kecilkan semua  

Teks -- Ayub 31:1-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Sekali lagi Ayub mengaku tidak bersalah
31:1 "Aku telah menetapkan syarat bagi mataku, masakan aku memperhatikan anak dara? 31:2 Karena bagian apakah yang ditentukan Allah dari atas, milik pusaka apakah yang ditetapkan Yang Mahakuasa dari tempat yang tinggi? 31:3 Bukankah kebinasaan bagi orang yang curang dan kemalangan bagi yang melakukan kejahatan? 31:4 Bukankah Allah yang mengamat-amati jalanku dan menghitung segala langkahku? 31:5 Jikalau aku bergaul dengan dusta, atau kakiku cepat melangkah ke tipu daya, 31:6 biarlah aku ditimbang di atas neraca yang teliti, maka Allah akan mengetahui, bahwa aku tidak bersalah. 31:7 Jikalau langkahku menyimpang dari jalan, dan hatiku menuruti pandangan mataku, dan noda melekat pada tanganku, 31:8 maka biarlah apa yang kutabur, dimakan orang lain, dan biarlah tercabut apa yang tumbuh bagiku. 31:9 Jikalau hatiku tertarik kepada perempuan, dan aku menghadang di pintu sesamaku, 31:10 maka biarlah isteriku menggiling bagi orang lain, dan biarlah orang-orang lain meniduri dia. 31:11 Karena hal itu adalah perbuatan mesum, bahkan kejahatan, yang patut dihukum oleh hakim. 31:12 Sesungguhnya, itulah api yang memakan habis, dan menghanguskan seluruh hasilku. 31:13 Jikalau aku mengabaikan hak budakku laki-laki atau perempuan, ketika mereka beperkara dengan aku, 31:14 apakah dayaku, kalau Allah bangkit berdiri; kalau Ia mengadakan pengusutan, apakah jawabku kepada-Nya? 31:15 Bukankah Ia, yang membuat aku dalam kandungan, membuat orang itu juga? Bukankah satu juga yang membentuk kami dalam rahim? 31:16 Jikalau aku pernah menolak keinginan orang-orang kecil, menyebabkan mata seorang janda menjadi pudar, 31:17 atau memakan makananku seorang diri, sedang anak yatim tidak turut memakannya 31:18 -- malah sejak mudanya aku membesarkan dia seperti seorang ayah, dan sejak kandungan ibunya aku membimbing dia --; 31:19 jikalau aku melihat orang mati karena tidak ada pakaian, atau orang miskin yang tidak mempunyai selimut, 31:20 dan pinggangnya tidak meminta berkat bagiku, dan tidak dipanaskannya tubuhnya dengan kulit bulu dombaku; 31:21 jikalau aku mengangkat tanganku melawan anak yatim, karena di pintu gerbang aku melihat ada yang membantu aku, 31:22 maka biarlah tulang belikatku lepas dari bahuku, dan lenganku dipatahkan dari persendiannya. 31:23 Karena celaka yang dari pada Allah menakutkan aku, dan aku tidak berdaya terhadap keluhuran-Nya. 31:24 Jikalau aku menaruh kepercayaan kepada emas, dan berkata kepada kencana: Engkaulah kepercayaanku; 31:25 jikalau aku bersukacita, karena kekayaanku besar dan karena tanganku memperoleh harta benda yang berlimpah-limpah; 31:26 jikalau aku pernah memandang matahari, ketika ia bersinar, dan bulan, yang beredar dengan indahnya, 31:27 sehingga diam-diam hatiku terpikat, dan menyampaikan kecupan tangan kepadanya, 31:28 maka hal itu juga menjadi kejahatan yang patut dihukum oleh hakim, karena Allah yang di atas telah kuingkari. 31:29 Apakah aku bersukacita karena kecelakaan pembenciku, dan bersorak-sorai, bila ia ditimpa malapetaka 31:30 -- aku takkan membiarkan mulutku berbuat dosa, menuntut nyawanya dengan mengucapkan sumpah serapah! -- 31:31 Jikalau orang-orang di kemahku mengatakan: Siapa yang tidak kenyang dengan lauknya? 31:32 -- malah orang asingpun tidak pernah bermalam di luar, pintuku kubuka bagi musafir! -- 31:33 Jikalau aku menutupi pelanggaranku seperti manusia dengan menyembunyikan kesalahanku dalam hatiku, 31:34 karena aku takuti khalayak ramai dan penghinaan kaum keluarga mengagetkan aku, sehingga aku berdiam diri dan tidak keluar dari pintu! 31:35 Ah, sekiranya ada yang mendengarkan aku! -- Inilah tanda tanganku! Hendaklah Yang Mahakuasa menjawab aku! -- Sekiranya ada surat tuduhan yang ditulis lawanku! 31:36 Sungguh, surat itu akan kupikul, dan akan kupakai bagaikan mahkota. 31:37 Setiap langkahku akan kuberitahukan kepada-Nya, selaku pemuka aku akan menghadap Dia. 31:38 Jikalau ladangku berteriak karena aku dan alur bajaknya menangis bersama-sama, 31:39 jikalau aku memakan habis hasilnya dengan tidak membayar, dan menyusahkan pemilik-pemiliknya, 31:40 maka biarlah bukan gandum yang tumbuh, tetapi onak, dan bukan jelai, tetapi lalang." Sekianlah kata-kata Ayub.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adam the father of Cain, Abel, Seth and all mankind,the original man created by God,a town on the Jordan at the mouth of the Jabbok (OS)
 · Ayub a man whose story is told in the book of Job,a man from the land of Uz in Edom


Topik/Tema Kamus: Ayub | Kasih, Mengasihi Manusia | Kaya, Kekayaan | Bulan | Hina, Penghinaan | Tumpang, Tumpangan | Wajib, Kewajiban Terhadap Orang Yang Dalam Kesusahan | Matahari | Tidak Adil, Ketidakadilan | Musuh | Tuan | Benci, Kebencian | Sembah, Penyembahan Berhala | Dendam | Keramahan (Menerima Tamu) | Pakaian | Timbang, Timbangan | Tipu Daya | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Tangan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ayb 31:1-34 - AKU TELAH MENETAPKAN SYARAT BAGI MATAKU. Nas : Ayub 31:1-34 Di bagian ini Ayub meninjau integritas rohaninya yang teguh, kesetiaannya pada Allah dan jalan-jalan-Nya, serta kebaikannya kepa...

Nas : Ayub 31:1-34

Di bagian ini Ayub meninjau integritas rohaninya yang teguh, kesetiaannya pada Allah dan jalan-jalan-Nya, serta kebaikannya kepada orang lain.

  1. 1) Pernyataan Ayub mengenai karya penebusan Allah di dalam dirinya mencakup semua aspek kehidupan. Ayub berbicara tentang ketidaksalahannya dalam hal dosa yang dilakukan di dalam hati, termasuk nafsu seksual dan pikiran kotor (ayat Ayub 31:1-4), berdusta dan berbohong untuk memperoleh untung (ayat Ayub 31:5-8), dan ketidaksetiaan dalam perkawinan (ayat Ayub 31:9-12). Dia menyatakan perlakuannya yang adil terhadap anak buahnya (ayat Ayub 31:13-15) dan perhatiannya terhadap yang miskin dan melarat (ayat Ayub 31:16-23). Ia bersikeras bahwa dirinya bebas dari keserakahan (ayat Ayub 31:24-25), penyembahan berhala (ayat Ayub 31:26-28), balas dendam (ayat Ayub 31:29-32), dan kemunafikan (ayat Ayub 31:33-34).
  2. 2) Tabiat moral dan kemurnian hati dan hidup yang diuraikan di sini merupakan contoh yang baik bagi setiap orang percaya. Hidup saleh yang dijalankan Ayub pada zaman pra-perjanjian baru dapat dialami dengan berkelimpahan oleh semua orang percaya di dalam Kristus, melalui kuasa penyelamatan dari kematian dan kebangkitan-Nya (Rom 8:1-17; Gal 2:20).

Full Life: Ayb 31:1 - MASAKAN AKU MEMPERHATIKAN ANAK DARA? Nas : Ayub 31:1 (versi Inggris NIV -- memandang anak dara dengan bernafsu) Ayub menganut standar kekudusan batiniah yang kemudian dirumuskan oleh K...

Nas : Ayub 31:1

(versi Inggris NIV -- memandang anak dara dengan bernafsu) Ayub menganut standar kekudusan batiniah yang kemudian dirumuskan oleh Kristus dalam Khotbah di Bukit (Mat 5:28). Ayub mengikat perjanjian dengan matanya untuk mengelakkan keinginan penuh gairah yang datang dari memandang seorang gadis cantik (bd. Kej 3:6; Bil 15:39). Ayub sadar bahwa cara hidup sensual tidak berkenan kepada Tuhannya dan akan merisaukan hidup Allah di dalam jiwanya (ayat Ayub 31:2-4).

Full Life: Ayb 31:13 - HAK BUDAKKU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN. Nas : Ayub 31:13 Perlakuan Ayub terhadap bawahannya menjadi teladan bagaimana majikan harus memelihara pegawainya. Ia memperlakukan karyawannya itu...

Nas : Ayub 31:13

Perlakuan Ayub terhadap bawahannya menjadi teladan bagaimana majikan harus memelihara pegawainya. Ia memperlakukan karyawannya itu dengan keadilan, kemurahan, dan kesetaraan; ia mendengarkan mereka dan menanggapi semua keluh kesah mereka yang sah (bd. Im 25:42-43,55; Ul 15:12-15; Ul 16:12). Ayub mengetahui bahwa pada suatu hari dia harus mempertanggungjawabkan perlakuannya terhadap orang lain kepada Allah (ayat Ayub 31:14;

lihat cat. --> Kol 3:25).

[atau ref. Kol 3:25]

BIS: Ayb 31:18 - -- Kemungkinan besar artinya: seumur hidupku ... mereka.

Kemungkinan besar artinya: seumur hidupku ... mereka.

Jerusalem: Ayb 31:1 - Aku telah menetapkan... Pernyataan tidak bersalah Ayub ini, Ayu 31:1-40, memperlihatkan ajaran akhlak murni yang terluhur dalam seluruh Perjanjian lama. ia berdekatan dengan ...

Pernyataan tidak bersalah Ayub ini, Ayu 31:1-40, memperlihatkan ajaran akhlak murni yang terluhur dalam seluruh Perjanjian lama. ia berdekatan dengan ajaran akhlak Injil. Bentuk uraian ini ialah: sumpah mengutuk diri, seperti yang dipakai orang terdakwa di depan pengadilan, Kel 22:10-11; Bil 5:21-23; 1Ra 8:31-32

Jerusalem: Ayb 31:1 - bagi mataku Ayub mulai dengan dosa yang paling rahasia: keinginan hati yang menyata melalui pandangan.

Ayub mulai dengan dosa yang paling rahasia: keinginan hati yang menyata melalui pandangan.

Jerusalem: Ayb 31:5 - tipu daya... Keterangan umum ini mencakup ketidakadilan dan kecurangan dalam jualbeli dan perdagangan.

Keterangan umum ini mencakup ketidakadilan dan kecurangan dalam jualbeli dan perdagangan.

Jerusalem: Ayb 31:6 - neraca yang teliti Ayub menurut diadili menurut hukum pembalasan: perbuatannya harus diganjar dengan setimpal.

Ayub menurut diadili menurut hukum pembalasan: perbuatannya harus diganjar dengan setimpal.

Jerusalem: Ayb 31:7 - noda melekat pada tanganku Yang dimaksud ialah pelangaran keadilan baik dengan menginginkan maupun dengan mengambil barang orang lain.

Yang dimaksud ialah pelangaran keadilan baik dengan menginginkan maupun dengan mengambil barang orang lain.

Jerusalem: Ayb 31:9 - tertarik kepada perempuan... Ayu 31:9-12 berbicara tentang dosa zinah.

Ayu 31:9-12 berbicara tentang dosa zinah.

Jerusalem: Ayb 31:11 - Karena hal itu... Ayat ini mungkin sebuah sisipan.

Ayat ini mungkin sebuah sisipan.

Jerusalem: Ayb 31:12 - api yang memakan habis Harafiah: api kebinasaan, Ibraninya: abaddon, bdk Ayu 26:6+

Harafiah: api kebinasaan, Ibraninya: abaddon, bdk Ayu 26:6+

Jerusalem: Ayb 31:12 - menghanguskan Dalam naskah Ibrani tertulis mencabut akar.

Dalam naskah Ibrani tertulis mencabut akar.

Jerusalem: Ayb 31:13 - mengabaikan hak budakku Hukum taurat bdk Kel 21:2 dst; Ima 25:39 dst; Ula 5:14 dst, selalu menekankan perikemanusiaan terhadap budak dan hamba. Ayu 31:15 melandaskan hak buda...

Hukum taurat bdk Kel 21:2 dst; Ima 25:39 dst; Ula 5:14 dst, selalu menekankan perikemanusiaan terhadap budak dan hamba. Ayu 31:15 melandaskan hak budak dan hamba pada kenyataan bahwa mereka sama seperti tuan dan majikan ciptaan Allah. Paulus menandaskan bahwa budak dan tuan, hamba dan majikan mempunyai satu Tuhan yang sama, Ef 6:9; Kol 4:1.

Jerusalem: Ayb 31:15 - #/TB Ayu 31:38-40 a sebaik-baiknya dibaca sesudah Ayu 31:15.

a sebaik-baiknya dibaca sesudah Ayu 31:15.

Jerusalem: Ayb 31:16 - menolak keinginan orang kecil... Ayu 31:4-7,13-15 berbicara mengenai keadilan: Ayu 31:16-23 berbicara tentang kemurahan hati yang berdasarkan rasa syukur kepada Allah.

Ayu 31:4-7,13-15 berbicara mengenai keadilan: Ayu 31:16-23 berbicara tentang kemurahan hati yang berdasarkan rasa syukur kepada Allah.

Jerusalem: Ayb 31:18 - aku membesarkan dia Dalam naskah Ibrani tertulis: aku dibesarkan oleh Dia (=Allah). Kalau itu dipertahankan, maka bagian berikut mesti diperbaiki sbb: dan sejak kandungan...

Dalam naskah Ibrani tertulis: aku dibesarkan oleh Dia (=Allah). Kalau itu dipertahankan, maka bagian berikut mesti diperbaiki sbb: dan sejak kandungan ibuku aku dibimbing olehNya.

Jerusalem: Ayb 31:21 - mengangkat tanganku Ialah mengangkat, mengacungkan tangan sebagai isyarat ancaman, bdk Yes 11:15; 19:16; Zak 2:9, dengan maksud mendiamkan mereka di depan pengadilan.

Ialah mengangkat, mengacungkan tangan sebagai isyarat ancaman, bdk Yes 11:15; 19:16; Zak 2:9, dengan maksud mendiamkan mereka di depan pengadilan.

Jerusalem: Ayb 31:24 - Jikalau... Ayu 31:24-25 berbicara tentang tamak dan kesombongan orang kaya yang menyangka dapat melewatkan Allah.

Ayu 31:24-25 berbicara tentang tamak dan kesombongan orang kaya yang menyangka dapat melewatkan Allah.

Jerusalem: Ayb 31:26 - Jikalau... Ayu 31:26-28 berbicara mengenai pemujaan perbintangan, a.l dengan melambaikan kecupan.

Ayu 31:26-28 berbicara mengenai pemujaan perbintangan, a.l dengan melambaikan kecupan.

Jerusalem: Ayb 31:29 - bersukacita karena kecelakaan pembenciku Suatu sikap tradisionil bergembira atas kemalangan yang mendatangi musuh seseorang (benar) dan yang dianggap hukuman dari Allah, bdk Maz 52+; Maz 5:11...

Suatu sikap tradisionil bergembira atas kemalangan yang mendatangi musuh seseorang (benar) dan yang dianggap hukuman dari Allah, bdk Maz 52+; Maz 5:11; 58:11, dll. Ada suara lain juga dalam Alkitab, bdk Kel 23:4-5; Ima 19:18; Ams 20:22; 25:21-22. Ayub maju selangkah dengan mencegah diri dari bersukacita atas celaka musuhnya dan dari mengutuknya, Ayu 31:30; bdk Mat 5:43-48.

Jerusalem: Ayb 31:32 - musafir Ialah orang yang bepergian. Dalam naskah Ibrani tertulis: jalan, tetapi ini perlu diperbaiki sesuai dengan terjemahan-terjemahan kuno. Suka menerima d...

Ialah orang yang bepergian. Dalam naskah Ibrani tertulis: jalan, tetapi ini perlu diperbaiki sesuai dengan terjemahan-terjemahan kuno. Suka menerima dan menjamu tamu, siapapun di kawasan timur selalu dipuji sebagai keutamaan yang ulung.

Jerusalem: Ayb 31:33 - Jikalau aku menutupi... Ayu 31:33-34 tidak mengenai suatu kesalahan dan dosa tertentu dan khusus, tetapi suatu sikap dan kelakuan yang begitu rupa sehingga orang lain dapat m...

Ayu 31:33-34 tidak mengenai suatu kesalahan dan dosa tertentu dan khusus, tetapi suatu sikap dan kelakuan yang begitu rupa sehingga orang lain dapat mengambil kesimpulan bahwa ada dosa yang ingin disembunyikan. Ayub tidak pernah perlu menyembunyikan apa-apa terhadap manusia. Ia siap sedia bahkan menghadap Allah Ayu 31:35-37.

Jerusalem: Ayb 31:35 - Inilah tanda tanganku Harafiah: Inilah (huruf) Tawku. Tawarikh adalah huruf terakhir dalam abjad Ibrani.

Harafiah: Inilah (huruf) Tawku. Tawarikh adalah huruf terakhir dalam abjad Ibrani.

Jerusalem: Ayb 31:36 - surat itu Ialah "surat tuduhan", Ayu 31:35, sebuah gulungan yang berisikan tuduhan-tuduhan. Ayub yakin bahwa dapat menolak semua tuduhan itu dan membawa berkeli...

Ialah "surat tuduhan", Ayu 31:35, sebuah gulungan yang berisikan tuduhan-tuduhan. Ayub yakin bahwa dapat menolak semua tuduhan itu dan membawa berkeliling gulung itu sebagai tanda kehormatan.

Jerusalem: Ayb 31:38 - -- Bdk Ayu 31:15+. Ayu 31:38-39 berkata tentang ketidakadilan yang terletak dalam memperoleh tanah dengan jalan curang.

Bdk Ayu 31:15+. Ayu 31:38-39 berkata tentang ketidakadilan yang terletak dalam memperoleh tanah dengan jalan curang.

Jerusalem: Ayb 31:40 - Sekianlah... Ini catatan dari tangan seorang penggubah.

Ini catatan dari tangan seorang penggubah.

Ende: Ayb 31:3 - -- Ijob tahu akan hal itu dan karenanja ia menghindarkan jang djahat. Tetapi ia toh tertimpa oleh bentjana.

Ijob tahu akan hal itu dan karenanja ia menghindarkan jang djahat.

Tetapi ia toh tertimpa oleh bentjana.

Ende: Ayb 31:12 - api ialah keinginan tjabul (aj. 9)(Ayu 31:9).

ialah keinginan tjabul (aj. 9)(Ayu 31:9).

Ende: Ayb 31:12 - makan sampai kealam arwah adalah istilah untuk api jang tak terhentikan.

adalah istilah untuk api jang tak terhentikan.

Ende: Ayb 31:13-15 - -- Didepan Allah budak2 setara dengan orang2 lain dan sama haknja djuga.

Didepan Allah budak2 setara dengan orang2 lain dan sama haknja djuga.

Ende: Ayb 31:26-27 - -- Jaitu: penjembahan berhala2 (bintang) jang dilarang dengan keras.

Jaitu: penjembahan berhala2 (bintang) jang dilarang dengan keras.

Ende: Ayb 31:33-34 - -- Ijob djuga diam2 tidak berdosa dan pura2 sadja djudjur didepan umum.

Ijob djuga diam2 tidak berdosa dan pura2 sadja djudjur didepan umum.

Ende: Ayb 31:34 - -- Terdjemahan ini tidak pasti.

Terdjemahan ini tidak pasti.

Ende: Ayb 31:35 - tandatanganku Kata Hibrani berbunji: "inilah (huruf) Tauku. Huruf ini rupa2nja dipakai sebagai penutup sebuah keterangan jang memastikannja. Ijob menandatangani pem...

Kata Hibrani berbunji: "inilah (huruf) Tauku. Huruf ini rupa2nja dipakai sebagai penutup sebuah keterangan jang memastikannja. Ijob menandatangani pembelaannja tadi dan demikian itu disampaikannja kepada hakimnja, jakni Allah.

Ende: Ayb 31:38-40 - -- Ajat2 ini, jang tidak tjotjok disini, dipindahkan ke sesudah Ayu 31:35.

Ajat2 ini, jang tidak tjotjok disini, dipindahkan ke sesudah Ayu 31:35.

Endetn: Ayb 31:1 - tidak diperbaiki sedikit.

diperbaiki sedikit.

Endetn: Ayb 31:12 - menghanguskan diperbaiki. Tertulis: "mentjabut".

diperbaiki. Tertulis: "mentjabut".

Endetn: Ayb 31:18 - membimbing aku diperbaiki. Tertulis: "aku membimbing dia (ibu)".

diperbaiki. Tertulis: "aku membimbing dia (ibu)".

Endetn: Ayb 31:32 - si bepergian diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "djalan".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "djalan".

Ref. Silang FULL: Ayb 31:1 - bagi mataku // anak dara · bagi mataku: Ams 4:25; 17:24; 2Pet 2:14 · anak dara: Kel 20:14,17; Ul 5:18; Mat 5:28

· bagi mataku: Ams 4:25; 17:24; 2Pet 2:14

· anak dara: Kel 20:14,17; Ul 5:18; Mat 5:28

Ref. Silang FULL: Ayb 31:2 - Karena bagian // yang tinggi · Karena bagian: Bil 26:55; Mazm 11:6; 16:5; 50:18; Pengkh 3:22; 5:18; 9:9 · yang tinggi: Ayub 16:19; Ayub 16:19; Ayub 20:29; Ayub 20:...

· Karena bagian: Bil 26:55; Mazm 11:6; 16:5; 50:18; Pengkh 3:22; 5:18; 9:9

· yang tinggi: Ayub 16:19; [Lihat FULL. Ayub 16:19]; Ayub 20:29; [Lihat FULL. Ayub 20:29]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:3 - Bukankah kebinasaan // dan kemalangan // melakukan kejahatan · Bukankah kebinasaan: Ayub 21:30; Ayub 21:30 · dan kemalangan: Ayub 18:12 · melakukan kejahatan: Ayub 34:22; Rom 2:9

· Bukankah kebinasaan: Ayub 21:30; [Lihat FULL. Ayub 21:30]

· dan kemalangan: Ayub 18:12

· melakukan kejahatan: Ayub 34:22; Rom 2:9

Ref. Silang FULL: Ayb 31:4 - mengamat-amati jalanku // segala langkahku · mengamat-amati jalanku: 2Taw 16:9; Mazm 139:3; Dan 4:37; 5:23 · segala langkahku: Ayub 31:14; Ayub 31:14; Ayub 10:4; Ayub 10:4

· mengamat-amati jalanku: 2Taw 16:9; Mazm 139:3; Dan 4:37; 5:23

· segala langkahku: Ayub 31:14; [Lihat FULL. Ayub 31:14]; Ayub 10:4; [Lihat FULL. Ayub 10:4]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:5 - tipu daya · tipu daya: Ayub 15:31; Ayub 15:31

· tipu daya: Ayub 15:31; [Lihat FULL. Ayub 15:31]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:6 - aku ditimbang // atas neraca // tidak bersalah · aku ditimbang: Mazm 139:23 · atas neraca: Im 19:36; Im 19:36; Ayub 6:2; Ayub 6:2 · tidak bersalah: Kej 6:9; Kej 6:9; Ayub 2:3; ...

· aku ditimbang: Mazm 139:23

· atas neraca: Im 19:36; [Lihat FULL. Im 19:36]; Ayub 6:2; [Lihat FULL. Ayub 6:2]

· tidak bersalah: Kej 6:9; [Lihat FULL. Kej 6:9]; Ayub 2:3; [Lihat FULL. Ayub 2:3]; Ayub 23:10; [Lihat FULL. Ayub 23:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:7 - dari jalan // dan noda // pada tanganku · dari jalan: Ayub 23:11; Ayub 23:11 · dan noda: Mazm 7:4 · pada tanganku: Ayub 9:30; Ayub 9:30

· dari jalan: Ayub 23:11; [Lihat FULL. Ayub 23:11]

· dan noda: Mazm 7:4

· pada tanganku: Ayub 9:30; [Lihat FULL. Ayub 9:30]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:8 - yang kutabur // biarlah tercabut · yang kutabur: Ayub 5:5; Ayub 5:5; Ayub 20:10; Ayub 20:10; Yoh 4:37 · biarlah tercabut: Ayub 31:12; Mi 6:15

· yang kutabur: Ayub 5:5; [Lihat FULL. Ayub 5:5]; Ayub 20:10; [Lihat FULL. Ayub 20:10]; Yoh 4:37

· biarlah tercabut: Ayub 31:12; Mi 6:15

Ref. Silang FULL: Ayb 31:9 - hatiku tertarik // kepada perempuan · hatiku tertarik: Ul 11:16; Ul 11:16; Ayub 24:15; Ayub 24:15; Yak 1:14 · kepada perempuan: Ams 5:3; 7:5

· hatiku tertarik: Ul 11:16; [Lihat FULL. Ul 11:16]; Ayub 24:15; [Lihat FULL. Ayub 24:15]; Yak 1:14

· kepada perempuan: Ams 5:3; 7:5

Ref. Silang FULL: Ayb 31:10 - isteriku menggiling // meniduri dia · isteriku menggiling: Hak 16:21; Hak 16:21 · meniduri dia: Ul 28:30

· isteriku menggiling: Hak 16:21; [Lihat FULL. Hak 16:21]

· meniduri dia: Ul 28:30

Ref. Silang FULL: Ayb 31:11 - perbuatan mesum // patut dihukum · perbuatan mesum: Ams 6:32-33 · patut dihukum: Kej 38:24; Kej 38:24; Kel 21:12; Kel 21:12; Yoh 8:4-5

· perbuatan mesum: Ams 6:32-33

· patut dihukum: Kej 38:24; [Lihat FULL. Kej 38:24]; Kel 21:12; [Lihat FULL. Kel 21:12]; Yoh 8:4-5

Ref. Silang FULL: Ayb 31:12 - itulah api // memakan habis // seluruh hasilku · itulah api: Ayub 15:30; Ayub 15:30 · memakan habis: Ayub 26:6; Ayub 26:6 · seluruh hasilku: Ayub 31:8; Ayub 31:8

· itulah api: Ayub 15:30; [Lihat FULL. Ayub 15:30]

· memakan habis: Ayub 26:6; [Lihat FULL. Ayub 26:6]

· seluruh hasilku: Ayub 31:8; [Lihat FULL. Ayub 31:8]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:13 - atau perempuan // dengan aku · atau perempuan: Ul 5:14; Ul 5:14 · dengan aku: Kel 21:2-11; Im 25:39-46; Ul 24:14-15

· atau perempuan: Ul 5:14; [Lihat FULL. Ul 5:14]

· dengan aku: Kel 21:2-11; Im 25:39-46; Ul 24:14-15

Ref. Silang FULL: Ayb 31:14 - bangkit berdiri // mengadakan pengusutan · bangkit berdiri: Ayub 33:5 · mengadakan pengusutan: Ayub 31:4,37; Mazm 10:13,15; 94:7; Yes 10:3; Yer 5:31; Hos 9:7; Mi 7:4; Kol 4:1

· bangkit berdiri: Ayub 33:5

· mengadakan pengusutan: Ayub 31:4,37; Mazm 10:13,15; 94:7; Yes 10:3; Yer 5:31; Hos 9:7; Mi 7:4; Kol 4:1

Ref. Silang FULL: Ayb 31:15 - orang itu // dalam rahim · orang itu: Ayub 4:17; Ayub 4:17; Ams 22:2 · dalam rahim: Ayub 10:3; Ayub 10:3; Ef 6:9

· orang itu: Ayub 4:17; [Lihat FULL. Ayub 4:17]; Ams 22:2

· dalam rahim: Ayub 10:3; [Lihat FULL. Ayub 10:3]; Ef 6:9

Ref. Silang FULL: Ayb 31:16 - orang-orang kecil // seorang janda // menjadi pudar · orang-orang kecil: Im 25:17; Im 25:17; Ayub 5:16; Ayub 5:16 · seorang janda: Ayub 22:9; Ayub 22:9; Yak 1:27 · menjadi pudar: Ay...

· orang-orang kecil: Im 25:17; [Lihat FULL. Im 25:17]; Ayub 5:16; [Lihat FULL. Ayub 5:16]

· seorang janda: Ayub 22:9; [Lihat FULL. Ayub 22:9]; Yak 1:27

· menjadi pudar: Ayub 22:7

Ref. Silang FULL: Ayb 31:17 - anak yatim · anak yatim: Ayub 6:27; Ayub 6:27; Ayub 22:7; Ayub 22:7

· anak yatim: Ayub 6:27; [Lihat FULL. Ayub 6:27]; Ayub 22:7; [Lihat FULL. Ayub 22:7]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:18 - membimbing dia · membimbing dia: Yes 51:18

· membimbing dia: Yes 51:18

Ref. Silang FULL: Ayb 31:19 - ada pakaian // orang miskin · ada pakaian: Ayub 22:6; Yes 58:7 · orang miskin: Ayub 24:4

· ada pakaian: Ayub 22:6; Yes 58:7

· orang miskin: Ayub 24:4

Ref. Silang FULL: Ayb 31:20 - berkat bagiku // kulit bulu · berkat bagiku: Ayub 29:13 · kulit bulu: Hak 6:37

· berkat bagiku: Ayub 29:13

· kulit bulu: Hak 6:37

Ref. Silang FULL: Ayb 31:21 - anak yatim // pintu gerbang · anak yatim: Ayub 22:7; Ayub 22:7; Yak 1:27 · pintu gerbang: Ayub 29:7,9; Ayub 29:7; Ayub 29:9

· anak yatim: Ayub 22:7; [Lihat FULL. Ayub 22:7]; Yak 1:27

· pintu gerbang: Ayub 29:7,9; [Lihat FULL. Ayub 29:7]; [Lihat FULL. Ayub 29:9]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:22 - dari persendiannya · dari persendiannya: Bil 15:30; Ayub 5:15; 38:15; Mazm 10:15; 37:17; 137:5

Ref. Silang FULL: Ayb 31:23 - pada Allah // tidak berdaya // terhadap keluhuran-Nya · pada Allah: Ayub 10:3; Ayub 10:3; Ayub 30:15; Ayub 30:15 · tidak berdaya: Kej 20:11; Kej 20:11 · terhadap keluhuran-Nya: Ayub...

· pada Allah: Ayub 10:3; [Lihat FULL. Ayub 10:3]; Ayub 30:15; [Lihat FULL. Ayub 30:15]

· tidak berdaya: Kej 20:11; [Lihat FULL. Kej 20:11]

· terhadap keluhuran-Nya: Ayub 13:11

Ref. Silang FULL: Ayb 31:24 - kepada emas // Engkaulah kepercayaanku · kepada emas: Ayub 22:25; Ayub 22:25 · Engkaulah kepercayaanku: Mat 6:24; Luk 12:15

· kepada emas: Ayub 22:25; [Lihat FULL. Ayub 22:25]

· Engkaulah kepercayaanku: Mat 6:24; Luk 12:15

Ref. Silang FULL: Ayb 31:25 - karena kekayaanku // tanganku memperoleh · karena kekayaanku: Kej 12:16; Kej 12:16; Mazm 49:7; 52:9; 62:11; Yes 10:14 · tanganku memperoleh: Ayub 22:24; Ayub 22:24; Yeh 28:5; Lu...

· karena kekayaanku: Kej 12:16; [Lihat FULL. Kej 12:16]; Mazm 49:7; 52:9; 62:11; Yes 10:14

· tanganku memperoleh: Ayub 22:24; [Lihat FULL. Ayub 22:24]; Yeh 28:5; Luk 12:20-21

Ref. Silang FULL: Ayb 31:26 - memandang matahari // dan bulan · memandang matahari: Kej 1:16; Kej 1:16 · dan bulan: Ayub 25:5

· memandang matahari: Kej 1:16; [Lihat FULL. Kej 1:16]

· dan bulan: Ayub 25:5

Ref. Silang FULL: Ayb 31:27 - hatiku terpikat // kecupan tangan · hatiku terpikat: Ul 11:16; Ul 11:16; Ayub 24:15; Ayub 24:15; Yak 1:14 · kecupan tangan: Yer 8:2; 16:11

· hatiku terpikat: Ul 11:16; [Lihat FULL. Ul 11:16]; Ayub 24:15; [Lihat FULL. Ayub 24:15]; Yak 1:14

· kecupan tangan: Yer 8:2; 16:11

Ref. Silang FULL: Ayb 31:28 - patut dihukum // di atas · patut dihukum: Kej 38:24; Kej 38:24; Ul 17:2-7 · di atas: Bil 11:20; Bil 11:20; Yeh 8:16

· patut dihukum: Kej 38:24; [Lihat FULL. Kej 38:24]; Ul 17:2-7

· di atas: Bil 11:20; [Lihat FULL. Bil 11:20]; Yeh 8:16

Ref. Silang FULL: Ayb 31:29 - karena kecelakaan // ia ditimpa · karena kecelakaan: Bil 14:1; Bil 14:1; Mazm 35:15; Ob 1:12; Mat 5:44 · ia ditimpa: Ams 17:5; 24:17-18

· karena kecelakaan: Bil 14:1; [Lihat FULL. Bil 14:1]; Mazm 35:15; Ob 1:12; Mat 5:44

· ia ditimpa: Ams 17:5; 24:17-18

Ref. Silang FULL: Ayb 31:30 - menuntut nyawanya · menuntut nyawanya: Ayub 5:3; Rom 12:14

· menuntut nyawanya: Ayub 5:3; Rom 12:14

Ref. Silang FULL: Ayb 31:31 - lauknya · lauknya: Ayub 22:7; Ayub 22:7

· lauknya: Ayub 22:7; [Lihat FULL. Ayub 22:7]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:32 - musafir · musafir: Kej 19:2-3; Hak 19:20; Mat 25:35; Rom 12:13; Rom 12:13

· musafir: Kej 19:2-3; Hak 19:20; Mat 25:35; Rom 12:13; [Lihat FULL. Rom 12:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:33 - aku menutupi // dengan menyembunyikan · aku menutupi: Mazm 32:5; Ams 28:13 · dengan menyembunyikan: Kej 3:8; Kej 3:8

· aku menutupi: Mazm 32:5; Ams 28:13

· dengan menyembunyikan: Kej 3:8; [Lihat FULL. Kej 3:8]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:34 - khalayak ramai // aku berdiam · khalayak ramai: Kel 23:2 · aku berdiam: Mazm 32:3; 39:3

· khalayak ramai: Kel 23:2

· aku berdiam: Mazm 32:3; 39:3

Ref. Silang FULL: Ayb 31:35 - mendengarkan aku // surat tuduhan · mendengarkan aku: Ayub 9:24; Ayub 9:24; Ayub 30:28 · surat tuduhan: Ayub 27:7

· mendengarkan aku: Ayub 9:24; [Lihat FULL. Ayub 9:24]; Ayub 30:28

· surat tuduhan: Ayub 27:7

Ref. Silang FULL: Ayb 31:36 - akan kupikul // bagaikan mahkota · akan kupikul: Kel 28:12; Kel 28:12 · bagaikan mahkota: Ayub 29:14

· akan kupikul: Kel 28:12; [Lihat FULL. Kel 28:12]

· bagaikan mahkota: Ayub 29:14

Ref. Silang FULL: Ayb 31:37 - Setiap langkahku // kepada-Nya, selaku pemuka · Setiap langkahku: Ayub 31:14; Ayub 31:14; Ayub 11:11; Ayub 11:11 · kepada-Nya, selaku pemuka: Ayub 21:28; Ayub 21:28

· Setiap langkahku: Ayub 31:14; [Lihat FULL. Ayub 31:14]; Ayub 11:11; [Lihat FULL. Ayub 11:11]

· kepada-Nya, selaku pemuka: Ayub 21:28; [Lihat FULL. Ayub 21:28]

Ref. Silang FULL: Ayb 31:38 - karena aku // bajaknya menangis · karena aku: Kej 4:10; Kej 4:10 · bajaknya menangis: Mazm 65:11

· karena aku: Kej 4:10; [Lihat FULL. Kej 4:10]

· bajaknya menangis: Mazm 65:11

Ref. Silang FULL: Ayb 31:39 - tidak membayar // menyusahkan pemilik-pemiliknya · tidak membayar: 1Raj 21:19; 1Raj 21:19 · menyusahkan pemilik-pemiliknya: Im 19:13; Im 19:13; Yak 5:4

· tidak membayar: 1Raj 21:19; [Lihat FULL. 1Raj 21:19]

· menyusahkan pemilik-pemiliknya: Im 19:13; [Lihat FULL. Im 19:13]; Yak 5:4

Ref. Silang FULL: Ayb 31:40 - tetapi onak // tetapi lalang // kata-kata Ayub · tetapi onak: Kej 3:18; Kej 3:18; Mat 13:7 · tetapi lalang: Zef 2:9; Mat 13:26 · kata-kata Ayub: Mazm 72:20; Yer 51:64

· tetapi onak: Kej 3:18; [Lihat FULL. Kej 3:18]; Mat 13:7

· tetapi lalang: Zef 2:9; Mat 13:26

· kata-kata Ayub: Mazm 72:20; Yer 51:64

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 31:1-40 - Pembelaan terakhir Ayub (Sabtu, 10 Agustus 2002) Pembelaan terakhir Ayub Solilokui atau ungkapan perasaan terdalam Ayub melalui perkataan ini (ps. 29-31) ditutup dengan pengakuan bahwa dirinya tidak...

SH: Ayb 31:1-40 - Terbuka untuk diadili (Minggu, 4 Desember 2005) Terbuka untuk diadili Dalam Alkitab kita bertemu dengan beberapa tokoh yang berani menantang orang lain untuk membuktikan dirinya bersalah. Mi...

SH: Ayb 30:1--31:40 - Hidup Murni di hadapan Tuhan (Rabu, 28 Oktober 2015) Hidup Murni di hadapan Tuhan Layaknya dalam persidangan, Ayub mengajukan pembelaannya yang terakhir. Pasal 31 memberikan gambaran yang tajam tentang ...

SH: Ayb 30:1--31:40 - Iman yang Utuh (Selasa, 6 Juni 2023) Iman yang Utuh Setelah sejenak menjadi lebih positif, nuansa ucapan Ayub kembali penuh dengan kemuraman. Ayub menyampaikan dengan jelas kondisinya sa...

Topik Teologia: Ayb 31:7 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia

Topik Teologia: Ayb 31:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Hati sebagai Tempat Keputusan Etikal Kel 14:5 Ula 30:17 Yos 24:23 2Sa 15:6 1Ra 8:58 1Ra 18:37...

Topik Teologia: Ayb 31:13 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan Manusia Dalam Relasinya dengan Makhluk Ciptaan Lain Manusia a...

Topik Teologia: Ayb 31:15 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Urutan Ciptaan Penciptaan Umat Manusia Manusia Diberikan Bentuk Tubuh ...

Topik Teologia: Ayb 31:16 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Ayb 31:17 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama

Topik Teologia: Ayb 31:21 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Ayb 31:23 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Takut kepada Allah Alasan-alasan Takut kepada Allah Taku...

Topik Teologia: Ayb 31:27 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Hati sebagai Tempat Keputusan Etikal Kel 14:5 Ula 30:17 Yos 24:23 2Sa 15:6 1Ra 8:58 1Ra 18:37...

Topik Teologia: Ayb 31:29 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Ayb 31:30 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #09: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab dan catatan hanya seukuran layar atau memanjang. [SEMUA]
dibuat dalam 0.52 detik
dipersembahkan oleh YLSA