TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Hakim-hakim 1:24

Konteks
1:24 Ketika pengintai-pengintai itu melihat seorang keluar dari kota itu, maka berkatalah mereka kepadanya: "Tolong tunjukkan bagaimana kami dapat memasuki kota ini, maka kami akan memperlakukan engkau sebagai sahabat. l "

Hakim-hakim 3:6

Konteks
3:6 Mereka mengambil anak-anak perempuan, a  orang-orang itu 1  menjadi isteri mereka dan memberikan anak-anak perempuan mereka kepada anak-anak lelaki orang-orang itu, serta beribadah kepada allah b  c  orang-orang itu.

Hakim-hakim 4:6

Konteks
4:6 Ia menyuruh memanggil Barak bin Abinoam f  dari Kedesh g  di daerah Naftali, lalu berkata kepadanya: "Bukankah TUHAN, Allah Israel, memerintahkan demikian: Majulah, bergeraklah menuju gunung Tabor h  dengan membawa sepuluh ribu orang bani Naftali i  dan bani Zebulon j  bersama-sama dengan engkau,

Hakim-hakim 5:30

Konteks
5:30 "Bukankah mereka mendapat jarahan t  dan membagi-baginya, gadis seorang dua untuk setiap orang jarahan kain berwarna sehelai dua untuk Sisera, jarahan u  kain sulaman v  aneka warna sehelai dua untuk leherku?"

Hakim-hakim 8:17

Konteks
8:17 Juga menara Pnuel i  dirobohkannya dan dibunuhnya orang-orang kota j  itu.

Hakim-hakim 8:21

Konteks
8:21 Lalu kata Zebah dan Salmuna: "Bangunlah engkau sendiri dan paranglah kami, sebab seperti orangnya, demikian pula kekuatannya." Maka bangunlah Gideon, dibunuhnya Zebah dan Salmuna, kemudian diambilnya bulan-bulanan m  yang ada pada leher unta mereka.

Hakim-hakim 8:30-31

Konteks
8:30 Gideon mempunyai tujuh puluh anak laki-laki, a  semuanya anak kandungnya, sebab ia beristeri banyak; 8:31 juga gundiknya b  yang tinggal di Sikhem melahirkan seorang anak laki-laki baginya, lalu ia memberikan nama Abimelekh c  kepada anak itu.

Hakim-hakim 9:1-2

Konteks
Abimelekh menjadi raja di Sikhem
9:1 Adapun Abimelekh k  bin Yerubaal l  pergi ke Sikhem kepada saudara-saudara ibunya dan berkata kepada mereka dan kepada seluruh kaum dari pihak keluarga ibunya: 9:2 "Tolong katakan kepada seluruh warga kota Sikhem: Manakah yang lebih baik bagimu: tujuh puluh orang memerintah kamu, yaitu semua anak Yerubaal, atau satu orang? Dan ingat juga, bahwa aku darah m  dagingmu."

Hakim-hakim 9:5

Konteks
9:5 Ia pergi ke rumah ayahnya di Ofra, lalu membunuh saudara-saudaranya, p  anak-anak Yerubaal, tujuh puluh orang, di atas satu batu. Tetapi Yotam, q  anak bungsu Yerubaal tinggal hidup, karena ia menyembunyikan diri. r 

Hakim-hakim 9:18

Konteks
9:18 padahal kamu sekarang memberontak terhadap keturunan ayahku dan membunuh anak-anaknya, b  tujuh puluh orang banyaknya, di atas satu batu, serta membuat Abimelekh anak seorang budaknya perempuan menjadi raja atas warga kota Sikhem, karena ia saudaramu--

Hakim-hakim 9:49

Konteks
9:49 Kemudian rakyat itu juga masing-masing memotong dahan-dahan, lalu mengikuti Abimelekh, meletakkan dahan-dahan itu di atas liang dan membakar liang itu di atas kepala orang-orang itu. Demikianlah semua penduduk kota Menara-Sikhem juga mati, kira-kira seribu orang laki-laki dan perempuan.

Hakim-hakim 9:51

Konteks
9:51 Tetapi ada sebuah menara yang kuat di tengah-tengah kota, dan semua laki-laki dan perempuan, seluruh warga kota itu, melarikan diri ke situ; mereka menutup pintu di belakangnya dan naik ke atas sotoh menara itu.

Hakim-hakim 10:4

Konteks
10:4 Ia mempunyai tiga puluh anak laki-laki, yang mengendarai tiga puluh ekor keledai r  jantan, dan mereka mempunyai tiga puluh kota, yang sampai sekarang disebutkan orang Hawot-Yair, s  di tanah Gilead.

Hakim-hakim 10:18

Konteks
10:18 Maka para pemimpin bangsa di Gilead berkata seorang kepada yang lain: "Siapakah orang yang berani memulai peperangan melawan bani Amon itu? Dialah yang harus menjadi kepala a  atas seluruh penduduk Gilead."

Hakim-hakim 11:2

Konteks
11:2 Juga isteri Gilead melahirkan anak-anak lelaki baginya. Setelah besar anak-anak isterinya ini, maka mereka mengusir Yefta, katanya kepadanya: "Engkau tidak mendapat milik pusaka dalam keluarga kami, sebab engkau anak dari perempuan lain."

Hakim-hakim 11:34

Konteks
11:34 Ketika Yefta pulang ke Mizpa ke rumahnya, tampaklah anaknya perempuan keluar menyongsong dia dengan memukul rebana w  serta menari-nari. x  Dialah anaknya yang tunggal; y  selain dari dia tidak ada anaknya laki-laki atau perempuan.

Hakim-hakim 11:39

Konteks
11:39 Setelah lewat kedua bulan itu, kembalilah ia kepada ayahnya, dan ayahnya melakukan kepadanya apa yang telah dinazarkannya itu; jadi gadis itu tidak pernah kenal laki-laki 2 . Dan telah menjadi adat di Israel,

Hakim-hakim 12:4

Konteks
12:4 Kemudian Yefta mengumpulkan semua orang Gilead, j  lalu mereka berperang melawan suku Efraim. Dan orang-orang Gilead mengalahkan suku Efraim itu. Sebab orang-orang itu mengatakan: "Kamulah orang-orang yang telah lari dari suku Efraim!" --kaum Gilead itu ada di tengah-tengah suku Efraim dan suku Manasye k --.

Hakim-hakim 12:9

Konteks
12:9 Ia mempunyai tiga puluh anak laki-laki. Tiga puluh anaknya perempuan dikawinkannya ke luar kaumnya dan tiga puluh anak perempuan diambilnya dari luar kaumnya untuk anak-anaknya lelaki itu. Ia memerintah atas orang Israel tujuh tahun lamanya.

Hakim-hakim 12:14

Konteks
12:14 Ia mempunyai empat puluh anak laki-laki dan tiga puluh cucu laki-laki, p  yang mengendarai tujuh puluh ekor keledai q  jantan. Ia memerintah atas orang Israel delapan tahun lamanya.

Hakim-hakim 13:2-3

Konteks
13:2 Pada waktu itu ada seorang dari Zora, u  dari keturunan orang Dan, v  namanya Manoah; w  isterinya mandul, tidak beranak. x  13:3 Dan Malaikat TUHAN y  menampakkan diri kepada perempuan z  itu dan berfirman kepadanya, demikian: "Memang engkau mandul, tidak beranak, tetapi engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. a 

Hakim-hakim 13:5-7

Konteks
13:5 Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; d  kepalanya takkan kena pisau cukur, e  sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir 3  f  Allah dan dengan dia akan mulai g  penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin." 13:6 Kemudian perempuan itu datang kepada suaminya dan berkata: "Telah datang kepadaku seorang abdi Allah, h  yang rupanya sebagai rupa malaikat Allah, i  amat menakutkan. j  Tidak kutanyakan dari mana datangnya, dan tidak juga diberitahukannya namanya kepadaku. 13:7 Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur k  atau minuman yang memabukkan 4  l  dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, m  anak itu akan menjadi seorang nazir Allah."

Hakim-hakim 13:9-10

Konteks
13:9 Maka Allah mendengarkan permohonan Manoah, sehingga Malaikat Allah datang pula kepada perempuan itu, ketika ia duduk di padang dan ketika Manoah, suaminya itu, tidak ada bersama-sama dengan dia. 13:10 Kemudian perempuan itu segera berlari memberitahukan kepada suaminya, katanya kepadanya: "Orang yang datang kepadaku p  baru-baru ini menampakkan diri pula kepadaku."

Hakim-hakim 13:21

Konteks
13:21 Sejak itu Malaikat TUHAN tidak lagi menampakkan diri kepada Manoah dan isterinya. Maka tahulah a  Manoah, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN.

Hakim-hakim 13:24

Konteks
13:24 Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama Simson e  kepadanya. Anak itu menjadi besar f  dan TUHAN memberkati dia. g 

Hakim-hakim 14:15

Konteks
14:15 Pada hari ketujuh berkatalah mereka kepada isteri Simson: "Bujuklah z  suamimu, supaya diberitahukannya kepada kami jawab teka-teki itu; kalau tidak, kami akan membakar engkau beserta seisi rumah ayahmu. a  Apakah engkau mengundang kami untuk membuat kami menjadi miskin? Tidak, bukan?"

Hakim-hakim 14:19

Konteks
14:19 Maka berkuasalah e  Roh TUHAN atas dia, lalu pergilah ia ke Askelon f  dan dibunuhnya tiga puluh orang di sana, diambilnya pakaian mereka dan diberikannya pakaian-pakaian kebesaran itu kepada orang-orang yang dapat memberi jawab teka-teki itu. Tetapi amarahnya g  masih juga bernyala-nyala, lalu pulanglah ia ke rumah ayahnya.

Hakim-hakim 15:6

Konteks
15:6 Berkatalah orang Filistin: "Siapakah yang melakukan ini?" Orang menjawab: "Simson, menantu orang Timna itu, sebab orang itu telah mengambil isteri Simson dan memberikannya kepada kawannya. r " Kemudian pergilah orang Filistin ke sana dan membakar perempuan s  itu beserta ayahnya. t 

Hakim-hakim 16:19

Konteks
16:19 Sesudah itu dibujuknya Simson tidur di pangkuannya, lalu dipanggilnya seorang dan disuruhnya mencukur ketujuh rambut jalinnya, sehingga mulailah Simson ditundukkan oleh perempuan itu, sebab kekuatannya telah lenyap dari padanya 5 . l 

Hakim-hakim 16:25-27

Konteks
16:25 Ketika hati mereka riang gembira, v  berkatalah mereka: "Panggillah Simson untuk melawak bagi kita." Simson dipanggil dari penjara, lalu ia melawak di depan mereka, kemudian mereka menyuruh dia berdiri di antara tiang-tiang. 16:26 Berkatalah Simson kepada anak yang menuntun dia: "Lepaskan aku dan biarkanlah aku meraba-raba tiang-tiang penyangga rumah ini, supaya aku dapat bersandar padanya." 16:27 Adapun gedung itu penuh dengan laki-laki dan perempuan; segala raja kota orang Filistin ada di sana, dan di atas sotoh w  ada kira-kira tiga ribu orang laki-laki dan perempuan, yang menonton lawak Simson itu.

Hakim-hakim 17:1

Konteks
Patung sembahan Mikha
17:1 Ada seorang dari pegunungan Efraim, Mikha 6  c  namanya.

Hakim-hakim 17:5

Konteks
17:5 Mikha ini mempunyai kuil 7 . g  Dibuatnyalah efod h  dan terafim, i  ditahbiskannya j  salah seorang anaknya laki-laki, yang menjadi imamnya. k 

Hakim-hakim 17:7

Konteks
17:7 Maka ada seorang muda dari Betlehem-Yehuda, n  dari kaum Yehuda; ia seorang Lewi o  dan tinggal di sana sebagai pendatang.

Hakim-hakim 18:30

Konteks
18:30 Bani Dan menegakkan bagi mereka sendiri patung pahatan itu, lalu Yonatan bin Gersom m  bin Musa bersama-sama dengan anak-anaknya menjadi imam bagi suku Dan, sampai penduduk negeri itu diangkut sebagai orang buangan.

Hakim-hakim 19:3

Konteks
19:3 Berkemaslah suaminya itu, lalu pergi menyusul perempuan itu untuk membujuk dia dan membawanya kembali; bersama-sama dia bujangnya dan sepasang keledai. Ketika perempuan muda itu membawa dia masuk ke rumah ayahnya, dan ketika ayah itu melihat dia, maka bersukacitalah ia mendapatkannya.

Hakim-hakim 19:6

Konteks
19:6 Jadi duduklah mereka, lalu makan dan minumlah keduanya bersama-sama. Kata ayah perempuan muda itu kepada laki-laki itu: "Baiklah putuskan untuk tinggal bermalam dan biarlah hatimu gembira. u "

Hakim-hakim 19:22

Konteks
19:22 Tetapi sementara mereka menggembirakan hatinya, j  datanglah orang-orang kota itu, orang-orang dursila, k  mengepung rumah itu. Mereka menggedor-gedor pintu sambil berkata kepada orang tua, pemilik rumah itu: "Bawalah ke luar orang yang datang ke rumahmu itu 8 , supaya kami pakai dia. l "

Hakim-hakim 19:24

Konteks
19:24 Tetapi ada anakku perempuan, o  yang masih perawan, dan juga gundik orang itu, baiklah kubawa keduanya ke luar; perkosalah mereka dan perbuatlah dengan mereka apa yang kamu pandang baik, tetapi terhadap orang ini janganlah kamu berbuat noda."

Hakim-hakim 20:4

Konteks
20:4 Lalu orang Lewi, suami perempuan yang terbunuh itu, menjawab: "Aku sampai dengan gundikku di Gibea b  kepunyaan suku Benyamin untuk bermalam c  di sana.

Hakim-hakim 20:10-11

Konteks
20:10 Kita akan memilih dari seluruh suku Israel sepuluh orang dari tiap-tiap seratus, seratus orang dari tiap-tiap seribu, seribu orang dari tiap-tiap sepuluh ribu, untuk mengambil bekal bagi laskar ini, supaya sesudah mereka datang, dilakukan kepada Gibea-Benyamin setimpal dengan segala perbuatan noda yang telah diperbuat mereka di antara orang Israel." 20:11 Demikianlah orang Israel berkumpul melawan kota itu, semuanya bersekutu dengan serentak. j 

Hakim-hakim 20:15

Konteks
20:15 Pada hari itu dihitunglah jumlah bani Benyamin dari kota-kota lain itu: dua puluh enam ribu orang yang bersenjatakan pedang, belum termasuk penduduk Gibea, yang terhitung tujuh ratus orang pilihan banyaknya.

Hakim-hakim 20:17

Konteks
20:17 Juga orang-orang Israel dihitung jumlahnya; dengan tidak termasuk suku Benyamin ada empat ratus ribu orang yang bersenjatakan pedang; semuanya itu prajurit.

Hakim-hakim 20:48--21:1

Konteks
20:48 Tetapi orang-orang Israel kembali kepada bani Benyamin dan memukul mereka dengan mata pedang, baik manusia baik hewan dan segala sesuatu yang terdapat di sana. Juga segala kota yang terdapat di sana mereka musnahkan dengan api. d 
Suku Benyamin dapat tetap hidup
21:1 Orang-orang Israel telah bersumpah e  di Mizpa, f  demikian: "Seorangpun dari kita takkan memberikan g  anaknya perempuan kepada seorang Benyamin menjadi isterinya."

Hakim-hakim 21:10-12

Konteks
21:10 Maka perkumpulan itu menyuruh ke situ dua belas ribu orang dari orang-orang gagah perkasa dengan memerintahkan kepada mereka, demikian: "Pergilah, pukullah penduduk Yabesh-Gilead dengan mata pedang 9 , juga perempuan-perempuan dan anak-anak. 21:11 Tetapi perbuatlah begini: hanya semua laki-laki m  sajalah dan semua perempuan yang telah pernah tidur n  dengan laki-laki harus kamu tumpas." 21:12 Mereka menjumpai di antara penduduk Yabesh-Gilead empat ratus orang anak gadis, perawan yang belum pernah tidur dengan orang laki-laki, lalu gadis-gadis itu dibawa mereka ke perkemahan di Silo, o  di tanah Kanaan.

Hakim-hakim 21:22

Konteks
21:22 Apabila ayah atau saudaranya laki-laki datang untuk menuntutnya kepada kami, maka kami akan berkata kepada mereka: Serahkanlah mereka itu kepada kami dengan rela hati, sebab dalam pertempuran kita tidak dapat menangkap seorang perempuan untuk menjadi isteri mereka masing-masing. Memang kamu ini tidak memberikan z  anak-anak gadis itu kepada mereka; sebab seandainya demikian, kamu bersalah."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[3:6]  1 Full Life : MENGAMBIL ANAK-ANAK PEREMPUAN ORANG-ORANG ITU.

Nas : Hak 3:6

Perpaduan Israel dengan kebudayaan Kanaan melalui nikah campur nyaris menghancurkan identitas mereka sebagai umat Allah yang khusus. Pernikahan dengan bangsa kafir sudah dilarang oleh perjanjian Israel dengan Tuhan (Kel 34:15-16; Ul 7:3-4; Yos 23:12-13). Kitab Hakim-Hakim mempertunjukkan dampak yang merusak dari kompromi Israel.

[11:39]  2 Full Life : GADIS ITU TIDAK PERNAH KENAL LAKI-LAKI.

Nas : Hak 11:39

Rupanya nyata bahwa Yefta tidak secara jasmaniah mengorbankan nyawa putrinya (ayat Hak 11:30-31), setidak-tidaknya karena dua alasan.

  1. 1) Yefta pasti mengetahui hukum Allah yang dengan tegas melarang pengorbanan manusia sehingga dia tahu bahwa Allah memandang tindakan semacam itu suatu kekejian yang tidak dapat diterima (Im 18:21; Im 20:2-5; Ul 12:31; 18:10-12).
  2. 2) Penekanan bahwa gadis itu "tidak pernah kenal laki-laki" menunjukkan bahwa dia dipersembahkan kepada Allah sebagai persembahan yang hidup, agar dia mengabdikan seluruh hidupnya pada kesucian dan pelayanan di kemah suci nasional (bd. Kel 38:8; 1Sam 2:22).

[13:5]  3 Full Life : ANAK ITU AKAN MENJADI SEORANG NAZIR.

Nas : Hak 13:5

Allah berkehendak agar Simson menjadi seorang nazir dan hidup menurut standar Allah yang tertinggi bagi umat-Nya (untuk penjelasan mengenai sumpah seorang nazir

lihat cat. --> Bil 6:2;

[atau ref. Bil 6:2]

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

[13:7]  4 Full Life : ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN.

Nas : Hak 13:7

Lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA.

[16:19]  5 Full Life : KEKUATANNYA TELAH LENYAP DARIPADANYA.

Nas : Hak 16:19

Simson berkompromi dengan Delila melalui pengabaian perintah Allah untuk tetap terpisah dari bangsa-bangsa jahat di Kanaan (Ul 7:1-4). Ia gagal menyadari bahwa kompromi dengan para penyembah berhala dan orang dursila berarti membuka kehidupannya terhadap kuasa Iblis, angan-angan kosong, dan kekalahan menyeluruh (ayat Hak 16:19-21).

[17:1]  6 Full Life : MIKHA.

Nas : Hak 17:1

Sejarah kronologis kitab ini berakhir dengan pasal Hak 16:1-31. Mulai dengan episode Mikha, bagian terakhir kitab Hakim-Hakim (Hak 17:1-21:25) menguraikan standar-standar moral yang rendah, upacara-upacara keagamaan yang sesat, dan tatanan sosial yang kacau di Israel selama periode hakim-hakim. Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa jikalau firman Allah dan prinsip-prinsip moral yang benar diabaikan, maka baik individu maupun masyarakat secara keseluruhan akan dibinasakan (bd. Ams 14:34; 21:7). Dua kali penulis mengatakan bahwa "setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri" (Hak 17:6; 21:25; bd. Ams 14:12). Jalan Allah ditolak sehingga mengakibatkan keputusasaan, kekacauan, dan kematian.

[17:5]  7 Full Life : KUIL.

Nas : Hak 17:5

Karena Mikha tidak tunduk kepada kekuasaan dari penyataan Allah yang diilhamkan dan tertulis dan diberikan melalui Musa, ia menipu dirinya sendiri dan melakukan apa yang benar menurut pandangannya sendiri (ayat Hak 17:6; bd. Ul 11:18-25; Yos 1:5-8). Ia menipu dirinya sampai percaya bahwa ia dapat menerima berkat Allah (ayat Hak 17:13) dan pada saat bersamaan melanggar semua perintah Alkitab yang jelas. Dosa-dosanya meliputi mencuri (ayat Hak 17:2), menyembah berhala (ayat Hak 17:3-5), tidak menaati perintah-perintah Allah (ayat Hak 17:6), dan mengangkat anaknya sendiri sebagai imam (ayat Hak 17:5-13; Bil 16:17; Ul 21:5; bd. 2Tim 4:3). Pemahaman yang benar dan pertimbangan moral yang sehat hilang di Israel ketika bangsa itu meninggalkan perjanjian Allah.

[19:22]  8 Full Life : BAWALAH KE LUAR ORANG ... ITU.

Nas : Hak 19:22

Salah satu contoh terbesar dari pencemaran dan kebejatan moral Allah terjadi di Gibea, ketika orang-orang yang dahulu menjadi umat Allah menyerahkan diri kepada nafsu homoseksual dan pemerkosaan (bd. Hos 9:9; Hos 10:9); mereka telah menjadi seperti orang Sodom (Kej 19:1-11). Alkitab memandang homoseksualitas dan lesbianisme sebagai salah satu hasil akhir dari penolakan terhadap Allah oleh seorang atau suatu bangsa yang jahat

(lihat cat. --> Rom 1:27).

[atau ref. Rom 1:27]

Apabila orang tidak bertobat, maka homoseksualitas akan mendatangkan "pikiran yang terkutuk" (Rom 1:28) dan mungkin menghasilkan kekejaman sebagaimana yang digambarkan dalam pasal Hak 19:1-30.

[21:10]  9 Full Life : PUKULLAH PENDUDUK YABESY-GILEAD DENGAN MATA PEDANG.

Nas : Hak 21:10

Sebagian besar orang Israel yang tinggal di Yabesy-Gilead dibunuh karena mereka menolak ikut berperang melawan suku Benyamin. Dosa mereka ialah tidak bersedia berdiri di pihak Allah dan umat-Nya melawan dosa yang keji sekali yang diperbuat oleh beberapa saudara mereka (Hak 19:22-25).



TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA