Versi Paralel Tafsiran/Catatan Analisa Kata ITL - draft

Kisah Para Rasul 7:44

Konteks
TB (1974) ©

SABDAweb Kis 7:44

Kemah Kesaksian j  ada pada nenek moyang kita di padang gurun, seperti yang diperintahkan Allah kepada Musa untuk membuatnya menurut contoh 1  yang telah dilihatnya. k 

AYT (2018)

Nenek moyang kita memiliki Kemah Kesaksian di padang belantara, seperti yang Allah perintahkan ketika berbicara kepada Musa, untuk membuatnya sesuai dengan gambaran yang telah ia lihat.

TL (1954) ©

SABDAweb Kis 7:44

Maka Kemah Kesaksian itu ada pada nenek moyang kita di padang belantara, sama seperti yang difirmankan Allah menurut firman-Nya kepada Musa, bahwa hendaklah diperbuatnya seperti teladan yang telah dilihatnya itu.

BIS (1985) ©

SABDAweb Kis 7:44

Kemah tempat Allah datang kepada manusia terdapat pada nenek moyang kita di padang gurun. Kemah itu dibuat atas perintah dari Allah kepada Musa dan menurut contoh yang diperlihatkan Allah kepada Musa.

TSI (2014)

“Nenek moyang kita selalu membawa kemah Allah ke mana pun mereka berpindah-pindah selama di padang belantara. Kemah itu dibuat sesuai dengan petunjuk Allah, seperti yang sudah diperintahkan dan diperlihatkan Allah kepada Musa.

MILT (2008)

Tabernakel kesaksian ada di antara para leluhur kita di padang gurun, seperti yang telah Dia perintahkan ketika berfirman kepada Musa agar membuatnya sesuai dengan wujud yang pernah ia lihat,

Shellabear 2011 (2011)

Kemah Suci itu ada pada nenek moyang kita di padang belantara itu. Kemah itu dibuat seperti diperintahkan Allah kepada Musa, sesuai dengan contoh yang diperlihatkan-Nya kepadanya.

AVB (2015)

Nenek moyang kita mempunyai Khemah Kesaksian di tanah gurun. Khemah ini dibuat sebagaimana yang diperintahkan kepada Musa menurut contoh yang telah dilihatnya.

[+] Bhs. Inggris
[+] Bhs. Indonesia
[+] Bhs. Suku
[+] Kuno

TB ITL ©

SABDAweb Kis 7:44

Kemah
<4633>
Kesaksian
<3142>
ada
<1510>
pada nenek moyang
<3962>
kita
<2257>
di
<1722>
padang gurun
<2048>
, seperti
<2531>
yang diperintahkan
<1299> <2980>
Allah kepada Musa
<3475>
untuk membuatnya
<4160> <846>
menurut
<2596>
contoh
<5179>
yang
<3739>
telah dilihatnya
<3708>
.
TL ITL ©

SABDAweb Kis 7:44

Maka Kemah
<4633>
Kesaksian
<3142>
itu ada
<1510>
pada nenek moyang
<3962>
kita di
<1722>
padang belantara
<2048>
, sama seperti
<2531>
yang difirmankan
<1299>
Allah menurut
<2596>
firman-Nya kepada Musa
<3475>
, bahwa hendaklah diperbuatnya
<4160>
seperti
<2596>
teladan
<5179>
yang telah
<3739>
dilihatnya
<3708>
itu.
AYT ITL
Nenek moyang
<3962>
kita
<2257>
memiliki Kemah
<4633>
Kesaksian
<3142>
di
<1722>
padang belantara
<2048>
, seperti
<2531>
yang Allah perintahkan
<1299>
ketika berbicara
<2980>
kepada Musa
<3475>
, untuk membuatnya
<4160>
sesuai
<2596>
dengan gambaran
<5179>
yang
<3739>
telah ia lihat
<3708>
.

[<1510> <846>]
AVB ITL
Nenek moyang
<3962>
kita
<2257>
mempunyai
<1510>
Khemah
<4633>
Kesaksian
<3142>
di
<1722>
tanah gurun
<2048>
. Khemah ini dibuat
<4160>
sebagaimana
<2531>
yang diperintahkan
<1299>
kepada
<2980>
Musa
<3475>
menurut
<2596>
contoh
<5179>
yang
<3739>
telah dilihatnya
<3708>
.

[<846>]
GREEK
η
<3588>
T-NSF
σκηνη
<4633>
N-NSF
του
<3588>
T-GSN
μαρτυριου
<3142>
N-GSN
ην
<2258> <5713>
V-IXI-3S
τοις
<3588>
T-DPM
πατρασιν
<3962>
N-DPM
ημων
<2257>
P-1GP
εν
<1722>
PREP
τη
<3588>
T-DSF
ερημω
<2048>
A-DSF
καθως
<2531>
ADV
διεταξατο
<1299> <5668>
V-AMI-3S
ο
<3588>
T-NSM
λαλων
<2980> <5723>
V-PAP-NSM
τω
<3588>
T-DSM
μωυση
<3475>
N-DSM
ποιησαι
<4160> <5658>
V-AAN
αυτην
<846>
P-ASF
κατα
<2596>
PREP
τον
<3588>
T-ASM
τυπον
<5179>
N-ASM
ον
<3739>
R-ASM
εωρακει
<3708> <5715>
V-LAI-3S-ATT
[+] Bhs. Inggris

TB (1974) ©

SABDAweb Kis 7:44

Kemah Kesaksian j  ada pada nenek moyang kita di padang gurun, seperti yang diperintahkan Allah kepada Musa untuk membuatnya menurut contoh 1  yang telah dilihatnya. k 

TB+TSK (1974) ©

SABDAweb Kis 7:44

Kemah 1  Kesaksian ada pada nenek moyang kita di padang gurun, seperti yang diperintahkan 2  Allah kepada Musa untuk membuatnya menurut contoh yang telah dilihatnya.

Catatan Full Life

Kis 7:2-53 1

Nas : Kis 7:2-53

Khotbah Stefanus di depan mahkamah Sanhedrin adalah pembelaan iman seperti yang diberitakan oleh Kristus dan para rasul. Stefanus merupakan pelopor bagi semua orang yang membela iman alkitabiah terhadap mereka yang menentang atau memutarbalikkan ajaran Kristiani, dan dialah syahid yang pertama karena alasan itu. Yesus membenarkan tindakan Stefanus dengan menghormatinya di hadapan Allah Bapa di sorga

(lihat cat. --> Kis 7:55).

[atau ref. Kis 7:55]

Kasih Stefanus akan kebenaran serta kesediaannya untuk mengorbankan hidupnya guna mempertahankan kebenaran itu sangat bertentangan dengan mereka yang kurang perhatikan untuk "berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus" (Yud 1:3) dan mereka yang atas nama kasih, hubungan baik, dan toleransi, tidak merasa perlu untuk menentang para guru palsu dan pemutar balik kemurnian Injil hasil karya kematian Kristus

(lihat cat. --> Gal 1:9;

[atau ref. Gal 1:9]

lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).


Kis 7:44 2

Nas : Kis 7:44

(Dalam versi Inggris NIV, kata "contoh" diterjemahkan "pola".) Allah selalu memiliki suatu pola ilahi yang harus diikuti oleh umat-Nya.

  1. 1) Allah mempunyai suatu pola bagi Musa yang berlaku sebagai patokan sepanjang perjanjian yang lama.
    1. (a) Dalam pasal Kel 12:1-51 Allah memberikan Musa petunjuk khusus untuk upacara Paskah di Mesir yang kemudian menjadi pola untuk diikuti semua angkatan Israel.
    2. (b) Dalam pasal Kel 20:1-26 Allah memberikan Musa Sepuluh Hukum sebagai pola dan patokan moral untuk semua angkatan berikutnya.
    3. (c) Dalam pasal Kel 25:1-40, Allah menugaskan Musa untuk membuat suatu kemah suci yang merupakan gambaran dan bayangan tentang hal-hal sorgawi serta penebusan yang direncanakan oleh Allah melalui Tuhan Yesus Kristus di dunia ini. Musa dengan teliti membuat kemah suci dan isinya tepat "menurut contoh" yang ditunjukkan Allah (Kel 25:9,40; bd. Ibr 8:1-5).
  2. 2) Sama seperti Allah mempunyai pola bagi Kemah Suci dalam perjanjian lama, Dia juga mempunyai pola bagi gereja-Nya dalam perjanjian baru. Para rasul PB tidak memutuskan sewenang-wenang bagaimana gereja akan dibentuk. Yang menetapkan pola rasuli bagi gereja adalah Allah Bapa dan Allah Anak lewat apa yang dicatat Roh Kudus dalam Injil-Injil, Kisah Para Rasul, surat-surat kiriman dan surat-surat kepada ketujuh gereja (pasal Wahy 2:1-3:22).
  3. 3) Sayangnya, setelah zaman rasuli, gereja mulai meninggalkan penyataan ilahi itu dan mengubah pola sorgawi Allah serta dari segi kebudayaan dan organisasi menyesuaikan diri menurut gagasan duniawi dan manusiawi. Hal ini telah mengakibatkan berlipatgandanya pola ciptaan manusia ke dalam gereja.
  4. 4) Jikalau gereja Yesus Kristus akan kembali mengalami rencana kuasa dan kehadiran Allah sepenuhnya, ia harus berbalik dari jalannya sendiri dan menganut pola rasuli PB sebagai patokan Allah untuk gereja-Nya selama-lamanya.

[+] Bhs. Inggris



TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA