TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Yehezkiel 28:1-19

Konteks
Nubuatan melawan raja Tirus
28:1 1 Maka datanglah firman TUHAN kepadaku: 28:2 "Hai anak manusia, u  katakanlah kepada raja Tirus: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Karena engkau menjadi tinggi hati, dan berkata: Aku adalah Allah! Aku duduk di takhta v  Allah di tengah-tengah lautan. w  Padahal engkau adalah manusia, bukanlah Allah, walau hatimu menempatkan diri sama dengan Allah. x  28:3 Memang hikmatmu melebihi hikmat Daniel; y  tiada rahasia yang terlindung bagimu. 28:4 Dengan hikmatmu dan pengertianmu engkau memperoleh kekayaan. Emas dan perak kaukumpulkan dalam perbendaharaanmu. z  28:5 Karena engkau sangat pandai berdagang a  engkau memperbanyak kekayaanmu, b  dan karena itu engkau jadi sombong. c  28:6 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Karena hatimu menempatkan diri sama dengan Allah 28:7 maka, sungguh, Aku membawa orang asing melawan engkau, yaitu bangsa d  yang paling ganas, yang akan menghunus pedang mereka, melawan hikmatmu e  yang terpuja; dan semarakmu f  dinajiskan. 28:8 Engkau diturunkannya ke lobang kubur, g  engkau mati seperti orang yang mati terbunuh h  di tengah lautan. i  28:9 Apakah engkau masih akan mengatakan di hadapan pembunuhmu: j  Aku adalah Allah!? Padahal terhadap kuasa penikammu engkau adalah manusia, bukanlah Allah. k  28:10 Engkau akan mati seperti orang tak bersunat l  oleh tangan orang asing. Sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH."
Nyanyian ratapan mengenai raja Tirus
28:11 Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku: 28:12 "Hai anak manusia, ucapkanlah suatu ratapan m  mengenai raja Tirus 2  dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah. n  28:13 Engkau di taman Eden, o  yaitu taman Allah p  penuh segala batu permata q  yang berharga: yaspis merah, krisolit dan yaspis hijau, permata pirus, krisopras dan nefrit, lazurit, batu darah r  dan malakit. Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan s  pada hari penciptaanmu. 28:14 Kuberikan tempatmu t  dekat kerub u  yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya. 28:15 Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu. 28:16 Dengan dagangmu yang besar engkau penuh dengan kekerasan v  dan engkau berbuat dosa. Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub w  yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya. 28:17 Engkau sombong x  karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja y  engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya. 28:18 Dengan banyaknya kesalahanmu dan kecurangan dalam dagangmu engkau melanggar kekudusan tempat kudusmu. Maka Aku menyalakan api z  dari tengahmu yang akan memakan habis engkau. Dan Kubiarkan engkau menjadi abu a  di atas bumi di hadapan semua yang melihatmu. b  28:19 Semua di antara bangsa-bangsa yang mengenal engkau kaget c  melihat keadaanmu. Akhir hidupmu mendahsyatkan dan lenyap d  selamanya engkau."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[28:1]  1 Full Life : RAJA TIRUS.

Nas : Yeh 28:1-10

Dosa terutama raja Tirus ialah keangkuhan yang membuatnya mengagungkan diri sebagai dewa. Karena hal ini ia akan berhadapan dengan hukuman Tuhan yang Mahatinggi dan dimasukkan ke dalam lobang kubur sebagaimana semua manusia lainya (ayat Yeh 28:8). Banyak orang sekarang, khususnya mereka yang terjerat dalam cara berpikir aliran Zaman Baru, betul-betul percaya bahwa kita ini adalah dewa atau setidak-tidaknya sedang menjadi dewa; penipu-penipu tersebut dengan pengikut mereka akan menerima kutukan yang sama dengan raja Tirus.

[28:12]  2 Full Life : RAJA TIRUS.

Nas : Yeh 28:12

Dalam konteks ini, nubuat Yehezkiel terhadap raja Tirus rupanya berisi suatu lukisan terselubung tentang Iblis selaku pemimpin Tirus yang sesungguhnya dan allah dunia ini (bd. 1Yoh 5:19). Raja itu dilukiskan sebagai seorang pengunjung Taman Eden (ayat Yeh 28:13), "kerub yang berjaga" atau malaikat (ayat Yeh 28:14), makhluk yang sama sekali tidak bercela dalam semua kelakuan hingga ditemukan kecurangan dalam dirinya (ayat Yeh 28:15). Karena keangkuhannya yang penuh dosa (ayat Yeh 28:17), dia dibuang dari gunung Allah (ayat Yeh 28:16-17; bd. Yes 14:13-15).



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA