kecilkan semua  

Teks -- Bilangan 23:1-30 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
23:1 Lalu berkatalah Bileam kepada Balak: "Dirikanlah bagiku di sini tujuh mezbah dan siapkanlah bagiku di sini tujuh ekor lembu jantan dan tujuh ekor domba jantan." 23:2 Balak melakukan seperti yang dikatakan Bileam, maka Balak dan Bileam mempersembahkan seekor lembu jantan dan seekor domba jantan di atas setiap mezbah itu. 23:3 Sesudah itu berkatalah Bileam kepada Balak: "Berdirilah di samping korban bakaranmu, tetapi aku ini hendak pergi; mungkin TUHAN akan datang menemui aku, dan perkataan apapun yang dinyatakan-Nya kepadaku, akan kuberitahukan kepadamu." Lalu pergilah ia ke atas sebuah bukit yang gundul.
Bileam memberkati Israel
23:4 Maka Allah menemui Bileam, lalu Bileam berkata kepada-Nya: "Ketujuh mezbah itu telah kuatur, dan kupersembahkan seekor lembu jantan dan seekor domba jantan di atas setiap mezbah." 23:5 Kemudian TUHAN menaruh perkataan ke dalam mulut Bileam dan berfirman: "Kembalilah kepada Balak dan katakanlah demikian." 23:6 Ketika ia kembali, maka Balak masih berdiri di situ di samping korban bakarannya, bersama dengan semua pemuka Moab. 23:7 Lalu Bileam mengucapkan sanjaknya, katanya: "Dari Aram aku disuruh datang oleh Balak, raja Moab, dari gunung-gunung sebelah timur: Datanglah, katanya, kutuklah bagiku Yakub, dan datanglah, kutuklah Israel. 23:8 Bagaimanakah aku menyerapah yang tidak diserapah Allah? Bagaimanakah aku mengutuk yang tidak dikutuk TUHAN? 23:9 Sebab dari puncak gunung-gunung batu aku melihat mereka, dari bukit-bukit aku memandang mereka. Lihat, suatu bangsa yang diam tersendiri dan tidak mau dihitung di antara bangsa-bangsa kafir. 23:10 Siapakah yang menghitung debu Yakub dan siapakah yang membilang bondongan-bondongan Israel? Sekiranya aku mati seperti matinya orang-orang jujur dan sekiranya ajalku seperti ajal mereka!" 23:11 Lalu berkatalah Balak kepada Bileam: "Apakah yang kaulakukan kepadaku ini? Untuk menyerapah musuhkulah aku menjemput engkau, tetapi sebaliknya engkau memberkati mereka." 23:12 Tetapi ia menjawab: "Bukankah aku harus berawas-awas, supaya mengatakan apa yang ditaruh TUHAN ke dalam mulutku?" 23:13 Lalu Balak berkata kepadanya: "Baiklah pergi bersama-sama dengan aku ke tempat lain, dan dari sana engkau dapat melihat bangsa itu; engkau akan melihat hanya bagiannya yang paling ujung, tetapi seluruhnya tidak akan kaulihat; serapahlah mereka dari situ bagiku." 23:14 Lalu dibawanyalah dia ke Padang Pengintai, ke puncak gunung Pisga; ia mendirikan tujuh mezbah dan mempersembahkan seekor lembu jantan dan seekor domba jantan di atas setiap mezbah itu. 23:15 Kemudian berkatalah ia kepada Balak: "Berdirilah di sini di samping korban bakaranmu, sedang aku hendak bertemu dengan TUHAN di situ." 23:16 Lalu TUHAN menemui Bileam dan menaruh perkataan ke dalam mulutnya, dan berfirman: "Kembalilah kepada Balak dan katakanlah demikian." 23:17 Ketika ia sampai kepadanya, Balak masih berdiri di samping korban bakarannya bersama-sama dengan pemuka-pemuka Moab. Berkatalah Balak kepadanya: "Apakah yang difirmankan TUHAN?" 23:18 Lalu diucapkannyalah sanjaknya, katanya: "Bangunlah, hai Balak, dan dengarlah; pasanglah telingamu mendengarkan aku, ya anak Zipor. 23:19 Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya? 23:20 Ketahuilah, aku mendapat perintah untuk memberkati, dan apabila Dia memberkati, maka aku tidak dapat membalikkannya. 23:21 Tidak ada ditengok kepincangan di antara keturunan Yakub, dan tidak ada dilihat kesukaran di antara orang Israel. TUHAN, Allah mereka, menyertai mereka, dan sorak-sorak karena Raja ada di antara mereka. 23:22 Allah, yang membawa mereka keluar dari Mesir, adalah bagi mereka seperti tanduk kekuatan lembu hutan, 23:23 sebab tidak ada mantera yang mempan terhadap Yakub, ataupun tenungan yang mempan terhadap Israel. Pada waktunya akan dikatakan kepada Yakub, begitu juga kepada Israel, keajaiban yang diperbuat Allah: 23:24 Lihat, suatu bangsa, yang bangkit seperti singa betina, dan yang berdiri tegak seperti singa jantan, yang tidak membaringkan dirinya, sebelum ia memakan mangsanya dan meminum darah dari yang mati dibunuhnya." 23:25 Lalu berkatalah Balak kepada Bileam: "Jika sekali-kali tidak mau engkau menyerapah mereka, janganlah sekali-kali memberkatinya." 23:26 Tetapi Bileam menjawab Balak: "Bukankah telah kukatakan kepadamu: Segala yang akan difirmankan TUHAN, itulah yang akan kulakukan." 23:27 Kemudian berkatalah Balak kepada Bileam: "Marilah aku akan membawa engkau ke tempat lain; mungkin benar di mata Allah bahwa engkau menyerapah mereka bagiku dari tempat itu." 23:28 Lalu Balak membawa Bileam ke puncak gunung Peor, yang menghadap Padang Belantara. 23:29 Berkatalah Bileam kepada Balak: "Dirikanlah bagiku di sini tujuh mezbah dan siapkanlah di sini bagiku tujuh ekor lembu jantan dan tujuh ekor domba jantan." 23:30 Lalu Balak melakukan seperti yang dikatakan Bileam, maka ia mempersembahkan seekor lembu jantan dan seekor domba jantan di atas setiap mezbah itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Baal-Peor a mountain in Moab NW of Mt. Nebo,a place near Mount Peor where God punished Israel for idolatry
 · Baal-peor a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · Balak a son of Zippor,son of Zippor, King of Moab, who hired Balaam against Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Bileam a town of eastern Manasseh assigned to the Levites
 · gunung Peor a mountain in Moab NW of Mt. Nebo,a place near Mount Peor where God punished Israel for idolatry
 · gunung Pisga a mountain of Reuben about 13 km east of the mouth of the Jordan
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Mesopotamia the country between the Tigris and Euphrates rivers,the region between (and around) the Tigris and Euphrates Rivers
 · Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang dari Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · Padang Pengintai a field near the top of Mt. Pisgah (ZD)
 · Peor a mountain in Moab NW of Mt. Nebo,a place near Mount Peor where God punished Israel for idolatry
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · perempuan Moab a female descendant of Moab
 · perempuan-perempuan Moab resident(s) of the country of Moab
 · puncak Pisga a mountain of Reuben about 13 km east of the mouth of the Jordan
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel


Topik/Tema Kamus: Bileam | Balak | Jalan, Perjalanan Israel Melalui | Bilangan, Kitab | Orang Moab | Mezbah | Ramal, Ramalan | Darah | Mati, Kematian Orang-Orang Kudus | Bukit Pengorbanan | Orang Yahudi | Teguh, Keteguhan | Benar, Kebenaran Rohani | Banteng | Pisga | Peor | Singa | Batu | Binatang | Badar | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Bil 23:19 - ALLAH BUKANLAH MANUSIA, SEHINGGA IA BERDUSTA ... IA MENYESAL. Nas : Bil 23:19 Allah bukannya tidak dapat diandalkan, mudah goyah dan berubah pikiran, tetapi oleh tabiat-Nya Dia itu setia kepada janji dan komit...

Nas : Bil 23:19

Allah bukannya tidak dapat diandalkan, mudah goyah dan berubah pikiran, tetapi oleh tabiat-Nya Dia itu setia kepada janji dan komitmen-Nya. Namun sifat Allah ini tidak menutup kemungkinan bahwa Ia mengubah pikiran atau rencana-Nya sesuai dengan situasi tertentu. Misalnya, kadang-kadang Allah mengubah rencana-Nya mengenai hukuman sebagai tanggapan atas doa syafaat umat-Nya yang setia

(lihat cat. --> Kel 32:11;

lihat cat. --> Kel 32:14)

[atau ref. Kel 32:11,14]

atau sebagai tanggapan atas pertobatan orang fasik (Yun 3:1-10; 4:2).

Jerusalem: Bil 20:1--25:18 - -- Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan El...

Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan Elohista. Kedua kumpulan itu mengangkat bahannya dari berbagai tradisi lain yang nadanya agak berbeda satu sama lain. Tradisi-tradisi itu disusun baik secara berurutan maupun dicampuradukkan. Tradisi-tradisi tua ini sukar dipisahkan secara terperinci. Pikiran pokok yang menjiwai keseluruhan ialah: Jemaat yang kudus terus maju dalam perjalanannya, kendati halangan dan rintangan yang dihadapinya.

Jerusalem: Bil 22:2--24:25 - -- Dalam ceritera-ceritera yang merangkakan nubuat-nubuat Bileam tergabunglah tradisi Yahwista dan tradisi Elohista. Tradisi Elohistalah yang memegang pe...

Dalam ceritera-ceritera yang merangkakan nubuat-nubuat Bileam tergabunglah tradisi Yahwista dan tradisi Elohista. Tradisi Elohistalah yang memegang peranan utama. Ceritera panjang mengenai Bileam memperkenalkan seorang nabi yang lain dari pada yang lazim. dia adalah seorang tukang tenung yang berasal dari daerah di tepi sungai Efrat. Ia mengaku TUHAN sebagai Allahnya, Bil 22:18, dll, dan memberkati Israel, Bil 23:11-12,25-26; 24:10; bdk Mik 6:5. Sebaliknya ada beberapa tradisi yang lebih muda usianya memandang Bileam sebagai musuh Israel. Ia memberkati Israel, tetapi tidak dengan rela hati melainkan terpaksa saja oleh Allah yang mahakuasa, Ula 23:5-6; Yos 24:9-10; bdk Neh 13:2. Bileamlah yang membujuk orang Israel untuk menyembah Baal-Peor, Bil 31:8,16. Tradisi yang lebih muda itu diikuti juga dalam Perjanjian Baru, Yud 11; 2Pe 2:15 dst; Wah 2:14.

Jerusalem: Bil 23:7 - sanjaknya Sajak-sajak berikutnya aselinya termasuk sebuah kumpulan nyanyian melawan bangsa Moab. Kedua sajak pertama berasal dari tradisi Elohista.

Sajak-sajak berikutnya aselinya termasuk sebuah kumpulan nyanyian melawan bangsa Moab. Kedua sajak pertama berasal dari tradisi Elohista.

Jerusalem: Bil 23:9 - tidak mau dihitung Disinggunglah kepilihan Israel yang diuraikan dalam Ula 7:6+. Ini terbukti oleh keturunan yang teramat banyak.

Disinggunglah kepilihan Israel yang diuraikan dalam Ula 7:6+. Ini terbukti oleh keturunan yang teramat banyak.

Jerusalem: Bil 23:15 - hendak bertemu dengan TUHAN di situ Harafiah: hendak ditemui di situ.

Harafiah: hendak ditemui di situ.

Jerusalem: Bil 23:22 - Allah Naskah Ibrani memakai kata El dan bukan Elohim. Kata El memang berarti Allah, tetapi juga merupakan nama diri dewa utama yang dipuji di negeri Kanaan....

Naskah Ibrani memakai kata El dan bukan Elohim. Kata El memang berarti Allah, tetapi juga merupakan nama diri dewa utama yang dipuji di negeri Kanaan. El itu sudah disamakan dengan Allah bapa leluhur Israel dan disamakan juga dengan TUHAN (YHWH). Begitu juga halnya dalam Bil 24:4,8 dan Bil 16

Jerusalem: Bil 23:22 - adalah bagi mereka .... Naskah Ibrani kurang jelas. Dapat juga diartikan sbb: Ia (Yakub) mempunyai tanduk (kekuatan) seperti lembu hutan, atau. Ia (Allah) mempunyai tanduk (k...

Naskah Ibrani kurang jelas. Dapat juga diartikan sbb: Ia (Yakub) mempunyai tanduk (kekuatan) seperti lembu hutan, atau. Ia (Allah) mempunyai tanduk (kekuatan) seperti lembu hutan.

Jerusalem: Bil 23:23 - -- Terjemahan lain: Sebab di Yakub tidak ada mantera, dan di Israel tidak ada tenungan ...

Terjemahan lain: Sebab di Yakub tidak ada mantera, dan di Israel tidak ada tenungan ...

Ende: Bil 22:2--24:5 - -- Kisah jang pandjang ini sebenarnja terdiri atas dua tradisi jang bertjampur, jakni tradisi J dan tradisi E. Kadang-kadang kedua tradisi itu masih dapa...

Kisah jang pandjang ini sebenarnja terdiri atas dua tradisi jang bertjampur, jakni tradisi J dan tradisi E. Kadang-kadang kedua tradisi itu masih dapat dipisahkan, tetapi kadang-kadang sama sekali lebur mendjadi satu. Tjampuran tsb. mengakibatkan tjerita tidak selalu melantjar. Tjerita ini bersifat hikajat rakjat, berisi kebenaran dan dongengan bertjampur-baur sedemikian rupa, sehingga sukar dapat dikatakan dimana sedjarah berbitjara, dimana chajal angkat bitjara.

Ende: Bil 23:1 - -- Angka tudjuh adalah angka sutji, sehingga kurban jang berdjumlah tudjuh, luar biasa kuatnja (bdk. Ima 4:6; Kej 21:28; 37:23; Kej 4:15,24; Ima 26:18-28...

Angka tudjuh adalah angka sutji, sehingga kurban jang berdjumlah tudjuh, luar biasa kuatnja (bdk. Ima 4:6; Kej 21:28; 37:23; Kej 4:15,24; Ima 26:18-28).

Ende: Bil 23:4--24:25 - -- Ramalan-ramalan jang terkumpulkan disini (berupa berkah atas Israil) mungkin sekali baru kemudian dikarang dan oleh pengarang ditaruh dalam mulut tuka...

Ramalan-ramalan jang terkumpulkan disini (berupa berkah atas Israil) mungkin sekali baru kemudian dikarang dan oleh pengarang ditaruh dalam mulut tukang tenung kafir, jang dalam tradisi kiranja diketahui sebagai orang jang pernah mengutjapkan berkah kepada Israil. Dalam nubuat-nubuat ini dirumuskanlah harapan Israil dan kejakinannja, bahwa ia adalah umat Allah jang terpilih dan terberkati, baik dahulu maupun dimasa jang akan datang.

Ende: Bil 23:8 - -- Nampaklah kejakinan, bahwa Israil bangsa jang diberkati Allah setjara chusus (bdk. Kej 12:2-3).

Nampaklah kejakinan, bahwa Israil bangsa jang diberkati Allah setjara chusus (bdk. Kej 12:2-3).

Ende: Bil 23:9 - -- Israil adalah bangsa terpilih; bangsa kudus jang disendirikan bagi Jahwe.

Israil adalah bangsa terpilih; bangsa kudus jang disendirikan bagi Jahwe.

Ende: Bil 23:10 - -- Israil merupakan bangsa besar (dan kuat), oleh karena berkah ilahi jang istimewa. "dan semoga adjalku ..." Maksudnja: meninggal dunia dalam usia jang ...

Israil merupakan bangsa besar (dan kuat), oleh karena berkah ilahi jang istimewa. "dan semoga adjalku ..." Maksudnja: meninggal dunia dalam usia jang landjut, bukti berkat ilahi. boleh diterdjemahkan djuga: semoga turunanku seperti turunan mereka. Tetapi terdjemahan ini kiranja kurang tjotjok disini.

Ende: Bil 23:19 - -- Dengan perkataan ini Bile'am menolak harapan Balak. Berkat pertama itu tentu tidak akan dirobah Jahwe.

Dengan perkataan ini Bile'am menolak harapan Balak. Berkat pertama itu tentu tidak akan dirobah Jahwe.

Ende: Bil 23:21 - -- Radja, ialah Jahwe.

Radja, ialah Jahwe.

Ende: Bil 23:22 - tanduk ialah lambang kekuatan. Allah merupakan kekuatan Israil.

ialah lambang kekuatan. Allah merupakan kekuatan Israil.

Ende: Bil 23:23 - -- Pada Jakub....pada Israil...". Oleh karena kepada Israil rentjana ilahi sudah diberitahukan, maka ia tidak membutuhkan tukang tenung. Boleh djuga dite...

Pada Jakub....pada Israil...". Oleh karena kepada Israil rentjana ilahi sudah diberitahukan, maka ia tidak membutuhkan tukang tenung. Boleh djuga diterdjemahkan: Lawan Jakub...., lawan Israil....Kalau demikian, maka artinja lain sama sekali.

Ende: Bil 23:24 - -- Singa adalah bahasa kiasan jang artinja: kuat.

Singa adalah bahasa kiasan jang artinja: kuat.

Endetn: Bil 23:10 - menghitung diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "djumlahnja".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "djumlahnja".

Endetn: Bil 23:20 - aku disuruhkan diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "aku menjuruh".

diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "aku menjuruh".

Endetn: Bil 23:23 - dikerdjakan diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "telah dikerdjakan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "telah dikerdjakan".

Ref. Silang FULL: Bil 23:1 - domba jantan · domba jantan: Bil 22:40; Bil 22:40

· domba jantan: Bil 22:40; [Lihat FULL. Bil 22:40]

Ref. Silang FULL: Bil 23:2 - setiap mezbah · setiap mezbah: Bil 23:14,30

· setiap mezbah: Bil 23:14,30

Ref. Silang FULL: Bil 23:3 - menemui aku · menemui aku: Bil 23:15

· menemui aku: Bil 23:15

Ref. Silang FULL: Bil 23:4 - menemui Bileam · menemui Bileam: Bil 23:16

· menemui Bileam: Bil 23:16

Ref. Silang FULL: Bil 23:5 - dalam mulut // dalam mulut // dan katakanlah · dalam mulut: Kel 4:12; Kel 4:12; Yes 59:21 · dalam mulut: Kel 4:15; Kel 4:15 · dan katakanlah: Bil 22:20; Bil 22:20

· dalam mulut: Kel 4:12; [Lihat FULL. Kel 4:12]; Yes 59:21

· dalam mulut: Kel 4:15; [Lihat FULL. Kel 4:15]

· dan katakanlah: Bil 22:20; [Lihat FULL. Bil 22:20]

Ref. Silang FULL: Bil 23:6 - pemuka Moab · pemuka Moab: Bil 23:17

· pemuka Moab: Bil 23:17

Ref. Silang FULL: Bil 23:7 - Lalu Bileam // mengucapkan sanjaknya // Dari Aram // dari gunung-gunung // kutuklah Israel · Lalu Bileam: Bil 22:5; Yos 24:9 · mengucapkan sanjaknya: Bil 23:18; Bil 24:3,21; 2Sam 23:1 · Dari Aram: 2Raj 5:1 · dari ...

· Lalu Bileam: Bil 22:5; Yos 24:9

· mengucapkan sanjaknya: Bil 23:18; Bil 24:3,21; 2Sam 23:1

· Dari Aram: 2Raj 5:1

· dari gunung-gunung: Kej 24:10; [Lihat FULL. Kej 24:10]

· kutuklah Israel: Bil 22:6; [Lihat FULL. Bil 22:6]; Neh 13:2

Ref. Silang FULL: Bil 23:8 - tidak diserapah // tidak dikutuk · tidak diserapah: Bil 22:12 · tidak dikutuk: Bil 23:20; Yes 43:13

· tidak diserapah: Bil 22:12

· tidak dikutuk: Bil 23:20; Yes 43:13

Ref. Silang FULL: Bil 23:9 - memandang mereka // antara bangsa-bangsa · memandang mereka: Bil 22:41 · antara bangsa-bangsa: Kel 33:16; Kel 33:16; Ul 32:8; Ul 32:8

· memandang mereka: Bil 22:41

· antara bangsa-bangsa: Kel 33:16; [Lihat FULL. Kel 33:16]; Ul 32:8; [Lihat FULL. Ul 32:8]

Ref. Silang FULL: Bil 23:10 - debu Yakub // orang-orang jujur // ajal mereka · debu Yakub: Kej 13:16; Kej 13:16 · orang-orang jujur: Mazm 16:3; 116:15; Yes 57:1 · ajal mereka: Mazm 37:37

· debu Yakub: Kej 13:16; [Lihat FULL. Kej 13:16]

· orang-orang jujur: Mazm 16:3; 116:15; Yes 57:1

· ajal mereka: Mazm 37:37

Ref. Silang FULL: Bil 23:11 - menyerapah musuhkulah // memberkati mereka · menyerapah musuhkulah: Bil 22:6; Bil 22:6 · memberkati mereka: Bil 24:10; Yos 24:10; Neh 13:2

· menyerapah musuhkulah: Bil 22:6; [Lihat FULL. Bil 22:6]

· memberkati mereka: Bil 24:10; Yos 24:10; Neh 13:2

Ref. Silang FULL: Bil 23:12 - dalam mulutku · dalam mulutku: Bil 22:18,20; Bil 22:18; Bil 22:20

· dalam mulutku: Bil 22:18,20; [Lihat FULL. Bil 22:18]; [Lihat FULL. Bil 22:20]

Ref. Silang FULL: Bil 23:13 - tempat lain // tetapi seluruhnya // situ bagiku · tempat lain: Bil 23:27 · tetapi seluruhnya: Bil 22:41 · situ bagiku: Bil 22:6; Bil 22:6

· tempat lain: Bil 23:27

· tetapi seluruhnya: Bil 22:41

· situ bagiku: Bil 22:6; [Lihat FULL. Bil 22:6]

Ref. Silang FULL: Bil 23:14 - gunung Pisga // setiap mezbah · gunung Pisga: Bil 21:20; Bil 21:20; Bil 27:12 · setiap mezbah: Bil 23:2; Bil 23:2

· gunung Pisga: Bil 21:20; [Lihat FULL. Bil 21:20]; Bil 27:12

· setiap mezbah: Bil 23:2; [Lihat FULL. Bil 23:2]

Ref. Silang FULL: Bil 23:16 - dalam mulutnya · dalam mulutnya: Kel 4:15; Kel 4:15; Bil 22:38; Bil 22:38

· dalam mulutnya: Kel 4:15; [Lihat FULL. Kel 4:15]; Bil 22:38; [Lihat FULL. Bil 22:38]

Ref. Silang FULL: Bil 23:17 - pemuka-pemuka Moab · pemuka-pemuka Moab: Bil 23:6

· pemuka-pemuka Moab: Bil 23:6

Ref. Silang FULL: Bil 23:18 - diucapkannyalah sanjaknya // anak Zipor · diucapkannyalah sanjaknya: Bil 23:7; Bil 23:7 · anak Zipor: Bil 22:2

· diucapkannyalah sanjaknya: Bil 23:7; [Lihat FULL. Bil 23:7]

· anak Zipor: Bil 22:2

Ref. Silang FULL: Bil 23:19 - bukanlah manusia // Ia berdusta // Ia menyesal // atau berbicara · bukanlah manusia: Ayub 9:32; Yes 55:9; Hos 11:9 · Ia berdusta: Bil 11:23; Bil 11:23 · Ia menyesal: 1Sam 15:29; Ayub 12:13; 36:5...

Ref. Silang FULL: Bil 23:20 - untuk memberkati // Dia memberkati // dapat membalikkannya · untuk memberkati: Bil 23:5,16; Bil 24:1 · Dia memberkati: Kej 22:17; Bil 22:12 · dapat membalikkannya: Bil 23:8; Bil 23:8; Ayub...

· untuk memberkati: Bil 23:5,16; Bil 24:1

· Dia memberkati: Kej 22:17; Bil 22:12

· dapat membalikkannya: Bil 23:8; [Lihat FULL. Bil 23:8]; Ayub 9:12; [Lihat FULL. Ayub 9:12]

Ref. Silang FULL: Bil 23:21 - keturunan Yakub // orang Israel // menyertai mereka // karena Raja · keturunan Yakub: Mazm 32:2,5; 85:3; Rom 4:7-8 · orang Israel: Yes 33:24; 40:2; Yer 50:20 · menyertai mereka: Kej 26:3; Kej 26:3...

· keturunan Yakub: Mazm 32:2,5; 85:3; Rom 4:7-8

· orang Israel: Yes 33:24; 40:2; Yer 50:20

· menyertai mereka: Kej 26:3; [Lihat FULL. Kej 26:3]; Kel 29:45,46; Ul 4:7; Mazm 34:18-19; 145:18; Za 2:10

· karena Raja: Ul 32:15; 33:5; Mazm 89:16-19; Yes 44:2

Ref. Silang FULL: Bil 23:22 - dari Mesir // kekuatan lembu · dari Mesir: Bil 24:8; Yos 2:10; 9:9 · kekuatan lembu: Ul 33:17; Ayub 39:12; Mazm 22:22; 29:6; 92:11; Yes 34:7

Ref. Silang FULL: Bil 23:23 - ataupun tenungan · ataupun tenungan: Bil 23:3; Kej 30:27; Kej 30:27; Bil 24:1

· ataupun tenungan: Bil 23:3; Kej 30:27; [Lihat FULL. Kej 30:27]; Bil 24:1

Ref. Silang FULL: Bil 23:24 - singa betina // singa jantan // meminum darah · singa betina: Bil 24:9; Yeh 19:2; Nah 2:11 · singa jantan: Kej 49:9; Kej 49:9 · meminum darah: Yes 49:26

· singa betina: Bil 24:9; Yeh 19:2; Nah 2:11

· singa jantan: Kej 49:9; [Lihat FULL. Kej 49:9]

· meminum darah: Yes 49:26

Ref. Silang FULL: Bil 23:26 - akan difirmankan · akan difirmankan: Bil 22:18,20; Bil 22:18; Bil 22:20

· akan difirmankan: Bil 22:18,20; [Lihat FULL. Bil 22:18]; [Lihat FULL. Bil 22:20]

Ref. Silang FULL: Bil 23:27 - ke tempat // mereka bagiku · ke tempat: Bil 23:13 · mereka bagiku: Bil 24:10

· ke tempat: Bil 23:13

· mereka bagiku: Bil 24:10

Ref. Silang FULL: Bil 23:28 - gunung Peor · gunung Peor: Bil 25:3,18; 31:16; Ul 3:29; 4:3; Yos 22:17; Mazm 106:28; Hos 9:10

Ref. Silang FULL: Bil 23:30 - setiap mezbah · setiap mezbah: Bil 23:2; Bil 23:2

· setiap mezbah: Bil 23:2; [Lihat FULL. Bil 23:2]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Bil 23:1-12 - Bileam Dipaksa Memberkati Israel, dan Berkat pun Dinyatakan atas Israel Pada pasal ini kita mendapati Balak dan Bileam sibuk mengerjakan kejahatan bagi Israel, dan, sepanjang yang bisa disaksikan, baik Musa maupun tua-t...

Matthew Henry: Bil 23:13-30 - Bileam Sekali Lagi Memberkati Israel Bileam Sekali Lagi Memberkati Israel (23:13-30) Di sini kita mendapati, I. Persiapan yang dibuat untuk kedua kalinya, sama seperti sebelumny...

SH: Bil 22:41--23:12 - Sia-sia melawan umat Tuhan (Senin. 23 Juli 2007) Sia-sia melawan umat Tuhan Balak dan Bileam saling memperalat. Dengan uangnya, Balak akhirnya berhasil mendesak Bileam untuk menjadi alatnya men...

SH: Bil 22:36--23:3 - Siapa memakai siapa (Selasa, 9 November 1999) Siapa memakai siapa Tidak seharusnya Balak dan Bileam berkoalisi (melakukan kerjasama), mengingat konsep pemikiran mereka berbeda. Balak sa...

SH: Bil 22:36--23:30 - Baca Gali Alkitab 1 (Senin, 4 Mei 2015) Baca Gali Alkitab 1 Apa saja yang Anda baca? 1. Apa yang Balak harapkan akan dilakukan oleh Bileam (22:36-37; 23:11; 25)? 2. Apa jawab Bileam (22:3...

SH: Bil 22:36--23:30 - Berdaulat atas umat (Senin, 4 Mei 2015) Berdaulat atas umat Suap-menyuap rupanya bukan penyakit masa kini saja. Untuk menghadapi Israel, Balak mengupayakan strategi yang berbeda. Ia menyuap...

SH: Bil 22:36--23:3 - Bersikeras dalam Kebebalan (Jumat, 22 Mei 2020) Bersikeras dalam Kebebalan Setelah Adam jatuh dalam dosa, penghakiman yang Allah berikan adalah kematian secara rohani maupun fisik. Kematian secara ...

SH: Bil 23:4-30 - Providensia (pemeliharaan) Allah (Rabu, 10 November 1999) Providensia (pemeliharaan) Allah Kutuk jadi berkat. Semakin dikutuk, berkat semakin besar. Usaha Bileam mengutuk Israel berubah menjadi berkat A...

SH: Bil 23:4--24:9 - Manusia Berencana, Tuhan Menentukan (Sabtu, 23 Mei 2020) Manusia Berencana, Tuhan Menentukan Kita melihat betapa Balak terus berusaha walaupun Bileam sudah menyatakan ketidakmampuannya untuk mengutuk Israel...

SH: Bil 23:13-30 - Jangan mengatur Tuhan (Selasa, 24 Juli 2007) Jangan mengatur Tuhan Para ilah dalam kepercayaan kafir dianggap cepat berubah. Balak mengira jika ia mengajak Bileam ke tempat lain (13), mungk...

Topik Teologia: Bil 23:19 - -- Allah yang Berpribadi Allah (Ibr.: El) Kej 16:13 Kel 34:14 Bil 23:19 Ula 4:24 Ula 32:4 2Sa 22:33 Neh 9:31 Ayu 5:8 Ayu 8:3 A...

Topik Teologia: Bil 23:20 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah Tidak Pernah Berubah Kej 18:25 Bil 23:19-20 1Sa 15:29 2Sa 22:31 1Ra 8:56 Ayu 23:13-14 Ma...

Topik Teologia: Bil 23:23 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Melakukan Praktik Sihir (Okultis) Sihir Tidak Berdaya di ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Pengembaraan di Padang Gurun Tanggal Penulisan: + 1405 SM Latar Belakang Judul kitab ini muncul pertama ...

Full Life: Bilangan (Garis Besar) Garis Besar I. Allah Mempersiapkan "Angkatan Keluaran" untuk Memperoleh Tanah Perjanjian (Bil 1:1-10:10) A. Persiapan...

Matthew Henry: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Nama kelima kitab Musa, yang kita pergunakan di dalam Alkitab, semuanya dipinjam dari Septuaginta, yakni terjemahan Perjanjian Lama ke dalam bahasa...

Jerusalem: Bilangan (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Bilangan (Pendahuluan Kitab) KITAB TJATJAH DJIWA PENDAHULUAN Kitab jang berikut ini diberi berdjudul "Tjatjah Djiwa". Adapun sebabnja ialah tjatjah djiwa umat Israil jang menurut ...

BIS: Bilangan (Pendahuluan Kitab) BILANGAN PENGANTAR Buku Bilangan menceritakan tentang sejarah bangsa Israel selama hampir empat puluh tahun, sejak mereka meninggalkan Gunung Sinai

BILANGAN

PENGANTAR

Buku Bilangan menceritakan tentang sejarah bangsa Israel selama hampir empat puluh tahun, sejak mereka meninggalkan Gunung Sinai sampai tiba di perbatasan timur Kanaan, yaitu negeri yang dijanjikan Allah untuk diberikan kepada mereka. Nama Bilangan diambil dari peristiwa yang paling penting dalam buku ini, yaitu sensus bangsa Israel. Sensus pertama diadakan oleh Musa di Gunung Sinai sebelum bangsa itu berangkat, dan yang kedua ketika mereka berada di wilayah bangsa Moab, di sebelah timur Sungai Yordan, kira-kira satu angkatan kemudian. Dalam waktu antara sensus yang pertama dan sensus yang kedua, bangsa Israel pergi ke Kades-Barnea di perbatasan selatan Kanaan. Dari situ mereka mencoba memasuki negeri Kanaan, tetapi tidak berhasil. Sesudah bertahun-tahun lamanya tinggal di daerah sekitar Kades-Barnea itu, mereka pergi ke wilayah di sebelah timur Sungai Yordan. Sebagian dari bangsa itu menetap di sana, sedangkan yang lain bersiap-siap menyeberangi sungai itu untuk masuk ke negeri Kanaan.

Buku Bilangan adalah kisah tentang suatu bangsa yang seringkali berkecil hati dan takut menghadapi kesukaran-kesukaran. Mereka melanggar perintah Allah dan tak mau menurut kepada Musa yang ditunjuk TUHAN untuk memimpin mereka. Buku ini juga merupakan kisah tentang bagaimana TUHAN dengan setia dan tekun memelihara bangsa-Nya, walaupun mereka itu lemah dan tidak taat. Juga mengisahkan tentang Musa, yang kadang-kadang kurang sabar, tetapi tetap melayani TUHAN dan bangsa Israel dengan tabah.

Isi

  1.  Bangsa Israel bersiap-siap untuk meninggalkan Gunung Sinai
    Bil 1:1-9:23
    1. a. Sensus yang pertama
      Bil 1:1-4:49
    2. b. Berbagai hukum dan peraturan
      Bil 5:1-8:26
    3. c. Paskah yang kedua
      Bil 9:1-23
  2.  Dari Gunung Sinai ke wilayah bangsa Moab
    Bil 10:1-21:35
  3.  Kejadian-kejadian di Moab
    Bil 22:1-32:42
  4.  Ringkasan perjalanan dari Mesir ke Moab
    Bil 33:1-49
  5.  Perintah-perintah sebelum menyeberangi Sungai Yordan
    Bil 33:50-36:13

Ajaran: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Bilangan, anggota Jemaat dapat mengerti akan kebesaran Allah di dalam mengampuni dan mendisiplin umat-Nya yan

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Bilangan, anggota Jemaat dapat mengerti akan kebesaran Allah di dalam mengampuni dan mendisiplin umat-Nya yang jatuh ke dalam dosa.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Bilangan adalah kitab ke 4 dalam urutan kitab. Kitab ini terbagi atas 36 pasal. Isi kitab Bilangan menceritakan tentang perjalanan umat Allah dari gunung Sinai menuju ke Kadesy sampai ke Moab.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Bilangan

  1. Pasal 1-14 (Bil 1:1-14:45).

    Perjalanan umat Allah dari Sinai ke Kadesy Pada saat bangsa ini mulai bergerak dari Sinai menuju Kadesy, mereka mengalami kegoncangan iman. Mereka mulai bersungut-sungut sehingga Tuhan memberikan peringatan berupa api yang merajalela. Setelah itu terjadilah pemberontakan Miryam dan Harun kepada Musa. Tetapi kemudian Allah mengampuni pemberontak-pemberontak itu, setelah mereka bertobat.

    Kemudian Tuhan menyuruh Musa mengirim beberapa orang untuk melihat tanah Kanaan yang dijanjikan kepada bangsa Israel dan Musa mengirimkan 12 orang pengintai. Walaupun para pengintai melihat orang-orang raksasa, tetapi 2 orang pengintai, yaitu Kaleb dan Yosua dengan iman mereka percaya bahwa mereka dapat mengalahkannya. Akhir bagian ini, karena takut terhadap orang-orang raksasa itu, maka bangsa Israel mengambil keputusan untuk tidak mentaati perintah Tuhan agar mereka masuk ke daerah Kanaan. Kemudian Tuhan menghukum mereka dengan membiarkan bangsa ini mengembara di padang gurun selama empat puluh tahun.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 1:1; 10:11-13. Dari manakah bangsa Israel berangkat?
    2. Bacalah pasal Bil 11:1-2. Apakah yang dilakukan oleh umat Israel sehingga mendapa peringatan dari Allah? Apakah saudara sering melakukan hal yang sama?
    3. Bacalah pasal Bil 12:1-16. Mengapakah Musa dipakai Allah? Apakah sebabnya Miryam dan Harun dihukum Allah?
    4. Bacalah pasal Bil 13:1-3,27-33. Ada berapa macam laporan yang disampaikan? Pendapat yang manakah yang sesuai dengan kehendak Tuhan?
    5. Bacalah pasal Bil 14:1-11. Apakah sebabnya bangsa Israel memberontak pada Alla (ayat 11; Bil 14:11)?
    6. Bacalah pasal Bil 14:30-34. Apakah hukuman yang Allah jatuhkan, atas orang-oran yang kurang percaya ini?
  2. Pasal 15-20 (Bil 15:1-20:29).

    Pengembaraan di padang gurun Bangsa Israel tidak dapat segera masuk ke tanah Kanaan yang dijanjikan, karena ketidakpercayaan mereka kepada pimpinan Allah. Karena itu mereka mulai mengembara di padang gurun. Dalam saat-saat pengembaraan ini, Allah tetap mempersiapkan mereka melalui mengulangi segala perintah-Nya dengan tegas, yakni tentang tata kehidupan sebagai umat Allah, yang akan masuk ke tanah perjanjian di Kanaan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 15:1-2. Dapatkah saudara melihat dalam ayat tersebut bahw semua ajaran setelah ayat ini, dimaksudkan untu mempersiapkan umat Allah?
    2. Bacalah pasal Bil 20:1-13. Apakah yang menyebabkan Musa marah? Dan apakah akiba kemarahan tersebut atas diri Musa dan Harun?
  3. Pasal 21-36Bil 21:1-36:13.

    Perjalanan dari Kadesy ke Moab Bangsa Israel berhasil membuat perjalanan maju sampai Moab melalui peperangan. Tetapi seseorang bernama Bileam dipanggil oleh Balak, raja dari Moab, supaya mengutuki Israel, namun Tuhan menegur Bileam melalui Imedainya yang berbicara, sehingga Bileam akhirnya memberkati Israel. Akhirnya Yosua dipilih untuk menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel memasuki tanah perjanjian di Kanaan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Bil 22:1-6. Bagaimanakah perasaan pemimpin-pemimpin orang Moab, wakt melihat bangsa Israel? Mengapakah orang Moab memanggil Bileam?
    2. Bacalah pasal Bil 22:21-31. Apakah kejadian yang aneh di sini? Mengapa demikian?
    3. Bacalah pasal Bil 24:1-2,10. Bangsa manakah yang diberkati Allah melalui Bileam?
    4. Bacalah pasal Bil 28:12-20. Siapakah yang dipilih oleh Tuhan untuk menggantikan Musa? Mengapa orang itu yang dipilih?
    5. Bacalah pasal Bil 36:13. Dimanakah bangsa Israel sekarang berada?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Bilangan mengajarkan kemurahan Allah dalam mengampuni dan menyatakan keadilan Allah terhadap umat-Nya yang berbuat dosa.

  2. Pemberontakan dan ketidaktaatan kepada Allah hanya menghasilkan murka dan hukuman Allah.

  3. Hidup yang berkemenangan, hanya dapat diperoleh dengan iman yang penuh kepercayaan dan ketergantungan terhadap Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Bilangan?
  2. Apakah isi Kitab Bilangan?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar mempelajari Kitab Bilangan?

Intisari: Bilangan (Pendahuluan Kitab) Bangsa Israel di padang gurun MENGENAI APA?Nama kitab ini dalam Alkitab Ibrani berarti "di padang gurun" dan judul itu mencakup semua peristiwa yang

Bangsa Israel di padang gurun

MENGENAI APA?
Nama kitab ini dalam Alkitab Ibrani berarti "di padang gurun" dan judul itu mencakup semua peristiwa yang dilukiskan dalam kitab itu. Judul "Bilangan" dipakai oleh karena kitab itu mencatat "penjumlahan" bangsa itu pada tahun kedua (pasal Bil 1) setelah mereka meninggalkan Mesir dan tahun keempat puluh (pasal Bil 26). Sebagian isi kitab menceritakan pengalaman bangsa Israel selama empat puluh tahun sebelum mereka memasuki Tanah Perjanjian. Dalam banyak hal Bilangan menjadi bacaan yang menyedihkan, oleh karena banyak dari penderitaan bangsa Israel adalah akibat langsung dari ketidaksetiaan dan ketidaktaatan. Orang boleh mengatakan bahwa Bilangan merupakan catatan mengenai kegagalan manusia terhadap kesetiaan ilahi.

APA KESAN KESELURUHAN?
Salah satu cirinya ialah bahwa kitab ini tidak mencoba untuk menyajikan kepada kita suatu narasi penuh atau kisah bersambung yang ketat. Sebagai perbandingan, hanya sedikit yang diceritakan mengenai masa-masa yang dilewati di padang gurun, tetapi peristiwa-peristiwa tertentu ditonjolkan dan digambarkan secara panjang lebar. Kesan keseluruhan ialah bahwa Allah tetap berkuasa melawan pemberhalaan dan imoralitas bangsa Israel. Sebagian Kitab Bilangan bersifat sejarah dan sebagian lagi bersifat undang-undang.

SIAPAKAH TOKOH-TOKOH UTAMA YANG DISEBUT DALAM KITAB BILANGAN?
Sudah jelas bahwa Musa banyak sekali disebut dalam kitab ini -- perhatian Musa terhadap Hobab (Bil 10:29-32); doanya di Tabera (Bil 11:10-15); reaksinya terhadap kecaman (Bil 12); imannya yang kurang (Bil 13); keprihatinannya terhadap kehormatan Allah (Bil 14:13-19); ketidakikutsertaannya masuk ke dalam Tanah Perjanjian (Bil 20:2-13). Harun juga disebut, terutama dalam hubungannya dengan pemberontakan Korah (Bil 16). Miryam, saudara perempuan Musa, juga merupakan salah seorang tokoh dalam kitab ini. Pasal Bil 12 menceritakan bagaimana ia dihukum oleh karena iri hati. Nama-nama lain yang disebut termasuk Yosua dan Kaleb, dua orang mata-mata yang berani percaya kepada Allah dan hanya mereka berdua dari generasi itu yang diizinkan masuk ke Kanaan. Kisah mengenai Bileam dan Balak juga dicatat dalam kitab itu (pasal Bil 22-24).

APA KESUKARAN-KESUKARAN YANG DIHADAPI?
Para kritikus Alkitab mengajukan sejumlah pertanyaan tentang ketepatan sejarah dan statistik dari kitab ini. Sebagian besar, walaupun tidak semua, dari kitab ini dapat diterima jika kita menyadari bahwa para penulis bangsa Ibrani tidak selalu mengikuti urutan kronologis peristiwa-peristiwa secara ketat. Mereka lebih mementingkan arti dan pentingnya peristiwa.

Pesan

1. Pengaturan yang baik
Bil 1:1-10:10
Pasal-pasal pembukaan menggambarkan situasi bangsa Israel di padang gurun Sinai, termasuk keterangan mengenai sensus, pemilihan imam-imam Lewi dan pentahbisan mereka, peraturan untuk orang nazir dan tata cara penyembahan di Kemah Suci. Penekanan utama ialah pada kekudusan dan kesetiaan Allah.

2. Keluh-kesah dan pemberontakan
Bil 10:11-20:29
Di sini kita menelusuri perjalanan bangsa Israel setelah mereka meninggalkan Gunung Sinai dan mencapai Kades Barnea. Bagian dari kitab ini merupakan kisah sedih yang berisi keluhan yang terus menerus terhadap Allah dan mengenai hukuman yang kemudian dijatuhkan. Lagi-lagi ini merupakan peringatan bagi mereka yang kurang percaya.

3. Kegagalan dan kemenangan
Bil 21:1-36:13
Dalam bagian ketiga kitab itu kita membaca hal-hal yang menggembirakan. Catatan yang menonjol ialah mengenai kemenangan yang diperoleh, walaupun masih ada kegagalan yang perlu dicatat. Kita melihat bahwa Yosua diangkat sebagai pengganti Musa, dan persiapan-persiapan yang dibuat untuk memasuki Tanah Perjanjian. Sementara terus ditekankan mengenai kekudusan Allah, kita juga belajar dari Bilangan bahwa Allah adalah Allah yang tertib. Dengan cara yang sama Allah memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas mengenai bagaimana mereka harus menjalani kehidupan dan ibadah mereka. Di bawah perjanjian yang baru hal itu sama pentingnya, yaitu bahwa segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur (1Ko 14:40).

Penerapan

1. Kita diselamatkan untuk melayani
Dalam Keluaran kita membaca kisah pembebasan bangsa Israel dari perbudakan; dalam Bilangan penekanan terletak pada pelayanan. Hanya orang yang sudah diselamatkan yang dapat sungguh-sungguh menyembah dan melayani Allah yang hidup.

2. Allah adalah Allah yang tertib
Kitab ini berisi banyak hukum dan peraturan yang mengingatkan kita bahwa dalam melayani Allah "segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur" (1Ko 14:40).

3. Dosa-dosa yang sering dilakukan oleh umat Allah
o Dosa tidak percaya. Kegagalan bangsa Israel untuk masuk ke Tanah Perjanjian disebabkan oleh ketidakpercayaan.
o Dosa pemberontakan. Dalam Bilangan kita membaca beberapa kisah mengenai pemberontakan. Kita semua cenderung terlalu mudah untuk menyerah kepada semangat pemberontakan dan melawan para pemimpin yang dipilih Allah.
o Dosa kecemburuan. Harun dan Miryam, keduanya membuat Allah tidak senang. Hati-hati terhadap kecemburuan.

4. Allah menghargai kesetiaan
Kaleb dan Yosua bertahan sebagai pengikut Allah yang setia dan hanya mereka yang diperbolehkan memasuki Tanah Perjanjian. Secara tragis mudah bagi kita untuk merasa takut menghadapi kesukaran-kesukaran, tetapi iman mengalahkan hal yang tidak mungkin.

Tema-tema Kunci

1. Pemeliharaan Allah
Kita menemukan beberapa ilustrasi dalam Bilangan mengenai bagaimana Allah memenuhi kebutuhan umat-Nya. Contoh: Bil 20:1-11; 21:1-9; 27:1-11, (lihat Bil 36:1-12); Bil 27:12-23; 35:1-5; 35:6-28. Renungkanlah bagaimana cara Allah memenuhi kebutuhan umat-Nya dewasa ini.

2. Ketidaksenangan Allah
Salah satu aspek yang menyedihkan dalam Bilangan ialah kenyataan bahwa Allah sering kali murka kepada umat-Nya. Lihat Bil 11:1-3; 11:33; 12:1-16; 14:20-23; 14:36-38; 16:31-35; 25:1-3. Apa yang diperbuat oleh umat Allah pada masa kini yang membuat Allah sedih?

3. Keteraturan Allah
Allah adalah Allah yang teratur dan tertib. Lihat pasal Bil 1; 2; 3; 4; 26; 32 mengenai penjumlahan umat-Nya, pengaturan perkemahan suku-suku. Lihat juga Bil 7:1-19:14; pasal Bil 15; 18; 19; 28; 29 mengenai tata-cara ibadah.

4. Pimpinan Allah
Patut dicatat bahwa, kendatipun terjadi pembangkangan yang terus menerus, Allah masih memimpin umat-Nya dalam pengembaraan mereka dengan tiang awan dan api (Bil 9:15-23). Sampai saat ini Allah masih memimpin umat-Nya: bagaimana cara Allah melakukannya?

Garis Besar Intisari: Bilangan (Pendahuluan Kitab) [1] ORGANISASI BANGSA ISRAEL Bil 1:1-10:36 Bil 1:1-54Sensus yang diperintahkan oleh Allah Bil 2:1-4:49Pengaturan perkemahan Bil 5:1-6:27Penyucian

[1] ORGANISASI BANGSA ISRAEL Bil 1:1-10:36

Bil 1:1-54Sensus yang diperintahkan oleh Allah
Bil 2:1-4:49Pengaturan perkemahan
Bil 5:1-6:27Penyucian perkemahan
Bil 7:1-9:14Penyembahan dalam Kemah Suci
Bil 9:15-10:36Pimpinan Allah di perkemahan

[2] PENGALAMAN DALAM PERJALANAN Bil 11:1-25:18

Bil 11:1-35Kerusuhan dalam perkemahan
Bil 12:1-16Keluhan terhadap Musa
Bil 13:1-33Penyelidikan ke Kanaan
Bil 14:1-45Pemberontakan di perkemahan
Bil 15:1-41Peraturan-peraturan tambahan
Bil 16:1-17:13Pemberontakan terhadap kepemimpinan Musa
Bil 18:1-19:22Hukum dan peraturan-peraturan
Bil 20:1-21:35Peristiwa-peristiwa di perjalanan
Bil 22:1-24:25Kisah Bileam
Bil 25:1-18Dosa dan hukuman

[3] PENANTIAN MASUK KE TANAH PERJANJIAN Bil 26:1-33:49

Bil 26:1-65Sensus kedua
Bil 27:1-11Anak-anak perempuan Zelafehad
Bil 27:12-23Yosua menggantikan Musa
Bil 28:1-30:16Hukum dan peraturan-peraturan
Bil 31:1-54Penghakiman atas Midian
Bil 32:1-42Penempatan suku-suku Ruben dan Gad
Bil 33:1-49Tinjauan kisah perjalanan

[4] PERSIAPAN UNTUK MEMASUKI KANAAN Bil 33:50-36:13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.64 detik
dipersembahkan oleh YLSA