kecilkan semua  

Teks -- Daniel 9:1-27 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Doa Daniel
9:1 Pada tahun pertama pemerintahan Darius, anak Ahasyweros, dari keturunan orang Media, yang telah menjadi raja atas kerajaan orang Kasdim, 9:2 pada tahun pertama kerajaannya itu aku, Daniel, memperhatikan dalam kumpulan Kitab jumlah tahun yang menurut firman TUHAN kepada nabi Yeremia akan berlaku atas timbunan puing Yerusalem, yakni tujuh puluh tahun. 9:3 Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa dan mengenakan kain kabung serta abu. 9:4 Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku dosaku, demikian: "Ah Tuhan, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu! 9:5 Kami telah berbuat dosa dan salah, kami telah berlaku fasik dan telah memberontak, kami telah menyimpang dari perintah dan peraturan-Mu, 9:6 dan kami tidak taat kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa kami dan kepada segenap rakyat negeri. 9:7 Ya Tuhan, Engkaulah yang benar, tetapi patutlah kami malu seperti pada hari ini, kami orang-orang Yehuda, penduduk kota Yerusalem dan segenap orang Israel, mereka yang dekat dan mereka yang jauh, di segala negeri kemana Engkau telah membuang mereka oleh karena mereka berlaku murtad terhadap Engkau. 9:8 Ya TUHAN, kami, raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami dan bapa-bapa kami patutlah malu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Engkau. 9:9 Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan, walaupun kami telah memberontak terhadap Dia, 9:10 dan tidak mendengarkan suara TUHAN, Allah kami, yang menyuruh kami hidup menurut hukum yang telah diberikan-Nya kepada kami dengan perantaraan para nabi, hamba-hamba-Nya. 9:11 Segenap orang Israel telah melanggar hukum-Mu dan menyimpang karena tidak mendengarkan suara-Mu. Sebab itu telah dicurahkan ke atas kami kutuk dan sumpah, yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, hamba Allah itu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Dia. 9:12 Dan telah ditetapkan-Nya firman-Nya, yang diucapkan-Nya terhadap kami dan terhadap orang-orang yang telah memerintah kami, yakni bahwa akan didatangkan-Nya kepada kami malapetaka yang besar, yang belum pernah terjadi di bawah semesta langit, seperti di Yerusalem. 9:13 Seperti yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, segala malapetaka ini telah menimpa kami, dan kami tidak memohon belas kasihan TUHAN, Allah kami, dengan berbalik dari segala kesalahan kami dan memperhatikan kebenaran yang dari pada-Mu. 9:14 Sebab itu TUHAN bersiap dengan malapetaka itu dan mendatangkannya kepada kami; karena TUHAN, Allah kami, adalah adil dalam segala perbuatan yang dilakukan-Nya, tetapi kami tidak mendengarkan suara-Nya. 9:15 Oleh sebab itu, ya Tuhan, Allah kami, yang telah membawa umat-Mu keluar dari tanah Mesir dengan tangan yang kuat dan memasyhurkan nama-Mu, seperti pada hari ini, kami telah berbuat dosa, kami telah berlaku fasik. 9:16 Ya Tuhan, sesuai dengan belas kasihan-Mu, biarlah kiranya murka dan amarah-Mu berlalu dari Yerusalem, kota-Mu, gunung-Mu yang kudus; sebab oleh karena dosa kami dan oleh karena kesalahan nenek moyang kami maka Yerusalem dan umat-Mu telah menjadi cela bagi semua orang yang di sekeliling kami. 9:17 Oleh sebab itu, dengarkanlah, ya Allah kami, doa hamba-Mu ini dan permohonannya, dan sinarilah tempat kudus-Mu yang telah musnah ini dengan wajah-Mu, demi Tuhan sendiri. 9:18 Ya Allahku, arahkanlah telinga-Mu dan dengarlah, bukalah mata-Mu dan lihatlah kebinasaan kami dan kota yang disebut dengan nama-Mu, sebab kami menyampaikan doa permohonan kami ke hadapan-Mu bukan berdasarkan jasa-jasa kami, tetapi berdasarkan kasih sayang-Mu yang berlimpah-limpah. 9:19 Ya Tuhan, dengarlah! Ya, Tuhan, ampunilah! Ya Tuhan, perhatikanlah dan bertindaklah dengan tidak bertangguh, oleh karena Engkau sendiri, Allahku, sebab kota-Mu dan umat-Mu disebut dengan nama-Mu!"
Tujuh puluh kali tujuh masa
9:20 Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung kudus Allahku, 9:21 sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari. 9:22 Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: "Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti. 9:23 Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi. Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu! 9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus. 9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali, sampai pada kedatangan seorang yang diurapi, seorang raja, ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan. 9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi, padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah; dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan, seperti yang telah ditetapkan. 9:27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa. Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan menimpa yang membinasakan itu."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahasyweros king of Persia after Darius
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daniel the prophet who wrote the book of Daniel,son of David and Abigail,head of clan (Ithamar Levi) who pledged to obey God's law,prophet who wrote the book of Daniel
 · Darius king of Persia after Cyrus and Artaxerxes Smerdis; Darius I,son of Ahasuerus; Darius II the Mede,king of Persia after Darius II; Darius III the Persian
 · Gabriel a specific angel,an angel who brought understanding to the prophet Daniel
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Media a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Ur-Kasdim a town of lower Mesopotamia about 230 km SE of old Babylon,father of Eliphal / Eliphelet, one of David's military elite
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yeremia a prophet of Judah in 627 B.C., who wrote the book of Jeremiah,a man of Libnah; father of Hamutal, mother of Jehoahaz, king of Judah,head of an important clan in eastern Manasseh in the time of Jotham,a Benjamite man who defected to David at Ziklag,the fifth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,the tenth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,a man from Anathoth of Benjamin; son of Hilkiah the priest; a major prophet in the time of the exile,an influential priest who returned from exile with Zerubbabel, who later signed the covenant to obey the law, and who helped dedicate Nehemiah's wall,one of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Doa | Daniel /Beltazar | Daniel | Barukh | Doa Syafaat | Gabriel | Pendamaian (Korban Kristus) | Malaikat | Sembah, Persembahan Tiap-Tiap Hari | Jawab, Jawaban Doa | Nubuat Tentang Kristus | Dosa | Minggu | Taat, Ketidaktaatan Kepada Allah | Hukum, Hukuman | Berontak, Pemberontakan Kepada Allah | Doa Perorangan | Cari, Mencari Allah | Adil, Keadilan Allah | Tobat, Pertobatan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Dan 9:2 - TUJUH PULUH TAHUN. Nas : Dan 9:2 Yeremia bernubuat bahwa pemulihan bagi Yerusalem akan dimulai setelah 70 tahun (Yer 25:11-12; 29:10-14). 70 tahun itu hampir berlalu ...

Nas : Dan 9:2

Yeremia bernubuat bahwa pemulihan bagi Yerusalem akan dimulai setelah 70 tahun (Yer 25:11-12; 29:10-14). 70 tahun itu hampir berlalu dan masih tidak ada petunjuk mengenai pemulihan dan izin kembali yang dijanjikan; karena itu Daniel sangat cemas. Dari ayat ini, tampak jelas Daniel mengharapkan penggenapan harfiah dari nubuat Yeremia. Pada umumnya, nubuat harus ditafsirkan secara harfiah terkecuali ada petunjuk dalam konteks bahwa nubuat atau penglihatan itu merupakan lambang; bahkan jika demikian, lambang itu menggambarkan kenyataan historis (bd.

lihat cat. --> Dan 7:3;

lihat cat. --> Dan 8:3;

lihat cat. --> Dan 8:5).

[atau ref. Dan 7:3; 8:3,5]

Full Life: Dan 9:5 - KAMI TELAH BERBUAT DOSA. Nas : Dan 9:5 Daniel tidak duduk diam dan secara pasif menunggu pemulihan yang dijanjikan itu (lihat cat. --> Dan 9:2 sebelumnya); ...

Nas : Dan 9:5

Daniel tidak duduk diam dan secara pasif menunggu pemulihan yang dijanjikan itu

(lihat cat. --> Dan 9:2 sebelumnya);

[atau ref. Dan 9:2]

sebaliknya ia mulai memohon dengan sungguh-sungguh di dalam doa dan puasa (ayat Dan 9:3) untuk penggenapan firman Allah. Daniel memulai doa syafaatnya dengan mengakui kebesaran Allah yang membangkitkan rasa hormat, kasih setia-Nya, dan kemurahan perjanjian-Nya yang ditunjukkan kepada orang yang mengasihi dan menaati-Nya. Kemudian ia membuat pengakuan, menyamakan dirinya dengan umat Israel yang telah berdosa dan memberontak terhadap Allah. Ia meminta pemulihan Yerusalem bukan karena kebenaran di dalam dirinya atau Israel, tetapi demi Tuhan (Dan 9:17-18). Ketika Allah menanggapi, Ia menunjukkan kemurahan dan belas kasihan-Nya yang besar sebagai Allah yang memenuhi janji-janji-Nya.

Full Life: Dan 9:24 - TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA. Nas : Dan 9:24 Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh...

Nas : Dan 9:24

Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh masa" di sini berarti kesatuan tujuh tahun; jadi, "tujuh puluh kali tujuh masa" adalah periode 490 tahun. Enam hal khusus akan terlaksana bagi Irael selama 490 tahun.

  1. 1) Suatu pendamaian bagi kefasikan akan diadakan, yang terlaksana dalam kematian Yesus yang mendamaikan.
  2. 2) Dosa akan diakhiri. Seluruh Israel (yaitu kaum sisa) akan kembali kepada Allah dalam kebenaran

    (lihat cat. --> Rom 11:26;

    [atau ref. Rom 11:26]

    lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).

  3. 3) "Kesalahan" mereka akan dihapuskan; yaitu, pelanggaran nasional berupa ketidakpercayaan akan berhenti (bd. Yer 33:7-8; Yeh 37:21-23).
  4. 4) Suatu pemerintahan "keadilan yang kekal" akan didatangkan (bd. Yes 59:2-21; Yer 31:31-34).
  5. 5) Nubuat akan digenapi dan disempurnakan (bd. Kis 8:19-21).
  6. 6) Yesus Kristus akan diurapi sebagai Raja (bd. 1Sam 9:16; 10:1; Yeh 21:26-27).

Full Life: Dan 9:25 - TUJUH KALI TUJUH MASA DAN ENAM PULUH DUA KALI TUJUH MASA. Nas : Dan 9:25 Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuma...

Nas : Dan 9:25

Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuman keputusan untuk membangun kembali Yerusalem dan kedatangan Mesias, seorang Yang Diurapi. Terdapat perbedaan pendapat tentang waktu tepat 483 tahun ini dimulai. Ada yang mengatakan 538 SM ketika titah Koresy dikeluarkan; akan tetapi, ketetapan itu adalah untuk membangun kembali Bait Suci dan bukan kota. Sangat mungkin itu mulai pada 457 SM, ketika Ezra kembali dan mulai membangun kembali kota itu (Ezr 4:12-13,16;

lihat cat. --> Ezr 4:11;

lihat cat. --> Ezr 4:23);

[atau ref. Ezr 4:11,23]

anggapan ini akan membuat 483 tahun itu berakhir pada tahun 27 M, kurang lebih pada waktu Yesus memulai pelayanan-Nya.

Full Life: Dan 9:26 - AKAN DISINGKIRKAN SEORANG YANG TELAH DIURAPI. Nas : Dan 9:26 Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah "enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483 ta...

Nas : Dan 9:26

Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah "enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483 tahun) dua hal akan terjadi:

  1. 1) Mesias akan "disingkirkan" atau disalibkan (bd. Yes 53:8).
  2. 2) "Rakyat seorang raja" akan memusnahkan Yerusalem dan Bait Suci. "Rakyat itu" adalah pasukan Roma yang membinasakan Yerusalem pada tahun 70 M

    (lihat cat. --> Luk 21:20);

    [atau ref. Luk 21:20]

    "raja" mengacu kepada antikristus akhir zaman.
  3. 3) Perhatikan bahwa kebinasaan Yerusalem tidak langsung menyusul penyaliban Kristus; jadi, akhir dari 69 "tujuh masa" terpisah oleh suatu jarak waktu dari awal "tujuh masa" ke-70. Banyak penafsir mengatakan bahwa zaman gereja adalah jarak waktu di antara "tujuh masa" ke-69 dengan yang ke-70.

Full Life: Dan 9:27 - MEMBUAT PERJANJIAN ... SELAMA SATU KALI TUJUH MASA. Nas : Dan 9:27 Ikatan perjanjian di antara "raja yang akan datang" (ayat Dan 9:26) dengan Israel akan menandai dimulainya "tujuh masa" yang ke-70, ...

Nas : Dan 9:27

Ikatan perjanjian di antara "raja yang akan datang" (ayat Dan 9:26) dengan Israel akan menandai dimulainya "tujuh masa" yang ke-70, tujuh tahun terakhir masa ini. Mengenai peristiwa ini, Alkitab mengajarkan yang berikut:

  1. 1) Penguasa yang akan mengikat perjanjian dengan Israel adalah antikristus, tetapi ia tidak akan tampak saat itu (bd. 2Tes 2:3-10; 1Yoh 2:18). Rupanya suatu perjanjian damai akan dirundingkan oleh antikristus di antara Israel dan musuh-musuh mereka mengenai sengketa tanah (Dan 11:39).
  2. 2) Pada pertengahan tujuh tahun (yaitu, setelah tiga setengah tahun), raja itu akan melanggar perjanjiannya dengan Israel, menyatakan dirinya sebagai Allah, mengambil alih Bait Suci di Yerusalem, melarang ibadah kepada Tuhan (bd. 2Tes 2:4) dan menghancurkan Palestina; ia akan memerintah selama tiga setengah tahun (Wahy 11:1-2; 13:4-6;

    lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).

  3. 3) Makna nubuat dari "kekejian yang membinasakan" hanya akan diketahui oleh orang yang percaya kepada Allah (Dan 12:10-11). Yesus mengatakan bahwa orang percaya harus memperhatikan tanda yang sangat penting ini karena itu akan memulaikan hitungan tiga setengah tahun terakhir sampai kedatangan-Nya kembali ke bumi dalam kemuliaan (lih. Mat 24:15). Dengan memperhatikan secara teliti, orang percaya dalam kesengsaraan besar akan mengetahui bahwa kedatangan Kristus sudah dekat, sudah di ambang pintu (Mat 24:33;

    lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

    Kedatangan Mesias (2Tes 2:8; Wahy 19:11-20) akan terjadi pada akhir tujuh tahun atau masa tiga setengah tahun yang kedua. Wahyu menegaskan waktu itu dengan menyatakan dua kali bahwa antikristus (yaitu "binatang") akan berkuasa hanya selama 42 bulan (Wahy 11:1-2; Wahy 13:4-6). Daniel kemudian menyatakan lagi bahwa hal itu akan terjadi tiga setengah tahun ("Satu masa dan dua masa dan setengah masa") dari saat kesengsaraan besar hingga akhirnya (Dan 12:7).
  4. 4) Selama tiga setengah tahun yang dijatahkan kepada antikristus, Yerusalem akan terus diinjak-injak oleh orang bukan Yahudi (Wahy 11:2).
  5. 5) "Kekejian yang membinasakan" menjadi tanda yang jelas bahwa kesengsaraan besar telah dimulai (Dan 12:11; Mat 24:15-21; bd. Ul 4:30-31; Yer 30:5-7; Za 13:8-9).
  6. 6) Masa kesengsaraan dan pemerintahan antikristus akan berakhir dengan kedatangan Kristus dalam kuasa untuk menghukum orang fasik (Mat 25:31-46), membinasakan antikristus dan memulai pemerintahan-Nya selama seribu tahun (Yer 23:5-6; Mat 24:27,30).

Full Life: Dan 9:27 - KEKEJIAN ... YANG MEMBINASAKAN. Nas : Dan 9:27 Yesus mengacu kepada penglihatan Daniel ketika mengatakan, "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menuru...

Nas : Dan 9:27

Yesus mengacu kepada penglihatan Daniel ketika mengatakan, "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel" (Mat 24:15); pernyataan Yesus ini mungkin menunjuk kepada pencemaran Bait Suci Yerusalem oleh antikristus di masa depan (bd. 2Tes 2:3-4; Wahy 13:14-15;

lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).

BIS: Dan 9:16 - bukit-Mu yang suci bukit-Mu yang suci: Gunung Sion.

bukit-Mu yang suci: Gunung Sion.

BIS: Dan 9:24 - Rumah TUHAN Rumah TUHAN atau: mesbah.

Rumah TUHAN atau: mesbah.

BIS: Dan 9:26 - -- Sebuah terjemahan kuno: tak bersalah.

Sebuah terjemahan kuno: tak bersalah.

BIS: Dan 9:27 - Sesuatu yang mengerikan yang disebut Kejahatan yang menghancurkan Sesuatu yang mengerikan yang disebut Kejahatan yang menghancurkan: Patung yang didirikan dalam Rumah TUHAN di Yerusalem oleh penguasa-penguasa asing.

Sesuatu yang mengerikan yang disebut Kejahatan yang menghancurkan: Patung yang didirikan dalam Rumah TUHAN di Yerusalem oleh penguasa-penguasa asing.

Jerusalem: Dan 9:1 - Darius Bdk Dan 7:5+ dan Dan 6:1+.

Bdk Dan 7:5+ dan Dan 6:1+.

Jerusalem: Dan 9:4 - demikian Doa berikut menyinggung banyak ayat dan nas Kitab Suci. Ia serupa dengan doa Azarya, Aza 1:2-22 (Yunani, dan menjadi contoh bagi doa dan termaktub dal...

Doa berikut menyinggung banyak ayat dan nas Kitab Suci. Ia serupa dengan doa Azarya, Aza 1:2-22 (Yunani, dan menjadi contoh bagi doa dan termaktub dalam Bar 1-2.

Jerusalem: Dan 9:14 - TUHAN bersiap Harafiah: TUHAN berjaga. Dalam Yer 1:11-12, bdk Yer 31:28; 44:27, lambang pohon badam (Ibraninya: syeqed) memancing firman TUHAN yang berjaga-jaga (Ib...

Harafiah: TUHAN berjaga. Dalam Yer 1:11-12, bdk Yer 31:28; 44:27, lambang pohon badam (Ibraninya: syeqed) memancing firman TUHAN yang berjaga-jaga (Ibraninya: syeqed: terj. siap sedia), supaya firmanNya jadi terlaksana, entah demi kebaikan manusia entah untuk kemalangannya.

Jerusalem: Dan 9:16 - sesuai dengan belas kasihanMu Harafiah: demi segenap keadilanMu. Artinya: demi keadilan yang telah menjadi nyata dalam tindakan yang dengannya Engkau membela hak umatMu.

Harafiah: demi segenap keadilanMu. Artinya: demi keadilan yang telah menjadi nyata dalam tindakan yang dengannya Engkau membela hak umatMu.

Jerusalem: Dan 9:17 - doa hambaMu ini dan permohonannya Bdk 1Ra 8:28; Neh 1:6,11; Maz 130:2

Jerusalem: Dan 9:17 - sinarilah... dengan wajahMu Bdk Maz 4:7+

Bdk Maz 4:7+

Jerusalem: Dan 9:17 - demi Tuhan sendiri Ini menurut Dan 9:19 dan terjemahan Yunani buatan Teodotion. Dalam naskah Ibrani tertulis: oleh karena Tuhanku.

Ini menurut Dan 9:19 dan terjemahan Yunani buatan Teodotion. Dalam naskah Ibrani tertulis: oleh karena Tuhanku.

Jerusalem: Dan 9:21 - terbanglah dengan cepat ke arahku Harafiah: terbanglah dengan melayang menyentuh aku.

Harafiah: terbanglah dengan melayang menyentuh aku.

Jerusalem: Dan 9:22 - ia mengajari aku Dalam terjemahan Yunani dan Siria terbaca: ia datang.

Dalam terjemahan Yunani dan Siria terbaca: ia datang.

Jerusalem: Dan 9:23 - penglihatan itu Nubuat berikut sejalan dengan yang lain-lain. Iapun mengenai penganiayaan oleh raja Antiokhus. Tetapi nubuat ini memakai gaya bahasa yang agak gelap d...

Nubuat berikut sejalan dengan yang lain-lain. Iapun mengenai penganiayaan oleh raja Antiokhus. Tetapi nubuat ini memakai gaya bahasa yang agak gelap dan hanya samar-samar menyarankan apa yang dimaksudkan (tidak ada nama diri atau angka-angka bulat yang lazim). Gaya bahasa yang kabur ini memberi kesan bahwa nubuat ini mempunyai makna mendalam. Sama seperti nubuat tentang kerajaan Mesias, Dan 2:28+; Dan 7:13+, demikianpun nubuat ini sepenuh-penuhnya digenapi di masa Kristus serta umatNya. Keadaan yang dinubuatkan dalam Dan 9:24 jauh melampaui setiap pemulihan kedamaian dan kesentosaan. Adapun hal-hal terperinci yang diutarakan dalam Dan 9:25-27 dan yang mengenai zaman sebelum yang terakhir memang agak tidak jelas.

Jerusalem: Dan 9:24 - Tujuh puluh kali tujuh masa Angka tujuh itu melambangkan kesempurnaan dan keutuhan. Titik tolak perhitungan tujuh puluh pekan (masing-masing tujuh "masa", ialah tahun) ialah tang...

Angka tujuh itu melambangkan kesempurnaan dan keutuhan. Titik tolak perhitungan tujuh puluh pekan (masing-masing tujuh "masa", ialah tahun) ialah tanggal nubuat nabi Yeremia disampaikan, Dan 9:24. Akhir masa itu ialah pemulihan Yerusalem dan kembalinya kaum buangan. Menurut 2Ta 36:22-23(=Ezr 1:1-3) akhir itu sampai ketika raja Koresy mengeluarkan penetapan bahwa orang-orang Yahudi bebas, yaitu pada th 538 seb Mas

Jerusalem: Dan 9:24 - menggenapkan Harafiah: memeteraikan. Kata "memeteraikan" itu kadang-kadang berarti mengakhiri atau menjamin. Tetapi di sini kata itu mendapat arti: menggenapkan

Harafiah: memeteraikan. Kata "memeteraikan" itu kadang-kadang berarti mengakhiri atau menjamin. Tetapi di sini kata itu mendapat arti: menggenapkan

Jerusalem: Dan 9:24 - yang maha kudus Kurang jelas apa yang dimaksudkan, mezbah atau bait Allah atau imam besar, bdk 1Ta 23:13. Pemulihan keimaman kudus, bertepatan dengan pemulihan mezbah...

Kurang jelas apa yang dimaksudkan, mezbah atau bait Allah atau imam besar, bdk 1Ta 23:13. Pemulihan keimaman kudus, bertepatan dengan pemulihan mezbah dan bait Allah. Maka nabi kiranya juga berpikir kepada imam besar.

Jerusalem: Dan 9:25 - seorang yang diurapi Ibraninya: masyiah(mesias). Bdk Kej 30:22+; 1Sa 9:26+; Yes 45:1+; Maz 20:7+. Pujangga-pujangga Gereja yang paling dahulu tidak sepakat dalam mengartik...

Ibraninya: masyiah(mesias). Bdk Kej 30:22+; 1Sa 9:26+; Yes 45:1+; Maz 20:7+. Pujangga-pujangga Gereja yang paling dahulu tidak sepakat dalam mengartikan "orang yang diurapi" itu dan juga berselisih pendapat dalam memecahkan masalah apakah Dan 9:26 menubuatkan kematian Yesus. Ada yang berpendapat bahwa pekan (jangan waktu tujuh tahun) yang terakhir ialah zaman menjelang akhir dunia

Jerusalem: Dan 9:25 - dibangun kembali Bagian ayat ini menyinggung pemulihan bangsa Israel di zaman Persia (Ezra-Nehemia).

Bagian ayat ini menyinggung pemulihan bangsa Israel di zaman Persia (Ezra-Nehemia).

Jerusalem: Dan 9:26 - seorang yang telah diurapi Menurut Teodotion "orang yang diurapi" (mesias) ini ialah imam besar Onias III, bdk 2Ma 4:30-38, yang sekitar th 175 seb Mas dipecat, lalu mati terbun...

Menurut Teodotion "orang yang diurapi" (mesias) ini ialah imam besar Onias III, bdk 2Ma 4:30-38, yang sekitar th 175 seb Mas dipecat, lalu mati terbunuh oleh anak buah raja Antiokhus Epifanes. Onias itupun "raja Perjanjian" yang disebut dalam Dan 11:22

Jerusalem: Dan 9:26 - salahnya apa-apa Sebuah kata hilang dari naskah Ibrani dan perlu ditambahkan sesuatu kata Terjemahan Indonesia ini menambah kata "salahnya apa-apa" berdasarkan terjema...

Sebuah kata hilang dari naskah Ibrani dan perlu ditambahkan sesuatu kata Terjemahan Indonesia ini menambah kata "salahnya apa-apa" berdasarkan terjemahan Yunani buatan Teodotion

Jerusalem: Dan 9:26 - air bah ini melambangkan hukuman dari Allah

ini melambangkan hukuman dari Allah

Jerusalem: Dan 9:26 - yang telah ditetapkan Yaitu oleh Allah, bdk Dan 8:25+.

Yaitu oleh Allah, bdk Dan 8:25+.

Jerusalem: Dan 9:27 - membuat perjanjian itu menjadi berat Harafiah: meneguhkan (memberatkan) perjanjian. Keterangan ini mungkin dapat dimengerti pada latar belakang Dan 11:30-32. Kalau demikian maka "perjanji...

Harafiah: meneguhkan (memberatkan) perjanjian. Keterangan ini mungkin dapat dimengerti pada latar belakang Dan 11:30-32. Kalau demikian maka "perjanjian" itu ialah persepakatan orang fasik untuk menggabungkan diri dengan penganiayaan sehingga mereka melangkahi perjanjian suci. Bdk 1Ma 1:21,43,52; 2Ma 4:10 dst. Terjemahan Indonesia ini mengertinya sbb: penganiayaan membuat kesetiaan pada perjanjian suci menjadi berat

Jerusalem: Dan 9:27 - menghentikan korban Dihentikannya korban lama tidak berarti bahwa korban lama diganti dengan korban perjanjian yang baru. Sebab nas-nas yang sejalan, bdk 1Ma 1:45; Dan 11...

Dihentikannya korban lama tidak berarti bahwa korban lama diganti dengan korban perjanjian yang baru. Sebab nas-nas yang sejalan, bdk 1Ma 1:45; Dan 11:31; 12:11, menjelaskan bahwa orang fasiklah yang menghentikan korban itu

Jerusalem: Dan 9:27 - sayap kekejian akan datang yang membinasakan Naskah Ibrani dapat diterjemahkan dengan cara lain juga, yaitu: di atas sayap (bait Allah, ialah hubungannya) akan datang kekejian yang membinasakan (...

Naskah Ibrani dapat diterjemahkan dengan cara lain juga, yaitu: di atas sayap (bait Allah, ialah hubungannya) akan datang kekejian yang membinasakan (bdk Mat 24:14 dsj: Pembinasa keji). Ungkapan Ibrani (syiqqusim mesyomem) agaknya menyinggung baik dewa baal yang dahulu sering dipuja bangsa Israel yang oleh karenanya sangat dikecam para nabi (kata: kekejian -syiqqus- merupakan sebutan pengejek baal dan kata: Yang membinasakan -syomem- menyinggung gelar baal yang dipuji di negeri Fenisia: baal syamem) maupun dewa Zeus Olimpios. Bait Allah di Yerusalem memang dibaktikan kepada dewa Yunani itu, bdk 2Ma 6:2.

Ende: Dan 9:1-27 - -- Nabi Jeremia telah menubuatkan, bahwasanja akan berlangsunglah 70 tahun (kira2 sadja) sebelum bangsa Jahudi dipulihkan. lamanja pembuangan jang sebena...

Nabi Jeremia telah menubuatkan, bahwasanja akan berlangsunglah 70 tahun (kira2 sadja) sebelum bangsa Jahudi dipulihkan. lamanja pembuangan jang sebenarnja paling2 60 tahun (598-538). Setelah Babel runtuh Israil pulang dan orang dapat mengira, bahwa pemulihan sudah kesampaian. Tetapi njata sekali bahwa keadaan Israil jang baru itu belum djuga djaman kebahagiaan jang ditelah para nabi dahulu.

Maka itu banjak orang ragu2 dan malahan murtad setelah berdjumpa dengan kebudajaan Junani. Nah, pasal 9(Dan 9) Daniel menghadap soal itu dengan menegaskan, bahwa djaman kebahagiaan memang pasti akan datang djuga. Lalu suatu keterangan atau tafsir mengenai "70 tahun" itu disadjikan, sedemikian rupa, sehingga waktu kemalangan berlangsung tudjuh kali (pekan) tudjuhpuluh tahun. Angka itupun merupakan hanja lambang sadja dan tidak boleh dilihat sebagai petundjuk waktu jang tepat. Njata sekali, bahwa ajat 25(Dan 9:25) menjindir pemulihan sesudah pembuangan (meskipun dalam kesesakan) dan ajat 26(Dan 9:26) menggambarkan djaman Antiochos IV.

Ende: Dan 9:1 - -- Darios itu ialah Darios orang Media (Dan 6:1), sehingga si pengarang jang dalam pasal 8(Dan 8) ada pada djaman Balsjasar (pendahulu Darios) sekarang p...

Darios itu ialah Darios orang Media (Dan 6:1), sehingga si pengarang jang dalam pasal 8(Dan 8) ada pada djaman Balsjasar (pendahulu Darios) sekarang pindah ke djaman Darios lagi, jang telah diutarakan pasal 6(Dan 6). Karena apa Darios disebut "putera Xerxes" kurang terang. Xerxes I adalah pengganti Darios I dalam Keradjaan Parsi, lama sesudah Cyrus dan tidak sebelumnja, seperti halnja dengan Darios, orang Media dalam kitab Daniel (Dan 6:28). Tahun pertama Darios dalam kitab Daniel ialah tahun perebutan Babel (Dan 5:30-6:1).

Ende: Dan 9:4-19 - -- Doa ini, jang sangat serupa dengan doa jang terdapat di 2Ta 6; 1Ra 8; Ezr 9; Neh 1; 9 dan hampir sama dengan Bar 1:15-3:8, menandaskan keadilan Allah,...

Doa ini, jang sangat serupa dengan doa jang terdapat di 2Ta 6; 1Ra 8; Ezr 9; Neh 1; 9 dan hampir sama dengan Bar 1:15-3:8, menandaskan keadilan Allah, jang nampak dalam pembuangan Israil dan djuga mengutjap harapan jang bersandar bukan pada pekerdjaan baik manusia, melainkan hanja pada belaskasihan dan kesetiaan Allah.

Ende: Dan 9:7 - baik jang dekat..dst. Terang sekali, bahwa doa itu dikarang di Palestina dan tidak di Babel, tempat tinggal Daniel.

Terang sekali, bahwa doa itu dikarang di Palestina dan tidak di Babel, tempat tinggal Daniel.

Ende: Dan 9:13 - kebenaranMu Kata Hibrani berarti: kebenaran, ketetapan, kesetiaan.

Kata Hibrani berarti: kebenaran, ketetapan, kesetiaan.

Ende: Dan 9:23 - sabda jang keluar ialah sabda Allah, jang menjingkapkan rahasia. Sabda ini termuat oleh ajat 24,27(Dan 9:24,27).

ialah sabda Allah, jang menjingkapkan rahasia. Sabda ini termuat oleh ajat 24,27(Dan 9:24,27).

Ende: Dan 9:24 - tudjuhpuluh pekan djadi 7x70. Itulah keterangan atas "tudjuhpuluh tahun" Jeremia. Djadi djumlahnja 490 tahun.

djadi 7x70. Itulah keterangan atas "tudjuhpuluh tahun" Jeremia. Djadi djumlahnja 490 tahun.

Ende: Dan 9:24 - kedjahatan jang diachiri, dosa jang dimeteraikan (disudahi), kesalahan jang dihapus ialah dosa dan hukumannja dari umat Allah. Lalu datanglah "keadilan kekal" ialah masa bahagia (al-Masih).

ialah dosa dan hukumannja dari umat Allah.

Lalu datanglah "keadilan kekal" ialah masa bahagia (al-Masih).

Ende: Dan 9:24 - meteraikan penglihatan dan nubuat (jang dimuat Dan 7,8), ialah menggenapinja.

(jang dimuat Dan 7,8), ialah menggenapinja.

Ende: Dan 9:24 - jang terkudus Kurang terang apa jang dimaksud: seorang jang diurapi (imam) pada djaman bahagia kelak (al-Masih), atau barang, gedung jang diurapi (baitullah, perabo...

Kurang terang apa jang dimaksud: seorang jang diurapi (imam) pada djaman bahagia kelak (al-Masih), atau barang, gedung jang diurapi (baitullah, perabot sutji), sehingga keradjaan Allah (baitullah jang rohani) akan didirikan. Dengan singkat ajat 24(Dan 9:24) melukiskan djaman sebelum masa terachir dan djaman terachir (al-Masih), jang akan mengachiri kedjahatan. Oleh sebab "tudjuh","tudjuhpuluh" merupakan angka lambang sadja, maka tidak ada gunanja menghitung apakah persis 7x70 tahun berlangsung antara nubuat Jeremia dan kedatangan Jesus Kristus (al-Masih), apalagi untuk menghitung achir djaman.

Ende: Dan 9:25 - sedjak sabda itu keluar Kurang terang sabda mana dimaksud, entah sabda jang diutjap Jeremia (Yer 25:1,11) dalam tahun 605, entah sabda Jeremia (Yer 29:10) dalam tahun 587 men...

Kurang terang sabda mana dimaksud, entah sabda jang diutjap Jeremia (Yer 25:1,11) dalam tahun 605, entah sabda Jeremia (Yer 29:10) dalam tahun 587 mengenai waktu pembuangan, entah penetapan Cyrus dalam tahun 538, jang mengidjinkan orang2 Jahudi kembali (Ezr 1:1-4), ataupun penetapan Darios (Ezr 6:1-12) jang memperbolehkan membangun baitullah kembali. Agaknja: sabda Allah jang dikutip Dan 9:3, djadi nubuat Jeremia mengenai pembuangan.

Ende: Dan 9:25 - tudjuh pekan (=49 tahun) mengenai lamanja pembuangan. Pembesar jang diurapi ialah entah Cyrus, entah imam Jesjua, jang mendjadi imam agung pertama sesudah pembuang...

(=49 tahun) mengenai lamanja pembuangan. Pembesar jang diurapi ialah entah Cyrus, entah imam Jesjua, jang mendjadi imam agung pertama sesudah pembuangan. Djadi antara th. 587-538, genap 49 tahun! "Enampuluh dua pekan" (434 tahun),ialah djaman Israil sudah kembali di Palestina dan mendirikan djemaahnja di Jerusjalem (antara 538-171), sebenarnja hanja 367 tahun, tetapi angka2 tidak boleh dihitung dengan terlalu persis dalam sastera Apocalyps.

Ende: Dan 9:26-27 - -- Ajat2 ini mengenai djaman Antiochos IV dan tidak membentangkan masa bahagia pada masa depan.

Ajat2 ini mengenai djaman Antiochos IV dan tidak membentangkan masa bahagia pada masa depan.

Ende: Dan 9:26 - seorang jang terurapi ialah imamagung Onia II, jang dibunuh tahun 171. Dibelakang "dan" agaknja salah satu kata hilang.

ialah imamagung Onia II, jang dibunuh tahun 171.

Dibelakang "dan" agaknja salah satu kata hilang.

Ende: Dan 9:26 - Pembesar ialah Antiochos IV. Tentaranja memasuki Palestina dan Jerusjalem th. 167.

ialah Antiochos IV. Tentaranja memasuki Palestina dan Jerusjalem th. 167.

Ende: Dan 9:26 - kesudahannja kelak menjindir kematian Antiochos.

menjindir kematian Antiochos.

Ende: Dan 9:26 - pertempuran ialah peperangan Antiochos IV lawan Mesir, persaingan antara imamagung Jason dan Menelaos, dengan akibat, bahwa Antiochos mengambil tindakan dalam tah...

ialah peperangan Antiochos IV lawan Mesir, persaingan antara imamagung Jason dan Menelaos, dengan akibat, bahwa Antiochos mengambil tindakan dalam tahun 169 dan 167.

Ende: Dan 9:27 - -- Orang banjak jang masuk perdjandjian ini ialah orang2 Jahudi jang menganut kebudajaan Junani dan memihak kepada Antiochos.

Orang banjak jang masuk perdjandjian ini ialah orang2 Jahudi jang menganut kebudajaan Junani dan memihak kepada Antiochos.

Ende: Dan 9:27 - satu pekan jaitu l.k. satu tahun.

jaitu l.k. satu tahun.

Ende: Dan 9:27 - ia akan menghentikan...dst. menjindir tindakan Antiochos IV th.167 dengan menghapus ibadah Jahudi dan menempatkan patung Zeus dalam baitullah di Jerusjalem.

menjindir tindakan Antiochos IV th.167 dengan menghapus ibadah Jahudi dan menempatkan patung Zeus dalam baitullah di Jerusjalem.

Ende: Dan 9:27 - Si Pelengang jaitu Antiochos jang kematiannja disindir.

jaitu Antiochos jang kematiannja disindir.

Endetn: Dan 9:17 - (untuk)Mu diperbaiki menurut terdjemahan Junani Theodotion dan aj.Dan 9:19.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani Theodotion dan aj.Dan 9:19.

Endetn: Dan 9:22 - datang diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "membuat memahami".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "membuat memahami".

Endetn: Dan 9:23 - (orang) ditambahkan menurut terdjemahan Latin (Vlg.) dan Syriah Lih.Dan 10:11.

ditambahkan menurut terdjemahan Latin (Vlg.) dan Syriah Lih.Dan 10:11.

Ref. Silang FULL: Dan 9:1 - pemerintahan Darius // anak Ahasyweros · pemerintahan Darius: Dan 5:31; Dan 5:31 · anak Ahasyweros: Ezr 4:6; Ezr 4:6

· pemerintahan Darius: Dan 5:31; [Lihat FULL. Dan 5:31]

· anak Ahasyweros: Ezr 4:6; [Lihat FULL. Ezr 4:6]

Ref. Silang FULL: Dan 9:2 - tujuh puluh · tujuh puluh: 2Taw 36:21; 2Taw 36:21; Yer 29:10; Za 1:12; 7:5

· tujuh puluh: 2Taw 36:21; [Lihat FULL. 2Taw 36:21]; Yer 29:10; Za 1:12; 7:5

Ref. Silang FULL: Dan 9:3 - sambil berpuasa // serta abu · sambil berpuasa: 2Taw 20:3; 2Taw 20:3 · serta abu: 2Sam 13:19; 2Sam 13:19; Neh 1:4; Neh 1:4; Yer 29:12; Dan 10:12; Yun 3:6

· sambil berpuasa: 2Taw 20:3; [Lihat FULL. 2Taw 20:3]

· serta abu: 2Sam 13:19; [Lihat FULL. 2Sam 13:19]; Neh 1:4; [Lihat FULL. Neh 1:4]; Yer 29:12; Dan 10:12; Yun 3:6

Ref. Silang FULL: Dan 9:4 - dan mengaku // Tuhan, Allah // kasih setia · dan mengaku: 1Raj 8:30; 1Raj 8:30 · Tuhan, Allah: Ul 7:21; Ul 7:21 · kasih setia: Ul 7:9; Ul 7:9; 1Raj 8:23; 1Raj 8:23

· dan mengaku: 1Raj 8:30; [Lihat FULL. 1Raj 8:30]

· Tuhan, Allah: Ul 7:21; [Lihat FULL. Ul 7:21]

· kasih setia: Ul 7:9; [Lihat FULL. Ul 7:9]; 1Raj 8:23; [Lihat FULL. 1Raj 8:23]

Ref. Silang FULL: Dan 9:5 - berbuat dosa // dan salah // telah menyimpang // dan peraturan-Mu · berbuat dosa: Yer 8:14; Yer 8:14 · dan salah: Mazm 106:6 · telah menyimpang: Yes 53:6 · dan peraturan-Mu: Dan 9:11; Rat ...

· berbuat dosa: Yer 8:14; [Lihat FULL. Yer 8:14]

· dan salah: Mazm 106:6

· telah menyimpang: Yes 53:6

· dan peraturan-Mu: Dan 9:11; Rat 1:20; Rat 3:42; [Lihat FULL. Rat 3:42]

Ref. Silang FULL: Dan 9:6 - tidak taat // para nabi // kepada bapa-bapa · tidak taat: 2Raj 18:12; 2Raj 18:12 · para nabi: 2Taw 36:16; 2Taw 36:16; Yer 44:5; Yer 44:5; Yak 5:10; Wahy 10:7 · kepada bapa-b...

· tidak taat: 2Raj 18:12; [Lihat FULL. 2Raj 18:12]

· para nabi: 2Taw 36:16; [Lihat FULL. 2Taw 36:16]; Yer 44:5; [Lihat FULL. Yer 44:5]; Yak 5:10; Wahy 10:7

· kepada bapa-bapa: 2Taw 29:6; [Lihat FULL. 2Taw 29:6]

Ref. Silang FULL: Dan 9:7 - yang benar // kami malu // telah membuang // berlaku murtad // terhadap Engkau · yang benar: Ezr 9:15; Ezr 9:15; Yes 42:6; Yes 42:6 · kami malu: Ezr 9:7; Mazm 44:16 · telah membuang: Ul 4:27; Am 9:9 · ...

· yang benar: Ezr 9:15; [Lihat FULL. Ezr 9:15]; Yes 42:6; [Lihat FULL. Yes 42:6]

· kami malu: Ezr 9:7; Mazm 44:16

· telah membuang: Ul 4:27; Am 9:9

· berlaku murtad: Ul 7:3; [Lihat FULL. Ul 7:3]

· terhadap Engkau: Yer 3:25; [Lihat FULL. Yer 3:25]; Yer 24:9; [Lihat FULL. Yer 24:9]; Yeh 39:23-24; [Lihat FULL. Yeh 39:23]; [Lihat FULL. Yeh 39:24]

Ref. Silang FULL: Dan 9:8 - terhadap Engkau · terhadap Engkau: Neh 9:33; Neh 9:33; Yer 14:20; Yer 14:20; Yeh 16:63; Yeh 16:63

· terhadap Engkau: Neh 9:33; [Lihat FULL. Neh 9:33]; Yer 14:20; [Lihat FULL. Yer 14:20]; Yeh 16:63; [Lihat FULL. Yeh 16:63]

Ref. Silang FULL: Dan 9:9 - dan keampunan // terhadap Dia · dan keampunan: Kel 34:7; Kel 34:7; 2Sam 24:14; 2Sam 24:14; Yer 42:12 · terhadap Dia: Neh 9:17; Neh 9:17; Yer 14:7

· dan keampunan: Kel 34:7; [Lihat FULL. Kel 34:7]; 2Sam 24:14; [Lihat FULL. 2Sam 24:14]; Yer 42:12

· terhadap Dia: Neh 9:17; [Lihat FULL. Neh 9:17]; Yer 14:7

Ref. Silang FULL: Dan 9:10 - para nabi · para nabi: 2Raj 17:13-15; 2Raj 18:12; 2Raj 18:12; Wahy 10:7

· para nabi: 2Raj 17:13-15; 2Raj 18:12; [Lihat FULL. 2Raj 18:12]; Wahy 10:7

Ref. Silang FULL: Dan 9:11 - telah melanggar // hukum-Mu // kami kutuk // dan sumpah // berbuat dosa · telah melanggar: Yer 2:29; Yer 2:29 · hukum-Mu: 2Raj 22:16 · kami kutuk: Ul 11:26; Ul 11:26; Ul 13:15; Ul 13:15; Ul 28:15; U...

· telah melanggar: Yer 2:29; [Lihat FULL. Yer 2:29]

· hukum-Mu: 2Raj 22:16

· kami kutuk: Ul 11:26; [Lihat FULL. Ul 11:26]; Ul 13:15; [Lihat FULL. Ul 13:15]; Ul 28:15; [Lihat FULL. Ul 28:15]

· dan sumpah: 2Raj 17:23

· berbuat dosa: Yes 1:4-6; Yer 8:5-10

Ref. Silang FULL: Dan 9:12 - telah ditetapkan-Nya // kami malapetaka // langit, seperti // di Yerusalem · telah ditetapkan-Nya: Yes 44:26; Yes 44:26; Za 1:6 · kami malapetaka: Yer 44:23; Yer 44:23 · langit, seperti: Yer 30:7 ·...

· telah ditetapkan-Nya: Yes 44:26; [Lihat FULL. Yes 44:26]; Za 1:6

· kami malapetaka: Yer 44:23; [Lihat FULL. Yer 44:23]

· langit, seperti: Yer 30:7

· di Yerusalem: Yer 44:2-6; Yeh 5:9; Dan 12:1; Yoel 2:2; Za 7:12

Ref. Silang FULL: Dan 9:13 - kasihan Tuhan // memperhatikan kebenaran · kasihan Tuhan: Ul 4:29; Ul 4:29; Yes 31:1; Yes 31:1 · memperhatikan kebenaran: Yes 9:13; Yes 9:13; Yer 2:30

· kasihan Tuhan: Ul 4:29; [Lihat FULL. Ul 4:29]; Yes 31:1; [Lihat FULL. Yes 31:1]

· memperhatikan kebenaran: Yes 9:13; [Lihat FULL. Yes 9:13]; Yer 2:30

Ref. Silang FULL: Dan 9:14 - dengan malapetaka // yang dilakukan-Nya // mendengarkan suara-Nya · dengan malapetaka: Yer 18:8; Yer 18:8; Yer 44:27; Yer 44:27 · yang dilakukan-Nya: Kej 18:25; Kej 18:25; 2Taw 12:6; 2Taw 12:6; Yer 12...

· dengan malapetaka: Yer 18:8; [Lihat FULL. Yer 18:8]; Yer 44:27; [Lihat FULL. Yer 44:27]

· yang dilakukan-Nya: Kej 18:25; [Lihat FULL. Kej 18:25]; 2Taw 12:6; [Lihat FULL. 2Taw 12:6]; Yer 12:1; [Lihat FULL. Yer 12:1]

· mendengarkan suara-Nya: Neh 9:33; [Lihat FULL. Neh 9:33]; Yer 32:23; [Lihat FULL. Yer 32:23]; Yer 40:3; [Lihat FULL. Yer 40:3]

Ref. Silang FULL: Dan 9:15 - dengan tangan // memasyhurkan nama-Mu · dengan tangan: Kel 3:20; Kel 3:20; Yer 32:21; Yer 32:21 · memasyhurkan nama-Mu: Neh 9:10; Neh 9:10

· dengan tangan: Kel 3:20; [Lihat FULL. Kel 3:20]; Yer 32:21; [Lihat FULL. Yer 32:21]

· memasyhurkan nama-Mu: Neh 9:10; [Lihat FULL. Neh 9:10]

Ref. Silang FULL: Dan 9:16 - belas kasihan-Mu // dan amarah-Mu // berlalu // dari Yerusalem // kota-Mu, gunung-Mu // menjadi cela · belas kasihan-Mu: Hak 5:11; Hak 5:11; Mazm 31:2 · dan amarah-Mu: Mazm 85:4; Mazm 85:4 · berlalu: Yes 5:25; Yes 5:25 · da...

· belas kasihan-Mu: Hak 5:11; [Lihat FULL. Hak 5:11]; Mazm 31:2

· dan amarah-Mu: Mazm 85:4; [Lihat FULL. Mazm 85:4]

· berlalu: Yes 5:25; [Lihat FULL. Yes 5:25]

· dari Yerusalem: Yer 32:32

· kota-Mu, gunung-Mu: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]; Mazm 48:2; [Lihat FULL. Mazm 48:2]

· menjadi cela: Mazm 39:9; [Lihat FULL. Mazm 39:9]; Yeh 5:14; [Lihat FULL. Yeh 5:14]

Ref. Silang FULL: Dan 9:17 - dan sinarilah · dan sinarilah: Bil 6:24-26; Mazm 80:20

· dan sinarilah: Bil 6:24-26; Mazm 80:20

Ref. Silang FULL: Dan 9:18 - arahkanlah telinga-Mu // dan dengarlah // dan lihatlah // dengan nama-Mu // kasih sayang-Mu · arahkanlah telinga-Mu: Mazm 5:2; Mazm 5:2 · dan dengarlah: Mazm 116:1 · dan lihatlah: Mazm 80:15 · dengan nama-Mu: Ul 28...

· arahkanlah telinga-Mu: Mazm 5:2; [Lihat FULL. Mazm 5:2]

· dan dengarlah: Mazm 116:1

· dan lihatlah: Mazm 80:15

· dengan nama-Mu: Ul 28:10; [Lihat FULL. Ul 28:10]; Yes 37:17; [Lihat FULL. Yes 37:17]; Yer 7:10-12; 25:29

· kasih sayang-Mu: Luk 18:13

Ref. Silang FULL: Dan 9:19 - Tuhan, ampunilah // Engkau sendiri · Tuhan, ampunilah: Mazm 44:24 · Engkau sendiri: 1Sam 12:22; 1Sam 12:22

· Tuhan, ampunilah: Mazm 44:24

· Engkau sendiri: 1Sam 12:22; [Lihat FULL. 1Sam 12:22]

Ref. Silang FULL: Dan 9:20 - dan mengaku // bagi gunung · dan mengaku: Ezr 10:1; Ezr 10:1 · bagi gunung: Dan 9:3; Dan 9:3; Mazm 145:18; Yes 58:9; Yes 58:9

· dan mengaku: Ezr 10:1; [Lihat FULL. Ezr 10:1]

· bagi gunung: Dan 9:3; [Lihat FULL. Dan 9:3]; Mazm 145:18; Yes 58:9; [Lihat FULL. Yes 58:9]

Ref. Silang FULL: Dan 9:21 - arahku Gabriel // persembahan korban · arahku Gabriel: Dan 8:16; Dan 8:16; Luk 1:19; Luk 1:19 · persembahan korban: Kel 29:39; Kel 29:39

· arahku Gabriel: Dan 8:16; [Lihat FULL. Dan 8:16]; Luk 1:19; [Lihat FULL. Luk 1:19]

· persembahan korban: Kel 29:39; [Lihat FULL. Kel 29:39]

Ref. Silang FULL: Dan 9:22 - untuk mengerti · untuk mengerti: Dan 7:16; Dan 7:16; Dan 10:14; Am 3:7

· untuk mengerti: Dan 7:16; [Lihat FULL. Dan 7:16]; Dan 10:14; Am 3:7

Ref. Silang FULL: Dan 9:23 - menyampaikan permohonan // sangat dikasihi // perhatikanlah penglihatan · menyampaikan permohonan: Yes 65:24; Yes 65:24 · sangat dikasihi: Dan 10:19; Luk 1:28 · perhatikanlah penglihatan: Dan 10:11-12;...

· menyampaikan permohonan: Yes 65:24; [Lihat FULL. Yes 65:24]

· sangat dikasihi: Dan 10:19; Luk 1:28

· perhatikanlah penglihatan: Dan 10:11-12; Mat 24:15

Ref. Silang FULL: Dan 9:24 - atas kotamu // untuk menghapuskan // mendatangkan keadilan · atas kotamu: Yes 1:26; Yes 1:26 · untuk menghapuskan: Yes 53:10; Yes 53:10 · mendatangkan keadilan: Yes 56:1; Yes 56:1; Ibr 9:1...

· atas kotamu: Yes 1:26; [Lihat FULL. Yes 1:26]

· untuk menghapuskan: Yes 53:10; [Lihat FULL. Yes 53:10]

· mendatangkan keadilan: Yes 56:1; [Lihat FULL. Yes 56:1]; Ibr 9:12

Ref. Silang FULL: Dan 9:25 - dibangun kembali // yang diurapi // seorang raja // tengah-tengah kesulitan · dibangun kembali: Ezr 4:24; Ezr 4:24; Ezr 6:15; Ezr 6:15 · yang diurapi: Mat 1:17; Yoh 4:25 · seorang raja: 1Sam 13:14; 1Sam ...

· dibangun kembali: Ezr 4:24; [Lihat FULL. Ezr 4:24]; Ezr 6:15; [Lihat FULL. Ezr 6:15]

· yang diurapi: Mat 1:17; Yoh 4:25

· seorang raja: 1Sam 13:14; [Lihat FULL. 1Sam 13:14]

· tengah-tengah kesulitan: Ezr 3:3; [Lihat FULL. Ezr 3:3]

Ref. Silang FULL: Dan 9:26 - akan disingkirkan // air bah // dan pemusnahan // telah ditetapkan · akan disingkirkan: Yes 53:8; Yes 53:8; Mat 16:21 · air bah: Yes 28:2; Dan 11:10; Nah 1:8 · dan pemusnahan: Mazm 46:9; Mazm 46:9...

· akan disingkirkan: Yes 53:8; [Lihat FULL. Yes 53:8]; Mat 16:21

· air bah: Yes 28:2; Dan 11:10; Nah 1:8

· dan pemusnahan: Mazm 46:9; [Lihat FULL. Mazm 46:9]

· telah ditetapkan: Yes 61:1; Yeh 4:5-6; [Lihat FULL. Yeh 4:5]; [Lihat FULL. Yeh 4:6]; Hag 2:24; Za 4:14

Ref. Silang FULL: Dan 9:27 - telah ditetapkan · telah ditetapkan: Yes 10:22; Yes 10:22

· telah ditetapkan: Yes 10:22; [Lihat FULL. Yes 10:22]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Dan 9:1-19 - Respons terhadap firman Allah (Senin, 28 Juni 1999) Respons terhadap firman Allah Setelah mempelajari kitab nabi Yeremia, Daniel menyadari mengenai alasan mengapa Allah membuang umat-Nya ke Babel....

SH: Dan 9:1-19 - Karya Tuhan di antara umat (Minggu, 9 November 2008) Karya Tuhan di antara umat Doa Daniel dalam bacaan hari ini merupakan hasil perenungannya atas nubuat nabi Yeremia (Yer. 25:11-12, 29:10-14). Di...

SH: Dan 9:1-14 - Pengakuan Dosa (Selasa, 12 Desember 2017) Pengakuan Dosa Syarat utama untuk mendapatkan pengampunan adalah mengakui dosa. Pengakuan itu dilakukan dengan kesadaran dan kerelaan hati, dan bukan...

SH: Dan 9:1-19 - Bukan Doa Biasa (Sabtu, 18 November 2023) Bukan Doa Biasa Ada kalanya kita merasa bahwa firman yang kita baca atau dengarkan bukan untuk diri kita, melainkan untuk orang lain. Tentu, respons ...

SH: Dan 9:15-19 - Doa Pemulihan Yerusalem (Rabu, 13 Desember 2017) Doa Pemulihan Yerusalem Pembuangan ke negeri Babel membuat bangsa Israel mengalami getirnya kehidupan di sana. Sebagai bagian dari bangsa buangan, Da...

SH: Dan 9:20-27 - Jawaban doa Daniel (Selasa, 29 Juni 1999) Jawaban doa Daniel Tuhan tidak diam. Ia bersabda, mendengar dan menjawab doa. Gabriel diutus untuk memaparkan apa yang akan terjadi kepada ...

SH: Dan 9:20-27 - Masa depan (Senin, 10 November 2008) Masa depan Kelangsungan hidup serta masa depan suatu bangsa ada di tangan Tuhan. Maka apa yang terjadi pada bangsa itu tidak luput dari pengawas...

SH: Dan 9:20-27 - Jawaban Doa dari Allah (Kamis, 14 Desember 2017) Jawaban Doa dari Allah Ketika seseorang ada di perantauan, terkadang muncul gejala yang disebut homesick (rasa rindu pada kampung halaman). Apalagi s...

SH: Dan 9:20-27 - Di Balik Jawaban Doa (Minggu, 19 November 2023) Di Balik Jawaban Doa Sering kali kita ingin Allah memahami apa yang kita mau saat kita berdoa. Tidak hanya itu, kita merasa bahwa Allah begitu mengas...

Utley: Dan 9:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 9:1-61 Pada tahun pertama pemerintahan Darius, anak Ahasyweros, dari keturunan orang Media, yang telah menjadi raja atas ke...

Utley: Dan 9:7-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 9:7-147 Ya Tuhan, Engkaulah yang benar, tetapi patutlah kami malu seperti pada hari ini, kami orang-orang Yehuda, penduduk ...

Utley: Dan 9:15-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 9:15-1915 Oleh sebab itu, ya Tuhan, Allah kami, yang telah membawa umat-Mu keluar dari tanah Mesir dengan tangan yang kuat ...

Utley: Dan 9:20-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 9:20-2320 Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadap...

Utley: Dan 9:24-27 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 9:24-2724 Tujuh puluh kali tujuh masa telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu yang kudus, untuk melenyapkan kefasika...

Topik Teologia: Dan 9:2 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Kitab Suci Maz 1:1-3 Maz 19:7-11 Maz 119:1-4 Maz 119:13-16 Maz 119:27,29-32 Maz ...

Topik Teologia: Dan 9:3 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Dan 9:4 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Te...

Topik Teologia: Dan 9:5 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Dan 9:6 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Nama Ilahi itu Mewakili Kuasa dan Otoritas All...

Topik Teologia: Dan 9:7 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Mahabenar Kej 18:25 Ezr 9:15 Ayu 4:17 Ayu 37:23 Maz 7:10 Maz 11:7 Maz 25:...

Topik Teologia: Dan 9:8 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Dan 9:9 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Murah Hati Kel 33:19 Ula 4:31 Ula 13:17-18 Neh 9:31 Maz 25:6 Maz 78:38 Ye...

Topik Teologia: Dan 9:10 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Dan 9:11 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Hukum Musa 1R...

Topik Teologia: Dan 9:13 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kebenaran Bil 23:19 1Sa 15:29 Maz 12:7 Maz 26:3 Maz 31:6 Maz 33:4 Maz 40:...

Topik Teologia: Dan 9:14 - -- Allah yang Berpribadi Tuhan (Ibr.: Yahweh) Kej 4:26 Kel 3:14-15 Kel 6:1-2 Kel 15:11 Kel 20:2 Kel 33:19 Kel 34:5-7 Ula 10:17...

Topik Teologia: Dan 9:15 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Dan 9:16 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Dan 9:18 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Dan 9:19 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Tuhan (Ibr.: Adonai) Kel 34:9 Yos ...

Topik Teologia: Dan 9:20 - -- Dosa Natur Dosa Dosa adalah Pelanggaran Aktif Terhadap Hukum Allah Gagal untuk Hidup Menurut Hukum Allah Kej 18:20 Im...

Topik Teologia: Dan 9:21 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Dan 9:22 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Dan 9:24 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus

Topik Teologia: Dan 9:25 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Yang Diurapi Maz 2:2 Dan 9:25 Kis 4:25-27

Topik Teologia: Dan 9:26 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

TFTWMS: Dan 9:1-19 - Doa Minta Pengampunan DOA MINTA PENGAMPUNAN(Daniel 9:1-19) Pelbagai peristiwa di dalam pasal 9 terjadi "pada tahun pertama pemerintahan Darius …" (ay. 1). Sepe...

TFTWMS: Dan 9:24-27 - Daniel Menerima Akal Budi DANIEL MENERIMA AKAL BUDI(Daniel 9:24-27) Catatan Editor: Daniel 9:24-27 sulit ditafsirkan. Mungkin cara terbaik untuk melihatnya adalah dari dua su...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Daniel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daniel Tema : Kedaulatan Allah Dalam Sejarah Tanggal Penulisan: Sekitar 536-530 SM Latar Belakang Daniel, yang naman...

Full Life: Daniel (Garis Besar) Garis Besar I. Latar Belakang Sejarah Daniel (Dan 1:1-21) A. Daniel dan Teman-Teman Diangkut ke Babel ...

Jerusalem: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL Kalau ditinjau dari segi isinya, maka kitab Daniel dapat dibagi dua. Bagian pertama Daniel, yaitu Dan 1-6, berisikan kisah-kisah sbb: Daniel da...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENDAHULUAN Kitab Daniel memperkenalkan kita dengan tokoh jang bernama demikian. Kitab itu sedikitpun tidak menjatakan telah ditulis oleh Danie...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Gunung kudus" di dalam ayat 16 adalah acuan kepada Yerusalem. 2 Lihat artikel "Pembinasa keji" di halaman 1...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Artikel oleh Wayne Jackson ini adalah cetak ulang dari Reason & Revelation (July 1997). Dicetak ulang dengan izin. Kutipan Kit...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat artikel "'Pembinasa Keji'" di halaman 197. 2 Beberapa orang menetapkan tanggal ini pada 30 Masehi, unt...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ini mengacu kepada raja Seleukus dari Utara (Siria). 2 Kata "Mesias" tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan I...

BIS: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENGANTAR Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis memb

DANIEL

PENGANTAR

Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis membesarkan hati bangsanya dengan berbagai cerita dan laporan tentang penglihatan- penglihatan. Ia memberikan mereka harapan bahwa Allah akan menjatuhkan si penjajah dan memulihkan kerajaan bagi umat Allah.

Buku ini berisi dua bagian yang terpenting:

  1. 1. Kisah tentang Daniel dan beberapa temannya sepembuangan; mereka mengalahkan musuh-musuh mereka hanya karena mereka percaya dan taat kepada Allah. Kisah- kisah itu terjadi di zaman kerajaan Babel dan Persia.
  2. 2. Sejumlah penglihatan yang dilihat oleh Daniel. Dalam bentuk perlambang, penglihatan-penglihatan itu menggambarkan berkembangnya dan jatuhnya berbagai negara berturut-turut mulai dengan Babel. Selain itu, diramalkan juga jatuhnya si penjajah yang tidak mengenal Allah itu, serta kemenangan umat Allah.

Isi

  1.  Daniel dan teman-temannya
    Dan 1:1-6:28
  2.  Penglihatan-penglihatan yang dilihat Daniel
    Dan 7:1-11:45
    1. a. Empat binatang
      Dan 7:1-28
    2. b. Domba jantan dan kambing jantan
      Dan 8:1-9:27
  3.  Akhir zaman
    Dan 12:1-13

Ajaran: Daniel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada z

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada zaman dahulu. Dan juga tentang keadaan daripada zaman akhir. Selain itu, agar anggota jemaat juga dapat meneladani kehidupan Daniel dengan teman-temannya yang setia beribadah kepada Allah, walaupun berada di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Daniel.

Isi Kitab: Kitab Daniel terbagi atas 12 pasal, yang isinya berhubungan sejarah kekuasaan bangsa-bangsa di dunia, dan juga tentang keadaan pada masa yang akan datang, ketika Tuhan Yesus datang kembali ke dunia untuk yang kedua kali.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang isi Kitab Daniel, lihatlah uraian berikut:

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Daniel

  1. Pasal 1-66 (Dan 1:1-6:28).

    Pemberitaan tentang peristiwa-peristiwa kehidupan Nabi Daniel

    1. Sejarah Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego sebelum k Babel sampai mereka menjadi pejabat pemerintah Babe (Pasal 1; Dan 1:1-21).
    2. Cerita tentang mimpi raja Nebukadnezar dan arti yan dijelaskan oleh Daniel (Pasal 2; Dan 2:1-49).
    3. Cerita tentang ketaatan Sadrakh, Mesakh, dan Abedneg dalam menyembah Allah walaupun dimasukkan ke dala perapian yang menyala-nyala (Pasal 3; Dan 3:1-30).
    4. Pemberitahuan arti dari mimpi raja Nebukadnezar, da penggenapannya (Pasal 4; Dan 4:1-37).
    5. Cerita tentang tulisan di dinding dan arti sert penggenapannya (Pasal 5; Dan 5:1-31).
    6. Cerita ketaatan Daniel dalam beribadah kepada Alla walaupun dimasukkan ke dalam gua singa (Pasal 6; Dan 6:1-28).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Dan 1:8-15, 18-20. Apakah keputusan Daniel dan akibatnya?
    2. Bacalah pasal Dan 2:26-30, 47-49. Mengapa Daniel dapat menjelaskan mimpi raja? Dan apakah akibatnya?
    3. Bacalah pasal Dan 3:12-30. Mengapakah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dihukum raja? Bagaimanakah sikap ketiga orang umat Allah itu? Dan apakah akibatnya?
    4. Bacalah pasal Dan 4:19-37. Apakah arti mimpi raja dan apakah akibatnya bagi raja?
    5. Bacalah pasal Dan 5:3-6, 17-30. Mengapakah ada tulisan di dinding? Dan apakah artinya serta akibatnya bagi raja?
    6. Bacalah pasal Dan 6:8-11,14-25. Apakah sebabnya Daniel dibuang ke gua singa? Dan apa saja yang terjadi? Apakah akibatnya atas orang-orang yan memfitnah/memusuhi umat Allah?
  2. Pasal 7-12 (Dan 7:1-12:13).

    Penglihatan Nabi Daniel tentang keadaan bangsa-bangsa di akhir zaman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Dan 12:1-13. Apakah janji bagi orang-orang yang percaya? (pasal Dan 12:13).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Ketaatan Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego di dalam menyembah Allah walaupun berada dalam ancaman, merupakan pengajaran terhadap setiap orang Kristen untuk mempunyai kesetiaan dalam imannya ketika berada dalam bahaya.

  2. Pertolongan Allah terhadap Daniel dan teman-temannya, membuktikan bahwa Allah tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya mengalami penderitaan seorang diri.

  3. Pada akhir zaman akan ada kesusahan-kesusahan besar, tetapi umat Allah akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah yang kekal.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Daniel?
  2. Mengapakah Sadrakh dan teman-temannya dimasukkan ke dala perapian yang bernyala-nyala? Siapakah yang menolong?
  3. Mengapakah Daniel dimasukkan ke dalam gua singa? Dan siapakah penolongnya?
  4. Dari manakah pengetahuan Daniel untuk mengartikan mimp Raja Nebukadnezar?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Daniel?

Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) Orang yang diberi karunia penglihatan SIAPAKAH DANIELDaniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Ye

Orang yang diberi karunia penglihatan

SIAPAKAH DANIEL
Daniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Yerusalem jatuh. Bersama-sama dengan orang Yahudi dari golongan atas lainnya, Daniel diangkut ke Babel, dididik, dan dipekerjakan pada pemerintah. Dia bekerja di bawah Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius dari tahun 605 SM sampai 536. Namanya berarti "Allah adalah hakimku", tetapi di Babel ia diberi nama baru. Seperti nama aslinya yang mengandung nama Allah Israel, yaitu El, maka nama barunya pun mengandung nama dewa Babel, Bel. Beltsazar mungkin berarti "Semoga dewa Bel melindungi raja". Perhatikan tiga hal mengenai Daniel, yaitu dia adalah seorang yang sangat bijaksana, sangat mudah bergaul dan rajin berdoa.

JAWABAN ATAS PERTANYAAN YANG MENGIBAKAN
Mazmur 137, sama seperti halnya nubuatan ini, ditulis di Babel: "Di tepi sungai-sungai Babel
di sanalah kita duduk sambil menangis,
apabila kita mengingat Sion."
Hidup dalam pengasingan sangat menghancurkan moral bangsa Yahudi. Mereka merasa bahwa Allah telah meninggalkan mereka. Oleh karena itu, mereka menggantungkan harpa mereka dan menolak untuk bernyanyi: "Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing?"
Itulah pertanyaan mereka yang mengibakan. Daniel menjawab pertanyaan mereka. Ia menunjukkan bahwa Allah tetap Allah, walaupun mereka berada di Babel.

DANIEL DAN ANTIOKUS EFIFANUS
Bagian kedua kitab Daniel berisi gambaran yang mengandung nubuatan yang dapat kita lihat sudah digenapi secara detail dalam pemerintahan Antiokus Efifanus, yang memerintah sebagian besar Asia Kecil, Siria dan Palestina dari tahun 175 sampai 164 SM. Banyak penulis tentang Daniel menolak adanya nubuatan di kitab kedua ini dan berpendapat bahwa kitab ini, sebenarnya, ditulis sekitar tahun 165 SM, bukan oleh Daniel tetapi oleh seorang penulis tak dikenal. Keberatan mereka yang utama rupanya menyangkut konsep nubuatan sebagai ramalan mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, khususnya nubuatan yang sangat rinci. Tetapi nubuatan-nubuatan ini mendapat perhatian sungguh-sungguh dari Tuhan Yesus (Matius 24:15) dan harus diakui bahwa paling tidak dua, mungkin tiga nubuatan digenapi: di zaman dan pada Akhir Zaman. Keempat binatang buas yang dilukiskan dalam Daniel 7 boleh jadi ditafsirkan dalam tiga cara, yaitu sebagai kerajaan-kerajaan besar dunia, masa lalui, sekarang dan masa yang akan datang.

Pesan

1. Minat fatalistis manusia terhadap agama Dan 3:1-30
o Obyek penyembahan manusia disediakan. Perhatikan konstruksinya -- lunak tetapi terbuat dari emas yang mewah dan ukurannya -- kaku tetapi kelihatannya hebat. Dan 3:1-3
o Perintah dikeluarkan. Suatu liturgi baru! "Katakan pada kami apa yang harus kami lakukan dan kami akan melakukannya!" Pendapat Nebukadnezar itu benar bahwa gabungan rasa kagum dan takut dapat meningkatkan penyembahan. Dan 3:4-6
o Ketaatan ditawarkan. Manusia seperti domba dan mereka akan mengikuti seorang "gembala". Ini merupakan peringatan bagi para pemimpin. Dan 3:7
o Tuduhan dilancarkan. Bersyukurlah kepada Allah bagi para "non-konformis", orang yang dapat membedakan yang benar dari yang jahat, walaupun yang salah itu bersumber pada raja. Dan 3:8-12
o Suatu pilihan ditawarkan. Bertobat atau mati! Sering kali pilihan yang ditawarkan begitu gamblang, tetapi kita sering menolak Kristus jika pilihan itu bukan kematian, melainkan semata-mata hanya menjadi bahan tertawaan atau dianggap aneh. Dan 3:13-15
o Jawaban diberikan. Dan jawaban itu luar biasa! Kami tidak mau! Kemenangan! Dan 3:16-18
o Hukuman dilaksanakan. Iman ketiga orang ini dicobai habis-habisan; kelihatannya tidak akan ada pembebasan. Dan 3:19-23
o Ada pelepasan. Ada orang keempat, suatu tubuh ilahi, yang berjalan bersama mereka bertiga di dalam api (suatu ilustrasi luar biasa dari Yesaya 43:2). Dan 3:24-27
o Suatu titah baru. Nebukadnezar sungguh bersedia untuk menambahkan Allah Israel ke dalam koleksi dewa-dewanya, bahkan mengakui kuasanya yang luar biasa untuk menyelamatkan. Tetapi Dia "Allah Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Dan 3:28-29
o Kedudukan baru. Dari penjara kepada kekuasaan, dari penghinaan kepada kehormatan. Yusuf juga mempunyai pengalaman yang serupa (Kejadian 41). Dan 3:30

2. Pengetahuan Allah yang sempurna mengenai hari depan Dan 9:20-27
o Pengantar Wahyu. Kembali kita mendapatkan Daniel yang sedang berdoa; tidak meminta sesuatu, tetapi mengakui segala kesalahannya; meluruskan hubungannya dengan Allah. Dan 9:20-23
o Suatu ringkasan yang tepat. Tujuh kali tujuh puluh, tidak semata-mata 490 tahun, tetapi angka yang mewakili seluruh periode dalam rencana Allah. Dan 9:24
o Petunjuk untuk penafsiran. Rencana inti terbagi dalam tiga bagian: 49 tahun, 434 tahun dan masa akhir selama 7 tahun. Ayat Dan 9:27 boleh jadi menunjuk baik kepada Antiokus (yang meninggalkan altar dengan memberlakukan tata ibadah kafir), maupun masa pemerintahan Titus, yaitu ketika pada tanggal 17 juli tahun 70, semua korban sembelihan di bait Allah dihentikan, dan sampai akhir dari Kitab Wahyu. Kitab Daniel harus ditafsirkan di bawah terang Wahyu. Dan 9:25-27

Penerapan

1. Orang Kristen sebagai orang buangan
Seperti dikatakan oleh Paulus, "kewargaan kita adalah di dalam sorga" (Fil 3:20), dan Petruss menasihati kita, "hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini" (1Pe 1:17).
Demikianlah yang terjadi dengan Daniel: seorang buangan, seorang pendatang, seorang asing. Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu tuntunan yang luar biasa mengenai bagaimana umat Allah harus bersikap dalam dunia yang jahat ini.
Pasal-pasal permulaan dari kitab ini mengajarkan kepada kita:
o Jangan terpengaruh oleh puji-pujian duniawi, atau oleh hadiah-hadiah (Dan 5:17).
o Jangan takut terhadap ancaman dunia; katakan apa yang harus dikatakan (Dan 3:16-18).
o Jangan terpengaruh dengan agama-agama dunia; bersamalah dengan Allah dan serahkanlah segala konsekuensinya kepada Dia (Dan 6:1-10).

2. Umat Allah sebagai kawan sekerja Allah
Dalam keseluruhan kitab Daniel kita merasakan adanya kehadiran Allah bersama umat-Nya, berbagi rencana dengan mereka dan berbagi pengalaman. Itu pula yang menjadi pelajaran yang harus diajarkan oleh Musa kepada orang buangan di Mesir. Mereka telah menderita dan telah pula berdoa, tetapi Allah tidak menyelamatkan mereka. Allah berkata kepada Musa: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan olah pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka..." (Keluaran 3:7,8). Daniel mengingatkan kita bahwa meskipun Allah mungkin kadang-kadang membiarkan kita menderita, Dia selalu dekat dengan kita dan selalu dapat membebaskan kita. Dan sebagai kawan sekerja-Nya, Dia kadang-kadang mengizinkan kita untuk sejenak melihat kemuliaan yang akan datang.

Tema-tema Kunci

Akhir zaman
o Kitab Daniel merupakan kitab nubuatan, tetapi dalam bentuk yang lain daripada yang lain, berisi gambar-gambar dan lambang. Kitab itu terutama berkenaan dengan akhir zaman. Dalam hal ini serupa dengan Wahyu, tetapi harus juga dibandingkan dengan Markus 13, Matius 24 dan Lukas 21.
o Dari kata-kata Tuhan Yesus sendiri (Markus 13:32-4) timbul suatu prinsip yang penting, yaitu kita tidak diperkenankan untuk mengetahui dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba. Informasi yang kita dapat dari kitab Daniel tidaklah cukup bagi kita untuk menentukan dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba.
o Namun demikian, kita bukan tidak diberi petunjuk. Ada orang yang menertawakan nubuatan dan menolak pendapat mengenai Wahyu, akhir zaman yang penuh bencana. Segala sesuatu berjalan seperti sedia kala (2Pe 3:1-13). Ada pula yang ingin tahu lebih banyak daripada yang diperbolehkan, dan mencoba untuk menentukan waktu yang tepat kapan akhir zaman itu akan terjadi.
o Banyak usaha penjelasan arti misteri "tujuh" telah diusulkan. Periode pertama dari tujuh kali tujuh masa bisa jadi menunjuk kepada periode pembuangan dari 587 SM ketika Yerusalem jatuh, sampai 538/7 SM ketika Xerxes memerintahkan pembangunan kembali Yerusalem. Ada kesepakatan meluas bahwa Yang Diurapi (arti dari istilah bahasa Ibrani: Mesias) pasti menunjuk kepada Kristus. Namun diusulkan pula bahwa antara 69 minggu dan minggu terakhir yaitu antara kedatangan Kristus pertama dan kedua, terjadi masa "diam" yang lama yang di dalamnya kabar baik diberitakan.
o Kejadian-kejadian yang terjadi dalam Dan 9:27 dan acuan kepada "pertengahan masa" sering dibandingkan dengan Wahyu 11:1-13, dan sudah jelas bahwa perkataan-perkataan Daniel tidak dapat ditafsirkan tanpa mengacu kepada ayat-ayat ini dan ayat-ayat lainnya dalam Wahyu. Pelajari dan bandingkan: Daniel 9:20-27; Matius 24:1-44; 2Pe 3; dan Wahyu 11. Perhatikan mengapa angka tujuh merupakan lambang penting dalam Alkitab. Telusuri berapa banyak angka tujuh yang ada dalam kitab Wahyu. Nubuatan-nubuatan itu akan lebih mudah dimengerti jika angka tujuh diartikan secara simbolis dan tidak secara harafiah, untuk melambangkan "kesempurnaan".
o Daftarkan apa saja yang kita ketahui mengenai akhir zaman. Apakah kita perlu mengetahui lebih banyak lagi? Dengan apa yang kita ketahui, harus menjadi manusia macam apakah kita ini (2Pe 3:11-15)?

Garis Besar Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) [1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21 Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21

Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel
Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris
Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[2] MIMPI NEBUKADNEZAR TENTANG SEBUAH PATUNG Dan 2:1-49

Dan 2:1-13Mimpi itu
Dan 2:14-23Daniel sebagai pendoa
Dan 2:24-25Penafsiran mimpi
Dan 2:46-49Daniel yang penuh kuasa

[3] PERAPIAN YANG BERNYALA-NYALA Dan 3:1-30

Dan 3:1-7Perintah raja
Dan 3:8-23Dituduh, dijatuhi hukuman
Dan 3:24-27Dilepaskan
Dan 3:28-30Diberi kedudukan

[4] MIMPI NEBUKADNEZAR MENGENAI POHON Dan 4:1-37

Dan 4:1-18Mimpi diceritakan
Dan 4:19-27Mimpi dijelaskan
Dan 4:28-37Mimpi menjadi kenyataan

[5] PESTA RAJA BELSYAZAR Dan 5:1-31

Dan 5:1-9Tulisan di atas tembok
Dan 5:10-12Daniel dipanggil
Dan 5:13-28Daniel menerangkan semuanya
Dan 5:29-31Anugerah dan kehancuran

[6] DANIEL DAN SINGA-SINGA Dan 6:1-28

Dan 6:1-4Pejabat dengan kuasa penuh
Dan 6:5-9Persekongkolan
Dan 6:10-18Kandang singa
Dan 6:19-23Allah kembali bertindak
Dan 6:24-28Titah kerajaan

[7] PENGLIHATAN MENGENAI EMPAT BINATANG BUAS Dan 7:1-28

[8] DOMBA JANTAN DAN KAMBING JANTAN Dan 8:1-17

[9] BERHENTI SEJENAK UNTUK BERDOA Dan 9:1-19

[10] TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA Dan 9:20-27

[11] PENGANTAR NUBUATAN Dan 10:1-21

Dan 10:1-3Keadaan
Dan 10:4-17Daniel jatuh pingsan
Dan 10:18-21Jamahan yang menguatkan

[12] PENGLIHATAN TENTANG RAJA-RAJA Dan 11:1-12:4

Dan 11:36-45 Raja perebut kuasa
Dan 11:1-35Kedua raja
Dan 12:1-4 Raja penyelamat

[13] PENGLIHATAN DI TEPI SUNGAI Dan 12:5-13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 1.12 detik
dipersembahkan oleh YLSA