demikian Lukas (Kis 11:24). Paling kurang pada 4 peristiwa kemurahan hatinya, kebijakan rohaninya dan kehormatan orang kepadanya, berdampak positif.

a. Waktu Saulus yg telah bertobat datang di Yerusalem, tapi orang Kristen di sana menganggapnya mata-mata, Barnabas-lah yg memperkenalkan dia kepada para 'tokoh utama' rasul dan meyakinkan mereka tentang pertobatan dan kesungguhannya (Kis 9:27; bnd Gal 1: 18).

b. Barnabas-lah yg mewakili para rasul di Antiokhia pada pertama kalinya orang-orang non-Yahudi dalam jumlah besar menerima Injil; orang-orang dari Siprus juga berperan di situ (Kis 11:19 dab). Gerakan ini dilihatnya sebagai pekerjaan Allah dan sebagai suasana yg tepat bagi Saulus yg telah dilupakan. Ia mendatangkan Saulus untuk ikut bekerja. Waktu mereka datang di Yerusalem dan membawa bantuan bagi orang yg kelaparan, panggilan mereka untuk mengabarkan Injil kepada non-Yahudi diakui (Gal 2:9; *KRONOLOGI PB). Tapi Barnabas tidak mampu menandingi Petrus: ia juga kalah terhadap desakan pen-Yahudi-an: 'bahkan Barnabas' tidak mau makan bersama non-Yahudi dari Antiokhia (Gal 2:13).

c. Jasa besar Barnabas yg ketiga menunjukkan, bahwa ia dengan segenap hati menerima orang-orang non-Yahudi karena iman kepada Kristus (bnd Kis 13:46). Perjalanannya dengan Paulus (Kis 13-14) mulai di tempatnya sendiri, Siprus. Ini mendampakkan adanya suatu mata rantai gereja yg kebanyakannya non-Yahudi. Mata rantai itu jauh sampai ke Turki, dan menjadi sasaran tantangan yg hebat dari umat Yahudi.

Bagi gereja dan Barnabas hal itu merupakan langkah penting. Sampai waktu itu ia adalah pemimpin, Paulus muridnya. Urutan yg selalu dipegang Lukas sampai mereka meninggalkan Siprus adalah 'Barnabas dan Saulus'. Sesudah itu ia biasa mengatakan 'Paulus dan Barnabas' (Kis 13:43, 46, 50; 15:2, dua kali, 22, 35. Urutan dlm Kis 14:14 mungkin disebabkan oleh urutan dewa-dewa). Hal ini pasti menunjukkan perkembangan peristiwa-peristiwa.

d. Tapi Barnabas mempunyai tugas penting yg lain. Setelah ia kembali di Antiokhia, ihwal sunat menjadi masalah sangat mendesak. Ia dan Paulus ditugasi untuk mempermasalahkan sunat pada Majelis di Yerusalem. Kebijakan mereka dengan gemilang dibenarkan(Kis 15:1-29). Menarik sekali bahwa Barnabas mendahului Paulus, baik dalam cerita tentang kejadian dan perkembangannya (ay 12) maupun dalam surat Majelis (ay 25, bnd ay 22); mungkin kata-kata dari perwakilan rasul yg pertama di Antiokhia, adalah lebih berbobot bagi kebanyakan anggota Majelis. Barnabas mendesak untuk mengikutsertakan Markus, yg sebelumnya meninggalkan mereka, pada perjalanan kedua yg direncanakan. Paulus menolak, dan perjalanan terbagi dua, Barnabas ke Siprus (Kis 15:36-40).

Kesaksian-kesaksian Paulus kemudian dapat berarti bahwa Markus mendapat manfaat waktu bekerja di bawah kemenakannya. Kerjasama yg erat telah pecah tapi persahabatannya tidak. 'Kapan pun Paulus menyebut Barnabas, kata-katanya mengandung simpati dan hormat' (Lightfoot ttg Gal 2:13). Dalam hal asas dan pekerjaan mereka sama, dan kita tidak tahu betapa banyak Paulus menerima dari Barnabas. Waktu Surat 1 Kor ditulis Barnabas masih hidup, dan ia seperti Paulus; tapi tidak seperti banyak rekannya mencari nafkahnya sendiri dan tidak minta dari gereja-gereja (1 Kor 9:6). Sesudah ini hanya ada tradisi-tradisi yg samar-samar yg menghubungkan dia dengan Roma dan Aleksandria.

Namanya dihubungkan dengan surat yg anonim yg berasal dari Aleksandria, tapi jelas palsu. Surat Ibr sering disangka dari dia, sedikit-dikitnya sejak zaman Tertulianus (bnd Zahn, INT 2, hlm 301 dst) dan ia dianggap penulis 1 Ptr oleh A. C McGiffert (Christianity in the Apostolic Age, 1897, hlm 593 dst). Namanya muncul dalam daftar para martir yg kemudian (lih James, ANT, hlm 470). The Gospel of Barnabas (terbitan L Ragg, 1907) adalah buku dari abad pertengahan untuk kepentingan agama Islam.

KEPUSTAKAAN. A Klostermann, Probleme im Aposteltexte neu erortert, 1883; A Deissmann, BS hlm 307 dst; H. J Cadbury dalam Amicitiae Corolla (Rendel Harris Festschrift), 1933, hlm 45 dst; BC 4; Lih juga F. F Bruce, Acts. AFW/RS

[+] Bhs. Inggris



TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA