kecilkan semua  

Teks -- 2 Raja-raja 20:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Hizkia sakit dan disembuhkan
20:1 Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos, dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi." 20:2 Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN: 20:3 "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu." Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat. 20:4 Tetapi Yesaya belum lagi keluar dari pelataran tengah, tiba-tiba datanglah firman TUHAN kepadanya: 20:5 "Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN. 20:6 Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku." 20:7 Kemudian berkatalah Yesaya: "Ambillah sebuah kue ara!" Lalu orang mengambilnya dan ditaruh pada barah itu, maka sembuhlah ia. 20:8 Sebelum itu Hizkia telah berkata kepada Yesaya: "Apakah yang akan menjadi tanda bahwa TUHAN akan menyembuhkan aku dan bahwa aku akan pergi ke rumah TUHAN pada hari yang ketiga?" 20:9 Yesaya menjawab: "Inilah yang akan menjadi tanda bagimu dari TUHAN, bahwa TUHAN akan melakukan apa yang telah dijanjikan-Nya: Akan majukah bayang-bayang itu sepuluh tapak atau akan mundur sepuluh tapak?" 20:10 Hizkia berkata: "Itu perkara ringan bagi bayang-bayang itu untuk memanjang sepuluh tapak! Sebaliknya, biarlah bayang-bayang itu mundur ke belakang sepuluh tapak." 20:11 Lalu berserulah nabi Yesaya kepada TUHAN, maka dibuat-Nyalah bayang-bayang itu mundur ke belakang sepuluh tapak, yang sudah dijalani bayang-bayang itu pada penunjuk matahari buatan Ahas.
Hizkia dan para utusan dari Babel
20:12 Pada waktu itu Merodakh-Baladan bin Baladan, raja Babel, menyuruh orang membawa surat dan pemberian kepada Hizkia, sebab telah didengarnya bahwa Hizkia sakit tadinya. 20:13 Hizkia bersukacita atas kedatangan mereka, lalu diperlihatkannyalah kepada mereka segenap gedung harta bendanya, emas dan perak, rempah-rempah dan minyak yang berharga, gedung persenjataannya dan segala yang terdapat dalam perbendaharaannya. Tidak ada barang yang tidak diperlihatkan Hizkia kepada mereka di istananya dan di seluruh daerah kekuasaannya. 20:14 Kemudian datanglah nabi Yesaya kepada raja Hizkia dan bertanya kepadanya: "Apakah yang telah dikatakan orang-orang ini? Dan dari manakah mereka datang?" Jawab Hizkia: "Mereka datang dari negeri yang jauh, dari Babel!" 20:15 Lalu tanyanya lagi: "Apakah yang telah dilihat mereka di istanamu?" Jawab Hizkia: "Semua yang ada di istanaku telah mereka lihat. Tidak ada barang yang tidak kuperlihatkan kepada mereka di perbendaharaanku." 20:16 Lalu Yesaya berkata kepada Hizkia: "Dengarkanlah firman TUHAN! 20:17 Sesungguhnya, suatu masa akan datang, bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel. Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman TUHAN. 20:18 Dan dari keturunanmu yang akan kauperoleh, akan diambil orang untuk menjadi sida-sida di istana raja Babel." 20:19 Hizkia menjawab kepada Yesaya: "Sungguh baik firman TUHAN yang engkau ucapkan itu!" Tetapi pikirnya: "Asal ada damai dan keamanan seumur hidupku!" 20:20 Selebihnya dari riwayat Hizkia, segala kepahlawanannya dan bagaimana ia membuat kolam dan saluran air dan mengalirkan air ke dalam kota, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda? 20:21 Kemudian Hizkia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya. Maka Manasye, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahas a son of Jotham; listed as an ancestor of Jesus,son and successor of King Jotham of Judah,son of Micah of Benjamin
 · Amos father of the prophet Isaiah
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · Babel members of the nation of Babylon
 · Baladan father of Merodach-Baladan, king of Babylon
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Hizkia son of Neariah, a descendant of Jeconiah
 · Manasye member of the tribe of Manasseh
 · Merodakh-Baladan son of Baladan; king of Babylon in Hezekiah's time
 · orang Asyur a member of the nation of Assyria
 · orang Manasye the tribe of Manasseh.
 · suku Manasye the tribe of Manasseh.
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yesaya son of Hananiah, a descendant of King Jehoiachin,son of Jeduthun the Levite and worship leader under Jeduthun and King David,son of Rehabiah; a Levitical chief treasurer whose descendants returned from exile,son of Athaliah; head of a family group descended from Elam who returned from exile,a Levite of Merari who led recruits to Ezra,a man of Benjamin; ancestor of Sallu, who lived in Jerusalem in Nehemiah's time


Topik/Tema Kamus: Hizkia | Yesaya | Raja | Raja-raja, Kitab-kitab | Babel | Sakit, Penyakit | Waktu Atau Masa | Penyakit | Perbuatan Ajaib | Matahari | Doa Perorangan | Sakit | Yerusalem | Pohon Ara | Serah, Penyerahan Diri | Urap, Pengurapan | Sombong, Kesombongan | Orang Kudus Yang Menderita | Senjata Untuk Berperang | Hari | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Raj 20:1 - ENGKAU AKAN MATI. Nas : 2Raj 20:1 Lihat cat. --> Yes 38:1. [atau ref. Yes 38:1]

Nas : 2Raj 20:1

Lihat cat. --> Yes 38:1.

[atau ref. Yes 38:1]

Full Life: 2Raj 20:5 - TELAH KUDENGAR DOAMU ... AKU AKAN MENYEMBUHKAN ENGKAU. Nas : 2Raj 20:5 Lihat cat. --> Yes 38:5. [atau ref. Yes 38:5]

Nas : 2Raj 20:5

Lihat cat. --> Yes 38:5.

[atau ref. Yes 38:5]

Full Life: 2Raj 20:11 - DIBUAT-NYALAH BAYANG-BAYANG ITU MUNDUR ... SEPULUH TAPAK. Nas : 2Raj 20:11 Lihat cat. --> Yes 38:8. [atau ref. Yes 38:8]

Nas : 2Raj 20:11

Lihat cat. --> Yes 38:8.

[atau ref. Yes 38:8]

Full Life: 2Raj 20:17 - DIANGKUT KE BABEL. Nas : 2Raj 20:17 Nubuat Yesaya tentang pembuangan Yehuda oleh Babel digenapi 115 tahun kemudian ketika Nebukadnezar, raja Babel, membinasakan Yerus...

Nas : 2Raj 20:17

Nubuat Yesaya tentang pembuangan Yehuda oleh Babel digenapi 115 tahun kemudian ketika Nebukadnezar, raja Babel, membinasakan Yerusalem, menjarahi tanah dan Bait Suci dari semua kekayaannya lalu membawa rakyat Yehuda sebagai tawanan ke negerinya (bd. 2Raj 24:10-13; 2Taw 33:11; Dan 1:1-3).

BIS: 2Raj 20:7 - supaya ia sembuh Menurut terjemahan kuno (dan lihat Yes 38:21): supaya ia sembuh; menurut naskah Ibrani dan ia sembuh.

Menurut terjemahan kuno (dan lihat Yes 38:21): supaya ia sembuh; menurut naskah Ibrani dan ia sembuh.

Jerusalem: 2Raj 20:1-21 - -- Bab 20 ini tercantum juga dalam Yes 38:1-39:8 tetapi dalam Yesaya teksnya lebih pendek dan urutan ayat-ayat kadang-kadang berbeda. Dalam Yesaya ditamb...

Bab 20 ini tercantum juga dalam Yes 38:1-39:8 tetapi dalam Yesaya teksnya lebih pendek dan urutan ayat-ayat kadang-kadang berbeda. Dalam Yesaya ditambahkan "Nyanyian Hizkia".

Jerusalem: 2Raj 20:1 - Pada hari-hari itu Ini petugas waktu yang tidak menentu. Jika Hizkia mangkat pada th 687 seb Mas, maka lima belas tahun yang disebut dalam 2Ra 20:15 menunjuk bahwa Hizki...

Ini petugas waktu yang tidak menentu. Jika Hizkia mangkat pada th 687 seb Mas, maka lima belas tahun yang disebut dalam 2Ra 20:15 menunjuk bahwa Hizkia kena penyakitnya sedikit waktu sebelum raja Sanherib menyerbu. Penyerbuan itu memang tersinggung dalam 2Ra 20:15 itu. Waktu itu juga sesuai dengan waktu datangnya utusan-utusan Merodakh-Baladan, yang oleh 2Ra 20:12 dihubungkan dengan sembuhnya raja Hizkia.

Jerusalem: 2Raj 20:4 - dari pelataran tengah Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: keluar dari kota.

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: keluar dari kota.

Jerusalem: 2Raj 20:8-11 - -- Ayat-ayat ini berupa tambahan, sebab dalam 2Ra 20:7 Hizkia sudah sembuh.

Ayat-ayat ini berupa tambahan, sebab dalam 2Ra 20:7 Hizkia sudah sembuh.

Jerusalem: 2Raj 20:9 - Akan majukah Dalam naskah Ibrani tertulis sudah majulah.

Dalam naskah Ibrani tertulis sudah majulah.

Jerusalem: 2Raj 20:11 - penunjuk mata hari Terjemahan ini tidak pasti. Dalam naskah Yes (38:8) yang ditemukan di Qumran terbaca: kamar atas (peranginan). Maka yang dimaksud kiranya sebuah tangg...

Terjemahan ini tidak pasti. Dalam naskah Yes (38:8) yang ditemukan di Qumran terbaca: kamar atas (peranginan). Maka yang dimaksud kiranya sebuah tangga ke kamar-atas (peranginan) yang dibangun oleh raja Ahas, bdk 2Ra 23:12+.

Jerusalem: 2Raj 20:12 - Merodakh-Baladan Nama itu dalam bahasa Asyur berbunyi sbb: Marduk-apal-iddina, artinya: (dewa) Marduk telah memberikan seorang anak laki-laki. Ia memperjuangkan kemerd...

Nama itu dalam bahasa Asyur berbunyi sbb: Marduk-apal-iddina, artinya: (dewa) Marduk telah memberikan seorang anak laki-laki. Ia memperjuangkan kemerdekaan Babel terhadap kerajaan Asyur. Ia memerintah di Babel pada th 721-710 seb Mas dan kembali memerintah pada th 703 selama sembilan bulan. Agaknya dalam th 703 inilah ia berusaha menarik raja Hizkia ke dalam suatu persekutuan melawan kerajaan Asyur

Jerusalem: 2Raj 20:12 - sakit tadinya Dalam Yes 39:1 terbaca: sakit tadinya dan sudah kuat kembali.

Dalam Yes 39:1 terbaca: sakit tadinya dan sudah kuat kembali.

Jerusalem: 2Raj 20:13 - bersukacita Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno dalam Yes 39:2. Dalam naskah Ibrani tertulis: mendengar.

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno dalam Yes 39:2. Dalam naskah Ibrani tertulis: mendengar.

Jerusalem: 2Raj 20:19 - seumur hidupku Nabi Yesaya menubuatkan kota Yerusalem akan dirampasi dan kalangan atas masyarakat diangkat ke pembuangan, bdk 2Ra 24:13 dst. SEcara egois raja Hizkia...

Nabi Yesaya menubuatkan kota Yerusalem akan dirampasi dan kalangan atas masyarakat diangkat ke pembuangan, bdk 2Ra 24:13 dst. SEcara egois raja Hizkia mengambil kesimpulan bahwa selama ia hidup semuanya akan baik-baik saja. Tetapi bagian kedua ayat ini tidak ada dalam beberapa naskah terjemahan Yunani dan barangkali berupa sebuah sisipan. Kalau demikian maka jawaban Hizkia hanya mengungkapkan pasrahnya.

Jerusalem: 2Raj 20:20 - ke dalam kota Mata air Gihon, 1Ra 1:33 terletak di luar tembok kota. Hizkia menyuruh pahat sebuah terowongan di dalam bukit batu. Melalui terowongan itu air dari ma...

Mata air Gihon, 1Ra 1:33 terletak di luar tembok kota. Hizkia menyuruh pahat sebuah terowongan di dalam bukit batu. Melalui terowongan itu air dari mata air itu dialirkan kepada kolam Siloam, bdk Yos 9:7, yang dalam Yes 22:11 disebut "tempat pengumpulan", bdk Sir 48:17. Kolam itu terletak di dalam kota. Terowongan baru itu mengganti sebuah terusan lain yang sebagiannya dipahat di permukaan tanah di lereng gunung dipahat di permukaan tanah di lereng gunung Sion. Terowongan lama itu mengalirkan air ke kolam lain, yang terletak lebih ke bawah dari pada kolam Siloam, Yes 7:3; 2Ra 18:17; Yes 36:2; Yes 22:9.

Ende: 2Raj 20:1 - Pada masa itu Rumus jang sangat umum dan kabur. Sebenarnja kedua peristiwa jang berikut ini terdjadi sebelum Sanherib memasuki Juda.

Rumus jang sangat umum dan kabur. Sebenarnja kedua peristiwa jang berikut ini terdjadi sebelum Sanherib memasuki Juda.

Ende: 2Raj 20:5 - hari ketiga ialah lusa. Ajat ini diteruskan oleh aj. 8(2Ra 20:8). Ajat2 6-7(2Ra 20:6-7) memutuskan djalan pikiran dan lebih baik dibatja sesudah ajat 11.

ialah lusa. Ajat ini diteruskan oleh aj. 8(2Ra 20:8). Ajat2 6-7(2Ra 20:6-7) memutuskan djalan pikiran dan lebih baik dibatja sesudah ajat 11.

Ende: 2Raj 20:7 - -- Obat tsb, termasuk kedalam obat2an, jang dipakai pada masa itu.

Obat tsb, termasuk kedalam obat2an, jang dipakai pada masa itu.

Ende: 2Raj 20:11 - djendjang Ahaz Terdjemahan ini tidak pasti. apa jang dimaksudkan ialah mungkin suatu tangga biasa atau djuga suatu djam-matahari.

Terdjemahan ini tidak pasti. apa jang dimaksudkan ialah mungkin suatu tangga biasa atau djuga suatu djam-matahari.

Ende: 2Raj 20:12-19 - -- Perdutaan ini bermaksud menarik Hizkia kedalam suatu persekutuan anti-Assyria.

Perdutaan ini bermaksud menarik Hizkia kedalam suatu persekutuan anti-Assyria.

Ende: 2Raj 20:20 - -- Saluran itu adalah suatu terowongan dari mata-air Gihon diluar tembok sampai kedalam kota, supaja dalam keadaan darurat (perkumpulan) toh ada air. Dew...

Saluran itu adalah suatu terowongan dari mata-air Gihon diluar tembok sampai kedalam kota, supaja dalam keadaan darurat (perkumpulan) toh ada air. Dewasa ini terowongan itu masih ada.

Endetn: 2Raj 20:4 - pelataran diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "kota".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "kota".

Endetn: 2Raj 20:11 - -- Ditinggalkan: "atas anak2 tangga, jang telah dituruninja pada ...", menurut terdjemahan Junani (lih. Yes 38:8).

Ditinggalkan: "atas anak2 tangga, jang telah dituruninja pada ...", menurut terdjemahan Junani (lih. Yes 38:8).

Endetn: 2Raj 20:13 - bersukatjita diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno dan beberapa naskah Hibrani. Tertulis: "mendengarnja".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno dan beberapa naskah Hibrani. Tertulis: "mendengarnja".

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:3 - ingatlah kiranya // telah hidup // dengan setia · ingatlah kiranya: Kej 8:1; Kej 8:1; Neh 1:8; 5:19; 13:14 · telah hidup: Kej 5:22; Kej 5:22 · dengan setia: 1Raj 2:4; 1Raj 2:4; ...

· ingatlah kiranya: Kej 8:1; [Lihat FULL. Kej 8:1]; Neh 1:8; 5:19; 13:14

· telah hidup: Kej 5:22; [Lihat FULL. Kej 5:22]

· dengan setia: 1Raj 2:4; [Lihat FULL. 1Raj 2:4]; 2Taw 31:20

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:5 - Telah Kudengar // air matamu · Telah Kudengar: 1Raj 9:3; 1Raj 9:3 · air matamu: Mazm 6:7,9; 39:13; 56:9

· Telah Kudengar: 1Raj 9:3; [Lihat FULL. 1Raj 9:3]

· air matamu: Mazm 6:7,9; 39:13; 56:9

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:6 - akan memagari · akan memagari: 2Raj 19:34; 2Raj 19:34; 1Taw 17:19; 1Taw 17:19

· akan memagari: 2Raj 19:34; [Lihat FULL. 2Raj 19:34]; 1Taw 17:19; [Lihat FULL. 1Taw 17:19]

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:7 - barah itu · barah itu: Kel 9:9; Kel 9:9

· barah itu: Kel 9:9; [Lihat FULL. Kel 9:9]

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:9 - menjadi tanda · menjadi tanda: Ul 13:2; Ul 13:2; Yer 44:29

· menjadi tanda: Ul 13:2; [Lihat FULL. Ul 13:2]; Yer 44:29

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:10 - perkara ringan · perkara ringan: 2Raj 3:18; 2Raj 3:18

· perkara ringan: 2Raj 3:18; [Lihat FULL. 2Raj 3:18]

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:11 - ke belakang · ke belakang: Yos 10:13; 2Taw 32:31

· ke belakang: Yos 10:13; 2Taw 32:31

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:17 - ke Babel · ke Babel: 2Raj 24:13; 2Taw 36:10; Yer 20:5; 27:22; 52:17-23

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:18 - dari keturunanmu // raja Babel · dari keturunanmu: 2Raj 24:15; Dan 1:3 · raja Babel: Mi 4:10

· dari keturunanmu: 2Raj 24:15; Dan 1:3

· raja Babel: Mi 4:10

Ref. Silang FULL: 2Raj 20:20 - membuat kolam // dan saluran · membuat kolam: 2Raj 18:17; 2Raj 18:17 · dan saluran: 2Sam 5:8; 2Sam 5:8

· membuat kolam: 2Raj 18:17; [Lihat FULL. 2Raj 18:17]

· dan saluran: 2Sam 5:8; [Lihat FULL. 2Sam 5:8]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Raj 20:1 - Pada hari-hari itu // Beginilah firman Tuhan 1. Pada hari-hari itu. Masa serbuan pertama Sanherib. Perbandingan urutan peristiwa 18:1-20:19 dengan urutan di Yesaya 36:1-40:1 menunjukkan bahwa cat...

1. Pada hari-hari itu. Masa serbuan pertama Sanherib. Perbandingan urutan peristiwa 18:1-20:19 dengan urutan di Yesaya 36:1-40:1 menunjukkan bahwa catatan Yesaya merupakan sumber masukan bagi kisah ini. Jelas bahwa kedua kisah ini memiliki tujuan yang berbeda. Di dalarn Yesaya tujuannya ialah untuk menunjukkan bahwa hanya Tuhan saja yang bisa menghibur umat-Nya; di dalarn Raja-raja tujuannya ialah menunjukkan bahwa para Raja Yehuda yang mengikuti strategi Hizkia dengan mengadakan persepakatan duniawi memastikan keruntuhan Yehuda. Beginilah firman Tuhan. Peristiwa-peristiwa yang telah terjadi menunjukkan bahwa hukuman mati itu bersyarat.

Wycliffe: 2Raj 20:2 - Memalingkan mukanya ke arah dinding. Hizkia 2. Memalingkan mukanya ke arah dinding. Hizkia bersekutu sendiri dengan Allah.

2. Memalingkan mukanya ke arah dinding. Hizkia bersekutu sendiri dengan Allah.

Wycliffe: 2Raj 20:3 - Aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia 3. Aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia. Hizkia memohon usia yang panjang sebagaimana dijanjikan kepada orang-orang yang hidup dengan benar (Ams...

3. Aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia. Hizkia memohon usia yang panjang sebagaimana dijanjikan kepada orang-orang yang hidup dengan benar (Ams. 10:27). Dengan beranggapan bahwa semua yang telah dilakukannya selama ini sesuai dengan perintah-perintah Allah, lalu mengapa dia harus mati? Bandingkan kesaksian Hizkia dalam Yesaya 38:10-20. Hizkia meminta waktu untuk memantapkan pembaharuan-pembaharuan moral yang diadakannya di antara bangsa itu.

Wycliffe: 2Raj 20:4 - Pelataran tengah 4. Pelataran tengah. Wilayah istana, bukit Sion. Tuhan menjawab dengan cepat.

4. Pelataran tengah. Wilayah istana, bukit Sion. Tuhan menjawab dengan cepat.

Wycliffe: 2Raj 20:5 - Telah Kudengar doamu 5. Telah Kudengar doamu. Allah menjanjikan kesembuhan. Dari Yesaya 38:17, 18 tampak bahwa ada suatu alasan mengapa Hizkia harus dihajar, kemungkinan b...

5. Telah Kudengar doamu. Allah menjanjikan kesembuhan. Dari Yesaya 38:17, 18 tampak bahwa ada suatu alasan mengapa Hizkia harus dihajar, kemungkinan besar karena dia kurang iman secara memalukan pada saat serangan pertama Sanherib, ketika Hizkia mengadakan persepakatan dengan orang Arab (Luckenbill, Annals of Sennacherib, hlm. 33). Ketika itu Hizkia tidak merupakan teladan yang pantas dari seorang yang mengandalkan dan menaati Allah.

Wycliffe: 2Raj 20:6 - Aku akan memperpanjang hidupmu // Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan Raja Asyur, menunjukkan // Aku akan memagari kota ini 6. Aku akan memperpanjang hidupmu. Maksud Allah adalah agar Hizkia masih berkesempatan untuk menunjukkan wujud dari iman yang sejati. Kata-kata, Aku a...

6. Aku akan memperpanjang hidupmu. Maksud Allah adalah agar Hizkia masih berkesempatan untuk menunjukkan wujud dari iman yang sejati. Kata-kata, Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan Raja Asyur, menunjukkan bahwa peristiwa ini terjadi pada saat serangan pertama oleh Sanherib. Aku akan memagari kota ini. Lihat 19:34, 35.

Wycliffe: 2Raj 20:7 - Ambillah sebuah kue ara // barah 7. Ambillah sebuah kue ara. Orang kuno percaya bahwa kue ara dapat menyembuhkan bisul. Penyebab sesungguhnya dari penyakit Hizkia tidak diketahui. Mun...

7. Ambillah sebuah kue ara. Orang kuno percaya bahwa kue ara dapat menyembuhkan bisul. Penyebab sesungguhnya dari penyakit Hizkia tidak diketahui. Mungkin barah hanyalah gejala saja.

Allah di dalam kemurahan-Nya memberikan sebuah tanda kepada Raja bahwa dia pasti akan sembuh.

Wycliffe: 2Raj 20:8 - Apakah yang akan menjadi tanda? // Pada hari yang ketiga 8. Apakah yang akan menjadi tanda? Mengenai urutan peristiwa yang benar bacalah ayat-ayat itu dengan urutan ini: 6, 8, 11, 7. Hizkia menginginkan sebu...

8. Apakah yang akan menjadi tanda? Mengenai urutan peristiwa yang benar bacalah ayat-ayat itu dengan urutan ini: 6, 8, 11, 7. Hizkia menginginkan sebuah tanda yang tampak atau saksi lain untuk mengangkat kekhawatirannya dan memperkuat imannya. Pada hari yang ketiga. Kesembuhannya akan terjadi dengan cepat.

Wycliffe: 2Raj 20:9 - Akan majukah bayang-bayang itu ... atau akan mundur sepuluh tapak? 9. Akan majukah bayang-bayang itu ... atau akan mundur sepuluh tapak? Hizkia memilih yang mundur sebagai bukti yang paling kuat dan positif tentang ja...

9. Akan majukah bayang-bayang itu ... atau akan mundur sepuluh tapak? Hizkia memilih yang mundur sebagai bukti yang paling kuat dan positif tentang janji Tuhan.

Wycliffe: 2Raj 20:12 - Merodakh-Baladan 12. Merodakh-Baladan (Marduk-Apaliddin) dua kali menjadi raja Babel (722-710, 703-702 sM). Takhtanya dirampas pertama kali oleh Sargon sekitar tahun 7...

12. Merodakh-Baladan (Marduk-Apaliddin) dua kali menjadi raja Babel (722-710, 703-702 sM). Takhtanya dirampas pertama kali oleh Sargon sekitar tahun 710 sM, tetapi kemudian dia berhasil merebutnya kembali. Kali kedua dia dikalahkan dan diturunkan dari takhta oleh Sanherib bersama dengan sekutunya Elam (lih. Luckenbill, Annals of Sennacherib, hlm. 24) ketika Sanherib melancarkan serangan pertamanya pada tahun 703 sM. Utusan yang disebutkan pada 20:12 datang pada tahun pemerintahan Hizkia yang keempat belas (karena sudah ditambah lima belas tahun) ketika Sanherib untuk pertama kali menyerang Yehuda (lih. taf. ay. 6). Merodakh berusaha untuk bersekutu dengan Hizkia (lih. Yosefus, Antiq, x.2.2). Hizkia belum meninggalkan kebiasaannya untuk mengadakan persekutuan. Dia masih akan melakukan hal itu sampai serangan kedua Sanherib terjadi, lalu dia menjadi orang beriman. Utusan Merodakh ini mungkin datang pada tahun 700 sM.

Wycliffe: 2Raj 20:13 - Hizkia bersukacita .. lalu diperlihatkannyalah kepada mereka segenap gedung harta bendanya 13. Hizkia bersukacita .. lalu diperlihatkannyalah kepada mereka segenap gedung harta bendanya. Yosefus (Antiq, x.2.2) mengemukakan bahwa Hizkia menun...

13. Hizkia bersukacita .. lalu diperlihatkannyalah kepada mereka segenap gedung harta bendanya. Yosefus (Antiq, x.2.2) mengemukakan bahwa Hizkia menunjukkan harta bendanya untuk membuktikan bahwa dirinya adalah seorang sekutu yang layak diperhitungkan. Tampaknya upeti yang diserahkan kepada Sanherib pada tahun 701 sM tidak terlalu mengurangi hartanya.

Wycliffe: 2Raj 20:14 - Kemudian ... Yesaya ... bertanya kepadanya 14. Kemudian ... Yesaya ... bertanya kepadanya. Yesaya yang mengerti maksud sesungguhnya dari sang utusan memanggil Hizkia untuk menceritakan apa yang...

14. Kemudian ... Yesaya ... bertanya kepadanya. Yesaya yang mengerti maksud sesungguhnya dari sang utusan memanggil Hizkia untuk menceritakan apa yang terjadi serta memperingatkannya akan akibat-akibat yang akan timbul. Bandingkan dengan II Tawarikh 32:31.

Wycliffe: 2Raj 20:17-18 - Yang disimpan oleh nenek moyangmu ... Dan ... keturunanmu ... akan diambil 17, 18. Yang disimpan oleh nenek moyangmu ... Dan ... keturunanmu ... akan diambil. Kesombongan Hizkia tersebut merupakan contoh dari kesombongan dan ...

17, 18. Yang disimpan oleh nenek moyangmu ... Dan ... keturunanmu ... akan diambil. Kesombongan Hizkia tersebut merupakan contoh dari kesombongan dan ketiadaan iman yang akan menyebabkan runtuhnya Yehuda. Hizkia meninggalkan iman kepada Tuhan pencipta semesta alam dan mengandalkan kemampuannya sendiri (II Taw. 32:25).

Wycliffe: 2Raj 20:19 - Hizkia menjawab ... asal ada damai dan keamanan seumur hidupku 19. Hizkia menjawab ... asal ada damai dan keamanan seumur hidupku. Ini bukan sebuah pengakuan dosa. Ini adalah ungkapan kebijakan "yang penting aman ...

19. Hizkia menjawab ... asal ada damai dan keamanan seumur hidupku. Ini bukan sebuah pengakuan dosa. Ini adalah ungkapan kebijakan "yang penting aman pada masa pemerintahan saya," suatu sikap tidak bijaksana yang menunjukkan kurangnya perhatian terhadap orang-orang yang akan tertimpa malapetaka. Oleh karena itu Yesaya hanya bisa berpaling kepada Allah dan berseru, "Hiburkanlah, hiburkanlah umat-Ku" (Yes. 40:1). Sesudah kehancuran yang dinubuatkan itulah baru dosa kemurtadan Israel berakhir dan sesudah itulah baru damai yang sejati berlangsung.

Wycliffe: 2Raj 20:20 - -- 20. Ayat ini merupakan rangkuman dari kegiatan pembangunan yang dilakukan pada masa pemerintahan Hizkia (bdg. II Taw. 32:27-30).

20. Ayat ini merupakan rangkuman dari kegiatan pembangunan yang dilakukan pada masa pemerintahan Hizkia (bdg. II Taw. 32:27-30).

Wycliffe: 2Raj 20:21 - Hizkia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya 21. Hizkia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya. Tindakan-tindakan Hizkia yang penting semasa hidupnya telah dikisahkan. Kini kita ...

21. Hizkia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya. Tindakan-tindakan Hizkia yang penting semasa hidupnya telah dikisahkan. Kini kita harus mengarahkan perhatian kepada tokoh selanjutnya yang merupakan ilustrasi dari kesia-siaan dan keangkuhan yang telah mempercepat keruntuhan Yehuda.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Raj 20:1-11 - Panjang umur adalah berkat? (Minggu, 10 Juli 2005) Panjang umur adalah berkat? Bolehkah kita berdoa meminta panjang umur pada Tuhan? Jawabannya tentu tergantung motivasi di balik permintaan tersebut. A...

SH: 2Raj 20:1-11 - Doa bukanlah kartu ATM. (Kamis, 13 Juli 2000) Doa bukanlah kartu ATM. Di dalam salah satu acara mimbar agama kristen di televisi swasta, diperlihatkan bertumpuk-tumpuk surat doa yang dikir...

SH: 2Raj 20:12-21 - Ketika harta menjadi yang utama (Senin, 11 Juli 2005) Ketika harta menjadi yang utama Orang yang bijaksana menaruh pengharapannya pada hal-hal yang bernilai kekekalan. Baginya, hal-hal yang sementara sepe...

SH: 2Raj 20:12-21 - Masa depan yang bukan untuk diketahui -- adalah anugerah. (Jumat, 14 Juli 2000) Masa depan yang bukan untuk diketahui -- adalah anugerah. Manusia cenderung ingin mengetahui segala sesuatu yang akan terjadi di masa mendatan...

Topik Teologia: 2Raj 20:1 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah Unsur-unsur Doa Permohonan...

Topik Teologia: 2Raj 20:2 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah

Topik Teologia: 2Raj 20:5 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah

Topik Teologia: 2Raj 20:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Tujuan Mujizat-mujizat Itu ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Para Raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang Karena 1 dan 2...

Full Life: 2 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda (2Raj 1:1-17:41) A. Kelanjutan Pemerintahan Ahazia (Israel) ...

Ende: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 RAJA-RAJA LIHAT PENDAHULUAN I_Raja-raja

Wycliffe: 2 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 2 RAJA-RAJA LIHAT GARIS BESAR I RAJA-RAJA

BIS: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) II RAJA-RAJA PENGANTAR Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku

II RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku ini terdiri dari dua bagian:

  1. (1) Kisah sejarah dari kedua kerajaan itu mulai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 Sebelum Masehi.
  2. (2) Kisah sejarah kerajaan Yehuda mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar raja Babel pada tahun 586 Sebelum Masehi. Buku ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi gubernur Yehuda di bawah kekuasaan bangsa Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin raja Yehuda dari penjara di Babel.

Bencana-bencana nasional itu terjadi karena raja-raja serta rakyat Israel dan Yehuda tidak setia kepada TUHAN. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya banyak orang Yehuda ke Babel merupakan salah satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

Nabi yang menonjol dalam buku II Raja-raja ini ialah Elisa, pengganti Nabi Elia.

Isi

  1.  Kerajaan yang pecah
    2Raj 1:1-17:41
    1. a. Nabi Elisa
      2Raj 1:1-8:15
    2. b. Kerajaan Yehuda dan Israel
      2Raj 8:16-17:4
    3. c. Jatuhnya Samaria
      2Raj 17:5-41
  2.  Kerajaan Yehuda
    2Raj 18:1-24:20
    1. a. Dari Hizkia sampai Yosia
      2Raj 18:1-21:26
    2. b. Pemerintahan Yosia
      2Raj 22:1-23:30
    3. c. Raja-raja Yehuda yang terakhir
      2Raj 23:31-24:20
  3.  Jatuhnya Yerusalem
    2Raj 25:1-30

Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Pembaruan dan pemberontakan MENGENAI KITAB ITUII Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia,

Pembaruan dan pemberontakan

MENGENAI KITAB ITU
II Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia, dan diteruskan sampai Israel dihancurkan dan Yehuda dibuang ke Babel. Diceritakannya kembali kisah Elia dalam II Raja-raja mengingatkan kita bahwa kitab ini merupakan bagian kedua dari satu kitab Raja-raja yang utuh. Tidak ada alasan yang jelas mengenai pembagian kitab menjadi I dan II Raja-raja, tetapi oleh karena panjang kedua kitab hampir sama, kemungkinannya ialah hal itu dilakukan untuk mempermudah penulisan dalam dua gulungan. Beberapa kisah yang kita temukan dalam Raja-raja juga terdapat dalam Tawarikh, walaupun penulis Tawarikh menulis dari sudut yang agak berbeda dan hanya menulis tentang kerajaan selatan, yaitu Yehuda.

MENGAPA KITAB ITU DITULIS?
II Raja-raja meliputi kurun waktu kurang lebih 270 tahun, dua kali lebih panjang daripada periode yang meliputi I Raja-raja. Namun, sebagian besar kisah menceritakan kehidupan Elisa. Seperti juga dalam I Raja-raja, tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam kerohanian bangsa, seperti Hizkia dan Yosia diceritakan dengan panjang lebar. Sedangkan yang lain, walaupun mereka memerintah dalam jangka waktu yang lama dan membawa kemakmuran, hanya diceritakan secara sepintas saja. Orang Yahudi mengakui bahwa semua kitab sejarah sungguh-sungguh mempunyai maksud rohani, dan mereka mengelompokkan kitab-kitab tersebut dalam "nabi-nabi terdahulu".

PARA NABI
Banyak dari nabi-nabi penulis (yang dikenal dalam Kitab Suci bangsa Ibrani sebagai "nabi-nabi yang belakangan") melayani dalam periode yang terangkum dalam II Raja-raja, dan kitab-kitab yang mereka tulis memberikan kepada kita banyak informasi mengenai seberapa jauh korupsi yang terjadi dalam kedua negeri itu. Namun demikian, hanya sedikit sekali yang kita pelajari mengenai karya Raja-raja dan pengaruh mereka. Diceritakan bahwa Hizkia pergi menemui Yesaya, tetapi Amos, Hosea, Mikha dan Yeremia tidak disebut-sebut sama sekali. Penulis kitab Raja-raja lebih menekankan mengenai bagaimana para raja dan rakyatnya menanggapi pesan-pesan Allah daripada menulis tentang bagaimana dan dari mana mereka menerima pesan itu.

RAJA-RAJA
Sukar untuk membuat suatu daftar tentang semua raja dan masa pemerintahan mereka, karena waktu kurang setahun selalu dihitung sebagai setahun. Yang sering terjadi ialah seorang putra menjabat sebagai pejabat sementara bersama-sama sang ayah, kemudian waktu pemerintahan itu dihitung sebagai masa pemerintahan mereka berdua. Hal yang sering membingungkan ialah mengenai nama-nama raja. Ada seorang Raja Yehoram dan Raja Yoahas, baik di Israel maupun di Yehuda, dan karena kedua nama ini sering disingkat sebagai Yoram dan Yoas, maka kita harus berhati-hati dalam membedakan mereka.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Allah bukan saja memperhatikan dan berkuasa atas bangsa Israel dan Yehuda, tetapi juga atas semua bangsa. Untuk alasan yang berbeda Naaman dan Hazael dari Siria mengakui kekuasaan Allah bangsa Israel. 2Ra 5:1-27; 8:7-15
o Kuasa Allah sangat nyata dan dirasakan oleh umat-Nya, walaupun tidak selalu kelihatan. 2Ra 6:15-17

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Yehu memulai karirnya dengan semangat yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan dan memelihara kesucian ibadah Israel, tetapi perhatiannya untuk pelayanan kepada Tuhan tidak bertahan lama, karena ia juga menginginkan kekuasaan bagi dirinya. Tuhan mengetahui hal ini dan memberkati apa yang dilakukan Yehu, tetapi pemberian Tuhan tidak memuaskannya. 2Ra 9:1-10:36
o Pada dasarnya Uzia adalah seorang raja yang baik, tetapi pemerintahannya yang dimulai dengan benar kemudian dinodai dengan kesombongan (2Ta 26:16). Kesalahan ini menyebabkan tidak adanya kemajuan dalam bidang kerohanian pada masa pemerintahannya dan oleh karena itu Raja-raja hanya menceritakan secara sekilas. 2Ra 15:1-17

3. Allah dapat dipercaya
o Wanita kaya dari Sunem melayani Tuhan dengan cara yang praktis, yaitu melayani Elisa dengan penuh keramahan. Ia tidak mengharapkan imbalan (2Ra 4:13), tetapi dalam keadaan darurat ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menolong, dan ia percaya bahwa Allah mau menolong. 2Ra 4:18-37; 8:1-6
o Hizkia menghadapi banyak situasi yang gawat, baik bagi bangsanya maupun bagi dirinya sendiri, tetapi ia membawa semua masalahnya kepada Allah dengan penuh kepercayaan bahwa Allah dapat mengatasi semua situasi itu dan Tuhan membebaskannya dari segala masalah yang dihadapinya. 2Ra 19:1-37; 20:1-11

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
Walaupun bangsa Israel selalu jatuh ke dalam dosa, Allah tetap bekerja untuk bangsa itu. Kesukaran tidak membawa mereka kembali kepada-Nya, oleh karena itu pada masa pemerintahan Yerobeam II Allah memberikan kemakmuran kepada mereka. Sayang, tanggapan mereka bukanlah pertobatan, melainkan malah melakukan lebih banyak pelanggaran moral maupun sosial. Mereka menolak anugerah Allah; oleh karena itu, pada akhirnya penghakiman datang atas mereka. 2Ra 14:23-29; 17:7-18

Penerapan

II Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba-hamba Allah
Allah tidak selalu memilih orang yang sama. Sifat Elisa sangat berbeda dengan sifat Elia, tetapi kita juga dapat belajar dari dia mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin bagi Allah.
o Ia tahu bagaimana menjadi seorang pengikut (2Ra 2:1-18).
o Ia tidak keberatan melakukan pekerjaan sebagai pembantu (2Ra 3:11).
o Ia mengasihi baik orang kaya maupun orang miskin (2Ra 4:1-37).
o Ia tahu kapan saat untuk berdiam di belakang layar (2Ra 5:1-27).
o Ia sungguh-sungguh mempercayai Allah (2Ra 6:15-17)
o Ia dapat membaca hati manusia (2Ra 8:11).
o Ia mengasihi bangsanya (2Ra 8:12).
o Ia tidak segan-segan mengutus orang lain (2Ra 9:1-4).

2. Pelayanan kepada Allah
o Pelayanan menuntut tanggung jawab: Pelayan-pelayan Allah bertanggung jawab untuk memperkenalkan siapa Allah. Menerima pembayaran untuk suatu pelayanan tidaklah salah, tetapi Gehazi memberi kesan bahwa anugerah Allah dapat dibeli, dan hal ini merupakan suatu pelanggaran yang sangat serius (2Ra 5:20-27).
o Allah sering bekerja sama dengan orang-orang yang tidak sempurna: Yoahas dan Yoas bukanlah raja-raja yang benar di mata Tuhan, tetapi mereka berdua mengakui besarnya kekuasaan Allah dan untuk itu Allah memberkati mereka (2Ra 13:1-25).
o Allah kadang-kadang memberkati orang-orang yang belum mengenal Dia demi kepentingan umat-Nya (2Ra 3:13-15; 8:16-19).
o Iman dan tindakan harus berjalan bersama-sama. Berpaling kepada Allah harus dibarengi dengan ketaatan kepada firman-Nya. Yosia tahu akan hal ini (2Ra 22:11-23:25).

Tema-tema Kunci

1. Tanggapan
Allah berdaulat, tetapi raja-raja tidak pernah menganggap bahwa itu berarti tindakan dan doa-doa manusia tidak penting. Allah benar-benar memberikan tanggapan kepada manusia dan apa yang dilakukan-Nya terhadap mereka tergantung kepada sambutan mereka kepada-Nya. Allah menjawab doa Raja Hizkia (2Ra 19:14-19). Dapatkah Anda menemukan dalam II Raja-raja di mana Allah memberikan jawaban langsung terhadap kebutuhan umat-Nya?

2. Pembaruan
Hizkia dan Yoas, keduanya mencoba untuk membawa bangsa mereka kembali kepada Allah (2Ra 18:1-20:21; 22:1-23:30). Bacalah seluruh pasal-pasal ini. Menurut Anda mengapa pembaruan mereka tidak berhasil?

3. Kebenaran
Allah memberkati kebenaran dan menghukum kejahatan. 2Ra 17:7-18 merupakan ringkasan pesan dari II Raja-raja, dan dianggap sebagai berita kematian bagi bangsa Israel. Yehuda kembali dari pengasingan, tetapi bangsa Israel tidak. Dapatkah Anda menemukan dalam kitab Raja-raja sebab-sebab mengapa hal ini terjadi?

4. Tanggung jawab
Hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam Raja-raja bukanlah hanya Elia dan Elisa. Lihatlah 2Ra 11:1-12:21; 22:1-23:30. Apa yang dapat kita pelajari tentang kepemimpinan melalui kehidupan Yoyada, Yoas dan Yosia?

Garis Besar Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27 2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub 2Ra 2:1-12Elia diangka

[1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27

2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub
2Ra 2:1-12Elia diangkat ke surga
2Ra 2:13-18Para nabi mencari Elia
2Ra 2:19-22Elisa memurnikan air Yerikho
2Ra 2:23-25Sekelompok anak mengolok-olok Elisa
2Ra 3:1-27Moab memberontak

[2] ELISA -- SAHABAT ORANG BANYAK 2Ra 4:1-6:7

2Ra 4:1-7Janda seorang nabi yang miskin
2Ra 4:8-37Wanita kaya dan putranya
2Ra 4:38-44Nabi-nabi yang lapar
2Ra 5:1-27Naaman, panglima angkatan bersenjata Siria
2Ra 6:1-7Orang yang kehilangan mata kapak

[3] ELISA -- SANG NABI 2Ra 6:8-8:29

2Ra 6:8-23Elisa mengalahkan orang Siria
2Ra 6:24-7:2Pengepungan terhadap Samaria
2Ra 7:3-20Empat orang kusta membawa kabar gembira
2Ra 8:1-6Wanita kaya dari Sunem itu kembali mendapat pertolongan
2Ra 8:7-29Raja-raja Siria, Israel dan Yehuda

[4] YEHU -- PENUNGGANG KERETA YANG JITU 2Ra 9:1-10:36

2Ra 9:1-13Yehu diurapi sebagai raja
2Ra 9:14-10:17Keluarga Ahab dimusnahkan
2Ra 10:18-28Yehu menghancurkan penyembah-penyembah Baal
2Ra 10:29-36Semangat Yehu menurun

[5] PERSEKONGKOLAN DI YEHUDA 2Ra 11:1-12:21

2Ra 11:1-3Ratu Atalya yang kejam berkuasa
2Ra 11:4-21Imam Yoyada mengalahkan Atalya
2Ra 12:1-6Yoas memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 12:17-21Yoas terbunuh

[6] PERANG DAN DAMAI 2Ra 13:1-17:41

2Ra 13:1-13Israel dan Siria berperang
2Ra 13:14-21Kematian Elisa
2Ra 13:22-25Siria dikalahkan oleh Israel
2Ra 14:1-22Amazia raja Yehuda yang baik
2Ra 14:23-29Yerobeam II raja Israel
2Ra 15:1-7Uzia raja Yehuda -- memerintah dalam jangka waktu yang panjang
2Ra 15:8-31Lima raja Israel yang kejam
2Ra 15:32-16:20Yotam dan Ahas raja Yehuda
2Ra 17:1-41Israel ditaklukkan oleh bangsa Asyur

[7] KERAJAAN YEHUDA 2Ra 18:1-21:26

2Ra 18:1-12Mulainya pemerintahan Raja Hizkia
2Ra 18:13-37Yerusalem dikepung
2Ra 19:1-7Hizkia meminta nasihat Yesaya
2Ra 19:8-37Surat orang Asyur; Hizkia mempercayai Allah
2Ra 20:1-11 Raja Hizkia sakit, tetapi disembuhkan
2Ra 20:12-19Utusan dari Babel
2Ra 20:20,21Kematian Hizkia
2Ra 21:1-26Manasye dan Amon -- raja-raja yang jahat

[8] KESEMPATAN TERAKHIR 2Ra 22:1-25:30

2Ra 22:1-7Yosia memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 22:8-20Diketemukannya buku hukum-hukum Tuhan
2Ra 23:1-25Pembaruan dilaksanakan
2Ra 23:26-30Kematian Yosia
2Ra 23:31-37Yoahas dan Yoyakim
2Ra 24:1-7Nebukadnezar menaklukkan Yerusalem
2Ra 24:8-25:17 Raja Yehuda yang terakhir
2Ra 25:18-30Pembuangan ke Babel
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.20 detik
dipersembahkan oleh YLSA