TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yoel 2:28--3:21

Konteks
Hari TUHAN
2:28 "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku 1  n  ke atas semua manusia, o  maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat 2 ; p  orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, q  teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. 2:29 Juga ke atas hamba-hambamu r  laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari s  itu. 2:30 Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit 3  t  dan di bumi: u  darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. 2:31 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita v  dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN w  yang hebat dan dahsyat itu. 2:32 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN x  akan diselamatkan, y  sebab di gunung Sion z  dan di Yerusalem akan ada keselamatan, a  seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil b  TUHAN akan termasuk orang-orang yang terlepas. c "
Hukuman atas musuh-musuh Israel
3:1 "Sebab sesungguhnya pada hari-hari itu 4  dan pada waktu itu, apabila Aku memulihkan keadaan d  Yehuda e  dan Yerusalem, 3:2 Aku akan mengumpulkan f  segala bangsa dan akan membawa mereka turun ke lembah Yosafat 5 ; g  Aku akan berperkara h  dengan mereka di sana mengenai umat-Ku dan milik-Ku sendiri, Israel, oleh karena mereka mencerai-beraikannya i  ke antara bangsa-bangsa dan membagi-bagi tanah-Ku, 3:3 oleh karena mereka membuang undi j  mengenai umat-Ku 6 , menyerahkan seorang anak laki-laki karena seorang sundal, dan menjual seorang anak perempuan karena anggur k  untuk diminum. 3:4 Lagi apakah sangkut pautmu dengan Aku, hai Tirus dan Sidon 7  l  dan seluruh wilayah Filistin? m  Apakah kamu ini hendak membalas perbuatan-Ku? Apabila kamu melakukan sesuatu terhadap Aku, maka dengan cepat, dengan segera Aku akan membalikkan perbuatanmu n  itu kepadamu sendiri. 3:5 Oleh karena kamu telah mengambil perak-Ku dan emas-Ku dan telah membawa barang-barang-Ku yang berharga yang indah-indah ke tempat-tempat ibadahmu, o  3:6 dan telah menjual orang-orang Yehuda dan orang-orang Yerusalem kepada orang Yunani p  dengan maksud menjauhkan mereka dari daerah mereka. 3:7 Sesungguhnya Aku akan menggerakkan mereka dari tempat ke mana kamu menjual mereka, q  dan Aku akan membalikkan r  perbuatanmu itu ke atas kepalamu sendiri. 3:8 Aku akan menjual anak-anakmu laki-laki s  dan perempuan kepada orang-orang Yehuda t  dan mereka akan menjual anak-anakmu itu kepada orang-orang Syeba, u  kepada suatu bangsa yang jauh, sebab TUHAN telah mengatakannya. v "
Berkat untuk umat TUHAN
3:9 Maklumkanlah hal ini di antara bangsa-bangsa: bersiaplah untuk peperangan 8 , w  gerakkanlah para pahlawan; x  suruhlah semua prajurit tampil dan maju! 3:10 Tempalah mata bajakmu menjadi pedang dan pisau-pisau pemangkasmu y  menjadi tombak; z  baiklah orang yang tidak berdaya a  berkata: "Aku ini pahlawan! b " 3:11 Bergeraklah dan datanglah, hai segala bangsa dari segenap penjuru, dan berkumpullah c  ke sana! Bawalah turun, ya TUHAN, pahlawan-pahlawan-Mu! d  3:12 Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, e  sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi f  segala bangsa dari segenap penjuru. 3:13 Ayunkanlah sabit, g  sebab sudah masak tuaian 9 ; h  marilah, iriklah, i  sebab sudah penuh tempat anggur; tempat-tempat pemerasan j  kelimpahan, sebab banyak kejahatan mereka. 3:14 Banyak orang, k  banyak orang di lembah l  penentuan! Ya, sudah dekat hari TUHAN m  di lembah penentuan! n  3:15 Matahari dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya. o  3:16 TUHAN mengaum p  dari Sion, dari Yerusalem q  Ia memperdengarkan suara-Nya, dan langit dan bumi bergoncang. r  Tetapi TUHAN adalah tempat perlindungan s  bagi umat-Nya, dan benteng t  bagi orang Israel. 3:17 "Maka kamu akan mengetahui u  bahwa Aku, TUHAN, adalah Allahmu, v  yang diam di Sion 10 , w  gunung-Ku x  yang kudus. Dan Yerusalem akan menjadi kudus, y  dan orang-orang luar tidak akan melintasinya z  lagi. 3:18 Pada waktu itu akan terjadi, bahwa gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, a  bukit-bukit akan mengalirkan susu, b  dan segala sungai Yehuda akan mengalirkan air; c  mata air akan terbit dari rumah d  TUHAN dan akan membasahi lembah Sitim. e  3:19 Mesir f  akan menjadi sunyi sepi, dan Edom g  akan menjadi padang gurun tandus, oleh sebab kekerasan h  terhadap keturunan Yehuda, oleh karena mereka telah menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tanahnya. 3:20 Tetapi Yehuda tetap didiami untuk selama-lamanya i  dan Yerusalem turun-temurun. 3:21 Aku akan membalas j  darah mereka k  yang belum Kubalas; TUHAN tetap diam di Sion. l "
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[2:28]  1 Full Life : MENCURAHKAN ROH-KU.

Nas : Yoel 2:28-29

Yoel menubuatkan suatu hari ketika Allah akan mencurahkan Roh-Nya atas "barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan" (ayat Yoel 2:32). Pencurahan ini akan menghasilkan aliran Roh nubuat kharismatik di antara umat Allah. Petrus mengutip ayat ini pada hari Pentakosta, serta menjelaskan bahwa pencurahan Roh pada hari itu adalah awal penggenapan nubuat Yoel (Kis 2:14-21). Nubuat ini merupakan janji berkesinambungan bagi setiap orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan, karena semua orang percaya dapat dan harus dipenuhi dengan Roh Kudus (bd. Kis 2:38-39; Kis 10:44-48; 11:15-18;

lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

Keterangan selanjutnya tentang Roh Kudus dapat dilihat dalam

lihat art. ROH KUDUS DI DALAM PERJANJIAN LAMA, dan

lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).

[2:28]  2 Full Life : ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT.

Nas : Yoel 2:28

Yoel membayangkan bahwa salah satu akibat utama dari pencurahan Roh Kudus akan menjadi pemberian dan pelepasan karunia-karunia nubuat. Penyataan Roh melalui karunia-karunia-Nya memberitahukan kehadiran Allah di antara umat-Nya. Rasul Paulus menyatakan bahwa jikalau gereja bernubuat, seorang tamu yang belum percaya akan terpaksa mengaku, "Sungguh, Allah ada di tengah-tengah kamu!" (1Kor 14:24-25).

[2:30]  3 Full Life : MUJIZAT-MUJIZAT DI LANGIT.

Nas : Yoel 2:30-31

Perwujudan sepenuhnya dari pencurahan Roh dan tawaran keselamatan kepada semua orang pada suatu hari akan disertai dengan tanda-tanda di langit akhir zaman dan "hari Tuhan" (bd. Mat 24:29-31). Pada saat itu, musuh-musuh Allah akan mengalami murka-Nya (bd. Wahy 6:12-17). Apabila diselidiki dari sudut nubuat alkitabiah, keadaan seluruh dunia menunjukkan bahwa saat terjadinya peristiwa-peristiwa masa depan ini sudah dekat

(lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).

[3:1]  4 Full Life : PADA HARI-HARI ITU.

Nas : Yoel 3:1-21

Pasal ini membahas pemulihan Israel di masa depan dan hukuman Allah atas segala bangsa di dunia; hukuman ini akan mencakup perang besar di Harmagedon yang mendahului pemerintahan Kristus atas seluruh bumi

(lihat cat. --> Wahy 16:16).

[atau ref. Wahy 16:16]

[3:2]  5 Full Life : LEMBAH YOSAFAT.

Nas : Yoel 3:2

Lembah Yosafat artinya "lembah di mana Tuhan menghakimi" juga disebut "lembah penentuan" (ayat Yoel 3:14); mungkin inilah lembah Megido di tengah utara Palestina. Akan tetapi, yang lebih penting daripada kedudukan geografisnya adalah berita bahwa Allah pada suatu hari akan membinasakan semua kejahatan serta membenarkan dan membebaskan umat-Nya yang setia.

[3:3]  6 Full Life : MEMBUANG UNDI MENGENAI UMAT-KU.

Nas : Yoel 3:3

Allah akan menghukum bangsa-bangsa karena kekejaman mereka dan karena mereka memperlakukan orang seolah-olah mereka itu barang yang diperdagangkan demi uang dan kesenangan. Kita harus waspada bagaimana memperlakukan orang lain, karena Allah akan meminta pertanggungjawaban pada hari penghakiman karena menganiaya orang lain

(lihat cat. --> Kol 3:25).

[atau ref. Kol 3:25]

[3:4]  7 Full Life : TIRUS DAN SIDON.

Nas : Yoel 3:4-8

Tuhan berbicara kepada kota-kota dan wilayah yang khususnya bertindak kejam terhadap Israel. Sebagian dari nubuat tentang hukuman tergenapi pada abad ke-4 ketika mereka dikalahkan Aleksander Agung dan kemudian Antiokhus III (juga lih. pasal Yes 23:1-18; Yeh 26:1-28:26; Am 1:9-10).

[3:9]  8 Full Life : BERSIAPLAH UNTUK PEPERANGAN!

Nas : Yoel 3:9-16

Bangsa-bangsa diberitahukan agar bersiap-siap untuk perang, karena Tuhan akan mendatangkan kebinasaan besar atas mereka. Orang yang menentang Allah dan firman-Nya akan diminta mempertanggungjawabkan dosa-dosa mereka

(lihat cat. --> Wahy 14:19;

lihat cat. --> Wahy 16:16;

[atau ref. Wahy 14:19; 16:16]

bd. Wahy 19:11-21). Orang percaya harus ingat bahwa kefasikan, pelanggaran hukum dan kejahatan hanya akan bertahan untuk waktu terbatas; umat Allah akhirnya akan mewarisi bumi ini (bd. Mazm 37:11; Mat 5:5).

[3:13]  9 Full Life : SUDAH MASAK TUAIAN.

Nas : Yoel 3:13

Tuaian hukuman Allah atas bangsa-bangsa sebentar lagi akan terjadi, karena "banyak kejahatan mereka". Ketika dosa mencapai tingkat kepenuhan tertentu, hukuman tidak dapat dielakkan lagi (bd. Kej 15:16).

[3:17]  10 Full Life : DIAM DI SION.

Nas : Yoel 3:17-21

Kitab Yoel diakhiri dengan janji bahwa Yerusalem pada suatu hari akan dibebaskan dari musuh-musuhnya dan berkat Allah akan dicurahkan atas umat-Nya. Berkat ini pertama-tama terdiri atas Allah sendiri yang tinggal di antara umat-Nya serta menunjukkan kasih dan perhatian-Nya kepada mereka. Dengan kebinasaan orang fasik di antara semua bangsa Kerajaan Allah akan menang. Kesimpulan Yoel menunjukkan kepada Israel bahwa mereka yang tetap tidak bertobat akan menghadapi murka Allah, sedangkan mereka yang bertobat dan mencari Tuhan akan mengalami berkat-berkat-Nya dan memiliki masa depan penuh kemuliaan selama-lamanya.



TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA