Daftar Isi
GAMBAR: Daniel
GREEK: 1158 danihl Daniel
HEBREW: 1840 laynd Daniye'l in Ezekiel laynd Dani'el 1841 lyand Daniye'l (Aramaic)
BARCLAY: 1158
HAAG: Daniel
TOKOH: Daniel /Beltazar
BIOTOKOH PL: DANIEL
ENSIKLOPEDIA: DANIEL

Daniel

Dalam versi-versi Alkitab:

Dani'el: BABA
Daniel: BIS ENDE FAYH KL1863 KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
Danijejl: LDKDR
hakim Allah. Dan 1:6.

Gambar

Daniel: selebihnya..
Topik: Daniel and the Dragon; Daniel and the Priests of Bel; Daniel Saves Susanna; Daniel's Training in Babylon; Daniel, Israelite in Babylon, in Various Compositions; Other Portraits of Daniel, Israelite in Babylon

Yunani

Strongs #1158: danihl Daniel

Daniel = "judgment of God"

1) the name of a Jewish prophet, noted for his wisdom and prophecies

1158 Daniel dan-ee-ale'

of Hebrew origin (1840); Daniel, an Israelite:-Daniel.
see HEBREW for 01840

Ibrani

Strongs #01840: laynd Daniye'l in Ezekiel laynd Dani'el

Daniel = "God is my judge"

1) the 2nd son of David, by Abigail the Carmelitess
2) the 4th of the greater prophets, taken as hostage in the first
deportation to Babylon, because of the gift of God of the
interpretation of dreams, he became the 2nd in command of the Babylon
empire and lasted through the end of the Babylonian empire and into
the Persian empire. His prophecies are the key to the understanding
of end time events. Noted for his purity and holiness by contemporary
prophet, Ezekiel
2a) also, 'Belteshazzar' (01095
or 01096)
3) a priest of the line of Ithamar who sealed the covenant with Nehemiah

1840 Daniye'l daw-nee-yale'

in Ezekiel it is: Daniel {daw-nee-ale'}; from 1835 and 410;
judge of God; Daniel or Danijel, the name of two
Israelites:-Daniel.
see HEBREW for 01835
see HEBREW for 0410

Strongs #01841: lyand Daniye'l (Aramaic)

Daniel = "God is my judge"

1) the 4th of the greater prophets, taken as hostage in the first
deportation to Babylon, because of the gift of God of the
interpretation of dreams, he became the 2nd in command of the Babylon
empire and lasted through the end of the Babylonian empire and into
the Persian empire. His prophecies are the key to the understanding
of end time events. Noted for his purity and holiness by contemporary
prophet, Ezekiel
1a) also, 'Belteshazzar' (01095
or 01096)

1841 Daniye'l daw-nee-yale'

(Aramaic) corresponding to 1840; Danijel, the Heb.
prophet:-Daniel.
see HEBREW for 01840

[Barclay]

Strongs #1158:

[maskulin] Daniel

Daniel [haag]

Daniel. (Bhs. Ibr.: Allah adalah hakimku).

Nama yang banyak ditemukan dalam PL.

  1. (I) NAMA SEORANG PRIBADI.
    1. (1) Paling utama adalah ~D pahlawan kitab ~D (: lihat II).
    2. (2) ~D yang disebut dalam Yeh 14:14,20; 28:3 tidak bisa disamakan dengan (1). Di situ ~D ditaruhkan di samping Nuh dan Ayub. Jelas bahwa yang dimaksudkan adalah seorang pribadi dari zaman purba. Pribadi ini tetap hidup dalam peringatan rakyat, karena kebijaksanaan dan kesalehannya. Boleh jadi yang dimaksudkan oleh Yeh. adalah pribadi mitos Dan'nel, seperti yang disebutkan dalam naskah --> Ugarit. Ia adalah seorang raja bijaksana dan hakim yang adil. Ia melindungi para janda dan anak yatim-piatu.
  2. (II) BUKUNYA.
    1. (1) Tempatnya di dalam --> Kanon. Kanon kristen memasukkan Dan. (berjajar dengan Yes, Yer dan Yeh) sebagai nabi besar. Kanon Yahudi memasukkan kitab ini pada deretan ketiga di dalam kelompok "Kitab" (: Ketubim). Kesimpulannya adalah: bahwa kitab Dan. memperoleh pengesahannya pada saat Kanon para nabi sudah ditutup. Hal ini penting untuk menentukan tanggal penulisannya (bdk 4). Dalam kenyataannya kitab Dan. juga tidak dimasukkan kedalam jenis nubuat, melainkan ke dalam jenis --> perwahyuan. Kitab protokanonik Dan memuat tambahan-tambahan deuterokanonik, yang hanya diwariskan dalam bahasa Yunani 3:24-90 (: nyanyian para kaum muda di perapian); 13 (kisah Susana); 14 (kisah Baal dan naga dengan cerita kedua tentang kisah gua singa).
    2. (2) Isi. Kitab. Dan jelas terpisah menjadi dua bagian: yang satu merupakan bagian kisah (Dan 1:1-6:29). ~D diceritakan dalam pribadi ketiga. Bagian yang lain merupakan bagian wahyu (Dan 7-12). ~D bicara dalam pribadi pertama.
      1. (a) Bagian Kisah. (Dan 1:1-6:29). Bagian ini membicarakan seorang pemuda Yahudi bernama ~D. Ia dibuang ke Babilon oleh Nebukadnezar dan dididik di dalam istana raja (Dan 2:1-4:37). Cerita ~D di dalam istana juga kita temukan pada zaman raja Belsyazar (5), di bawah raja Dairus "orang Media"
    3. (6) dan raja Koresy dari Persia (6.29). Di situ ~D membuktikan kesetiaan hidupnya dalam memenuhi hukum. Ia juga dikaruniai kebijaksanaan luar biasa, yang membuatnya mampu menerangkan arti impian raja (seperti yang dulu pernah terjadi pada Yusuf) dan membaca tulisan yang rahasia sekali artinya serta mengartikan makna tulisan itu. Akibatnya ia memperoleh pengangkatan kedudukan yang tinggi.
      1. (b) Bagian kedua dari buku itu memuat 4 buah wahyu. Semuanya berkisar pada tema yang serupa: 4 buah kerajaan yang berakhir dengan penuh kesesakkan dahsyat. Hal itu mewartakan datangnya Kerajaan Allah pada akhir zaman. Mereka yang telah meninggal sebelum akhir zaman "akan bangkit kembali (:artinya: akan hidup kembali)". Yang satu akan bangkit untuk menikmati hidup abadi. Yang lain akan bangkit untuk dicerca dan merasakan kengerian kekal (Dan 12:2).
    4. (3) Bahasa. Kitab Dan memiliki keistimewaannya sendiri. Sebagian ditulis dalam bahasa Ibr. dan yang lain dalam bahasa Aram (Dan 1:1-2:4a = Ibr 2:4-7:28 = Aram; 8-12 = Ibr). Mengapa begitu? Sampai detik ini belum ditemukan keterangannya yang memuaskan. Mungkin keterangannya demikian: Pada zaman para Makabe boleh jadi ada seorang penulis wahyu yang tulisannya berbahasa Aram. Ia kumpulkan kisah-kisah ~D yang sudah beredar sejak lama. Kemudian ia tambahkan perwahyuan bab 7 pada kitab itu sebagai sebuah penjelasan tambahan. Wahyu yang ditambahkan itu tidak memuaskan hati seorang penyusun yang menulis dalam bahasa Ibr. di kemudian harinya. Penyusun terakhir ini menambahkan tiga buah wahyu tambahan (8-12). Seluruh wahyu tadi lalu diberinya sebuah pembukuan bahasa Ibr.
    5. (4) Maksud dan sejarah terjadinya Kitab Dan. Bagian kedua Kitab Dan mempunyai pengarahan yang jelas sekali untuk mengisahkan kejadian-kejadian pada zaman Makabe. Pengarahan tadi terutama ditujukan pada pengejaran atas pengikut agama Yahudi oleh Antiokhus IV Epifanes. Boleh dikatakan pasti, bahwa penyusun wahyu adalah orang yang sezaman dengan pengalaman-pengalamanitu. Ia tetap mampu merahasiakan diri. Segala peristiwa sejarah ditaruhkannya pada mulut ~D yang terkenal itu. Merahasiakan nama adalah suatu keistimewaan jenis sastra wahyu. Dalam kisah pada bagian pertama, kita diarahkan pada zaman Kasdim Persia. Di situ ditemukan sejumlah besar kesalahan sejarah Kasdim maupun sejarah Persia. Sedangkan bahasa Ibr. dari kitab itu harus di tempatkan pada zaman bahasa Ibr. yang tidak murni lagi. Tercampur pula kata-kata asing Persia maupun Yunani. Sehingga cerita-cerita itu pasti baru tersusun redaksinya pada zaman Yunani-helenis (sesuai adanya jenis cerita penghibur tentang para kudus). Cerita-cerita itu (: bagian pertama) dibuat pada zaman Yunani-helenis untuk menunjukkan bukti kesetiaan iman. Kemudian di dalam Perang Makabe disesuaikan kembali pada situasi perang. ~D akhirnya ditambah lagi dengan wahyu-wahyu yang timbul pada zaman Makabe.

Daniel /Beltazar [tokoh]

Daniel /Beltazar

  1. Pembuangan ke Babel; namanya diubah menjadi Beltsazar (Dan 1:6-7). Penolakkan makanan yang najis (Dan 1:8-21). Menafsirkan mimpi-mimpi Nebukadnezar (dalam Dan 2:1-49; 4:1-37), tulisan di dinding (dalam Dan 5:1-31). Dilemparkan ke dalam gua singa (dalam Dan 6:1-28). Penglihatan-penglihatan (dalam Dan 7:1-12:13).
  2. Anak Daud (1Taw 3:1).

DANIEL [biotokoh pl]

Arti nama:TUHAN ADALAH HAKIM.
Disebut pertamaYehezkiel 14:14
Namanya disebut87 kali.
Kitab yang menyebut4 buku : Yehezkiel, Daniel, Matius dan Markus.
PekerjaanPimpinan politik dan Nabi - Daniel 2:48, Daniel 5:10-12.
Tempat kelahiranYehuda - Daniel 1:1-6
Tempat kematianBabil.
Terakhir disebutMarkus 13:14
Fakta pentingIA MELAYANI SEBAGAI PERDANA MENTERI DI BABIL, DI BAWAH NEBUKADNESAR DAN DARIUS (DANIEL 2:48:6:1-3).

DANIEL [ensiklopedia]

(Ibrani daniyye' 1, dani'el, 'Hakimku ialah Allah').

1. Anak Daud yg kedua (1 Taw 3:1) dari Abigail, yg disebut juga 'Khileab'. Walaupun dia lebih tua dari Absalom dan Adonia, tak ada lagi yg diceritakan tentangnya, dan hal ini mengisyaratkan bahwa ia meninggal pada usia muda.

2. Seorang turunan Itamar, yg menyertai Ezra (8:2) dan penanda tangan (atau yg membubuhi meterai pada) perjanjian (Neh 10:1,6).

3. Seorang yg hikmatnya dan kebenarannya luar biasa, yg namanya digabungkan dengan Nuh dan Ayub (Yeh 14:14, 20), dan yg disebut lagi dalam 28:3. Barangkali sama dengan Dan'el dalam naskah Ugarit, atau, jika tidak, dengan no 4 di bawah.

4. Yg keempat dari yg disebut nabi-nabi 'besar', yg tentang hidupnya yg mula-mula tidak kita ketahui apa-apa, kecuali yg diceritakan dalam kitab yg memakai namanya. Seorang Israel dari keturunan raja dan bangsawan (bnd Jos., Ant. 10. 188), dia dibawa tertawan ke Babel oleh Nebukadnezar pada thn ke-3 pemerintahan Yoyakin. Beserta beberapa temannya dilatih khusus untuk melayani raja (Dan 1:1-6). Menurut kebiasaan pada zaman itu ia diberikan (ay 7) nama Beltsazar, suatu nama Babel. Ia menjadi ternama, pertama-tama sebagai penafsir dari penglihatan-penglihatan orang lain (ps 2-5), kemudian penafsir dari penglihatannya sendiri, yg menubuatkan kemenangan mendatang dari kerajaan Mesias (ps 7-12).

Termasyhur karena kecerdasannya, ia dengan berhasil menduduki jabatan-jabatan utama pemerintahan pada zaman Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius. Penglihatannya yg terakhir terjadi di tepi S Tigris pada thn ke-3 pemerintahan raja Koresy. *DANIEL, KITAB. ADD/JCW/MHS

[+] Bhs. Inggris



TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA