Artikel Penuntun - ROH KUDUS DI DALAM PERJANJIAN LAMA

Nas : Yoel 2:28-29

Ayat: "Kemudian dari pada itu akan terjadi bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu."

Roh Kudus adalah salah satu dari tiga oknum dari tritunggal Allah yang kekal

(lihat cat. --> Mr 1:11;

[atau --> Mr 1:11]

lih. art.AJARAN TENTANG ROH KUDUS).

Walaupun kuasa-Nya yang penuh tidak dinyatakan kepada umat Allah sebelum pelayanan Yesus

(lih. art.YESUS DAN ROH KUDUS)

dan kemudian, pada hari Pentakosta (lih. Kis 2:1-47), terdapat bagian-bagian PL yang mengacu kepada Dia dan karya-Nya. Artikel ini membahas ajaran-ajaran PL tentang Roh Kudus.

ISTILAH YANG DIPAKAI.

Kata bahasa Ibrani untuk "Roh" adalah _ruah_, suatu kata yang kadang-kadang diterjemahkan dengan "angin" atau "nafas". Jadi, acuan-acuan PL kepada nafas Allah atau angin dari Allah (mis. Kej 2:7; Yeh 37:9-10) juga dapat mengacu kepada karya Roh Kudus.

KARYA ROH KUDUS DALAM PERJANJIAN LAMA.

Alkitab menguraikan berbagai aktivitas Roh Kudus di zaman PL.

  1. 1) Roh Kudus memainkan peranan aktif dalam penciptaan. Ayat kedua di Alkitab kedua mengatakan bahwa "Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air" (Kej 1:2), bersiap-siap untuk firman kreatif Allah untuk membentuk dunia. Baik Firman Allah (yaitu, oknum kedua dalam Tritunggal) maupun Roh Allah menjadi pelaksana dalam penciptaan (lih. Ayub 26:13; Mazm 33:6;

    lih. art.PENCIPTAAN).

    Roh juga adalah pencipta kehidupan. Ketika Allah menciptakan Adam, niscaya Roh Allah yang menghembuskan nafas hidup ke dalam dirinya (Kej 2:7; bd. Ayub 27:3), dan Roh Kudus tetap terlibat dalam memberikan hidup kepada makhluk-makhluk ciptaan Allah (Ayub 33:4; Mazm 104:30).
  2. 2) Roh itu aktif dalam menyampaikan amanat Allah kepada umat-Nya. Misalnya, Roh Kuduslah yang mengajar orang Israel di padang gurun (Neh 9:20). Ketika para pemazmur Israel memanjatkan puji-pujian mereka, hal itu dilakukan dengan Roh Tuhan (2Sam 23:2; bd. Kis 1:16,20). Demikian pula, para nabi diilhami oleh Roh Allah untuk memberitakan firman-Nya kepada umat itu (Bil 11:29; 1Sam 10:5-6,10; 2Taw 20:14; 24:19-20; Neh 9:30; Yes 61:1-3; Mi 3:8; Za 7:12; bd. 2Pet 1:20-21). Menurut Yehezkiel, salah satu kunci untuk menemukan nabi palsu ialah bahwa mereka "bernubuat sesuka hatinya" dan bukan dari Roh Allah (Yeh 13:2-3); tetapi, perhatikan, bahwa ada kemungkinan Roh Allah menghinggapi seorang yang hubungannya tidak benar dengan Allah agar ia menyampaikan berita yang benar tentang umat Allah

    (lihat cat. --> Bil 24:2).

    [atau --> Bil 24:2]

  3. 3) Kepemimpinan umat Allah pada zaman PL dikuasai oleh Roh Tuhan. Musa, misalnya, adalah seorang yang dipenuhi Roh Allah sedemikian rupa sehingga ia ikut merasakan perasaan Allah, menderita bersama-Nya dan menjadi marah terhadap dosa bersama Dia

    (lihat cat. --> Kel 33:11;

    [atau --> Kel 33:11]

    bd. Kel 32:19). Ketika Musa dengan taat memilih tujuh puluh tua-tua untuk membantunya memimpin bangsa Israel, Allah mengambil Roh yang ada pada Musa dan menaruh-Nya atas mereka (Bil 11:16-17;

    lihat cat. --> Bil 11:12).

    [atau --> Bil 11:12]

    Demikian pula, ketika Yosua ditugaskan untuk menggantikan Musa sebagai pemimpin, Allah menunjukkan bahwa "roh" (yaitu Roh Kudus) ada di dalam dirinya

    (lihat cat. --> Bil 27:18).

    [atau --> Bil 27:18]

    Roh yang sama menguasai Gideon (Hak 6:34), Daud (1Sam 16:13) dan Zerubabel (Za 4:6). Dengan kata lain, di dalam PL syarat terpenting yang diperlukan untuk kepemimpinan adalah kehadiran Roh Allah.
  4. 4) Roh Allah juga dapat datang atas orang-orang tertentu untuk membekali mereka bagi tugas khusus. Contoh terkemuka dalam PL adalah Yusuf yang menerima Roh untuk memungkinkan dia berfungsi secara efektif dalam pemerintahan Firaun (Kej 41:38). Perhatikan juga Bezaleel dan Oholiab yang dipenuhi Roh Allah untuk melaksanakan berbagai karya seni yang perlu dalam pembangunan Kemah Suci dan juga mengajar orang lain (lih. Kel 31:1-11; 35:30-35). Pengertian "dipenuhi Roh Kudus" di sini tidaklah persis sama dengan baptisan Roh Kudus dalam PB

    (lih. art.BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

    Dengan kata lain, dalam PL, Roh Kudus datang atas dan menguasakan hanya sedikit orang pilihan untuk pelayanan khusus bagi Allah

    (lihat cat. --> Kel 31:3).

    [atau --> Kel 31:3]

    Roh Tuhan menghinggapi banyak hakim, seperti Otniel (Hak 3:9-10), Gideon (Hak 6:34), Yefta (Hak 11:29) dan Simson (Hak 14:5-6; Hak 15:14-16); contoh-contoh ini menyatakan prinsip abadi Allah bahwa ketika Dia memilih untuk memakai seorang secara luar biasa, Roh Tuhan turun di atas mereka.
  5. 5) Juga ada sesuatu kesadaran dalam PL bahwa Roh Tuhan ingin menuntun seorang pada tingkat kehidupan benar; Daud menegaskan hal ini dalam beberapa mazmurnya (Mazm 51:12-15; 143:10). Umat Allah yang mengikuti jalan mereka sendiri dan tidak mendengarkan Allah sebenarnya menolak untuk mengikut jalan Roh

    (lihat cat. --> Kej 16:2).

    [atau --> Kej 16:2]

    Orang yang lalai untuk hidup sesuai dengan Roh Allah sudah pasti mengalami suatu bentuk hukuman Allah

    (lihat cat. --> Bil 14:29;

    lihat cat. --> Ul 1:26).

    [atau --> Bil 14:29; Ul 1:26]

  6. 6) Perhatikan bahwa pada zaman PL Roh Kudus turun atas atau memenuhi hanya beberapa orang, menguasakan mereka untuk melayani atau bernubuat. Tidak ada pencurahan Roh Kudus secara umum atas semua orang Israel (bd. Yoel 2:28-29; Kis 2:4,16-18); pencurahan Roh dalam arti yang lebih luas ini baru dimulai pada hari raya Pentakosta. (Kis 2:1-47).

JANJI KUASA SEPENUHNYA DARI ROH.

PL memandang ke depan pada zaman Roh yang akan datang, yaitu zaman PB.

  1. 1) Pada beberapa peristiwa, para nabi bernubuat tentang peranan yang akan dimainkan Roh di dalam hidup Mesias yang akan datang. Yesaya secara khusus melukiskan Raja dan Hamba Tuhan yang akan datang sebagai Dia yang atasnya Roh Allah akan tinggal secara khusus (lih. Yes 11:1-2; 42:1; Yes 61:1-3). Ketika Yesus membaca dari Yes 61:1-11 di sinagoge Nazaret, Dia mengakhirinya dengan mengatakan "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya" (Luk 4:21).
  2. 2) Nubuat PL lainnya memandang ke depan ketika akan terjadi pencurahan Roh Kudus secara umum atas semua umat Allah. Bagian yang paling terkemuka ialah Yoel 2:28-29, nas yang dikutip pada hari Pentakosta oleh Petrus (Kis 2:17-18); tetapi berita yang sama juga dapat dijumpai dalam Yes 32:15- 17; 44:3-5; 59:20-21; Yeh 11:19-20; Yeh 36:26-27; 37:14; 39:29. Allah berjanji bahwa ketika hidup dan kuasa Roh-Nya akan turun atas umat-Nya, mereka akan disanggupkan untuk bernubuat, melihat penglihatan, mendapat mimpi-mimpi nubuat, hidup dengan taat, kudus dan benar, dan bersaksi dengan kuasa besar. Jadi nabi-nabi PL melihat ke depan dan bernubuat tentang zaman Mesias ketika pencurahan dan pemenuhan Roh Kudus atas seluruh umat manusia akan terjadi; akhirnya hal itu terjadi pada hari Pentakosta (sepuluh hari setelah Yesus naik ke sorga), dengan hasil penuaian keselamatan yang besar (bd. Yoel 2:28,32; Kis 2:41; 4:4; 13:44,48- 49).



Artikel yang terkait dengan Matius:


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.01 detik
dipersembahkan oleh YLSA