kecilkan semua  

Teks -- Ayub 37:1-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kemuliaan Allah di alam semesta
37:1 "Sungguh, oleh karena itu hatiku berdebar-debar dan melonjak dari tempatnya. 37:2 Dengar, dengarlah gegap gempita suara-Nya, guruh yang keluar dari dalam mulut-Nya. 37:3 Ia melepaskannya ke seluruh kolong langit, dan juga kilat petir-Nya ke ujung-ujung bumi. 37:4 Kemudian suara-Nya menderu, Ia mengguntur dengan suara-Nya yang megah; Ia tidak menahan kilat petir, bila suara-Nya kedengaran. 37:5 Allah mengguntur dengan suara-Nya yang mengagumkan; Ia melakukan perbuatan-perbuatan besar yang tidak tercapai oleh pengetahuan kita; 37:6 karena kepada salju Ia berfirman: Jatuhlah ke bumi, dan kepada hujan lebat dan hujan deras: Jadilah deras! 37:7 Tangan setiap manusia diikat-Nya dengan dibubuhi meterai, agar semua orang mengetahui perbuatan-Nya. 37:8 Maka binatang liar masuk ke dalam tempat persembunyiannya dan tinggal dalam sarangnya. 37:9 Taufan keluar dari dalam perbendaharaan, dan hawa dingin dari sebelah utara. 37:10 Oleh nafas Allah terjadilah es, dan permukaan air yang luas membeku. 37:11 Awanpun dimuati-Nya dengan air, dan awan memencarkan kilat-Nya, 37:12 lalu kilat-Nya menyambar-nyambar ke seluruh penjuru menurut pimpinan-Nya untuk melakukan di permukaan bumi segala yang diperintahkan-Nya. 37:13 Ia membuatnya mencapai tujuannya, baik untuk menjadi pentung bagi isi bumi-Nya maupun untuk menyatakan kasih setia. 37:14 Berilah telinga kepada semuanya itu, hai Ayub, diamlah, dan perhatikanlah keajaiban-keajaiban Allah. 37:15 Tahukah engkau, bagaimana Allah memberi tugas kepadanya, dan menyinarkan cahaya dari awan-Nya? 37:16 Tahukah engkau tentang melayangnya awan-awan, tentang keajaiban-keajaiban dari Yang Mahatahu, 37:17 hai engkau, yang pakaiannya menjadi panas, jika bumi terdiam karena panasnya angin selatan? 37:18 Dapatkah engkau seperti Dia menyusun awan menjadi cakrawala, keras seperti cermin tuangan? 37:19 Beritahukanlah kepada kami apa yang harus kami katakan kepada-Nya: tak ada yang dapat kami paparkan oleh karena kegelapan. 37:20 Apakah akan diberitahukan kepada-Nya, bahwa aku akan bicara? Pernahkah orang berkata, bahwa ia ingin dibinasakan? 37:21 Seketika terang tidak terlihat, karena digelapkan mendung; lalu angin berembus, maka bersihlah cuaca. 37:22 Dari sebelah utara muncul sinar keemasan; Allah diliputi oleh keagungan yang dahsyat. 37:23 Yang Mahakuasa, yang tidak dapat kita pahami, besar kekuasaan dan keadilan-Nya; walaupun kaya akan kebenaran Ia tidak menindasnya. 37:24 Itulah sebabnya Ia ditakuti orang; setiap orang yang menganggap dirinya mempunyai hikmat, tidak dihiraukan-Nya."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ayub a man whose story is told in the book of Job,a man from the land of Uz in Edom


Topik/Tema Kamus: Elihu | Ayub | Awan | Pemeliharaan Allah Terhadap | Angin | Meterai | Hukum, Hukuman | Terang | Mulia, Kemulian Allah | Hujan | Binatang | Adil, Keadilan Allah | Allah | Angin Puting Beliung Dan Taufan | Gelap, Kegelapan | Hikmat Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Ayb 37:2 - gegap gempita suaraNya Bdk Maz 29

Bdk Maz 29

Jerusalem: Ayb 37:4 - kilat petir Dalam naskah Ibrani tertulis: mereka.

Dalam naskah Ibrani tertulis: mereka.

Jerusalem: Ayb 37:7 - Tangan setiap manusia diikatNya Artinya menghentikan kegiatan mereka (dengan badai dan hujan); bdk Maz 104:19-23.

Artinya menghentikan kegiatan mereka (dengan badai dan hujan); bdk Maz 104:19-23.

Jerusalem: Ayb 37:9 - perbendaharaan Harafiah: ruang (bilik), yaitu Ruang Selatan, Ayu 9:9. Dalam "Ruang Selatan" itu tersimpan "taufan" (yang berkecamuk dari sebelah selatan); bdk Ayu 38...

Harafiah: ruang (bilik), yaitu Ruang Selatan, Ayu 9:9. Dalam "Ruang Selatan" itu tersimpan "taufan" (yang berkecamuk dari sebelah selatan); bdk Ayu 38:22; Maz 135:7+; Maz 104:2+

Jerusalem: Ayb 37:9 - dari sebelah utara Harafiah: dari (yang dibawa oleh) angin-angin utara.

Harafiah: dari (yang dibawa oleh) angin-angin utara.

Jerusalem: Ayb 37:10 - -- Bdk Maz 147:17.

Bdk Maz 147:17.

Jerusalem: Ayb 37:18 - cermin tuangan Di zaman dahulu cermin dibuat dari logam yang dikilap. Ayat ini menyinggung langit pada musim panas di Palestina: nampaknya dibuat dari logam yang mem...

Di zaman dahulu cermin dibuat dari logam yang dikilap. Ayat ini menyinggung langit pada musim panas di Palestina: nampaknya dibuat dari logam yang memancarkan panas terik.

Jerusalem: Ayb 37:22 - diliputi oleh keagungan yang dahsyat Bdk Kel 24:16+.

Bdk Kel 24:16+.

Ende: Ayb 37:13 - dikirimkanNjalah itu Terdejmahan ini tiada pasti.

Terdejmahan ini tiada pasti.

Ende: Ayb 37:19 - -- Terdjemahan ini tiada pasti.

Terdjemahan ini tiada pasti.

Ende: Ayb 37:19 - kegelapan ialah (rahasia) Allah, jang tidak dapat dipahami manusia hingga djuga tidak dapat ber-soal2 tentang penjelenggaraan Allah.

ialah (rahasia) Allah, jang tidak dapat dipahami manusia hingga djuga tidak dapat ber-soal2 tentang penjelenggaraan Allah.

Endetn: Ayb 37:4 - kilat satupun diperbaiki. Tertulis: "menahan mereka".

diperbaiki. Tertulis: "menahan mereka".

Endetn: Ayb 37:6 - -- Dua kata ditinggalkan. "turunlah dengan lebatnja", diperbaiki.

Dua kata ditinggalkan. "turunlah dengan lebatnja", diperbaiki.

Endetn: Ayb 37:7 - manusia diperbaiki menurut terdjemahan Latin.

diperbaiki menurut terdjemahan Latin.

Endetn: Ayb 37:12 - melainkan... menurut kehendakNja diperbaiki dan tanda batja dipindahkan.

diperbaiki dan tanda batja dipindahkan.

Endetn: Ayb 37:13 - kutuk diperbaiki. Tertulis: "untuk tanah".

diperbaiki. Tertulis: "untuk tanah".

Endetn: Ayb 37:16 - rahasia diperbaiki. Tertulis: "mengantungnja".

diperbaiki. Tertulis: "mengantungnja".

Endetn: Ayb 37:16 - diukurnja mega mendung diperbaiki. Tertulis: "jang sempurnalah pengetahuannja".

diperbaiki. Tertulis: "jang sempurnalah pengetahuannja".

Endetn: Ayb 37:22 - tjerah diperbaiki. Tertulis: "emas".

diperbaiki. Tertulis: "emas".

Endetn: Ayb 37:24 - hormat diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "ia tidak melihat".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "ia tidak melihat".

Ref. Silang FULL: Ayb 37:1 - hatiku berdebar-debar · hatiku berdebar-debar: Mazm 38:11; Yes 15:5; Yer 4:19; Hab 3:16

· hatiku berdebar-debar: Mazm 38:11; Yes 15:5; Yer 4:19; Hab 3:16

Ref. Silang FULL: Ayb 37:2 - Dengar // gempita suara-Nya // dalam mulut-Nya · Dengar: Ayub 32:10; Ayub 32:10 · gempita suara-Nya: Ayub 37:5 · dalam mulut-Nya: Mazm 18:14; 29:3-9

· Dengar: Ayub 32:10; [Lihat FULL. Ayub 32:10]

· gempita suara-Nya: Ayub 37:5

· dalam mulut-Nya: Mazm 18:14; 29:3-9

Ref. Silang FULL: Ayb 37:3 - kilat petir-Nya // ujung-ujung bumi · kilat petir-Nya: 2Sam 22:13; 2Sam 22:13; Mazm 18:15 · ujung-ujung bumi: Ayub 36:32; Ayub 36:32; Mat 24:27; Luk 17:24

· kilat petir-Nya: 2Sam 22:13; [Lihat FULL. 2Sam 22:13]; Mazm 18:15

· ujung-ujung bumi: Ayub 36:32; [Lihat FULL. Ayub 36:32]; Mat 24:27; Luk 17:24

Ref. Silang FULL: Ayb 37:4 - Ia mengguntur // dengan suara-Nya · Ia mengguntur: 1Sam 2:10; 1Sam 2:10 · dengan suara-Nya: Kel 20:19; Kel 20:19

· Ia mengguntur: 1Sam 2:10; [Lihat FULL. 1Sam 2:10]

· dengan suara-Nya: Kel 20:19; [Lihat FULL. Kel 20:19]

Ref. Silang FULL: Ayb 37:5 - Allah mengguntur // yang mengagumkan // oleh pengetahuan · Allah mengguntur: 1Sam 2:10; 1Sam 2:10; Yoh 12:29 · yang mengagumkan: Ayub 36:33; Ayub 36:33 · oleh pengetahuan: Ayub 5:9; Ayub...

· Allah mengguntur: 1Sam 2:10; [Lihat FULL. 1Sam 2:10]; Yoh 12:29

· yang mengagumkan: Ayub 36:33; [Lihat FULL. Ayub 36:33]

· oleh pengetahuan: Ayub 5:9; [Lihat FULL. Ayub 5:9]; Ayub 11:7-9; [Lihat FULL. Ayub 11:7] s/d 9; Ayub 36:4; [Lihat FULL. Ayub 36:4]

Ref. Silang FULL: Ayb 37:6 - kepada salju // Jadilah deras · kepada salju: Ul 28:12; Ayub 38:22 · Jadilah deras: Kej 7:4; Kej 7:4; Ayub 5:10; Ayub 5:10; Ayub 28:26; Ayub 28:26

· kepada salju: Ul 28:12; Ayub 38:22

· Jadilah deras: Kej 7:4; [Lihat FULL. Kej 7:4]; Ayub 5:10; [Lihat FULL. Ayub 5:10]; Ayub 28:26; [Lihat FULL. Ayub 28:26]

Ref. Silang FULL: Ayb 37:7 - manusia diikat-Nya // mengetahui perbuatan-Nya · manusia diikat-Nya: Mazm 104:19-23; 111:2 · mengetahui perbuatan-Nya: Mazm 109:27

· manusia diikat-Nya: Mazm 104:19-23; 111:2

· mengetahui perbuatan-Nya: Mazm 109:27

Ref. Silang FULL: Ayb 37:8 - tempat persembunyiannya // dalam sarangnya · tempat persembunyiannya: Ayub 28:26; Ayub 28:26 · dalam sarangnya: Ayub 39:2; Mazm 104:22

· tempat persembunyiannya: Ayub 28:26; [Lihat FULL. Ayub 28:26]

· dalam sarangnya: Ayub 39:2; Mazm 104:22

Ref. Silang FULL: Ayb 37:9 - dalam perbendaharaan // sebelah utara · dalam perbendaharaan: Mazm 50:3 · sebelah utara: Mazm 147:17

· dalam perbendaharaan: Mazm 50:3

· sebelah utara: Mazm 147:17

Ref. Silang FULL: Ayb 37:10 - luas membeku · luas membeku: Ayub 38:29-30; Mazm 147:17

· luas membeku: Ayub 38:29-30; Mazm 147:17

Ref. Silang FULL: Ayb 37:11 - dengan air // dan awan // memencarkan kilat-Nya · dengan air: Ayub 26:8; Ayub 26:8 · dan awan: Ayub 28:26; Ayub 28:26 · memencarkan kilat-Nya: Ayub 36:30; Ayub 36:30

· dengan air: Ayub 26:8; [Lihat FULL. Ayub 26:8]

· dan awan: Ayub 28:26; [Lihat FULL. Ayub 28:26]

· memencarkan kilat-Nya: Ayub 36:30; [Lihat FULL. Ayub 36:30]

Ref. Silang FULL: Ayb 37:12 - yang diperintahkan-Nya · yang diperintahkan-Nya: Ayub 37:3; Ayub 37:3; Mazm 147:16; 148:8

· yang diperintahkan-Nya: Ayub 37:3; [Lihat FULL. Ayub 37:3]; Mazm 147:16; 148:8

Ref. Silang FULL: Ayb 37:13 - isi bumi-Nya // menyatakan kasih · isi bumi-Nya: Kej 7:4; Kej 7:4; Kel 9:22-23; 1Sam 12:17; 1Sam 12:17 · menyatakan kasih: 1Raj 18:45; 1Raj 18:45; Ayub 5:10; Ayub 5:10; ...

· isi bumi-Nya: Kej 7:4; [Lihat FULL. Kej 7:4]; Kel 9:22-23; 1Sam 12:17; [Lihat FULL. 1Sam 12:17]

· menyatakan kasih: 1Raj 18:45; [Lihat FULL. 1Raj 18:45]; Ayub 5:10; [Lihat FULL. Ayub 5:10]; Ayub 36:31; [Lihat FULL. Ayub 36:31]; Ayub 38:27

Ref. Silang FULL: Ayb 37:14 - Berilah telinga // perhatikanlah keajaiban-keajaiban · Berilah telinga: Ayub 32:10; Ayub 32:10 · perhatikanlah keajaiban-keajaiban: Ayub 5:9; Ayub 5:9

· Berilah telinga: Ayub 32:10; [Lihat FULL. Ayub 32:10]

· perhatikanlah keajaiban-keajaiban: Ayub 5:9; [Lihat FULL. Ayub 5:9]

Ref. Silang FULL: Ayb 37:15 - menyinarkan cahaya // menyinarkan cahaya · menyinarkan cahaya: Ayub 36:30; Ayub 36:30 · menyinarkan cahaya: Ayub 36:32; Ayub 36:32

· menyinarkan cahaya: Ayub 36:30; [Lihat FULL. Ayub 36:30]

· menyinarkan cahaya: Ayub 36:32; [Lihat FULL. Ayub 36:32]

Ref. Silang FULL: Ayb 37:16 - tentang melayangnya // Yang Mahatahu · tentang melayangnya: Ayub 36:29; Ayub 36:29 · Yang Mahatahu: Ayub 5:9; Ayub 5:9; Ayub 36:4; Ayub 36:4

· tentang melayangnya: Ayub 36:29; [Lihat FULL. Ayub 36:29]

· Yang Mahatahu: Ayub 5:9; [Lihat FULL. Ayub 5:9]; Ayub 36:4; [Lihat FULL. Ayub 36:4]

Ref. Silang FULL: Ayb 37:17 - panasnya angin · panasnya angin: Kis 27:13

· panasnya angin: Kis 27:13

Ref. Silang FULL: Ayb 37:18 - menjadi cakrawala // cermin tuangan · menjadi cakrawala: Kej 1:1,8; Kej 1:1; Kej 1:8; Ayub 22:14; Ayub 22:14 · cermin tuangan: Ul 28:23

· menjadi cakrawala: Kej 1:1,8; [Lihat FULL. Kej 1:1]; [Lihat FULL. Kej 1:8]; Ayub 22:14; [Lihat FULL. Ayub 22:14]

· cermin tuangan: Ul 28:23

Ref. Silang FULL: Ayb 37:19 - katakan kepada-Nya // kami paparkan // karena kegelapan · katakan kepada-Nya: Rom 8:26 · kami paparkan: Ayub 13:18; Ayub 13:18 · karena kegelapan: Ayub 9:3; Ayub 9:3

· katakan kepada-Nya: Rom 8:26

· kami paparkan: Ayub 13:18; [Lihat FULL. Ayub 13:18]

· karena kegelapan: Ayub 9:3; [Lihat FULL. Ayub 9:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 37:21 - Seketika terang · Seketika terang: Hak 5:31; Hak 5:31; Kis 22:11; 26:13

· Seketika terang: Hak 5:31; [Lihat FULL. Hak 5:31]; Kis 22:11; 26:13

Ref. Silang FULL: Ayb 37:22 - muncul sinar // oleh keagungan · muncul sinar: Mazm 19:6 · oleh keagungan: Kel 24:17

· muncul sinar: Mazm 19:6

· oleh keagungan: Kel 24:17

Ref. Silang FULL: Ayb 37:23 - besar kekuasaan // dan keadilan-Nya // tidak menindasnya · besar kekuasaan: Ayub 5:9; Ayub 5:9; Ayub 36:4; Ayub 36:4; Rom 11:33; 1Tim 6:16 · dan keadilan-Nya: Ayub 8:3; Ayub 8:3 · tida...

· besar kekuasaan: Ayub 5:9; [Lihat FULL. Ayub 5:9]; Ayub 36:4; [Lihat FULL. Ayub 36:4]; Rom 11:33; 1Tim 6:16

· dan keadilan-Nya: Ayub 8:3; [Lihat FULL. Ayub 8:3]

· tidak menindasnya: Ayub 4:17; [Lihat FULL. Ayub 4:17]; Mazm 44:2; Yes 63:9; Yer 25:5; Rat 3:33; Yeh 18:23,32

Ref. Silang FULL: Ayb 37:24 - sebabnya Ia // mempunyai hikmat · sebabnya Ia: Kej 22:12; Kej 22:12; Ayub 28:28; Pengkh 12:13; Mi 6:8; Mat 10:28 · mempunyai hikmat: Ayub 5:13; Ef 5:15

· sebabnya Ia: Kej 22:12; [Lihat FULL. Kej 22:12]; Ayub 28:28; Pengkh 12:13; Mi 6:8; Mat 10:28

· mempunyai hikmat: Ayub 5:13; Ef 5:15

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 37:1-24 - Memuji dalam kegelapan (Jumat, 16 Agustus 2002) Memuji dalam kegelapan Setelah berbicara tentang pengendalian Allah terhadap alam, pasal ini ditutup dengan peringatan bahwa Allah harus ditakuti dan...

SH: Ayb 37:1-24 - Allah yang peduli (Minggu, 11 Desember 2005) Allah yang peduli Dalam dunia pramodern, setiap gejala alam selalu dikaitkan secara langsung dengan kegiatan dewa dewi tertentu. Hubungan seba...

SH: Ayb 37:1-24 - Diamlah dan Dengarkanlah Allah! (Sabtu, 17 Desember 2016) Diamlah dan Dengarkanlah Allah! Dalam Ayub 37:14 tertulis: "Berilah telinga kepada semuanya itu, hai Ayub, diamlah, dan perhatikanlah keajaiban-keaja...

SH: Ayb 37:1-24 - Memandang Kebesaran Allah (Senin, 12 Juni 2023) Memandang Kebesaran Allah Cobalah melihat ke langit yang membentang luas. Sejauh mata memandang, langit itu seolah-olah tak berujung, tak terukur, da...

Topik Teologia: Ayb 37:1 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Mujizat-mujizat Ayu 36:24-33 Ayu 37:1-13 Maz 8:2-5 Maz 19:1-7 Maz 29:1-11 Kis 14:15-17 Kis ...

Topik Teologia: Ayb 37:3 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

Topik Teologia: Ayb 37:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

Topik Teologia: Ayb 37:5 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah ...

Topik Teologia: Ayb 37:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Mujizat-mujizat Ayu 36:24-33 Ayu 37:1-...

Topik Teologia: Ayb 37:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

Topik Teologia: Ayb 37:10 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Nafas 2Sa 22:16 Ayu 15:30 Ayu 33:4 Ayu 37:10 Maz 33:6...

Topik Teologia: Ayb 37:11 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

Topik Teologia: Ayb 37:13 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

Topik Teologia: Ayb 37:15 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

Topik Teologia: Ayb 37:16 - -- Allah yang Berpribadi Allah itu Sempurna Ula 32:4 2Sa 22:31 Ayu 37:16 Maz 19:7 Ams 30:5 Mat 5:48 Rom 12:2 Allah itu Mahatahu ...

Topik Teologia: Ayb 37:17 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Langit Kej 1:6-8 Ayu 9:8 Ayu 26:7-8,13 Ayu 28:25-26 Ayu 36:27-30 Ayu 37:16-18 Maz 19:2 Maz 33:6 M...

Topik Teologia: Ayb 37:18 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Langit Kej 1:6-8 Ayu 9:8 Ayu 26:7-8,13 Ayu 28:25-26 Ayu 36:27-30 Ayu 37:16-18 Maz 19:2 Maz 33:6 M...

Topik Teologia: Ayb 37:22 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Allah (Ibr.: Eloah) Ula 32:15 Neh ...

Topik Teologia: Ayb 37:23 - -- Allah yang Berpribadi Allah Tidak Terpahami Ayu 9:10-11 Ayu 11:7-9 Ayu 23:8-9 Ayu 26:14 Ayu 33:13-14 Ayu 36:26 Ayu 37:5 Ayu 37:...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.47 detik
dipersembahkan oleh YLSA